Banjarmasin Post Edisi Jumat, 24 Mei 2013

download Banjarmasin Post Edisi Jumat, 24 Mei 2013

of 32

  • date post

    08-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    522
  • download

    1

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 15006 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Edisi Jumat, 24 Mei 2013

  • RP 3.000

    Banjarmasin Post32 HALAMAN

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    JUMAT24 MEI 2013/

    14 RAJAB 1434 HNO. 15007 TH XLI/ ISSN 0215-2987

    SI PALUiiiii

    Hal 18 kol 1-3

    Anang Gayam

    12:20 18:1915:4404:59 19:32

    - Banyak kakanakan nang kada lulus UN,Lak-ai

    + Kawa ditangguh, Nang-ai

    Semut Bajak LautSandal Balalungkang

    NET

    MALAM ini di JIExpo Kema-yoran, Jakarta, juara X Factor In-

    donesia 2013 ditentukan.

    BEBERAPA waktu lalu, On The SpotTrans TV menayangkan anak ajaibdari Afrika (Miracle Kid of East Af-rica). Keajaiban anak ini dijawabbuku karya penulis muda, alumniUnversitas Al-Azhar, Mesir, Muja-hidin Nur; berjudul: Mukjizat dariAfrika, Bocah Yang MengislamkanRibuan Orang, Syarifudin Khalifah.

    LONDON, BPOST - Seorangperempuan nekat mendekatidua orang pembunuh yangbaru saja memenggal kepalaseorang tentara di jalananLondon, Inggris, kemarin.

    Perempuan itu, Ingrid Lo-yau-kennett tidak memper-lihatkan raut ketakutan mes-kipun dua orang tersebut

    ILMUWAN menemukan semut spesies baru diFilipina. Semut itu punya pigmentasi unik berwarnagelap pada matanya, membuatnya seperti bajak laut.Spesies baru tersebut dinamai Cardiocondyla pirata,dari kata pirate yang berarti bajak laut.

    C. pirata ditemukan saat timilmuwan yang dipimpin Sabine

    Frohschammer dari Uni-versitat Regensburg mela-kukan observasi semutgenus Cardiocondyla. Disamping beberapa spesiesunik yang telah diketahui

    sebelumnya, ilmuwan menemukan C. pirata yang punyapigmentasi berbeda dengan spesies semut lain di dunia.

    Spesimen C. pirata mulanya ditemukan di pecahanbatu di dekat aliran sungai. Kegelapan hutan hujantropis dan bagian tubuh yang transparan membuat ke-unikan semut ini tak langsung terlihat.

    Dengan cahaya terang dan pembesaran, kamimelihat pola garis pada mata dan itu membuat spesiesini tampak seperti bajak laut, kata Frohschammer.

    Ilmuwan menduga, dengan penglihatan yang takberkembang baik, semut memanfaatkan pigmentasi itusebagai penanda jenis kelamin yang berguna saatkawin. (erk/kps)

    MARTAPURA, BPOST -Berbagai persiapan terusdilakukan Pemkab Banjarmenjelang beroperasinyaindustri wood pellet atau pe-ngolah limbah industripenggergajian kayu di ka-wasan Desa Mataraman, pa-da 27 Juni 2013 mendatang.Perwakilan investor dariKorsel juga ikut melakukanpersiapan.

    Sudah lima kali perwa-kilan Korsel mengecek kelapangan. Mereka melaku-kan perhitungan strukturtanah dan konstruksi alatpembuatan wood pellet yangakan didatangkan langsungdari Korsel. Karena tinggi-nya intensitas persiapan me-reka, kami berinisiatif me-nyediakan kantor bagi me-reka di Pemkab Banjar, kataKabag Ekonomi dan Pena-naman Modal KabupatenBanjar, I Gusti NyomanWidyana, Kamis (23/5).

    Menurut dia, sudah be-berapa kali Pemkab Banjar

    Aulya Mahdinibiar diamersakanpahitnyapenjara, bukandi LP Cipinang

    seperti rumah yg fasilitaslengkap

    KH Husin Naparin Hal 18 kol 4-7

    Keajaiban dari AfrikaBuku ini diterbitkan Zaituna,

    PT Publishing House, Jakarta Se-latan, Indonesia; bukan lagi bestseller, tetapi mega best seller; cetakanpertama Agustus 2012, belum se-tengah tahun telah naik cetak ke-sepuluh.

