Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

32

Click here to load reader

description

Banjarmasin Post NO. 14686 TH XL/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

Page 1: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

29 JUNI 2012/9 SYABAN 1433 H

JUMAT

NO. 14686 TH XL/ ISSN 0215-2987

DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

SI PALUiiiii

32 HALAMANRP 3.000

Battle of Europe

HUSEIN SANUSIJurnalis Tribunnews

(Group BPost)

Hal 6 kol 1-3

◗ SYAIFULLAH TAMLIHAAnggota DPR

Hal 6 kol 1-3

Hal 6 kol 4-7

Hal 6 kol 1-3

Hal 6 kol 4-7

Anang Gayam

12:26 18:2515:50 19:3905:04

- Indonesia mambantu IMF jar, Lak ai+ Sakali-kali kita bapiragah sugih, Nang ai

7-12Halaman Khusus

Kanal EURO 2012 di www.banjarmasinpost.co.id

Hal 6 kol 1-3

KH Husin Naparin Lc MA

51 Ribu Warga HSU Golput

AmbilkanParangku

SEBENARNYA jago saya Portugal karena banyakpemainnya memiliki seni yang tinggi dalam mengolah sikulit bundar seperti Ronaldo dan Nani. Tapi sayanglangkah Portugal hanya sampai di semifinal.

Karena Spanyol berhasil menekuk Portugal makaprediksi saya Xavi dan kawan-kawan layak mengangkattrofi Piala Eropa 2012.

Spanyol akan tampil habis-habisan mengepungpertahanan lawan dengan tiki-takanya di partai finalnanti, tidak peduli lawan tanding mereka apakahJerman atau Italia. (ais)

Peran PentingLemak Perut

SYA’BAN, nama bulan (u-rut ke delapan kelender per-hitungan tahun Hijriyah), ya-itu antara Rajab dan Rama-dan. Ia sering dilupakan olehsebagian orang. Pada Sya’bandiangkat catatan amal manu-sia kepada Allah SWT.

“Aku ingin ketika amalkudiangkat, aku dalam berpuasa,”

BulanSya’ban

Rudy Pun Mengaku Bahagia

SLEMAN, BPOST - Setelahmelewati proses pengerjaanselama 120 hari, Gedung Ra-wat Inap Puskesmas Ngem-plak I, Sleman, DIY siap diope-rasikan.

Kamis (28/6), bangunanitu diresmikan Wagub KalselH Rudy Resnawan didam-pingi Bupati Sleman Sri Pur-nomo dan Pemimpin RedaksiBPost Group Yusran Pare.

Wajar saja, seluruh biayapembangunan gedung rawatinap tersebut, berasal daribantuan masyarakat danPemprov Kalsel yang disa-lurkan melalui Dompet PeduliBencana DIY- BPost Group.

“Sekarang gedungnya su-

Gedung Bantuan Warga Kalsel untuk DIY Diresmikan

HARI Ahad, bagi bu-buhan pegawai adalahhari perai alias hari libur.Tapi gasan Palui nangjadi Katua RT, kadadaistilah perai. Buktinya,hari Ahad ngini Palui si-buk di rumah pambakal,

PERUT Anda banyak lemak? Buncit? Tidakperlu resah. Banyak lemah di perut bukanlahpertanda buruk.

Berdasar penelitian ilmuwan Loyola Univer-sity Chicago, AS, lemak di perut justru memilikiperanan penting untuk mengatur sistem ke-kebalan tubuh.

Lemak perut a-lias omentum yangberupa lembaranjaringan lemakyang menempel diperut dan meng-gantung di depanusus, bisa menjadibantalan pelindung. Omentum adalah salahsatu depot penyimpan lemak di dalam tubuh.

“Ini berbentuk seperti celemek dan bisameregang seperti adonan pizza. Meski fung-sinya belum jelas, dokter mengetahui bahwamenempelnya omentum pada organ yang ru-sak bisa membantu cepat sembuh,” katapeneliti, Makio Iwashima, kemarin. (kps/tik)

Komentar lain di halaman 4

Gabung di Pages BPost OnlineKitaINDONESIA menyiapkan dana sebesar 1 miliar dolar AS

untuk dipinjamkan ke Dana Moneter Internasional (IMF).

Ayunindya VitriArtinx perekonomian indonesia sdh membaikdonk, pdhl pda kenyataannx kesejahteraanblm merata, msh bnyk kemiskinan,pembangunan msh kurang, pemerintah sprtinxhrs mempertimpangkannx lg.

JAKARTA, BPOST - WargaIndonesia tentu mengenalIMF (internasional moneterfund). Dia adalah organisasiinternasional yang bertang-gung jawab mengatur sistemfinansial global dan menye-diakan pinjaman ke negaraanggotanya guna membantumemecahkan masalah keu-angan.

Saat Indonesia diguncangkrisis ekonomi pada 1997-1998, pemerintah Orde Baru(Orba) meminta tolong IMFmenyelesaikan permasalahan

tersebut. Akan tetapi banyakyang menilai, peran IMF di In-donesia justru membenam-kan negara ini ke jurang ke-hancuran.

Itu dulu. Saat ini, Indone-sia justru menyiapkan angga-ran khusus untuk membantukeuangan IMF. Besaran danapinjaman itu tidak tanggung-tanggung, sekitar 1 miliar do-lar AS (sekitar Rp 9,4 triliun).

Menurut Menkeu AgusMartowardoyo di Jakarta,Kamis (28/4), anggaran un-tuk ikut menyuntik dana ke

IMF itu merupakan bentukkomitmen sebagai anggotadan kepedulian terhadap pere-konomian global.

“Sebenarnya saat ini sudahterkumpul 430 miliar dollarAS di IMF. Dana tersebut di-butuhkan IMF bukan hanyauntuk menyehatkan ekono-mi Eropa tetapi juga negara-negara berkembang. Indone-sia yang pernah meminjamdana IMF tentu berkontribusibagi permodalan lembagaitu,” katanya.

Agus Siapkan Rp 9,4 Triliun Giliran Indonesia Membantu IMF ““Indonesia belum

bisa dikatakanmampu untuk itu.Cocoknya Cinayang membantu

HENDRAWANSUPRATIKNOAnggota DPR

On The Spot

AP PHOTO/ARMANDO FRANCA

SEDIH - Striker Portugal Cristiano Ronaldo (kanan) dan rekan-rekannya tidak bisa menahan kesedihan karena kalah dalam adu penaltidari Spanyol pada semifinal EURO 2012, Kamis (28/6). Kemenangan 4-2 atas Portugal membawa Spanyol masuk final.

TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI

BANTUAN KALSEL - Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan(dua dari kanan) didampingi Bupati Sleman, Sri Purnomo dihibur TariGambyong saat peresmian gedung rawat inap Puskesmas Ngemplak1, Sleman, DIY, Kamis (28/6). Pembangunan gedung itu menggunakandana bantuan warga Kalsel yang disalurkan melalui BPost Group.

NET

Berdasar data di KPU HSU,Kamis (28/6) pukul 17.00 Wi-ta, suara yang belum masuk,tidak signifikan. Dari data se-mentara itu, pemilih terbagi

105.599 suara sah dan 6.148suara tidak sah. Totalnya, 111.-747 suara. Padahal berdasardaftar pemilih tetap (DPT),jumlah pemilih sebanyak 163.-

655 orang.Dengan demikian,

sebanyak 51.908 pe-milih tidak memberi-kan suaranya pada pe-mungutan suara yangdigelar Senin (25/6)lalu. Rencananya, pe-

netapan hasil Pemilukadaakan dilakukan pada 1 Juli2012.

Saat disinggung tentang

Panwaslukada Pertanyakan Akurasi DPTAMUNTAI, BPOST - Hampir seluruh su-ara pemilih dalam Pemilukada Hulu Su-ngai Utara (HSU) sudah masuk ke KomisiPemilihan Umum (KPU) setempat. Ha-silnya, ‘golongan putih (Golput)’ mengu-asai Pemilukada HSU.

Hal 6 kol 4-7

MasyarakatSudah Jenuh

News Analysis APRIANSYAH

Pengamat Politik Unlam

SAYA menilai, kenapa da-lam Pemilukada HSU hanyasekitar 70 persen pemilih ber-dasar daftar pemilih tetap (D-PT) yang berpartisipasi mem-berikan hak suaranya, semen-tara sebanyak 51.908 pemilihtidak memilih, itu menandakansudah ada kejenuhan di ma-syarakat.

Saya rasa masyarakat je-nuh terhadap kepemimpinandalam pemilukada. Bahkansaya berani bilang, jika situasiini menggambarkan HSUlambat maju.

Hal lain dalam penilaiansaya, bisa dikatakan dalam

Hal 6 kol 5-7

DADADADADATTTTTA MASUK KPU HSUA MASUK KPU HSUA MASUK KPU HSUA MASUK KPU HSUA MASUK KPU HSUPer Jumat (28/6)Pukul 17.00 Wita

Kecamatan Danau Panggang:Kecamatan Danau Panggang:Kecamatan Danau Panggang:Kecamatan Danau Panggang:Kecamatan Danau Panggang:Pemilih 15.206Sah 9.605Tdk sah 477Total 10.082Kecamatan Babirik:Kecamatan Babirik:Kecamatan Babirik:Kecamatan Babirik:Kecamatan Babirik:Pemilih 14.326Sah 8.441Tdk sah 554Total 8.995Kecamatan Sungai Pandan:Kecamatan Sungai Pandan:Kecamatan Sungai Pandan:Kecamatan Sungai Pandan:Kecamatan Sungai Pandan:Pemilih 19.974Sah 12.728Tdk sah 879Total 13.607

Hal 6 kol 7

StatusSiaga Satu

PERHELATAN ak-bar pesta sepak bolaantarnegara Eropamenyisakan satupertandingan sekali-gus pemuncak: ba-bak final. Laga untuk me-nentukan tim terku-at di Eropa akan di-gelar di Ibu Kota Uk-raina, Kiev, Senin (2/

7) mendatang.Ratusan ribu orang yang kini terpusat

di Ibu Kota Polandia, Warsawa dipas-tikan berbondong-bondong menujuKiev saat laga itu berlangsung.

MeretasSejarah Treble

vs (4) 0 SpanyolPortugal 0 (2)

TIMNAS Spanyol memastikan tiketfinal Piala Eropa 2012 dengan me-ngalahkan Portugal di babak semifi-nal lewat adu penalti dengan skor 4-2 di Stadion Donbass Arena, Donetsk,Ukraina, Kamis (28/6) dinihari.

Lolos ke final, membawa La FuriaRoja selangkah lagi tampil sebagai satu-

satunya negara yang mampu men-juarai tiga turnamen internasional se-cara beruntun. El Matador sebelumnyamenjadi juara EURO 2008 dan PialaDunia 2010.

Bahkan Timnas Brasil, yang sudah

2906/B01

Banjarmasin PostT

RIB

UN

JO

GJA

Page 2: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

Banjarmasin Bungas2Banjarmasin Post

JUMAT 29 JUNI 2012

BRIPKA Erfandy Nadhyalias Apang, anggota PolresBalangan yang menjaditersangka kepemilikan sabuyang kabur saat berada diruangan pemeriksaanDitresnarkoba Polda Kalsel,diduga pergi ke Surabaya,Jawa Timur.

Kapolda Kalsel, BrigjenSyafruddin, pun sudahmemerintahkan KabidPropam untuk melakukanpengejaran.

“Terus kita kejar. Sayasudah memerintahkanKabid Propam memburulangsung dia,” kata Syaf-ruddin, Kamis (28/6).

Kabid Humas Polda

Banjarmasin Tengah

Dikejar Hingga Surabaya

BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

CUCI PATAKA - Wakapolda Kalsel Kombes Pol Saput, melakukan pencucian Pataka Polda Kalsel di AulaBhayangkara, Kamis (28/6). Pataka Tunggal Dharma Visuda ini menjadi simbol dalam Upacara HariBhayangkara ke-66, 1 Juli mendatang.

Berdasar pantauan dan da-ta yang dihimpun BrigadePengendali Kebakaran Hutan(Brigdalkarhut) Provinsi Kal-sel, meski masih tipis kabuttersebut merupakan asap. Di-duga, asap itu kiriman dariKalbar dan Kalteng.

“Kawasan yang terkenasaputan kabut asap adalahkawasan Landasanulin, Ban-jarbaru, dan Gambut. Kabutyang terlihat saat pagi itu me-rupakan kiriman dari Kaltengdan Kalbar,” ujar SekretarisBrigdalkarhut Kalsel, DjokoPrihartanto, Kamis (28/6).

Seperti halnya di Palangka-raya, dari pantauan di sekitarkawasan Landasanulin khu-susnya dekat kawasan Ban-dara Syamsudin Noor, jikakabut berbau menyengat mu-lai terlihat menjelang pukul06.00 Wita dan menipis sekitarpukul 08.30 Wita.

Diakuinya, kabut asap ter-sebut belum sampai meng-ganggu jarak pandang pe-ngendara yang melintas dikawasan tersebut. “Kabutasap itu diduga akibat keba-karan lahan di Kalteng danKalbar,” ujarnya.

“Berdasar pantauan satelit,kabut asap dibawa angin ber-gerak ke Kalsel. Untung ma-sih tipis, karena dominasiembun pagi dan di sini masihsering terjadinya hujan,” kata-nya.

Dikatakan Djoko, berdasarpantauan satelit, di Kalsel dari

Januari hingga 26 Juni 2012terpantau ada 69 titik panas.Kalau di Kalbar terdapat pu-luhan titik panas, disusul Kal-teng di urutan kedua.

“Di Kalsel, untuk Juni 2012ini ditemukan 18 titik panas,lokasinya tersebar dan masihbelum berpotensi menimbul-kan kabut asap,” jelasnya.

Dikatakan Djoko, titik pa-nas banyak ditemukan di ka-wasan Kabupaten Tanah-bumbu dan Kotabaru. Untukkawasan Kabupaten Banjardan Hulu Sungai juga ditemu-kan beberapa titik panas.

Kelapa Dinas KesehatanProvinsi Kalsel, Rosihan Ad-hani, mengimbau agar wargabisa menghindari kawasan-kawasan yang terpapar kabutasap.

“Warga kami minta me-makai masker jika keluar ru-mah atau ketika memasukidaerah yang tersaput kabutasap. Untuk yang punya pe-nyakit asma dan jantung, di-harapkan menghindari ka-wasan-kawasan tersebut, atautidak keluar rumah jika asaptelah pekat,” katanya.

Untuk mengantisipasidampak kabut asap, Dinkes-prov Kalsel juga akan mela-kukan pembagian maskerkepada warga yang berada dijalan.

“Langkah pembagian mas-ker dilakukan apabila kondisikabut asap sudah dalam tahapmembahayakan. Saat ini ma-sih dilakukan pengukuranindeks pencemaran ISPU be-kerja sama dengan BTKL.Apabila kondisi makin mem-buruk, baru dilakukan lang-kah antisipasi,” katanya.(kur)

Waspadai Kabut Asap Kalsel Dapat Kiriman dari Provinsi Tetangga

BANJARMASIN, BPOST - Kabut asap yangmeliputi Palangkaraya, Kalimantan Tengah,telah menyebar ke Kalsel, salah satunya dikawasan Landasanulin, Banjarbaru.

“Berdasarpantauan satelit,

kabut asap dibawaangin bergerak ke

Kalsel. Untungmasih tipis,

karena dominasiembun pagi dan disini masih seringterjadinya hujan,”DJOKO PRIHARTANTOSekretaris Brigdalkarhut

Kalsel

Titik PanasTitik PanasTitik PanasTitik PanasTitik Panas di Kalsel di Kalsel di Kalsel di Kalsel di KalselJanuari-Juni 2012 69 titikJuni 2012 18 titik

BANJARMASIN, BPOST -Warga Kalsel, khususnyayang pernah tertimpa wa-bah wabies, diminta waspa-da. Pasalnya, wabah terse-but bisa kembali terjadi diBanua akibat kebiasaan bu-ruk para pemilik anjing didaerah ini.

Berdasar kasus rabies diKalsel pada 2010, ditemukan19 kasus yang tersebar di Ka-bupaten Balangan, Hulu Su-ngai Selatan, Hulu Sungai Te-ngah, dan Tanahbumbu.

Hingga Juni 2012, telahditemukan lima kasus rabiesyang terserbar di KabupatenBalangan, Tapin, Tabalong,dan Kotabaru.

Kepala Dinas PeternakanProvinsi Kalsel, MaskamianAnjam, saat Rapat KordinasiRabies Se Kalimantan di Ban-jarmasin, Rabu (28/6) malam,mengatakan kendala yangmereka dihadapi saat ini ada-lah kebiasaan pemeliharaananjing di masyarakat yangbelum teratur.

Warga Kalsel, menurut-nya, membiarkan anjir pe-liharaan mereka berkeliarandi permukiman warga.

“Kondisi geografi Kalselyang memiliki hutan me-mungkinkan anjing liar ting-

gal di hutan tersebut. Sebaranpopulasi anjing hampir me-rata disetiap daerah, men-jadikan penyakit ini tergolongpenting karana medianya yai-tu anjing, kucing, dan kera,”katanya.

Dia mengatakan, apabilaada kasus rabies pada hewandisuatu daerah, diharapkanjangan sampai menular kemanusia.

“Kami sudah melakukanupaya pemberantasan rabies,walau belum menunjukkanhasil yang menggemberi-kan,” katanya.

Apabila ada yang tergigit,lanjutnya, diharapkan segeramencuci luka gigitan dengansabun di air mengalir selama10-15 dan diberi antiseptik.“Korban segera dibawa kePuskesmas atau rumah sakituntuk mencari pertolonganselanjutnya,” pintanya.

Dijelaskan, masa inkubasirabies pada anjing berlang-sung 10-15 hari, sedang hewanantara 3-6 minggu dan ka-dang-kadang berlangsunghingga dua tahun.

“Masa inkubasi pada ma-nusia yang khas adalah 1-2bulan, tetapi bisa satu mingguatau selama beberapa tahun,”ujarnya. (has)

Ditemukan LimaKasus Rabies

Kalsel, Winarto, menga-takan Apang sebelumnyaditangkap bersama duarekannya, Bripka Amiinyang bertugas di PolresBatola, dan warga sipilbernama Ujang karenakepemilikan 15 gram sabu.

Saat ditangkap ketiganyadigiring ke Mapolda untukmenjalani pemeriksaan.Saat pemeriksaan Apangmelarikan diri meman-fatkan kelengahan petugas.

“Penyidik yang meme-riksa kecapekan karenasaat itu sudah dinihari,sehingga itu dimanfaatkandia untuk kabur,” ujarWinarto. (arl)

2906/B02

Page 3: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

3Banjarmasin PostBanjarmasin Bungas JUMAT 29 JUNI 2012

E-MAIL: [email protected]

Untuk menghidarinya,Kepala Balai Wilayah SungaiII Kalimantan, Birendrajana,meminta pengadaan lahanuntuk pembangunan siringsegera dilakukan, karenawaktu pelaksanaannya ha-nya tertinggal enam bulan.

“Kalau misalnya hanyabisa dibangun 40 meter hing-ga Desember 2012 nanti, sisadananya dikembalikan kepusat,” ujarnya, Kamis (28/6).

Pria berkacamata itu me-ngatakan, permintaan perce-patan pengadaan lahan su-dah ditempuh pihaknya de-ngan melayangkan surat ke-pada Wali Kota Banjarmasin,H Muhidin, namun hinggasaat ini masih juga belum te-realisasi.

Permintaan itu dilakukanhanya berupa permintaan li-san. Agar, pengadaan lahanbagi siring bisa segera dila-kukan. Pada pertengahan Juli2012 nanti, proyek berpaguRp 7,2 miliar itu akan dimulai

dengan mendatangkan tiangpancang.

“Dengan kedatangan ti-ang pancang lahan di sana se-harusnya sudah kosong. Se-mentara saat ini baru sekitar70 persen lahan yang telahdibebaskan. Kita harapkanpertengahan Juli 2012 sudahsiap,” ujarnya.

Kepala Dinas Sumber Da-ya Air dan Drainase Banjar-masin, Muryanta, mengata-

kan mereka juga telah me-minta langsung kepada Ba-gian Tapem Pemko Banjar-masin, agar pengadaan lahandi eks SMPN 6 segera disele-saikan.

“Saya meminta bisa sece-patnya dilakukan sebelumdatangnya tiang pancang.Mudah-mudahan bisa segeradilakukan,” ujarnya.

Kabag Tapem Pemko Ban-jarmasin, Chairul Saleh, se-dang mengupayakan penga-daan lahan di eks SMPN 6Banjarmasin. Hasil dua kalipertemuan belum menenuititik temu. “Negosiasi terak-hir sebesar Rp 1,2 juta permeter,” katanya.

Rencananya, pekan nantikembali dilakukan pertemu-

Proyek Siring Eks SMPN 6 Terancam ❐ Bila Tak Selesai Dana DikembalikanBANJARMASIN, BPOST - Sisa dana pem-bangunan siring di lahan eks SMPN 6 Ban-jarmasin, terancam dikembalikan ke pusatapabila hingga Desember 2012 pengerjaan-nya belum selesai.

