Banjarmasin Post edisi Jumat 11 November 2011

download Banjarmasin Post edisi Jumat 11 November 2011

of 28

  • date post

    06-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    349
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi Jumat 11 November 2011

Transcript of Banjarmasin Post edisi Jumat 11 November 2011

  • Banjarmasin PostDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    11 NOVEMBER 2011/15 DZULHIJAH 1432 H

    JUMAT

    NO. 14455 TH XXXX/ ISSN 0215-2987HALAMANRP 3.00028

    Hal 14 kol 1-3

    Anang Gayam

    12:07 18:1504:39 15:28 19:26

    - Amdal bodongnya babanyak, Lak ai+ Nang tasilip bisa banyak lagi, Nang ai

    RISET di University ofCalifornia, San DiegoAutism Center of Ex-cellence yang dipub-likasikan dalam Jour-nal of American Me-dical Association ,menyimpulkan otakanak autis lebih beratdibanding umumnya.

    Banyaknya sel-sel otak di bagian yangbertanggung jawab untuk komunikasi danperkembangan emosi diduga menjadi pe-nyebab autisme. Otak dari anak laki-laki yangkena autis lebih berat 18 persen, berisi 67persen neuron pada prefrontal cortex dibandingotak anak normal.

    Prefrontal cortex merupakan area di otakyang bertanggung jawab terhadap perilakutertentu, termasuk kemampuan sosial, perhatian,suasana hati. Cortical neurons tidak dihasilkanpada kehidupan setelah melahirkan, peningkatanpatologis pada jumlah neuron dalam anak-anakautis mengindikasikan penyebab dalam masaprenatal, tulis peneliti. (tic)

    Otak Anak AutisLebih Berat

    SI PALUiiiii

    MANUSIA paripurna adalah yang cerdasintelektualnya, cerdas emosinya lebih-lebihcerdas spirit (jiwa) nya. Mereka itulah yangmengenal dirinya sebagai makhluk, mengenal

    pula Pencipta dirinya(Khaliq) yaitu AllahSWT. Orang-orang inimemahami apa yangharus ia perbuat terha-dap Pencipta, terhadapsesama makhluk; da-lam rangka ibadah ke-pada-Nya.

    Tindakan brutaldan semena-mena yang dilakukan siapapundalam kehidupan ini, karena yang bersang-kutan tidak tahu siapa Khaliq-nya dan tidakmemahami tujuan hidupnya. Karenanyamengenal Allah SWT, adalah persoalan men-dasar yang harus dilakoni manusia.

    KH Husin Naparin Lc MA

    Pengenalan kepadaSang Pencipta

    Hal 14 kol 4-7

    Kita

    Komentar lain di halaman 4

    DI sejumlahdaerah di

    Kalsel anginputing beliungmenyebabkan

    kerusakan dansambaran petir

    memakankorban jiwa.

    Gabung di Pages BPost Online

    Ghaloeh ThurYangPhaloesnya

    JANGAN lupawarga banjar-masin untukbuang sampahpada tempatnya,krna selain puting beliung, ygutama di waspadai adalahBanjir..

    Tya AlienaWASPADA

    waspada bkncm putingbeliung xadja,tp bnjir xjg,mka x buat org kal-selwilayah bnjarmasin khususx brhnti dunk buang smphsmbrangan :-)

    RinaTerpaksa

    PakaiTerpal

    Halaman

    17

    Upah Maurut

    IVANOV

    IMBAH baampih matangawian lawasnya mahu-nur di kantur pambakal,Palui tuhuk bacari ga-wian kasana-kamari.Bahkan inya sawat juatulak madam ka Jawasana, tapi kada tahan

    Badan Lingkungan HidupDaerah (BLHD) Kalsel danKementerian Lingkungan Hi-dup, menemukan 39 kasusAmdal bodong milik puluhanperusahaan di Tanahbumbu.

    Berdasar investigasi, se-banyak 39 perusahaan tam-bang batu bara, perkebunansawit dan perumahan di Tan-

    Lagi, 39 Amdal Bodong di Tanbu Temuan BLHD dan Kemeneg LH

    BANJARMASIN, BPOST - Sepertijanji mereka, karyawan operatorselular Telkomsel se-Indonesia serentak menggelar mogokkerja, Kamis (10/11). Termasuk diBanjarmasin.

