Pemicu 4 Mustika

download Pemicu 4 Mustika

of 46

  • date post

    15-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    225
  • download

    1

Embed Size (px)

description

sms

Transcript of Pemicu 4 Mustika

Pemicu 4 SMS

Pemicu 4Blok SMSMustika Rukmana405130182Kel 17Learning ObjectiveMenjelaskan ulkus varikosumMenjelaskan benjolan dipunggung (Oncherca Volvulus, Kista, Lipoma dan Rhabdomiosarkoma)Learning ObjectiveMenjelaskan ulkus varikosumDefinisi Ulkus VarikosumSuatu ulkus pada tungkai bawah yang disebabkan oleh meningginya tekanan vena (gangguan aliran darah vena) dan akibat kerusakan sistem mikro valvulernyaBiasanya timbul oleh karena goresan kecil pada daerah 1/3 tungkai bawah yang mengalami eksema dan udema oleh karena statis pembuluh darah balik yang disebabkan oleh varises di daerah atasnya dan yang terletak di sekitar maleolus (biasanya maleolus medialis)EpidemiologiWanita lebih banyak terkena ulkus varikosum daripada pria, dengan perbandingan 2 : 1, dengan usia rata-rata di atas 37 tahun untuk prevalensi varises. Di negara tropik, ulkus kruris sekitar 2% dan didominasi oleh ulkus varikosum dan ulkus neurotropik.

EtiologiPenyebab pastinya belum diketahui tetapi diduga disebabkan oleh trauma, higiene yang buruk, gizi buruk, gangguan pada pembuluh darah, dan kerusakan saraf perifer. Kerusakan saraf perifer biasanya terjadi pada penderita diabetes mellitus dan penderita kusta. Sedangkan pada gangguan pembuluh darah dikaitkan dengan hipertensi.

EtiologiPenyebab gangguan aliran darah balik pada tungkai bawah secara garis besar dapat dibagi menjadi dua yaitu : berasal dari pembuluh darah seperti trombosis atau kelainan katup vena dan yang berasal dari luar pembuluh darah seperti bendungan di daerah proksimal tungkai bawah oleh karena tumor di abdomen, kehamilan, atau pekerjaan yang dilakukan dengan banyak berdiri. PatofisiologiPelebaran vena saphena magna yang katupnya lemah sejak masa kongenital dan dipengaruhi oleh tekanan hidrostatik.Ini bisa menyebabkan tekanan vena akan meningkat, dan akibat keadaan ini timbul edema yang dimulai dari sekitar pergelangan kaki. Tekanan juga akan meningkat dan sel darah merah keluar ke jaringan sehingga timbul perdarahan dikulit, yang semula terlihat sebagai bintik- bintik merah lambat laun berubah menjadi hitam.PatofisiologiVena superficialis melebar dan memanjang berkelok kelok seperrti cacing (varises). Keadaan ini akan lebih jelas terlihat ketika pasien berdiri. Bila hal ini berlangsung lama, jaringan yang semula sembab akan digantikan dengan jaringan fibrotik, sehingga kulit teraba kaku atau mengeras. Hal ini akan mengakibatkan jaringan mengalami gangguan suplai darah karena iskemik, lambat laun terjadi nekrosis. Manifestasi klinisUlkus ini berbentuk agak membulat, tepi meninggi dan yang tidak teratur, pucat kemerahan, tidak nyeri tekan, dikelilingi oleh daerah yang padat kenyal, berwarna gelap karena hipersegmentasi. Daerah di atas ulkus terdapat varises. Dasar ulkus terdiri dari jaringan granulasi, tak mudah berdarah dan ditutup oleh sekret agak keruh dan kadang-kadang krusta. Tanda dari pederita sering mengeluh bengkak pada kaki yang semakin meningkat saat berdiri dan diam , dan akan berkurang bila dilakukan elevasi tungkai. Keluhan lain adalah tungkai bawah membengkak, kaki terasa pegal, gatal, rasa terbakar, tidak nyeri dan berdenyut.

