Banjarmasin Post edisi Jumat, 4 November 2011

download Banjarmasin Post edisi Jumat, 4 November 2011

of 28

  • date post

    24-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    529
  • download

    52

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi Jumat, 4 November 2011

Transcript of Banjarmasin Post edisi Jumat, 4 November 2011

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post4 NOVEMBER 2011/

    8 DZULHIJAH 1432 H

    JUMAT

    HALAMAN NO. 14449 TH XXXX/ ISSN 0215-2987RP 3.00028

    Robot Tokek Pemanjat DindingJEFF Krahn dari Simon Fraser University di

    Burnaby, Kanada mengembangkan robot tokekyang mampu memanjat dinding tanpa perekat.Robot ini bisa membantu pekerjaan manusiamembersihkan jendela, memeriksa gedung,maupun upaya search and rescue.

    Peneliti menjelaskan, rahasia kemampuanrobot itu adalah adanya tudungdari serat mikro polimer setebal0,017-0,01 milimeter. Fitur itu

    memberi memberi gaya van der walls antararobot dan permukaan. Gaya van der wallsadalah gaya tarik lemah antara 2 molekul.

    Khran mengatakan robot tokeknya bisabergerak cepat, mencapai 1,4 inci per detiknya.Di samping itu, robot itu juga bisa membawabeban hingga seberat 110 gram. (dlm/kps)

    NET

    MASIH ingat pemberitaan BPost edisi30 Oktober 2011 tentang penderitaanbocah berusia 3 tahun di Tiro Sompe,Parepare, Sulsel, Safirah Putri?

    Kemarin, Safirah yang betis dua ka-kinya berisi puluhan logam runcingseperti paku, menjalani operasi di RSUDAndi Makkasau.

    Selama dua jam, tim dokter menge-luarkan 26 logam yang sudah men-dekam selama enam bulan di kaki bocahperempuan itu. Ada 7 logam di betis kakikanan dan 19 logam di betis kaki kiri.

    Perinciannya, 23 unit logam sepertipaku, satu jarum, dan dua unit logamputih. Panjang logam yang sebagianbesar berkarat itu adalah dua sentimeterhingga tujuh sentimeter.

    Tragisnya, berdasar rontgen seusaioperasi ada lagi logam di bagian pung-gung dan betis kaki kiri. Tim dokterbelum bisa mengeluarkan logam ituterutama di punggung, karena perlu

    UMAR bin Abdul Aziz(63-101 H/682-720 M) kha-lifah yang bijaksana, adil,jujur, sederhana, alim danwara, serta tawadhu danzahid. Ia dianggap sebagaiUmar kedua, malah ada yangmengatakan sebagai khalifahkelima sesudah Abu Bakar,Umar, Utsman dan Ali.

    SI PALUiiiii

    Hal 6 kol 1-3

    Anang Gayam

    12:07 18:1404:40 15:25 19:24

    - Penambangan wan penebangan ilegalharam, Lak ai

    + Mun sudah tahu, lakasi batobat, Nang ai

    Kaingatan Naik HajiSAMALAM Palui umpatmaantar mamarinanya kaBanjar. Mamarinanya ituhandak umpat manasikhaji nang diadaakan dimasigit raya, karna sidintahun ini ada langkah ma-nunaiakan rukun Islam

    KH Husin Naparin Lc MA

    Hal 6 kol 4-7

    Pemimpinyang Sukses

    KOMPASIANA/SHAMIER PAREZ/

    BOCAH PAKU - Safirah Putri digendong ibunya sebelum menjalani operasi.

    Punggung Pun Dimasuki Logam

    penanganan lebih lanjut. Pasalnya, ber-ada di daerah rawan yang bisa merusakurat saraf tulang belakang.

    Pascaoperasi, kondisi putri tunggalSarifah Hamsiah itu terus membaik.

    Bahkan, tadi malam, dia sudah bisamakan secara normal meski harus tetapberada di ranjang karena menjalani infus.

    Hal 6 kol 1-3

    LOGAM DI KAKI 7 Unit di betis kaki kanan 19 Unit di betis kaki kiri Terdiri: 23 unit seperti paku,1 jarum, dan 2 unit logamputih. Mayoritas berkarat Panjang: 2-7 sentimeter Ada logam lagi di betis kakikiri dan punggung

    PUNCAK GUNUNG - Seorang calonhaji berdoa di puncak Gunung Noor

    seusai mengunjungi Gua Hira dipinggiran Makkah, Arab Saudi, Kamis

    (3/11), Sejak kemarin dan hari ini,jutaan calon haji menuju Arafah untuk

    melakukan wukuf.

