Banjarmasin Post edisi Jumat, 23 Maret 2012

download Banjarmasin Post edisi Jumat, 23 Maret 2012

of 28

  • date post

    12-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    428
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi Jumat, 23 Maret 2012

Transcript of Banjarmasin Post edisi Jumat, 23 Maret 2012

  • KPUHSUAkanKlarifikasiDPP PPP

    Halaman5

    Hasil THasil THasil THasil THasil Tes UKA 2012es UKA 2012es UKA 2012es UKA 2012es UKA 2012

    Kabupaten/KotaKabupaten/KotaKabupaten/KotaKabupaten/KotaKabupaten/Kota PeserPeserPeserPeserPesertatatatata LulusLulusLulusLulusLulus TTTTTak Lulusak Lulusak Lulusak Lulusak Lulus

    z Banjarmasin 487 423 64z Tabalong 286 238 48z Banjar 498 396 102z Banjarbaru 150 139 11z Tanahlaut 230 212 18z Balangan 64 59 5z HST 275 226 49z HSS - - -z HSU - - -z Tapin - - -z Tanahbumbu - - -z Kotabaru - - -z Batola - - -

    HALAMANRP 3.00028

    Anang Gayam

    Hal 6 kol 1-3

    12:30 18:3415:37 19:4205:10

    SI PALUiiiii

    Banjarmasin PostDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    23 MARET 2012/30 RABIUL AKHIR 1433 H

    JUMAT

    NO. 14587 TH XL/ ISSN 0215-2987

    - Bubuhannya bajalanan ka Singapura, Lak ai+ Umpat bajarat jukung haja di Batam,

    Nang ai

    Kita Gabung di Pages BPost Online

    Komentar lain di halaman 4

    SEKRETARISkelurahan,sekretaris

    kecamatan, hinggapejabat Pemko

    Banjarbaru ramai-ramai studi banding

    ke Kota Batam.

    Hesty Agustina ShMENDUKUNG aja kalo ada hasilnya, misalnya

    abis dari Studi Banding sama Batam terus apayg didapat disana diterapkan disini. Dan bisamembawa perubahan kearah yang baik. Tapikalo cuma akal-akalan supaya bisa wisata,Lillahi Taala kagak rela karena uang yang dipake

    kas negara yg asalnya uang rakyat.

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 1-3

    Rombongan PNS Tur ke Singapura

    Terbangseperti Burung

    KeteladananRasulullah SAW

    KH Husin Naparin Lc MA

    DALAM menghadapi hi-dup dan kehidupan, AllahSWT mengutus para Rasuluntuk menyontohkan bagai-mana seharusnya manusiaberaktivitas. Oleh karenanya,Rasul haruslah manusia bu-kan malaikat seperti yang di-klaim oleh sebagian masyara-kat pada zaman dahulu se-hingga mereka menolak ke-datangan para Rasul.

    Mereka heran dan berkata:Mengapa Rasul itu memakanmakanan dan berjalan di

    Hal 6 kol 5-7

    SEORANG teknisi asal Inggris, Jarno Smeets,mengklaim berhasil terbang seperti burungmenggunakan sayap buatannya. Dia pun meng-unggah videonya dan telah ditonton satu juta or-ang lebih.

    Dalam vi-deo yang dire-kam di DenHaag, Belandapada 18 Maret2012 lalu itu,Smeets tam-pak menggu-nakan lengan-nya untuk mengepakkan sayapnya dan kemudianterbang dan mendarat. Saya selalu memimpikanini. setelah bekerja keras selama delapan bulan.Akhirnya mimpi saya terwujud, katanya sepertidikutip Telegraph, Kamis (22/3).

    Smeets yang merupakan lulusan University ofConvetry itu, mengaku bekerjasama dengan ahlineuromekanik, Bert Otten, untuk menciptakandesain robot prostetik untuk membantu ototnyamendapat tenaga ekstra. (inc/bbc)

    TELEGRAPH.CO.UK

    WAYAH ini bubuhanPalui lagi asyik bai ngu-an ayam Bangkok. Biarkada gasan diadunang bataruh, bubu-hannya katuju apalagimun ayam inguan-

    DiumpaniKababitak

    Idah Langsung Ziarah

    Hal 6 kol 4-5

    BANJARMAISN, BPOST - Ke-gembiraan langsung ditun-jukkan Idah Wahidah saat me-ngetahui dia lulus Uji Kompe-tensi Awal (UKA) yang dilak-sanakan oleh Kemendiknas.

