Banjarmasin Post Jumat, 25 Oktober 2013

download Banjarmasin Post Jumat, 25 Oktober 2013

of 32

  • date post

    19-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    458
  • download

    33

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 151255 TH XLII/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Jumat, 25 Oktober 2013

  • Banjarmasin Post32 NO. 151255 TH XLII/ ISSN 0215-2987RP 3.000

    JUMAT25 OKTOBER 2013/

    20 ZULHIJAH 1434 H

    HALAMAN

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    SI PALUiiiii

    12:08 18:1415:2104:44 19:24

    Anang Gayam

    Hal 6 kol 1-3

    - Bubuhan sidin sudah bulikan , Lak ai+ Cagar tabulik amun taminum banyu

    Barito, Nang ai

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Umpat Mancalon

    PenyucianJiwa

    Yang Tersisa dari Kunjungan Presiden

    Tisu dari Emas

    TIGA hari Presiden SusiloBambang Yudhoyono di Kalsel

    Irliza Kharinabiarpun waktuxsingkat smogaad perubahankdepanx untukwilayah kalsel

    Kita

    TERIMA GELAR - PresidenSusilo Bambang Yudhoyono

    mengikuti prosesi penganuge-rahan gelar yang dilakukan

    Ketua dan SekretarisLembaga Budaya Banjar,

    Suriansyah Ideham danSekretaris LBB, Datuk

    Mangku Adat Adjim Arijadi,Kamis (24/10).

    Yudhoyono Bikin Nirwan Gugup

    Komentar lain di hal 4

    KH HusinNaparin

    DEWASA ini, penyakit jiwa(stres) merupakan penyakitserius di kalangan umat ma-nusia. Dua faktor membuatjiwa seseorangsakit, yaitu fak-tor intern, dima-na ia tidak mam-pu mengendali-kan hasrat danambisinya; danfaktor ekstern,akibat persaing-an ketat memperebutkansumber rezeki antarmanusiadalam hidup dan kehidupan.

    Penderita stres di Jakartasudah mencapai 20% dari jum-lah penduduk (dr H DadangHawari), sedang di Kaliman-tan Selatan mencapai 18% (drH Yulizar Darwis). Karenanya,tak diragukan perlunya pe-nyucian jiwa; jiwa manusia bisabaik apabila dipelihara, tetapiakan fasik jika sebaliknya.

    Allah SWT berfirman: Demi jiwa serta penyempur-naan (ciptaan) nya, maka Allahmengilhamkan kepada jiwaitu (jalan) kefasikan dan ke-takwaannya. Sesungguhnyaberuntunglah orang yang

    BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPHANDI

    Dari Genset, Media SosialHingga Toilet Rp 150 JutaTIGA hari dua malam, Presiden Susilo

    Bambang Yudhoyono berada di provinsiini. Ada tiga agenda utama yang diikuti-nya. Yakni, peresmian dan groundbreaking(peletakan batu pertama) belasan proyek,silaturahmi dengan pengurus PersatuanWartawan Indonesia (PWI) dan tokoh persserta membuka sekaligus menerima gelarbudaya di Kongres Budaya Banjar III.

    Di luar kegiatan itu, Yudhoyono yang

    didampingi istri Ani Yudhoyono dan bebe-rapa menteri melakukan aktivitas lain.Seperti Ani yang mengunjungi pusat per-belanjaan Cahaya Bumi Selamat (CBS)Martapura. Keduanya juga berbelanja dipasar terapung, Kuin, Banjarmasin.

    Kedatangan Yudhoyono semula me-munculkan kekhawatiran. Kabut asap ba-

    PARAK pamilu ka-ya wayahini, Palui ta-kuling kapala melihatjalanan di kampung-nya nang mahibak la-wan atribut partai.Nang maulah inya ka-da habis pikir saikungkawal sarantang-sa-

    LUAR biasa inovasi yang dilakukan salah satu pe-rusahaan tisu di Australia. Mereka mampu membuattisu yang terbuat emas. Semua tahu, tisu biasanyaterbuat kertas daur ulang.

    Memang harganya mahal,tetapi harus diakui tisu itu sangatbernilai. Dan mungkin orang akan berpikir berulangkali sebelum menggunakan, lalu dibuang. Bayangkan,harga satu gulung kertas tisu berbahan emas 22 karatmencapai Rp 15,5 miliar.

