Banjarmasin Post Edisi Edisi Jumat, 19 Oktober 2012

download Banjarmasin Post Edisi Edisi Jumat, 19 Oktober 2012

of 32

  • date post

    08-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    400
  • download

    22

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post Edisi NO. 14794 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Edisi Edisi Jumat, 19 Oktober 2012

  • Banjarmasin PostHALAMANRP 3.000

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    JUMAT

    32 19 OKTOBER 2012/3 ZULHIJAH 1433 HNO. 14794 TH XLI/ ISSN 0215-2987

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    12:08 18:1415:21 19:2404:45

    - Listrik pajah saalaman, Lak ai+ Amun pajah bagantian sudah biasa,

    Nang ai

    Hal 18 kol 1-3

    Hal 18 kol 4-7

    Hal 18 kol 1-3

    Hal 18 kol 4-7

    Hal 6 kol 1-3 Hal 18 kol 1-3

    KH HusinNaparin Lc MA

    Kita

    Komentar lain di hal 16

    LISTRIK di Kalseltengpadam lagi karena tiba-tibatpembangkit unit 1 dan 2keluar dari sistem kelistrikan

    Gabung di Pages BPostOnline

    HerlinRamadhantiap dwawancarai d

    tv jawabn PLN ganyambung slalu klise...(ogah d salahkan)

    Mobil Amfibi Mulai DijualMOBIL unik ini cocok digunakan warga Kalsel yang

    daerahnya banyak sungai. Pasalnya, bisa dipakai di daratdan sungai. Mulai bulan depan, mobil bernama Quadskiitu dijual di Amerika Serikat (AS) dengan harga 40.000dolar AS atau sekitar Rp 383 juta. Quadski adalah mobilsemi sepeda motor untuk satu pengendara.

    Pengusaha asal Selandia Baru,Alan Gibbs (73), pendiri Gibbs SportsAmphibians berharap Quadski me-

    rupakan batu loncatan untuk produksi massal kendaraanamfibi di masa depan.

    Dengan menggunakan mesin buatan BMW yangmemutar keempat roda dan juga baling-balingnya,Quadski bisa mencapai kecepatan 70 kilometer per jamdi darat dan air. Selain itu, kelebihan Quadski adalahhanya membutuhkan waktu lima detik untuk berubahdari mode darat ke mode air. Pada 2014, diharapkansudah tersedia untuk seluruh dunia, katanya. (mrr/kps)

    JAKARTA, BPOST - Bentrok-an antara polisi dan maha-siswa terjadi di UniversitasPamulang, Tangerang, Ban-ten, Kamis (18/10). Penye-babnya, mahasiswa menolakkedatangan Wakil KapolriKomjen Nanan Sukarna kekampus itu untuk memberi-kan kuliah umum. Merekamenilai polisi adalah salah satulembaga korup yang tidakmemiliki spirit reformasi.

    Selain baku fisik, terjadi adulemparan batu dan benda

    Sumur Barhutdi Yaman

    Satu Mahasiswa Tertembak Kedatangan Wakapolri Disambut Demo

    ZAMAN wayahini sarabanya sutilsudah. Waraganang handak ba-urusan kada tapingalih lagi, wanwayah ini pu-lang pamarin-tah manggara-

    keras serta semprotan gas airmata. Mahasiswa pun meru-sak Polsek Pamulang yanglokasinya di depan kampus.

    Berdasar pantauan, ben-trokan tersebut bermula ke-tika mahasiswa yang semulaberdemo di dalam kawasankampus, keluar ke jalan. Be-berapa di antara mereka me-reka naik ke truk polisi danmengambil tameng.

    Melihat itu, polisi berusaha

    BENTROK - Seorang polisimenarik mahasiswa Universi-tas Pamulang, Tangerang,Banten saat terjadi bentrokan,Kamis (18/10). Korbanberjatuhan, baik dari kubumahasiswa --seorangtertembak-- dan polisi. Seorangpolisi terpaksa digotong rekan-rekannya karena terkenalemparan batu dan kayu (fotokanan atas). Polisi punmembombardirkan tembakangas air mata.

    ANTARA/MUHAMMAD IQBAL

    ANTARA/MUHAMMAD IQBAL

    Penyebabnya, akibat pe-madaman listrik

    Pegawai RSUDUlin Berhamburan

    secara mendadak, terjadi kon-sleting. Beberapa kabel peng-hubung komputer data ter-bakar. Bau menyengat pun

    Pembangkit 1 dan 2 Asamasam Keluar SistemBANJARMASIN, BPOST - Kepanikan terjadidi RSUD Ulin, Banjarmasin, Kamis (18/10).Sejumlah dokter, pasien, pengunjung danpegawai berhamburan ke luar gedung. Merekakhawatir gedung terbakar.