Saat ini barusekitar 70 persenlahan yang telahdibebaskan. Kita

harapkanpertengahan Juli2012 sudah siap”BIRENDRAJANA

Kepala Balai WilayahSungai II Kalimantan

Salurkan Bantuan Anda ke:

an dengan warga, yang me-ngagendakan pembicaraankembali harga tanah di sana.“Jika warga setuju, makaakan segera dibayarkan, jikatidak uang akan dititipkan kePengadilan Negeri,” kata-nya.

Chairul mengatakan un-tuk harga pengadaan lahandiperkirakan tak akan adanegoisasi lagi. Pasalnya har-ga yang diajukan sama de-ngan harga tanah yang sebe-lumnya, yakni di kawasanJalan Veteran, yang jaraknyaberdekatan dengan lahan eksSMPN 6.

“Kita usahakan bisa segaraselesai. Senin atau Selasa tinggalpernyataan setuju atau tidaksaja,” pungkasnya. (dia)

BANJARMASIN POST GROUP/RESTUDIA

DAFTAR ULANG - Orangtua dan siswa saat mendaftar di SMPN 5 Banjarmasin, kemarin. Hari ini para siswayang diterima sesuai ranking nilai UN akan mendaftar ulang di sekolah pilihan mereka.

BANJARMASIN, BPOST -Calon siswa SMP yang me-ngikuti Penerimaan PesertaDidik Baru (PPDB) online pa-da 25 hingga 27 Juni 2012,hari ini, Jumat (29/6), bisamengikuti proses daftar u-lang di sekolah pilihan me-reka.

Proses daftar ulang dimu-lai sejak pukul 08.00 Witahingga 12.00 Wita, serentakberlangsung di 32 SMP yangada di Banjarmasin.

Berbeda dengan pendafta-ran yang harus membawaberbagai persyaratan, saatdaftar ulang calon siswa cu-kup menunjukkan bukti pen-daftaran.

“Tanda itu sebagai buktimereka telah masuk sebagaisiswa yang dipilih. ujar Ke-pala SMPN 2, H Arima, Ka-mis (28/6).

Dia pun meminta orang-tua siswa tak perlu memikir-kan banyak hal. Pihak seko-lah hanya ingin memastikancalon siswa masuk sebagai disekolah yang baru.

Mengenai keperluan lain,seperti seragam sekolah ataubuku pelajaran, dijelaskan-nya bisa diurus nanti ketikasiswa sudah memasuki pro-ses pembelajaran.

“Urusan seragam dan bu-ku pelajaran nanti. Untukmengikuti pelaksanaan MOSpada 9-11 Juli 2012 saja kitamasih pakai seragam sekolahpolos, sedang keperluan sis-wa telah tersedia di koperasisekolah,” ujarnya.

Di SMPN 5 Banjarmasin,siswa yang dinyatakan dite-rima akan diminta menun-jukkan tanda bukti pendafta-ran dan Nomor Induk Siswa

Nasional (NISN) yang akandiperlukan mengikuti UNnanti.

Kepala SMPN 5 Banjarma-sin, Azhari, mengatakan jikasiswa baru belum memilikiNISN, sekolah akan memin-takannya ke pusat. Selain itu,siswa baru juga diminta me-ngisi formulir siswa baru, bio-data, dan janji siswa.

“Janji siswa berisi pernya-taan akan belajar giat dan ber-sikap baik sesuai dengan pe-raturan sekolah. Hal tersebut,demi memotivasi mereka da-lam kemajuan belajar. De-ngan adanya data siswa yanglengkap, kita bisa memetakansiswa kita ke depan. Semua-nya gratis,” ujarnya.

Kondisi serupa juga dila-kukan SMPN 29 Banjarma-sin. Meski masih kekurangankuota sebanyak 30 siswa, hariini pendaftaran ulang siswabaru tetap dilakukan.

Kepala SMPN 29, H Ru-mansyah, mengatakan pi-haknya sudah meminta kepa-da kadisdik Kota Banjarma-sin agar sisa kuota diberikankewenangan kepada sekolah.

“Rencananya, sisa kuotaakan ditawarkan kepada ma-syarakat sekitar, agar putra-putrinya bisa sekolah di SM-PN 29. Kami memang menja-di langganan kekurangankuota siswa,” ujar kepala se-kolah yang berada di kawa-san Alalak Utara itu.

Kabid Dikmen, Muham-mad Elyan mengatakan pe-

nerimaan siswa baru berlang-sung hingga 30 Juni 2012 ini.Setelah itu, setiap sekolahmemberikan laporan berapasiswa yang melakukan daftarulang. (dia)

Bawa Bukti Pendaftaran❐ Hari Ini Daftar Ulang PPDB Online SMP

2906/B03

Page 4: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

Kampusiana4Banjarmasin Post

JUMAT 29 JUNI 2012

Ayo gabung di Page BPost Online

INDONESIA menyiapkan dana sebesar 1 miliar dolar ASuntuk diutangkan ke Dana Moneter Internasional (IMF).

GreenteaBerkibarTinggisemogakeputu-sannyatidak

salah, indonesia aja masiehterlalu bnyak kekurangan.malah minjam kan uanguntk perekonomian eropa?apa perekonomianindonesia sudah bgus?

Heri AremabatamRakyatnya sajamasihbnyk ygsusah kokmau jadisokpahlawan

PrabuJakaShuw-hooxsYachgantiandong...

Tak masalah

HilmiMakhlukBumiDiIndonesiaaja mshbanyak ygMisKin, ngapain pemerintahmemberi bantuan danauntuk Negara lain ???

AuliaRahmanTerserahpemerin-tah...merekayg lebih

pintar... mengatur keuang-an NEGARA... baikburuknya sudah dipikirkanpemerintah....

WahyuAdyRama-dhaniSetidak-nya lebihbaik,ketimbang dipakai rehab wcanggota dewan

ZakNeptuneWah. Bgustuch.Moga nntidana yg dpinjamkan

bisa lbh besar lagi...

Fauzan AzhariCri muka. . KtanyaAPBNjebol, ehskrg maupinjamin.Ckckck

Inov RiesnayadieLebih baikdigunakanuntuk yglebihmemerlu-kan..,mshbnyk kaum

duafa

HAfzPortueraKok dpinjaminzaemang.nyautang*INDONESIA udah lunas yaa

“Semakin tinggi jabatan,maka semakin berat pula tang-gung jawab yang harus diem-bannya,” katanya.

Sementara itu IdiannorMahyudin dan HG Rusdi Ef-fendi AR berpesan agar paraanggota Menwa Unlam bisamenjaga kompakan antar-anggota untuk membesar-kan organisasi dan kampustercinta. (ryn)

Kasim Pimpin Menwa Unlam

PRESTASI demiprestasi terus diraih orangnomor satu di Bumi Ije, HHasanuddin Murah, baikdari pemerintah maupunlembaga swasta.

Calon Bupati Periode2012-2017 dengan jargonHasan-Ma’mun ‘Sama Rasa’ini kembali mendapatkanpenghargaan dari lembagaswasta.

Jawa Post Institute ofPro Otonomi (JPIP)memberikan anugerahOtonomi Award ProgramPeningkatan Produk-tivitas untuk Kesejahtera-an Petani kepada BupatiBatola H HasanuddinMurad.

Penghargaan dari JawaPost ini merupakanpenghargaan kedua yangditerima pria yang akrabdipanggil Hasan itu.Beberapa waktu lalu, diajuga menerimapenghargaan FaktaAward dari Majalah Fakta.

Anugerah Otonomi

Advertorial

ISTIMEWA

BUPATI Batola H Hasanuddin Murad (dua dari kiri) menerima Otonomi Award bidang KesejahteraanPetani dari JPIP, Rabu (27/6) malam.

Award dari JPIP areaKalsel ini bersamaandengan 12 kabupaten/kota se-Kalsel lainnya diBalroom Hotel MercureBanjarmasin, Rabu (27/06) malam.

Masing-masingkabupaten/kotamenerima awardberdasarkan indikatortertentu dari tiga param-eter utama dan duaparameter khusus.

Tiga kabupaten yaituTapin, Banjar, dan HuluSungai Tengah meraihGrand Award masing-masing untuk parameterpembangunan ekonomi,pelayanan publik, danperforma politik.

Penghargaandiserahkan GubernurKalsel H Rudy Ariffin danCEO Kaltim Post GroupIvan Firdaus.

Gelaran JPIP AreaKalsel 2012 ini punmendapat apresiasi dariRudy. Dia mengajak

pemerintah kabupaten/kota untuk berbenahsambil terus berinovasidalam upaya pelaksanaanotonomi daerah.

“Biasanya dalampelaksanaan otonomidaerah terdapat tigapermasalahan yangdihadapi, yaitu me-nyangkut pendanaan,kelembagaan danpelayanan publik,” kataRudy Ariffin.

Direktur Eksekutif JPIPArea Kalsel, SofyanMasykur, mengatakandari hasil monitoringevaluasi kepada semuakabupaten/kota terdapatkesimpulan bahwaprogram unggulan yangdiusulkan terlihat masihlemah dalam inovasiprogram untukmasyarakat.

Dan, kebanyakanmasih berupa programturunan dari pemerintahpusat dan pemerintahprovinsi. (*)

Hasanuddin MuradTerima Otonomi Award

Bidang Kesejahteraan Petani

KOMANDAN ResimenMahasiswa (Menwa) Satuan601/NRT Unlam bergantidari Muhammad Iqbal kepadaNanang Kasim. Serah terimajabatan dilaksanakan di aulaSerba Guna Unlam Banjar-masin, Kamis, (28/6).

Hadir di acara tersebut, PRIII Unlam Idiannor Mahyudin,Ketua Ikatan KekeluargaanAlumni (IKA) Unlam, HGRusdi Effendi AR serta per-wakilan TNI dan Polri.

Dalam kesempatan HGRusdi Effendi AR mendapat-kan penghargaan dari atasdukungan dan dedikasinyaterhadap pembinaan MenwaUnlam.

“Sebuah kehormatan un-tuk memimpin dalam suatuorganisasi yang terdiri dariberagam sifat dan latar be-lakang anggotanya,” kataNanang Kasim yang ditemuiusai sertijab.

Mahasiswa semester dela-pan Jurusan Ilmu Hukum Fa-kultas Hukum Unlam ini me-ngatakan, merekrut anggotabaru sebanyak-banyaknya.Untuk mencapainya, makaMenwa harus lebih dikenalterlebih dahulu.

Sedangkan MuhammadIqbal dalam sambutannyaberpesan kepada pengurusbaru agar lebih memajukanorganisasi mereka.

HUMAS BPOST GROUP/M RIZKY P

ANGGOTA Menwa Unlam foto bersama para undangan usai sertijabdi Gedung Serba Guna Unlam, Kamis (28/6).

Mereka adalah para pe-serta lomba Lintas Alam RohNasional 2012 yang dilaksa-nakan Mapala Impas-B FKIPUnlam Banjarmasin. Jaluryang dilalui rawa, sungai,parit, jalan setapak hinggajalan berbatu sejuah 32 kilo-meter mulai dari Desa Paku-alam, Sungaitabuk.

Peserta yang terbagi dalam26 tim harus beradu kecepatandan stamina hingga mencapaigaris finish di etafe pertama

yakni SDN 1 Sungai RamaniaKecamatan Mandastana Ka-bupaten Banjar.

Pada etafe pertama lombayang didukung BanjarmasinPost Group ini para pesertahanya berpedoman pada jaluryang sudah ditandai oleh pa-nitia, yakni stringline dengantanda plastik kuning dan pu-tih di sepanjang jalur.

“Kami mengikutkan duatim dengan target maksimal.Memberikan yang terbaik

untuk organisasi,” kata Ju-wadi, official Mapala Gra-mine, Fakultas Pertanian Un-lam.

“Kami akan berusaha de-ngan sebaik mungkin agarbisa jadi juara,” timpal Riskidari Mapala Uniksa.

Ketua Impas B WhiwentAulia mengatakan, LintasAlam Roh Nasional 2012 di-laksanakan untuk memperi-ngati diesnatalis XV MapalaImpas-B FKIP Unlam.

“Peserta akan menyelesai-kan etape pertama setelah itukembali berlomba pada etapekedua dari SDN 1 Ramaniamenuju ke Unlam Banjarma-sin,” ujarnya.(ryn)

Menantang RawaMENGGENDONG tas carier plus per-

lengkapan standar pendakian, 78 angggotamapala dari berbagai kampus bersiap me-naklukan rawa dan sungai, Kamis (28/6).

BANJARMASIN POST GROUP/APRIYANTO

2906/B04

Page 5: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

5Banjarmasin PostBanjarmasin BungasJUMAT 29 JUNI 2012

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

FESTIVAL TARI - Pementasan Festival Tari Budaya Daerah Kalsel 2012 di Gedung Balairung Sari, TamanBudaya, Banjarmasin, Rabu (27/6) malam, menampilkan 14 peserta dari berbagai daerah kota dan kabupaten.Kegiatan ini diharapkan menggairahkan kegiatan budaya di daerah ini.

Cukup BawaBukti Pendaftaran■ Hari Ini Daftar Ulang PPDB Online SMP

Selalu Kekurangan SiswaSMPN 29 Banjarmasin yang berada di Alalak Utara selalu

kekurangan siswa. Sekolah yang berbatasan denganKabupaten Baritokuala itu tak pernah memenuhi kuota.

Hal itu, menurut kepala sekolahnya, H Rumansyah,karena sekolah sulit dijangkau. Akses jalan hanya selebarsatu meter.

Ia mengatakan sudah meminta kepada Disdik untukpelebaran jalan. Dengan adanya akses jalan, diharapkanminat siswa akan meningkat.

Selain itu perekonomian masyarakat sekitar jugamenengah ke bawah.

“Memang dari dulu selalu kurang, tak memenuhi kuota.Makanya kita minta ke Disdik untuk membuka akses jalanke sekolah. Katanya rumah sudah dibebaskan untukpelabaran jalan,” ujarnya. (dia)

BANJARMASIN, BPOST - Jumat (29/6) inidaftar ulang untuk 32 SMPN di Banjarmasindimulai. Daftar ulang berlangsung dari pukul08.00 Wita hingga 12.00 Wita.

Calon siswa hanya perlumembawa bukti pendaftaranmelalui Penerimaan PesertaDidik Baru (PPDB) Onlinepada 25-27 Juni 2012.

“Sekolah hanya ingin me-mastikan calon siswa tersebutbenar-benar ingin menjadi sis-wa,” kata Kepala SMPN 2, HArima, Kamis (28/6).

Mengenai persyaratanlain, Arima mengatakan takada. Sedang keperluan lain se-perti seragam atau buku pe-lajaran, bisa diurus nanti ke-tika siswa sudah memasukimasa sekolah.

“Untuk MOS pada 9 sam-pai 11 Juli saja kita masih pakaiseragam sekolah dasar. Untukkeperluan siswa kan tersediadi koperasi sekolah,” ujarnya.

Sementara di SMPN 5, sis-wa yang dinyatakan diterimadiminta membawa tandabukti pendaftaran dan No-mor Induk Siswa Nasional(NISN). NISN, terang KepalaSMPN 5, Azhari, diperlukan

untuk UN nanti.Mulai dari sekarang, siswa

diminta mengumpulkannya.Jika belum punya, maka pi-hak sekolah akan membuat-kan NISN ke pusat. Selain itu,siswa baru juga diminta me-ngisi formulir siswa baru, bio-data, dan janji siswa.

Janji ini, terangnya, berupajanji akan belajar dengan giatdan bersikap baik sesuai de-ngan peraturan sekolah. Haltersebut, terang Azhari, demimemotivasi siswa dalam ke-majuan belajar.

“Dengan adanya data siswayang lengkap, kita bisa meme-takan siswa kita ke depan. Se-muanya gratis,” ujarnya.

Pun dengan SMPN 29.Meski masih kekurangankuota, sebanyak 30 siswa, hariini pendaftaran ulang siswabaru tetap dilakukan. KepalaSMPN 29, H Rumansyah me-ngatakan pihaknya sudahmeminta kepada Kadisdik Ko-ta Banjarmasin, agar sisa kuo-

ta diberikan kewenangan ke-pada sekolah.

Rencananya, tutur Ruman-syah, sisa kuota akan ditawar-kan kepada masyarakat seki-tar, agar putra putrinya bisamenjadi siswa SMPN 29. Ia op-timistis bisa memenuhi kuotasekolahnya, yakni sebanyak108 siswa. Menurutnya, ma-sih banyak siswa yang inginbersekolah di SMPN 29, meskiletaknya berada di perbatasandengan Kabupaten Baritokuala.

“Insya Allah bisa memenu-hi kuota yang ada,” ujarnya.

Kabid Dikmen, Muham-

mad Elyan mengatakan ke-pastian penerimaan siswa ba-ru, hingga 30 Juni nanti. Baru,kemudian setiap sekolahmemberikan laporan berapasiswa yang melakukan daftarulang.

Seperti tahun sebelumnya,bagi siswa yang tidak melaku-kan daftar ulang, maka akangugur. Dengan otomatis, sis-wa yang sebelumnya tidak di-terima karena kurang nilaiUNnya, masih memiliki ke-sempatan. “Mudah-mudahansemuanya lancar,” ucap-nya.(dia)

BANJARMASIN POST GROUP/AM RAMADHANI

DAPAT RUMAH - Ketua TP PKK Batola Hj Noormiliyani AS HasanuddinMurad menyalami Wakit yang mendapatkan rumah baru melalui pro-gram bedah rumah.

Dapat Rumah BaruMARABAHAN, BPOST -Wakit (83), istri, dua anak, duamenantu dan empat cucunyakini dapat tinggal di rumahyang layak. Sejak Februari2012, mereka tinggal di tem-pat yang seadanya. Itu karenarumah mereka di RT 9 DusunII Desa Surya Kanta Kabupa-ten Baritokuala (Batola) mus-nah terbakar.

Kini Wakit dan keluarga da-pat tinggal dengan nyama dirumah bertipe 52. Rumah inijuga dilengkapi sejumlah pa-rabot di antaranya televisi, le-mari, spring bed, kipas angin,dan seperangkat peralatan da-pur. Rumah ini juga dilengkapilistrik dan WC yang bisa di-gunakan untuk umum.

Rumah layak huni tersebutdidapat dari Tim PenggerakPemberdayaan dan Kesejah-teraan Keluarga (TP PKK) Ba-tola yang diketuai Hj Noormi-liyani AS melalui Program Be-dah Rumah. Sejak 2008, ada34 rumah warga tak mampuyang telah diperbaiki. Rumahuntuk Wakit diserahkan Bu-pati Batola Hasanuddin Mu-rad, Rabu (27/8).

Untuk meringankan be-ban keluarga Wakit, PKK Ba-tola juga menyerahkan ban-tuan peralatan sekolah kepadacucu kakek Wakit. Keluargaini juga mendapatkan dana,sebmako dan bantuan lainnyaseperti dari TP PKK kecamat-an, sejumlah organisasi wanitadan Kodim 1005 Marabahan.

Hasanuddin Murad me-ngaku banyak warganyayang memiliki rumah tidak la-yak huni. Namun untukmemperbaiki semua tidakmungkin karena anggaran-nya terbatas. Karena itulah,PKK membuatkan sejumlahkriteria. Agar tidak menim-bulkan kecemburuan, wargayang dipilih juga merupakanusulan masyarakat setempat.

Orang nomor satu di Pem-kab Batola ini menerangkanprogram ini juga untuk me-motivasi semangat kebersa-maan dan kegotong-royong-an di antara sesama warga.

Bagi mereka yang kurangmampu bisa melalui bantuantenaga dan pemikiran, semen-tara bagi yang memiliki ke-mampuan lebih bisa memban-tu melalui dana.

“Syukur-syukur jika ikuttermotivasi melakukan gerak-

an yang sama dengan membuatprogram serupa,” kata mantananggota Komisi V DPR RI ini.

Dalam kesempatan terse-but ketua TP PKK Batola HjNoormiliyani AS, yang jugaistri Hasanuddin, menyerah-kan bahan seragam majelistaklim bagi warga dusun 1hingga 5 masing-masing un-tuk 30 orang. (don)

2906/B05

Page 6: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

6Banjarmasin Post Etalase

Sambungan hal 1

JUMAT 29 JUNI 2012

Sambungan hal 1

Sambungan hal 1

Sambungan hal 1

Sambungan hal 1

Sambungan hal 1

marancanakan gutungru-yung membarasihijalan kam-pung nang sabat banar.

Dua talu ikung Katua RTlainnya sudah hadir. “Rang,tulung ikam ka rumahku, am-bilakan bandaku nang tating-gal. Tadi tu aku kalumpanan.”ujar Palui manyuruh ajudanhansipnya si Tuhirang.

Siap!” sahut Tuhirang sam-bil badiri nang kaya parajurit.

“Ayu ikam satumat datangibiniku, tulung ambilkan pa-rangku dan bawakan kamari.Panting banar,” ujar Palui.

“Siap komandan!” sahutTuhirang.

”Ikamlah Tuhirang, janganma ulu-ulu wan diaku, kalaukaina katulahan,” ujar Paluitakarinyum lantaran disam-bat komandan.

Tuhirang mahancap basa-pida langsung bahadapan wanbini Palui.

