Banjarmasin Post edisi cetak Jumat 12 Agustus 2011

download Banjarmasin Post edisi cetak Jumat 12 Agustus 2011

of 27

  • date post

    16-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    439
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi cetak Jumat 12 Agustus 2011

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Jumat 12 Agustus 2011

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post12 AGUSTUS 2011/

    12 RAMADAN 1432 H

    JUMAT

    HALAMAN NO. 14369 TH XXXX/ ISSN 0215-2987RP 3.00028

    19:4015:5012:2905:0904:59 18:29

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    Hal 14 kol 1-3

    - Haraga amas magin balarang, Lak ai+ Nukar galang palastik haja, Nang ai

    MUNGKIN inilah dombatermahal di dunia. Seorang pe-tani di Skotlandia, Dan Tynanmenjual domba peranakan Ir-landia seharga 108.000 euro(Rp 1,3 miliar). Pembelinyaadalah peternak besar di negaratersebut, Myfyr Evans.

    Nilai penjualan domba itumemecahkan rekor penjualansebelumnya, 90.000 euro (Rp 1miliar). Saat ini, harga normalseekor domba jantan di negara

    itu hanya 200 e-uro (Rp 2,4 juta)

    Apa alasanEvans berani membeli dombaseharga itu? Dia enggan meng-ungkap alasannya.

    Saya yakin hewan itu akanmembawa kebaikan bagi peter-nakan saya, ucapnya.

    Jawaban lain dilontarkan istriEvans, Sue. Dia mengatakandomba jantan dapat membuahibanyak betina sehingga meng-hasilkan sampai 1.000 anak,yang nilainya satu juta euro (Rp12,1 miliar). (xha)

    PEMALANG, BPOST - UmarPatek memang sosok mis-terius. Pria yang pernah di-jadikan Pemerintah AmerikaSerikat (AS) sebagai buronkelas wahid --setelah Pemim-pin Alqaeda (alm) Osama binLaden-- itu, secara diam-diamtelah tiba di Indonesia, Kamis(11/8). Sejak akhir Januari2011, Patek ditahan di Pa-kistan.

    Misteri Patek tidak hanyaseputar aksinya yang mem-buat geram AS, tetapi jugakehidupannya. Publik hanyatahu dia berasal dari Pema-lang, Jateng. Tragisnya, ke-luarga dan kerabatnya jugatertutup, bahkan menjadikanPatek sebagai lahan bisnis.

    Setidaknya itu terjadi saatjurnalis hendak mewawan-carai mereka. Saudara, ke-rabat bahkan teman masakecil Patek memasang tarifbagi jurnalis yang ingin men-cari informasi tentang dia.

    Mau informasi tentangUmar? Berani bayar berapa,ucap seorang kerabat, FaridBawazir.

    Mintanya berapa? Cepek(seratus ribu rupiah). Itu buatsaya yang saudara jauh. Lainlagi kalau mau wawancaraSaid atau Syarif (saudara kan-

    PENGGUNA situs mikrobloggingTwitter kini tidak hanya bisa mem-posting kata-kata, tapi juga berbagigambar.

    Mulai Kamis (11/8), Twitter menye-diakan fitur berbagi foto di kotakWhats Happening? Un-tuk menggunakannya,pengguna tinggal meng-klik ikon kamera yangterpampang di bagianbawah kotak itu kemu-dian mengunggah gam-bar.

    Selain menyediakanfitur untuk berbagi foto, Twitter jugamengubah indeks yang biasa ter-pampang di halaman utama. Dalamversi web, tab @Mentions dihilangkandan diganti dua tab baru, yakni@USERNAME dan Activity.

    @USERNAME yang merupakannama si pengguna Twitter itu me-nunjukkan @replies, orang-orang yang

    Kirim Gambar dari Twitter

    Domba SenilaiRp 1,3 Miliar

    Hal 14 kol 1-3

    mem-follow-nya, menunjukkan me-reka yang menyukai tweet-nya, men-deteksi siapa saja yang me-retweettweet-nya, atau menambahkan peng-guna dalam daftar.

    Tab Activity akan menunjukkansiapa saja yang Andafollow dengan lebihdetail. Misalnya ke-tika orang yang Andafollow, mem-follow or-ang lain lagi, dan se-bagainya.

