Banjarmasin Post edisi Jumat 30 November 2012

download Banjarmasin Post edisi Jumat 30 November 2012

of 32

  • date post

    08-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    374
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi NO. 14835 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi Jumat 30 November 2012

  • Komentar lain di halaman 16

    Gabung di Pages BPostOnlineKitaSIDANG

    bagi TKI Kalselyang terancamhukuman matidi Arab Saudi

    dimulaipekan ini.

    Helmi Alfianorkluarga TKI nang trancamhukuman bsabar za_ ,kda mungkin pamarintahkd ber buat apa pastipmarintah akn barbuat ygtbaik gasan rakyatnya.

    Banjarmasin PostNO. 14835 TH XLI/ ISSN 0215-2987

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    JUMAT30 NOVEMBER 2012/16 MUHARAM 1434 H

    SIPALUiiii i

    Anang Gayam

    12:10 18:1915:35 19:3204:39 Hal 18 kol 4-7

    HALAMANRP 3.00032

    - 40 urang Indonesia magin basugih, Lak ai+ Masih jutaan urang jadi panganggurannya,

    Nang ai

    Hal 18 kol 4-7

    Hal 18 kol 1-3

    Hal 18 kol 1-3

    Hal 18 kol 1-3

    Hal 18 kol 4-7

    Akta Luar Daerah Pun Dilayani

    Putari Dunia Cuma 4 Jam

    SAYYID Hassan Nas-rallah di Libanon geramterhadap serangan Is-rael ke jalur Gaza, 14 No-vember 2012, ratusanwarga Palestina mening-gal dunia dan lima ra-tusan luka-luka, keba-nyakan anak-anak danperempuan.

    Ini bukanlah kali pertama dan ba-rangkali bukan pula kali terakhir, upayaIsrael untuk memusnahkan bangsa Pales-tina. Gencatan senjata yang telah dicapaidi Kairo (Rabu, 21/11/2012) dicederaidengan tewasnya seorang pemuda Pa-lestina yang ditembak mati oleh tentaraIsrael, karena menancapkan bendera Pa-

    Sayyid HassanNasrallah

    Akta di atas 1 tahunAkta di atas 1 tahunAkta di atas 1 tahunAkta di atas 1 tahunAkta di atas 1 tahunz Isi Formulirz Fotokopi KTP orangtuaz Fotokopi buku nikahz Fotokopi Kartu Keluargaz Fotokopi surat keterangan kahirz Surat pengantar dari pencatatan sipilz Biaya perkara Rp 221.000

    Akta di bawah 1 tahunAkta di bawah 1 tahunAkta di bawah 1 tahunAkta di bawah 1 tahunAkta di bawah 1 tahunz Isi formulirz Fotokopi KTP orangtuaz Fotokopi surat keterangan lahirz Fotokopi buku nikahz Fotokopi kartu keluarga

    BANJARBARU, BPOST - Ombuds-man Indonesia Perwakilan Kalsellangsung mengerahkan jajarannyauntuk menindaklanjuti pemberitaanBPost tentang permainan calo dalampengurusan akta kelahiran.

    Dalam investigasi kilat karenahanya selama beberapa jam, KepalaOmbudsmen Noorhalis Majid me-ngakui terjadinya dugaan permainan

    untuk mencari untung di balik pengu-rusan akta bagi warga yang berusialebih dari satu tahun.

    Pada investigasi, Kamis (29/11),mereka mendatangi kantor Disduk-capil Kota Banjarmasin saat jam pe-layanan. Juga melakukan pengamat-tan, meminta informasi kepada petu-gas dan pengguna layanan serta se-jumlah orang yang biasa menjadi

    perantara pelayanan.Hasilnya, kami mendapat sejum-

    lah temuan antara lain DisdukcapilKota Banjarmasin tidak memiliki alurpelayanan yang memudahkan masya-rakat pengguna layanan. Juga tidakmengatur sistem antrean pengguna la-yanan sehingga berjejal di loket la-

    Ombudsman: Calonya Mudah Ditemui di Disdukcapil

    PESAWAT jet berkecepatan luar biasaakan dirancang untuk menjelajah luarangkasa layaknya penerbangan umum.Bahkan dengan pesawat jet yang dinamaiSkylon ini, penerbangan terjauh didunia akan bisa dijangkau hanya dalamwaktu 4 jam.