“Nah....aku disuruh KatuaRT. maambilakan parang, par-lu capat, kubawa ka rumahpambakal”,ujar Tuhirang pina

manggah mukuh bapaluhan.“Parang? Parang nang ma-

na? takun bini Palui.“Aku jua kada tahu, “ujar

Tuhirang. ”Lamun kudangartadi di kalurahan, urang han-dak bagutung ruyung mam-barasihi jalanan.”

”Kalu kaya itu, barangkaliparlu parang parincahan ata-wa parang arit, atawa parangbungkul. Tapi kada salahnya,kujulungi haja katalu-talunya,kaya apa?”

“Akur, kada salahnya” ujarTuhirang.

Bini Palui masuk ka dalamsatumat inya kaluar mamba-wa butah baisi parang pan-jang, parang arit wan parangbungkul. Disambut Tuhiranglalu langsung capat basapidaka rumah Pambakal. TakajutPalui malihat isi butah itu.Tabulalak matanya, hiranghabang muhanya, amahansarik. ”Mana perangkunya?”

“Itu haja nang dijulung biniikam, Lui-ai, kadada nanglain,” jawab Tuhirang samakinbingung wan tapaluh dingin.Palui manggalitir wan giginya

mangarikut, tapi syukur masihkapala dingin. Palui manya-bari hatinya, lalu ba-ucap ba-gamat; ”Wahai dangsanakkuTuhirang.. Ngarannya pe-rangku itu ialah kartas timpilnang kaya matrai. Perangkuitu gasan manimpili ampluksurat-surat kiriman kita kakantor Pos. Aku katua RTparlu sacapatnya mangirimsurat liwat Kantur Post,”

Tuhirang kabingungan,apa bidanya parangku wanparang arit, parang panjang,wan parang bungkul, sahing-ga inya rasa mambungul.

“Amun kaya ini, jalasnyaaku tasalah pandir. Ayuha akubabulik mambawa parang-pa-rang ini, kuhurupakan wan pa-rangku kantur pos. Aku rela ha-ja di sumpahi bini ikam. Akumanyasal, talanjur salah. Biar akukada dibari apa-apa....asal....”

“Asal apa?” takun Paluinang sudah manurun rasa ka-sarikannya.

“Asal haja kanalput hi-dungku tatap bakukus “ujarTuhirang marista diri paraktatangis. (bp)

Ambilkan Parangku

Bulan Sya’ban

demikian jawaban Nabi SAWketika ditanya mengapa ia ba-nyak berpuasa di bulan Sya’banmelebihi puasanya pada bulan-bulan lainnya selain Ramadan(HR Nasa’i, Abu Daud danIbnu Huzaimah).

Aisyah ra mengakui bahwaNabi SAW tidak pernah ber-puasa di bulan lain melebihbanyaknya puasanya di bulanSya’ban, kecuali Ramadan se-bulan penuh (HR BukhariMuslim).

Dinamai Sya’ban karenatasyaa’ub (bertebarannya)manusia setelah Rajab, bulanyang diharamkan berperang.Syekh Abdurrahman Ash-Shafuri Asy-Syafi’i dalamNuzhah Al-Majalis mengatakanbahwa Nabi SAW bersabda:Rajab Syahrullah, wa Sya’banSyahri, wa Ramadhan Syahruummati.

Artinya : “Rajab adalahbulan Allah, Sya’ban bulankudan Ramadan adalah bulanumatku.” Syekh Abdul KadirAl-Kailani mengemukakanjika “suatu tahun” diumpama-kan sebatang pohon, makaRajab adalah masa berdaun,Sya’ban masa berbuah danRamadan masa panen.

Ada pula yang mengata-kan, Rajab adalah bulan ke-

ampunan, Sya’ban bulan sya-faat Nabi dan Ramadan bulandilipat gandakan pahala ke-baikan. Ada lagi yang berpen-dapat, bahwa Rajab bulan tau-bat (pengampunan), Sya’banbulan mahabbah (cinta Allah)dan Ramadan bulan qurbah(pedekatan diri kepada-Nya).

Ada lagi yang berpenda-pat jika Rajab seperti angin,maka Sya’ban adalah sepertiawan, dan Ramadan adalahturunnya hujan. Ada pulayang mengatakan pahala iba-dah di bulan Rajab tujuh puluhkali lipat, pada bulan Sya’banmenjadi tujuh ratus kali lipatdan pada bulan Ramadanmenjadi seribu kali lipat. Or-ang-orang Arab menyebut-kan sebagai bulan-bulan ke-taatan kepada Allah SWT,Wallahu’alam.

Bulan Rajab banyak dike-nang karena adanya peristiwaIsra dan Miraj, sedangkanRamadan banyak disebut ka-rena bulan Nuzul (turunnya)Alquran. Adapun peristiwapenting yang terjadi berbe-tulan bulan Sya’ban ialahdiubahnya kiblat dari arahMasjid Al-Aqsa di Palestina kearah Masjid Al-Haram diMakkah.

Apa pasal? Nabi SAW me-mohon kepada Allah SWTagar kiblat diubah ke arah

Masjid Al-Haram, karena or-ang-orang Yahudi mence-moohkan Islam dan umatnyayang mengatakan pengikutNabi Ibrahim as. tetapi me-ngapa kiblatnya ke arah Mas-jid Al-Aqsa.

Setelah lebih kurang 16 bu-lan di Madinah, doa beliau di-kabulkan, turunlah ayat yangartinya: “Sungguh kami (se-ring) melihat mukamu mene-ngadah ke langit, maka sung-guh Kami akan memalingkankamu ke kiblat yang kamusukai. Palingkanlah mukamuke arah Masjidil Haram. dan dimana saja kamu berada, paling-kanlah mukamu ke arahnya”(QS Al-Baqarah ayat 144).

Peristiwa itu terjadi padapertengahan (nisfu) Sya’bandi pinggiran kota Madinahketika Nabi SAW berkunjungke sana dan melaksanakansalat Zuhur, dua rakaat per-tama beliau menghadap kearah Masjid Al-Aqsa, sesudahitu beliau berputar ke arahMasjid Al-Haram. Tempat itukini dikenal dengan masjidQiblatain.

Nabi SAW bersabda: “Bilamalam nisfu Sya’ban tiba,maka dirikanlah salat padamalamnya dan berpuasalahdi siang harinya.” Apa pulapasalnya.

Diriwayatkan Jibril as suatu

malam datang memberitahu-kan kepada Nabi SAW, bah-wa malam itu malam nisfuSya’ban, Allah SWT banyakmemerdekakan penghuni ne-raka. Dia tidak memandangkepada orang-orang yangmusyrik, berseteru, memu-tuskan silarrahmi, sombong,durhaka kepada ibu-bapakdan pencandu yang mema-bukkan.

Nabi SAW pun memintaizin kepada Aisyah ra untuksalat berpanjang malam, su-judnya lama sekali sampai-sampai Aisyah merasa kha-watir kalau-kalau beliau wa-fat. Telapak kaki beliau di-usapnya dengan ujung jari-nya, ternyata bergerak danlegalah Aisyah, beliau masihhidup. Beliau berdoa panjangsekali memohon perlindu-ngan kepada Allah SWT.

Tidak ada amaliah khususdi malam nisfu Sya’ban, SyekhAsy-Syarbasyi mengemuka-kan bahwa menyemarakkan-nya bisa dengan membacaAlquran, berzikir, istigfar,tahajjud, atau salat lainnyayang memungkinkan bagiseseorang, minimal salatMagrib dan Isya berjemaahdilengkapi salat-salat sunatbagi keduanya. (Yas’alunnakafi Ad-Din wa Al-Hayat, juz IV,hal. 346). (*)

Rudy Pun Mengaku Bahagia

banyaknya angka Golput,Ketua KPU HSU M Noor me-ngaku tidak mengetahui pe-nyebabnya. Dia menegaskan,seluruh pemilih yang tercan-tum dalam DPT sudah diberiundangan dan kartu pemilihsebelum pelaksanaan pemu-ngutan suara.

“Kami juga tidak bisa men-justifikasi kalau mereka eng-gan menyalurkan suara.Yang jelas hak pilih sudah su-dah difasilitasi,” katanya.

Namun, imbuh Noor, pe-mungutan suara bertepatandengan musim tanam dan ma-sa liburan. “Bagi yang PNS,sudah libur sejak Sabtu. PadaSenin, saat pencoblosan dilak-sanakan, juga diliburkan.Mungkin saja dimanfaatkanuntuk mengajak keluarga ber-libur ke luar kota,” ucap dia.

Salah seorang warga Kelu-rahan Kebun Sari, Novi me-ngakui sudah tersebarnya un-dangan dan kartu pemilih.Akan tetapi, tidak bisa dijadi-kan patokan bahwa peneri-manya pasti memberikansuara. “Memilih atau tidak ituterserah keputusan dan kesa-daran masing-masing. Adabanyak alasan yang melatar-belakanginya,” katanya.

Sedangkan Ketua Panwas-lukada HSU Husnul Fajerimempertanyakan keakuratanDPT. “Apakah memang pemi-lih tidak datang? Atau justrubanyak pemilih yang sebenar-nya tidak memenuhi syarat,tetapi masuk DPT?” ujarnya.

Kekhawatiran itu munculkarena di tempat pemungutansuara (TPS) 4 dan TPS 5 Kelu-rahan Sungai Malang, Amun-tai Tengah, terdapat banyakwarga yang terdaftar ganda.

“Kami juga menemukanada anggota polri yang mene-rima undangan untuk memi-lih. Padahal berdasarkan pera-turan itu dilarang,” katanya.

Selain itu, Husnul meng-ungkapkan PanwaslukadaHSU menerima enam laporanmengenai dugaan terjadinya

ketidakberesan seperti pe-milih yang tidak terlibat, ke-terlibatan PNS saat kampa-nye, pelanggaran batas waktukampanye, indikasi moneypolitics, DPT ganda dan peng-gelembungan suara.

“Kami akan menindak-lanjuti, tetapi kami juga me-nunggu adanya bukti tam-bahan yang lebih akurat danotentik. Karena kalau cumasebatas laporan tanpa adadukungan bukti yang kuatakan sulit ditindaklanjuti,”tegas Husnul.

Calon bupati nomor 5, Ab-dul Wahid --berdasar pero-lehan suara sementara, me-nempati peringkat teratas--menilai jumlah Golput cukuptinggi, meski masih dalambatas kewajaran.

“Tingginya angka Golputtidak bisa dijadikan acuanpenilaian rendahnya tingkatpartisipasi masyarakat dalamberpolitik. Faktanya, jumlahpemilih yang menyalurkanaspirasinya mencapai kisaran70 persen,” katanya.

Ke depan, kata Ketua DPDGolkar HSU ini, sosialisasimengenai peran serta ma-syarakat dalam pemilukadaharus lebih ditingkatkan. Te-rutama pada masa-masa men-dekati pemungutan suara.

Calon lain, Hasib Salimmenilai, tingginya angka Gol-put bisa menjadi indikasi ter-jadinya penggelembungansuara. “Kami memiliki timpemenangan dan tim advo-

kasi yang saat ini mendalamiberbagai permasalahan yangmuncul dalam pelaksanaanpemilukada. Terutama ma-salah DPT,” tegas dia.

Sedangkan calon lainnyalagi, Mukkaram Fikri menya-takan banyaknya pemilihyang Golput, adalah pelajaranpenting yang bisa diambilhikmahnya. “Kondisi ini bisadijadikan acuan untuk me-ningkatkan proses pembela-jaran politik dan berdemok-rasi,” ujarnya.

Saat dihubungi, anggotaKPU Kalsel, Soekadji Boedi-harjo juga mengatakan ren-dahnya partisipasi masyarakatdalam Pemilukada HSU be-lum bisa dijadikan patokan.

“Pasalnya, rekapitulasi pe-milihan suara di tingkat kabu-paten belum dilaksanakan jadibelum bisa dipastikan dulu,”katanya.

Soekadji menilai rendah-nya partisipasi masyarakatdalam Pemilukada tidak ha-nya terjadi di HSU. Pada Pe-milihan Presiden dan Pemilih-an Gubernur Kalsel, angkapartisipasi juga rendah.

“Kondisi itu dikarenakankurangnya kesadaran masya-rakat. Mereka lebih memen-tingkan pekerjaannya. Pa-dahal hanya dengan meluang-kan waktu 5-7 menit saja su-dah menentukan masa depanmereka lima tahun ke depan.Tetapi itu bukan karena ma-syarakat apatis,” ucap dia.(tin/arl)

Kecamatan Amuntai Selatan:Kecamatan Amuntai Selatan:Kecamatan Amuntai Selatan:Kecamatan Amuntai Selatan:Kecamatan Amuntai Selatan:Pemilih 20.601Sah 13.668Tdk sah. 803Total 14.491Kecamatan Amuntai TKecamatan Amuntai TKecamatan Amuntai TKecamatan Amuntai TKecamatan Amuntai Tengah:engah:engah:engah:engah:Pemilih 38.930Sah 23.750Tdk sah 1.424Total 25.174Kecamatan Amuntai Utara:Kecamatan Amuntai Utara:Kecamatan Amuntai Utara:Kecamatan Amuntai Utara:Kecamatan Amuntai Utara:Pemilih 15.669Sah 10.710Tdk sah 547Total 11.257Kecamatan Banjang:Kecamatan Banjang:Kecamatan Banjang:Kecamatan Banjang:Kecamatan Banjang:Pemilih 12.239Sah 8.457Tdk sah 847Total 8.944Kecamatan Haur Gading:Kecamatan Haur Gading:Kecamatan Haur Gading:Kecamatan Haur Gading:Kecamatan Haur Gading:Pemilih 11.126Sah 7.800Tdk sah 485Total 8.285Kecamatan Paminggir:Kecamatan Paminggir:Kecamatan Paminggir:Kecamatan Paminggir:Kecamatan Paminggir:Pemilih 5.293Sah 3.821Tdk sah 88Total 3.909Kecamatan Sungai TKecamatan Sungai TKecamatan Sungai TKecamatan Sungai TKecamatan Sungai TabukanabukanabukanabukanabukanPemilih 10.291Sah 6.595Tdk sah 404Total 6.999Suara sah 105.595Suara tdk sah 6.148TTTTTotalotalotalotalotal 111.743111.743111.743111.743111.743Jumlah pemilih DPT:

163.655163.655163.655163.655163.655sumber: kpu hsu

51 Ribu Warga HSU Golput

Status Siaga Satu

Ancaman keamanan punmenjadi sangat rentan. Untukmengantisipasi, pengamanankian diperketat. Kawasan per-batasan antara Polandia danUkraina menjadi salah satufokus pengamanan. Tidaktanggung-tanggung, status-nya Siaga Satu.

Berdasar pantauan saya,Kamis (28/6), ratusan aparatkeamanan bersenjata lengkapdari Polandia maupun Ukrai-na sudah berada di Kota Ka-tyn yang berada di kawasanperbatasan. Siapa pun yanglewat wajib menjalani peme-riksaan ketat baik dokumenmaupun fisiknya.

Di kawasan inilah suporteryang berasal dari Polandia,Jerman dan beberapa negaraEropa barat akan memasuki

wilayah Ukraina. Pengawasanlebih ketat karena kebanya-kan yang melintasi kawasanini menggunakan kendaraanpribadi.

Paspor, visa dan dokumenperjalanan diperiksa keabsa-hannya, bahkan semua ba-rang jenis bawaan tidak luputdari pemeriksaan. Apabilamemunculkan kecurigaan,bisa diperiksa lebih lama dariorang lain.

Selain di Katyn, aparat ke-amanan gabungan Polandiadan Ukraina juga melakukanpemeriksaan ketat di bebe-rapa jalur transportasi umumtermasuk stasiun kereta apidan bandara yang menjadipintu gerbang masuknya pa-ra suporter dari jalur berbeda.

Bagi suporter yang datangke Ukraina dengan meng-gunakan kereta api, peme-

riksaan dokumen perjalanandilakukan di dalam kereta.Polisi memasuki setiap kamarpenumpang dan memintamereka untuk menunjukkanpaspor dan visa.

Sementara penumpangyang datang menumpang pe-sawat, pemeriksaan sepertibiasa dilakukan di bandaraPolandia saat melakukancheck in dan setibanya di ban-dara Ukraina melalui petugasimigrasi setempat.

Ukraina memberlakukanperaturan masuk ke negaramereka lebih ketat sebab me-reka tidak masuk dalam ka-wasan wilayah Uni Eropahingga mewajibkan setiappengunjung yang memasukiUkraina membuat visa baru.Visa Schengenz yang berlakuuntuk semua negara Eropatidak berlaku di Ukraina. (*)

Meretas Sejarah Treble

lima kali menjadi juara dunia,hingga kini tak mampu me-raih tiga gelar secara berun-tun. Mereka memang pernahJuara Dunia dua kali beruntunpada edisi 1958 dan 1962, na-mun saat itu, Selecao takmampu berprestasi di ajangCopa America.

Selain berpeluang merebuttreble, Spanyol juga bersiapmengukir sejarah baru seba-gai tim pertama yang mampumenjadi juara beruntun diPiala Eropa. Sejak 1960, belumada juara bertahan yang bisamelakukan back to back.

Dua tim juara bertahanyang kemudian sukses loloske final adalah Uni Soviet (kiniRusia) pada 1964 dan Jerman(Barat) pada 1976. Namun ke-duanya kalah sehingga haruspuas sebagai runner up?

Kali ini Spanyol mencobamenaklukkan fata yang telahberubah menjadi mitos terse-but. Iker Casillas dkk menjaditim pertama yang ke final danmenunggu pemenang darilaga Jerman vs Italia yangberlangsung dinihari tadi.

Bagi Spanyol, partai pun-cak pada Senin (2/7) diniharidi Kiev, Ukraina, akan men-jadi final keempat mereka diPiala Eropa. Dari tiga final,Spanyol memenangi dua.

Dengan tiket final sudah ditangan, membuat Iker Ca-sillas dkk semakin termotivasiuntuk bisa mengukir sejarahbaru. Dan motivasi bisa men-jadi juara tersebut diungkap-kan Casillas setelah menum-bangkan Portugal di semifinal.

Optimisme menjadi juarajuga dilontarkan pahlawanSpanyol dalam adu penaltimelawan Portugal di semifi-nal, Cesc Fabregas. Gelandangyang kerap dimainkan seba-gai penyerang ini yakin nega-ranya mampu menjadi juaradan menciptakan sejarah barudi dunia sepak bola.

Tak hanya mengejar statustreble winner, Spanyol juga me-ngejar raihan tim Jerman yanghingga EURO 2012 ini tercatatsebagai tim dengan koleksi ge-lar juara Piala Eropa terbanyak,tiga gelar. Spanyol baru dua kalijuara Eropa dari tiga kali ke final--belum termasuk 2012 ini.

Final pertama Spanyol ter-jadi pada 1964 ketika merekamenjadi tuan rumah. Spanyolyang diarahkan oleh Jose Vil-lalonga menghadapi Uni So-viet yang kala itu diperkuatoleh kiper legendaris mereka,Lev Yashin.

Gol Jesus Maria Pereda sem-pat disamakan oleh GalimzyanKhusainov. Namun, Spanyolakhirnya menang 2-1 sebagaituan rumah setelah Marcelino

Martinez membobol gawangYashin di menit 84.

Setelah 20 tahun berselang,di Piala Eropa 1984, Spanyolmelangkah lagi ke final. Teta-pi, kali ini mereka kalah darituan rumah Perancis yangkala itu diperkuat oleh kuartetgelandang Luis Fernandez,Michel Platini, Alain Giresse,dan Jean Tigana. Dua gol dariPlatini dan Bruno Bellonemembuat Spanyol pulangdengan menelan pil pahit.

Tim Matador harus menung-gu lama hingga 2008 sebelumbisa mencapai final lagi. Di ba-wah arahan Luis Aragones,mereka membuat Jerman ter-tunduk berkat gol tunggal Fer-nando Torres. Spanyol punmendapatkan trofi kedua.

Trofi Piala Eropa 2008 itupun menjadi awal dari dominasiSpanyol. Di Piala Dunia 2010,mereka kembali sukses menca-pai final dan tampil sebagaijuara dunia. Bagaimana kelan-jutan dominasi Spanyol ini ma-sih patut untuk dinantikanselepas final di Kiev nanti.

Sejauh ini, Jerman masihmenjadi pemegang catatan ge-lar juara terbanyak dengan tigagelar. Die Mannschaft meraihnyausai enam kali melaju ke final.Layak dinantikan juga, apakahJerman bisa mengalahkan Italiadan menjejak final ketujuh me-reka. (tribunnews/rif)

dah bagus dan bertambah,berarti menambah tanggungjawab kami juga, lantaran eks-pektasi masyarakat tentu me-ningkat berkaitan dengan pela-yanan kesehatan di puskesmasyang memang sudah menda-patkan sertifikasi ISO ini,” kataKepala Puskesmas NgemplakI, Ana Ratih Wardani.

Bangunan dua lantai yangdiresmikan itu terdiri atas 16ruang rawat inap. Sementarauntuk sarana medisnya, ter-dapat tiga unit ambulans dan70 karyawan. Berkat bantuanurang Banua, meski berstatussebagai puskesmas, keleng-kapannya hampir menyeru-pai rumah sakit. “Iya, seka-rang sudah makin megah, tapisaya tidak mau menginap la-ma di situ. Siapa coba yangmau sakit,” ujar seorang war-ga, Mia sembari tertawa.

