Banjarmasin Post edisi Jumat, 28 Oktober 2011

download Banjarmasin Post edisi Jumat, 28 Oktober 2011

of 28

  • date post

    30-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    400
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi Jumat, 28 Oktober 2011

Transcript of Banjarmasin Post edisi Jumat, 28 Oktober 2011

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post28 OKTOBER 2011/

    1 DZULHIJAH 1432 H

    JUMAT

    HALAMAN NO. 14442 TH XXXX/ ISSN 0215-2987RP 3.00028

    SI PALUiiiii

    Hal 6 kol 1-3

    - Pejabat Unlam dapat pambagian motor,Lak ai

    + Mudahan kada sinjal jalannya, Nang aiAnang Gayam

    12:07 18:1404:42 15:24 19:24

    MALAM ini, warga Indonesia bisa me-nyaksikan purnama Jupiter yang. Purnama pla-net terbesar di Tata Surya itu terjadi sepanjangmalam.

    Kepala Observatorium Bosscha, InstitutTeknologi Bandung, Hakim L Malasan, menga-takan purnama Jupiter dalam astronomi disebutoposisi.

    Oposisi adalah kondisi Jupiterberada pada jarak yang palingdekat dengan Bumi. Jarak Bumi-

    Jupiter saat oposisi adalah 629 juta kilometer,sekitar 300 juta kilometer lebih dekat dari jarakterjauh yang bisa dicapai.

    Pada saat oposisi, Matahari-Bumi-Jupiter adapada satu garis lurus. Seperti layaknya Bulan Pur-nama, pada saat oposisi, Jupiter juga akan bulatpenuh. Ini memungkinkan Jupiter bersinar lebihterang. (kps)

    Malam Ini Purnama JupiterHakun Lamas

    NET

    BINI Palui diundang kaBalai Desa gasanmahadiri pangarahanwan caramah tentangKB. Karna kabalujuranbini Palui sibukbaharaguan anak, makatapaksa Palui lah nang

    KH Husin Naparin Lc MA

    KODOK atau katak, bi-natang amfibi pemakan se-rangga yang hidup di air ta-war atau daratan, berkulitlicin, berwarna hijau ataumerah kecokelat-cokelatan,kaki belakang lebih panjangdaripada kaki depan, pandaimelompat dan berenang.

    Menurut keterangan te-naga ahli dari Institut Per-tanian Bogor, Dr H Muham-mad Eidman MSc, ada lebih

    Hal 6 kol 4-7

    Kodok

    BANGKOK, BPOST - Barudua bulan menjabat, PerdanaMenteri Thailand, Yingluck

    Saya Tidak Akan Menangis Warga Bangkok Mengungsi Keluar Kota

    Shinawatra sudah mengha-dapi ujian berat. Bersama parapejabatnya, Yingluck harusberpikir keras menghadapibanjir terburuk yang melanda

    negaranya dalam setengah

    abad terakhir.Yingluck memang pemim-

    pin salah satu negara besar diAsia, tetapi dia tetaplah seo-rang perempuan. Tak heran,suaranya selalu bergetar me-nahan haru setiap ditanyapers tentang musibah air bahyang meluluhlantakkan se-bagian negaranya itu.

    Pertanyaan menggelitikdilontarkan seorang jurnalis:Apakah Anda menangismenyaksikan kesusahanrakyat, yang harus mening-galkan rumah dan pekerjaanmereka untuk sementarawaktu karena tak kuasa me-nahan banjir?

    Negara inisedangmenghadapikekuatan alam.Banjir sulitdilawan, jadibiarkanmengalir ke laut

    Hal 6 kol 4-7YINGLUCK SHINAWATRAPerdana Menteri Thailand

    Dokumen Kemendagri Janggal Irhami Ajak DPR Kunjungi LarilarianKOTABARU, BPOST - Se-perti yang hanya diberi-takan BPost, salah satu per-timbangan utama Kemen-dagri memasukkan PulauLarilarian ke Majene Sul-bar, adalah dokumen beritaacara rapat pembinaan danpembakuan nama pulau diKalsel.

    Pada dokumen yang sa-linannya dimiliki koran ini,ada 38 orang dari PemprovKalsel, Pemkab Kotabaru,Kemendagri, Bakosurta-nal, Kementerian Kelautandan Perikanan, pakar To-ponimi dan tokoh masya-

    Hal 6 kol 1-3

    TempatIstirahat

    Hal

    66666

    rakat yang membubuhkantanda tangan.

