Banjarmasin Post Edisi Jumat 18 Maret 2011

download Banjarmasin Post Edisi Jumat 18 Maret 2011

of 28

  • date post

    19-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    558
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post Edisi Jumat 18 Maret 2011

Transcript of Banjarmasin Post Edisi Jumat 18 Maret 2011

  • Banjarmasin Post18 MARET 2011/

    13 RABIUL AKHIR 1432 H

    JUMAT

    HALAMANDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    NO. 14220 TH XXXIX/ ISSN 0215-2987RP 3.00028

    ANTARA banksyariah dan bankkonvensional se-rupa tapi tak sama.Serupanya apa?Sama-sama ba-dan usaha yangmenghimpun da-na dari masyara-kat dalam bentuksimpanan dan me-

    nyalurkan kepada masyarakat dalam ben-tuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnyadalam rangka meningkatkan taraf hiduprakyat banyak.

    Tak samanya apa? Bank syariah kegi-atannya berdasarkan prinsip-prinsip sya-riah/hukum Islam, dan dikenal juga bankIslam. Yang dimaksud prinsip syariah ada-lah aturan perjanjian berdasarkan hukum

    JAKARTA, BPOST - Ketakut-an membelit hati penyanyiMulan Jameela. Kamis (17/3)sekitar pukul 12.00 Wita, dialari terbirit-birit dari rumahmenuju mobil Toyota Alphardwarna hitam. Tak berselanglama, mobil itu melaju.

    Ada apa? Mulan kaburmeninggalkan rumahnya bu-kan untuk menghindari ke-jaran jurnalis yang hendakmengonfirmasi kabar penya-

    nyi bi-naan

    Oleh:KH Husin Naparin Lc MA

    Serupa tapiTak Sama

    SI PALUiiiii

    Hal 14 kol 1-3

    Anang Gayam

    18:36MAGRIB

    19:45ISYA

    15:36ASAR

    12:32ZUHUR

    05:11SUBUH

    - Giliran nang bakabun gatah takuciak, Lak-ai+ Kada kawa lagi begawi mamulut , Nang-ai

    Hal 14 kol 4-7

    Cangkir Baciri

    Bom Bukuuntuk DhaniJudul: Yahudi MilitanTebal: 400 halamanPenulis:Alamsyah MukhtarAlamat:Jalan DermadaNomor 21 BogorHP: 081310002992

    Hal 14 kol 1-3

    Pengirim Bom Ajak Berdebat Mulan Jameela Lari Terbirit-birit

    Ahmad Dahni itu telah mela-hirkan bayi. Namun, diamenghindari peledakan bomdi depan kantor RepublikCinta Management (RCM)milik Dhani.

    Siang itu, tim Penjinak Ba-han Peledak (Jihandak) Ge-gana Brimob Mabes Polri me-ledakkan bom buku yang di-tujukan kepada Dhani di ha-laman kantornya yang ber-hadapan dengan rumah Mu-lan. Musisi Dewa 19 itu men-dapat teror serupa Ulil Abshar

    Abdalla, Gorries Merre danYapto S Soerjosoemarno.

    Modusnya sama. Dhanimendapat paket buku. Pengi-rimnya mengaku bernama A-lamsyah Mukhtar yang ber-alamat di Jalan Dermaga No-mor 21 Bogor, Jabar.

    Selain meminta kata peng-antar untuk buku setebal 400halaman berjudul Yahudi Milit-an yang ditulisnya, Alamsyahmengajak Dhani berdebat.

    ABU Bakar Baasyir menilai paket bom buku yang ditujukanke Ahmad Dhani, Ulil Abshar Abdalla, Gorries Merre dan

    Yapto S Soerjosoemarno adalah tindakan pengecut. Pasal-nya pelaku tidak menunjukkan jati dirinya. Amir Jemaah Anshorut Tauhid itu juga menuding teror

    itu merupakan rekayasa Densus 88 Antiteror. Tujuannya,memperlihatkan kepada dunia, teroris masih ada di Indonesia.

    Itu Tindakan Pengecut

    Hal 14 kol 2-3

    Menurut sejumlah petanikaret di Hulu Sungai Tengah(HST) kepada BPost, kemarin,anjloknya harga itu terjadisejak pekan lalu. Kondisi ter-sebut mengulang Tragedi 2009.

    Saat itu, harga karet jugahanya Rp 2 ribu hingga Rp 3ribu per kilogram, ucap As-mah (40) yang tinggal di DesaHaruyan Seberang RT 6, Ha-ruyan, kemarin.

