Banjarmasin Post edisi Jumat 23 Desember 2011

download Banjarmasin Post edisi Jumat 23 Desember 2011

of 28

  • date post

    22-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    351
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi Jumat 23 Desember 2011

Transcript of Banjarmasin Post edisi Jumat 23 Desember 2011

  • Banjarmasin PostDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    23 DESEMBER 2011/27 MUHARAM 1433 H

    JUMAT

    NO. 14497 TH XXXX/ ISSN 0215-2987HALAMANRP 3.00028

    SI PALUiiiii

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Anang Gayam

    - Ada nang masih bakadapan, Lak ia+ Jangan batiwas kalo baanakan, Nang ai

    Andalkan Senter Saat Tadarus

    KH Husin Naparin Lc MA

    Surah MaryamHalus Ganal

    Sama Haraganya

    BANJARMASIN, BPOST -Dari 13 kabupaten/kota diKalsel, hanya KabupatenBanjar yang menyandangpredikat opini tidak wajar(TW). Opini itu diberikanBadan Pemeriksa Keuangan(BPK) usai mengaudit penge-lolaan keuangan tiap daerah.

    Predikat itu diperolehBanjar selama tiga tahunberturut-turut: 2008, 2009,2010. Bahkan, pada 2007,kabupaten yang dipimpinHG Khairul Saleh itu men-dapat predikat opini tidakmemberikan pendapat (T-MP) karena tertutup un-tuk diaudit.

    Seperti diwartakan BPost,kemarin, jika kondisi ituterus terjadi, kata AnggotaVII BPK Bahrullah Akbar,maka Banjar bisa terkena

    GARBUS mambu-rung sagarubakdurian, lalu man-jualnya di pasarparak rumahnya.Duriannya payu

    Purwati Jahit Mulut di Hari Ibu Yudhoyono Umbar Senyum di Balai Kartini

    KH Syukron Makmun dalam ceramahdi Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarma-sin, puluhan tahun lalu menasihatkankepada umat Islam, lebih-lebih para remajaagar membaca SurahMaryam di akhir De-sember.

    Ada apa gerang-an relevansinya an-tara Surah Maryamdan akhir Desem-ber? Mudah-mudah-an umat Islam cerdasmemahaminya.

    Surah Maryam diturunkan di Makkahsebelum Nabi SAW berhijrah ke Madinah,bahkan sebelum para sahabat hijrah kenegeri Habsy (Ethopia). Awal Surah Mar-yam inilah yang dibacakan Jafar bin AbiThalib di hadapan Raja Najasyi ketikamereka berhijrah ke negeri itu, Ini miripdengan yang kita dengar dari nabi kita,demikian komentar sang raja.

    Hal 6 kol 4-7

    Suhardjo: Ada yangDisembunyikan

    sanksi yakni di-kuranginya ang-garan bantuanpembangunandari pemerintahpusat melalui danaalokasi khusus (DAK)dan dana alokasi umum(DAU). Jika itu terealisasi,bukan tidak mungkin pro-ses pembangunan di Banjar,akan terhambat.

    Mengenai sanksi itu, Ke-pala Inspektorat WilayahKalsel, Suhardjo mengata-kan, hukuman belum dija-tuhkan.

    Namun, predikat harusdijadikan pemacu untuk me-ngelola keuangan daerah se-cara baik sehingga bisa men-dapat predikat opini wajartanpa pengecualian (WTP).Sebagai pengawas internal,Inspektorat akan ikutmendorong, u-capnya di Banjar-masin, Kamis(22/12)

    Pemkab Banjar Belum Kena Sanksi

    TIDAK ada yang spesial bagiPurwati (47) pada Hari Ibu yangdirayakan banyak perempuan lain,Kamis (22/12).

    Di hari yang seharusnya mem-bahagiakan dirinya itu, Purwatimengorbankan mulut untuk di-bungkam melalui aksi menjahitmulut di Gedung DPR, Jakarta.

    Aksi nekat itu dilakukannya se-bagai bentuk penolakan terhadapaktivitas PT Riau Andalan Pulp and

    Paper (RAPP) menguasai kawasanPulau Padang, Riau untuk dijadikanarea Hutan Tanaman Industri (HTI).Purwati melakukan aksi itu bersamatujuh tetangganya.