    Mengutip situs Tech-Crunch, fitur baru ini

    merupakan sebuah terobosan barubagi Twitter. Dengan layanan berbagifoto dan banyak tab yang dapat me-nunjukkan aktivitas lebih detail mem-buktikan Twitter telah meninggalkancara-cara lama dan lebih membuka diriterhadap hal baru.

    BANJARMASIN, BPOST - Keinginanpegawai negeri sipil (PNS) PemprovKalsel agar pembayaran gaji September2011 dimajukan, kandas.

    Gubernur Kalsel, H Rudy Ariffin me-mastikan gaji tetap dibayar di awal Sep-tember 2011 atau sesudah hari raya I-dulfitri 1432 H.

    Meski demikian, agar mereka tetapbisa berlebaran, ada tunjangan hari raya(THR) khusus. Tiap pegawai akan mene-rima Rp 1-1,5 juta.

    Diyakini, THR khusus itu cukup mem-bantu memenuhi kebutuhan lebaranselain gaji ke-13 yang sudah dibayarkan,

    HARI ini, genapsetahun Banjar-

    masin dipimpin HMuhidin. Sejumlah ke-

    bijakan telah diambil Mu-hidin bersama wakilnya, HIrwan Anshari.

    Saya pikir mudah, bisabangun jembatan, jalan.Ternyata sulit ya, ucapMuhidin.

    Bagaimana sosok berla-tar berlakang pengusahaitu memimpin Banjar-masin? Baca halaman 2.

    TernyataSulit Ya...

    Hal 14 kol 1-3

    THR Pegawai PemprovKalsel Rp 1,5 Juta

    bulan lalu.Pembayaran gaji tidak ada perubahan.

    Kalau dibagikan di awal (dimajukan)takutnya malah cepat habis, ujar Rudyusai mengikuti rapat paripurna DPRDKalsel di Banjarmasin, Kamis (11/8).

    Menurut dia, pembayaran gaji sesuaijadwal tidak akan mengurangi semangatdan kemeriahan pegawai merayakanlebaran bersama keluarga.

    Kan nanti juga dapat THR. Uang itubisa digunakan untuk membeli keperluanlebaran, tegasnya.

    Hal 14 kol 4-7

    Umar Patek JadiLahan Bisnis

    Mengaku Terlibat Kasus Bom Bali

    dung Patek), tambah lagi.Yang paling tahu itu Syarif.Ini biaya pulsa, ujarnya.

    Farid memang memegangkendali dalam proses penca-rian informasi. Ia merupakansatu-satunya warga Jalan Se-meru, Pemalang (tempat lahirPatek) yang menyimpan no-mor kontak dan alamat ke-luarga Patek yang konon su-dah pindah ke suatu daerah diJatim. Anda tidak mungkinbisa menemui mereka selainmenelepon. Yang tahu nomorteleponnya ya saya, ucapFarid.

    AP

    Umar Patek

    H Muhidin

    DOK BPOST GROUP

    BANJARMASIN,BPOST - Harga emasterutama batanganmakin tidak terken-dali. Kamis (11/8),harga emas 99 persendi Banjarmasin men-capai Rp 490 ribu/gram atau nyaris me-nembus batas psi-kologis Rp 500 ribu/gram.

    PedagangEmas Lesu

    Harga Tembus Rp 500 Ribu/gram

    Hal 14 kol 4-7KH Husin Naparin Lc MA

    Menggapai Berkah IlahiRAMADAN bulan penuh

    berkah. Apa itu berkah? Berkatberasal dari bahasa Arab bara-kah, artinya kenikmatan dankebahagiaan. Kata ini diin-donesiakan menjadi berkat,namun sering dilafalkan ber-kah. Dalam Kamus Besar Bahasa

    Indonesia disebutkan: berkatadalah karunia Tuhan yangmembawa kebaikan hidupmanusia.

    Bila ada kenduri, lalu diantara tamu ada yang dibe-

    Bahkan, di provinsi lain,terutama di Jawa, emas sudahmenembus batas tersebut.

    Di situs resminya, DivisiLogam PT Aneka TambangTbk (Antam) mengumum-kan, harga jual tertinggi emasbatangan mereka mencapaiRp 545.000 per gram.

    Hal 14 kol 1-3

    News Analysis

    DUGAAN tingginyaharga emas adalah dampakkrisis ekonomi di AS danEropa disangsikan penga-mat ekonomi UniversitasLambung Mangkurat(Unlam), SyahrituahSiregar. Saya kira belumada indikasi atau penga-ruhnya secara riil, ucap-nya kepada BPost, Kamis(11/8).