    Jemaah Bergerakke Arafah

    MAKKAH, BPOST - Jumat (4/11) ini, jemaah calon haji Indo-nesia mulai bergerak ke Arafahuntuk melaksanakan wukuf.Mereka secara berangsur-ang-

    sur bergerak dari pukul 08.00hingga 19.00 Waktu Arab Saudi(WAS).

    Hal 6 kol 1-3

    Akses ke Makkah Diperketat

    AP PHOTO/HASSAN AMMAR

    AKBP EBET GUNANDARKapolres Banjar

    Penambang Tahura Tak Kunjung Hilang

    Cukong Tahura Abaikan MUIBANJARMASIN, BPOST - Kamis (3/11),bertempat di Banjarmasin, Ketua MajelisUlama Indonesia (MUI) Kalsel, HA Makkiemengumumkan fatwa haram penambangandan penebangan ilegal. Pada saat bersamaan,ratusan penambang terus merusak bumiTaman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adamuntuk mencari emas.

    BANJARBARU, BPOST -Tidak adanya penegasan ten-tang penyebab pencemaranterhadap kawasan terumbukarang di Bunati, Angsana,Tanahbumbu, membuat ba-nyak kalangan memperta-nyakan tujuan UniversitasLambung Mangkurat (Un-lam) melakukan penelitian dikawasan itu.

    Banyak pembaca BPostyang menyampaikan kehe-ranannya. Mereka mengakubingung karena meski sudahmenyatakan terjadi pence-maran, tetapi tidak bisa me-nyebut penyebabnya.

    Makkie menyatakan fatwaitu merupakan bentuk kepe-dulian MUI terhadap keles-tarian lingkungan.

    Namun, MUI hanya seba-tas menyampaikan imbauanatau fatwa karena penindak-an adalah kewenangan a-parat hukum seperti kejak-saan dan kepolisian.

    Jika cukongnyadibekuk, aktivitas

    penambanganilegal itu tidak

    ada lagi

    Gabung di Pages BPost Online

    Kita

    FATWAharam

    penambanganilegal dari MUI

    Kalsel takdigubris.

    PenambangTahura tetap

    beraksi.

    Komentar lain di halaman 4

    Lina Firdaus SaputraSEBAIKNYA aparat penegakhukum harus lebih tegaslagi,jgn pndang bulu ittmbng milik siapa..sikatterus walau dia org dkatpenguasa.. Pemerintah daerah jgn asalkeluarkn izin aja,pkir rakyat kcil d daerh dkattmbang kshan mrka.

    Hal 6 kol 4-7

    DIABAIKANNYAfatwa haram perusaklingkungan olehpenambang di Kalselmendapat perhatianManajer Kampanye

    Hal 6 kol 6-7

    Khairul Siap RangkulWahana LingkunganHidup Indonesia (Walhi)Kalsel, Dwitho Fra-setiandy.

    Hal 6 kol 4-7

    Indikasinya,karena Pelsus

    Mereka kan orang pandaisemua, masak tidak tahu pe-nyebab pencemaran. Logika-nya ketika bicara pencemar-an, tentu disertai pengung-kapan penyebabnya. Ada apadengan tim Unlam yang me-neliti itu, ujar seorang pe-nelepon yang mengaku ber-nama Utuh, Kamis (3/11).

    Keheranan juga diungkap-kan Hamba Allah melalui e-mail. Dia meminta semua pe-merhati lingkungan di Kalselmengritisi hasil penelitian timdari Unlam.

    JAYAPURA, BPOST - Ditengah masih panasnyasituasi keamanan danmencuatnya kabar pem-berian dana keamanan da-ri PT Freeport ke Polri/TNI sebesar Rp 14 juta do-lar AS, Kapolda Papua Ir-jen Bigman DL Tobing me-mutasi sembilan kapolres.

    Dugaan mutasi terkaitdua masalah itu langsungmencuat. Namun, Bigmanlangsung membantahnya.

    Tidak ada kaitannya.Ini hanya dinamika pe-ngaderan organisasi, te-gasnya, kemarin.

    Di Jakarta, bantahan

    KPK Enggan Usut Polri 9 Kapolres Papua Dimutasi

    diungkapkan Kapolri Jen-deral Timur Pradopo. Diamenegaskan mutasi ataurotasi merupakan pergan-tian yang biasa terjadi dikepolisian.