    Saat BPost menemuinya, perem-puan itu memberi isyarat melaluitangan bahwa dirinya masih sema-ngat menjalankan aksi meski kondisibadan terus melemah.

    PurwatiTRIBUNNEWS/HERUDIN

    KEMARIN,untuk kali

    kesekian HariIbu diperingati.

    Sudah adakahperubahan

    terhadap nasibperempuanIndonesia?

    Komentar lain di halaman 4

    Mimie VielezieaKASIH sayang ibutak terganti olehapapun juga, danbagi kku kasihsayang ibu bukkan

    hari ini saja .tapi tiap harihmmmm

    Kita Gabung di Pages BPost Online

    BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

    Kondisinya sangat menge-naskan, bahkan bisa disebutkampung mati. Fasilitas ke-butuhan dasar warga, sangatminim bahkan ada yang tidaktersedia. Bertahun-tahun, 33kepala keluarga yang men-diami kampung di kawasanperbukitan itu hidup dalamkondisi penuh keterbatasan.

    Mereka hidup dalam kege-lapan karena belum adanyapenerangan listrik. Juga mi-nim air bersih, kesulitan men-dapatkan pelayanan kesehat-an dan pendidikan serta ru-saknya sarana prarana jalandan jembatan.

    Warga juga tidak bisa me-rasakan nikmatnya menele-pon apalagi chatting dan brow-sing internet melalui hand-

    Kondisi MengenaskanKondisi MengenaskanKondisi MengenaskanKondisi MengenaskanKondisi Mengenaskanz Belum ada jaringan listrikz Kesulitan air bersihz Tidak ada pelayanan

    kesehatanz Tidak ada pelayanan

    pendidikanz Jalan dan jembatan hancurz Minim sinyal komunikasiz Andalkan getah karetz Cari buah di hutan

    Pangkulan HSS, Terisolasi PLN-PU Lontarkan Janji

    Predikat BanjarPredikat BanjarPredikat BanjarPredikat BanjarPredikat Banjarz 2007: Tidak Memberi

    Pendapatz 2008: Tidak Wajarz 2009: Tidak Wajarz 2010: Tidak Wajar

    Sediakan Kapal untuk Imigran Gelap

    3 Tentara Jadi TertuduhTRENGGALEK, BPOST -

    Kabar mengejutkan di-lansir sejumlah media diAustralia, seperti ABCOnline, News.com.au

    dan Ninemsn.com.au.Berdasar informasi yang

    mereka peroleh, ada du-gaan keterlibatan tiga per-sonel TNI di balik musibahtenggelamnya kapal pe-ngangkut imigran gelap diPerairan Trenggalek, Jatim.

    Hingga Kamis (22/12), sudah 90 jena-

    zah dari sekitar250 penumpang

    tenggelam di Perairan Prigi itu,yang ditemukan. Imigran dariTurki, Iran, Afganistan dan Iraktersebut berencana menujuPulau Christmas, Australia.

    Mengutip ABC Online, Ke-pala Divisi AntiperdaganganManusia Mabes Polri, BrigjenAridono Sukmanto mengung-kapkan adanya sekelompoktentara yang diperiksa dalampengungkapan musibah itu.

    Disebutkan pula, pemilikkapal nahas itu juga mengakuiketerlibatan anggota TNI. Tigaanggota militer Indonesia itubertugas menyiapkan tahapakhir (kapal) untuk menyelun-

    dupkan para imig-ran, tulisnya.

    Media-mediaitu juga menampil-kan komentar Men-dagri Australia, Ja-son Clare yang me-nyalahkan para pe-nyelundup manusiadalam tragedi ter-sebut. Menjalan-kan bisnis untukmenghasilkan uangtapi tidak pedulinasib imigran itu.

    KANDANGAN, BPOST - Kondisi yang seha-rusnya tidak ada lagi di era yang serbadigitalsaat ini, ternyata masih ada di Hulu SungaiSelatan (HSS). Tepatnya di Kampung Pang-kulan, Desa Batulaki, Kecamatan Batung.

    Warga TerpaksaTerobos Hujan

    phone atau smartphone karenasering hilangya sinyal opera-tor penyedia layanan ko-munikasi. Satu-satunya hi-buran di kampung itu ada-lah pesawat televisi yanghanya ada di rumah ketuaRT (rukun tetangga).

    MAWARDI (30) adalahsalah seorang wargaKampung Pangkulan, DesaBatulaki, HSS yang terusbertahan meski hidupdalam serbaketerbasan.

