Banjarmasin Post Jumat, 23 Mei 2014

download Banjarmasin Post Jumat, 23 Mei 2014

of 32

  • date post

    30-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    415
  • download

    0

Embed Size (px)

description

NO. 151463 TH XLII/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Jumat, 23 Mei 2014

  • Banjarmasin Post23 MEI 2014/

    23 RAJAB 1435 H

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    JUMAT

    NO. 151463 TH XLII/ ISSN 0215-298732 HALAMANRP 3.000

    Anang Gayam

    - Hari ini paringatan Jumahat kalabu, Lak ai

    + Jauhakan bala jangan taulang lagi, Nang ai

    12:20 18:1915:43 19:3204:59

    DALAM menghadapi pro-blema kehidupan, sebagianmasyarakat mengunjungi or-ang alim (ulama) membawasebotol air, ia berkata: mintabanyu guru. Sang guru sudahpaham, lantas membaca apa-

    HARI ini, 17 tahun lalu, sebanyak 123 orang tewas, 118 orang luka-luka, dan 179 orang hilang. Satu gereja terpanggang dan 10 gereja

    lainnya rusak berat. Tak hanya itu, 155 rumah, 144 toko, 3 supermar-ket, 3 minimarket, 5 bank, 4 kantor pemerintah, 1 tempat hiburan, 11gereja, 3 sekolah, 1 rumah jompo, 1 apotek, 26 mobil serta 23 sepeda

    motor hancur dirusak dan dilumat api. Hingga kini, tragedi 23 Mei 1997yang menghancurkan Banjarmasin itu belum terungkap.

    Dengan alasan apapun, pengalaman pahit itu tidak boleh terulang.Kalsel harus selalu dijaga. Baca liputan khusus

    Tragedi Jumat Kelabu di halaman 22. (*)

    DOKUMENTASI WILDAN TARMUJI UNTUK BPOST GROUP

    Minta Banyu

    Hal 22 kol 1-3

    KH HusinNaparin

    kah itu doa, ayat Al-quran atau bacaanlainnya yang ditiup-kan ke air itu.

    Hati orang itu pun lega, be-sar harapan problema yangdihadapi dapat terselesaikan.

    Problema yang dihadapibisa jadi berupa penyakitfisik, seperti panas badanatau penyakit kronis lainnyayang diobati ke berbagaidokter, namun tak kunjungsembuh; atau berupa per-soalan kejiwaan. Air itu di-

    minum atau dimandikan.

    WAYAH lagi kakanakan bubuhan Palui,Garbus, Tulamak, Tuhirang wan Tuhabuk,hidupnya tamasuk kada bauntung. Kaluistilah wayah ini tagulung anak kaluargamiskin. Tapi walau demikian bubuhannya

    Tingkong

    Hal 22 kol 1-3

    Advertorial

    PUSAT perbelanjaan Q Mall diBanjarbaru terbilang mewah. Besardan megah. Namun tak banyak or-ang menyangka kalau bangunanyang nantinya satu gedung denganQ Hotel di Jalan A Yani kilometer 36Banjarbaru itu dibangun oleh orangasli Banua.

    H M Norhin Harun nama leng-kapnya. Perawakannya kecil namunjangan ditanya bisnis yang dilakoni-nya. Mulai dari mal, perumahan,pertambangan hingga konveksi.Kesuksesan pengusaha kelahiranTelaga Silaba, HSU, 5 Oktober 1964itu memang bukan didapat dengancara instan. Melainkan dengan jerihpayah. Harus merasakan perihnyaperjuangan hingga bisa meraih ke-suksesan.

    Tak banyak yang tahu, Norhin

    Anak Banua yang Sukses Bangun Malyang semasa kecila akrab disapa Ohenini sejak usia 6 tahun sudah harusmadam ke keluarganya di Anjir Sera-pat, Kapuas, Kalteng. Padahal dirinyabaru saja sekolah di tingkat madrasahIbtidaiyah. Namun, karena kondisiekonomi orangtua yang sangat ter-batas, dia harus menjalaninya.

    Ohen selalu mengingat kenangancukup pahit semasa kecil itu. Yangtidaklah senyaman dengan kondisiyang diperolehnya saat ini. Dia punselalu ingat pahitnya masa kelamsekolah di pondok pesantren Darus-salam, Martapura, Banjar.