    Para insinyur asal Eropa telah melakukanuji coba mesin terkait rencana pesawat itu.Ilmuwan yang tergabung dalam ReactionEngines Ltd (REL) itu mengklaim telah mampu

    mengatasi hambatan teknis selama 3 dekadeterakhir.

    Skylon berpotensi memiliki kecepatanhingga mach 5,5 atau 7242 km per jam

    di atas permukaan laut, atau lebihcepat 5 kali lipat dari kecepatansuara.

    Dengan pesawat ini, bepergian keberbagai belahan dunia pun bisa dicapailebih cepat. Sebagai contoh, rute Eropa-Australia cuma perlu 4 jam. (nvc/dtt)

    NET

    Salat HajatkanAbah Saya

    BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPHANDI

    LAUNCHING - Warga Banjarbaru dan Banjar kian mudah berbelanja beragam barang keperluan sehari-hari. Matahari Department Storemembuka cabang di Q-Mall, Banjarbaru, Kamis (29/11). Berita di halaman 21

    HTTP://KARTUNMARTONO.WORDPRESS.COM

    Ace HardwareDongkrak Kuncoro Bakrie Tak Masuk 40 Orang TerkayaJAKARTA, BPOST - Maja-lah bisnis dunia Forbes, me-rilis daftar 40 orang terkayaIndonesia 2012. Total keka-yaan para taipan itu diper-

    kirakan mencapai 88,6 mi-liar dolar AS atau sekitar Rp841,7 triliun

    Penasihat Redaksi ForbesIndonesia, Justin Doebelemengatakan, mereka ma-yoritas bukan berasal dariperusahaan berbasis ko-

    10 T10 T10 T10 T10 Terkaya RIerkaya RIerkaya RIerkaya RIerkaya RIz R Budi dan Michael Hartono

    (15 miliar)z Eka Tjipta Widjaja dan

    keluarga (7,7 miliar)z Susilo Wonowidjojo dan

    keluarga (7,4 miliar)z Anthoni Salim dan keluarga

    (5,2 miliar)z Chairul Tanjung (3,4 miliar)z Sri Prakash Lohia (3 miliar)z Sukanto Tanoto (2,8 miliar)z Peter Sondakh (2,6 miliar)z Boenjamin Setiawan dan

    keluarga (2,35 miliar)z Putera Sampoerna dan

    keluarga (2,3 miliar)

    Bupati MardaniSegera Evaluasi Proyek

    BATULICIN, BPOST - Ter-ancamnya sejumlah proyekberbiaya anggaran pendapa-tan belanja daerah (APBD)2012 Tanahbumbu (Tanbu)mangkrak, langsung disikapisang Bupati Mardani H Ma-ming.

    Kepada BPost, Kamis (29/

    11), dia menegaskan segeramelakukan evaluasi terhadappara kepala satuan kerja pe-rangkat kerja daerah (SKPD)yang terkait proyek-proyektersebut. Mardani mengha-rapkan dari evaluasi itu, keja-dian tahun ini tidak terulangdi tahun depan.

    Akan dievaluasi lagi agarpada 2013 tidak terjadi lagi.Jangan sampai kesalahan ta-hun ini terjadi lagi di tahun be-rikutnya, tegas dia.

    Janji serupa diungkapkanKasubbag Evaluasi Inspektorat

    z BPKP Kalselteng Akan Panggil Pemkab Tanbu

    TKI Kalsel Terancam Hukuman MatiBANJARMASIN, BPOST - Rusdiah dengansuara terbata-bata menghubungi BPost, Kamis(8/11). Dia memberitahu sang ayah, AbdulAzis akanmenjalani sidang beragenda vonisdi Pengadilan Arab Saudi. Azis bisa saja divo-nis hukuman mati.

    Azis yang berasal dari A-muntai, Hulu Sungai Utara(HSU), merupakan salah satudari enam TKI Kalsel yang saatini mendekam di penjara diArab Saudi. Azis bersama em-pat warga Amuntai lainnya,M Zaini, M Mursyidi danSamani ditahan sejak No-vember 2006 karena didugaterlibat kasus pembunuhanterhadap warga Pakistan di

    Bisikan GaibLAWAS banar Palui kada manjanguki

    si Inay, dangsanak angkatnya nang baganadi Taniran.

    Pabila lagi ikam handak tulakan kaHulu Sungai, Lui? Tulamak batakun.

