Banjarmasin Post edisi Jumat, 24 Februari 2012

download Banjarmasin Post edisi Jumat, 24 Februari 2012

of 28

  • date post

    30-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    490
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi Jumat, 24 Februari 2012

Transcript of Banjarmasin Post edisi Jumat, 24 Februari 2012

  • Komentar lain di hal 4Berita terkait di hal 18

    Banjarmasin PostDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    24 FEBRUARI 2012/2 RABIUL AKHIR 1433 H

    JUMAT

    NO. 14559 TH XL/ ISSN 0215-2987HALAMANRP 3.00028

    Gabung di Pages BPost Online

    Kita

    Hal 6 kol 4-7

    RiezkyAzZaliieaMauliidaKNP siech bsaketo??? Bawa

    Musyawarah aja.

    IkaRamadaniWAJAR kankalo wargamarah karenamerekamerasa risih. Moga ajahal ini cepat selesai

    AKSI pemblokiran jalantambang batu bara di

    Tanjung, Tabalong nyarisdiwarnai bentrokan antara

    warga dan polisi.

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    Hal 6 kol 1-3

    - Nasib sidin disarahakan ka Mendagri, Lak ai+ Paling panting Banua kita tatap aman,

    Nang ai

    12:37 18:4315:50 19:5205:13

    BUMBLEBEE yang biasamuncul dalam film Transform-ers kini tersedia dalam versiterbaru tipe covertible (atapterbuka). Dalam film laris itu,Bumblebee adalah sosok ro-bot yang bisa berubah men-jadi berbagai benda, terma-suk mobil sport.

    Kendaraan yang identikdengan warna kuning itu na-ma resminya adalah ChevroletCamaro 2SS Convertible.

    Saat ini mobil tersebut se-dang dipamerkan di SenayanCity Jakarta. Mobil edisi ter-

    Maskapai Tolak Terbangkan Sjachriel

    Garing Layau

    DULU, jika bertamu kerumah warga Balangan,pastilah mereka secaraikhlas menyuguhi ma-kanan. Bahkan bila musimbuah, pasti akan dipetikkandari kebun lalu diberikansebagai oleh-oleh atautanda mata. Itulah wargaBalangan yang familiar dancinta damai.

    Kenangan indah itudiucapkan secara lirih olehHA Makkie. Ketua MajelisUlama Indonesia (MUI)Kalsel itu memiliki keteri-katan emosi yang dalam

    Apa Salah Suami Saya?

    PARA sastrawan Arab (asy-Syuara) mendramatisir detik-detik kelahiran Nabi SAW(maulid) dengan berbagaiungkapan indah; ada dalambentuk nazham (puisi), adadalam bentuk natsar (prosa),berikut kita kutip beberapaKH Husin Naparin Lc MA

    cuplikan di antaranya.Syair-syair maulid Ad-Dibai

    melukiskan bahwa pada saatNabi SAW dilahirkan Arsybergoncang karena gembira.Kursi (kekuasaan) Allah ber-tambah hebat dan agung, la-ngit penuh cahaya gemer-

    lapan, malaikat pun gemuruhmengucapkan tahlil, tahmiddan istigfar.

    Sewaktu hamil, bundanyaAminah selalu menyaksikanberagam tanda keistimewaan

    Maulid Nabi SAW dalam Syair

    batas itu bisa dibawa pulangasalkan menyerahkan uangsekitar Ro 2 miliar

    Saat ini Camaro Convert-ible dijual cuma satu unit, tapikami bisa mengusahakannyajika peminatnya ada lagi. Ca-maro ini termasuk langka ka-rena baru inilah model Cama-ro Convertible di Indonesia,kata General Manager Glam-our Auto Boutique John Wi-nata kepada pers di di sela-selapameran Chevrolet Camaro

    Setir Digeserke Kanan

    Mobil Transformer Masuki Indonesia

    SUDAH samingguan ini salawas ditinggalakanbininya ka Palingkau, sa-mingguan jua Palui Ga-ring kada kaluar ru-mah. Amun dipada-hakan garing ba-ngat kada juapang. Palui banargaring batuk,

    JAKARTA, BPOST - TertangkapnyaJohn Kei, bukan berarti aksi premanismedi Jakarta, hilang. Kamis (23/2) dini hari,belasan orang menyerbu dan menye-rang sekelompok orang yang sedangmelayat temannya yang meninggal diRumah Sakit Pusat Angkatan Darat(RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

    Akibat serbuan massa --yang di anta-ranya perempuan berambut pirang--yang membawa pelbagai senjata tajamitu, tiga orang tewas bersimbah darah.Tiga orang lainnya mengalami luka-luka.