Manifestasi klinisBiasanya terdapat riwayat trombosis vena, trauma operasi, riwayat obesitas dan gagal jantung kongestif.Kulit di sekitar ulkus tampak merah kecoklatan akibat hemosiderin. Kelainan kulit ini dapat mengalami perubahan menjadi lesi eksema. Kulit sekitar luka mengalami indurasi, mengkilat, dan fibrotik.Daerah predileksi yaitu daerah antara maleolus dan betis, tetapi cenderung timbul di sekitar maleolus medialis. Dapat juga meluas sampai tungkai atas. Sering terjadi varises pada tungkai bawah. Tata laksanaTinggikan letak tungkai saat berbaring untuk mengurangi hambatan aliran vena, sementara untuk varises yang terletak di proksimal dari ulkus diberi bebat elastin agar dapat membantu kerja otot tungkai bawah memompa darah ke jantung.

Tata laksanaPengobatan sistemik : -Injeksi penisilin/ procain 600.000u/hari (7 hari)-Tetrasiklin/ Eritromisin 4x250 mg (7 hari)-Seng sulfat 2x200 mg/ hariDiagnosis BandingUlkus tropicumRontgent ulcerUlkus phagedenicumUlkus cicatricialisUlkus gummesumKarsinoma epidermoidPrognosisPada jenis ulkus kruris yang lain (ulkus tropikum, ulkus arteriosum, ulkus neurotrofik) memiliki prognosis yang baik tergantung pada keadaan penderita serta jenis penyakit yang mendasarinya. Namun pada ulkus varikosum, prognosisnya kurang menggembirakan karena sering residif.Learning ObjectiveMenjelaskan benjolan dipunggung (Oncherca Volvulus, Kista, Lipoma dan Rhabdomiosarkoma)Neoplasma Tumor muskuloskletal dapat berasal dari tulang atau jaringan lunak seperti otot, pembuluh darah, saraf, tendon, dan lemakMenurut sifatnya dibedakan menjadi:Tumor jinakTumor ganas Tumor metastatikTumor jaringan lunakMerupakan suatu benjolan atau pembengkakan abnormal yang disebabkan pertumbuhan sel baru.Mempunyai angka kesembuhan yang tinggi jika ditangani dengan pembedahanEtiologi Kondisi genetikRadiasiLingkungan carcinogensInfeksiTrauma

Kondisi genetikAda bukti tertentu pembentukan gen dan mutasi gen adalah faktor predisposisi untukbeberapa tumor jaringan lunak, dalam daftar laporan gen yang abnormal, bahwa genmemiliki peran penting dalam diagnosis.2.RadiasiMekanisme yang patogenik adalah munculnya mutasi gen radiasi-induksi yangmendorong transformasi neoplastik.3.Lingkungan karsinogenSebuah hubungan antara eksposur ke berbagai karsinogen dan setelah itu dilaporkanmeningkatnya insiden tumor jaringan lunak.4.InfeksiInfeksi virus Epstein-Barr dalam orang yang kekebalannya lemah juga akanmeningkatkan kemungkinan tumor jaringan lunak.5.TraumaHubungan antara trauma dan Soft Tissue Tumors nampaknya kebetulan. Traumamungkin menarik perhatian medis ke pra-luka yang ada19Klasifikasi

Macam-macam tumor jaringan lunakJaringan LemakLipomaTumor jaringan jinak jaringan lemak.

Lipoma dapat single dapat pula multiple. Bentuk lipoma bila msaih kecil bulatatau oval, bila sudah besar berbenjol-benjol atau lobuler, karena adanya sekat-sekatjaringan ikatyang masukkedalamtumor.Lipoma dapatmencapaiukuranyang sangatbesar 10 kg atau lebih dan dapat menggantung dari kulit sepert buah. Konsistensi lipomatergantung dari jaringan lain yang menyertai. Umumnya lunak, dapat kisteus(pseudokisteus) dan dapat pula padat.Lipoma umumnya terdapat subkutan, tetapi dapat di tempat lain, seperti dimediasstinum, retroperitoneum, dsb.Terapi : eksisi

22b. LiposarkomaTumor ganas yang muncul dalam sel-sel lemak termasuk dalam jaringan lunak, seperti di dalam paha atau di retroperitoneum. Biasanya merupakan tumor besar yang cenderung memiliki satelit yang kecil meluas hingga melampaui batas dari tumornya sendiri. Liposarcoma, sama seperti semua sarcoma jarang terjadi.

