Banjarmasin Post Jumat, 7 Maret 2014

download Banjarmasin Post Jumat, 7 Maret 2014

of 28

  • date post

    13-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    525
  • download

    17

Embed Size (px)

description

NO. 151386 TH XLII/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Jumat, 7 Maret 2014

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post JUMAT7 MARET 2014/

    5 JUMADIL AWAL 1435 HNO. 151386 TH XLII/ ISSN 0215-2987

    SI PALUiiiii

    28 HALAMANRP 3.000

    12:36 18:4215:48 19:51

    Anang Gayam

    - Sidinnya bapadah garing, Lak ai+ Biasa amun cagar masuk hutil prodeo,

    Nang ai

    05:13

    Hal 22 kol 1-3

    Ruang Penitipan Pria

    Advertorial

    KH Mukhyar Usmanbin H Usman Abubakar,akrab dipanggil PakMukhyar lahir di Barabai,7 Juli 1923. Senin, 17-2-2014 bersama Pak Mak-kie (Ketum MUI Kalsel),penulis berangkat me-nuju Martapura untukmenengokbeliau yangsakit kerasdi RS RatuZaleha; ta-pi urung,karena di-p a n g g i lpulang keBanjarmasin, ada jadwalceramah di SD SabilalMuhtadin yang terlu-pakan.

    Aku berniat me-nengok beliau beberapahari mendatang. Selasa,

    HARIMAU mati meninggal-kan belang, Jojon wafat (bisadisebut) meninggalkan ku-mis. Ya, pelawak yang sudahberkiprah sejak 1972 itu, me-ninggal dunia karena sera-ngan jantung dan asma di RSPremier Jatinegara, Jakarta,Kamis (6/3).

    Pada era 1980-an, Jojon dankelompok lawaknya, Jaya-karta Grup, mendominasiacara hiburan di TVRI, sepertiKamera Ria dan Aneka Ria Sa-fari. Selama 15-20 menit, gruplawak ini mengocok perutpemirsa televisi satu-satunyadi Indonesia saat itu.

    Ciri utama Jojon adalah ku-

    HIDUP di kampungbujur-bujur hidup sa-adanya.Tapi biarpunkaya itu kada parnahada warganya nangmarasa kada cukup.

    MARTAPURA, BPOST - Ka-mis (6/3) atau sehari setelahdigeledah tim Kejari Mar-tapura, pegawai Dinas Per-tanian, Perkebunan dan Per-tenakan (Distabunak) Banjar,kembali bekerja seperti biasa.

    Ruang Bidang Sarana Pra-sarana (Sarpras) dan ruang ker-ja Kabid Sarpras HairilAnwar yang

    BAKTI sosial donor darah Bloodfor Life digelar oleh PT Kintap JayaWattindo (KJW) bekerja sama de-ngan Palang Merah Indonesia (PMI)Kalsel, Kamis, (6/3).

    Kegiatan sosial yang dilaksanakandi areal PT KJW ini dalam rangka HUTke-93 PT Jaya Agra Wattie (JAW)Group. Kegiatan dikuti ratusan karya-wan dan masyarakat sekitar. Pe-rayaan HUT PT JAW Group dilak-sanakan dengan melakukan aksisosial donor darah sebagai bentuk

    Bentuk Kepedulian kepada Sesamaberbagi kepedulian terhadap sesama.

    Dalam kegiatan itu hadir Direk-tur Utama PT JAW Group HarijadiSoedarjo, Direktur Legal dan GA PTJAW Group Rohadi, Area ManagerWilayah Kalimantan PT KJW Wat-tindo Herri Wahyudi serta KetuaPMI Kalsel Gusti Iskandar SukmaAlamsyah.

    Direktur Utama PT JAW GroupHarijadi Soedarjo mengatakan bah-wa kegiatan donor darah dilakukansebagai bentuk kepedulian perus-

    ahaan kepada masyarakat yangmemerlukan bantuan darah.

    Kegiatan donor darah ini di-laksanakan untuk kedua kalinya.Setelah ini, kegiatan donor darahakan dilaksanakan secara kontinuetiap empat bulan, kata HarijadiSoedarjo.

    Direktur Legal dan GA PT JAWGroup Rohadi menambahkan, de-ngan adanya kegiatan donor darahitu berarti pihak perusahaan jugaikut berpartisipasi membantu ke-

    tersediaan darah di Kabupaten Taladan Kalsel.

