Banjarmasin Post Edisi Jumat, 17 Juni 2011

download Banjarmasin Post Edisi Jumat, 17 Juni 2011

of 28

  • date post

    22-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    388
  • download

    29

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post Edisi Jumat, 17 Juni 2011

Transcript of Banjarmasin Post Edisi Jumat, 17 Juni 2011

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post17 JUNI 2011/

    15 RAJAB 1432 H

    JUMAT

    HALAMAN NO. 14312 TH XXXIX/ ISSN 0215-2987RP 3.00028

    ANDA langsung masukruang setelah menyaksikanpuncak gerhana Bulan, Kamis(16/6) dini hari? Jika itu yangterjadi, Anda rugi.

    Setelah gerhana puncakterjadi, di saat Bulan masihmerona, Jupiter secara perla-han mendekatinya, sekitarpukul 05.50 Wita. Namun,penampakan planet terbesardi tata surya itu hanya samar-samar.

    Berdasar pantauan meng-gunakan teleskop, planet ituberada di timur Bulan. War-nanya putih. Di dekatnya,ada bintik kecil yang menun-jukkan satelitnya. Jupiter se-benarnya memiliki cincin na-mun tak terlihat karena sa-ngat tipis.

    Jupiter menyapa saatBulan mengalami fenomenalangka yakni gerhana totalyang berproses selama 100menit. Gerhana bulan totalselanjutnya terjadi pada De-sember 2011, namun totalitas-nya lebih singkat.

    Ada keunikan pada ger-

    KAMIS, 9 Juni 2011, ratusanwarga Jalan Gadel Sari Barat,Karangpoh, Tandes, Sura-baya, Jatim, beteriak-teriak diBalai RW 02. Mereka meng-usir Siami (beserta suami,Widodo dan dua anaknya)pergi dari kampung tersebut.

    PEKAN lalu, penulis menyaksikan dia-log tentang Bank Syariah di TVRI Kalsel,narasumber Hidayatul Muttaqin. Sejumlahpenanya menyampaikan uneg-unegnya,menunjukkan masih kurang pahamnya ma-syarakat luas tentang bank syariah. Satu

    di antaranya, adanya la-yanan syariah padabank-bank konvensional;itukan halal bercampurharam.

    Sehubungan ini,penulis teringat bahwadahulu di kalangan ma-syarakat Banjar, satu ke-luarga hidup bersama da-

    lam sebuah rumah besar, rumah panggungbertiang panjang, bubungan tinggi danmempunyai anjung kiri dan kanan. Di bagianbelakang ada tempat memasak, disebutpadapuran.

    SI PALUiiiii

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 1-3

    18:23MAGRIB

    19:37ISYA

    15:48ASAR

    12:23ZUHUR

    05:01SUBUH

    Anang Gayam

    - Ukuran kapalnya magin baganal, Lak-ai+ Jangan salahakan meterannya, Nang ai

    Tahurup AmplopSadapur Tapi

    Kada Sakincing

    JAKARTA, BPOST - Sidangkasus dugaan terorisme de-ngan terdakwa Abu BakarBaasyir, dijaga sedikitnya 3ribu polisi. Mereka bak hen-dak perang karena menge-rahkan beragam persenjataandan armada tempur sepertiwatercanon serta barakuda.

    Hal 14 kol 1-3

    KH Husin Naparin Lc MA

    Jupiter Pun Menyapahana kemarin, yakni Bulantidak menghilang dari pan-dangan. Bahkan, di daerahyang bercuaca cerah, Bulanberwarna merah.

    Teorinya, selama gerhanatotal, Bulan tidak tampak ka-rena sinar matahari yang di-blok Bumi, tidak mencapaiBulan. Kenyataannya, Bulantetap tampak, tetapi berwarnamerah. Hal itu karena Bulantetap terkena cahaya Mata-hari. Cahaya tersebut bukancahaya langsung, melainkancahaya yang dipantulkan at-mosfer Bumi ke Bulan.

    Debu dan gas pada atmos-fer menyaring gelombangwarna biru dari sinar Mata-hari. Cahaya yang lewat ha-nya berwarna merah. Karenaitulah Bulan berwarna me-rah. Warna Bulan saat ger-hana sangat tergantung padakondisi atmosfer, kata As-tronom Chabot Space & Sci-ence Center in Oakland, Cali-fornia, AS, Ben Burress.

