Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 28 Juni 2013

download Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 28 Juni 2013

of 32

  • date post

    23-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    442
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 15042 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 28 Juni 2013

  • Banjarmasin Post32

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    JUMAT28 JUNI 2013/

    19 SYAKBAN 1434 HNO. 15042 TH XLI/ ISSN 0215-2987

    RP 3.000HALAMAN

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    12:26 18:2515:5005:04 19:39

    Hal 18 kol 1-3

    SEORANG perempuan di Lancashire, Inggrismemiliki keanehan. Pendengarannya supersensitif.Adalah Julie Redfern (47) yang bisa mendengar detakjantung, goyangan otak bahkangerakan bola matanya.

    Redfern mulai menga-lami keanehan pada usia40 tahun. Saat itu akumulai menghindari ma-kanan renyah seperti apeldan keripik karena sua-ranya memekakkan te-linga, suaranya sepertipetir di kepala, ujarnya,kemarin.

    Berdasar pemeriksaan dokter dan pemindaian otakRedfren memiliki penyakit superior canal syndrom de-hiscence (SCDS). Ini merupakan penyakit yang sangatlangka. Suatu kondisi yang jarang pada telinga bagiandalam akibat dari penipisan tulang temporal di dasartengkorak. Dampaknya, pada gangguan pendengarandan keseimbangan serta sensitifitas berlebihanterhadap suara.

    Itu mungkin terjadi saat saya mengalamikecelakaan saat mengendarai sepeda pada usia 10tahun, tegas dia. (dlm/tik)

    M A S J I DHasanuddinMadjedi diJalan BrigjenHassan Basry,Bundaran Ka-yutangi Ban-jarmasin ada-lah masjid be-

    runtung di antara 2.368 masjiddi Kalsel. Betapa tidak, padasyukuran pascarenovasi, Jumat21 Juni 2013, dihadiri dan di-resmikan Ketua Umum DewanMasjid Indonesia (DMI) Pusat,

    HARIMAU seberat 400 poundatau sekitar 141 kilogram itu tiba-tibamenyerang. Harimau tersebut me-lompat dan menimpa tubuh orangitu. Kuku tajamnya siap mencakar.

    Bukannya takut, pria bernamaRandy Miller (45) itu justru melawan.Dia pun melayangkan pukulan sem-bari menahan mulut harimau yang

    Bisa Dengar Gerakan Otak

    KH Husin

    MasjidHasanuddin

    Madjedi

    Hal 18 kol 4-7

    RUPANYA saku-kuatnya awak bila ka-da diharagu bisa jua ga-ring. Bubuhan Palui,Garbus, Tulamak, Tuhi-rang wayah lagi anum

    JAKARTA, BPOST - AnggotaKomisi III DPR dari daerah pe-milihan (Dapil) Kalsel, HabibAboebakar Al-Habsy meng-ritik sekaligus memprotespimpinan Komisi Pemberan-tasan Korupsi (KPK).

    Gara-garanya dia merasaponselnya telah disadap olehlembaga antirasuah itu. Re-potnya lagi, Aboebakar me-

    Takutan Mati

    Serangan Harimau Itu....sudah membuka lebar memper-lihatkan gigi-giginya yang tajam.Siapa yang bakal menang?

    Hentikan menduga-duga siapayang bakal menang, siapa bakalkalah. Keduanya tidak sedang ber-tarung. Harimau bernama Eden itusedang mengajak bercanda pemi-liknya. Ya, mereka sedang bermain,

    meski bagi yang melihat pasti akanmerasa ngeri.

    Miller telah memelihara Eden se-jak hewan itu lahir. Karena itu pula,hubungan emosi keduanya sangatdekat. Memang Eden sering me-nyerang tuannya. Tetapi itu hanyaserangan palsu. Jika orang lainmencoba melakukan hal ini, mereka

    akan mendapatkan cedera serius,dianiaya, bahkan dibunuh olehEden, ucap Miller, kemarin.

    Miller sangat tulus merawatEden. Karena itu, dia pun tidakkesulitan saat melatih Eden mela-kukan serangan palsu terhadap di-

    Hal 18 kol 1-3

    Mereka Malu Disebut Miskin Warga Bawa Golok Minta BLSM Sebanyak 67 KK itu terdiri

    atas 41 KK di Desa Margo-agung, Kecamatan Seyegandan dan 26 KK di Desa Tegal-tirto, Kecamatan Berbah.