    Ada 250 karyawan kami yangmendonorkan darahnya. Kamiberharap dengan kegiatan ini me-nyadarkan kepada karyawan untukmau mendonorkan darahnya. Ten-tu kegiatan ini sangat bermanfaatkarena bisa membantu orang lainyang memerlukan darah, lanjutRohadi.

    Hal 22 kol 1-3

    Charlie Chaplin Indonesia Meninggal Dunia

    Berkat Jojon, Cahyono Jadi Mualafmisnya yang mengi-kuti kumis CharlieChaplin, pelawaktop Inggris. KumisJojon di televisi ke-tika itu menjadi trademark tersendiri, selainkumis Pak Raden yangtebal.

    Bagi Jojon, yangbernama asli DjuhriMasdjan, kumismenjadi jimat ter-sendiri. Apakah asli-nya dia berkumis? Ba-gaimana sehari-harinyakalau dia tak berku-mis?

    Mengutip Tempo,

    dia mengaku memilikikisah lucu mengenai

    kumisnya itu. Pada1980-an, JayakartaGrup mengadakanpertunjukan di daerah.

    Mereka kedatanganseorang perempuan. Jo-

    jon, yang kebetulan se-dang rileks, menerimadia. Namun si perem-puan tidak berbicara

    dengan siapa. Dia me-nyatakan tetap ingin

    bertemu dengan ang-gota Jayakarta Grupyang menjadi idolanya.

    Hal 22 kol 1-3

    PakMukhyar

    dalamKenangan

    Hal 22 kol 4-7

    KH HusinNaparin

    Hal 22 kol 4-7

    Tersangka Proyek Fiber Bilang Sakit Khairil Heran Kejari Cepat Tetapkan Status

    menjadi lokasi penggeledahan,tidak dipasangi police line.Pintu ruang kerja Hairil ter-tutup. Sementara Hairil sendiritidak berada di kantor. Bapaktidak ada sejak pagi. Kami tidaktahu keberadaannya, ucapseorang pegawai.

    Karena tidak ada di kantor,BPost menuju rumahnya dikawasan Jalan Puji Rahayu,Tanjung Rema, MartapuraKota. Di rumah berdindingpapan beratap seng tersebutkoran ini bertemu Hairil yangsaat itu mengenakan kaus dancelana warna putih.

    Dari wajahnya, terlihat diasedang tidak sehat. Suaranyapun pelan dan serak. Priayang sejak Rabu (5/3) ke-marin ditetapkan menjaditersangka dalam kasus du-gaan korupsi pengadaan fiberpencegah hama tikus ini jugamengaku sedang sakit. Dia

    Mambanam AcanADALAH biasa jika perempuan suka berbelanja.Kebalikan dengan kaum pria. Mayoritas laki-laki jugaenggan menenami perempuan berbelanja, apalagitanpa tujuan jelas. Para perempuan pun merasa kurangbebas jika terus dikuntit saat belanja.

    Untuk mengatasi maslaah itu,salah satu mal di Cina menyediakanruang khusus bagi perempuan untuk

    menitipkan priayang menema-ninya. Ruangitu dijuluki lao-gong jicun chuyang artinyatempat peniti-pan pria. Di sa-na, para pria

    bisa duduk santai sambil menunggu pasangannya yangsedang berbelanja atau tidur karena ada tempat tidurlipat. Tempat penitipan ini mirip lounge eksekutifdengan sofa serta berfasilitas bar dan WiFi gratis.

    Banyak pria yang mengaku terbantu. Mereka tidakharus berputar-putar mal tanpa tujuan jelas. Di ruangini, saya bisa bermain gadget atau sekadar makan danminum sampai istri selesai berbelanja, kata seorangpria, Kenzo. (sbu/vin)

    ISTIMEWASUASANA donor darah Blood for Life digelar PT Kintap Jaya Wattindo(KJW) bekerja sama dengan PMI Kalsel, Kamis (6/3).

    NET

    Hal 22 kol 4-7KAPANLAGI.COM

    JAKARTA, BPOST - Untukkali pertama sidang kasus bail-out (pengucuran dana tala-ngan) untuk Bank Centurydigelar, di Pengadilan Tipikor,Jakarta, Kamis (6/3). Terdak-wa dalam sidang ituadalah Budi Mulyayang saat itu men-jabat Deputi Guber-nur Bank Indonesia

    (BI) Bidang Penge-lolaan Moneter.