Menurut Ana, puskesmas

itu memang tak hanya dima-faatkan oleh masyarakat se-tempat. Banyak juga wargaKlaten, Jateng yang berobat ditempat tersebut karena beradadi area jalur transportasi Ja-teng-DIY. Pada 2011, tercatat34.666 kunjungan rawat jalan,dengan rata- rata pelayanansebanyak 115 pasien serta rawatinap sebanyak 1.195 pasien.

Masih menurut dia, di ge-dung lama, terdapat 16 tem-pat tidur, dengan pemanfaat-an mencapai angka 60 persenserta rata-rata tak terisi seba-nyak 2 hari.

“Kini, saya yakin, tidakakan pernah mengalami ken-dala kekurangan ruang. Inti-nya bisa melayani sebanyak-banyaknya pasien,” ucapnya.

Diungkapkan Ana, luasantanah untuk bangunan baruitu meliputi 620,6 meter per-segi untuk lantai I dan 468 me-ter persegi untuk lantai II. Da-na yang telah digunakan se-

banyak Rp 1.520.447.000 se-hingga masih ada saldo Rp55.120.615. Sisa uang itu diren-canakan untuk biaya pemba-ngunan pintu gerbang danfasilitas lain.

Rudy mengatakan dirinyasangat berbahagia bisa me-nyampaikan amanah masya-rakat Kalsel. “Sebuah kebaha-giaan jika bisa berbagi dengansesama, oleh karena itu kamiikut sertakan beberapa kepaladinas, dan perwakilan dariBPost Group yang selalu me-ngambil peran terdepan saatterjadinya bencana,” katanya.

Sedangkan Sri Purnomomenyampaikan penghargaantinggi terhadap kepedulianmasyarakat dan PemprovKalsel. Dia berharap kerja sa-ma tersebut bisa terjalin ma-kinerat. Tidak hanya pada bi-dang kesehatan. “Bisa juga di-arahkan untuk kepentingan dibidang lain seperti ekonomi,”katanya. (tribunjogja/mon)

Sambungan hal 1

Agus Siapkan Rp 9,4 Triliun

Menurut Agus, pemberianpinjaman itu juga memperli-hatkan bahwa kondisi Indo-nesia sudah lebih baik. Selainitu, pinjaman itu juga menjadilangkah antisipasi agar krisisekonomi di berbagai negaratidak membahayakan pereko-nomian dunia, yang pasti ber-imbas ke Indonesia. “Ini ke-sempatan yang baik karenaIndonesia juga pernah pinjamIMF di 2006 namun sudah dikembalikan,” tegas Agus.

Dari mana dana itu? Agusmenegaskan bukan dari AP-BN. “Itu semacam suatu pe-ngelolaan dana yang merupa-kan bagian dari cadangan de-visa negara. Praktiknya, se-perti uang kas dalam suatuperusahaan. Sebagian, misal-nya saja, seperempat uang kasdalam bentuk tunai, dan sele-bihnya ditempatkan di bank,”katanya.

Oleh karena itu, apabilamemberikan pinjaman kepa-da IMF, anggarannya tetapada di neraca cadangan devisa

Indonesia tetapi hanya tercatatsebagian ditempatkan di IMF.

Ekonom Yanuar Rizky me-nilai boleh-boleh saja Indone-sia meminjami IMF. Asalkan,pengembaliannya disertaibunga yang tinggi.

“Kalau bantuan Indonesiake IMF mendapat untung de-ngan bunga besar, boleh sajadiberikan. Kalau tidak, lebihbaik jangan. Negara yang se-benarnya paling tepat mem-berikan bantuan untuk IMFitu adalah Cina,” katanya.

Hal senada dikatakan ang-

gota DPR, Hendrawan Supra-tikno. Dia berpendapat Indo-nesia lebih konsentrasi men-jaga stabilitas ekonomi dalamnegeri. “Indonesia belum bisadikatakan mampu untuk itu.Cocoknya Cina yang mem-bantu,” kata dia.

Menurut Hendrawan, ban-tuan Indonesia ke IMF tidakharus berupa ‘uang segar ’tetapi bisa juga melalui caralain seperti pasar yang tidakprotektif. “Belum saatnyaIndonesia melakukan itu,” tegasnya. (kps/srp)

Sambungan hal 1

Masyarakat Sudah Jenuh

pemilukada HSU masing-ma-sing calon kurang maksimal.Ya, dari banyaknya calonyang ada, saya rasa, tidak adayang diminati masyarakat.

Kini tinggal bagaimanalangkah KPU (Komisi Pemi-lihan Umum) setempat. Initugas KPU, dan saya tegaskanKPU jangan mengeluh.

Apalagi ada yang memper-tanyakan tingkat keakuratanDPT yang digunakan dalampemilukada HSU.

Apakah memang pemilihtidak datang? Atau justrubanyak pemilih yang sebenar-nya tidak memenuhi syarat,masuk DPT, ini menurut sayatidak elok untuk dipertanya-kan lagi.

Situasi masyarakat yang

saya rasa sudah apatis, bahkanbisa dikatakan masa bodoh,tidak peduli atau bahkan da-lam istilah sudah ‘muyak’.

Kenapa banyak pemilihyang tidak menyalurkan hakpilihnya, itu tentu tugas KPU.Bisa jadi dari langkah sosialisasiyang dilakukan KPU selama initidak maksimal, dan saya me-nilai KPU tidak siap. Ada sesua-tu yang tidak berjalan. (kur)

DIPERIKSA -Pengusaha HaryTanoesoedibjomemenuhi panggilankedua KomisiPemberantasanKorupsi (KPK), diJakarta, Kamis (28/6). Ketua DewanPakar Partai Nasdemitu dimintai kete-rangan terkait dugaankasus restitusi pajakBhakti Investamadengan tersangkaJames Gunardjo danTommy Hindratno.

KOMPAS/LUCKY PRANSISKA (UKI)

Page 7: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

Jumat, 29 Juni 2012 Halaman 17

E D I S I K H U S U S

Superball

Battle of Europe

Player to Watch: Cecs FabregasPlayer to

CESC Fabregas berlari ke arah Iker Casillas usai men-jebol gawang kiper Portu-gal Rui Patricio dalam drama adu penalti. Keduanya kemu-dian berpelukan merayakan ke-menangan Spanyol atas Portugal, Kamis (28/6) dinihari.

Itulah drama yang terjadi di Don-bass Arena, Donetsk, Ukraina, pada babak semifi nal Euro 2012. Fabregas dan Casillas bisa disebut sebagai pahla-wan kemenangan Spanyol 4-2 dalam adu tendangan 12 pas.

Casillas sukses menggagalkan eksekusi penendang pertama Portugal, Joao Moutin-ho, setelah eksekutor pertama Spanyol, Xabi Alonso, di luar dugaan tendangannya dibaca Patricio.

Sedang Fabregas yang maju sebagai ekse-kutor kelima, muncul sebagai penentu keme-nangan untuk membawa Tim Matador berhak lolos ke fi nal.

Yang menarik, kedua sosok pahlawan ini be-rasal dari dua klub rakasa Spanyol yang memi-liki rivalitas panas. Casillas kiper sekaligus kap-ten Real Madrid, sementara Fabregas menjadi andalan lini depan Barcelona.

Sepanjang musim 2011/2012, kedua klub kembali terlibat persaingan ketat yang selalu dibumbui perang urat syaraf hingga menjurus adu fi sik para pemain dalam setiap pertemuan.

Madrid akhirnya berhasil mengakhiri dominasi Barcelona di La Liga Spanyol dalam empat tahun terakhir. Sementara Los Azulgra-na memenangi gelar Piala Super Spanyol usai mengalahkan Los Blancos di awal musim.

Awalnya, rivalitas Madrid dan Barca dikhawatirkan akan mengganggu performa Spanyol di pu taran fi nal Euro 2012.

Namun kekhawatiran tersebut tidak terbuk-ti. Skuad Spanyol yang didominasi pemain Bar-ca dan Madrid, tetap mampu menyatu menjadi satu kekuatan tangguh.

Setidaknya ini sudah terbukti dengan ke-berhasilan mereka melaju hingga ke babak grand fi nal. Tinggal selangkah lagi mere-ka akan mempertahankan gelar juara.

Kepada Radio Cope, Casillas mengatakan bahwa Spanyol su-dah “berhasil meredam semua kritikan” maupun kekhawatiran tentang penampilan sang juara bertahan.

“Sekarang, saya harap se-muanya bahagia, baik su-porter, media, maupun para pemain. Semo-ga kami bisa melan-jutkannya,” ungkap sang kapten.

Fabregas juga me-muji kinerja timnya yang mampu tampil

so lid. Ia pun makin termotivasi menatap laga fi nal di Kiev, Ukraina.

“Saya bermain buruk namun tim tel-ah bekerja keras dan menikmati hasilnya.

Saya menyesal telah melarang keluarga saya untuk datang. Saat ini saya san-

gat bersemangat,” beber Fabregas. Selain aksi Fabregas dan Casil-las, kemenangan Spanyol

dalam drama penalti juga berkat kontribusi pe-

main Barca dan Ma-drid lainnya. Mereka

adalah Andres Inies-ta, Gerard

Pique, dan Sergio Ra-mos yang sukses menjadi eksekutor.

Perlu dicatat, sukses Spa-nyol memenangi Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 tak lepas dari bersatunya pemain Madrid dan Bar-celona, yang sebelumnya “terpisah” oleh identifi kasi politik sebagai bangsa Spanyol dan bangsa Catalan.

Sejak 2008, tak ada lagi gap antara anak-anak Madrid dan Catalan. Mereka mengu-sung satu nama: Espana!

Dan kini, kolaborasi pemain Madrid dan Barcelona di skuad Matador bersiap mengejar gelar prestisius ketiga beruntun dalam enam tahun terakhir.(Tribun-news.com/ka7)

HeroeHeroe de la Rival de la Rival

Bicara dengan BolaMULUT Cesc Fabregas komat-kamit saat berjalan sembari memeg-ang bola menuju di titik putih. Apakah ia sedang mengucapkan doa atau mantra sebelum melakukan eksekusi penalti?

Ternyata tidak. Pemain Spanyol ini mengaku saat itu dirin-ya sedang bicara dengan bola. “Aku bilang pada bola itu, kita

harus membuat sejarah dan jangan bikin aku kecewa,” tu-turnya dilansir BBC usai laga.

Permintaan Fabregas dikabulkan sang bola. Sete-lah sempat membentur tiang bawah, bola kemudian

menggelinding masuk ke dalam gawang Rui Patricio. Fabregas pun menjadi penentu kemenangan

Timnas Spanyol atas Portugal dalam drama adu penalti pada semifi nal Euro 2012 tersebut. Ini

merupakan momen kedua baginya setelah melakukan hal yang sama pada Euro 2008.

Pemain asal klub Barcelona ini menjadi penendang kelima saat Spanyol sudah ung-gul 3-2 atas Portugal. Padahal sebenarnya ia diperintahkan tim pelatih Spanyol untuk menjadi algojo kedua.

“Mereka awalnya ingin aku menjadi penendang penalti kedua, tapi aku meno-

lak dan ingin menjadi eksekutor kelima sesuai dengan fi rasatku,” ungkap pemain berusia 25

tahun tersebut.“Saya mengatakan pada Toni Grande

(asisten pelatih), saya yakin bisa mengu-lang momen saat lawan Italia,” kata pemain berjuluk Super Fab ini.

Pada Piala Eropa 2008, Fabregas juga menjadi penentu keme-nangan timnya saat me-lewati babak adu penal-ti saat bertemu Italia di babak perempatfi nal.

Kala itu, Fabregas juga maju sebagai penendang kelima dan sukses mem-bawa Tim Matador unggul dengan skor 4-2.

Well, Super Fab kini layak mendapat julukan baru; spesialis penen-tu penalti! (Tribunnews.com/ka7)

AFP / FRANCK FIFE

GOL PENALTI - Cesc Fabregas (kiri) mencetak gol kemenangan Spanyol dalam drama adu penalti setelah memperdaya kiper Por-tugal Rui Patricio.

mmmpupupp mmenennenyayayay tututuu mmmmeneenjajajadidi

erbubuktktk i i dedengn ann kke-e-u hhiiningggga kek bababakakak nnggkgkahah lagagi i meerere--nn ggelelarar jjuauararaa.CCasasilillalas s nynyolol ssu-uu-semumua a aaawawatitiraran nng g jujuarara a

p p sese--u-

Kontribusi Pemain

dan Real MadridBarcelona

Kontribusi Pemain

danBarcelona Real Madrid

Catatan:Victor Valdes (Barcelona)dan Raul Albiol (Real Madrid) belumpernah diturunkan di Euro 2012.

Iker CasillasM: 5W: 480KG: 1

Gerrard PiqueM: 5W: 480* 1 gol penalti

SM: 5W: 480* 1 gol penalti

ergio Ramos

Alvaro ArbeloaM: 5W: 480

Andres IniestaM: 5W: 464A: 1 * 1 gol penalti

Xavi HernandezM: 5W: 446

Cesc FabregasM: 5W: 240G: 2 * 1 gol penalti

Xabi AlonsoM: 5W: 455G: 2

Sergio BusquetsM: 5W: 480

Pedro RodriquezM: 2W: 58 Ket:

M:W:

KG:G:

A:

MainWaktu (dlm menit)

KegolanGol

Assist

GRAFIS: BAYU

SELEBRASI - Gelandang Spanyol, Cesc Fabregas, melakukan selebrasi bersama kiper Iker Casillas sete-lah menjadi penentu kemenangan dalam adu pen-alti melawan Portugal pada semifi nal Euro 2012 di Donetsk, Ukraina, Kamis (28/6).

DatadiriNama:

Francesc Fabregas Soler

Lahir:

4 Mei 1987 (25 th)

Tinggi:

179 cm

Posisi:

Gelandang

Klub:

Barcelona

Kebangsaan:

Spanyol

JUMAT 29 JUNI 2012 Banjarmasin PostHalaman 7

Page 8: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

JUMAT29 JUNI 201218 slavek-slavko story8

Banjarmasin PostJUMAT 29 JUNI 2012

Laporan Langsung

Wartawan Tribun

M. Husein Sanusi

dari Polandia-Ukraina

Updating Berita di:

Tribunnews.com

EURO2012

KEPASTIAN tim nasional Spanyol melaju ke fi nal Euro 2012 setelah menang atas Portugal lewat adu penalti langsung disam-but dengan suka cita oleh ribuan suporter Span-yol yang menyaksikan pertandingan di fans zone Palace Culture, Warsawa, Polandia.

Mereka merayakannya dengan menggelar selebrasi kemenangan di bawah menara tinggi di pusat kota Warsawa yang dibangun Stallin itu di era komunis. Para suporter ini berteriak keras saat Cesc Fabregas mencetak gol penentu kemenangan penalti sambil berjingkrak-jingkrak.

Bendera Spanyol dikibar-kan dimana-mana sambil bernyanyi “Viva Espana”. Selebrasi dilakukan dengan membuat lingkaran sambil berputar sebagi tanda ke-banggaan dan kebahagiaan kembali tampilnya Span-yol di partai puncak even empat tahunan sepakbola Eropa.

Selebrasi ini berlangsung cukup lama hingga pukul 03.00 dini hari waktu Po-landia. Para suporter masih terlihat memenuhi kawasan fans zone.

DATA FAKTADATA FAKTAHasil Semifi nal

Kamis (28/6)

Portugal 0-0 Spanyol

Adu penalti: 2-4 (Pepe, Nani;

Iniesta, Pique, Ramos, Fab-

regas)

JADWAL FINALJADWAL FINAL

Senin (2/7) dinihari

Spanyol vs Jerman/Italia

TOP SKORTOP SKOR

3 gol: Mario Mandzukic (Kroa-

sia), Mario Gomez (Jerman),

Cristiano Ronaldo (Portugal)

Alan Dzagoyev (Rusia)

2 gol: Petr Jiracek (Republik

Ceko), Vaclav Pilar (Repub-

lik Ceko), Nicklas Bendtner

(Denmark)

Michael Krohn-Dehli (Den-

mark), Dimitris Salpingidis

(Yunani), Xabi Alonso (Span-

yol), Cesc Fabregas (Spanyol),

Fernando Torres (Spanyol),

Zlatan Ibrahimovic (Swedia),

Andriy Shevchenko (Ukraina)

TOP ASSISTSTOP ASSISTS

3: Mesut Oezil (Jerman),

Steven Gerrard (Inggris),

David Silva (Spanyol), Andriy

Arshavin (Rusia)

2: Joao Moutinho (Portugal),

Sebastian Larsson (Swedia),

Andrea Pirlo (Italia), Nani

(Portugal), Karim Benzema

(Perancis), Bastian Schwein-

steiger (Jerman)

Fans Matador Berangsur Tinggalkan Warsawa

Pada pagi harinya, fans fanatik tim Matador ini terlihat langsung sibuk menyerbu stasiun kereta api Warszawa Centralny yang pas berada di depan fans zone.

Tujuan mereka selan-jutnya adalah Ukraina yang akan jadi tempat berlang-sungnya partai fi nal. Antri-an di stasiun kereta api pun kembali tak terelakkan.

Dengan masih tetap mengenakan seragam kaos Spanyol, para suporter ini membawa barang-barang mereka menuju Ukraina.

Tampak kekompakan di-tunjukkan para pendukung Matador ini saat berada di stasiun. Mereka kembali bernyanyi sambil men-gibarkan bendera Spanyol. Tak peduli mereka sedang berada di negara orang, Po-landia seperti milik orang Spanyol saat itu.

Sementara itu fans Portu-gal sudah mulai tidak tam-pak lagi berseliweran. Pada saat malam hari mereka pulang meninggalkan fans zone dengan lesu meratapi nasib kegagalan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan yang kalah menyakitkan dengan proses adu penalti.(Tribunnews.com/cen)

Nobar TegangDiawasi Ketat Ribuan Polisi Operasi Cari Buronan Pengacau Euro 2012

AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS

LAYAR LEBAR - Suporter serius menyaksikan pertan-dingan dari layar lebar.

PERTANDINGAN semi-fi nal Euro 2012 antara Spanyol dan Portugal tidak hanya seru dan ketat di atas lapangan hijau. Laga babak penentuan untuk lolos ke fase fi nal dirasakan men-egangkan oleh fans kedua kesebelasan, tak terkec-uali bagi para suporter yang menyaksikan laga di fans zone Palace Culture, War-sawa, Polandia.

Tidak hanya tegang ka-rena alotnya pertandingan dan pada saat terjadi adu penalti, tapi penonton merasakan ketegangan berlebihan saat nonton bareng karena adanya pengawasan ketat dari ribuan aparat kepolisian yang berjaga di sekitaran fans zone.

Nonton bareng di fans zone Palace Culture kemarin malam memang banyak diminati oleh warga Polandia dan suporter dari kedua kesebela-san. Jumlah mereka yang datang ke fans zone ribuan, maklum ini adalah pertandingan dua tim besar.

Suasana tegang sudah mulai terasa saat akan memasuki pintu gerbang masuk fans zone. Polisi awalnya hanya mem-buka satu pintu gerbang masuk dari lima pintu gerbang yang ada di fans zone. Aki-batnya antrian panjang untuk memasuki fans jadi tak terelakkan.

Di depan pintu gerbang utama pas berada di depan mall Zlote Tarasy, an-trian para pengunjung yang ingin me-masuki fans zone sekitar satu setengah kilometer. Para pengunjung ini terlihat ada yang menggerutu karena polisi hanya membuka satu pintu gerbang.

Tidak hanya itu, saking ketatnya untuk memasuki fans zone, polisi Po-landia juga memeriksa semua barang bawaan para pengunjung dengan menggeledah isi tas satu persatu. Pemeriksaan paling ketat dilaku-kan terhadap orang asing termasuk Tribun.

Saat memasuki pintu gerbang, polisi Polandia yang mayoritas berbadan

tinggi dan tegap itu langsung meminta paspor, memeriksa visa sambil menginterogasi maksud dan tujuannya da-tang ke Polandia.

Tidak cukup sampai di situ, polisi juga menanyakan dokumen perjalanan seperti halnya dokumen wartawan dan kartu identitas. Pemerik-saan dilakukan sekitar satu jam, para polisi itu mencatat identitas yang ada di paspor lalu mengecek kebenaran visa

dengan menelpon kantor imigrasi.Parahnya para polisi ini mela-

rang setiap jurnalis yang akan memasuki fans zone membawa kamera. Tribun sempat protes adanya kebijakan yang tak lazim itu, namun polisi memohon untuk sementara waktu tidak mengambil gambar di dalam fans zone dengan alasan situasi sedang darurat.

Penasaran dengan penjelasan polisi tersebut, Tribun balik bertanya detail kondisi darurat tersebut. Polisi hanya menjawab bahwa mereka sedang melakukan operasi besar-besaran un-tuk mencari seorang buronan yang ber-potensi mengacaukan perhelatan Euro 2012 di Polandia.

Situasi di Warsawa kemarin memang tak seperti biasanya. Sejak sore hari ribuan polisi disiagakan di setiap jalan

protokol. Saking ketatnya, per lima meter jalan protokol berdiri lima orang polisi membentuk pagar betis.