    Hebatnya lagi, pembeli akan mendapat bonusistimewa. Selain tisunya diantarkan secara khusus olehorang pilihan, pembeli juga bakal mendapat sebotolsampanye serta beragam hadiah lain.

    Dalam rilisnya, perusahaan itu mengaku terinspirasifenomena kemewahan ala Dubai, Uni Emirat Arab. Be-berapa hotel mewah di kota itu memiliki dudukan toi-let dan tempat tisu yang terbuat dari emas. Ketikadigunakan, lapisan emas akan berjatuhan ke lantai,sehingga menambah keindahan rumah. (dlm/kps)

    ISTILAH wives and girl-friends (WAGs) dipopulerkanmedia-media di Inggris ketikaPiala Dunia 2006 di Jerman.

    Poliban AkanKerahkan WAGs

    Saat itu, pemain timnas Inggrismelakukan perjalanan ke tur-namen didampingi istri danpacar mereka. Hal ini mena-

    rik perhatian paparazzi(pemburu foto).

    Bukan hanya papa-razzi, WAGs juga me-narik perhatian peng-gemar sepak bola, ka-rena mereka menge-nakan busana, sepatu dan tasmodel terbaru. Keberadaanmereka membuat segar ma-ta penggemar sepakbola pria.

    Saat ini WAGs tidakhanya populer untukkalangan pemain sepakbola, tetapi juga untukpemain olahraga lain-nya. Di turnamen futsalBorneo Cup, WAGs dari

    tim mahasiswa, bakalan me-meriahkan gelaran di GOR

    PRESIDENSusilo

    BambangYudhoyono

    (menundukkanbadan) me-

    nyalami parapedagang PasarTerapung, Kuin,

    Banjarmasin, Kamis (24/10). Jumlah pedagang lebihbanyak daripada hari biasa.

    BANJARMASIN POST/APUNK

    Presiden Bilang Alhamdulillah, Ulun TerimaBANJARMASIN, BPOST - Dihari-hari biasa, pedagang yangmengais rezeki di Pasar Ter-apung, Kuin, Banjarmasin, tidaksampai 50 orang. Kamis (24/10), jumlahnya tiba-tibamelonjak, mencapairatusan orang.

    Adalah Presiden Su-silo Bambang Yudho-yono yang menjadimagnet berdatangannya pa-ra pedagang itu. Bersama sangistri, Ani Yudhoyono, MenkoPerekonomian Hatta Rajasa,Mensesneg Sudi Silalahi danGubernur Kalsel Rudy Arif-fin, dia mengunjungi pasarterapung yang terancam pu-nah itu. Di sana sang presiden

    memborong buah, sayur danwadai (kue) dengan harga diluar kepantasan.

    Betapa tidak. Bagi-bagiduit, satu jukung (pedagang)

    dapat Rp 100 ribu un-tuk membeli barangjualan mereka. Semuabarang dihargai Rp 100ribu. Ada buah, wadai,sayur, ucap seorang

    motoris kelotok, Jumran.Dia mengaku agak terkejut

    saat melihat banyaknya peda-gang yang berjualan. Jauhlebih banyak dibanding haribiasa. Jumlahnya ratusanorang. Mungkin mereka baha-baran (saling memberitahu),ucap warga Jalan Alalak Sela-

    tan Banjarmasin itu.Sementara salah seorang

    pedagang terapung, Acil Atulmengatakan mereka biasaberjualan di kawasan itu. Bi-

    Ada 20,3 Juta Pemilih Ganda

    JAKARTA, BPOST - KomisiPemilihan Umum (KPU) me-nunda pengumuman DaftarPemilih Tetap (DPT) Pemilu2014 yang sedianya ditetapkanRabu (23/10) kemarin. Jumlahpemilih pada Pemilu 2014yang semula akan diumumkanberjumlah 186.842.553 orang.

    Namun partai peserta pe-milu, bahkan Badan PengawasPemilu protes karena ditemu-kan banyak kekurangan, se-perti pemilih ganda sebanyak20,3 juta orang dan tanggallahir pemilih masih kosong.

    Ketua KPU Husni Kamil Ma-nik saat Rapat Pleno Rekapitu-lasi DPT Pemilu 2014 di KPU,mengakui, kebanyakan masa-lah DPT menyangkut kete-rangan data nihil atau kete-

    rangan variabel datanya ko-song. Menurut dia, kekeli-ruan data tersebut berkisar0,4 persen. Misalnya tang-gal lahir yang kosong.

