Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

download Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

If you can't read please download the document

  • date post

    24-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    468
  • download

    93

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 14686 TH XL/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

  • 29 JUNI 2012/9 SYABAN 1433 H

    JUMAT

    NO. 14686 TH XL/ ISSN 0215-2987

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    SI PALUiiiii

    32 HALAMANRP 3.000

    Battle of Europe

    HUSEIN SANUSIJurnalis Tribunnews

    (Group BPost)

    Hal 6 kol 1-3

    SYAIFULLAH TAMLIHAAnggota DPR

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Anang Gayam

    12:26 18:2515:50 19:3905:04

    - Indonesia mambantu IMF jar, Lak ai+ Sakali-kali kita bapiragah sugih, Nang ai

    7-12Halaman KhususKanal EURO 2012 di www.banjarmasinpost.co.id

    Hal 6 kol 1-3

    KH Husin Naparin Lc MA

    51 Ribu Warga HSU Golput

    AmbilkanParangku

    SEBENARNYA jago saya Portugal karena banyakpemainnya memiliki seni yang tinggi dalam mengolah sikulit bundar seperti Ronaldo dan Nani. Tapi sayanglangkah Portugal hanya sampai di semifinal.

    Karena Spanyol berhasil menekuk Portugal makaprediksi saya Xavi dan kawan-kawan layak mengangkattrofi Piala Eropa 2012.

    Spanyol akan tampil habis-habisan mengepungpertahanan lawan dengan tiki-takanya di partai finalnanti, tidak peduli lawan tanding mereka apakahJerman atau Italia. (ais)

    Peran PentingLemak Perut

    SYABAN, nama bulan (u-rut ke delapan kelender per-hitungan tahun Hijriyah), ya-itu antara Rajab dan Rama-dan. Ia sering dilupakan olehsebagian orang. Pada Syabandiangkat catatan amal manu-sia kepada Allah SWT.

    Aku ingin ketika amalkudiangkat, aku dalam berpuasa,

    BulanSyaban

    Rudy Pun Mengaku Bahagia

    SLEMAN, BPOST - Setelahmelewati proses pengerjaanselama 120 hari, Gedung Ra-wat Inap Puskesmas Ngem-plak I, Sleman, DIY siap diope-rasikan.

    Kamis (28/6), bangunanitu diresmikan Wagub KalselH Rudy Resnawan didam-pingi Bupati Sleman Sri Pur-nomo dan Pemimpin RedaksiBPost Group Yusran Pare.

    Wajar saja, seluruh biayapembangunan gedung rawatinap tersebut, berasal daribantuan masyarakat danPemprov Kalsel yang disa-lurkan melalui Dompet PeduliBencana DIY- BPost Group.

    Sekarang gedungnya su-

    Gedung Bantuan Warga Kalsel untuk DIY Diresmikan

    HARI Ahad, bagi bu-buhan pegawai adalahhari perai alias hari libur.Tapi gasan Palui nangjadi Katua RT, kadadaistilah perai. Buktinya,hari Ahad ngini Palui si-buk di rumah pambakal,

    PERUT Anda banyak lemak? Buncit? Tidakperlu resah. Banyak lemah di perut bukanlahpertanda buruk.

    Berdasar penelitian ilmuwan Loyola Univer-sity Chicago, AS, lemak di perut justru memilikiperanan penting untuk mengatur sistem ke-kebalan tubuh.

    Lemak perut a-lias omentum yangberupa lembaranjaringan lemakyang menempel diperut dan meng-gantung di depanusus, bisa menjadibantalan pelindung. Omentum adalah salahsatu depot penyimpan lemak di dalam tubuh.

    Ini berbentuk seperti celemek dan bisameregang seperti adonan pizza. Meski fung-sinya belum jelas, dokter mengetahui bahwamenempelnya omentum pada organ yang ru-sak bisa membantu cepat sembuh, katapeneliti, Makio Iwashima, kemarin. (kps/tik)

    Komentar lain di halaman 4

    Gabung di Pages BPost OnlineKitaINDONESIA menyiapkan dana sebesar 1 miliar dolar AS

    untuk dipinjamkan ke Dana Moneter Internasional (IMF).

    Ayunindya VitriArtinx perekonomian indonesia sdh membaikdonk, pdhl pda kenyataannx kesejahteraanblm merata, msh bnyk kemiskinan,pembangunan msh kurang, pemerintah sprtinxhrs mempertimpangkannx lg.