Mobil-mobil kepolisian dengan senjata lengkap diparkir di sepanjang jalan protokol terutama di jalan yang menghubungkan National Stadium dengan fans zone.

Polisi tampaknya khawatir laga terakhir semifi nal yang digelar di Warsawa disabotase para pengacau. Namun hingga laga usai, situasi tetap terkendali.(*)

AFP PHOTO/GABRIEL BOUYS

TEGANG - Seorang fans tampak tegang saat menyaksikan laga Spanyol versus Portugal lewat layar lebar di fan zone Warsawa, Polandia, Kamis (28/6).

AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS

TERIAK - Suporter Spanyol berteriak setelah timnya memastikan lolos ke fi nal Euro 2012. Suporter Spanyol mulai meninggalkan Warsawa, Polandia, menuju ke Kiev, Ukraina.

TRIBUNNEWS.COM/HUSEIN SANUSI

ANTRI - Suporter antri untuk masuk fan zone Warsawa, Polandia, Kamis (28/6).

2906/B08

Page 9: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

Battle of Europe

Jumat, 29 Juni 2012 Halaman 19

iklan jakarta7X100

DUNIA memang sudah berubah.Jaman dulu sebelum dikenaljejaring sosial bernama twitter ataufacebook, usai bertanding parapemain biasanya akan menyepi diruang ganti menelepon orang-orang terdekat nun jauh di sanauntuk berbagi perasaan: bahagiajika tim menang, atau sedih jikatim kalah.

Tapi kini, lihatlah apa yangdilakukan para pemain Spanyolusai mengalahkan Portugal lewatdrama adu penalti 4-2 padasemifinal Euro 2012 di DonbassArena, Donetsk (28/6). Usaiberselebrasi di lapangan, AndresIniesta dkk masuk ke ruang ganti,dan setelah itu sibuk mempermain-kan ibu jarinya, “berkicau” lewattwitter, atau pun menulis status difacebook. Tak sekadar menulis,mereka pun mengunggah fotosituasi di kamar ganti.

Dalam sekejap pula, belasan ribufollower mereka mengetahui apayang terjadi di ruang ganti tim LaFuria Roja beberapa saat setelahmereka memastikan masuk kefinal.

Yang paling menarik adalahsebuah foto yang diunggah diakun twitter Gerard Piqué ?@3ger-ardpique dan Andrés Iniesta?@andresiniesta8. Foto memperlihat-kan suasana di kamar gantidimana Pique sedang duduksantai di lantai menghadapkamera, dengan kedua tangandirentangkan. Ia memakai jerseylatihan, dan kaus kaki, tanpasepatu. Di belakangnya, duduk dikursi, Andres Iniesta masihdengan jersey resmi, mengacung-kan, jempol, dan sepertinya hanyamemakai celana dalam, yangditutupi jaket, serta hanyamemakai sandal.

Di sampingnya, lebih parah lagipenampilan Pedro Rodriguez yangtelanjang dada, dan hanyamemakai celana dalam, berposesedang mengacungkan jempol. Disebelah Pedro, terlihat XaviHernandez berpakaian lebihlengkap, namun tanpa sepatu,sibuk dengan telepon selulernya.

Dari keempat pemain tersebut,tiga di antaranya langsungmenuliskan status mereka. Piquemenulis pendek, “The Final!!Great!! Vamooosss!”. Iniesta

the player the player tweetstweets

Frank Sinclair (?@FrankMSinclair)Frank Sinclair (?@FrankMSinclair)Frank Sinclair (?@FrankMSinclair)Frank Sinclair (?@FrankMSinclair)Frank Sinclair (?@FrankMSinclair)

Kesalahan terbesar Portugal, bagaimana penendang penalti

terhebat hanya jadi penendang kelima? Apakah dia meng-

inginkan kejayaan, dan berakhir dengan wajah merah sedih di

mukanya?

Matt Le Tissier ?(@mattletiss7Matt Le Tissier ?(@mattletiss7Matt Le Tissier ?(@mattletiss7Matt Le Tissier ?(@mattletiss7Matt Le Tissier ?(@mattletiss7

Saya tak akan mengkritik Ronaldo. Saya melakukan hal

serupa saat adu penalti di Old Trafford pada 1992! Bedanya,

kita waktu itu menang sebelum saya menendang penalti

David Meyler (@DavidMeyler)David Meyler (@DavidMeyler)David Meyler (@DavidMeyler)David Meyler (@DavidMeyler)David Meyler (@DavidMeyler)

Ronaldo ingin menjadi penentu kemenangan penalti. Ramos

sangat berkelas dan penaltinya adalah semangat Pirlo-esque!

Peter Schmeichel (?@Pschmeichel1)Peter Schmeichel (?@Pschmeichel1)Peter Schmeichel (?@Pschmeichel1)Peter Schmeichel (?@Pschmeichel1)Peter Schmeichel (?@Pschmeichel1)

Saat adu penalti, saya selalu melakukan visualisasi situasi

sebelum lawan mengambil tendangan. Bisa jadi saya akan ke

kiri, atau ke kanan, atau ke kiri, atau malah diam di tempat

#lottery”

Tuliskan ‘kicauan” Twitter Anda baik berupa dukungan, komentar, maupun joke tentang tim kesayangan yang berlaga di Piala Eropa 2012 ke #Tribuneuro atau @Tribuneuro. “Kicauan” terbaik akan dimuat di rubrik trending topic.

!Ayo “Berkicau” SoalAyo “Berkicau” Soal Euro 2012Euro 2012

AA ?@arbiacehAA ?@arbiacehAA ?@arbiacehAA ?@arbiacehAA ?@arbiaceh

Sepertinya,Semifinal Turnamen besar sepakbola sering diselesai-

kan lwat pinalti.Prediksi skor sering tak benar! Jerman vs Italia?

#TribunEuro

Candra kurnia ?@CakurCakurCandra kurnia ?@CakurCakurCandra kurnia ?@CakurCakurCandra kurnia ?@CakurCakurCandra kurnia ?@CakurCakur

adu penalti itu berarti mengadu keuntungan masingmasing kalo

gk untung ya kalah wkwk #tribuneuro

Edo Segara ?@EdoSegaraEdo Segara ?@EdoSegaraEdo Segara ?@EdoSegaraEdo Segara ?@EdoSegaraEdo Segara ?@EdoSegara

Bkn cm Andrea Pirlo yang bisa pinalti panenka, Sergio Ramos jg

bisa! Smg ketemu Italia di final. Jerman ke laut aje, he...

#TribunEuro 2012

Fahmi Indra ?@fahmiindra7Fahmi Indra ?@fahmiindra7Fahmi Indra ?@fahmiindra7Fahmi Indra ?@fahmiindra7Fahmi Indra ?@fahmiindra7

Memenangkan pinalty bukan berarti spanyol lebih baik dari

portugal #TribunEuro

AAAAAdi Tdi Tdi Tdi Tdi Teguh Prastyeguh Prastyeguh Prastyeguh Prastyeguh Prastyo ?@Ao ?@Ao ?@Ao ?@Ao ?@Adishiip_LeeVdishiip_LeeVdishiip_LeeVdishiip_LeeVdishiip_LeeVooooowwwww

Portugal wajib mencoba lagi di lain waktu. Begitu juga CR7, wajib

coba lagi di panggung yg lebih megah. #TribunEuro

Finalistassss!!!

TWITTER/GERARD PIQUÉ ?@3GERARDPIQUE

KAMAR GANTI- Foto yang diambil dari akun twitter Gerard Pique ini merekam suasana di kamar gantipemain Spanyol usai mereka mengalahkan Portugal lewat adu penalti pada semifinal Euro 2012 di DonbassArena, Donetsk, Ukraina, kemarin. Tampak Gerard Pique (bawah), dari kiri atas Xavi, Pedro, dan Iniesta.

JIKA para pemain Spanyol lain sibuk menuliskan“kicauan” soal sukses mereka ke final, lain haldengan bek Alvaro Arbeloa. Bek asal Madrid inijustru seperti sibuk dengan dunianya sendiri.Beberapa jam usai timnya menang, ia menuliskalimat filosofis yang kurang lebih artinya, “segalan-ya tergantung pada apa yang kamu pikirkantentang diri kamu, ketimbang opini dari orang-orangtentang diri kamu. “

Beberapa saat kemudian, ia memajang postingan

KOMIK-Komik

duelAlvaro

Arbeloakontra

Ronaldoyang

diunggahdi akuntwitter

Arbeloa.?@AARBELOA17

Bangga Lumpuhkan Ronaldo

menulis, “Sungguh sebuahkegembiraan tak terperi!! Kitamenjelang akhir perjalanan!Betapa hebatnya tim ini! Terima-kasih untuk semua.”

Sedang Pedro lewat akunnya @_Pedro17 menulis . “Kami sudah difinal! Satu langkah lagi menujusejarah baru! Mari, selamat untuksemua.” Sayangnya, Xavi tak“berkicau” di twitternya. Sangmaster passing ini memangterbilang sangat jarang nge-tweet.

Para pemain Spanyol lain punikut ramai berkicau usai kemenan-gan di partai yang berakhir 120menit tersebut. Cesc Fabregaslewat akunnya @ cesc4official menulisfrase pendek, “Finalistasssss!!!”,sembari memasang foto dirinyasedang di kamar ganti hanyaberbalut handuk bareng dengankiper Iker Casillas.

Mereka yang tak sempat ikutmain pun tak mau kalah ikut nge-tweet, seperti dilakukan VictorValdes’ lewat akun twitternya1victorvaldes. Ia menulis “Kita

sudah di final! Selamat untuk timyang sudah melakukan permainanhebat. Kita hanya selangkah lagiuntuk jadi juara.”

Satu hal yang sudah jadikebiasaan umum dalam urusantwitter ini adalah, para pemaindari tim yang menang biasanyamemang akan mendadak rajin“berkicau”. Sedang tim yangkalah, akan mendadak bungkamseribu bahasa.

Demikian juga dengan Portugal.Tak ada pemain dari Selecao yangberkicau usai kekalahan menyakit-kan tersebut. Cristiano Ronaldomisalnya. Bintang Real Madridyang biasanya cukup cerewetberkicau ini kemarin mendadakjadi bisu. Akun twitternya@Cristiano hanya berisi tulisannyajelang pertandingan pada 27 Juniyang berharap kemenanganPortugal. (Tribunnews/den)

BERPOSE-CescFabregasberposedenganIkerCasillas diruang gantipemain.

TWITTER/CESCFÀBREGAS SOLER?@CESC4OFFICIAL

dari seseorang bernama gesiOH ?@gesiOH berisigambar komik dirinya sedang siap berduel denganCristiano Ronaldo.

Dipasangnya gambar tersebut seolah menyiratkankebanggaan Arbeloa bahwa dirinya telah berhasilmenaklukkan Ronaldo hingga mati kutu, dan takbisa mencetak gol.

Sekaligus membungkam kritikan yang selama inideras mengarah kepadanya sebagai salah satu titikterlemah di tim Spanyol. (den)

GRAFIS: BAYU

tweetball

PEDRO RODRIGUEZ

Winger Spanyol

“Kami sudah di

final! Satu

langkah lagi

menuju sejarah

baru! Mari,

selamat untuk

semua."

@ _Pedro17

JUMAT 29 JUNI 2012 Banjarmasin PostHalaman 9

Battle of Europe

2906/B09

Page 10: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

Battle of Europe

JUMAJUMAJUMAJUMAJUMATTTTT, , , , , 29 JUNI 2012 HALAMAN 22HALAMAN 22HALAMAN 22HALAMAN 22HALAMAN 22

PPPPPanenkanenkanenkanenkanenka a a a a KKKKKeduaeduaeduaeduaeduaSERGIO Ramos melangkah dengantenang ke dalam kotak penalti.Tampil sebagai algojo keempatSpanyol, ia mengecoh kiper PortugalRui Patricio dengan tendangan alaPanenka seperti yang dilakukanplaymaker Italia, Andrea Pirlo padalaga melawan Inggris.

Kegagalan eksekusi Bruno Alves dikubu Portugal memberikan harapanbagi juara bertahan untuk melaju kefinal. Memang benar, Cesc Fabregassebagai penendang penentu mampumelaksanakan tugas dengan baik.Tendangan pemain Barcelona itumeluncur mulus ke gawang Portugal.

Skor 4-2 (0-0) di Donbass Arena,Donetsk, Ukraina, kamis (28/6)memastikan La Furia Roja melangkahke final dan menunggu pemenangantara Jerman melawan Italia.

Tetapi eksekusi ala Panenka yangdilakukan Ramos menjadipembicaraan luas. Kendati tidaksekelas dengan tendangan Pirlo,kemampuan Ramos itu sepertimembuka mata publik sepakbolabahwa Spanyol tidak hanya tangguhdalam permainan kolektif, tetapijuga memiliki pemain berkualitasbagus.

Bagi Ramos, pengalaman menjadialgojo bukan hal yang mudah.Kegagalan mengeksekusi penaltipada semifinal Liga Champions saatmelawan Bayern Muenchen masihmembekas dalam benaknya. Namundengan keyakinan diri tinggi, Ramostak menampakkan keraguan samasekali. Bahkan ia dengan percaya dirimengarahkan bola ke tengahgawang.

Sekali lagi, tendangan Panenkayang pertama kali diperagakanpemain Republik Ceko, AntoninPanenka di final Piala Eropa 1976,muncul setelah 36 tahun. Tak hanyasekali, tendangan dengan tekniktinggi itu telah dua kali diperlihatkandi pentas sepakbola empat tahunan

Benua Biru.Soal tendangan tersebut, Ramos

mengakui telah mempersiapkannyadengan matang. Sebagai algojo, iamemiliki keyakinan diri tinggi untukmembawa Spayol ke final danmempertahankan gelar Piala Eropa.Ia memberi istilah premiditated atau artiharfiahnya sudah direnungkansebelumnya.

“Saya sudah merencanakannya(tendangan Panenka). Saya telahmemikirkannya dengan masak-masak. Memang hal itu sangatriskan, tetapi saya juga punyakepercayaan diri yang tinggi. Sayatelah melihat bagaimana kiper-kiperbergerak. Jadi saya yakin dia (RuiPatricio) akan bergerak ke satu arah,”katanya kepada UEFA.

Keberhasilan tendangan penaltidan membawa Spanyol ke final takhanya menjadi kebahagiaan dankebanggaan bagi bek Real Madrid.Hal itu juga sebagai hadiah bagikeluarga atas prestasinya.”Sayasangat bahagia bahwa keluarga sayadan anak-anak saya punya sesuatuuntuk diingat di masa mendatang,”paparnya.

Baginya, kemenangan di semifinalmelawan Portugal memang layakdiraih Spanyol. Menurutnya, timsedang dalam masa terbaiksepanjang musim. Apa yangterpenting saat ini adalah hasilpositif bagi tim, bukan sematapencapaian pribadi pemain.

Ramos mengakui bahwa ia sempatdicap sebagai pemain yang takmampu mengeksekusi penalti.Namun hal itu tak dipikirkannya.Segalanya akan berubah jika iamemiliki keyakinan untuk menjadilebih baik.

“Setelah mengalami kegagalan diLiga Champions, mereka menilaisaya tidak akan siap lagimelakukannya sekali lagi. Tetapisaya sangat percaya diri dan saya

sangat bangga dengan hal itu,”tuturnya.

Ia juga berterima kasih kepadaVicente Del Bosque yang tetapmemberiknya kepercaan untukmenendang penalti. Menurutnya,sang pelatih sangat tahu ia mampumemberikan yang terbaik bagi tim.

“Pelatih saya sangat mengertibagaimana saya dan percaya sayabisa melakukannya. Dia melewatkanbeberapa tahun bersama saya dandia tahu saya memang sedikit gila,”ungkapnya.

Mengenai peluang tim di final,Ramos tidak terlalu memikirkannya.Baginya, perjalanan tim hingga kesemifinal telah memberikankebanggaan tersendiri sebagaipemain Spanyol. Menurutnya, halterpenting adalah perjalanan timmengalahkan lawan-lawan yangtangguh adalah hal yang luar biasa.

“Apapun yang terjadi di finalnanti, saya senang telah memberikanandil bagi tim hingga pada titik ini.Fans pasti akan sangat bangga

dengan kami,” tuturnya.Namun mengenai pertandingan

melawan Portugal, ia mengakuibahwa laga itu bukan laga terbaikyang dijalani Spanyol.

“Pertandingan itu sangat beratdan bukan merupakan pertandinganterbaik kami. Mereka sepertinya inginmemutar bola dan melakukanserangan balik. Dan itu sangatmenyulitkan kami. Tapi saya sangatsenang dengan penampilan tim yangbisa lolos ke final,” jelas bekkelahiran Camas, Spanyol, 30 Maret1986 ini.

Jauh sebelum penyelenggaraanPiala Eropa, Sergio ramosmenyatakan akan tetap mengambiltendangan penalti bagi tim meskigagal di semifinal Liga Champions.

“Jika memang saya harusmengambil tendangan penalti lagi,saya pasti akan mengambilnya. SaatAnda merasa yakin untukmelakukannya demi tim, saya tidakakan pernah bermasalah dengan halitu,” katanya. (Tribunnews.com/wid)

Redam RonaldoSEBAGAI SEBAGAI SEBAGAI SEBAGAI SEBAGAI seorang bek, Ramos menampilkan

permainan lugas saat menghadapi Portugal.

Tercatat dua penyelamatan dibuat bagi tim

dari serangan lawan.

Ia juga berhasil meredam eksplosivitas

Cristiano Ronaldo di dalam kotak penalti.

Itupula yang mendasari ia terpilih sebagai

man of the match dalam laga tersebut.

Keberadaanya sebagai rekan satu tim di

Real Madrid memberikan keuntungan

baginya. Ia pun mengetahui tipe dan

karakter permainan Ronaldo.

Dengan fisik dan teknik mumpuni, Ramos

mampu bermain maksimal dalam setiap

laga. Pemain yang bisa bermain sebagai

bek tengah atau bek kanan ini dikenal

dengan permainan lugas dan keras.

Bersama Gerard Pique, lini belakang

Spanyol dibuatnya aman. Meski sempat ada

sejumlah ancaman dari Ronaldo cs, hal itu

tak membuat gawang Iker Casillas

kebobolan. Jika ia gagal menghalau lawan

di daerah pertahanan, Pique akan menjadi

pemain terakhir sebelum kiper, begitu pula

sebaliknya.

Menjadi pemain bertahan modern

membuat Ramos tak melulu berkutat di

daerah pertahanan sendiri. Ia beberapa

kali terlihat di daerah pertahanan lawan

untuk menjebol gawang lawan.

Melawan Portugal, ia juga

menyempatkan diri membantu tim

mencetak gol. Meski belum berhasil, ia

setidaknya sempat mengancam gawang Rui

Patricio dua kali. Satu kali diantaranya

mengarah ke gawang. (T(T(T(T(Tribunneribunneribunneribunneribunnews/wid)ws/wid)ws/wid)ws/wid)ws/wid)

JUMAT 29 JUNI 2012 Banjarmasin PostHalaman 10

Battle of Europe

2906/B10

Page 11: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

7 x150

Battle of Europe

Jumat , 29 Juni 2012 Halaman 21

bantah hal itu. “Tak masalah akuditempatkan sebagai eksekutorkedua, ketiga, atau kelima. Tak adatrauma kegagalan penalti ketikamelawan Bayern,” kilahnya kepadakoran Spanyol, Marca.

Menurut Ronaldo, adu penaltiibarat lotere. Spanyol beruntung dania dengan jantan memberi selamatkepada mereka. “Laga berjalan ketatdan sudah semestinya semuanyabangga dengan apa yang telahditampilkan. Kami keluar arenadengan kepala tegak,” kata Ronaldo.

Keputusan pelatih Paolo Bentoyang menyimpan Ronaldo sebagaipenendang kelima, disayangkanbanyak pihak. Termasuk duakomentator BBC yang menyebutpilihan untuk menurunkan Ronaldosebagai algojo penalti terakhir adalahsangat buruk.

Karena faktanya, bomber RealMadrid itu pun tidak mendapatbagian menyepak penalti bagi“Seleccao”. Pasalnya, mereka telanjurterdepak saat eksekutor terakhirSpanyol, Cesc Fabregas, memastikankemenangan 4-2 bagi timnya.

“Sangat jarang kesempatan(menendang penalti) itu datang bagieksekutor penalti kelima. Jika Andamencetak gol dari tiga penaltipertama, itu akan membuat lawanmakin terbebani. Saya pikir Ronaldoseharusnya memimpin dari awal,”kata eks gelandang Leeds United,Danny Mills.

“Seharusnya ia mencetak golpenaltinya, dan menyingkirkansegala beban dari semua beban yangdipikul rekan-rekannya yang lain.Kesalahan terjadi di sini,” sebutDanny Mills kepada BBC Radio 5 Live.

Tidak KebagianBahkan, striker legendaris Inggris,

Alan Shearer, angkat bicara langsungdari Stadion Donbass Arena di Donetsk.

“Sungguh tak masuk akal. Ronaldojadi algojo penalti kelima, apakahbenar ia menjadi eksekutor utamatimnya? Saya tak paham, benarkahRonaldo algojo terbaik Portugal?”tanya Shearer beretorika.