    Korban tewas itu terdiri atas StanleyAW Wenno dan Ricky Tutu Boy yangmengembuskan napas di kawasan RS-PAD. Seorang lagi adalah OktavianusMaxmilion yang tewas saat dibawa keRS Mitra Kemayoran.

    Berdasar pengamatan, kondisi tubuhmereka dipenuhi bekasan tabasan sen-

    Preman Bersenjata Serbu RSPADjata tajam. Kondisiterparah dialamiRicky. Tak hanyadi bagian tubuh,leher pria asalAmbon ditusukpakai senjata ta-jam hingga ke-rongkongannyaputus. SedangkanStanley mengala-mi luka parah dibagian dahi. Kon-disi nyaris samadialami Oktavia-nus.

    Stanley pamitmelayat temannya yang meninggal.Saya tidak ada firasat apa-apa saat diapamit. Dia itu tidak punya musuh, apasalah suami saya, kata istri Stanley,

    Sumiyati sembari terus menangis, saatditemui di kamar jenazah RSPAD.

    BANJARMASIN, BPOST -Dengan mata berlinang KetuaPensiunan Guru se-Kalsel, HRidwan (78) mengungkapkankondisi kesehatan mantanGubernur Kalsel, H SjachrielDarham.

    Saat ini Pak Sjachriel di-rawat di rumah sakit di Ja-karta. Bagaimana pun, PakSjachriel pernah berjasa un-tuk Kalsel, juga kepada parapensiunan guru. Tolong ja-

    Herlan: Mohon Doa untuk Abah Kami

    ISTIMEWAFOTO ketika mantan Gubernur Kalsel H Sjachriel Darham (tengah)menjalani perawatan di RS Abdi Waluyo, Jakarta, beberapa hari lalu.

    Jangan Rusak Perjuangan Ini...SENGKETSENGKETSENGKETSENGKETSENGKETA PEMILUKADAA PEMILUKADAA PEMILUKADAA PEMILUKADAA PEMILUKADABALANGANBALANGANBALANGANBALANGANBALANGANzzzzz 2 Juni 20102 Juni 20102 Juni 20102 Juni 20102 Juni 2010: Pemilukada

    diikuti 3 pasangan, yakniSyarifuddin-Fahrurazi (Syafa),Murjani H-Harnan Humaidi(MH), Sefek Effendi-Ansharuddin (SA)

    zzzzz 6 Juni 20106 Juni 20106 Juni 20106 Juni 20106 Juni 2010: KPUmengumumkan hasilpemungutan suara. Syafameraih 14.243 suara(24,36 %), MH didukung4.509 suara (7,71 %), SAmendapat 39.713 suara(67,93 %)

    zzzzz 13 Agustus 201013 Agustus 201013 Agustus 201013 Agustus 201013 Agustus 2010: SAdilantik Gubernur KalselRudy Ariffin sebagai bupati-wakil bupati Balangan 2010-2015. Kubu Syafa terusmelakukan gugatan karena

    Hal 6 kol 7

    BANJARMASINPOST/AYA SUGIANTO

    PRIHATIN - Pakar hukum, ulama, birokrat dan tokoh masyarakatBalangan mengikuti diskusi terbatas sebagai bentuk keprihatinan danmencari solusi konflik Balangan di redaksi BPost, Kamis (23/2)

    Cuaca BikinBurung Tak Setia

    PERNIKAHAN, perselisihan, dan perce-raian tidak hanya dialami manusia, tetapi jugapada burung. Peneliti mengungkap bahwa da-lam cuaca yang tak pasti, burung menjadi lebihtidak setia.

    Kondisi lingku-ngan bisa membantumembentuk keputu-san reproduksi yangluar biasa personaldan aneh, kata Car-los A Botero, penelitidari North CarolinaState University di Ra-leigh, AS, kemarin.

    Temuan tersebut diperoleh setelah parapeneliti mengobservasi perilaku reproduksiberagam jenis burung seperti angsa, elang,camar, dan burung layang-layang.