    Hal 6 kol 4-7

    Untuk TNI/Polri V V V V Versi Imparsialersi Imparsialersi Imparsialersi Imparsialersi Imparsial: 64juta dolar AS pada1995-2004, 1 juta dolarAS pada periode 2004-2010 V V V V Versi Kontrasersi Kontrasersi Kontrasersi Kontrasersi Kontras: Rp1,25 juta per orang

    0411/B01

  • 2Banjarmasin Post

    JUMAT 4 NOVEMBER 2011Banjarmasin Bungas

    Banjarmasin TimurAntusias Ikut Sunatan Massal

    Didukung Perbankan Kalsel

    TIGA lembaga perbankandi Kalimantan Selatan ikutberpartisipasi dalam programpenyembelihan hewan kur-ban bersama Banjarmasin Post.Ketiga bank itu adalah BankMandiri, Bank BRI dan BankBukopin.

    Menyembelih hewan kur-ban merupakan program ru-tin tahunan yang dilakukanBank Mandiri Wilayah IX Ban-jarmasin. Masing-masing ca-

    bang di daerah menyeleng-garakannya, kata EndangDarusman selaku panitia kur-ban Bank Mandiri Wilayah IXBanjarmasin.

    Sebagaimana sebelumnya,Bank Mandiri di Banjarmasinpenyelenggaraannya bekerjasama dengan BanjarmasinPost. Ini merupakan yangketiga kalinya kerja barengBPost, ujarnya.

    Tahun ini ada tiga ekor sapiyang akan disembelih, dua diantaranya melalui BanjarmasinPost, sedang satunya lagi di-serahkan ke masjid di Sungai-tabuk, Kabupaten Banjar.

    Hewan kurban itu dibelidari hasil sumbangan spon-tanitas karyawan Bank Man-diri di Banjarmasin sebagaiwujud kepedulian karyawan-

    karyawati terhadap masya-rakat di lingkungan sekitar.

    Yang terpenting dalamkegiatan ini adalah keikhlasandalam upaya membantu se-sama, terutama mereka yangkurang mampu. Semoga ber-manfaat dan mendapatkanbarokah, kata Endang.

    Hal senada diungkapkanPemimpin Cabang Bank Bu-kopin Banjarmasin, ZulfikarAndiko. Tahun ini Bank Bu-kopin menyediakan dua ekorsapi melalui kerja bareng B-Post. Sapi-sapi itu dibeli darihasil sumbangan spontansitaskaryawan.

    Kerja bareng BPost ini me-rupakan yang kedua kalinya.Tahun lalu Bank Bukopin me-nyediakan dua ekor sapi dantahun ini dua ekor juga. Mu-

    dah-mudahan kerja sama ituterus berlanjut dan jumlah sapiyang disediakannya bisa lebihbanyak lagi, kata Zulfikar.

    Itu semua merupakanwujud kepedulian Bank Bu-kopin bersama karyawan-karyawatinya yang ingin ber-bagi dengan sesama, terutamadengan masyarakat sekitar,tambah Zulfikar.

    Sejumlah relasi yangmembagi hewan kurban ber-sama BPost yaitu, Pawakha,Kaltrabu, Pondok Bahari, A-rutmin, Bank Mandiri, BRI,Travellindo, PT Djarum, PTBKW, PT Indocemet TunggalPrakarsa (ITP) Tarjun, IAINAntasari, PT Indofood, H Tau-fik (H Onel), Kompleks RatuAsri, Mustika Dufan, BankBukopin dan Rattan Inn.(dwi)

    Banjarmasin SelatanTepergok di Rumah Pengedar

    BANJARMASIN, BPOST - Pajak sarangburung walet sebagaimana Peraturan Dae-rah (Perda) Nomor 2 Tahun 2011 tentangWalet, ternyata jauh meleset dari target. Halini diduga akibat pengusaha walet tak jujurdalam penghitungan hasil panen mereka.

    BANJARMASIN, BPOT - RattanInn Banjarmasin menggelar se-rangkaian kegiatan dalam rangkamemperingati hari ulang tahun-nya yang ke-5.

    Kemarin, Rattan Inn mengge-lar sunatan masal gratis di Lok-baintan. Menurut ketua panitia ke-giatan, Yudi Yulianto acara su-natan massal tersebut merupakansalah satu rangkaian peringatanHUT Rattan Inn yang jatuh pada22 Januari 2012 mendat