Mantan penyerang Inggris yangmendapat julukan “Super Al”mengatakan maksud Ronaldo jadi

Pilihan BurukPenalti Kelima

MAKSUD hati memeluk gunung.Namun apa daya tangan tak sampai.Maksud Ronaldo dirinya ingin menjadipemenang. Namun apa jadinya kalautim Portugal gagal melaju ke finalkarena pilihan keliru sebagai penen-dang penalti.

Peribahasa tersebut memang pantasdisematkan bagi sosok Ronaldo yangmemilih jadi penendang kelima.Akibatnya, ia tak memiliki kesempatanuntuk tampil sebagai eksekutor penaltikarena Spanyol sudah unggul denganskor 4-2.

Yang jelas, sebelum memilih sebagaipenendang kelima, pasti ada diskusiantara pelatih Paolo Bento danRonaldo. Dan bisa jadi pilihan menjadieksekutor kelilma ada di tanganRonaldo, bukan pelatihnya.

“Saya telah ditentukan menjadipenendang kelima tetapi sayang kamigagal di dua penalti sebelumnya. Saya

penendang kelima adalah ia akanmenjadi eksekutor penentu bagiPortugal, setelah semua rekan-rekannya mengambil bagian.

“Kadang penendang penaltiterakhir akan jadi penentu kemenan-gan sekaligus menyandang bebanterberat. Mungkin alasan inilah yangdiambil Paolo Bento saat berkonsulta-si dengan Ronaldo,” kata eks pemain

Pandang EntengEksekutor Spanyol

juga sudah berbicara kepada pelatih.Saat itu pelatih menyampaikan kepadasaya apakah saya bersedia menjadipenendang kelima, lalu saya jawab ya.”

“Terkadang saya memang menjadipenendang pertama, kedua atau kedua.Jadi saya setuju saja untuk menjadipenendang kelima,” ujarnya.

Dari pilihan tersebut, mungkinRonaldo menganggap enteng bahwapenendang-penendang Spanyol bakalada beberapa yang gagal.Sehing-ga ianantibisamen-gambilalihbebantimsebagaieksekutor penentu.(rif)

Spanyol 0-0 Portugal

AlonsoAlonso

IniestaIniesta

PatricioPatricio

MoutinhoMoutinho

0 0

CasillasCasillas

GRAFIS: BAYU

Spanyol 0-0 Portugal

1 1

Spanyol 1-0 Portugal Spanyol 1-1 Portugal

PatricioPatricioCasillasCasillas

PepePepe

PiquePique

2 2

Spanyol 2-1 Portugal Spanyol 2-2 Portugal

PatricioPatricio CasillasCasillas

NaniNani

RamosRamos

3 2

Spanyol 3-2 Portugal Spanyol 3-2 Portugal

PatricioPatricio CasillasCasillas

AlvesAlves

4

Spanyol 4-2 Portugal

PatricioPatricio

FabregasFabregas

PORTUGAL tersingkir daripentas Piala Eropa 2012dengan cara tragis. Di babaksemifinal yang dihelat diStadion Donbass Arena,Donetsk, Ukraina, Kamis (28/6) dini hari, Selecao kalahdengan skor 2-4 dari juarabertahan Spanyol.

Hanya saja, kegagalanPortugal dalam babak adupenalti tersebut dibayang-bayangi dengan absennyasosok kapten tim, CristianoRonaldo yang tak tampak ikutsebagai eksekutor tendanganpenalti.

Kemanakah kapten Portugalitu? Apakah Ronaldo trauma

menjadi eksekutor pertama?Media Inggris, BBCsports,menulis bahwa pemain RealMadrid yang musim lalumoncer dengan torehan 60 golsepanjang musim itu dikait-kaitkan dengan ketakutansebagai eksekutor pertama.

Pada 25 April lalu, Ronaldogagal saat menjadi algojopertama Real Madrid disemifinal Liga Champions.Sepakannya diselamatkankiper Bayern Muenchen,Manuel Neuer. Akhirnya “LosBlancos” kalah dalam dramaadu penalti dari “Die Bayern”dengan skor 1-3.

Ronaldo kemudian mem-

Newcastle United ini.“Tetapi ia juga harus

berpikir kalau kadang ia samasekali tak akan menendang.Sebagai kapten, Ronaldoseharusnya menjadi penendangpertama atau kedua agarmenjadi awal yang baik bagitimnya. Itu kesalahan besar!”seru Shearer.(tribunnews/rif)

Cristiano Ronaldo

SUSUNAN PEMAIN SUSUNAN PEMAIN SUSUNAN PEMAIN SUSUNAN PEMAIN SUSUNAN PEMAIN

PORTUGAL (4-3-3):PORTUGAL (4-3-3):PORTUGAL (4-3-3):PORTUGAL (4-3-3):PORTUGAL (4-3-3):

Rui Patrício;

Joao Pereira, Pepe, Bruno Alves, Fábio Coentrao;

Raul Meireles (Silvestre Varela 113')(Silvestre Varela 113')(Silvestre Varela 113')(Silvestre Varela 113')(Silvestre Varela 113'), Miguel Veloso (Custodio 90+3')(Custodio 90+3')(Custodio 90+3')(Custodio 90+3')(Custodio 90+3'), Joao

Moutinho;

Nani, Hugo Almeida (Oliveira - 81')(Oliveira - 81')(Oliveira - 81')(Oliveira - 81')(Oliveira - 81'), Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Pelatih: Pelatih: Pelatih: Pelatih: Paulo Bento.

Cadangan:Cadangan:Cadangan:Cadangan:Cadangan: Eduardo, Ricardo Quaresma, Ricardo Costa, Rolando, Rúben Micael, Miguel

Lopes, Hugo Viana, Beto,

Cedera: Cedera: Cedera: Cedera: Cedera: Hélder Postiga

EURO FLASH:

VELOSSOVELOSSOVELOSSOVELOSSOVELOSSO - Gelandang Portugal, Miguel Veloso yang

bermain bagus selama Piala Eropa dikabarkan akan

meninggalkan klubnya Genoa musim panas

mendatang. Ada Dynamo Kiev yang dikabarkan

tertarik menggunakan jasanya. Velosso hanya

memberi sinyal bahwa belum ada keputusan untuk

bertahan.

“Saya tidak tahu apa-apa tentang Dynamo Kiev,”

katanya seperti dilansir goal.com. “Saya sangat

menyukai dua tahun di Genoa, dan saya suka

bermain di Italia. Tapi saya tidak tahu apakah saya

akan betahan di sana.”

“Satu-satunya yang tahu tentang Dynamo adalah

yang saya baca di media,” tambahnya.(sn)(sn)(sn)(sn)(sn)

EUSEBIO EUSEBIO EUSEBIO EUSEBIO EUSEBIO - Legenda sepakbola Portugal, Eusebio

dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu malam lalyu

karena mengalamai tekanan darah tinggi. Eusebio

adalah duta Federasi Sepakbola Portugal selama

Piala Eropa 2012.

“Dia harus tetap tenang pada saat ini”, kata Joao

Paulo Gama, juru bicara Rumah Sakit da Luz di

Lisbon, di mana ia dirawat untuk tes medis seperti

dilansir afp.

Sebelumnya ia sempat dirawat di sebuah rumah

sakit di Poznan, Polandia, sebelum diterbangkan ke

Lisbon.(sn)(sn)(sn)(sn)(sn)

JUMAT 29 JUNI 2012 Banjarmasin PostHalaman 11

2906/B11

Page 12: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

c m y k

Battle of Europe

JUMAJUMAJUMAJUMAJUMATTTTT, , , , , 29 JUNI 2012 HALAMAN 20HALAMAN 20HALAMAN 20HALAMAN 20HALAMAN 20

Casillas Tahu Tendangan MoutinhoFinal Ke-20 bagi XaviestaCopa del Rey 2008-09, 2010-11

(runners-up), 2011-12

Supercopa Espana: 2005, 2006,

2009, 2010, 2011

UEFA Champions League: 2005-06,

2008-09, 2010-11

UEFA Super Cup: 2006 (runner up),

2009, 2011

FIFA Club World Cup: 2006 (runner

up), 2009, 2011

Piala Dunia: 2006

Piala Eropa: 2008, 2012 (akan

berlangsung)

Data fakta

STATISTIK SPANYOLGol : 0

Penguasaan : 57%

Total tembakan :11

Shot on target : 5

Shot off target : 6

Shot block : 2

Tendan sudut : 7

Offsides : 3

Kartu kuning : 4

kartu merah : 0

Pelanggaran : 21

Dilanggar : 30

SUSUNAN SUSUNAN SUSUNAN SUSUNAN SUSUNAN PEMAINPEMAINPEMAINPEMAINPEMAIN

SPANYOL (4-3-3):SPANYOL (4-3-3):SPANYOL (4-3-3):SPANYOL (4-3-3):SPANYOL (4-3-3):

Casillas;

Arbeloa, Sergio Ramos, Piqué, Jordi

Alba;

Xavi (Pedro, 87')(Pedro, 87')(Pedro, 87')(Pedro, 87')(Pedro, 87'), Busquets, Xabi

Alonso;

David Silva (Jesús Navas 60')(Jesús Navas 60')(Jesús Navas 60')(Jesús Navas 60')(Jesús Navas 60'),

Negredo (Fàbregas 54')(Fàbregas 54')(Fàbregas 54')(Fàbregas 54')(Fàbregas 54'), Iniesta.

Pelatih: Pelatih: Pelatih: Pelatih: Pelatih: Del Bosque.....

Cadangan: Cadangan: Cadangan: Cadangan: Cadangan: Valdés, Albiol, Javi

Martínez, Juanfran, Fernando Torres,

Mata, Llorente, Cazorla, Pepe Reina

PEMAIN Spanyol dengannomor punggung 10, berdirilima langkah di belakang bolayang diletakkan di titik putihpenalti. Matanya nanarmelihat ke arah bola. Ia takmemedulikan siulan danejekan suporter Portugal.

Lalu dengan langkah santaipemain yang di punggungnyabertuliskan nama Fabregas itu,membidik tiang kanangawang Portugal yangdikawal penjaga gawang RuiPatricio. Sejurus kemudian,bola deras meluncur.

Kiper Rui Patricio tidakkalah sigap. Penjaga gawang24 tahun ini mengambilawalan dan melompat sambilmeregangkan tangankanannya. Namun usahaPatricio masih kalah cepat daribola bidikan Fabregas.

Bola menghantam sisi dalamtiang gawang sebelah kananPortugal. Patricio mengira bolamemantul ke luar, namunternyata karena bola ternyatameluncur deras mengarah kedalam gawangnya.

Sesaat, Fabregas yang me-nunggu momen, akhirnya goldan pemain Barcelona ini ber-teriak girang berlari ke arahkiper Spanyol Iker Casillas.Lalu disu-sul seluruh skuadLa Furia Roja dari lingkartengah lapangan dan bangkucadangan.

Itulah momen penting saatSpanyol mengalahkanPortugal dalam drama adupenalti babak semifinal PialaEropa 2012, di StadionDonbass Arena, Donetsk,Ukraina, Kamis (28/6) dinihari. Spanyol unggul adupenalti dengan skor 4-2.

Gol penalti Fabregas, me-mastikan untuk kedua kalinyasecara beruntun, Spanyol me-laju ke final Piala Eropa. Bah-kan catatan itu menjadi yangketiga beruntun di turnamenbesar termasuk El Matadormenjadi Juara Dunia 2006.

Uniknya, mirip sepertiperistiwa empat tahun lalu diErnst-Happel-Stadion, Vienna,ketika mengalahkan Italia(babak perempatfinal) dalamadu penalti, lagi-lagi CescFábregas, menjadi pahlawansebagai penentu kemenangan

penalti.Seluruh pasukan Spanyol,

pantas merayakan kesuksesanmereka menembus final ketigadi ajang terhormat di Eropadan Dunia ini. Bahkangelandang Xabi Alonso yangsepakan penaltinya gagal dikesempatan pertama larutdalam kemenangan.

“Sungguh sebuah penaltiyang dramatis. Saya takmenyangka kami bisa berbalikunggul dan melaju ke finalsetelah kegagalan sayamenendang di kesempatanpertama,” kata Xabi di mejapress conference.

Tak MudahYang jelas bukan perkara

mudah bagi La Furia Rojauntuk merangkak ke babakfinal Euro 2012. Sukses merekadalam adu penalti denganskor 4-2. Kegagalan eksekusiJoao Moutinho dan BrunoAlves, menjadi kunci keme-nangan pasukan Matador.

Dari pertandingan, PelatihSpanyol, Vicente Del Bosquememang sempat berjudidengan memasang AlvaroNegredo, namun keseim-bangan, menjadi hal yangpaling diperhatikan eksentrenador Real Madridtersebut.

Ia kemudian memasukkanFabregas menggantikanNegredo. Lalu manrik Silvauntuk Jesus Navas, dan jugamengganti Xavi Hernandez di20 menit terakhir waktunormal untuk memasukkanPedro Rodriguez.

Seusai laga, Del Bosquemengaku timnya pantasmenang. Dari stastistikpertandingan, pasukannyaselain menguasai permainan

juga melakukan usahamencetak gol lebih bagusdibandingkan Portugal.

Bahkan di babak tambahanwaktu, pemain penggantiPedro bekerja sama denganIniesta nyaris mencetak golkemenangan. Sayang tem-bakan Iniestas yang sempatmantul di tanah berhasilditepis kiper Rui Patricio.

Tenaga SegarSoal penggantian Xavi, Del

Boque, mengatakan permain-

Bek Kami Bermain BagusPORTUGAL PORTUGAL PORTUGAL PORTUGAL PORTUGAL sangat superior

ketika mereka sedang bertahan.

Kami tidak mendapatkan

banyak peluang jadi

pertandingan memang berjalan

berimbang. Dalam tambahan

waktu, kami berbeda dengan

menguasai permainan dan

membuat peluang-peluang

bagus.

Walau begitu akhirnya kami

mampu memenangi adu

penalti,. Namun saya memberi

ucapan selamat untuk Portugal

karena mereka bermain hebat

dan kamilah yang beruntung.

Pada laga ini, kami tak ingin

bertahan dan berusaha

menyerang sebagai mana

biasanya. Namun pertahanan

kami juga meningkat drastis dan

saya berterimakasih pada

karakter bek kami. Kami

bahagia dan berharap bisa

melanjutkan sukses.

Kami bahagia, kami memiliki

pemain-pemain hebat dengan

motivasi yang sungguh luar

biasa. Meski telah melewati

perjalanan yang sangat berat

namun mereka tetap bisa

memberikan semua

kemampuannya.

Soal penalti, lima penendang

kami memang telah

menawarkan diri. Cesc bicara

kepada saya ingin sebagai

penendang kelima, agar bisa

menentukan sebagai pemenang.

Sergio Ramos tahu bahwa Rui

Patrício akan bergerak ke arah

sisi gawang untuk semua

penalti. Karena itu ia

memutuskan untuk melakukan

penalti seperti (Andrea) Pirlo

lakukan di laga sebelumnya.

Yang jelas lawan kami di final

bakal lebih hebat lagi. (rif)(rif)(rif)(rif)(rif)

* Vicente del Bosque,* Vicente del Bosque,* Vicente del Bosque,* Vicente del Bosque,* Vicente del Bosque,

Pelatih Timnas Spanyol dikutip

dari UEFA.com

annya tidak jelek. Bahkan ber-main bagus sepanjang per-mainan. Namun butuhnyatenaga segar, membuat Xaviharus digantikan rekannya diBarca, Pedro. “Ia tidak buruk.Xavi bermain sangat bagus,tapi ia tampak mulaikelelahan dan kami inginmengambil banyak bola lagi.Pedro (Rodríguez) dan (Jesús)Navas bermain lebih aktifkarena masih bugar,” ujarnya.(tribunnews/rif)

Negredo Terkejut Dipilih Jadi Starter

SALAH SALAH SALAH SALAH SALAH satu pemain yang

menjadi kunci keberhasilan

Spanyol melaju ke laga final

Piala Eropa 2012 Polandia Swiss

adalah penjaga gawang Iker

Casillas. Seperti kiper Portugal

Rui Patricio yang mampu

menahan penalti Xabi Alonso,

Casillas juga sukses menahan

satu penalti.

Bagusnya, Casillas

menahan penendang

penalti pertama Portugal,

Joao Moutinho. Padahal

saat itu posisi Portugal

lebih diuntungkan.

Namun, dengan sukses

itu membuat

penendang

Spanyol

berikutnya,

Andres

Iniesta,

tak

terbebani

dan

sukses mengeksekusi penalti.

Rahasia Casillas menahan

tendangan penalti Moutinho

adalah fakta ia memang telah

mempelajari gaya menendang si

pemain ketika masih membela

FC Porto.

“Saya mendapat bisikan dari

pelatih kiper bahwa Moutinho

penendang penalti yang tak

ingin mengambil risiko. Ia

sering mengarahkan

tendangan ke kanan

karena ia penendang kaki

kanan,” katanya.

Benar saja, tebakan

kiper Real Madrid

tersebut ke sisi

kanan gawang

tepat untuk

menggagalkan

tendangan

playmaker

Joao

Moutinho.

( r i f )( r i f )( r i f )( r i f )( r i f )

Statistik Man of the Match

IMPIAN Xavi Hernandez danAndres Iniesta untuk tampilkembali di partai final sebuahturnamen besar menjadi ke-nyataan. Keduanya menjadibagian dari kemenangan Spa-nyol atas Portugal, di stadionDonbass Arena, Donetsk, Uk-raina, Kamis (28/6) dini hari.

Dan catatan melaju ke lagafinal menjadi angka ke-20 bagidua pemain yang mendapatsebutan Xaviesta --gabungandari nama Xavi dan Iniesta.Tentu pencapaian yang tidakmudah bagi mereka.

Kini keduanya menjadi duanama pemain terdepan yangpaling sering bermain di lagafinal sebuah turnamen. Baikitu untuk klub dan di timnas,mulai level Liga Champions,

Piala Super Eropa, Piala Raja,Piala Super Spanyol, PialaDunia Antar Klub, PialaDunia, dan Piala Eropa.

Raihan duo Barcelona itumasuk dalam sejarah istimewadunia sepak bola Spanyol.

Keduanya yang alumniAkademi La Masia ini suksesmerasakan secara bersama-sama final yang ke-20sepanjang sejarah mereka.

Dengan torehan tersebut,membuat Spanyol bergantung

pada dua sosok mungil ini dilini tengah. Pembahasankekuatan keduanya sudahjadi rahasia umum. Tapi disinilah tantangan duoBarcelona tersebut untukkeduanya sudah bermain

Statistik Umpan Spanyol per menitvs Portugal

120 menit758

umpan6,3per menit

vs Perancis90 menit

vs Kroasia90 menit

vs Rep Irlandia90 menit

vs Italia90 menit

635umpan

699umpan

860umpan

733umpan

7per menit

7,7per menit

9,5per menit

8,1per menit

GRAFIS: BAYU

Sergio Ramos (ESP)Sergio Ramos (ESP)Sergio Ramos (ESP)Sergio Ramos (ESP)Sergio Ramos (ESP)

Umur: 2 6

Tinggi: 183 cm

Berat: 73 kg

Klub: Real Madrid

Posisi: bek

Gol: 0

Asist: 0

Offside: 1

Tendangan di blok: 0

Area berlari: 12.883m

Tendangan: 1

Tendangan meleset: 1

Kartu kuning: 1

Melanggar: 2

Dilanggar : 2

PELAPELAPELAPELAPELATIH TIH TIH TIH TIH Spanyol Vicente Del Bosque membuat

keputusan mengejutkan dengan menurunkan

striker Alvaro Negredo sebagai

starter dalam laga semifinal

melawan Portugal Kamis (28/6)

kemarin, dini hari.

Anehnya, Negredo justru

menyebut negaranya bermain buruk

ketika melawan Portugal. Terutama

karena selalu kalah dalam duel-duel

bola udara dari para pemain La

Selecao. Padahal pemain yang

disebut itu adalah dirinya sendiri.

“Melawan Portugal permainan

kami kurang maksimal, dalam arti

kami kalah dalam duel bola udara,

duel satu lawan, takling, dan saya

sendiri harus berjuang lebih keras

lagi untuk menghasilkan peluang,”

kata Negredo dikutip dari goal.com.

Pada laga itu, Negredo minim menghasilkan

peluang dan selalu kalah dalam duel dengan bek

tengah Portugal Pepe dan Bruno Alves. Posturnya

yang lebih pendek dari dua bek Portugal itu

menyulitkannya.

“Saya mencoba memberikan yang terbaik apa

yang telah pelatih pecayakan kepada saya dan

melakukan sesuatu untuk membongkar duet Pepe

dan Bruno Alves walaupun hasilnya

belum maksimal,” tambahnya.

Usai laga, striker Sevilla ini juga

kaget dirinya dipasang starter dan

menyisihkan Cesc Fabregas serta

Fernando Torres yang harus puas

duduk di bangku cadangan.

Penyerang bernomor 11 ini mengaku

dirinya sulit ketika menembus

gawang Portugal yang dijaga ketat

oleh Pepe dan Bruno Alves.