    Yang menarik per-hatian, saat membacakansurat dakwaan, Jaksa Ko-

    misi Pemberantasan Korup-si (KPK) puluhan kali me-nyebut nama Wakil Presiden

    Jaksa KPK 65 Kali

    Suap Akil Agar Tidak Rusuh Chairunnisa Nangis Baca PleidoiJAKARTA, BPOST - Bupati (ter-pilih) Gunung Mas, Kalteng, Ham-bit Bintih mengaku bersalah ka-rena telah memberikan uang suapsebesar Rp 3 miliar kepada AkilMochtar. Uang diserahkan keAkil yang saat itu menjabat ketuaMahkamah Konstitusi (MK) de-ngan tujuan, kemenangan di diPemilukada, tidak digagalkan.Pasalnya, ada beberapa pasangcalon pesaing Hambit, yang me-

    ngajukan gugatan ke MK.Dalam nota pembelaan (plei-

    doi) pribadinya, Hambit mengu-

    TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

    HambitBintih

    KitaGabung di Pages BPostOnline

    Komentar lain di hal 4

    JAKSA KPKmenyebut

    WapresBoediono ikutmemperkaya

    diri

    Hanny PahMati kadamambawa Hartajua pa ae,,sadangi kalakuan

    ,,perkaya Iman ja,,klo mati

    2

    1

    3

    4

    5

    6

    1 Boediono, Gubernur BI2 Miranda Swaray Goeltom, Deputi Senior BI3 Siti C Fadjriah, Deputi Gubernur BI Bidang PengawasanBank Umum dan Bank Syariah)4 Muliaman H Hadad, (Deputi Gubernur BI Bidang Kebijakan

    Perbankan/Stabilitas Sistem Keuangan, anggota DewanKomisioner Lembaga Penjamin Simpanan

    5 Hartadi A Sarwono (Deputi Gubernur BI Bidang KebijakanMoneter6 Ardhayadi Mitroatmodjo, Deputi Gubernur BI BidangLogistik, Keuangan, Penyelesaian Aset, Sekretariat)7 Raden Pardede, sekretaris Komite Stabilitas SistemKeuangan (KSSK).

    Sri Mulyani Protes Penyelamatan Bank Century

    Sebut BoedionoBoediono. Berdasar catatansalah seorang inisiator hakangket Bank Century, Mis-bakhun nama Bodiono di-sebut sebanyak 65 kali. Jaksapun menyatakan ada indikasi,

    Boediono dan BudiMulya melakukan tin-dak memperkaya da-lam kasus tersebut.

    Saya mencatat, ada65 kali nama Boedionodisebutkan dalam 183

    halaman dakwaan. KemudianMiranda Swaray Goeltomdisebut 48 kali, Siti ChalimahFadjriah 110 kali, Budi Rohadi63 kali, Robert Tantular 40kali, Raden Pardede 33 kali,

    dan Sri Mulyani sebanyak 40kali, kata pria yang kini tidaklagi menjadi anggota DPR ini.

    Dalam surat dakwaan ter-sebut, Budi diduga telah mem-perkaya diri sebanyak Rp 1miliar dari pemberian FPJP(fasilitas pinjaman jangkapendek) dan penetapan BankCentury sebagai bank gagalberdampak sistemik.

    Budi juga didakwa mem-perkaya PT Bank Centurysebesar Rp 1,581 miliar, pe-megang saham Bank Centuryyakni Hesham Talaat Moha-med Besheer Alwarraq danRafat Ali Rizvi, sebanyak Rp3,115 miliar, dan Komisaris PTBank Century, Robert Tantu-lar, sebesar Rp 2,753 miliar.

    JURU Bicara WakilPresiden, YopieHidayat menilai wajar

    nama Boediono masukdi surat dakwaan pada

    sidang kasus bailoutBank Century denganterdakwa, Deputi Guber-

    nur Bank Indonesia (BI)Budi Mulya. Ia menilai,penyebutan nama ituhanya sebagaiinformasi atau

    Belum Pasti Bersalah

    7

    keterangan untuk mere-konstruksi peristiwa.

    Boediono saat itugubernur BI, tentu sajadisebut karena bertang-gung jawab membuatkeputusan. Tapi apakahyang disebut dalamdakwaan pasti bersalah?kata dia, di Jakarta, Kamis(6/3).

    Hal 22 kol 4-7

    Hal 22 kol 1-3

    FOTO-FOTO: NET/KOMPASIMAGES/TRIBUNNEWS

    disebut jaksa Siti Fadjriah Siti Fadjriah Siti Fadjriah Siti Fadjriah Siti Fadjriah: 110 kali Boediono Boediono Boediono Boediono Boediono: 65 kali Miranda S Goeltom: Miranda S Goeltom