Banjarmasin Post - Edisi Jumat 12 Juni 2009

download Banjarmasin Post - Edisi Jumat 12 Juni 2009

of 28

  • date post

    08-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    435
  • download

    38

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post - Edisi Jumat 12 Juni 2009

Transcript of Banjarmasin Post - Edisi Jumat 12 Juni 2009

  • Banjarmasin PostNO. 13581 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

    12 JUNI 2009/

    17 JUMADILAKHIR 1430

    JUMAT

    28 RP 3.000HALAMANDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 1-3

    Hal 14 kol 4-7

    SIPALUiiiii

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 1-3

    KH HusinNaparin Lc MA

    FIKRAH

    ALLAH SWT bersumpahdengan waktu, wal-ashri,demi masa (QS Al-Ashr 1);wal-fajri, demi fajar (QS.Al-Fajr 1); wash-shubhi iza ta-naffas, demi subuh bila fajarmulai menyingsing(QS.At-Taqwir 18);wadh-dhuha, demimatahari yang sedangnaik (QS.Adh-Dhuha1); wallaili iza yagsyawannahari iza tajlla,demi malam bila telahmenutupi dan bilasiang telah menam-pakkan diri (QS.Al-Lail 1-2).

    Bila Allah SWT bersum-pah dengan ciptaan-Nya, halitu menunjukkan pentingnyaciptaan-Nya tersebut. Bilademikian berarti waktu sa-ngat penting sekali.AllahSWT memperingatkan bilaseseorang tidak bisa meman-faatkan waktu dengan baik,ia akan merugi.

    Mereka yang tidak merugi

    Waktuhanyalah orang-orang ber-iman dan beramal saleh, disamping saling bernasihatdengan kebenaran dan me-netapi kesabaran. Hal ini Diaperingatkan di dalam surah

    Al-Ashr ayat 1-4.Imam Syafii berka-

    ta, Sudah cukup bagimanusia,seandainyaAllah SWT tidak lagimenurunkan surah se-lain surah Al-Ashr. O-rang Barat mengertipentingnya waktu. Ti-me is money.

    Adapun umat ber-iman seyogianya me-

    nggunakan waktu untuk ber-amal saleh. Namun, disa-yangkan ada banyak orangyang iseng menggunakanwaktunya. Katanya membu-nuh waktu, bukan mengisiwaktu, apalagi memanfaat-kan waktu.

    Anang Gayam

    12:20 18:20 19:3304:59 15:44

    - Ongkos tulak haji kada jadi naik, Lak-ai+ Jadi jua labihannya gasan batatukar, Nang-ai

    Kasur Rp 9,5 MDibuang

    SAKIT pinggang. Sudah tua lagi. Anatpun membuang kasur tuanya. Warga TelAviv, Israel, tersebut kemudian membelikasur baru yang tentunya lebih empuk, Senin(8/6).

    Tak lama, menurut Radio Angkatan DaratIsrael, sang ibu datang. Dia terkejut melihatkasur yang dibelinya tak ada di tempat danberganti dengan kasur baru. Dia pun mem-beritahu sang putri bahwa di kasur tuatersebut dia menyimpan tabungan. Jum-lahnya tak tanggung-tang-gung, 1 juta dolar AS atausekitar Rp 9,6 miliar.

    Anat pun keluar rumah. Namun diamendapati kasur sudah diangkut pekerjasampah ke tempat penimbunan. Denganperasaan sedih, perempuan ini menyusuri ditiga tempat pembuangan sampah.

    Mendengar pengakuan Anat, ManajerPembuangan Sampah, Yitzhak Borba,melakukan pengamanan. Seluruh stafditurunkan untuk ikut mencari kasur tua.(ant/xnh)

    RS Omni Mulai Tak Laku Prita Mulyasari Bebas

    Masyarakat yang Menilai Butet Tak Ada di Gladi Resik

    Mega, ujarnya, ke-marin.

    Dalam acara terse-but, KPU mempersi-lakan ketiga pasang-an capres dan cawa-pres menyajikan a-cara kesenian. Pasa-ngan Megawati-Prabowo menam-pilkan Butet.

    menyindir atau provokasiterhadap masyarakat. Ini ma-sih kategori biasa. Kalau sayaberceloteh di TMII, wah lebihngaco lagi, cetus Butet.

    Pemeran Si Butet Yogya(SBY) dalam Republik Mimpiini mengaku tak tahu kalauaksi panggungnya mengun-dang protes keras dari kubuYudhoyono seperti PartaiDemokrat (PD) dan partaiKeadilan Sejahtera (PKS).

