Banjarmasin Post edisi cetak Jumat 24 Agustus 2012

Click here to load reader

download Banjarmasin Post edisi cetak Jumat 24 Agustus 2012

of 28

  • date post

    29-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    427
  • download

    25

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi NO. 14738 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Jumat 24 Agustus 2012

  • Komentar lain di hal 4

    Kita Gabung di Pages BPostOnlineKEBAKARAN hutan

    dan lahan yang berujungpada kabut asap

    mengancam Kalsel.Sejumlah hotspot pun

    terus bermunculan.

    Nurul JannahSebaiknya Lahan2 Yg KeringCepat Di Kasih Air Misalx DgnMenurunkan Hujan Buatan AgarTidak Ada Lg Kebakaran HutanDan Bumi Pun Menjadi Dingin.

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post24 AGUSTUS 2012/6 SYAWAL 1433 H

    JUMAT

    28 HALAMANRP 3.000 NO. 14738 TH XLI/ ISSN 0215-2987

    SI PALUiiii i

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 4-7

    Anang Gayam

    - Mulai banyak kabakaran lahan, Lak ai+ Manyuculnya kada baingat asapnya,

    Nang ai

    12:27 18:2915:48 19:3805:08

    SudahBarelaan

    WAYAH malam hari raya tadi Palui wan ka-kawalannya umpat jua manjadi amil zakat dimasigit. Sakalian mahadangi urang maantar fitrahbubuhannya salajur jua batakbiran. Ada pangsampai pukul dua balas hanyar tuntung bulikanka rumah.

    Perempuan Paling Berkuasa

    Idulfitri

    Yuliani RosmitaSiap sllu posko2..dan jgaBPK..biar bla ada mslh kebakarancepat tanggap..jd api nya ngkterlalu membsar merambat klain.

    KH HusinNaparin Lc MA

    MASA beredar dan zaman berputar.Detik-detik waktu terus bergulir merang-kai bilangan menit dan hitungan jam.

    Terjadilah pergantiansiang dan malam, kedua-nya datang dan pergi silihberganti tanpa henti, me-nyusun minggu dan bu-lan, akhirnya hitungan ta-hun.

    Apakah semua itu ter-jadi dengan sendirinya?Tidak, tahukah anda, le-wat pergantian siang dan

    malam, Allah SWT memperlihatkan ayatkekuasaan dan bukti kebesaran-Nyasebagai Rabb Al-Alamin (Pengatur alam

    MAJALAH Forbes menobatkan KanselirJerman, Angela Markerl, sebagai perempuanpaling berkuasa di dunia.Penghargaan itu diberikanuntuk tahun kedua pada2012 ini.

    Di posisi keduakembali ditempati Men-teri Luar Negeri Ame-rika Serikat, HillaryClinton, disusul Pre-siden Brasil, DilmaRousseff.

    Seperti dilansirReuters, Kamis (23/8),Forbes menempatkanMarkerl sebagai perempuan paling ber-

    pengaruh di dunia ini melibatkan pe-rempuan terkait hal mengenai pengambilankebijakan, dunia hiburan, teknoligi, danlembaga nonprofit, serta sejumlah bidanglainnya.

    Perempuan paling berpengaruh inimenghasilkan sumbangsih dan menyelesai-kan sesuatu dengan cara berbeda sertamemberikan dampak luas dalam komunitasglobal, kata Presiden sekaligus penerbitForbesWoman, Moira Forbes.

    Majalah ini mencatat, kemampuanMerkel menyelesaikan masalah di Uni Eropadan pengaruhnya di wilayah Eropa yangterkendala dampak krisis utang merupakanpoin penting penyebab dia berada di posisipuncak daftar itu. (kps/rtr)

    Angela Markerl

    BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

    PADAMKAN API - Petugas BPK berusaha memadamkan api yang membakar lahan di kawasan samping Bandara Syamsudin Noor, di Jalan AYani kilometer 28, Landasanulin Banjarbaru, Kamis (23/8). Musim kemarau sekarang semak-semak sangat mudah terbakar.

    MARTAPURA, BPOST - Kebakaran lahanyang semakin sering terjadi beberapawilayah di Kalsel. Statusnya sudahmengarah ke siaga darurat kabutasap.