    Saturasi warna merah jugatergantung ketinggian Bulan.Saat Bulan lebih rendah, se-

    makin banyak ia terkenacahaya yang dipantul-

    kan atmosfer. War-nanya makin

    merah, tegas-nya. (tribun-

    news/kps)

    Pulanglah Bu Siami....SIMBOL -MantanPanglima TNIEndriartonoSutarto,membubuh-kan tandatangandukunganuntuk Siamisebagaisimbolkejujuran,Kamis (16/6)

    TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO

    Hal 14 kol 1-3

    Kita

    Komentar lain di halaman 12

    Gabung di Pages BPost Online

    SIAMI diusir darikampung karena mem-

    bongkar sontek massal UNSD di Surabaya mendapat

    dukungan banyak kalangan

    Rita IcalYAKIN aza, tuh ibugk tahu seluk belukduunia pndidikanaza.....

    Hal 14 kol 4-7

    Baasyir Dikhianati Ratusan Juta Rupiah untuk Pengamanan Sidang

    Dana untuk biaya penja-gaan superketat itu diyakinimencapai ratusan juta rupiah.

    Pasalnya, menurut KabidHumas Polda Metro JayaKombes Baharudin Djafar,dana yang dikucurkan untukmenjaga setiap sidang Ba-asyir di PN Jakarta Selatan

    sekitar Rp 40 juta.Kepada pers di Jakarta, dia

    mengatakan jumlah personelyang dikerahkan pada sidangberagenda pembacaan vonisitu, tiga hingga empat kalilipat dari biasanya.

    ANTARA/ROSA PANGGABEAN

    GERHANA - Proses totalitas gerhana bulan yang berlangsung selama100 menit (foto atas). Banyak orang yang menyaksikan fenomena itu diPlanetarium dan Observatorium Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta,Kamis (16/6).

    KOTABARU, BPOST - Musibah di perairanKotabaru kembali terjadi. Setelah tengge-lamnya Perahu Motor Martasiah B2, terjadiledakan diikuti terbakarnya Landing CraftTank (LCT) Dagis II.

    Anak Istriku, Tahu Tidak? Ledakan LCT Gegerkan Kotabaru

    Kebakaran yang didugaakibat ledakan tabung elpijiberukuran 12 kilogram ituterjadi di perairan Desa Hilir,Pulaulaut Utara, Kamis (16/6) sekitar pukul 04.30 Wita.

    Akibat amukan si jago me-rah, seorang anak buah kapal(ABK), Armansyah menga-lami luka bakar di beberapa

    bagian tubuhnya. Seorang ABK lain, Rahi-

    min, hingga kemarin belumdiketahui keberadaannya.Sedangkan LCT Dagis II ha-nya menyisakan anjungan diatas permukaan air. Bagianlainnya tenggelam.

    POLEMIK MARTASIAH Dishub Kotabaru: GT-6 Adpel Kotabaru: GT-11 PT Sucofindo: GT-8 Penumpang tewas: 29 orang

    Hal 14 kol 4-7

    POLRES Kotabarumendapat sejumlahtemuan baru terkaittenggelamnya PerahuMotor (PM) Martasiah B2yang menewaskan 29penumpangnya diPerairan Tanjungdewa,Kotabaru.

    Salah satu temuan ituadalah kejanggalansertifikat klasifikasi kapal.Sertifikat tersebut diter-bitkan Dinas Perhubungan(Dishub) Kotabaru.

    Beda KlasifikasiPadahal berdasar

    pengukuran yangdilakukan tim ahlidari PT Sucofindo,kapal nahas itutermasukklasifikasi GT-8.

    Hal 14 kol 6-7

    ANTARA/RENO ESNIRDUKUNGAN MORAL - Ratusan orang dari berbagai daerah menggelar aksi di halaman PN Jakarta Selatan,Kamis (16/6). Mereka memberi dukungan moral untuk Amir JAT Abu Bakar Ba'asyir yang menjadi terdakwakasus terorisme.