    Jika harga terut berkutatpada kisaran tersebut, Asmahmengatakan dirinya dan pe-

    Petani Karet Banua Menjerit Harga Anjlok karena Tsunami

    TAK hanya petani, pengusahakaret di Banua banyak yang memilih menunda mengekspor. Mereka memilih menunggu pasarkaret dunia kembali pulih.

    Kondisi harga masih tidakme nentu. Jadi lebih baik tidakdijual daripada rugi. Kamimenunggu hingga harga berang-sur normal, kata SekretarisGabungan Pengusaha KaretIndonesia (Gapkindo) Kalsel,Sulaiman, kemarin.

    Sikap serupa dilakukan PTBanua Lima Sejurus. Padakondisi normal, perusahaan itumengekspor karet sebanyak 3ribu ton per bulan.

    tani lain bisa kehilangan matapencaharian.

    Bagaimana lagi. Mau di-simpan untuk dijual di kemu-dian hari tidak mungkin ka-rena saya bukan petani be-sar. Kami harus segera men-jual agar bisa makan, ujarperempuan yang memiliki 10borong lahan karet itu.

    Setiap harinya, perkebu-nan karet milik Asmah meng-hasilkan 5 kilogram karetmentah. Bagaimana sayamenghidupi tiga anak dan

    orangtua jika tidak segeradijual, ucapnya.

    Asmah mengaku pernahmenanyakan penurunan har-ga itu kepada pengumpulkaret. Jawabannya, pengirim-an karet mentah ke Jepang,tersendat karena negara itudalam kondisi kacau setelahditerjang gempa berkekuatan8,9 Skala Richter (SR) diikutitsunami.

    Katanya seperti itu. Tetapisaya tidak tahu, apakah efekgempa dan tsunami di Jepangsampai ke sini, katanya.

    Informasi yang diterimaAsmah ada benarnya. Berda-sar data yang dimiliki koranini, Jepang adalah satu satunegara tujuan ekspor karetIndonesia, selain AmerikaSerikat, Cina dan India.

    BARABAI, BPOST - Nasib buruk dialamipetani karet di provinsi ini. Mereka menjeritkarena harga karet terus turun, dari Rp 13ribu hingga 14 ribu menjadi Rp 2 ribu hinggaRp 3 ribu per kilogram.

    Hal 14 kol 1-3

    KaltengLebih Mahal

    Hal 14 kol 2-3

    SALAWAS acil Irus pinabagaringan, maka nangmanjaga warung adalahkamanakan sidin nanghanyar datang matan pa-huluan. Salawas kama-nakan acil Irus itu bajua-lan, warung timbul payubanar. Satiap hari bubuhanpamuda banyak nang datang hanyasagan malelek si Aisah kamanakan acil Irus itu,tamasuk bubuhan Palui wan kakawalannya.

    JAKARTA, BPOST - Keluhantidak utuhnya dana (tunjang-an) sertifikasi di Kalsel men-dapat perhatian Wakil Men-diknas Fasli Djalal. Dia mene-gaskan akan memantau pe-nyaluran dana tersebut.

    Saya akan cek karena inikasus per kasus. Jika memangdi Kalsel terjadi seperti itu, sayaakan memperhatikannya. Na-mun yang pasti dana itu hakmereka jika bisa memenuhi.Kami upayakan 2011 ini tidakakan terjadi lagi. Dana tun-jangan sertifikasi guru tetaputuh, kata Fasli kepada BPostdi Jakarta, Kamis (17/3) malam

    Seperti diberitakan koranini, para guru besertifikasimengeluh karena tunjanganuntuk 2010 tidak utuh. Rata-

    Saya Akan Pantau Kalsel Suwandi: 18 Bulan Tunjangan Sertifikasi Belum Cair

    rata, mereka mengungkap-kan hanya menerima tun-jangan untuk 11 bulan.

    Namun, ada guru di BaritoKuala dan Banjar yang meng-aku kekurangannya lebih da-ri satu bulan.

    Menurut Sekretaris DinasPendidikan Kalsel, HermanTaufan kondisi itu terjadi ka-rena kucuran dana dari Ke-mendiknas, kurang.

    Dia memastikan keku-rangan tersebut akan dilunasipaling lambat April 2011.

    Hal 14 kol 4-7

    TetanggaLancar

    Hal

    14

    SEEKOR lobster rak-sasa ditangkap di Inggris.Lobster itu memiliki pan-jang satu meter dan beratlebih dari empat kilogram.

