Pemicu 4 sms

download Pemicu 4 sms

of 80

  • date post

    17-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    245
  • download

    18

Embed Size (px)

description

blok sms

Transcript of Pemicu 4 sms

Pemicu 4

Pemicu 4Dhea Anindya Puteri405130195Learning Objective:Menjelaskan definisi, etiologi, klasifikasi, epidemiologi, faktor risiko, patofisiologi, tanda & gejala, diagnosa & pemeriksaan penunjang, DD, tatalaksana, prognosis dan komplikasi Tumor jaringan lunakMenjelaskan definisi, etiologi, klasifikasi, epidemiologi, faktor risiko, patofisiologi, tanda & gejala, diagnosa & pemeriksaan penunjang, DD, tatalaksana, prognosis dan komplikasi Ulkus

1. Menjelaskan definisi, etiologi, klasifikasi, epidemiologi, faktor risiko, patofisiologi, tanda & gejala, diagnosa & pemeriksaan penunjang, DD, tatalaksana, prognosis dan komplikasi Tumor jaringan lunak

Definisi Jaringan lunak: bagian dari tubuh yang terletak antara kulit dan tulang serta organ tubuh bagian dalam. Yang tergolong jaringan lunak antara lain adalah otot, tendon, jaringan ikat, dan jaringan lemak.Tumor jaringan lunak/ Soft Tissue Tumor(STT): suatu benjolan atau pembengkakan abnormal yang disebabkan pertumbuhan sel baru.

Etiologi Kondisi genetikRadiasiLingkungan carcinogensInfeksiTrauma

Kondisi genetikAda bukti tertentu pembentukan gen dan mutasi gen adalah faktor predisposisi untukbeberapa tumor jaringan lunak, dalam daftar laporan gen yang abnormal, bahwa genmemiliki peran penting dalam diagnosis.2.RadiasiMekanisme yang patogenik adalah munculnya mutasi gen radiasi-induksi yangmendorong transformasi neoplastik.3.Lingkungan karsinogenSebuah hubungan antara eksposur ke berbagai karsinogen dan setelah itu dilaporkanmeningkatnya insiden tumor jaringan lunak.4.InfeksiInfeksi virus Epstein-Barr dalam orang yang kekebalannya lemah juga akanmeningkatkan kemungkinan tumor jaringan lunak.5.TraumaHubungan antara trauma dan Soft Tissue Tumors nampaknya kebetulan. Traumamungkin menarik perhatian medis ke pra-luka yang ada

Faktor penyebab tumor maligna jaringan lunak yaitu:1.Faktor genetik atau keturunan dimana bisa diturunkan dari embrionik mesoderm.2.VirusVirus dapat dianggap bisa menyatukan diri dalam sel sehingga mengganggu generasi mendatang dari populasi sel.3.Agens fisik4.Pemajanan terhadap radiasi pengionisasi dapat terjadi saat prosedur radiografi berulang atau ketika terapi radiasi digunakan untuk mengobati penyakit.5.Agens hormonalPertumbuhan tumor mungkin dipercepat dengan adanya gangguan dalam keseimbangan hormon baik dalam pembentukan hormon tubuh sendiri (endogenus) atau pemberian hormon eksogenus.6.Kegagalan sistem imunKegagalan sisem imun untuk berespon dengan tepat terhadap sel-sel maligna memungkinkan tumor tumbuh sampai pada ukuran yang terlalu besar untuk diatasi oleh mekanisme imun normal.7.Agens kimiaKebanyakan zat kimia yang berbahaya menghasilkan efek-efek toksik dengan menggunakan struktur DNA pada bagian-bagian tubuh (zat warna amino aromatik, anilin, nikel, seng, polifinil chlorida).

5Epidemiologi Jarang ditemukan, insidensnya hanya sekitar 1% dari seluruh keganasan yang ditemukan pada orang dewasa dan 7-15 % dari seluruh keganasan pada anak. Bisa ditemukan pada semua kelompok umur. Lokasi yang paling sering ditemukan adalah pada anggota gerak bawah yaitu sebesar 46%. Di anggota gerak atas sekitar 13%. 30% di tubuh di bagian luar maupun dalam, seperti pada dinding perut, dan juga pada jaringan lunak di dalam perut maupun dekat ginjal atau yang disebut daerah retroperitoneum. Pada daerah kepala dan leher sekitar 9% dan 1% di tempat lainnya, antara lain di dada.