    Di Grapari Tel-komsel di Jalan AYani kilometer 4Banjarmasin, de-mo berlangsungsejak pagi. Parakaryawan terlihatduduk-duduk sajadi luar kantor me-reka. Meski begitu,layanan terhadappelanggan yangdatang tak menga-lami bermasalah.

    Pasalnya, kar-yawan yang ber-tugas di bagian pe-layanan tetap be-

    BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

    Suasana di Grapari Telkomsel Banjarmasin, Kamis (10/11) siang.

    Tak Rasakan Ada Demokerja seperti biasanya. Malah, be-berapa pelanggan yang datang se-telah pukul 11.00 Wita tak menge-tahui ada demo.

    Hal 14 kol 4-7

    MESKI dokumen Amdal yang dimiliki PT Borneo IndoBara (BIB) dinyatakan sah oleh Kementerian LingkunganHidup, Polda Kalsel tidak akan menghentikan prosespenyidikan. Penyidikan tetap berjalan, tidak adapenghentian atas kasusnya, kata Kasubdit 4 Ditres-krimsus Polda Kalsel, AKBP Asep Taufik, Kamis (10/11).

    bu terindikasi proses Amdalyang dimiliki menyalahi ke-tentuan. Tim BLHD Kalseldan Kemeneg LH menilaikasus itu tak jauh berbedadengan 13 perusahaan se-belumnya.

    Pokoknya yang miripAmdal bodong yang kemarinitu. Temuan tim kita ke lapa-

    ngan ada 39 perusahaan la-gi, ungkap Kepala BLHDKalsel, Rakhmadi Kurdi usaiperingatan Hari Pahlawan dihalaman gubernuran, Banjar-masin, Kamis (10/11) pagi.

    Dijelaskan Rahmadi, 39kasus amdal bodong tak jauhberbeda dengan 13 kasus se-belumnya yang kini masihditangani Polda Kalsel. Pro-sedur pemberian Amdal tan-pa proses yang ada, cetusnya.

    BANJARMASIN, BPOST- Jumlah kasusdokumen Analisa Dampak Lingkungan(Amdal) bodong di Kabupaten Tanah-bumbu bertambah.

    BIB Tetap Diproses

    Hal 14 kol 4-7 Hal 14 kol 5-7

    BANJARMASIN, BPOST -Untuk memantau kinerja pe-ngadilan tindak pindana ko-rupsi (tipikor), Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK)memasang kamera peman-tau. Termasuk ruang di Pe-

    Sidang Direkam KPK Kasus Naryono Ranah Administrasi Negara

    ngadilan Tipikor Banjarmasin.Seperti pantauan BPost,

    sejak Rabu (9/11) pagi, be-berapa kamera CCTV danpengeras suara terpasang diruang sidang utama oleh be-berapa petugas KPK yang

    bekerjasama dengan Unlam.Kamera tampak terpasang

    di belakang, kiri dan kananmeja majelis hakim, serta didepan kursi pengunjung.

    Hal 14 kol 1-3

    Bentukdi DaerahTertentuSaja 14

    Hal

    Live on

    Jumat (11/11)

    Pukul 15.00 Wita

    Hal

    Berita

    14

    Dari 39perusahaan itu

    dokumenAmdalnya mirip,Makanya kamimenduga ada

    kesalahanprosedur dalampembuatannya

    RAKHMADI KURDIKepala BLHD Kalsel

    1111/B01

  • 2Banjarmasin Post

    JUMAT 11 NOVEMBER 2011Banjarmasin Bungas

    Alasan Aya untuk Terapi SPG Diduga Gelapkan BlackBerry

    Reza LangsungBerburu Buku Cerita

    SMPN 9 Study Tour ke Gramedia

    BANJARMASIN, BPOST - Cahaya AliasAya (20) warga Jalan Handil Bhakti Kom-pleks Gria Permata terlihat murung.Meski begitu perempuan berparas ayuitu tetap respek terhadap wartawan yangmewawancarainya.

    Aya yang berprofesi sebagai SalesPromotion Girl (SPG) ini, kemarin dia-mankan jajaran Kepolisian ReskrimPolresta Banjarmasin.

    Dia diduga mengelapkan BlackBarryGemini warna putih serta uang sebesarRp 5.500.000 milik Ilham (35) warga JalanPangeran Antasari, Banjarmasin.