    Mereka menyerahkankartu miskinnya kepada ka-mi, kata Kabag Humas Pem-kab Sleman Endah Sri Widi-astuti, kemarin.

    Menurut dia, para KK ter-sebut bisa keluar dari statusmiskin karena mengikuti ber-

    bagai kegiatan usaha yangmampu mendongkrak pere-konomian keluarga.

    Mereka ini memang di-bimbing untuk mengem-bangkan usaha ekonomi me-lalui program pemberdayaanoleh tim penanggulangan ke-miskinan (TPK) masing-ma-sing kecamatan sejak dua ta-hun lalu, kata Endah.

    mentara masyarakat (BLSM).Sikap berbeda diperlihat-

    kan 67 kepala keluarga (KK)di Sleman, Yogyakarta. Me-reka kompak memgembali-kan kartu miskin kepada pe-merintah daerah (pemda) se-tempat. Mereka menyatakanmalu karena sudah tidak pan-tas masuk kategori rakyatmiskin.

    Hal 18 kol 1-3

    BANJARMASIN, BPOST -Bencana kabut asap di se-jumlah provinsi di Sumaterabahkan hingga negara tetang-ga, mengingatkan warga Kal-sel dan Kalteng bahwa tiaptahun bencana serupa terjadidi daerahnya. Apalagi saat iniratusan titik api sudah mulaimuncul di dua provinsi ber-tetangga itu.

    Kepala Dinas Ke-hutanan Kalsel Rah-madi Kurdi pun me-ngatakan sebenarnyamenilik tahun-tahunsebelumnya pada bu-lan ini biasanya Kalselsudah terselimuti kabut asap.Tahun ini asap akibat ter-bakarnya lahan gambut danpembakaran lahan oleh pe-rusahaan perkebunan, belumkentara karena masih seringturun hujan.

    Kalau ada perusahaanyang kami ketahui melakukanpembakaran untuk member-sihkan lahannya maka kamiakan menjatuhkan sanksi se-

    Protes Disadap Soal Perempuan Lagi, Politisi PKS Serang KPK

    ngaku kerap berkomunikasisoal perempuan.

    Soal penyadapan, saya initahu kalau saya disadap olehKPK. Saya kerap disadap soalperempuan. Memang kena-pa? Apa urusannya saya disa-dap kalau orang itu istri saya,kata Aboebakar dalam rapat

    Urusan istrisaya berapaitu urusansaya.Lagipulamenurut agamasaya itu sunah

    ABOEBAKAR AL HABSYIPolitisi PKS

    Hal 18 kol 4-7 DOK BPOST GROUP

    Rahmadi Kurdi Tebar Ancaman Kalsel Terselamatkan Hujan

    suai Peraturan Daerah (Perda)Nomor 1 Tahun 2008 tentangKebakaran Hutan dan Lahandi Kalsel. Sanksinya saya tidakingat persis tetapi sampaihukuman kurungan badan(penjara), tegas Rahmadikepada BPost, Kamis (27/6) .

    Rahmadi pun bersyukurkarena Kalsel mengalami mu-sim kemarau basah sehingga

    hujan masih kerapterjadi terutama dikawasan hulu. Mes-kipun demikian, ka-mi sudah menyiaga-kan pasukan mang-gala agni di seluruh

    kabupaten/kota di Kalsel un-tuk memadamkan api bila adakebakaran lahan. Selain itu,kami juga menyiapkan ma-syarakat peduli api (MPA)untuk menanggulangi ke-bakaran lahan di sekitar per-mukiman. Mereka dibekaliseragam dan peralatan seder-hana, ujar dia.

    Komentar lain di hal 14

    KitaGabung di Pages BPostOnline

    Azalia Maulidakd heran lg dahkta nich, pacangsesak napas tiaptahun bl musim

    asap sdh tiba kdd perubahan lg

    Marnahkeadaan lingku-ngan seperti ituakan sangatberpengaruhterhadap kesehatan, khusus-nya ibu hamil, balita

    KABUT asap akibatpembakaran lahan mulaimenyelimuti Kalselteng

    STATUS Siaga IIdiberlakukan ManggalaAgni Kalteng setelahsatelit The NationalOceanic and AtmosphericAdministration (NOAA)menemukan titik panas(hotspot) yang terusbertambah di provinsi itu.