    Hampir setiap hari, diamenyadap pohon karetuntuk menghidupi istri dandua anaknya. Dari getahkaret dia bisa mendapatpenghasilan antara Rp 500ribu hingga Rp 1 juta tiapbulan.

    Tidaktentu, naikturundapat-

    nya, tegasnya kepadaBPost, kemarin.

    Karena sering keku-rangan biaya untukmenghidupi keluarga,Mawardi yang menjadiketua Rukun Kampung(RK) itu seringkali pergi kehutan yang jaraknya cukupjauh dari rumah, meng-gunakan jukung (perahukecil).

    Di sana dia, mencaribuah-buahan yang bisadijual di kota.

    Hal 6 kol 5-7

    KEKAGUMAN bakal di-alami semua orang jika me-ngetahui berderet prestasi,kreativitas dan inovasi Rah-mat Hidayat.

    Berkat itu pula lulusan IA-IN Antasari Banjarmasin, 2001itu terpilih mengikuti ajangWirausaha Muda Mandiri (W-MM) tingkat nasional yang di-gelar Bank Mandiri di Jakarta,15 Januari 2012 mendatang,untuk bidang usaha kreatifkategori alumni dan pasca-sarjana.

    Rahmat memiliki karyabrilian yakni alat peraga pen-didikan berupa Compass DiscQori. Di alat yang berbentukbundar itu, ada metode dah-syat belajar tajwid. Bisa digu-nakan anak-anak hingga or-

    ang dewasa. Dengan alat ini,bisa menguasai ilmu tajwidhanya dalam hitungan detik,katanya.

    Kok bisa? Metodenya ter-golong unik tetapi mudahdigunakan sehingga peng-guna bisa secara gampangmemahaminya. Tinggal me-mutarkan secara manual a-nak panahnya, akan munculketerangan cara membacahukum tajwid dalam Alquran.Harganya tergolong murah,

    antara Rp 10ribu hingga Rp25 ribu per unit, ter-gantung ukurannya.

    Alat itulah yangditunjukkan Rahmatdi depan para juri W-MM di Hotel Palm,B a n j a r m a s i n ,Rabu (21/12) danKamis (22/12)kemarin.

    30 Detik Bisa Pintar Urang Banua Masuk 100 Pemuda Berpengaruh

    Wirausaha Mandiri Kategori AlumniWirausaha Mandiri Kategori AlumniWirausaha Mandiri Kategori AlumniWirausaha Mandiri Kategori AlumniWirausaha Mandiri Kategori Alumnidan Pascasarjanadan Pascasarjanadan Pascasarjanadan Pascasarjanadan Pascasarjana

    z Bidang Perdagangan dan JasaBidang Perdagangan dan JasaBidang Perdagangan dan JasaBidang Perdagangan dan JasaBidang Perdagangan dan Jasa: Wie Joni (heavyequipment services), Balikpapan

    z Bidang Usaha KreatifBidang Usaha KreatifBidang Usaha KreatifBidang Usaha KreatifBidang Usaha Kreatif, Rahmat Hidayat (penerbit),Banjarmasin

    GRAFIS/TEGUH

    12:21 18:3104:48 15:48 19:46

    2312/B01

  • 2Banjarmasin Post Banjarmasin Bungas

    JUMAT 23 DESEMBER 2011

    BANJARMASIN, BPOST -Sebanyak 974 lokasi di 13 ka-bupaten/kota menjadi sasa-ran Operasi Lilin 2011. Takhanya tempat ibadah dan pu-sat keramaian seperti ban-dara, pusat perbelanjaan, pela-buhan dan tempat rekreasi,namun 157 SPBU juga menjadiperhatian khusus.

    Kapolda Kalsel, Brigjen PolSyafruddin seusai menjadiinspektur upacara pada apelgelar pasukan Operasi Ke-polisian Kendali Pusat Lilin2011, mengatakan, pada peri-ngatan hari besar keagamaanseperti Natal maka kebutuhanmasyarakat pasti meningkat.Termasuk kebutuhan terha-dap bahan bakar minyak(BBM), dan untuk mengan-tisipasi kelangkaan itu makamenempatkan anggotanya diSPBU-SPBU.

    TAK sekadar hiburan menarik yang disiapkanmanajemen Permata In menyambut tahun baru.Menu baru juga sudah