“Ini mengejutkan saya, butuh

beberapa saat untuk sedikit

merenung karena saya tahu itu

merupakan momen yang langka dan

saya harus melakukan yang

terbaik,”tambah penyerang Sevilla

tersebut.

Meskipun begitu dirinya tetap bangga, Spanyol

menang lewat drama adu penalti melawan anak

asuhan Paulo Bento. “Meskipun begitu, Saya

sangat senang karena akhirnya kami

mendapatkan apa yang kami inginkan,”

ujarnya.(rif)(rif)(rif)(rif)(rif)

Alvaro Negredo

bersama pada 19 partai finalbersama Barcelona, dan hanyatiga kali kalah. Tiga kekalahantersebut saat bersuaInternacional de Porto Alegredi ajang Piala DuniaAntarklub 2006, Piala SuperEropa kontra Sevilla 2006 danPiala Super Spanyol 2010-2011versus Real Madrid.

Artinya, saat bersama timnasSpanyol, keduanya jika bermainbersama belum pernah taklukdi fase-fase akhir sebuah turna-men. Takdir inilah yang suksesmereka lewati di tahap pertama.

Tak pelak, di partai finalnanti, wajib menghadapi tidakhanya teknik, melainkan kebe-runtungan yang menaungiXavi-Iniesta jika bermain ber-sama sejak menit awal.(rif)

FOTO/AFP

FINAL KE-20- Andres Iniesta (kiri) dan Xavi akan melakoni finalke-20 mereka setelah Spanyol lolos ke final Piala Eropa 2012.

Ditantangan Bosquet Penalti PanenkaEKSEKUSI penalti congkel bola alaAntonin Panenka kembali terjadi, dalamlaga semfinal Piala Eropa 2012 antaraSpanyol dan Portugal di Stadion DonbassArena, Donetsk, Kamis (28/6) dini hari.

Setelah gelandang Italia, Andrea Pirlo,memperdaya kiper Inggris, Joe Hart, dengangol penalti Panenka itu, kini giliran bekSpanyol, Sergio Ramos, yang mengecohpenjaga gawang Portugal, Rui Patricio.

Ternyata Sergio Ramos punyapenjelasan atas gol penalti Panenkatersebut usai mengalahkan Portugaldalam adu tos-tosan penalti. Iamengaku tersinggung sebagai pemainyang tak siap jika diminta menjadieksekutor penalti.

“Pengalaman (adu penalti) terakhirkuadalah di Liga Champions bersama RealMadrid. Banyak yang bilang aku taksiap. Sebagai pemain, aku tersinggung.Aku ingin menebusnya karena akumerasa dapat melakukannya,” ungkap

Ramos kepada koran Spanyol, Marca.Mimpi buruk Ramos itu terjadi pada 25

April lalu, saat Los Blancos dihentikanBayern Muenchen di semifinal LigaChampions. Dalam kekalahan adu penalti1-3 itu, eksekusi Ramos, sebagai algojokeempat Madrid, melenceng dari sasaran.

Ia pun menebusnya dengan baik diStadion Donbass Arena, Donetsk,dengan posisi yang sama, yaitu sebagaieksekutor keempat. Apa resepnya?

“Benar kalau ada yang bilang penaltidengan gaya itu harus menunggu kiperbergerak lebih dulu. Keberuntunganbersamaku. Memang berisiko, tapi Andadapat melakukannya jika punyakepercayaan diri,” katanya lagi.

Uniknya, Ramos mengaku satu halyang mungkin akan membuat tergelak.“(Vicente) Del Bosque yang punya ide(penalti congkel bola) itu dan bertanyasiapa yang berani melakukannya. Diamenantangku karena tahu aku sedikitgila,” ujar pria berusia 26 tahun itu.

Entah Ramos benar-benar gila atautidak, yang pasti ia berhasil melakukaneksekusi penalti ala Panenka tersebut.Dan hasilnya, UEFA menobatkannyasebagai pemain terbaik dalampertandingan itu.(rif)

FOTO/AFP

PANENKA - Sergio Ramos mengecoh kiperPortugal dengan penalti Panenka.

FOTO/AFP

BERLARIAN - PEmain Spanyol, Jesus Navas (kiri) dan andresIniesta berlarian ke arah Cesc Fabregas usai mencetak gol kemenanganSpanyol 4-2 atas Portugal dalam drama adu penalti, Kamis (28/6)dinihari kemarin.

Penalti yang Dramatis

Ulasan Pelatih: Vicente del Bosque

JUMAT 29 JUNI 2012 Banjarmasin PostHalaman 12

2906/B12

Page 13: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

2806/B13

29 JUNI 2012JUMAT 13Banjarmasin Post

Page 14: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

2906/B14

14Banjarmasin Post

JUMAT 29 JUNI 2012

Page 15: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

T90 Jl Tembus Mantuil / Jl BelimbingKomp Perum Wengga 081251759277/7061499Hrg 280jt Nego V.0001-15/6(Rian)

Ovr krdt Jl Sukamara Komp Asmi 2Blok O No10 L Ulin 7339358/081251282877.DP 50jt Nego V.0001-15/6(Husaini)

Ktr/kost2an 12Kmdkt Bandara/hookCitra Ry Angkasa Q/46 08125051444Hrg 1,4M Nego V.0001-31/5(Rian)

Djl rmh Komp Balitra Jaya PermaiJl Kairo V Hub083842804349Harga 350jt Nego V.0001-15/6(Ktr)

Djl/Ovr Krdt Komp Mustika Griya PermaiJln KPK No169 Hub 7770164.Harga 75jt Nego V.0001-15/6(Ktr)

HARGA DIBAWAH 300 JUTA

BANJARBARU

HARGA DI ATAS 300 JUTA

T100 Komp Wengga Trikora Raya 2Rt41/7 Jl Kuda Pon199. 085347636418.Hrg 225jt Nego V.0001-30/6 (Dayat)

Komp Perum Angkasa SidomulyoPermai LU Lb10x16m2. 081953200842.Hrg 400jt Nego V.0001-30/6 (Dayat)

Rmh Komp Citra Graha C/2 Gt PayungBjb Lt155m2 SHM 085349540895.Hrg 225jt Nego V.0001-30/6 (Husaini)

Djl+Gdg pgr kllg Jl M CokrokusumoNo71 Cmpk Bjb 085347333533 TP.Hrg 1,2M Nego V.0001-30/6 (Husaini)

Komp Citra Megah Ry Bjb uk15x24Lt357 Lb300 Hub081348333279.Hrg 2,2M Nego V.0001-30/6 (Dayat)

Ovr krdt T45 Perum Citra Persona LangitJl Sri Wijy Blok E7 Bjb 081351226586.Harga 80jt Nego V.0001-30/6 (Dayat)

BU Toko Jl Jeruk Sei Ulin BjbLb4,5x13m SHM Hub 085349313256.Hrg 210jt Nego V.0001-30/6 (Husaini)

T140 Kt3 Km2 plus AC Jl BatasKota Hub 081351543008 / 6199028.Hrg 390jt Nego V.0001-30/6(Rian)

Djl cpt ruko 2 lantai uk 4x16 Lt132m2Jl A Yani Km33,5 (jmbtn kmbr) 7334018.Hrg 1,1M Nego V.0001-30/6(Rian)

Dj l Toko Mentaos Raya Hrg 250jtDP10% Hub 085298047214.DP 25jt Nego V.0001-30/6(Rian)

Djl cpt rmh+Ktr 100% Br T.130 SpHuni Dkt Ktr Gbr Bjb Hub.7506555Hrg 380jt Nego V.0001-30/6 (Ktr)

Rmh br T45 Pln 900 Jl.Rahayu Ry Komp.Meranti Blok 3 Hub.081251042517 .Hrg 325jt Nego V.0001-30/6 (Hamdan)

Komp Bumi Indah Lestari 2 Jlr 1No136 Jl Prdagangan. 081349780388 TPHrg 575jt Nego V.0001-15/6(Alam)

Djl cpt Komp.Sari Indah No9 MrtpraLama S.Lulut Km7,5 Hub.0511-7229889Hrg 200jt Nego V.0001-15/6 (Ktr)

Rmh+prbt Komp Mandastana 1A No26Rt31 Gatsu 08125089790/081952712188.Hrg 834jt Nego V.0001-15/6 (Alam)

T70 Komp Permata Hijau Jl PematangGambut SHM 7724179/081351178454.Hrg 225jt Nego V.0001-15/6(Dayat)

HARGA DIBAWAH 300 JUTA

BANJARMASIN

HARGA DIATAS 300 JUTA

HARGA DIATAS 300 JUTA

Rmh Komp Buncit Indah IV-89Lt200 Lb240 fas lkp Hub 6412790Hrg Nego V.0001-21/6 (Ktr)

Djl rmh pinggir Jl Raya Stagen Km.11Lt.10x15 Lb.8x12 KT 3 SHM 081348801919Hrg 150jt Nego V.0001-15/6(Hamdan)

Ovr Krdt T45 Sei Andai Komp. HerlinaAnggrek 4 No.50 Rt.60.085249800616 TPHrg 150jt Nego V.0001-15/6(Alam)

T.45+/200 Pgr Trlis,Carport Komp. PemurusIndah Jl.AMD Beruntung 082155614739.Hrg 270jt Nego V.0001-15/6(Ktr)

Djl RS 68 Bumi Cahaya Bintang Jl.Cancer I/15 bs Krdt 085821334777Hrg 350jt Nego V.0001-15/6 (Hamdan)

Djual rmh Jl.Pramuka ± 100m dr jlraya Lb.340m. Hub.0511-7635859.Hrg 1,3 M Nego V.0001-15/6(Hamdan)

Djl Cpt Rmh Di Km 6 Jl.Hikmah BanuaKomp.Sejahtera I. 082151052692.Hrg 400jt Nego V.0001-15/6(Hamdan)

Djl. hal luas Jl.Kelayan B TengahNo.14 Rt.1 Hub.081575943256.Hrg 450jt Nego V.0001-15/6(Hamdan)

Rmh T105 di Bunyamin Recident BlokB2 No67 Km2 pgr klngg 081348881958Hrg 675jt Nego V.0001-15/6 (Ktr)

Rmh Jl.S.Adam Mandiri Lestari C1 Rt37No5 Br Renov 4KT 2KM 081348047700Hrg 550jt Nego V.0001-15/6 (Ktr)

Rmh Jl Ratu Zaleha Gg Galuh SariNo3 Rt13 Lt253 4kt hok 082124911278.Hrg 395jt Nego V.0001-15/6(Ktr)

Djl 2lt Jl Bima V No10 lkp+AC SHMbs krdt Hub081251013888 No SMSHrg 550jt Nego V.0001-15/6 (Hamdan)

Rmh SHM Komp Beruntung Jaya JlWijaya 163 Bjm 0811510592/7505025.Hrg 210jt Nego V.0001-15/6(Husaini)

Dijl cpat rmh Jl Kresna BeruntungJaya Hub 7450823/08125173593Hrg 295jt Nego V.0001-15/6(Udin)

T70 hook Komp Taman Citra BlokC3 No85 Hub 081348940664.Hrg 195jt Nego V.0001-15/6(Ktr)

Djl Komp B Lestari I Griya PermataH Bakti PLN900w+Ac 082153043200Hrg 165jt Nego V.0001-15/6 (Ktr)

Komp Pesona gading Indah No9C SeiBesar BBaru Lt140 LB66 Hp08125121205Hrg 250jt Nego V.0001-15/6 (Hmd)

BU Komp HKSN Permai Blok 10BRt.30 No.53 K.Tangi 085332897737Hrg 450jt Nego V.0001-15/6(Alam)

Djl cpt Persada Indah Hdl BaktiT60/150 Hub 7100368/08195195431Hrg 200jt Nego V.0001-15/6(Ktr)

Djl cpt Tnh+Bngnan 2Lt, Jl.Trans KlmntnDkt Trmnl H.Bakti TP 08125054505Hrg 1,5M Nego V.0001-15/6 (Ktr)

Djl cpt T105 Komp Persada Ry II SLulut d hook jl utm 085249377774.Hrg 300jt Nego V.0001-15/6(Ktr)

Djl cpt T150 Komp Persada Ry II SLulut Hub 085249377774.Hrg 380jt Nego V.0001-15/6(Ktr)

Rmh T.150 (sdh 79%) Komp.AMD PermaiBlok C6 No.150. Hub.082153588599.Hrg 279jt Nego V.40801-11/6 (Wahyu)

Djl rmh SHM Jl Simp Gatsu VII JlRama No62A Hub081348376190.Hrg 250jt Nego V.0001-30/6 (Ktr)

Jl.Simp.Gusti V Komp.Mutiara No14BRt32 4KT 3KM 7120640/082154417880Hrg 280jt Nego V.0001-30/6 (Ktr)

Jl HKSN Komp Herlina Prksa BlokA Rt12 No71. 7251849/085386305249.Hrg 150jt Nego V.0001-30/6 (Ktr)

Jl.Pdat Karya Komp.Purnama Jlr 4No65 S.Andai 7112171/082153893551Hrg 350jt Nego V.0001-30/6 (Ktr)

Djual rmh HKSN B7 No.325. 2KT 1KMLt.10 x 14 Permnn. Hub.085386130060.Hrg 550jt Nego V.0001-30/6 (Hamdan)

Djl rmh T.150 Komp Bulakindo No.6Lt 240 KT3 KM2 Hub.081348125066Hrg 350jt Nego V.0001-30/6(Hamdan)

Djl Rmh Jl.HKSN Rt22 KT4 Lt.10x29Hub.05117419291/0815000165Harga 1M Nego V.0001-30/6(Hamdan)

Djl rmh uk P15 L14 Jl Sei LulutKm7,800 Rt11 Hub 081250005269.Hrg 425jt Nego V.0001-30/6 (Ktr)

Djl Toko Pasar Samudra Baru Lt2No6 Hub 081348064288 TPHrg 700jt Nego V.0001-30/6 (Ktr)

RmhS.Adam Komp.Mahligai SejahteraNo.4B Rt.30. Hub.0511-6160509.Hrg 300jt Nego V.0001-30/6 (Ktr)

BU ruko baru Jl Sekumpul uk4x15Lt2 tnh 4x30m Hub 081251181808.Hrg 700jt Nego V.0001-15/6(Alam)

Djl ruko 1tk Daerah Martapura arhMandiangin 081351626777/7724777Hrg 340jt Nego V.0001-15/6(Hafiz)

RmhJl Veteran Gg4 Mei Mtp (blkgRS Ratu Zaleha) 081348076394.Hrg 200jt Nego V.0001-30/6 (Husaini)

Rmh K Tangi 2 Jlr 1 No15 Rt16Bjm Hub 085251303111/7097011.Hrg 850jt Nego V.0001-30/6(Alam)

Komp HKSN Permai Blok 8ANo360 K Tangi 085251303111/7097011.Hrg 475jt Nego V.0001-30/6(Alam)

Dijl LB128 KM2 KT3 Jl Simp TanggaKomp BIL No11 KTangi 081349660391Hrg 400jt Nego V.000-15/6(Ktr)

MARTAPURA

Djl ruko Jl Peramuan A Yani Km24Hub FENDI 082153261766/7485925.Hrg 1,3M Nego V.0001-30/6 (Ktr)

Rmh HKSN Permai No152 Blok 4Adinding bata Hub085251896221Hrg 150jt Nego V.0001-30/6 (Alam)

Rmh Jl.Kelayan B Rt.21 No.31Bjm Hub 081250139491/7233500.Hrg 1,2M Nego V.0001-30/6 (Alam)

HARGA DI ATAS 300 JUTAHARGA DIBAWAH 300 JUTA

Djl T66/100 Jl Mahatkasan GatsuKomp Permata Hijau E6. 085248700300Hrg 450jt Nego V.0001-30/6(Ktr)

JUMAT 29 JUNI 2012

15Banjarmasin Post

Djl rmh T110 Jl.Komp.Bunyamin 3Permai Blok CI No.31Hub7071160Hrg 550jt Nego V.0001-30/6(Raja)

Djl ruko 2lt Jl Sei Lulut Dkt PsrLb4x10 Hub 081351756668.Hrg 245jt Nego V.0001-30/6 (Ktr)

Jl Jahri Saleh Komp Griya JatiPermai B7. 4kt 2km 081952846262Hrg 225jt Nego V.0001-30/6 (Hafiz)

Djl SHM T120 Jl S Adam Komp MandiriIV Blk B7 No6. Hub082153709329 TP.Hrg 400jt Nego V.0001-30/6 (Ktr)

KOTABARUHARGA DIBAWAH 300 JUTA

Djl rmh T45/200m2 Jl Pendd VI/GgAkasia S Pering MTP 7420043.Hrg 170jt Nego V.000-21/7 (Ktr)

Ruko br 2lt(4x17,5m2) SHM Jl Kahayan/S Parman (dpn SPBU) 08125116639 TPHarga Nego V.40307-28/6 (Ktr)

Djl.2 Ruko Gandeng masing-masing 3lt. Hub.081329427618Harga Nego V.40589-1/7(Hafiz)

Djl Jl Cemara Ujung Tembus Perum-nas No43 Rt20 082154042345/6151986.Harga Nego V.000-6/7 (Ktr)

Komp Bumi Indah Lestari Jl Simp TanggaJlr IV Blok B No32 Hub 08125131310Hrg 350jt Nego V.41097-6/7 (Raja)

PALANGKA RAYA

BANJARMASIN

0511-613 7711, 613 7700, 642 7788, 642 7799DP 5% untuk rmh indent.

SMS info: 0821 7700 7711 / 0819 0406 1900

T52/185 - 1lt. Jl Sukarelawan JlA Yani Km 33 BjbHrg 241jt Nego V.000-12/7

Roemah Harmoni T36/160 JlGunung Manggis Banjarbaru.Hrg 150jt Nego V.000-12/7

T270/440 - 1 lantai Sa’adah 3 JlA Yani Km37 MartapuraHrg 852jt Nego V.000-12/7

Roemah Pelangi T60/200 JlGuntung Paikat BanjarmasinHrg 390jt Nego V.000-12/7

Jl.Jahri Saleh Komp.Griya Jati PermaiC.6 LT140 LB60 Hub.081952846262Hrg 225jt Nego V.41514-20/7(Ktr)

Djl cpt T70 Jl A Yani Km22,5 L UlinKomp Sukses Mandiri 7404529.Hrg 275jt Nego V.000-8/7 (Ktr)

Djl rmh T54 Jl Samadi Ilham BeitungHub 0511-7401957/0816211045.Hrg 285jt Nego V.42416-30/7 (Dayat)

Rmh Jl.Kapur Naga 3 Bjr indah pgr,kanopi & hlmn 7,5m. 7580033/082159697555Harga Nego V.41884-30/6(Raja)

Djl/over Jl.Trikora Komp. Merindu IIINo.4 Bjb. 7328428-081250203535.Harga Nego V.41728-7/7 (Husaini)

Dijl Rmh Jl Gerilya Mustika 2 L.Ulin fas lkp Hub 081348731718Hrg 200jt Nego V.000-30/6(Ktr)

D j l T 322m 4kmr Jl. ManggisMangga Ujung/Delima Ujg 082153289723Hrg 750jt Nego V.41193-8/7 (Ktr)

Jl Cendrawasih (Kelurahan) No02Rt16/20. 081348909000/085349483057Harga Nego V.000-15/7(Ktr)

Djl.cpt T.45 LU Km.22 Bjb, PLN,AC, sumur +prbot Hub 082155950000Hrg 220jt Nego V.42257-29/6(Dayat)

Djl rmh Lt9x14 Komp Mantuil RayaBasirih 082151383879 full renov.Hrg 370jt Nego V.000-28/7 (Ktr)

Rmh S Adam Komp S AdamPermai No30 Hub 085248797880Hrg 800jt Nego V.2349-30/6(Ktr)

Jl Veteran Rt13 RW38 Kel Keraton Mtp(pnggr Jln) 7384488/082159635588Hrg 650jt Nego V.2334-30/6(Ktr)

BANJARBARU

Rmh 8x165m Beruntung J.RayaBima No.25. Hub.081332615555.Hrg 350jt Nego V.42273-29/6 (Alam)

Djl rmh Jl Karamunting No5 BjbKm2 garasi Hub 08125191718.Harga Nego V.000-30/6(Ktr)

PERUMAHAN MINIMALIS HABIBIE CV KARUNIADP dapat diangsur 3x, Inden: Angsuran 1 langsung di Bangun

Jl Pramuka Komp Melati Indah 1 Bjm Hub 7452009 / 082151385529

Rmh br T70 (disc 7,5jt) bonus Genset1200 + AC Panasonic 1/2 PKHrg 348jt V.40278-28/6

Rmh br T75 (disc 10jt) bonusGenset 1500 + AC Panasonic 1/2 PKHrg 379jt V.40278-28/6

Rmh Jl.Simp.Gusti Raya No.40Lt.10x20 KT4,KM2+prbt. 081348002720Hrg 850jt Nego V.42281-29/6(Hamdan)

Jl.Purnasakti Ry Komp. Prmata Sari Blok CNo18 Rt36,Hook. 085246459035/4420228 TPHrg 300jt Nego V.42572-3/7(Raja)

Jl.Raya AMD XII Komp. Pndok PinangIndah. 085249432678/081250113579Hrg 395jt Nego V.42269-29/6 (Alam)

MALANG

MARTAPURA

Rmh Kost 2 lt 11KT dkt Kmps PavoritMalang. 08123309789/085855657999Hrg 750jt Nego V.42559-8/7 (Dayat)

Djl rmh baru 4KT 2KM Jl.Serai No.452 Gatot Subroto. Hub.0511-7508395Harga Nego V.42612-3/7 (Wahyu)

Djl rmh T150 Lok dkt BandaraSyamsudin Noor lkp 085251886014Harga Nego V.42171-28/6 (Ktr)

Jl.A.Yani Km14,4 Gg.Antasari Msk±75m Hub.081348725039 GambutHrg 250jt Nego V.40239-2/7 (Ktr)

Jl.Kuripan Komp.Cempaka Putih Gg4No.42 SHM lkp Hub081321941879Hrg 110jt Nego V.42722-4/7 (Ktr)

Djl Jl A Yani Km5,7 Gg Karya BaruNo50 ±60m 081351849918 No SMSHarga Nego V.000-7/7 (Ktr)

Djl Komp Pondok Metro IndahHub 0511-7737909 / 9013648.Harga Nego V.42635-4/7 (Ktr)

BANJARBARU

Rmh full renov + pgr T36 angs.800rb x 15thKomp.Wengga Trikora B/87. 085249958905DP 35jt Nego V.42670-3/7 (Husaini)

Jl Wildan Sari No5 3KT 1Km AdaTmp Usaha fas lkp 081220587777Hrg Nego V.42764-5/7 (Ktr)

BU Dijl Wengga Trikora Blok VNo370 Bjb 2KT 1KM 081354000980Hrg 95jt Nego V.42748-3/7 (Ktr)

Dijl Cpt Rmh Jl Simp Gusti V Komp MustikaNo39 RT13 KTangi 085346627746Hrg 300jt Nego V.42738-5/7 (Ktr)

Dijual Ruko 2Lt Jl Tanjung Rema dktpengjian Gru Wildan Mtp 08125050107Hrg 850jt Nego V.42744-3/7 (Ktr)

Rmh Komp AMD Permai Blok BIVNo110 Ktangi 2KT 2KM 081348866310Hrg 300jt Nego V.42815-5/7 (Alam)

Page 16: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

2906/B16

16Banjarmasin Post

JUMAT 29 JUNI 2012

Page 17: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

JUMAT 29 JUNI 2012

17Banjarmasin PostNusantara

Mobil TersangkutPohon

Empat orang yang selamatdari kecelakaan maut di Si-baganding, Simalungun, Su-matera Utara itu sempat di-larikan ke RS Parapat. Merekaadalah Marwan Lubis (23)(sopir cadangan), Sarno (42),serta dua kakak beradik Mey-nanur (10) dan Sakti Awi (5).