    Hasil rapat di HotelBanjarmasin International(HBI), 11 Juli 2008 itu a-dalah pembakuan nama133 pulau di Kalsel.

    Namun,menurut Dir-jen Pemerin-tahan Umum(PUN) danPengaduanMasyarakatKemendag-

    ri, Indra Purnama, ti-dak ada nama Larilarianpada daftar pulau di do-kumen tersebut.

    Tongkang-tongkang baikyang kosong maupun bermuatanhampir setiap hari tambat disekeliling pulau tersebut. Ja-

    ISTIMEWA ISTIMEWA

    Tongkang Kepung Pulau Kembang BKSDA Mengaku Memberi Izin TAMBATAN PULAU KEMBANG

    Ada 2 wilayah: barat dan timur Barat dikoordinasi kelompok R Timur dikoordinasi kelompok Y Di atas R dan Y ada petugas S dan G Tambat pelanggan koordinasi ke petugas S atau G Tambat sebentar/jam-jaman koordinasi ke kelompok R atau Y Diduga ada perusahaan yang ikut mengelola jasa tambat BKSDA mengaku beri izin dengan syarat-syarat khusus

    * BERBAGAI SUMBER

    Hal 6 kol 4-7

    raknya, hanya belasan meter daribibir Pulau Kembang.

    MARABAHAN, BPOST - Pengunjung hutan wi-sata Pulau Kembang, Alalak, Batola, terganggu.Mereka tak lagi menyaksikan keindahan alamserta perilaku monyet, tetapi juga banyaknyatongkang batu bara.

    INFORMASI yang diperoleh BPost dari sejum-lah pekerja bangunan yang sedang memperbaikihutan wisata Pulau Kembang, kawasan yang banyakditambati adalah sebelah timur dan barat.

    Hal 6 kol 5-7

    Pembagian Kekuasaan

    Gabung di Pages BPost Online

    LINGKUNGAN Pu-lau Kembang rusak.Banyak tongkangbatu bara tambat dipulau tersebut.

    Komentar lain di halaman 4

    Yana MuLiana SmiLeSEGERA ditindak itu,kalau tidak tak kn adalagi yg namanya pulaukembang. .

    BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

    NET

    2810/B01

  • 2Banjarmasin PostJUMAT 28 OKTOBER 2011

    Banjarmasin Bungas

    Angkat Tema Banjar Wayah Bahari Semarak Milad Ke-507 Kesultanan Banjar

    Banjarmasin TengahVonis NaryonoSepekan Lagi

    Rektor Itu Sekelas Gubernur

    Banjarmasin UtaraPanitia Tambah 200 Buku

    Unlam Bagi-bagi Mobil BaruBANJARMASIN, BPOST - Ada pemanda-ngan baru di halaman Rektorat UniversitasLambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin,Kamis (27/10). Tiga unit mobil baru tampakparkir di kawasan itu.

    Rangkaian acara3-10 Desember : Pameran Budaya Banjar Wayah Bahari dan Jasa

    Perdagangan6-10 Desember : Pameran Seni Rupa Refleksi Eksotik Kesultanan Banjar

    dan Bursa Tosan Aji Indonesia6 Desember : Asyura Kesultanan Banjar, pergelaran wayang, bakisah7 Desember : Seminar sejarah8 Desember : Seminar budaya, malam seribu doa9 Desember : Karnaval, festival tari, lailatul qiroah10 Desember : Puncak acara

    *) Acara masih bisa berubah

    SIDANG kasus dugaan korupsi di PLN Cabang Barabai denganterdakwa mantan Asisten Manager Bagian Niaga dan PelayananPelanggan pada PT PLN Cabang Barabai, Naryono, di PengadilanTipikor Kalsel, Kamis (27/10) siang, ditunda.

    Pasalnya, majelis hakim belum menyiapkan putusan untukdibacakan. Untuk memutus perkara ini majelis hakim harusmelakukan pemantapan dulu. Intinya kita tidak ingin buru-burudalam memutus perkara, terang ketua majelis hakim, Tongani.

    Dalam sidang sebelumnya, Naryono dituntut hukuman penjaraselama 1,5 tahun dan denda Rp 50 juta subsider enam bulankurungan. (ncl)

    Kurang Hargai Eselon

    Dua unit Kijang Innovadan satu unit Fortuner hitamtampak parkir di lokasi terse-but. Mobil baru-mobil baruitu diperuntukkan bagi peja-bat di universitas tertua diKalimantan ini.