    PALUI tamasukurang nang pang-garingan. Kada cu-ma wayah sudah ga-nal ini haja, tapi wa-yah lagi halus punmacam-macam pa-

    Setahun UntungBersih Rp 1 Miliar Pemkab Sediakan Kantor untuk Investor

    Hal 18 kol 1-3

    melakukan pembicaraan se-rius terkait persiapan peng-operasian industri wood pellettersebut.

    Ada Mr Han yang seringmenjelaskan. Dia adalah pro-ject manager wood pellet ini.Saat ini dia (Mr Han) sedangmengukur konstruksi alatyang akan ditaruh di lahanseluas tiga hektare yang di-sediakan, ungkapnya.

    Mengenai keuntunganindustri tersebut, Nyomanmengatakan dari hasil pen-jualan wood pellet setiap ta-hunnya bisa mencapai Rp 2,5miliar. Namun, jumlah itu be-lum dipotong biaya opera-sional.

    Produksi wood pellet perkilogramnya dihargai Rp 5-7 ribu. Pasarnya Korsel danlokal. Jika 5.000 ton pertahun, maka penghasilan-nya sekitar Rp 2,5 miliar.Nantinya dipotong biayalistrik per bulan sebesar Rp

    ITV NEWS/DAILY MAIL

    DUA pelaku usai membunuh seorang tentara di London, Inggris Hal 18 kol 1-3

    Ini Bukan Aksi Muslim Inggris Rusuh Pascatentara Dibunuh

    masih memegang pisau ber-lumur darah yang digunakanuntuk membunuh sang ten-tara.

    Ibu dua anak tersebut me-ngetahui adanya aksi sadissesaat setelah turun dari busyang melintasi jalan itu. Bu-

    Fatin Takut Fals Malam Ini Grandfinal X Factor Indonesia 2013

    Novita Dewi Nama lengkap: NovitaDewi Marpaung Lahir: Jakarta, 15November 1979 Prestasi: Juara II

    Cipta PesonaBintang WeeklyChampion (juaramingguan) AsiaBagus Juara pertamaSuara RemajaVinolia RCTI Juara pertama AstanaSong Festival 2005 diKazakhstan.

    Album: Sweet Heart (2008)

    Fatin Shidqia Nama lengkap: Fatin Shidqia Lubis Lahir: 30 Juli 1996 Pendidikan: SMA kelas XI

    Hal 18 kol 1-7

    BANJARMASIN, BPOST-Pemerintah berencana me-ngumpulkan narapidana (na-pi) kasus korupsi di LapasSukamiskin, Bandung, Jabar,untuk mempermudah peng-awasan. Saat ini, pengirimannapi dari lapas berbagai da-erah sudah dila-kukan.

    Bagaimana diKalsel? Pengiri-man tinggal me-nunggu izin KemenkumHAM. Setidaknya 22 napi ka-sus korupsi yang menjalanipenahanan di Lapas Teluk Da-lam, Banjarmasin, bakal secara

    Napi Korupsi Kalsel Resah Bakal Dipindah Bertahap ke Lapas Sukamiskin

    EDY TEGUH WIDODOKalapas Teluk Dalam

    bertahap dikirim ke lapas khu-sus tersebut.

    Tak urung rencana pemin-dahan itu membuat merekaresah dan gelisah. Satu hal yangpaling membuat merekakhawatir adalah jauh dari ke-

    Kalau semuanyabisa dikirim, lebihbagus lagi. Tetapikami tentu juga

    memperhitungkanpengirimannyaberdasar biaya

    KitaGabung di Pages BPostOnline

    Komentar lain di hal 16

    SEMUA narapidana korupsiakan dikumpulkan di Lapas

    Sukamiskin

    Hal 18 kol 4-7

    BANJARMASIN, BPOST -Suasana agak muram terasadi aula SLB C Kalsel, LandasanUlin Barat, Banjarbaru, Kamis(23/5). Perwakilan Dinas Pen-didikan (Disdik) se-Kalselterkesan lesu. Ternyata, pe-nyebabnya adalah turunnyapersentase kelulusan ujian

    Terbaik UN SMA IPA SMAN Kelumpang Hulu SMAN 1 Marabahan SMAN 1 Banjarbaru SMAN 1 Pulau Laut Tengah SMAN 1 Kotabaru

    Terbaik UN SMA IPS SMAN 1 Banjarmasin SMAN 7 Banjarmasin SMAN 1 Banjarmasin SMAN Kelumpang Hulu SMAN 1 Pulau Laut Tengah

    Ratusan Siswa Tidak Lulus Hasil UN Diumumkan Tidak Serentak

    Hal 18 kol 1-3

    nasional (UN) tingkat SMAsederajat di Kalsel.