    Brigade Pengendalian Kebakar-an hutan (Brigdalkarhut) Provinsi

    Belum GangguPenerbangan

    Halaman 6

    Belum GangguPenerbangan

    MAKASSAR, BPOST - KetuaKomisi Pemberantasan (KPK)Abraham Samad, diminta te-

    gas terhadap berbagaikasus korupsi yangmereka tangani, se-

    perti Hambalang,wisma atlet,

    hingga du-

    Siap Tangkap TersangkaSimulator SIM

    gaan korupsi simulator kemu-di motor dan mobil di KorpsLalu Lintas (Korlantas) Polri.

    Pertemuan yang digagasACC Anti Corruption Com-mittee (ACC) Sulsel itu digelardi Waroeng Kopi Phoenam,Panakkukang, Makassar, Ra-bu (22/8) malam.

    Tampak hadir sejumlahakademisi, yakni guru besarUniversitas Muslim Indonesia(UMI) Prof Dr Hambali Thalib

    Hal 6 kol 4-7Abraham SamadNET

    Prodi baru bidang kedok-teran yakni Kesehatan Ma-syarakat, dan Biomedik sertapascasarjana Akuntansi danPendidikan Sains belum men-dapat persetujuan dari pusat.Padahal, seperti dikatakanDirektur Pascasarjana Unlam,Athaillah Mursyid, empat pro-di baru itu saat ini sangat di-perlukan masyarakat.

    Contohnya pascasarjanaPendidikan Sains diminta paratenaga pendidik yakni guru,katanya, Kamis (23/8).

    Sejak dua tahun terakhirbelum ada program studiterbaru di pascasarjana. DiPascasarjana Unlam terdapat17 prodi terbilang baru yakniManajemen Administrasi Bis-nis yang dibentuk sejak duatahun lalu.

    Tahun ini kita mengusul-kan prodi baru dan kabarnyamasih dalam penilaian. Ke-mungkinan adanya morato-rium usulan itu hingga kinibelum ada jawaban, ujarAthailah.

    Seperti diketahui, pemerin-tah menghentikan sementarapendirian dan perubahan ben-tuk perguruan tinggi sertapembukaan program studi

    Prodi Baru Unlam Pun Mandek(prodi) baru. Kebijakan yangdituangkan dalam SE DirjenPerguruan Tinggi Kemen-dikbud itu mulai berlaku 1September 2012 hingga palinglambat 31 Agustus 2014. Meskibegitu, usulan pendirian danperubahan bentuk PTS sertapembukaan prodi baru yangsudah tercatat di Ditjen Diktisebelum 1 September 2012tetap diproses sesuai perun-dang-undangan.

    Athailah menilai kebijakanmoratorium dipandang perlusebab kebijakan itu diharap-kan penyelenggaraan pro-gram studi di seluruh PT diIndonesia dapat lebih tertibdan tertata.

    Moratorium langkah ba-gus untuk mutu ke depan.Kami akan pelajari terkait

    Peluang Lebih Besar PoltekBANJARMASIN, BPOST - Sejumlah pro-gram studi (prodi) baru yang diusulkan Uni-versitas Lambung Mangkurat untuk pasca-sarjana dan sarjana (S1) masih menggantung.Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud belumjuga memberikan lampu hijau.

    KOORDINATORKopertis Wilayah XIKopertis XI Kalimantan,Sipon Muladi mengatakanmoratorium diberlakukankarena usulan pendirianperguruan tinggi terusmengalir dan menumpuk.

    Di Kalsel saja, sebut dia,ada 43 PTS di mana darijumlah itu banyak menga-jukan prodi baru.Namun, berapa jumlahperguruan tinggi yang

    mengajukan usulan prodibaru yang diproses atauditolak, Sipon mengakutidak tahu.

    Pengajuan prodi baru itulangsung ke Dirjen Dikti,khususnya tahap awal. Bilalolos semua tahapan, barunanti ada pemberitahuandari Dirjen Dikti ke kopertisagar dibuatkan rekomen-dasi, jelasnya, Kamis (23/8)

    Dominasi Kesehatan

    Yang dimaksudkena moratoriumitu apakah usulanpada Septemberatau yang

    sebelumnyajuga kena

    SIHABUDDIN CHALIDDirektur Poltek Pelaihari

    2408/B01

  • Banjarmasin Utara Banjarmasin Tengah

    Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostJUMAT 24 AGUSTUS 2012

    BANJARMASIN, BPOST -Hari pertama dibukanya loketpembuatan surat izin menge-mudi (SIM) di Satuan LaluLintas (Satlantas) Polresta Ban-jarmasin, Kamis (23/8), lang-sung diserbu warga. Hampirsepekan libur membuat, jum-lah pemohon SIM C, A, dan Bmenumpuk.

