Banjarmasin Post Edisi Jumat, 1 Februari 2013

download Banjarmasin Post Edisi Jumat, 1 Februari 2013

of 28

  • date post

    12-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    412
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post Edisi NO. 14896 TH XLI/ ISSN 0215-29

Transcript of Banjarmasin Post Edisi Jumat, 1 Februari 2013

  • HALAMANRP 3.000

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin PostJUMAT

    1 FEBRUARI 2013/20 RABIUL AWAL 1434 H

    NO. 14896 TH XLI/ ISSN 0215-298728

    Anang Gayam

    12:37 18:4515:58 19:5605:08

    SI PALUiiiii

    Hal 6 kol 1-3

    - Presidennya ditangkap menerima suap,Lak ai

    + Marasa kakanakan makanya minta suap,Nang ai

    Hal 6 kol 4-7 Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

    Tolong, Perbaiki Desa Kami

    Kita

    Komentar lain di hal 14

    Gabung di Pages BPostOnline

    PRESIDEN PKS, Luthfi HasanIshaaq, ditetapkan jadi

    tersangka kasus dugaan suapimpor daging sapi.

    YuriendaStyoriniejika itu untukkeadilan,kami tdkbsa brbuat ap,

    bela yg bnar &hkum yg slah.

    Dewi UtamiAduh ae ..Perasaan.. Bxk bnar kasus ..D !Nd0nes!A n!E ..

    Kurir Presiden PKSDitemani Perempuan Muda

    BerselawatALLAH SWT berfirman

    yang artinya: SesungguhnyaAllah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk nabi.Hai orang-orang yang ber-iman, bersalawatlah kamuuntuk nabi dan ucapkanlahsalam penghormatan kepada-nya. (QS Al-Ahzab 56)

    Selawat adalah jamak darikata shalah berarti rahmat,kemuliaan dan kesejahteraan.Maksud berselawat kepadaNabi Muhammad SAW dilihatkepada pelakunya; salawatAllah SWT adalah rahmat un-tuk Nabi Muhamamad SAW

    Nenek DikeroyokDua Nenek

    MATA, kepala, dan kaki Lenteng (80) memar akibatdikeroyok dua nenek lain bernama Sapiah (70) danSungguh (75). Kejadian yang unik ini berawal saatketiganya yang berprofesi sebagai pedagang sayur-mayur di Pasar Sentral, Bulukumba, Sulsel, cekcok.

    Lenteng mengaku dikeroyok menggunakan balokkayu dan celengan tanah liat. Dia sempat pingsan danbaru siuman setelah dibawa petugas pasar ke rumah.Mereka iri karena saya sering diperhatikan oleh kepalapasar, kata dia, Kamis (31/1).

    Sapiah memban-tah. Dia mengakujengkel karena Len-teng suka mencam-puri urusan oranglain dan mengejek.Saat diingatkan, diajustru melemparkanbuah sukun ke dadaSapiah.

    Kami tidakmengeroyoknya, jadi tidak tahu penyebab matanyamemar. Banyak kok yang melihat, bisa ditanyakan,ucap Sapiah. Hingga malam tadi, Sapiah dan Sungguhmenjalani pemeriksaan di kantor polisi.

    Itulah dampaknya jika sudah nenek-nekek masihsuka berkelahi. (kps/glo)

    Tajumput RimutKH Husin Naparin Lc MA

    Hal 6 kol 4-7

    Dua Jam, RaniDibayar Rp 10 Juta

    JAKARTA, BPOST - Ada cerita me-narik di balik penetapan PresidenPartai Keadilan Sejahtera (PKS)Luthfi Hasan Ishaaq sebagai ter-sangka kasus dugaan suap impor da-ging sapi.

    Diduga juga terjadi gratifikasiseksual dalam kasus itu. Setidaknyaitu terjadi saat personel KPK mem-bekuk tersangka lain dalam kasus itu,Ahmad Fathanah.

    Pria yang diduga kurir Luthfi un-tuk menerima uang Rp 1 miliar dariDireksi PT Indoguna Utama JuardEfendi dan Arby Arya Efendi itu

    ANTARA/ROSA PANGGABEANSTATIK.TEMPO.CO

    SUAP - Ahmad Fathanah (kanan) yang diduga orang dekat Presiden PKSLuthfi Hasan Ishaaq, memasuki mobil tahanan usai diperiksa KPK, Jakarta,Kamis (31/1). KPK juga sempat menahan seorang mahasiswi, Maharani(kiri) dan dua pengusaha terkait kasus dugaan suap impor daging sapi.

    KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

    BINI Palui tamasukurang nang katujumaumpati parkam-bangan jaman.Wayah urang dikampung rami ma-ngaridit sapida mu-tur, inya batagih jua wanlakinya minta tukara-kan jua sapida mutur

    KOMPAS.COM

    BANJARMASIN, BPOST -Penghentian operasional mas-kapai Batavia Air per Kamis(31/1), tidak hanya berimbaskebingungan calon penum-pang. Para pengusaha travelikut merasakan dampaknyaberupa kerugian materi.

    Seperti yang diungkapkanNorma dari Walet Travel,Banjarmasin. Dia mengung-kapkan ada sekitar 100 pem-beli tiket Batavia Air. Semen-tara kami rugi Rp 20 juta. Dari100 pemesan, sebagian sudahkami arahkan booking tiketmaskapai lain. Tapi masih ada40 calon penumpang di Sura-baya yang kebingungan maupulang ke Banjarmasin. Me-

    Pengusaha TravelAncam Mogok

    Batavia Air Tinggalkan TunggakanMasih MenunggakMasih MenunggakMasih MenunggakMasih MenunggakMasih Menunggak

    z Bouraqz Airmaxz Top airz Jatayuz Adam Airz Mandalaz Batavia Airsumber: ASITA Kalsel

    reka menuntut dan memper-tanyakan kepada kami. Kamipusing, katanya, Kamis (31/1). Kecemasan dan keluhanitu, dia sampaikan bersamapengelola travel lain ke Aso-siasi Tur dan Travel Indonesia(Asita) Kalsel.

    Pemilik Baruna Travel Ban-jarmasin, Domi juga menge-luhkan hal serupa. Menurutdia, meski tidak mengambiltiket Batavia Air namun tetapsaja ada kerugian senilai Rp 1juta karena sistem deposit.Saldo mengendap Rp 1 jutalebih di Batavia Air, katanya.

    Saat dihubungi, Ketua AsitaKalsel Addy Chaeruddin Ha-nafiah mengaku banjir ke- Hal 6 kol 1-3

    luhan baik lewat telepon ma-upun surat dari pengelolatravel.

    Kondisinya sulit. Beberapamaskapai penerbangan me-ninggalkan pembayaran ke-pada para travel dan agen diKalsel, tegas dia.

    Tribun Timur/ Rudhy

    BARABAI, BPOST - Kesa-baran warga Desa Mantaas,Labuan Amas Utara, HuluSungai Tengah, men-capai batasnya. Di-koordinasi KepalaDesa (Kades), M Yusi,warga menggalangtanda tangan untukmendesak PemprovKalsel bertindak.

    Meskipun Dinas PekerjaanUmum HST sudah menyata-kan pemprov sudah menye-tujui perbaikan akses jalanmenuju desa, namun wargatidak sepenuhnya percaya.

    Maklum saja, sejak 1995,sekitar 2.500 warga desa itumerasakan deritanya hidup di

    daerah yang akses jalannyatidak kunjung diperbaiki.

    Terlebih ketika musim hu-jan, mereka bak teriso-lasi karena jalan me-nuju desa tersebut ru-sak parah bahkantenggelam. Jika tetapingin ke sana, satu-sa-tunya sarana yang bi-sa digunakan adalah

    jukung atau kelotok untukmenyusuri jalan sejauh duakilometer.

    Berdasar informasi yangdiperoleh sebanyak 560 wargadewasa sudah membubuhkantanda tangannya. Dalam suratitu warga meminta perbaikanjalan dimulai dari Desa Man-

    taas.Apakah perbaikan nanti

    6 kilometer atau 8 kilometer,kami berharap Desa Mantaasdiprioritaskan. Kerusakannyasangat parah. Beberapa kaliada proyek perbaikan, desa

    Kades Mantaas Galang Tanda TanganDerita MantaasDerita MantaasDerita MantaasDerita MantaasDerita Mantaas

    z Jalan darat menghilangz Jalur air terhambat enceng

    gondokz Ikan sering mati dan dijual

    murahz 60 Persen pasokan ikan HST

    tergangguz Tiga guru menyerahz Kesulitan akses Pustu

    MANTAAS adalah desayang yang dikelilingi rawa-rawa. Jumlah penduduk-nya, seperti disebutkanKades Mantaas M Yusi,sebanyak 2.715 jiwa. Matapencaharian mereka, selainpenangkap ikan, jugabeternak kerbau dan itik.Sedangkan bercocok tanampadi hanya bisa dilakukansaat musim kemarau,karena kedalaman air rawasampai empat meter. Menurut Yudi, jalan yangrusak saat ini sepanjangtujuh kilometer, dua