    Padahal saya bicara bu-kan di hadapan presiden, tapicapres. Cuma kebetulan cap-resnya ada yang sedang jadipresiden. Itu bukan urusansaya kalau ada yang bereaksi.Saya hanya menyampaikantema rakyat yang sedang me-ngeluh, ujarnya

    Burhanudin Muhtadi, pe-neliti Lembaga Survei Indo-nesia (LSI), yang juga disindirButet, meminta kubu SBY-Boediono tenang menangga-pi sang monolog.

    Diamkan saja. Masyara-kat bisa menilai Butet telahdisewa, dibayar oleh kubu

    JAKARTA, BPOST - Mono-log pedas Butet Kartaredjasamembuat telinga kubu SusiloBambang Yudhoyono merah.Namun Butet menyatakan ti-dak bertujuan menyindirYudhoyono, melainkan ha-nya membeberkan fakta.

    Saya merasa pihak yangmerasa kebakaran jenggot itusedang akting saja. Karenasaya tahu mereka itu sudahdewasa dalam berpolitik.Aktingnya bagus, seolah-olah teraniaya. Ya mungkinbisa menang lagi, tambahButet, Kamis (11/6).

    Seniman ini menjelaskanpenampilannya di hadapancapres-cawapres pada Dek-larasi Kampanye Damai diHotel Bumikarsa Bidakara,Jakarta pada Rabu malam,bukan untuk melakukan pro-paganda kepada khalayakluas.

    Ini kan fakta yang sayatampilkan. Sama seperti yangdilansir di media. Masa kitaharus selamanya menyembu-nyikan fakta? Jadi saya tidak

    Vaksin Halal untuk Jemaah Haji

    ONGKOS naik haji yang sempat akandinaikkan, dibatalkan. Biaya penye-lenggaraan ibadah haji (BPIH) 2009sama dengan 2008. Ya, benar takada kenaikan. Saya sudah laporkepada Bapak Menteri Agamamengenai hal ini, kata SekretarisDirjen Penyelenggaraan Haji danUmrah Depag Abdul GhofurDjawahir, di Jakarta, Kamis (11/6).

    Menurut dia, keputusan tersebutdicapai dalam rapat Depag dengan KomisiVIII pada Rabu (10/6) malam. Sudah ada

    Butet Kartaredjasa

    PengumumanUN Selasa

    BANJARMASIN, BPOST -Pengumuman kelulusan men-jadi sesuatu hal sangat yangditunggu-tunggu para siswa,orangtua dan pihak sekolah.Jumat (12/6), pengumumankelulusan Ujian Nasional (UN)tingkat SMA diputuskan me-lalui rapat di Jakarta.

    Langsung dibagikan keseluruh dinas pendidikanprovinsi seluruh Indonesia.Setelah itu provinsi mene-ruskan kabupaten kota Senin.Selanjutnya menjadi urusankabupaten kota untuk me-ngumumkannya, terangSekretaris Disdik Kalsel HHerman Taupan, Kamis.

    Dia optimis hasil UN Kal-sel menjadi yang terbaik se-Kalimantan, terbaik dari segijumlah pelajar yang lulusmaupun nilainya.

    Aspek jumlah pesertayang tahun ini meningkat,dan standar kelulusan yangmeningkat memacu kualitasdan daya belajar siswa sema-

    Memang ada keterlibatan unsur babi, tapisudah tidak mengandung unsur babi, jadi tidakharam, kata Menteri Kesehatan Siti FadilahSupari, di sela Rapimnas Lembaga Dakwah Is-lam Indonesia (LDII), di Balai Kartini, Jalan GatotSubroto, Jakarta Kamis (11/6).

    Sebenarnya, sebut dia, sejak 2003, MajelisUlama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkanfatwa halal untuk penggunaan vaksin menin-gitis. Produk yang baru ini pun sebenarnyasama saja, jelas dia.

    Ditambahkan oleh Kepala Pusat PromosiKesehatan Departemen Kesehatan Dr Abidin-syah Siregar, di dalam vaksin meningitis terdapattripsin yang merupakan media untuk mem-biakkan virus. Setelah tumbuh banyak, virusyang dibiakkan itu lantas digunakan, dieks-traksi, dan dihilangkan sel-selnya yang mem-bahayakan atau menimbulkan penyakit untukdijadikan vaksin.