    Untuk di tingkat SMK kelu-lusannya sebesar 97,47 per-sen, turun dibanding tahun la-lu yang 99,48 persen. TingkatSMA pun terjadi penurunan

    PEMINDAHAN itu sayarasa akan efektif untukmemerangi kasus korupsi.Asal, ada catatannya. Yakni,napi yang dipindah tidakada mendapat fasilitas

    TRIBUN JAKARTA/JEPRIMA

    News AnalysisSHINTA DEVIARANTI

    Pengamat HukumSTIH Kuala Kapuas

    Efektif,Asal....

    Hal 18 kol 6-7

    Adalah Fatin Shidqia Lubis (16) danNovita Dewi Marpaung (34) yangsiap bersaing berebut mahkotaterpopuler di Indonesiatersebut.

    Halaman 4

    Massa DudukiPolsek

    Hantakan

    2405/B01

  • 2 ribun Kota Banjarmasin PostJUMAT 24 MEI 2013

    BANJARMASIN, BPOST -Selain Kapal Republik Indonesia(KRI) Hasan Basry, pada Junimendatang Kalimantan Sela-tan juga akan disinggahi KRIBanjarmasin bernomor 592.

    KRI jenis LPD yang dibuatdi PT PAL Indonesia, Surabayaini akan dikukuhkan di kotaini. Kapal yang memakainama daerah harus dikukuh-kan di daerah sesuai nama-nya, ujar Danlanal Banjar-masin Letkol (P) Dato Rusmansaat berkunjung ke Banjar-masin Post, Kamis (23/5).

    Kapal ini yang dirancangsebagai kapal pendukungoperasi amfibi, yang memilikikemampuan mengangkutpasukan pendarat berikutkendaraan tempur ini ren-cananya akan dikukuhkanKepala Staf Angkatan Laut(KSAL)di Pelabuhan Trisakti.

    Datang bersama Dananud

    BANJARMASIN, BPOST -Dugaan penambangan tanpaizin (Peti) di daerah tambangseperti Tanahbumbu dan Ta-nahlaut namun berbekal Su-rat Keterangan Asal Barang(SKAB) yang diterbitkan Pem-kab setempat, disayangkanoleh Kepala Badan Lingkung-an Hidup (BLH) Kalsel, Ikhlas.

    Menurut Ikhlas, hal ini jelasmerugikan lingkungan. Diayakin tim pengawasan BLHkabupaten mengetahuinya,tetapi di lapangan terkendaladengan ulah oknum instansilain yang bermain. TerbitnyaSKAB sendiri menurutnyaberasal dari areal produksi-nya. Selain itu tidak dibenar-kan jika KP sudah tidak pro-duksi, tiba-tiba mengantongiSKAB, jelas menjadi pertanya-an asal batu.

    Sangat jelas merugikanlingkungan, tanpa adanyasurat-surat maka siapa yangbertanggung jawab Amdal-nya. Belum lagi siapa yangbertanggung jawab untukmereklamasi. Pemerintah ka-bupaten jelas tidak, karenaanggaran mereka juga terba-tas, katanya, Kamis (23/5).

    Masih menurut Ikhlas, ma-ka jangan heran di daerahyang mengandalkan sektorpertambangan menyisakanlubang sisa galian, karena

    BANJARMASIN, BPOST -Regulasi mengenai izin ting-gal dan izin kerja bagi warganegara asing (WNA) ternyatabelum sepenuhnya dipatuhi.Buktinya, sepanjang 2012 lalu,Kantor Imigrasi Banjarmasintelah mendeportasi limaWNA.

    Kepala Seksi Pengawasandan Penindakan Kantor Imig-rasi Banjarmasin, Jaya Putramengatakan, sebagai antisi-pasi agar tahun ini tidak adalagi, mereka membentuk timpengawasan orang asing. Wa-lau sebenarnya tim sudah adasejak berlakunya Undang-undang Nomor 6 tahun 2011tentang keimigrasian.

    Undang-undang itu meng-

    BANJARMASIN, BPOST - Kedatang-an puluhan petugas Satuan Polisi Pa-mong Praja (Satpol PP) mengagetkanwarga Jalan Simpang Ulin, BanjarmasinTengah. Petugas langsung membong-kar pagar seng yang mengelilingi areaparkir eks SDN Melayu, Kamis (23/5).

    Satu per satu seng pagar dan kayupenyangga dibongkar dan