    Dalam papan pengumu-man yang ada di Disdik Ban-jar terdapat namanya dalamdaftar guru yang lulus.

    Guru SDN Melayu Mar-tapura itu langsung berziarah

    BANJARMASIN, BPOST -Sanksi tegas yang diberikanKemendikbud kepada penga-was ataupun panitia jika soalUjian Nasional bocor, menda-pat sambutan baik dari pelak-sana pendidikan.

    Kepala SMAN 2, Marwani,menilai sanksi yang ada ma-lah bisa mendidik kejujurandalam mencapai prestasi be-lajar.

    Jika tidak ada sanksi, ma-lah peraturan yang ada te-rangnya, terkesan ompong,

    ke Makam Syech Arsyad AlBanjari atau Datu Kelampa-yan di Kecamatan Astambul.

    Saya lagi di Datu Kelam-payan ini. Yang pasti saya se-nang, ujarnya singkat saat di-hubungi BPost, Kamis (22/3).

    Namun, setelah itu dirinyameminta agar sambungantelepon segera diakhiri karenamerasa tidak enak denganpengunjung lainnya.

    Terkait kelulusan sertifika-si, Kadisdik Banjar, KhairilAnwar mengatakan pengu-muman guru yang lulus atautidak uji sertifikasi itu sudah

    Dijamin Tak Bocor Pengawas UN Diawasi Tim Independen

    ujarnya, Kamis (22/3).Menurutnya, banyak sis-

    wanya yang terjerumus de-ngan beredarnya jawabanUN.

    Membuat mereka malas,untuk menganalisa soal yangada. Dengan ketentuan UN se-karang ini, dia mengharap-kan, siswa bisa lebih fokusmengerjakan UN.

    Soal jadi tidak diperiksadengan sungguh-sungguh

    Rombongan safari PNSPemko Banjarbaru mulai sek-retaris lurah, sekretaris camathingga kasubag umum di ma-sing-masing SKPD berangkatsejak Selasa (20/3) lalu dankembali Jumat (23/3). Pekanlalu, camat dan lurah di Pem-ko Banjarbaru tur safari kePadang, Sumatera Barat.

    Rombongan sudah be-rangkat sejak Selasa (20/3)lalu langsung ke Batam. Kamis(22/3) mereka menyeberangke Singapura, ungkap se-orang staf di Pemko Banjar-baru kepada BPost, kemarin.

    Walikota Banjarbaru Ru-zaidin Noor tidak bisa dikon-firmasi karena sedang beradadi Jakarta. Ponselnya pun tidakaktif. Wakil Walikota Banjar-baru Ogi Fajar Nuzuli me-ngaku tidak mengetahui per-

    sis pertimbangan keberang-katan rombongan sekcam,seklur dan kasubag umumkepegawaian di tiap-tiap SK-PD ke Batam.

    Untuk persisnya bisa ta-

    nya BKD karena memangprogram BKD, jelasnya.

    Disinggung waktu kebe-rangkatan tidak tepat karenadilakukan menjelang kenaikanBBM, menurut Ogi keberang-katan berombongan sudahtercantum di dalam APBD.Selanjutnya apakah dilak-sanakan atau tidak, itu BKDyang menilainya. Tapi, awal-awal tahun secara admintratiftugas-tugas kepegawaian be-lum padat, pungkasnya.

    BKD Banjarbaru: Program Rutin TahunanBANJARBARU, BPOST - Ada-ada saja carapara abdi negara menghambur-hamburkanuang rakyat. Berdalih belajar masalah kepe-gawaian, sebanyak 79 pegawai negeri sipil dilingkungan Pemko Banjarbaru dolanan keBatam dan Singapura.

    News Analysis TAUFIK ARBAIN Pengamat Ilmu Pemerintahan Unlam

    SAYA kira Batam bukantujuan untuk menambahwawasan dalam kaitannyasoal kepegawaian. KotaBatam tidak memilikireferensi dan reputasinasional dalam soal kepega-waian dan kinerja birokrasi.

    Sebab Kota Batammendedikasikan diri pada

    kota jasa dan perdaganganyang dekat dengan Singa-pura. Seharusnya, PemkoBanjarbaru memilih daerahterdekat setidaknyaJakarta. Kalau ke Batamsangat nampak orientasi-nya bukan menambah

    Salah Alamat

    MARTAPURA, BPOST - Masih ingat sosokAman Jagau? Kali ini pengusaha asal Ka-bupaten Banjarmasin membuat aktivitasperekonomian di be-berapa desa di Keca-matan Pengaron ter-ganggu.