    JAKARTA, BPOST - WargaIndonesia tentu mengenalIMF (internasional moneterfund). Dia adalah organisasiinternasional yang bertang-gung jawab mengatur sistemfinansial global dan menye-diakan pinjaman ke negaraanggotanya guna membantumemecahkan masalah keu-angan.

    Saat Indonesia diguncangkrisis ekonomi pada 1997-1998, pemerintah Orde Baru(Orba) meminta tolong IMFmenyelesaikan permasalahan

    tersebut. Akan tetapi banyakyang menilai, peran IMF di In-donesia justru membenam-kan negara ini ke jurang ke-hancuran.

    Itu dulu. Saat ini, Indone-sia justru menyiapkan angga-ran khusus untuk membantukeuangan IMF. Besaran danapinjaman itu tidak tanggung-tanggung, sekitar 1 miliar do-lar AS (sekitar Rp 9,4 triliun).

    Menurut Menkeu AgusMartowardoyo di Jakarta,Kamis (28/4), anggaran un-tuk ikut menyuntik dana ke

    IMF itu merupakan bentukkomitmen sebagai anggotadan kepedulian terhadap pere-konomian global.

    Sebenarnya saat ini sudahterkumpul 430 miliar dollarAS di IMF. Dana tersebut di-butuhkan IMF bukan hanyauntuk menyehatkan ekono-mi Eropa tetapi juga negara-negara berkembang. Indone-sia yang pernah meminjamdana IMF tentu berkontribusibagi permodalan lembagaitu, katanya.

    Agus Siapkan Rp 9,4 Triliun Giliran Indonesia Membantu IMF

    Indonesia belumbisa dikatakanmampu untuk itu.Cocoknya Cinayang membantuHENDRAWANSUPRATIKNOAnggota DPR

    On The Spot

    AP PHOTO/ARMANDO FRANCASEDIH - Striker Portugal Cristiano Ronaldo (kanan) dan rekan-rekannya tidak bisa menahan kesedihan karena kalah dalam adu penaltidari Spanyol pada semifinal EURO 2012, Kamis (28/6). Kemenangan 4-2 atas Portugal membawa Spanyol masuk final.

    TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALIBANTUAN KALSEL - Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan(dua dari kanan) didampingi Bupati Sleman, Sri Purnomo dihibur TariGambyong saat peresmian gedung rawat inap Puskesmas Ngemplak1, Sleman, DIY, Kamis (28/6). Pembangunan gedung itu menggunakandana bantuan warga Kalsel yang disalurkan melalui BPost Group.

    NET

    Berdasar data di KPU HSU,Kamis (28/6) pukul 17.00 Wi-ta, suara yang belum masuk,tidak signifikan. Dari data se-mentara itu, pemilih terbagi

    105.599 suara sah dan 6.148suara tidak sah. Totalnya, 111.-747 suara. Padahal berdasardaftar pemilih tetap (DPT),jumlah pemilih sebanyak 163.-

    655 orang.Dengan demikian,

    sebanyak 51.908 pe-milih tidak memberi-kan suaranya pada pe-mungutan suara yangdigelar Senin (25/6)lalu. Rencananya, pe-

    netapan hasil Pemilukadaakan dilakukan pada 1 Juli2012.

    Saat disinggung tentang

    Panwaslukada Pertanyakan Akurasi DPTAMUNTAI, BPOST - Hampir seluruh su-ara pemilih dalam Pemilukada Hulu Su-ngai Utara (HSU) sudah masuk ke KomisiPemilihan Umum (KPU) setempat. Ha-silnya, golongan putih (Golput) mengu-asai Pemilukada HSU.

    Hal 6 kol 4-7

    MasyarakatSudah Jenuh

    News Analysis APRIANSYAHPengamat Politik Unlam

    SAYA menilai, kenapa da-lam Pemilukada HSU hanyasekitar 70 persen pemilih ber-dasar daftar pemilih tetap (D-PT) yang berpartisipasi mem-berikan hak suaranya, semen-tara sebanyak 51.908 pemilihtidak memilih, itu menandakansudah ada kejenuhan di ma-syarakat.

    Saya rasa masyarakat je-nuh terhadap kepemimpinandalam pemilukada. Bahkansaya berani bilang, jika situasiini menggambarkan HSUlambat maju.