    Kepala Satuan Lalu Lintas(Kasatlantas) Polresta Banjar-masin Kompol Agung Tri Wi-diantoro SIK melalui KanitSIM Rigiden Ipda M Taufiq QSH mengatakan, tercatat ke-marin sebanyak 120 orangorang mengajukan pembuat-an SIM.

    Hari ini ada 120 orangyang memasukkan berkaspermohonan SIM. Jumlah inilebih banyak dari hari bia-sanya karena ada cuti bersamaLebaran tadi, ujarnya.

    BANJARMASIN, BPOST - Sela-ma operasi ketupat 2012 yangdimulai 10 Agustus 2012 hinggakemarin, Kamis (23/8) kondisi lalulintas di Kota Banjarmasin relatifaman. Jumlah kecelakaan lalulintas (laka lantas) sedikit dan tidakmengakibatkan korban mening-gal dunia.

    Kasat Lantas Polresta Banjar-masin, Ompol Agung Tri Widian-toro SIK mengatakan, hanya ada

    Ramai-ramai Bikin SIM

    Minim Laka LantasBANJARMASIN, BPOST - Mengaku perlu uanguntuk keperluan hidup, Ahmad Sulaiman (33) nekatmencuri dua potong papan ulin milik Supriyadi (48).

    Warga Alalak Selatan RT 2 No 39 Kelurahan AlalakTengah ini nekat mengambil dua potong papan ulin pan-jang empat meter di kolong rumah Supriyadi JalanHKSN Komplek Herlina Blok D RT 13 No 25 Alalak Se-latan Banjarmasin Utara, Selasa, (21/8) pukul 01.30 Wita.

    Berawal saat siang harinya, Ahmad Sulaimantamatan sekolah dasar ini mencari ikan di sekitarrumah korban. Saat itu dia melihat tumpukan papanulin di kolong rumah korban.

    MUCHLIS (25) sontak berteriak-teriak dan memberi aba-aba berhentikepada para pengguna jalan yanghendak naik ke Jembatan Merdeka,Banjarmasin, Kamis (23/8) sekitarpukul 14.20 Wita.

    Rupanya penjaga kios yang takjauh dari jembatan yang membelahSungai Martapura ini melihat sebuahtruk dengan nomor polisi DA 9473TN tidak mampu menanjak di opritJembatan Merdeka.

    Sempat berusaha naik ke badanjembatan, tapi mesin truk yang dike-mudikan oleh Tri Purwa (43), wargaGang Nuri, Jalan Veteran Banjar-masin itu tidak mampu mendorong.Akhirnya truk berjalan mundur.

    Melihat itu saya langsung teriak-teriak dan memberi aba-aba ke pe-ngendara sepeda motor dan mobil

    Malam harinya, buruh serabutan ini nekat beraksi.Dua keping papan ulin panjang empat meter diambildari kolong rumah korban.

    Sial dan apes baginya. Baru beberapa meter me-langkah, pelaku keburu kepergok penjaga malam.Dia tidak berkutik saat ditangkap dan tanpa perla-wanan dirinya digiring ke kantor polisi.

    Rencannya papan ulin mau aku jual. Dan uangnyauntuk biaya hidup. Lagi kepepet perlu uang, katababak dua anak ini, Kamis, (23/8).

    Kapolsek Banjarmasin Utara Kompol Budhi Santosomembenarkan telah menahan pelaku pencurian ulin.(ryn)

    Curi Ulin dari Kolong Rumahtiga kecelakaan lalu lintas. Itupunhanya satu yang luka berat, se-dangkan meninggal dunia tidakada.

    Alhamdulilah, sementara inilalu lintas Idufitri di Kota Banjar-masin relatif aman. Sejak haripertama operasi ketupat sampaisekarang hanya ada tiga kecela-kaan lalu lintas dan tidak sampaimengakibatkan meninggal du-nia, ujarnya, Kamis (23/8).

    Selain itu aksi kebut-kebutanliar