    Lobster tersebut di-tangkap pada kedalamansekitar 14 kaki di bawah airoleh pemancing di Brack-lesham Bay, di lepas pantaiWest Sussex.

    Lindsay Holloway dariBlue Reef Akuarium diPortsmouth menduga he-wan itu sudah berusia lebihdari 50 tahun. Dia benarluar biasa karena bisa ber-tahan lebih dari setengahabad, tegasnya. (rtr/kps)

    LosbterRaksasa

    TRIBUN KALTIM/M WIKAN HENDARMAN

    Ahmad Dahni

    Fasli Jalal

    NET

    Perkebunan Karet Kalsel T T T T Tabalongabalongabalongabalongabalong: 56 ribu hektare, 22 ribu petani Balangan Balangan Balangan Balangan Balangan: 36 ribu hektare, 30 ribu petani HST HST HST HST HST: 25.000 hektare, 12 ribu petani HSS HSS HSS HSS HSS: 12.786 hektare, 16.302 petani T T T T Tapinapinapinapinapin : 19 ribu hektare, 8 ribu petani Banjar Banjar Banjar Banjar Banjar: 23.044 hektare, 8 ribu petani T T T T Talaalaalaalaala: 19.500 hektare, 5.945 petani

    Nilai Ekspor:Nilai Ekspor:Nilai Ekspor:Nilai Ekspor:Nilai Ekspor:

    20092009200920092009: 33.982 ton 20102010201020102010: 49.163 ton Januari 2011Januari 2011Januari 2011Januari 2011Januari 2011: 2,8 ton

    TTTTTata Niagaata Niagaata Niagaata Niagaata Niaga: Petani --> pengumpul --> pedagang besar --> pabrik pengolahan --> ekspor dan domestik.

    Kita

    Ariel RyuchiANCAMAN bhaya d skelilingkta,msyarakat hrs waspa-da...semestix inteligen hrslebih sigap lgi...kekerasan bkn jlnmuslim sejati!!!

    Annisa SyabatiniRusmadaniLEBIH diprketat lagikeamanan tolong

    diberantas sampai ke akar-akarnyapelaku teror bom yang tak bertanggungjawab itu serta apa motifnya

    Komentar lain di halaman 4

    Gabung di FB Banjarmasin Post

    PAKET bom buku marak di Jakarta. Ada apa?

    Nanie SylphIsytarKYKNYA apratkeamanan dtuntut lbih crmatmgantisipasi sglamcmjnisteror,cz praterorismkin crdas jseiring wktu..

    NET

    1803/B01

    Saat ditemui di ru-mahnya, 24 Januari 2011 lalu, umur Ha-jah Patmah Makiyah telah 90 tahun. Sei-ring dengan usianya yang makin uzur

    itu, selera makannya pun menurun. Se-tahun sebelum wawancara ini diadakan, menurut ibu 9 anak ini, selera makannya hilang. Saya tidak mau makan. Sebab, kalau makan, perasaan saya seperti mau muntah terus, ujar nenek dua belas cucu ini. Setelah empat bulan lamanya seperti itu, anak-anaknya tentu saja khawatir. Hajah Patmah pun dibawa berobat ke rumah sakit oleh anak-anaknya. Di sana, ia di-rontgen segala. Ternyata, dari hasil check up itu, tak ditemukan suatu pen-yakit apa pun pada diri wanita ini. Kata dokter, hilangnya selera makan itu hanya disebabkan oleh faktor usia, ungkap salah seorang anaknya yang mendam-pingi Hajah Patmah saat wawancara ini berlangsung. Tentu saja anak-anaknya itu masih mencarikan solusi untuk sang ibu. Kebetulan, empat bulan sebelum w a w a n c a r a ini berlang-

    Sudah Kuat Lagi Ikut Mengaji

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostJUMAT 18 MARET 2011

    BANJARMASIN, BPOST- Sebanyak 29peserta Pendidikan dan Pelatihan Ke-humasan, Balai Diklat Keagamaan diBanjarbaru mengunjungi kantor Banjar-masin Post Group, Gedung HJ DjokMentaya di Jalan AS Musyafa Nomor 16,Banjarmasin, Kamis (17/3).

    Kunjungan tersebut untuk memper-dalam ilmu kehumasan, khususnya ter-kait dengan media. Panitia Diklat Kehu-masan Bidang Akademis, Syahrial Noor,mengatakan