    Kada tahu lagi, bapikir dua kali tu

    TirulahAustraliaPENGAMAT Hubungan

    Internasional FakultasHukum UniversitasLambung Mangkurat(Unlam) Werhan Asminmengatakan Pemerintah Hal 18 kol 5-7

    3011/B01

  • Barang Buktiyang Diamankan:1.Jupiter MX biru hitam2.Jupiter MX merah hitam3.Spin biru4.Spin putih5.Beat hitam (milik pelaku)6.Satria F hitam7.Mio Soul hijau8.Supra X125 (Banjarbaru)

    Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostJUMAT 30 NOVEMBER 2012

    Dalam pertemuan di AulaKayuh Baimbai itu, dikatakankelurahan hanya mengurustahap awal pembuatan serti-fikat yakni pembuatan suratketerangan kepemilikan ta-nah (SKKT). Setelah jadi ser-tifikat atau dijual-beli, kelu-rahan tak pernah dilibatkan.

    Menurut Lurah KelayanSelatan, Wahidin, usai pem-buatan SKKT, warga tak mela-por jika sertifikat telah jadi.Karena hal tersebut, kelurah-an tak mengetahui denganjelas berapa pemilik hak gunabangunan (HGB), segel, atau-pun pemilik sertifikat. Apalagisetelah ada jual-beli.

    Seharusnya kami tahu. Inisesudah membuat sertifikatkami tidak dilapori lagi, ujar-nya.

    Hal tersebut, ujarnya, ber-banding terbalik dengan tun-tutan terhadap kelurahanyang harus memiliki keleng-kapan data terkait semuawarga dan bangunan. Hinggasaat ini, dia mengaku samasekali tak mengetahui statuskepemilikan tanah 12 ribulebih warga Kelayan Selatan.

    Data mengenai hal itu ha-nya diketahui pejabat pem-buat akta tanah di kecamatandan notaris.

    Kami Tidak Memikirkan Duit Ingin Ikut Proses Sertifikat Tanah

    Kami takmemikirkan dapatduit, tetapi tahu

    dulu. Ini yang milik,ini yang HGB. Tak

    usah sertifikataslinya, namanyasaja. Jadi ketika

    ditanya siapa yanghak milik, HGB,

    kami tahuWAHIDIN

    Lurah Kelayan Selatan

    Dia mengaku sudah me-nyuarakannya berkali-kalikepada pembuat sertifikatagar melapor bisa urusannyatelah selesai. Kami tak me-mikirkan dapat duit, tetapitahu dulu. Ini yang milik, iniyang HGB. Tak usah sertifikataslinya, namanya saja. Jadiketika ditanya siapa yang hakmilik, HGB, kami tahu, ujar-nya.

    Dia pun berharap datayang ada di Badan PertanahanNasional (BPN) bisa diketahuikelurahan. Dengan demikiandata itu tak hanya terpusat diBPN.

    Terkait keluhan tersebut,Kepala BPN Kota Banjarma-sin, Sutarto mengatakan pi-haknya sedang mengumpul-kan database bukti kepemili-kan tanah untuk dikirim kepusat dan dijadikan data na-sional.

    Data tersebut akan dico-cokkan dengan peta. Apayang tertera di bukti kepemi-likan, harus tertera di peta.

    Untuk Banjarmasin, te-rangnya, pengerjaan baru 40sampai 45 persen. Dia menga-ku belum menargetkan ka-

    pan selesainya pendataanGeoKKP tersebut. Dikarena-kan banyak kendala di la-pangan.

    Misalnya, adanya bukti ke-pemilikan pada tahun 1970, na-mun tak bisa ditemukan letak-nya di lapangan. Hal tersebut,kerap terjadi. Nanti, jika data-base telah selesai, ia menga-takan akan memberikannyakepada pihak kelurahan.

    Nanti bisa diketahui, ter-masuk pihak kelurahan. Kitadata dulu untuk seluruh Indo-nesia, tutupnya. (dia)

    BANJARMASIN, BPOST - Keluhan tak dili-batkan sepenuhnya dalam pengurusan serti-fikat tanah dilontarkan seorang lurah dalamrapat kerja bersama camat dan pihak berwe-nang di Pemko Banjarmasin, Kamis (29/11).

    DIBONGKAR -Petugas Pol PPPemko Banjarmasinmembongkarbangunanpangkalan ojekdikawasan JalanMulawarman,BanjarmasinTengah, Kamis (29/11). Beberapa hariini Pol PP terusmelakukanpembongkaranbangunan yangdianggap liar.

    BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

    BANJARMASIN, BPOST -Petugas