    Selain tiga unit mobil terse-but, masih ada dua unit mobilKijang Innova untuk pem-bantu rektor (PR), dan satuunit Avanza untuk FakultasEkonomi Unlam.

    Pembantu Rektor (PR) I,Hadin Muhjad, mengatakandirinya memang sudahmenggunakan mobil baru itu.Mobil hitam bernomor polisiDA 171 sudah diperguna-kannya sejak sepekan lalu.

    Mobil lama jenis APV itusudah lima tahun, jadinya ber-ganti plat dan diserahkan untukLembaga Penelitian (Lemlit)Unlam, katanya ketika ditemuidi ruang kerjanya.

    Disinggung mengenai ka-binet di bawah kepemim-pinan Ruslan sebagai rektorUnlam yang belum genapsatu tahun, Hadin mengata-kan pengadaan mobil-mobil

    baru sudah ada pada periodesebelumnya.

    Saya pun terkejut saatmelihat DIPA 2010 ada ang-garan pembelian mobil. Tapisaya lupa persisnya, ternyatabaru terealisasi akhir tahunini, ujarnya.

    Memang saya rasa bagipembantu rektor mungkintidak begitu mendesak, tetapibagi pejabat Unlam lainnya

    malahan mendesak untukmendukung kinerja, lan-jutnya.

    Dia menambahkan, mobildinas terdahulu milik Lemlitdan Badan Penjamin MutuUnlam sendiri sudah cukuptidak layak pakai. Sementaramobilitas lembaga itu sangat-lah tinggi, mobil yang digu-nakan sehari-hari merupakanmobil jenis kijang terdahulu.

    Terpisah, PR III Unlam, Idia-noor Mahyuddin, mengatakankebutuhan mobil baru dira-sanya sangatlah penting.

    Sama seperti Hadin, diamengaku mobil lama berupaSuzuki APV, sudah lewat limatahun. Selama menjabat seba-

    gai PR III, Idianoor sudah duakali melakukan perbaikan ka-rena jalannya tersenjal.

    Mobilitas PR III cukuptinggi, selama menjabat sayamalahan lebih sering meng-gunakan mobil pribadi. Mo-bil APV itu sudah layak sajaberganti baru, katanya.

    Disinggung mobil mewahFortuner untuk rektor, Idi-anoor mengatakan wajar sajakarena jabatan Rektor sekelasgubernur.

    Secara tidak langsungUnlam tidak dipandang sebe-lah mata. Universitas Palang-karaya saja Pembantu Rekt-ornya mobil jenis sedan Cam-ry, imbuhnya. (has)

    BANJARMASIN, BPOST -Serangkaian acara disiapkanuntuk memeriahkan hari u-lang tahun (milad) ke-507Kesultanan Banjar. Sejumlahacara yang akan berlangsungsejak 3 Desember tersebutdisampaikan panitia miladdalam kunjungan ke Banjar-masin Post, Kamis (27/10).

    Rombongan panitia yangterdiri dari Kabag EkonomiKabupaten Banjar, I GustiNyoman Yudiana, staf KorpriKabupaten Banjar, M Noor S,dan Sekretaris Panitia Milad,Gusti Markusin, diterimalangsung Pemimpin UmumBanjarmasin Post Group, HGRusdi Effendi AR.

    Turut mendampingi Wa-pemred, Harry Prihanto, Wa-kil Pemimpin PerusahaanBidang Humas, M FachmiNoor, Manajer Promosi Muf-riwan, dan Assiten ManajerIklan Helda Anatasia.

    Dalam kunjungan yangberlangsung dalam suasanapenuh kekeluargaan itu, IGusti Nyoman Yudiana me-minta dukungan dari Banjar-masin Post untuk menyukses-kan acara tersebut.

    Acara yang bertemakanBanjar Wayah Bahari ini bakalmenyajikan beragam budaya.Antara lain madihin, wayang,bakisah, festival tari, pameranbudaya, pameran seni rupa,laillatul qiroah, hingga semi-nar sejarah dan budaya.

    Acara akan dimulai de-ngan pameran budaya pada 3Desember. Pembukaan akandilakukan pada 6 Desember2011 dan puncaknya pada 10Desember 2011. Pembukaanlangsung dibuka Bupati Ban-jar,