    SEKILAS KONDISISEKILAS KONDISISEKILAS KONDISISEKILAS KONDISISEKILAS KONDISI

    zzzzz T T T T Tanahlautanahlautanahlautanahlautanahlaut: Petugas medisRSUD Haji Boejasin, Pelaiharikelabakan karena di saatlistrik sering padam, BBMsulit diperolehzzzzz T T T T Tapinapinapinapinapin: Siswa SMAN 1 Rantauharus kembali melakukanaktivitas belajar mengajarsecara manual karena tidakmemiliki genset. Pelayanaan e-KTP pun terganggu.zzzzz T T T T Tanahbumbuanahbumbuanahbumbuanahbumbuanahbumbu: Penyidik polrestidak bisa bekerja maksimalmemeriksa para tersangka.Warga yang hendak mengurusSKCK harus antre dalam jangkawaktu lebih lama.

    ALASAN PLN

    Pompa Pendingin RusakGENERAL Man-

    ager PT PLN Kalsel-teng, Yuddy SetyoWicaksono, me-ngatakan pema-daman itu dika-renakan gangguantidak terduga di PLTU

    Asamasam, Tanahlaut.Gangguan di

    pompa pendinginmembuat pembangkitunit 2 mendadakterhenti dari sistem

    Hal 18 kol 4-7

    MasitahGagal

    ke TanahSuci

    Baubat Garatis

    NABI SAW bersabda: Laayadkhulul-jannata qaathiun(yani qaathiu rahimin). Ar-tinya: Tidak masuk surga or-ang yang memutuskan (mak-sudnya, memutuskan sila-turahim). Hadis ini diriwa-yatkan oleh banyak perawiyaitu Imam Ahmad dalammusnadnya, bahkan BukhariMuslim, Abu Daud dan Tir-

    BANJARBARU, BPOST - Ma-sitah langsung mena-ngis usai mendengarkepastian gagal berang-kat ke Tanah Suci, Mak-kah. Kegagalan dia dansuami menunaikan iba-dah haji melalui pro-gram ONH Plus itu sa-ngat tidak diduga.

    Saya benar-benar kaget

    dan kecewa sekali, kata Ma-sitah saat ditemi di Ban-jarbaru, Kamis (18/10).

    Kemarin, delapancalon haji (calhaj) asal Ba-tukajang, Paser, Kaltim,termasuk Masitah dansuami, mendatangi kan-tor Biro Perjalanan PT

    Makmur Mulya, Kertakha-nyar, Banjar. Biro itulah yang

    memfasilitasi rencana ibadahmereka. Namun, betapa ter-kejutnya mereka, karena pe-tugas biro mengatakan mere-ka gagal berangkat karenatidak mendapat visa.

    Kami baru mendapat ke-pastian gagal, hari ini (kema-rin) pukul 14.30 Wita. Sebe-lumnya, mereka memastikankami bisa berangkat, tegascalhaj lain, Arbani.

    Menurut petugas biro, me-

    reka akan diterbangkan ke-marin. Karena itu pula sejakRabu (17/10), delapan orangitu sudah meluncur ke kantorbiro diiringi sanak kerabatmenggunakan 20 mobil.

    Kami tiba Rabu pukul18.00 Wita. Mereka menga-takan keberangkatan kamibelum bisa dipastikan. Kamispagi mereka juga mengata-

    8 Calhaj ONH Plus Tidak Dapat Visa

    NET

    Halaman18Pembangkit Rasa Mocin

    1910/B01

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin Post

    JUMAT 19 OKTOBER 2012

    BANJARMASIN, BPOST -Mengaku orderan kerja se-bagai buruh bangunan sepi,Syam alias Bagor (55), memilihusaha sampingan sebagaipengedar sabu.

    Namun usaha yang dige-lutinya tak berlangsung lama,karena keburu terendus poli-si. Bagor dibekuk polisi dirumahnya, Jalan 9 OktoberGang Moro Seneng RT 24 no78 Pekauman, BanjarmasinSelatan, Selasa (16/10) sekitarpukul 12.00 wita.

