Banjarmasin Post Jumat, 21 Maret 2014

download Banjarmasin Post Jumat, 21 Maret 2014

of 32

  • date post

    12-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    359
  • download

    19

Embed Size (px)

description

NO. 151400 TH XLII/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Jumat, 21 Maret 2014

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post JUMAT21 MARET 2014/

    19 JUMADIL AWAL 1435 HNO. 151400 TH XLII/ ISSN 0215-298732 HALAMANRP 3.000

    ALLAH Maha PenciptaAlam Semesta, Rabb Al-Alamin. Dia adalah Al-Jabbar yang menampakkankeperkasaan dan kega-gahan lewat fenomenaalam semesta yang dicip-takan-Nya. Debu, kabut,angin, air dan api adalah se-bagian dari ciptaan-Nya itu.

    Allah SWT Yang Maha-perkasa, bisa jadi menam-pakkan ke-m u r k a a n -Nya (ghadab)lewat benda-benda alamitu, sehinggaungkapan:alam mur-ka, bagi or-ang beriman tidaklah te-pat. Yang sebenarnya ada-lah Allah SWT menam-pakkan kemurkaan-Nyalewat fenomena alam.

    Meletuslah gunungmenyemburkan lahar pa-nas dan belerang yangmematikan, debu dan ka-

    JAKARTA, BPOST - Kamis(20/3), Sefti Sanustika kembalimenjenguk suaminya, AhmadFathanah di Rutan KomisiPemberantasan Korupsi (K-PK). Fathanah adalah terpi-

    PADA film Knight Rider, ada mobil yang bisabicara. Tidak lama lagi, mobil itu menjadi kenyataan.Saat ini di Amerika Serikat (AS) sedang dirakit mobilyang bisa berkomunikasi dengan mobil lain.

    Dengan teknologi khusus, mobil bisa salingberkomunikasi dan mengetahui letak masing- masingsecara real time. Dengan demikian kecelakaan bisadikurangi hingga 70-80 persen. Misal, jika hendak

    pindah jalur atau ke pinggir, mobillain bisa mengetahui.

    Mobil ini berkomu-nikasi menggunakan jari-ngan nirkabel jarak pen-dek. Jarak yang bisa di-jangkau maksimal 300meter. Sementara dayapantaunya hingga 360derajat sehingga bisa

    melihat yang tak bisa dijangkau mata manusia.Nantinya, sistem komunikasi itu akan dikembang-

    kan sehingga mobil bisa mobil bisa berkomunikasi de-ngan infrastruktur transportasi, seperti jalan raya. Jika men-dapat informasi jalan sedang licin, mobil secara otomatisakan melaju dengan kecepatan yang aman. (hfp/tik)

    Mobil Pun Bisa Ngobrol

    NET

    Hal 22 kol 1-3

    Ubah TampilanSaat Suami Dipenjara

    Istri Ahmad Fathanah Lepas Jilbabdana 14 tahun kasus korupsiimpor daging sapi. Selain Fa-thanah, terpidana lain dalamkasus ini adalah teman dekat-

    KH HusinNaparin

    SebuahNasihat

    Hal 22 kol 4-7

    BERTHA SEKUNDAPsikolog

    Letusan Pistol Diikuti Teriakan Astagfirullah Brigadir Susanto Tembak Atasan karena DitegurJAKARTA, BPOST - Meski te-tap membantah, personel Pol-da Metro Jaya Brigadir Su-santo tetap dijebloskan kepenjara. Dia ditetapkan seba-gai tersangka kasus penem-bakan terhadap atasannya,AKBP Pamudji.

    Kepada penyidik, Susanto

    tetap menegaskan Pamudjibunuh diri setelah menegurdan mengambil revolveryang dibawanya saat piketmalam. Tetapi penyidik me-nilai dia telah berbohong.

    Kemungkinan bunuh dirisangat jauh karena tidak adajelaga bekas mesiu di kepala

    dan tubuh korban. Dapat di-simpulkan, korban tidak di-tembak dari jarak yang dekat,sekitar lima meter, kata Di-reskrinum Polda Metro JayaKombes Heru Pranoto, ke-marin.

    Polisi seharusnya dicekmentalnya secara reguler.