    Saya kala itu tinggal di Pesaya-ngan. Tidak punya sepeda untuksekolah. Jadi jalan kaki saja sejauhlima kilometer. Jadi kalau bolak-balik,mencapai 10 kilometer. Mau bagai-mana lagi. Kondisinya saat itu me-

    mang begitu, kata Ohen berkaca-kaca mengingat kehidupan mudanya.

    Hingga akhirnya ayah tujuh anakini harus ke Banjarmasin. Tinggal ditempat saudara kandung di GangSetuju, Kelayan. Di sana dia nebengsekaligus belajar menjadi pedagang.Saya berjualan di Pasar Belauran.Jualan konveksi. Sore pasang terpal danmalam baru pulang. Itu masih men-jualkan punya orang, ucap Ohen.

    Sembari berdagang, dia menuntutilmu di Pendidikan Guru Agama(PGA), Jalan Mulawarman. Setelahmemiliki modal yang lumayan, diamemberanikan diri membuka usahasendiri. Yakni, berjualan konveksikecil-kecilan di Pasar Kujajing, Banjar-masin. Dia terus bersemangat ber-dagang hingga bisa menyewa toko.

    Tahun demi tahun berlalu, Norhin

    muda yang penuh semangat terusmengembangkan usahanya di bidangkonveksi, sampai kemudian diajakeorang pedagang, (alm) H Taimi untukberangkat bersama-sama ke Jakarta.

    Haji Taimi menilai Norhin mudamemiliki kemampuan untuk menjadiseorang pedagang sukses. Awalnyasaya ragu untuk ikut, karena waktuitu modal saya hanya Rp 3 juta, tapikarena desakan beliau saya nekad danyakin melangkahkan kaki ke Jakartakata Norhin dikantornya, Kota CitraGraha (KCG) Jalan A Yani kilometer18, Landasan Ulin, Banjarbaru.

    Sesampainya di Jakarta, Ohendikenalkan kepada para pedagang diTanah Abang.Ini anakku, kalau diadatang lagi buat beli barang, tolong

    Hal 22 kol 4-7BPOST GROUP/AYA SUGIANTO

    H Norhin

    2305/B01

  • 2 ribun Kota Banjarmasin PostJUMAT 23 MEI 2014Haikal Minta Masyarakat Rukun

    Siswa Berompi Hijau Jaga Sekolah BNN Dukung SMAN 4 Banjarmasin Bentuk Satgas

    Kasus Pemberhentian Karyawan Insan Bonafid

    Peserta Operasi Katarak Diinapkan

    MARABAHAN, BPOST - HalamanKantor Bupati Barito Kuala (Batola) padaRabu (21/5) malam dipenuhi jemaah yangmengikuti peringatan Isra Mikraj NabiMuhammad SAW 1435 H.

    Penceramah adalah ustadz FikriHaikal MZ dari Jakarta, anakalmarhum KH Zainuddin MZ. Suaradan gaya bicara, nyaris sama denganayahnya.

    Hampir tidak ada bedanya denganayahnya, ungkap Jahriah, seorangjemaah.

    Sebelum berceramah, Haikal bertemuWakil Bupati H Mamun Kaderi di

    kediaman rumah jabatan Bupati Batola.Isteri Haikal, yakni Nour Afifah, bertemuisteri Bupati Batola, Noormiliyani ASHasanuddin Murad.

    Kepada jemaah, Haikal mengatakan,peringatan isra mikraj pada intinyabertujuan untuk meningkatkankualitas keimanan kepada Allah SWT.Ia pun mengajak masyarakat untuktolong menolong, menjagakebersamaan dan meningkatkanukuwah islamiyah.

    Jika rukun, kompak, dan bersatu,maka akan sejahtera dan tidak mudahdipecah-belah, tukasnya. (don)

    Dewan TakutTidak Selesai

    BANJARMASIN, BPOST -Pemutusan kerja karyawanoleh manajemen perusahankaret Insan Bonafiede ditang-gapi anggota DPRD kota Ban-jarmasin.

    Komisi IV DPRD Kota Ban-jarmasin yang membawahibidang ketenagakerjaan men-datangi perusahaan yang ber-ada di Jalan Ir PHM Noor, ka-wasan Pelambuan, Banjarma-sin Barat, Kamis (22/5).

    Sempat terjadi perdebatanantara manajer, Andreas Wi-nata, didampingi bagian per-sonalia, Arif Rahman, dengananggota dewan yang dipim-pin Mursyid. Anggota dewanlainnya, Jumiati, Erma Cand-ra, Aslamiah, Abdul Muis,Noor Baida dan Ratna.

    Sebelumnya, anggota de-wan menanyakan mengenaipemutusan kerja yang dilaku-kan manajemen pada April2014.