    Jadi, ketika sudahjadi vaksin, unsur-un-sur babinya lepas, te-rang Abidin.

    Kepala Badan Penga-was Obat dan Makanan(BPOM) Husniah Ru-biana menyatakan, se-cara kesehatan vaksinmeningitis tidak ma-salah, karena prosesnyasudah steril.

    JAKARTA, BPOST- Pemerintahmenjamin vaksin meningitis yangmengandung enzim babi halal di-gunakan bagi calon jemaah haji.Alasannya, unsur babi dalam vaksinsudah dihilangkan.

    ONH Batal Naikkesepakatan antara DPR dan Depag bahwatak ada kenaikan BPIH, imbuhnya.

    Sebelumnya, Komisi VIII dan Depagmemperkirakan ada kenaikan BPIH

    sebesar 84 dolar AS atau sekitar Rp865 ribu. Kenaikan itu disebabkanbanyaknya komponen dalam BPIHyang naik.

    Dari 10 komponen BPIH, hanyaongkos penerbangan yang turun, ujarKetua Komisi VIII Hasrul Azwar.SITI FADILAH SUPARI

    Menteri Kesehatan

    TANGERANG, BPOST - Tiga minggu sudahkasus Prita Mulyasari bergulir. Selama itu pulajumlah pasien Rumah Sakit Omni Inter-nasional Alam Sutra, Serpong, Tangerang,mengalami penurunan sedikit demi sedikit.

    Sepuluh persen tiap harinya, ujar Dede,petugas penerimaan dan pencatatan pasien,Kamis (11/6). Sebelum kasus Prita mencuat,menurut Dede, tiap hari rata-rata pasien ru-mah sakit swasta tersebut mencapai 100 or-ang.

    Customer Care RS Omni, Bayu Irawan,mengakui pemberitaan media massa seputarPrita dan RS Omni memengaruhi jumlahpasien. Ada pengaruhnya, tapi tidak besar,katanya.

    Namun, Bayu enggan memberikan datapasti jumlah pasien per hari dan persentasepenurunan. Dia hanya mengisyaratkan pe-nurunan tidak lebih dari 30 persen.

    Berdasarkan pengamatan, beberapa hariterakhir ini, situasi RS Omni sepi. Area parkirdepan rumah sakit dan area parkir bawahgedung tidak penuh oleh kendaraan. Sua -sana sepi juga terlihat di lobi yang jadi satudengan ruang tunggu dan tempat pendaf-taran pasien.

    Selain karena berkurangnya pasien, kar-yawan RS Omni resah dengan ancaman pen-cabutan izin rumah sakit. NET

    Rumah Sakit Omni Internasional sebelum kasus Prita mencuat.

    DOK PERSDA NETWORK

    kin tinggi, tambahnya.Disdik Kota Banjarmasin

    berharap hasil UN bisa di-umumkan kepada orangtuasiswa, Selasa. Kita tinggalmenunggu arahan dari pro-vinsi, ujar Kadisdik Ban-jarmasin Noor Ifansyah.

    Bagi siswa yang tidak lulus,Ifansyah mengatakan bisamenempuh ujian Paket C un-tuk mendapatkan ijazah SLTA.

    Solusi lainnya menunggutahun berikutnya untuk me-ngulang ikut UN, ujarnya.

    Selama ini siswa kerap ber-tanya-tanya kapan pengu-muman dilakukan. Pengu-muman bikin hati tidak ka-ruan. Aku sering pulang per-gi ke sekolah hanya untukmencari tahu kapan pengu-muman ditempel. Namunjawabannya selalu belumada, ujar Hasanah, siswiSMA Muhammadiyah I Ban-jarmasin

    Dilakukan denganmenggunakanmikrokarier, yaitubahan pembawayang akan meng-ikat sel tersebut.Bahan tersebutadalah N,N diethylamino ethyl (DEAE).

    Sel vero ini harus dilepaskan darimikrokarier menggunakan

    Enzim tripsinumumnyadidapat daripankreasbabi.

    enzimtripsin.

    Sel Vero

    Enzim Tripsin

    Pembuanganlarutan nutrisi. Selvero yang sudahterlepas dari mikrokarierdicuci denganlarutan PBS buffer.Larutan ini dinetralkandengan larutan serumanak sapi (calf serum).

    Sel-sel vero yangsudah dimurnikanditambahkanmikrokarier barudan ditempatkandi bioreactor besar.Di dalamnyaditambahkan zatnutrisi ya