    Harus Bawa 2 Pakaian

    Wakasat Brimob Kena Tembak Makassar Rusuh Pemilukada

    Hal 6 kol 4-7

    TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN

    BENTROK - Dua pendukung calon gubernur-wakil gubernur Sulselbentrok di Makassar, Kamis (31/1). Bentrokan itu terjadi sesuai rapatpleno yang menetapkan Syahrul Yasin Limpo kembali sebagai gubernur.

    MAKASSAR, BPOST - Rapatpleno rekapitulasi penghi-tungan suara sekaligus pene-tapan gubernur terpilih olehKomisi Pemilihan Umum (K-PU) Sulsel di Hotel Singga-sana, Makassar, Kamis (31/1)diwarnai kerusuhan. Kerusu-han berpusat di sentra per-ekonomian, seperti Jalan Pat-timura, Jalan Somba Opu,

    Jalan Penghibur, dan JalanPasar Ikan.

    Pada amuk massa itu ter-jadi pembakaran sepeda mo-tor di Jalan Pattimura, pelem-paran rumah toko di JalanSomba Opu, dan pelemparanbenda keras ke sejumlah mo-bil di Jalan Pasar Ikan dan JalanUjung Pandang. Pelakunyadisinyalir merupakan massa

    salah satu kandidat yang ber-konvoi.

    Awalnya, rombongan sa-lah satu pendukung calonberorasi di sekitar Hotel Sing-gasana. Mereka coba merang-sek masuk, tapi penjagaansangat ketat. Karena itu mere-ka meluapkan kemarahannya

    ISTIMEWA

    BEGINILAH kondisi jalan menuju Desa Mantaas, HST.

    Luthfi Hasan Ishaaq

    0102/B01

  • 2 ribun Kota Banjarmasin PostJUMAT 1 FEBRUARI 2013

    BANJARMASIN - Mengan-tisipasi terjadi kerusuhan an-tardua massa maupun unjukrasa anarkis, Satuan SabharaPolresta Banjarmasin menga-dakan simulasi penanganankericuhan di Stadion 17 Mei,Kamis (31/1) siang.

    Sabhara Polresta siap me-nerjunkan unit Pleton Ran-raimas (Kendaraan PenguraiMassa). Itu adalah pasukankhusus yang disiapkan untukmeredamkan kericuhan ter-sebut,

    Kasat Sabhara PolrestaBanjarmasin, Kompol Har-yono MT, mengatakan, simu-lasi latihan ini bertujuan un-tuk mambubarkan kegiatanmassa yang bersifat anarkis

    dan juga untuk menghadapipersiapan Pemilihan Umumdan Pemilihan Kepala Dae-rah.

    Peleton pasukan ini diper-siapkan untuk menghadapisegala bentuk gangguan ke-amanan di Banjarmasin, te-rang pria berkumis ini.

    Haryono menambahkan,dalam satu peleton ranraimasberanggotakan 30 personel.Mereka dilengkapi seragamkhusus serta senjata pelontargas airmata.

    Selain itu, sepeda motortrail untuk memecah konsen-trasi massa yang hampir atausudah bentrok.

    Kendaraan tidak hanyadigunakan dalam aksi de-

    montrasi, tapi juga ketika adasengketa, keributan atau per-kelahian yang melibatkanmassa dalam jumlah banyak,imbuhnya.

    Latihan kemarin, mensi-mulasikan formasi mengen-darai motor saat berhadapandengan massa. Ada dua ma-cam formasi, yaitu berjajardan genap ganjil.

    Selain itu, latihan ini untukmeningkatkan profesionalkerja dalam pengamanan,penanganan maupun penin-dakan terhadap pengunjukrasa yang dianggap telah me-langar ketertiban maupunmenganggu masyarakat lain-nya, pungkas perwira mene-ngah ini. (men)

    BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTOPAKAI TRAIL - Barisan pasukan khusus pengurai massa dengan motor trailnya, diperiksa Kasat Sabhara Polresta Banjarmasin, Haryono MT,Kamis (31/1). Latihan ini untuk mengantisip