    Selama beberapa hariterakhir, ada 64 titik panasyang kemunculannyaterlihat setiap hari. Padahalbiasanya, titik panas hanyasesekali dan tidak meratamunculnya. Denganpenetapan status ini seluruhanggota Manggala Agnisiap setiap saat untuk turunke lapangan sesuai pro-sedur dan perlengkapanyang memadai, apabila adakebakaran hutan ataulahan, ujar Petugas DeteksiDini Manggala Agni BKSDAKalteng, Andreas Dodi,Kamis (27/6).

    Disebutkan dia, 64 titikpanas itu rutin muncul sejak16 Juni 2013. Dari jumlah

    Kalteng Siaga II

    Hal 18 kol 6-7

    Hal 18 kol 4-7

    tersebut, lokasi terbanyakada di Kapuas dan Katinganmasing-masing 11 titikpanas dengan kondisi lahan

    LAURENTIU GAROFEANU/BARCROFT/DAILY MAIL

    SERANGAN PALSU - Randy Miller dan harimau peliharaannya, Eden sedangmelakukan latihan penyerangan, kemarin. Mereka kerap bermain di film-film terkenalseperti Transformers II dan The Last Samurai.

    Tidak Bolehke Diskotek!

    JAKARTA, BPOST - Tewas-nya personel Korem 101/Antasari Pratu David Eka A-rifin (22) di Diskotek Grand,Banjarmasin, mendapat per-hatian serius Panglima TNILaksamana Agus Suhartono.Dia langsung meminta ko-

    Ciri Pembunuh Pratu David Diketahuimandan wilayah TNI untukmenahan diri.

    Sudah diintruksikan. Ha-rus menunggu proses hu-kum, tegas Agus Suharto-no saat ditemui usai mem-

    Hal 18 kol 1-3KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN

    AGUS SUHARTONO

    250 DinamitSiap LedakHilang

    Halaman17

    YOGYAKARTA, BPOST - Ba-nyak orang berkecukupanbahkan mampu secara ekono-mi, masih merasa sebagai or-ang miskin.

    Tragisnya, mereka tidakmalu meskipun mendapatbantuan seperti raskin (berasuntuk orang miskin), zakat,bantuan langsung tunai (BLT)atau bantuan langsung se-

    Paulinhero halaman 6

    Kami tidakmau disebutmiskin lagi.

    Selama ini kamitidak bangga

    disebut miskin

    MURDWIHANTOWarga Sleman

    - Kabut asap mulai lagi, Lak-ai+ Mun dilihatakan cagar manyasak,

    Nang-ai

    NET

    2806/B01

  • 2 ribun Kota Banjarmasin PostJUMAT 28 JUNI 2013

    BANJARMASIN, BPOST-Diseret sendirian ke pengadil-an dalam kasus korupsi alat-alat pertanian di KabupatenHulu Sungai Tengah (HST),membuat Gajali Rahman ke-cewa berat. Selain harus me-nanggung sendiri perbuatan-nya, Gajali juga harus mene-rima hidup dijeruji besi sete-lah hakim Pengadilan TipikorBanjarmasin menjatuhkanvonis selama satu tahun pen-jara, Kamis (27/6).

    Meski kecewa berat namunGajali tetap mau menerimaputusan hakim. Saya terimasaja putusan tersebut, ucapGajali pasrah saat dibawa ke-luat ruang sidang.

    Penasihat hukum terdak-wa Hadi juga meminta aparatpenegak hukum bukan hanyamenyeret Gajali tapi jugakoordinator lapangan, sekre-taris dan bendahara. Padakasus ini Gajali hanya dijadi-kan korban, padahal masihada lagi tersangka lainnyayang ikut bertanggungjawabatas anggaran tersebut, ucap-nya.

    Sementara dalam sidangselain diputus selama satutahun, majelis hakim yangdiketuai Yohanes Priyana jugamendenda terdakwa sebesarRp 50 juta subsider dua bulankurungan.

    Majelis hakim juga meng-hukum agar terdakwa mem-bayar ganti rugi sebesar Rp217.606 049 dengan ketentuan

    TAMBAHPADAT -Suasana dikawasan UjungMurung danPasarSudimampiryang semrawutdan padat,Kamis (27/6).Penataan parkirdi kawasan inibelum bisamemec