    Persoalan ini sudah kamiserahkan kepada Dinas Sosialdan Tenaga Kerja. Setelahdapat surat keputusan dariDinas Sosial dan Tenaga Kerja,baru kami akan bersikap,tandas Andreas.

    Manajemen juga mengata-kan, sebelum ke pihaknya,dewan bisa ke Dinas Sosialdan Tenaga Kerja Kota Ban-jarmasin terlebih dulu untukmengetahui duduk persoalan.Sebab, persoalan ini sudahkami serahkan ke Dinas Sosialdan Tenaga Kerja Kota Banjar-masin, kata Andreas Winata.

    Namun ia akhirnya mem-beri penjelasan. Katanya, pe-mutusan hubungan kerja ter-hadap 18 orang karyawannyasebagai dampak dari permin-taan karet dunia yang makinmenurun.

    Kami melepas 18 orangitu untuk menyelamatkan 100orang yang ada. Tapi kamimasih menunggu keputusandari Dinas Sosial dan TenagaKerja Kota Banjarmasin. Apa-pun putusan itu nanti akankita terima, lalu kami sampai-kan ke atasan kami, tukasAndreas Winata.

    Mengenai pesangon kar-yawan yang diberhentikan,dia berdalih, mereka itu sebe-lum masuk kerja sudah mene-rima persyaratan yang diaju-kan perusahan.

    Tidak puas dengan jawa-ban manajer. dewan berenca-na mengundang Dinsosnaker,manajemen dan karyawanyang diberhentikan. Kamiundang Dinsosnaker, mana-

    BANJARMASIN, BPOST -Memantapkan rencana kegia-tan bakti sosial, Danrem 101Antasari, Kolonel Inf. Suhar-jono, menggelar pertemuandengan jajaran dan mitra pen-dukung, Kamis (22/5).

    Kegiatan yang berlang-sung di aula Korem itu mem-bahas garis besar kegiatanyang dilaksanakan pada 10-12juni 2014 di RS DR Soeharsono,Jalan Soetoyo S, BanjarmasinBarat.

    Ia mengatakan, kegiatanbaksos ini harus murni gratis.Jangan sampai ada biaya yangdikeluarkan pasien. Rapat iniuntuk membahas hal tersebutagar pelaksanaan lebih ma-tang lagi, lontarnya.

    Selanjutnya, Kepala Kese-hatan Kodam VI Mulawar-man, Hendrik D Manueke,memaparkan konsep kegiat-an. Khusus pasien operasi,akan menginap selama satuhari. Makan untuk calon pa-

    sien operasi katarak, bibirsumbing dan hernia, ditang-gung, susulnya.

    Bagi peserta sunat, nanti-nya juga akan mendapatkanbingkisan sembako. Panitiamenyiapkan sebanyak 1.000paket, dipersembahkan Baz-nas Kalsel.

    Pencarian pasien akanlangsung dijemput ke pelo-sok-pelosok daerah. Bahkandi luar penyakit yang telahditentukan, juga bisa akandibantu, sela Hendrik.

    Hadir dalam rapat tersebutmitra kegiatan Korem, yaituBPost Group, Suaka AnandaBpos, Dinkes Provinsi Kalsel,BKKBN, PMI Kalsel, Baznas,BPJS, Stikes MB dan DinasSosial Provinsi. (ee/*)

    Rajin Diskusi Raih Nilai Tinggi SMA 2 Banjarmasin Gelar Perpisahan di HBIBANJARMASIN, BPOST -Muhammad Rizqi Maulanadinyatakan lulus Ujian Nasio-nal (UN) dengan nilai 46,00 yangmerupakan nilai tertinggi jurusanIPA di SMAN 2 Banjarmasin.

    Saya ingin jadi dokter.Semoga dengan menjadi dok-ter, saya bisa mengabdi kepadamasyarakat di bidang keseha-tan, harap Rizqi di sela per-pisahan dan pengukuhan ke-lulusan siswa SMAN 2 Banjar-

    masin di Hotel BanjarmasinInternasional, Kamis (23/5).

    Keberhasilan Rizqi dengannili memuaskan tersebut, me-lalui usaha dengan mengulangsetiap pelajaran yang diberi-kan guru di sekolah. Carabelajar yang diterapkan, me-lalui diskusi dengan teman-teman. Itu dianggapnya lebihmudah menyerap pelajaran.

    Sementara itu, di JurusanIPS, perasaan senang, bahagia

    mendapat nil