    Hal 14 kol 1-3

    Cegah KrisisKepercayaan

    Taktik Bisnis

    KONDISI pere-konomian global saat initernyata lebih burukdaripada perkiraan.Obligasi terbitan peme-rintah tidak memberikanhasil nyata, harga emassangat mahal, dan pasarsaham terus melemah.

    Nah, apa yang harusdilakukan investor?

    Hal 14 kol 4-7

    Cari UangTunai

    Kita Gabung di PagesBPost Online

    Komentar lain di halaman 12

    AP PHOTO/LEE JIN-MAN

    KRISIS ekonomi di AS danEropa menghantui pereko-nomian dunia. Investor ramai-ramai mengalihkan investasi-nya ke emas sehingga hargaemas meroket.

    Irliza KharinaWOOW trus naekkapan rakyat kecil ygserbA kKurangan dptmrasakn mMakai

    phiasan emas,,. EmMm buatmkn z susah ckckck

    SUDAHlabih sata-ngah bulanpuasaan,tapi Tula-mak kadaparnahumpatsambahy-ang tarawihapalagibatadarusandi masigit.

    Sahibar Marasani

    NET

    1208/B01

  • Satu Tahun Pemerintahan Muhidin2Banjarmasin PostJUMAT 12 AGUSTUS 2011

    PROGRAM KERJA H MUHIDIN1. Menyiapkan mobil khusus untuk memungut sampah dari tempat sampah yang ada di

    beberapa titik. Sopir mobil itu mendapat premi khusus.2. Menugaskan pemadam kebakaran membersihkan jalan dan trotoar di Banjarmasin.3. Pembuatan KTP dan kartu keluarga (KK) dua hari sudah selesai, dan ada satu

    mobil keliling melayani pembuatan KTP, selesai satu hingga dua hari.4. Membuat patung bekantan di kawasan siring Piere Tendean, sebagai ikon Kota

    Banjarmasin.5. Prinsip kepemimpinan keterbukaan.6. Menambah personel Satpol PP dan membuat pos jaga di perempatan jalan.7. Setiap lima persen dari keuntungan pengusaha walet disumbangkan kepada warga.8. Menaikkan nilai sewa hak pengelolaan lahan (HPL) milik Pemko sebesar 10 kali lipat.O Program kerja ini disampaikan Muhidin secara terpisah di beberapa kesempatan.

    Ditemui di ruang kerjanya,Muhidin mengakui masih ba-nyak program-program yangdicanangkannya belum te-realisasi. Seperti penyiramanjalan, bersihnya mobil ketikamasuk kota, pembongkaranjembatan toko Sudimampir,mangkraknya siring PiereTendean, taman Kamboja, le-pasnya Best Effort, hingga ke-gagalan meraih Adipura.

    Selain terbatasnya dana,dia mengaku banyaknya atu-

    ran juga menjadi kendala ba-gi Pemko untuk melakukanpembangunan.

    Dia mencontohkan, siringPiere Tendean yang hanyamemiliki anggaran Rp 2,5miliar, padahal pembangu-nannya perlu dana lebih be-sar. Pun taman Kamboja yangmemerlukan dana miliaranrupiah, membuat mereka ma-sih mencari investor untukmembangunnya.

    Mengenai penyiraman ja-

    Ternyata Sulit Jadi Wali KotaSaya sebelum-nya pikir mudah,bisa bangun jem-batan dan jalan.Ternyata sulit.Harus melihat

    dana, peraturan,persetujuan, ba-

    nyak lagiMUHIDIN

    HARI ini, 12 Agustus 2011, genap satu tahunH Muhidin dan Irwan Anshari memimpinKota Banjarmasin ini. Duet pasangan yangdiusung Partai Bintang Reformasi (PBR) ituresmi menjabat wali kota dan wakil wali kotasetelah memenangi Pemilukada Kota Ban-jarmasin, 5 Juni 2010.

    lan dan mobil masuk kota ha-rus bersih, memang sudahkita lakukan hingga beberapabulan. Tapi usaha itu malahsia-sia karena jalan-jalan diBanjarmasin belum memilikitrotoar. Tanah yang tersisapada bagian sisi jalan, selalumengotori, katanya.

    Sedang belum dibongkar-nya jembatan toko Sudima