    Menurut Ilham, sekitar dua mingguyang lalu dia bertemu Aya di Golden Bil-

    liard Jalan Pangeran Antasari. Saat ituaku ngobrol biasa dan kenalan. Diamengaku tak punya Hp. Lantaran Iba,akhirnya aku meminjamkan BlackBarryGemini warna putih, ujarnya.

    Kemudian, Aya minjam uang sebesarRp 4 juta, lalu minta lagi di hari berikutnyaRp 1,5 juta.

    Alasannya untuk terapi, aku kasihsaja. Semula aku percaya dan bakal me-ngembalikan uang itu, namun ditunggutunggu juga tak kembalikan, ujarnya.

    Ilham jengkel karena Aya menggadai-kan BlackBarry yang dipinjamkan itu ketemannya.

    Saat aku melihat Aya di hotel Bina

    Subur Jalan Skip Lama Meratus, Banjar-masin aku langsung menelepon polisi,ujarnya.

    Pengakuan Aya mengaku terpaksamenggadikan BlackBarry seharga Rp 900ribu untuk menebus BPKB.

    Sebetulya aku jujur mau bayar, na-mun lantaran masih belum punya uangaku minta waktu, katanya.

    Kasat Reskrim Polresta Banjarma-sin,AKP Andi Adnan mengatakan, me-ngingat kasus itu di wilayah Banjar Baratmaka dilimpahkan ke polsek setempat.

    Kapolsekta Banjarmasin Barat AKPMahrida Malik mengatakan, Aya masihmenjalani pemeriksaan. (lis)

    BANJARMASIN, BPOST -Siswa SMPN 9 Banjarmasinkemarin, melakukan studytour ke toko buku Grame-dia di Veteran Banjarmasin. Saat berada di toko buku

    itu, mereka langsung me-nyebar, menuju buku-bukuyang menarik penglihatanmereka. Sebagian langsungduduk dan membaca, seba-gian lagi asyik memilih buku-buku yang terpajang di rak. Seperti yang dilakukan M

    Reza Ramadan. Matanyalangsung tertuju pada bukucerita fiksi. Menurutnya, ceritayang disajikan, jadi alasan iauntuk menuju rak buku ceritahingga akhirnya membeli. Dua buku cerita. Cerita-

    nya asyik, fiksi, katanya.Selain bisa asyik membaca dan memilih buku, dalam study

    tour ini, pihak Gramedia juga mengadakan talk show mengenaiinstalasi Windows 7, dengan pembicara pencipta CD roomubuntu Harry Muharam S Kom.

    Toko buku Gramedia juga memberikan bantuan berupa 500buku untuk perpustakaan SMPN 9.

    Menurut Wakasek SMPN 9 Zainal Hakim, dalam study touritu banyak pelajaran yang bisa didapat siswa.

    Jika biasanya study tour dilakukan layaknya wisata, kaliini study tour memberikan pelajaran lebih. Minat baca siswalangsung terlihat ketika melihat banyak buku yang terpajang.

    Dia juga menyambut baik pihak Gramedia, yang memberikanbantuan untuk perpusatakaan SMPN 9, berupa 500 buku cerita.

    Sales Superintenden Toko Buku Gramedia Indra Lesmanamengatakan itu merupakan program perdana dari toko bukuGramedia dan diharapkan bisa berlanjut untuk sekolah-sekolahlainnya. (dia/*)

    BANJARMASIN POST GROUP/RESTUDIA

    Siswa SLTP 9 saat study tour di TokoBuku Gramedia.

    Yufen Kapok Pakai Sepeda Motor Polisi Buru Pelajar SLTP

    Sekolah Harus Tegas MENANGGAPI imbaun pelajar SLTP tak boleh pakai sepedamotot, Rahim, salah satu orangtua siswa yang tinggal di JalanBasirih mengaku sulit menjalankannya.

    Wah sulit Mas. Saya dan istri tak bisa ngantar anak ke sekola.Jadi biar saja naik motor, yang penting pakai helm dan takkeluyuran, ujarnya. Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin M Amin,mengatakan telah berulangkali menegaskan melalui kepalasekolah agar siswa SLTP tidak menggunakan sepeda motorke sekolah, karena mereka belum bisa mendapatkan SIM.

    Pihak sekolah harus tegas melarang siswanya pakai sepedamotor, ujarnya. Sedangkan untuk siswa SMA, sambung Amin, boleh jikasudah punya SIM. (lis)