    Misal tes psikologi. Inipenting karena mereka

    memegang senjata api yangbisa membunuh

    Hal 22 kol 4-7

    MARTAPURA, BPOST - Siangbelum tiba namun lima pegawaiDinas Pertanian, Perkebunandan Peternakan (Distabunak)Kabupaten Banjar sudah ber-kumpul di ruang staf SeksiPidana Khusus Kejaksaan Ne-geri (Pidsus Kejari) Martapura.Kedatangan mereka masih

    Rusman KembalikanUang Jatah Proyek Kejari Martapura Siapkan Pencekalan untuk Sayeed

    Hal 22 kol 4-7 Hal 22 kol 7

    Kembalikan Jatah Widya Ratna Dewi Rp 1 juta Ahmad Sarbaini Rp 7 juta Wahidah Marwiah Rp 7 juta Mahyuni Rp 8 juta Husni Rp 9,5 juta Rusman Riyadi Rp 10 juta Agus Darmawan Rp 1 juta

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    - Urang garingnya disuruh mahadangiduktur dulu, Lak ai

    + Habis pahinakan amun kalawasan, Nang ai

    12:31 18:3515:35 19:4305:11

    Balum Kawin

    Hal 22 kol 1-3

    Kita Gabung di Pages BPostOnline

    Komentar lain di hal 4

    Ruth Rita AskPenilaian adil & Jujur, dan PTS kenapa harus resah, malahbagus untuk menjadi PTS yang bermutu dan berkualitas

    DAFTAR PTS Sehat dan PTS Tidak Sehat bikin resah

    BANJARMASIN, BPOST -Keresahan pengelola pergu-ruan tinggi swasta (PTS) ter-kait rencana Ditjen Dikti Ke-mendikbud memublikasikandaftar PTS Sehat dan Tidak Se-hat, langsung disikapi Ko-pertis wilayah XI Kalimantan.

    Mereka membentuk timuntuk membantu pengelolaPTS segera melakukan pem-benahan sehingga tidak ma-suk daftar PTS Tidak Sehat.

    Karena pengumuman iturencananya pada Juli 2014,masih ada waktu sekitar tigabulan untuk memenuhi per-

    Kopertis Bantu Validasi Dosen Kalau PTS Ditutup Kasihan Putra Daerah

    syaratan sebagai PTS sehat.Berdasar data yang dimiliki

    Kopertis, tidak sedikit PTSyang kesulitan menyediakandosen sesuai rasio yang di-tentukan Ditjen Dikti. Selainitu juga ada PTS yang banyakdosennya belum memiliki no-

    mor induk nasional dosen,sehingga belum diakui.

    Untuk mengatasai masalahitu, Sekretaris Pelaksana Ko-pertis Muntaha mengatakanproses mendapatkan nomor

    Hal 22 kol 1-3

    KAMIS (20/3), salah seorangtersangka kasusdugaan korupsipengadaan fiberantitikus, salah seorangtersangka, Hairil Anwar

    Tersangkanya Umrahtidak masuk kerja. Diaadalah kepala bidang saranaprasarana DistabunakBanjar. Ruang kerjanyayang sebagian besar

    Hal 22 kol 1-3

    LEPASJILBAB -

    Di saatsuaminya,

    AhmadFathanah

    (ataskanan)

    dipenjara,Sefti Sanus-

    tika yang duluberjilbab (atas)

    memilih mengubahpenampilan (kiri),

    Kamis (20/3).

    WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN/TRIBUNNEWS/JE

    PRIMA/DANNY PERMANA

    SAKALINYA nangmalilik wan si Zalehaanak kamanakan julakAmbrun itu lain Palui

    2103/B01

  • 2 Banjarmasin PostJUMAT 21 MARET 2014 ribun Kota

    BANJARMASIN, BPOST -Wacana pembangunan tero-wongan bawah laut yangmenghubungkan KabupatenTanahbumbu dengan Kota-baru, dikhawatirkan bakalmenimbulkan kerusakan ling-kungan.

    Hal itu dilontarkan Direk-tur Eksekutif Walhi Kalsel,Dwitho Frasetiandy, terkaitkeberadaan mangrove di ka-wasan rencana proyek.

    Bikin terowongan bawahlaut harus ada izin lingkunganhidup. Selain itu, merusaklingkungan. Itu berdasarkanUndang Undang Nomor 32Tahun 2009 terkait lingkung-an hidup, ucapnya, kemarin.

    Jika pemkab bersikerasmembangun terowongan, iapun menegaskan, Walhi Kal-sel akan turun ke lapanganuntuk menentang. Bahkaninformasi yang didpat, berda-

    BANJARMASIN, BPOST -Sebanyak 70 perusahaan kela-pa sawit yang tersebar di 10kabupaten di Kalsel, tidaksemuanya melaksanakanplasma.