    Penangkapan Bagor di-awali dari dibekuknya duarekannya, yang diketahui se-bagai kurir, yakni Urif (45)

    warga Jalan Pasar Baru (PasarLima), Telawang Banjarmasin,dan Awi (43) warga Jalan Pe-lambuan RT 37 No 1, Banjar-masin Barat, yang sama be-kerja sebagai buruh bangu-nan.

    Awalnya polisi membekukUrif dan Awi di rumah ma-sing-masing. Sayangnya takada barang haram dari keduakurir itu. Kepada petugas,keduanya mengaku menjual-kan sabu milik Bagor. Setelahitu poliri menggerebek ru-mah Bagor.

    Dua paket sabu besar, de-ngan berat masing-masing4,60 gram ditemukan di dalam

    kotak rokok.Pengakuan Bagor yang

    bertubuh kecil, dia baru sekalitransaksi, lantaran orderantukang kayu sepi. Dia meng-ambil narkoba itu dari sese-orang berinisial H di Banjar-masin Selatan, dengan hargaRp 1,75 juta, dan dijual Rp 1,9Juta.

    Kanit II Satuan NarkobaPolresta Banjarmasin Iptu DikiKurniawan membenarkan halitu, Kamis (18/10). Dijelas-kannya, pelaku Urip dan Awididuga adalah perantara di-tangkap berdua sekaligus, tapimereka tak membawa sa-bu.(lis)

    Simpan Sabu di Kotak Rokok

    BANJARMASIN, BPOST -Yuanyi alias Zheng (37), se-orang pria warga negaraCina, terlihat grogi saat di-datangi petugas PolsektaBanjarmasin Utara, di depanGedung Sultan Suriansyah,Kamis (18/10).

    Zheng diamankan dan di-periksa kepolisian lantarandiduga melakukan penipuandengan menjual handphoneiPhone tiruan kepada RahmatCristian (20) warga Jalan Sul-tan Adam kompleks AwangSejahtera II.

    Rahmat, mahasiswa FisipUnlam, mengaku pada selasa(16/10) Zhen tiba-tiba ke ru-mahnya dan menawarkangadget tersebut dengan ala-san tak ada duit pulang keCina. Ketika di rumah, nawa-rin iPhone dengan harga per-tama Rp 4 juta, kemudian tu-run ke Rp 2,5 ditawar hinggasampai ke harga Rp 1,300 barumau kasih, ujarnya.

    Setelah mendapatkan ba-rang tersebut, Cristian menge-cek keaslian barang ke gerai HP.Aku cek ke Tiara Ponsel danternyata palsu, ujar Cristian.

    Kebetulan, kemarin di BNISultan Adam sekitar pukul12.00 wita dia melihat kebe-radaan Zhen. Ketika ketemuorang asing itu, aku ikuti,kemudian pakai bahasa isya-rat, tak mau ikut ke Polsek. Ianaik ojek. Lalu aku bisiki tu-kang ojek untuk bawa ke po-lisi. Kebetulan tukang ojek-nya langsung telpon polisi,dan ditangkap di Jalan Bri-

    gend Hasan Baseri dekat pospolisi, ujar Cristian.

    Adapun saat petugas intelPolresta memeriksa visa ter-nyata dia hanya memiliki izinkunjungan.

    Kapolsekta BanjarmasinUtara, Kompol Soetrijonomelalui Kenitrekrim Iptu Is-met Wahyudi mengatakan,orang asing asal China itudiamankan karena adanya

    laporan masyarakat dan ke-mudian dilimpahkan ke pol-resta.

    Namun setelah proses diPolresta Banjarmasin, diinfor-masikan korban Cristian me-ngurungkan niatnya untukmelaporkan kejadian itu danhanya meminta uangnya di-kembalikan, sehingga polisimelimpahkan kasus ini keKantor Imigrasi.(lis)

    Tertipu Gadget Asal Cina

    Bahkan kemarin, KabagPerlengkapan, PemerintahKota Banjarmasin, Sirajudinditetapkan sebagai tersangkadan bertatus tahanan kota.Sejak pukul 09.00 wita sampaiberita ini ditulis, tersangkakasus berada di ruangan KasiPidsus Ramadhani SH MH.

    Mengenakan baju cokelatbermotif sasirangan, Sirajudinterlihat letih dan sesekali me-megangi kepalannya meng-gunakkan tangannya. Tam-pak pula bagian hukum Pe-merintah kota Banjarmasinmendampinginya.

    Sebelum ditetapkan seba-gai tersangka, dalam dugaan

    kasus pengadaan tanah Rusu-nawa III, Sirajudin me