    Hal lain dalam penilaiansaya, bisa dikatakan dalam

    Hal 6 kol 5-7

    DADADADADATTTTTA MASUK KPU HSUA MASUK KPU HSUA MASUK KPU HSUA MASUK KPU HSUA MASUK KPU HSUPer Jumat (28/6)Pukul 17.00 Wita

    Kecamatan Danau Panggang:Kecamatan Danau Panggang:Kecamatan Danau Panggang:Kecamatan Danau Panggang:Kecamatan Danau Panggang:Pemilih 15.206Sah 9.605Tdk sah 477Total 10.082Kecamatan Babirik:Kecamatan Babirik:Kecamatan Babirik:Kecamatan Babirik:Kecamatan Babirik:Pemilih 14.326Sah 8.441Tdk sah 554Total 8.995Kecamatan Sungai Pandan:Kecamatan Sungai Pandan:Kecamatan Sungai Pandan:Kecamatan Sungai Pandan:Kecamatan Sungai Pandan:Pemilih 19.974Sah 12.728Tdk sah 879Total 13.607

    Hal 6 kol 7

    StatusSiaga Satu

    PERHELATAN ak-bar pesta sepak bolaantarnegara Eropamenyisakan satupertandingan sekali-gus pemuncak: ba-bak final. Laga untuk me-nentukan tim terku-at di Eropa akan di-gelar di Ibu Kota Uk-raina, Kiev, Senin (2/

    7) mendatang.Ratusan ribu orang yang kini terpusat

    di Ibu Kota Polandia, Warsawa dipas-tikan berbondong-bondong menujuKiev saat laga itu berlangsung.

    MeretasSejarah Treble

    vs (4) 0 SpanyolPortugal 0 (2)

    TIMNAS Spanyol memastikan tiketfinal Piala Eropa 2012 dengan me-ngalahkan Portugal di babak semifi-nal lewat adu penalti dengan skor 4-2 di Stadion Donbass Arena, Donetsk,Ukraina, Kamis (28/6) dinihari.

    Lolos ke final, membawa La FuriaRoja selangkah lagi tampil sebagai satu-

    satunya negara yang mampu men-juarai tiga turnamen internasional se-cara beruntun. El Matador sebelumnyamenjadi juara EURO 2008 dan PialaDunia 2010.

    Bahkan Timnas Brasil, yang sudah

    2906/B01

    Banjarmasin PostTR

    IBUN

    JOGJ

    A

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostJUMAT 29 JUNI 2012

    BRIPKA Erfandy Nadhyalias Apang, anggota PolresBalangan yang menjaditersangka kepemilikan sabuyang kabur saat berada diruangan pemeriksaanDitresnarkoba Polda Kalsel,diduga pergi ke Surabaya,Jawa Timur.

    Kapolda Kalsel, BrigjenSyafruddin, pun sudahmemerintahkan KabidPropam untuk melakukanpengejaran.

    Terus kita kejar. Sayasudah memerintahkanKabid Propam memburulangsung dia, kata Syaf-ruddin, Kamis (28/6).

    Kabid Humas Polda

    Banjarmasin Tengah

    Dikejar Hingga Surabaya

    BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTOCUCI PATAKA - Wakapolda Kalsel Kombes Pol Saput, melakukan pencucian Pataka Polda Kalsel di AulaBhayangkara, Kamis (28/6). Pataka Tunggal Dharma Visuda ini menjadi simbol dalam Upacara HariBhayangkara ke-66, 1 Juli mendatang.

    Berdasar pantauan dan da-ta yang dihimpun BrigadePengendali Kebakaran Hutan(Brigdalkarhut) Provinsi Kal-sel, meski masih tipis kabuttersebut merupakan asap. Di-duga, asap itu kiriman dariKalbar dan Kalteng.

    Kawasan yang terkenasaputan kabut asap adalahkawasan Landasanulin, Ban-jarbaru, dan Gambut. Kabutyang terlihat saat pagi itu me-rupakan kiriman dari Kaltengdan Kalbar, ujar SekretarisBrigdalkarhut Kalsel, DjokoPrihartanto, Kamis (28/6).

    Seperti halnya di Palangka-raya, dari pantauan di sekitarkawasan Landasanulin khu-susnya dekat kawasan Ban-dara Syamsudin Noor, jikakabut berbau menyengat mu-lai terlihat menjelang pukul06.00 Wi