    Dalam penelitian, ketidaksetiaan diukur darijumlah DNA orang tua yang terdapat pada ana-kan di satu sarang. Sementara, perceraian diukurdari jumlah pasangan burung yang berpisah. (*)

    TRIBUNNEWSDISERBU - Salah seorang korban penyerbuan kelompok premanbersenjata tajam di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (23/3)

    ngan lupakan, katanya sa-at mengunjungi redaksi BPostGroup di Banjarmasin, Kamis(23/2).

    Dia juga mengharapkanpemerintah daerah memberiperhatian terhadap kondisiSjachriel.

    Kasihan, kondisi kese-hatannya sudah tidak mak-simal lagi. Tentunya sebagai

    Anak SefekAbsen Sidang

    NET

    NET

    Halaman 22

    LangkahMenuju Islah

    PARINGIN, BPOST - Akhir-nya, Kamis (23/2) malam tadi, DPRD

    Balangan menggelar sidang paripurna.Hanya satu anggota DPRD yang tidak ikut,(absen) yakni Dimas Royandi. Dia adalah anakBupati Balangan, Sefek Effendi

    Dalam sidang itu hanyadiumumkan hasil voting saatrapat internal yang digelarsebelumnya. Berdasar hasilvoting, sebanyak 15 anggotamenyerahkan penyelesaianpermasalahan sengketa Pe-milukada Balangan 2010 keMendagri Gamawan Fauzi.

    Sedangkan 10 anggota lainmendukung opsi DPRD Ba-langan mengeluarkan surat

    DPRD Balangan Serahkan ke Mendagri

    Hal 6 kol 4-7

    2402/B01

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostJUMAT 24 FEBRUARI 2012

    BANJARMASIN, BPOST -Penyelidikan Kejaksaan Ne-geri Banjarmasin terkait du-gaan adanya penyimpanganpada pengadaan alat labora-torium Fakultas Teknik, MIPAdan Kedokteran Unlam masihberlanjut.

    Sambil melakukan klarifi-kasi terhadap pihak-pihakyang terkait dengan kegiatantersebut, tim dari Kejari Ban-jarmasin terus mengumpul-

    Wilayah yang juga terdiridari Taman Wisata Alam(TWA) Pulau Kembang danPulau Bakut di KecamatanTabunganen, Kabupaten Ba-tola, makin terdesak dengankehadiran sejumlah tambakliar.

    Kini hutan lindung jadilahan tambak. Bahkan satwakeluar dari kawasan, yaknibekantan, berdasar info ma-syarakar juga ada pencurianbekantan memakai jaring,ujar Camat Tabunganen, Reje-kan, Kamis (23/2).

    Informasi itu dibenarkanKetua Lembaga Pengabdianpada Masyarakat UniversitasLambung Mangkurat (LPM-Unlam), Dr rer nat Ir H Wah-yuni Ilham MP saat memapar-kan isi laporan akhir rancangbangun KPHK model Kuala-lupak di Hotel A Banjarmasin.

    Dikatakan Wahyuni lebihdari 2.000 hektare kawasansuaka margasatwa Kuala Lu-pak telah dijarah. 60 persenkawasan Kuala Lupak ter-ganggu, paling besar sekitar1.657 hektare dikuasai secarailegal untuk tambak liar, ka-tanya.

    Pakar sekaligus konsultanSDA Kehutanan dan Ling-kungan ini juga mengatakan,jika menurut SK Menhut 435/Menhut-II/2009 luas SM Kua-lalupak 3.307,96 hektare. 30persen saja lagi yang secaraalami tidak terganggu, kata-nya.

    Menurut dia, pencuriankayu, perkebunan kelapa ile-gal, berakibat pada bergeser-nya aktifitas satwa khususnyabekantan ke luar kawasansuaka margasatwa. Kasihanratusan bekantan disana, bi-ngung cari makan, areal ma-kan makin terganggu, kata-nya.

    Menurut dia, jika KPHKKuala Lupak ini telah selesaiprosesnya, dapat dipastikanakan mempunyai kekuatan

    hukum lebih. Bahkan kebera-daan Bekantan akan terelo-kasi. Eksodus bekantan initelah diinventarisasi BKSDAKalsel. 250 ekor Bekantan,katanya.

    Pada kesempatan yang sa-ma Sekda Batola Ir Supriyonomengatakan jika Pemkab Ba-tola sangat mendukung pem-bangunan KPHK Kualalupak.

    Kami berkepentingandan wajib dalam konservasi.Kami sang