    ANTARA/PARAMAYUDA

    KADA lawas tadimamarina Palui ma-nikahakan anaknya.Karna kadada nangtuha lainnya makaPalui tapilih jadi ka-pala gawi. Gasanmalam baninika-han itu Palui sau-rang nang maaturnya

    1706/B01

    Bersambung ke Hal 14

    Barangkali, HajahHadiah bagaikanmendapat hadiahsaat ia mengenalNew Mandala 525,satu tahun sebelum wawan cara inib e r l a n g s u n g .Bagaimana tidak.Sebelumnya, ada

    dua penyakit yang membuat ibu limaanak ini senantiasa terganggu dalamberaktivitas. Yang pertama adalahkadar kolesterol darahnya tinggi. Initentu saja sering membuat aliran darahnenek lima cucu ini tak lancar. Yangkedua adalah urat saraf tepinya terjepit,sehingga salah satu kakinya, mulai dariatas sampai ke bawah, selalu pegal-pegal. Untuk mengatasinya, duluwanita berusia 57 tahun ini berobat kedokter. Namun, sejak satu tahunbelakangan ini ia sudah meninggalkanobat dokter karena sudah rutinmeminum Kedelai Bubuk Instan NewMandala 525 setiap hari. Hasilnyaternyata memuaskan. Dengan bantuan produk buatan Garut, JawaBarat, tersebut kadar kolesterolnyatidak tinggi lagi dan rasa sakit akibatsaraf terjepit itu makin lama makinberkurang. Baru-baru ini saya cekkandungan darah. Ternyata semuanya

    Terasa SakitLantaran Terjepit

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostJUMAT 17 JUNI 2011

    RAUT kecewa terpancardi wajah Bripda Noor Aina.Dia hanya bisa menonton ke-tika rekan-rekannya mendo-norkan darah di Aula Bha-yangkara Polda Kalsel, Ka-mis (16/6) pagi.

    Masalahnya, polwan ber-paras cantik yang bertugas diDitsabhara Polda Kalsel itutidak diperbolehkan ikutmendonorkan darahnya lanta-ran tekanan darahnya rendah.

    Saya sangat sedih tidakbisa ikut mendonorkan da-rah, padahal sangat inginberpartisipasi, tutur Aina.

    Ibu tiga orang anak dannenek dari dua orang cucu inidiamankan petugas Unit ISatnarkoba Polresta Banjar-masin di rumahnya Jalan Su-lawesi Gang Bandanaira RT18 Nomor 4, Pasar Lama, Ra-bu (15/6) pukul 23.30 wita.

    Dari rumah Faridah petu-gas menemukan ratusan bu-tir pil yang diduga ineks ter-diri dari warna pink, hijau, bi-ru, coklat dan abu-abu.

    Pil-pil yang diduga inekstersebut, ditemukan petugasdari dalam sebuah kaleng

    bekas kemasan rokok yangdiletakkan di bawah pintu.Setelah dilakukan pengem-bangan penyelidikan, dari ru-mah tetangga Faridah, petu-gas kembali menemukan ra-tusan butir, serta peralatanmencetak pil-pil tersebut.

    Jika diperhatikan, olahanpil-pil tersebut sangat rapi. Pilberwarna pink memiliki logopetir, sedangkan pil berwarnacoklat dan abu-abu berlogobintang. Sementara pil yangberwarna hijau dan biru tidakmemiliki logo.

    Tepung Dicampur Obat Sakit KepalaBANJARMASIN, BPOST - Sebuah tempatproduksi ineks palsu digerebek petugas. Daripengakuan tersangka Faridah (57), obat ter-sebut dibuat dengan bahan dasar obat sakitkepala, tepung dan pewarna makanan.

    Faridah mengaku mem-buat pil-pil tersebut. Namundia membantah pil tersebutadalah ineks. Obat sakit ke-pala yang saya beli dari tokoobat di sekitar Pasar Lama, sayahaluskan dengan cara ditum-buk, kemudian campur dengantepung dan pewarna, lalu dice-tak, ungkap Faridah.

    Saat ditanya dari manamendapatkan alat cetak, Fa-ridah mengaku bekas milikanaknya, yang sebelumnyajuga pernah ditahan karenakasus serupa.

    Adapun awal dia mem-buat pil tersebut karena per-mintaan dari seseorang yangberasal dari Tanahbumbu.Pemesan meminta disedia-kan 200 butir ineks, setengahbulan lalu.

    Rencananya pil-pil terse-but akan dijual dengan hargaRp 20 ribu perbutir. Namunbelum lagi pil-pil tersebutberhasil dijual, dia keburudibekuk polisi.

    Kasat Narkoba PolrestaBanjarmasin Kompol Christi-an Rony SIK mengungkap-kan, dari rumah Faridah danrumah tetangganya, berhasild