Tumor jaringan lunak termasuk tumor yang jarang ditemukan, insidensnya hanya sekitar 1% dari seluruh keganasan yang ditemukan pada orang dewasa dan 7-15 % dari seluruh keganasan pada anak. Bisa ditemukan pada semua kelompok umur. Pada anak-anak paling sering pada umur sekitar 4 tahun dan pada orang dewasa paling banyak pada umur 45-50 tahun.Lokasi yang paling sering ditemukan adalah pada anggota gerak bawah yaitu sebesar 46% dimana 75%-nya ada di atas lutut terutama di daerah paha.Di anggota gerak atas mulai dari lengan atas, lengan bawah hingga telapak tangan sekitar 13%. 30% di tubuh di bagian luar maupun dalam, seperti pada dinding perut, dan juga pada jaringan lunak di dalam perut maupun dekat ginjal atau yang disebut daerah retroperitoneum. Pada daerah kepala dan leher sekitar 9% dan 1% di tempat lainnya, antara lain di dada.

6Klasifikasi

Macam-macam tumor jaringan lunakJaringan LemakLipomaTumor jaringan jinak jaringan lemak.

Lipoma dapat single dapat pula multiple. Bentuk lipoma bila msaih kecil bulatatau oval, bila sudah besar berbenjol-benjol atau lobuler, karena adanya sekat-sekatjaringan ikatyang masukkedalamtumor.Lipoma dapatmencapaiukuranyang sangatbesar 10 kg atau lebih dan dapat menggantung dari kulit sepert buah. Konsistensi lipomatergantung dari jaringan lain yang menyertai. Umumnya lunak, dapat kisteus(pseudokisteus) dan dapat pula padat.Lipoma umumnya terdapat subkutan, tetapi dapat di tempat lain, seperti dimediasstinum, retroperitoneum, dsb.Terapi : eksisi

9b. LiposarkomaTumor ganas yang muncul dalam sel-sel lemak termasuk dalam jaringan lunak, seperti di dalam paha atau di retroperitoneum. Biasanya merupakan tumor besar yang cenderung memiliki satelit yang kecil meluas hingga melampaui batas dari tumornya sendiri. Liposarcoma, sama seperti semua sarcoma jarang terjadi.

GejalaBiasanya pasien tidak mengeluhkan adanya benjolan di tubuhnya. Hanya ketika tumor sangat besar dengan gejala nyeri atau gangguan fungsional terjadi. Tumor retroperitoneal dapat menampilkan diri dengan tanda-tanda penurunan berat badan, dan sakit pada perut. Tumor ini juga dapat menyumbat ureter menyebabkan gagal ginjal.Diagnosa

Diagnosis ditegakkan dengan histologist pemeriksaan jaringan, yaitu biopsy atau biopsy eksisi. Lipoblast sering terlihat, ini adalah sel-sel dengan jelass berlimpah multi vacuolated sitoplasma dan inti muram pewarnaan eksentrik yang menjorok oleh vakuola.Beberapa subtipe liposarcoma antara lain :Liposarcoma berdiferensiasi baik, identik dengan tumor lipomatous atipikal. Istilah ini hampir secara eksklusif untuk lesi di retroperitoneum, sedangkan yang kedua digunakan untuk lesi yang timbul di tempat lain.Liposarcoma terdiferensiasi yang terdiri dari liposarcoma berdiferensiasi baik sampai batas tumor yang lebih sulit dibedakan.Myxoid/putaran liposarcoma selPleomorfik liposarcoma.Insiden dan Prevalensi

102. Jaringan FibrousFibroma Tumor jinak yang berasal dari jaringan ikatKonsistensi fibroma tergantung dari banyaknya jaringan ikat yang terdapat dalam tumor. Makin banyak jaringan ikat, makin keras konsistensinya. Fibroma durum konsistensinya keras dan fibroma mobile lunak.Terapi:Fibroma: eksisi sederhanaDesmoid: eksisi luasNeurofibromatosis jinak: eksisi sederhana untuk tumor yang besar saja atau yang mengganggu, karena tidak mungkin mengangkat semua tumor.Neufibrosarkoma: eksisi luas.