GejalaBiasanya pasien tidak mengeluhkan adanya benjolan di tubuhnya. Hanya ketika tumor sangat besar dengan gejala nyeri atau gangguan fungsional terjadi. Tumor retroperitoneal dapat menampilkan diri dengan tanda-tanda penurunan berat badan, dan sakit pada perut. Tumor ini juga dapat menyumbat ureter menyebabkan gagal ginjal.Diagnosa

Diagnosis ditegakkan dengan histologist pemeriksaan jaringan, yaitu biopsy atau biopsy eksisi. Lipoblast sering terlihat, ini adalah sel-sel dengan jelass berlimpah multi vacuolated sitoplasma dan inti muram pewarnaan eksentrik yang menjorok oleh vakuola.Beberapa subtipe liposarcoma antara lain :Liposarcoma berdiferensiasi baik, identik dengan tumor lipomatous atipikal. Istilah ini hampir secara eksklusif untuk lesi di retroperitoneum, sedangkan yang kedua digunakan untuk lesi yang timbul di tempat lain.Liposarcoma terdiferensiasi yang terdiri dari liposarcoma berdiferensiasi baik sampai batas tumor yang lebih sulit dibedakan.Myxoid/putaran liposarcoma selPleomorfik liposarcoma.Insiden dan Prevalensi

232. Jaringan FibrousFibroma Tumor jinak yang berasal dari jaringan ikatKonsistensi fibroma tergantung dari banyaknya jaringan ikat yang terdapat dalam tumor. Makin banyak jaringan ikat, makin keras konsistensinya. Fibroma durum konsistensinya keras dan fibroma mobile lunak.Terapi:Fibroma: eksisi sederhanaDesmoid: eksisi luasNeurofibromatosis jinak: eksisi sederhana untuk tumor yang besar saja atau yang mengganggu, karena tidak mungkin mengangkat semua tumor.Neufibrosarkoma: eksisi luas.

24b. FibrosarkomaTumor ganas yang berasal dari jaringan ikat fibrosa dan ditandai oleh adanya perkembangan fibroblast yang belum matang secara banyak atau tidak dibedakan anaplastik sel spindle. Tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat fibrosa dan ditandai oleh adanya perkembangan fibroblast yang belum matang secara banyak atau tidak dibedakan anaplastik sel spindle. Hal ini biasnya ditemukan pada pria usia 30-40 tahun. Tumor ganas ini berasal dari jaringan fibrosa tulang dan menyerang tulang panjang atau flat sepeeti femur, tibia, dan mandibula. Hal ini juga melibatkan periosteum dan otot atasnya.

25c. Malignant Fibrous Histiocytoma Sarkoma Suatu massa yang tanpa rasa nyeri, paling sering terdapat pada ekstremitas, walaupun dapat tumbuh dimana saja dalam tubuh. Awalnya dari sel histiosit dan muncul dalam jaringan lunak pada bagian tubuh mana saja. Sering ditemui pada dewasa, sangat jarang pada anak-anak. Prevalensinya 20-30 % dari seluruh keganasan jaringan lunak.

263. Jaringan OtotLeiomyiomaNeoplasma jinak jaringan lunak yang timbul dari otot polosPertama kali dijelaskan oleh Virchow pada 1854. Bentuk herediter, yang menyebabkan, beberapa leiomioma, pada awalnya dicatat oleh Kloepfer dkk pada tahun 1958. Mereka dapat mengembangkan otot polos di mana pun hadir. Transformasi maligna mungkin tidak terjadi.

27Epidemiologi Jarang ditemukan, insidensnya hanya sekitar 1% dari seluruh keganasan yang ditemukan pada orang dewasa dan 7-15 % dari seluruh keganasan pada anak. Bisa ditemukan pada semua kelompok umur. Lokasi yang paling sering ditemukan adalah pada anggota gerak bawa