    Sejak Senin (19/3)lalu, sejumlah toko danpedagang yang ada ter-paksa menghentikan akti-vitasnya lantaran jalanakses menuju KecamatanPengaron ditutup AmanJagau mulai kilometer 6-32.

    Namun, sejak Rabu(21/3) malam, warga didesa yang memanfaat-kan jalan itu bisa berna-fas lega. Pasalnya, larangan penggunaanjalan yang menghubungkan Desa Anta-raku, Ali Mukim, Sumberbaru dan Kahi-laan, itu sudah dibuka.

    Sebelumnya, warga yang akan meng-akses jalan menuju Pengaron itu sempat

    Aman Jagau Isolasi Tiga Desa

    Tidak ada perjanjian.Yang ada Aman Jagaudatang ke rumah. Saatitu saya bilang terkait

    anggaran adamekanisme dan harus

    melalui lelangKHAIRUL SALEH

    Bupati Banjar

    mendapat arahan dari Aman Jagau agarjangan dilewati.

    Yang pasti ada suruhan agar janganmelewati jalan ini. Sempatdilakukan penutupan atautidak, saya tak mau me-mastikan, ujar salah satuwarga yang enggan na-manya dikorankan, Kamis(22/3).

    Diakuinya, sejak ada la-rangan itu beberapa war-ga lebih banyak menggu-nakan akses alternatif,agar jangan melewatijalan yang dilarang di-lewati itu.Sempat takut juga, tapi

    mau gimana lagi. Tapi untung-nya larangan itu sudah tak ber-

    laku lagi, katanya.Saat ditemui di Mapolres Banjar, Aman

    Jagau membenarkan dia sempat melara-ngan penggunakan jalan ke Pengaron itu.

    Pemberontak UsirPresiden Toure

    BAMAKO, BPOST - Tentara Mali yangmemisahkan diri dan menggelar ku-deta telah berhasil menggulingkan pe-merintahan negara Afrika Barat itu. Me-reka pun memberlakukan jam malamhingga waktu yang belum ditentukan.

    Mereka bahkan dikabarkan telah

    mengusir Presiden Amadou ToumaniToure.Kami telah menguasai kendaliistana kepresidenan, kata salah se-orang pemberontak kepada AFP, Ka-mis, (22/3).

    Hal 6 kol 4-7

    Plus e-QuranKoran Digital Pertama diKalimantan Tayang tiap sianghttp://banjarmasin.tribunnews.com/digital

    Bom KBRIdi Paris Aneh

    JAKARTA, BPOST - Tiga ter-sangka yang diduga sebagaipelaku peledakan bom di de-pan Kedutaan Besar RepublikIndonesia (KBRI) di Paris,Prancis, ditangkap polisi anti-teroris Prancis.

    Media BBC, Kamis (22/3),memberitakan bahwa polisiPrancis kini terus menyelidikisecara intensif para pelaku.Ini merupakan sebuah ke-ajaiban, karena tidak ada kor-ban jiwa, kata seorang apa-

    rat kepolisian kepada kantorberita AFP.

    Menteri Luar Negeri Indo-nesia Marty Natalegawa ber-harap kasus ini segera bisadiketahui latar belakang danmotif perbuatan para pela-kunya. Saya masih menung-gu hasil penyelidikan polisisebelum berspekulasi lebihjauh apakah KBRI merupakantarget utama bom, ujar Marty. AP PHOTO/THIBAULT CAMUS

    PERIKSA - Anggota polisi Perancis sedang memeriksa lokasi ledakanbom di depan KBRI di Paris, Perancis, Rabu (21/3).

    AP PHOTO/HAROUNA TRAORE

    KUDETA MALI - Warga merayakan keberhasilan pemberontak menggulingkan PresidenMali, Amadou Toumani Toure, Rabu (21/3) waktu setempat.

  • 2Banjarmasin Post Banjarmasin Bungas

    JUMAT 23 MARET 2012

    Kemarin tim mendatangisarang walet milik salah satupetani, sebut saja Alan. Ketikaditemui tim, Alan blak-blakanmengaku sudah tidak mem-bayar pajak walet selama tigakali.