11b. FibrosarkomaTumor ganas yang berasal dari jaringan ikat fibrosa dan ditandai oleh adanya perkembangan fibroblast yang belum matang secara banyak atau tidak dibedakan anaplastik sel spindle. Tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat fibrosa dan ditandai oleh adanya perkembangan fibroblast yang belum matang secara banyak atau tidak dibedakan anaplastik sel spindle. Hal ini biasnya ditemukan pada pria usia 30-40 tahun. Tumor ganas ini berasal dari jaringan fibrosa tulang dan menyerang tulang panjang atau flat sepeeti femur, tibia, dan mandibula. Hal ini juga melibatkan periosteum dan otot atasnya.

12c. Malignant Fibrous Histiocytoma Sarkoma Suatu massa yang tanpa rasa nyeri, paling sering terdapat pada ekstremitas, walaupun dapat tumbuh dimana saja dalam tubuh. Awalnya dari sel histiosit dan muncul dalam jaringan lunak pada bagian tubuh mana saja. Sering ditemui pada dewasa, sangat jarang pada anak-anak. Prevalensinya 20-30 % dari seluruh keganasan jaringan lunak.

133. Jaringan OtotLeiomyiomaNeoplasma jinak jaringan lunak yang timbul dari otot polosPertama kali dijelaskan oleh Virchow pada 1854. Bentuk herediter, yang menyebabkan, beberapa leiomioma, pada awalnya dicatat oleh Kloepfer dkk pada tahun 1958. Mereka dapat mengembangkan otot polos di mana pun hadir. Transformasi maligna mungkin tidak terjadi.

14b. Leiomyosarcoma Tumor mesenkim yang berasal dari otot polos terutama terjadi pada usus. Leiomyosarcoma berasal antara propria muskularis dan lapisan mukosa muskularis dinding usus.

c. Rhabdomyoma Tumor otot lurik. Ada 2 jenis rhabdomyoma, yaitu neoplastik dan hamartoma. Hamartoma dibagi menjadi rhabdomyoma jantung dan mesenchymal rhabdomyomatous kulit. Paling banyak terdapat terdapat pada daerah kepala dan leher. Penyebab dari rhabdomyoma kemungkinan terbesar merupakan varian genetic dari perkembangan otot lurik.

16d. RhabdomyosarcomaTumor ganas yang berasal dari jaringan lunak tubuh, termasuk disini adalah jaringan otot, tendon dan connective tissue. Rhabdomiosarkoma merupakan keganasan yang sering didapatkan pada anak-anak. Rhabdomyosarcoma(20)Rabdomiosarkoma (RMS) kata ini berasal dari bahasa Yunani, (rhabdo yang artinya bentuk lurik, dan myo yang artinya otot). Rabdomiosarkoma merupakan suatu tumor ganas yang aslinya berasal dari jaringan lunak ( soft tissue ) tubuh, termasuk disini adalah jaringan otot, tendon dan connective tissue. Rabdomiosarkoma merupakan keganasan yang sering didapatkan pada anak-anak. Respon pengobatan dan prognosis dari penyakit ini sangat bergantung dari lokasi dan gambaran histologi dari tumor ini sendiri.

174. Jaringan Pembuluh Darah dan LimfeHemangiomaTumor jinak yang berasal dari pembuluh darah. Tumor ini berwarna merah atau merah kebiru-biruan. Hemangioma itu terutama terdapat pada bayi dan anak-anak. Kurang lebih 75% telah ada sejak lahir dan 85% telah tampak sebelum bayi berumur 1 tahun. Hemangioma ini umumnya terdapat di kulit dan/atau subkutan, sebagian besar di daerah kepala dan leher. Dapat pula diketemukan di mukosa, hati, otot, tulang