    Ini menjadi problemwalaupun sebenarnyasecara faktual orangnyaada. Tapi memang diatidak punya tanggal la-hir. Ini yang akan di-koordinasikan denganpemerintah supaya di-beri tanggal lahir apa-

    hal 17-24

    Penundaan DPT Tidak Ganggu Jadwal Pemilu

    NET

    Koran Pemilu

    2510/B01

  • 2 ribun Kota Banjarmasin PostJUMAT 25 OKTOBER 2013

    BANJARMASIN, BPOST -Pelaksanaan tes CPNS di ling-kungan Pemprov Kalsel pada3 November 2013 tinggal hi-tungan hari. Badan Kepega-waian Daerah (BKD) Kalselpun terus mempersiapkan pe-laksanaannya agar berlang-sung sukses.

    Kepala BKD Kalsel, MThamrin, mengatakan, per-siapan hingga saatadalah menunggu ki-riman Lembar Jawa-ban Komputer (LJK)dari Jakarta. Selanjut-nya, jika LJK tiba, ma-ka langsung disimpandi Kantor Pos BesarBanjarbaru.

    Mungkin mingguini sudah datang LJKnya.Jumlahnya sesuai jumlah pe-serta tes, yakni 26.000 lembar.Pada LJK tidak ada cadangan.Jadi bagi peserta, saat pe-laksanaan nantinya agar be-nar-benar mempersiapkandirinya menjawab di LJK,katanya.

    Lebih lanjut, Thamrinmenjelaskan, untuk mastersoal tes CPNS sudah ada.Nantinya master soal tes CP-NS tersebut akan digandakanoleh percetakan yang ada didaerah.

    Kalau untuk nama perce-

    BANJARMASIN, BPOST -Perhimpunan Advokat Indo-nesia (Peradi) Banjarmasinharus menunda agenda mus-yawarah cabang (muscab)yang sedianya digelar 2 No-vember 2013. Pasalnya, Peradipusat ada gelar raker pada 13-15 November di Jakarta. Kami sudah konsultasi kedewan pimpinan nasional Pe-radi di Jakarta agar sebaiknyajalankan dulu raker nasionalPeradi di Jakarta. Karena iniuntuk kebijakan pengurusPeradi se-Indonesia, makakami geser agenda muscab diBanjarmasin, ujar Taufik Hi-dayah, Sekretaris Peradi, Ka-mis (23/10). Menurut dia, kepentingannasional jelas lebih pentingdari kepentingan daerah. Bilatetap ngotot digelar pada 2November 2013 akan terjadikekosongan kepengurusan.Jadi digelar setelah raker na-sional, 30 November 2013,katanya. Dipastikan pada Muscab 30November itu akan dihadiripengurus Peradi pusat.

    Tidak akan molor lagi ka-rena November sudah berak-hir masa perpanjangan ke-pengurusan. Tidak mungkinperpanjangan, imbuh A Ras-yid Rahman, Ketua pelaksana

    Thamrin: Soal Dicetak di Daerah Pemprov Gelar Tes 3 November 2013

    takan, tidak usahlah kami se-butkan karena menyangkutalasan keamanan bersama,elaknya.

    Ia mengaku tetap bekordi-nasi dengan polisi sejak seleksites CPNS diumumkan hinggapelaksanaan nantinya. Teru-tama dalam hal pengamanan.Dirinya hanya meminta pela-mar benar-benar memper-

    siapkan diri.Hati-hati menjawab soal

    sebelum menulis di LJK. Kare-na begitu peserta sudah me-nerima LJK, kalau rusak atautidak bisa dihapus jawaban-nya, tidak bisa diganti. Janganterkecoh akan godaan yangtidak logis, seperti ada yangmenjanjikan lulus dengan i-ming-iming uang, ujarnya.

    Seorang pelamar CPNS diPemprov Kalsel, Rahma, me-ngatakan, dirinya sudahmempersiapkan diri denganrajin membaca buku berisi

    kisi-kisi soal tes CPNS. Jugarajin mencari kisi-kisi soal tesCPNS di internet.

    Mudahan lulus. Pem-prov Kalsel dekat dengantempat tinggal saya di Ban-jarbaru. Tenaga pendidi-kan, kemungkinan penem-patan di SMA Banua, tun-jangan provinsi juga lebihbes