    Data di Dinas PerkebunanKalsel, perkebunan sawit ber-ada di Kabupaten Banjar, Ta-pin, Hulu Sungai Selatan, HuluSungai Utara, Balangan, Taba-long, Tanahlaut, Tanah Bum-bu, Kotabaru dan Baritokuala.

    Total lahan, sekitar 272.508hektar. Namun untuk kebunplasmanya baru 65.815 hektar.Padahal sesuai PeraturanMenteri Pertanian Nomor 26Tahun 2007, setiap perusahaanwajib kerja sama dengan ma-syarakat atau yang disebutplasma. Minimal, 20 persendari luas lahan.

    Dan, sesuai dengan PerdaNomor 2 Tahun 2013 tentangPembangunan PerkebunanBerkelanjutan, pola perusaha-an perkebunan kelapa sawitadalah plasma.

    Kepala Dinas PerkebunanKalsel, Sugian Norbah, punmengakuinya. Plasma meru-pakan suatu kewajiban.

    Plasma suatu kewajiban.Jika ada perusahaan yang be-lum melaksanakan, makapenilaian kebunnya akan ber-kurang. Tujuan plasma sendiriagar suasana kondusif, ma-syarakat merasa memilikijuga, katanya, kemarin.

    Menghindari kecemburuansosial antara investor denganmasyarakat, maka digalak-kanlah program plasma. Ma-syarakat dengan perusahaanmenjadi mitra.

    Sementara itu, sosiolog dariUnlam, Wahyu, mengatakan,plasma merupakan antisipasiagar tidak berujung konflik

    antara perusahaan denganmasyarakat.

    Kalau sudah terjadi konflik,dampaknya kemana-mana.Perusahaan perlu menerapkancara agar masyarakat tidakgelisah dan tidak memiliki rasakecewa. Misalnya, selain plas-ma, juga dengan melaksana-kan program dukungan pem-bangunan kepada masyara-kat, pungkas Wahyu. (has)

    Wajib Kerja Samadengan Masyarakat

    70 Perusahaan Perkebunan SawitBeroperasi di Kalsel

    sarkan hasil penelitian dariUnpad, banyak kandungan didalam laut Kotabaru di ka-wasan rencana proyek terse-but. Tidak usah macam-ma-cam, tegas Dwitho.

    Terpisah, Kepala BLH Kal-sel, Ikhlas, mengaku, setahu-nya terowongan bawah lautitu masih wacana. Jadi, belummelakukan kajian-kajian dam-pak lingkungannya.

    Tetapi kalau dari segi ling-kungan, pastinya berdampaklingkungan, katanya, ke-marin.

    Sementara itu, KasubagHumas Setda Kotabaru, Peb-riyanta Sitepu, mengatakan,pertemuan dengan calon in-vestor terowongan bawahlaut hanya sebatas pertemuan.

    Belum membicarakan se-cara detail ataupun melakukanpenelitian terkait wacana tero-wongan, tutupnya. (has/sah)

    Walhi Minta TidakUsah Macam-macamWacana Pemkab Kotabaru Bikin Terowongan

    Bawah Laut

    BANJARMASIN, BPOST -Tersangka kasus dugaan gra-tifikasi, Adriansyah alias Aad,mantan Bupati Tanahlaut, danMuhiddin, Wali Kota Banjar-masin, umbar senyuman di

    Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kal-sel, Kamis (20/3).

    Saat itu keduanya baru sajadiserahkan penyidik MabesPolri dan Polda Kalsel ke Ke-jati Kalsel. Bersama mereka,diikutsertakan semru berkasdan barang bukti yang diang-kut dua koper dan satu dos.Sekitar pukul 10.30 Wita, Mu-hiddin bersama panasihat hu-kumnya datang di Kejati Kal-sel, Jalan DI Panjaitan. Sebe-lumnya, menjalani pemerik-saan administrasi dan identitasdi Ditreskrimsus Polda Kalsel.

    Beres di Ditreskrimsus, lang-sung dibawa ke Kejati Kalsel.Begitu keluar dari mobil warnahitam jenis Fortuner DA 7608AQ, ia Muhidin dengan senyu-man dan sikap tenang me-masuki kantor Kejati.

    Mengenakan kemeja le-

    ngan panjang sasirangan, iaterus melangkah menujuruang penyidik. Sambil, me-nyempatkan diri bersalamand