“Dua kakak beradik itu su-dah dirawat di Rumah SakitVita Insani, Kota PematangSiantar,” ujar Kapolres Sima-lungun AKBP M Agus Fajar,Kamis (28/6).

Polisi dan warga masih me-ngupayakan proses evakuasikorban tewas. Evakuasi dila-kukan dengan menurunkankorban ke Danau Toba untukselanjutnya dibawa menggu-nakan perahu.

Mobil angkutan umumberplat hitam Taksi Kita Ber-sama (TKB) nomor itu berang-kat dari Panyabungan, Kabu-

paten Mandailing Natal, me-nuju Medan. Mobil sempat me-nabrak seng pembtas dan terjunke jurang. Mobil itu tersangkutpohon di jurang yang ada dipinggiran Danau Toba.

Seorang warga negara Ma-laysia menjadi korban dalamkecelakaan itu. Jenazahnyamasih dalam proses evakuasidari lokasi kecelakaan. Kepas-tian tentang adanya wargaasing dalam kecelakaan iniberdasarkan temuan pasporpada salah satu korban tewasdi dalam minibus.

Keterangan yang dipero-leh menyebutkan, laki-lakiWN Malaysia itu diidentifikasisebagai Zaidun bin Basir, ke-lahiran Negeri Perak, Malay-sia, 8 Januari 1944. Pemilikpaspor nomor A-23688907 itudiketahui masuk ke Indone-sia melalui Bandara Polonia,Medan, pada 17 Juni lalu.

“Ciri-cirinya kepala botak,dan hidung mancung,” kataseorang anggota polisi yangberada di lokasi.

“Diduga karena sopir me-ngantuk. Di salah satu tiku-ngan ada batas jalan diterabasdan mobil masuk jurang se-dalam 100 meter,” kata AgusFajar.

Anggota tim Search andRescue Medan, Jams Sinagamenjelaskan, kemiringan ju-rang hampir 50 derajat se-hingga mengakibatkan Timevakuasi kesulitan mengang-kat korban.

“Satu bocah sudah kamiangkat dan masih hidup. Se-karang kami sedang meng-angkat satu korban lagi yangsepertinya sudah meninggal,”kata Jams. (dtn/kps/vvn)

MEDAN,BPOST - Delapan penumpang te-was, dan empat lainnya luka ringan akibat mi-nibus BK 1170 XO masuk jurang di dekat Da-nau Toba, Kamis (28/6).

DEMO POS -Massa dari pekerjaPT POS Indonesiaberunjuk rasa dihalaman kantor PTPos Indonesia,Jakarta, Kamis (28/6). Dalam unjukrasa tersebutmereka menuntutsistem outsorchingdihapuskan.

TEMPO““Dua kakak beradikitu sudah dirawat diRumah Sakit Vita

Insani, KotaPematang Siantar AKBP M AGUS FAJAR Kapolres Simalungun

2906/B17

Page 18: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

Mancanegara18Banjarmasin Post JUMAT 29 JUNI 2012

KAIRO,BPOST - Biasanya, istripara pemimpin negara akanmenyandang sebutan ibu nega-ra. Namun lain halnya denganNaglaa Mahmoud, istri presidenMesir yang baru terpilih, Mo-hammed Mursi.

Meskipun telah menjadi istripemimpin Mesir, perempuanberjilbab ini menolak disebut ibunegara seperti para pendahulu-nya.

“Jika saya harus punya na-ma panggilan, saya lebih sukadisebut abdi Mesir, Um Ahmed(ibunya Ahmed), atau Hajjah,”kata Naglaa dilansir Al Ara-biya.

Naglaa memiliki alasan sen-diri untuk nama-nama yang dipilihnya. Dialebih suka disebut abdi Mesir, karena merasarakyat Mesir adalah satu bangsa. Nama UmAhmed dipilihnya karena merujuk pada sta-tusnya sebagai ibu dari putra sulungnya yangbernama Ahmed.

Sementara Hajjah merupakan sebutanyang disematkan pada muslimah yang telahmenjalankan ibadah haji di Mekkah, ibadahyang telah dijalaninya. “Ajaran Islam tidakmembedakan satu wanita dengan wanita lain-nya,” kata Naglaa.

Naglaa sadar bahwa jilbab yang dikena-

PetugasPemadam

TakutMendekat

COLORADO, BPOST - Ke-bakaran hebat melanda ka-wasan pemukiman di Colo-rado Springs, Amerika Seri-kat. Puluhan rumah rusakdan 32 ribu orang mengungsi.

Kebakaran hutan yangbermula di Waldo Canyon itumeluas hingga daerah Moun-tain Shadows, ColoradoSprings. Kantor Berita APF,Kamis (28/6) menyebut, ko-baran api masih terlihat ga-nas di daerah pegunungan.

Suhu yang meningkatmenimbulkan kesulitan ba-gi petugas pemadam menji-nakkan kebakaran yang me-landa sekitar 2.400 hektarewilayah itu. Kebakaranyang terjadi sejak Sabtu inimeluas dengan cepat dika-renakan angin yang bertiupkencang.

Sejauh ini tak ada laporankorban jiwa maupun korbanluka-luka akibat kebakaranini. Namun hingga kini apimasih terus berkobar. Bahkansejauh ini baru sekitar limapersen kebakaran yang ber-hasil dipadamkan.

Otoritas setempat punmengevakuasi sekitar 32 ribuwarga. Para pejabat setempatmenolak memprediksi bera-pa jumlah rumah yang han-cur dalam kebakaran ini. Na-mun dikhawatirkan angka-nya tinggi.

Sementara itu, otoritas ne-gara bagian Utah juga tengahberjuang memadamkan ke-bakaran hebat yang terjadi.Kebakaran itu melanda lebihdari 2.428 hektare tanah diwilayah sekitar 45 menit se-belah selatan Kota Salt LakeCity.

Kepala Barisan PemadamKebakaran Colorado Springs,Rich Brown menyebut ko-baran api mengancam kotametropolitan berpenduduklebih dari 650 ribu orang itu.

“Daerah evakuasi akandiperluas sebagai satu tinda-kan preventif. Kebakaran diColorado menewaskan em-pat orang tahun ini, tetapi ti-dak ada yang luka parah dariWaldo Fire,” katanya.

“Ini adalah kebakaran pa-ling buruk dalam sejarah Co-lorado,” kata Gubernur JohnHickenlooper.

Akademi Angkatan Udaramengatakan zona evakuasitermasuk dua lokasi rumahkelurga tunggal di lapanganyang menampung 2.100 war-ga sipil dan personel militerdan keluarga mereka.

Kebakaran juga melandabagian-bagian lain dari Colo-rado, di mana kebakaran diHigh Park menghantam 35.-300 hektare dan di Utah danMontana Rabu.

“Kebakaran di Montanamenghantam 7.690 hektarehutan di bagian timur negarabagian itu, 600 warga terpak-sa meninggalkan rumah-ru-mah mereka,” kata Ket At-wood, pejabat mitigasi baha-ya negara bagian. (dtn/ant)

Keputusan itu diambil se-telah para petinggi kepolisiandan pemerintah mencapai ke-sepakatan soal tuntutan gajidan aturan kedisiplinan.

Kesepakatan yang dipero-leh adalah meningkatkanupah sekitar 32 ribu polisimenjadi sekitar 300 dolar ASatau sekitar Rp 2,7 juta perbulan. Saat ini perwira kepo-lisian Bolivia mendapatkangaji antara 150 dolar AS atausekitar Rp 1.422.000 hinggaRp 1.896.000 per bulan.

“Tunjangan makan aparatjuga akan dinaikkan. Dengandemikian, gaji aparat polisiberpangkat rendah akan me-ngalami kenaikan 22 persen,”kata Menteri Dalam Negeri,Carlos Romero, diberitakanBBC, Rabu (27/6).

Hal lain yang disepakatiadalah menerapkan aturandisiplin baru hingga skemaalternatif yang pembentukan-nya melibatkan para polisigolongan rendah disepakati.

“Dengan kesepakatan ini,pemberontakan usai. Kesepa-katan final ini sudah ditelitisemua anggota dan ditandata-ngani. Pelayanan polisi kembalinormal,” kata perwakilan polisi,Esther Corzon, yang menanda-tangani perjanjian itu.

“Kesepakatan dihasilkankarena rakyat Bolivia me-nganggap sudah saatnya po-lisi kembali melayani pub-lik,” tambahnya.

Akibat unjuk rasa selamalima hari ini setidaknya pu-luhan polisi terluka dan se-jumlah kantor polisi hancur.Aksi para polisi ini menjadiinsiden terbaru dalam perte-ngahan masa jabatan limatahun kedua Presiden EvoMorales yang berhaluan kiri.

Sebelumnya, Evo Moralesyang kerap menuding lawanpolitik sebagai dalang protessosial, menuduh polisi yangberunjuk rasa tengah berupa-ya mengacaukan stabilitasBolivia. (dtn/vvn)

Polisi Akhiri Mogok❐ Gaji Naik Jadi Rp 2,7 JutaLA PAZ,BPOST - Pasukan kepolisian Boliviaakhirnya menghentikan aksi mogok dan un-juk rasa yang telah berlangsung selama limahari.

Skenario KudetaDEMO ketidakpuasan terus meluas di Bolivia sejak Evo

Morales berkuasa. Sekelompok aktivis melakukan long marchke Ibu Kota La Paz dalam dua bulan terakhir dan sempatbentrok dengan polisi antihuru-hara.

Mereka memprotes rencana pemerintah membangun jalan rayayang membelah hutan Amazon. “Kami tetap akan menduduki kotahingga tuntutan dipenuhi,” kata seorang pendemo.

Para pendukung Morales melakukan aksi tandinganmembela sang presiden yang tak ingin menemui para pengun-juk rasa. Menteri Komunikasi, Amanda Davila mengatakan,aksi itu merupakan rekayasa sebagai upaya melakukan kudetaterhadap pemerintah saat ini.

Menurut Davila, polisi berupaya mengumpulkan senjatadan menekan unit lain untuk menyerahkan senjata merekakepada perwira kepolisian yang terlibat dalam aksi mogok.“Laporan media dan intelijen kami mengatakan bahwaskenario kudeta kepada pemerintah saat ini tengah merekasusun,” kata Davila. (dtn/vvn)

kannya memicu perdebatan diMesir. Sebab, sepanjang sejarahpemerintahan modern di Mesir,dialah istri pemimpin negarapertama yang mengenakanjilbab. Berbeda dari istri parapendahulu suaminya, yangdikenal mengikuti tren fesyendan sangat bergaya.

Mulai dari Ratu Nariman,istri almarhum Raja Mesir KingFarouk, hingga Suzzane ThabetMubarak istri Hosni Mubarak,tak ada yang menggunakan jil-bab. Hampir semuanya menggu-nakan pakaian barat atau busanasekuler.

Ratu Nariman, terkenaldengan keanggunannya dan

selalu up to date dalam tren terbaru. TahiaKazem, istri almarhum Presiden GamalAbdul Nasser, berpakaian anggun dan se-derhana.

Jihan Raouf, istri almarhum Presiden MesirAnwar Sadat, tak sekedar masalah berpakaianmodern ia juga istri presiden pertama yangterlibat kehidupan politik.

Sementara Suzanne Thabet Mubarak, istrimantan Presiden Mesir Hosni Mubarak, ber-diri sejajar dengan para first lady dunia dengankeanggunan dan ketertarikannya pada masa-lah perempuan Mesir. (rol/vvn)

Tolak Disebut Ibu Negara

ISLAMTIMES.COM

AKHIRI MOGOK - Ratusan polisi Bolivia akhirnya mengakhiri mogokkerja setelah dijanjikan kenaikan gaji menjadi Rp 2,7 juta per bulan.

Naglaa Mahmoud

2906/B18

Page 19: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

19Banjarmasin PostSmart BizJUMAT 29 JUNI 2012

Berikan Kepuasan dan Kualitas

Ditambah lagi dengan de-sain stan yang menarik danbertemakan Hello Kitty danBarbie, pameran yang ber-tempat di Hall A Duta Mall itutak hentinya diserbu pengun-jung. Mereka bukan hanyamelihat-lihat, tapi sudah me-lakukan beberapa transaksidengan Benoa Decor karenaketertarikannya akan desain.

Salah satu pengunjungyang menyempatkan dirimampir ke stan Benoa Decoradalah Yadi, warga Banjar-baru. Pria berusia 36 tahun itumengaku, bukan hanya ter-tarik dengan diskon yangdiberikan, melainkan jugakualitas produknya.

“Saya dengar kabar dis-konnya besar-besaran. Apa-lagi, saya amati kualitas bara-ngnya bagus. Makanya sayacoba lihat-lihat dulu, siapa tahuada yang cocok,” ujar Yadiketika disambangi BanjarmasinPost, kamis (29/6).

Menurut Yadi, Benoa De-cor tidak melarang pengun-jung menduduki barang

BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

KONSEP HELLO KITTY- Perabotan untuk kamar set anak dengan konsep Hello Kitty lebih menarik danmewah yang disediakan Furniture Benoa Decor di pameran Atrium Hall Duta Mall Banjarmasin.

BANJARMASIN, BPOST - Hari demi haripameran furniture Benoa Decor kian mena-rik perhatian pengunjung Duta Mall Banjar-masin.

yang dipamerkan dan inimembuatnya terpuaskan de-ngan pelayanan yang dibe-rikan. “Enak juga bisamencoba,” ucapnya.

Jika pameran furniturelain tidak boleh mencobaatau duduk-duduk di kursipajangan, Benoa Decor inimalah mempersilakan pe-ngunjungnya bersantai se-jenak sekaligus menikmatiempuknya beberapa pro-duk mereka.

“Biasanya kalau pameranfurnitur barangnya tidak bo-leh diduduki, tapi Benoa De-cor justru membolehkan. Jadisambil mencoba-coba keem-

pukan sofa sekalian kita bisarehat sebentar usai kelilin-keliling,” tutur Yadi sambiltersenyum.

Koordinator Area BenoaDecor, Rini Mulyati Subandi,mengatakan, Benoa Decorselalu berupaya memberikankepuasan kepada pengun-jung dan pembeli.

“Makanya kita selalu beri-kan pelayanan sebaik-baik-nya supaya yang datang danmembeli ada kepuasan,” tuturRini.

Menurut Rini, Benoa Decorjuga memberikan kepuasankepada pembeli dengan kua-litas barang yang sangat ter-jamin. “Silakan cek, barangkita menggunakan bahanyang berkualitas terbaik. Daripenampilan serta desainnya,tentu sagat memberikan ke-puasan dan menggambarkankualitas,” kata Rini.

Misalnya busa, dikatakanRini, busa yang digunakanBenoa Decor terjamin keem-pukan dan keawetannya ka-rena menggunakan busa yangtak diragukan lagi kualitas-nya. “Bahkan untuk busa kitaberikan garansi 15 tahun,”ujar Rini.

Rini mengatakan, BenoaDecor memang tidak melara-

ng pengunjung untuk dudukdi sofa atau barang lain yangdipamerkan. “Kita bolehkanpengunjung duduk-dudukuntuk merasakan.Sebab, kitayakin dengan produk kita,tidak akan rusak walau di-duduki orang banyak,” ujarRini.

Benoa Decor menggelarpameran ini dalam rangkamenyambut musim liburansekolah dan akan dilaksa-nakan hingga 8 Juli 2012.

Pameran ini lebih bernuan-sa Hello Kitty, Spiderman danBarbie. Stan pameran sajadidesain dengan gambar He-llo Kitty.

Ada beberapa produkunggulan yang akan dijualdalam pameran ini, salah-satunya adalah kamar set a-nak bermotif Hello Kitty,Barbie, Spiderman dan lain-lain. Selain itu juga dipa-merkan produk terbaru ber-bagai jenis sofa, kamar setdewasa baik minimalis mau-pun klasik.

Selama pameran ini, Be-noa Decor yang mendapatdukungan dari BanjarmasinPost Group, memberikan dis-kon besar-besaran, yaknihingga 50 persen untuk se-mua item. (ncl/*)

“”

Makanya kitaselalu berikanpelayanan sebaik-baiknya supaya yangdatang dan membeliada kepuasan

RINI MULYATI SUBANDIKoordinator Benoa Decor

Gramedia Promo Perlengkapan Sekolah

BANJARMASIN, BPOST -Menyambut tahun ajaran ba-ru 2012-2013 yang sebentarlagi tiba, Toko Buku Grame-dia Duta Mall Banjarmasin,

Sediakan Pinjaman bagi UKMBANJARMASIN, BPOST -Bagi para Usaha Kecil Mene-ngah (UKM) yang ingin me-nambah modal kerja merekatampaknya bisa meminjam diKoperasi Karyawan (Kopkar)Bank Bukopin Banjarmasin.

Hal ini dikatakan Ketua Kop-kar Bank Bukopin BanjarmasinM Arief Fadillah disela-sela acara.Family Gathering KoperasiKaryawan Bukopin Banjarma-sin, beberapa waktu lalu. Fahmi mengatakan, untuksimpan pinjam ini (Swamitra)mereka bekerja sama denganBank Bukopin untuk penye-diaan dana pinjaman. “Simpan pinjam ini diperun-tukkan bagi parawirausa-hawan mikro yang ingin me-nambah modal kerja dan me-ngembangkan usahanya,”kata Arief yang didampingi

BPOST/DOK

BERI DISKON - Karyawan Toko Buku Gramedia sedang merapikan buku tulisdalam Bazar Buku Tulis dan Perlengkapan Sekolah di Duta Mall Banjarmasin.

menggelar Bazar Buku Tulisdan Perlengkapan Sekolahlainnya.

Kegiatan ini dilakukan dilantai II atau samping Hall

Atrium Duta Mall,dari 25 Juni-9 Juli2012 nanti. Lalu Anji Wira Pra-tama, Sales Superin-tendent Gramediakepada BanjarmasinPost mengatakan,segala kebutuhandan perlengkapanpelajar dari berba-gai jenjang tersediadi bazar ini. “Dalam bazar inikita jual barang-ba-rang yang dibutuh-kan para pelajardan tentunya de-ngan harga terjang-kau,” ujar Lalu. Dengan bazar ini,masyarakat umumkhususnya pelajar

dapat membeli kebutuhanmereka dan tentunya denganharga yang sangat terjang-kau.

Dengan begitu, Lalu berha-

rap, Gramedia dapat mening-katkan daya beli masyarakatyang bersiap menyambut a-wal tahun ajaran baru 2012/2013 ini.

Lalu mengatakan Kegia-tan ini dilakukan untukmemberikan suasana yangsegar dan berbeda, karenapameran ini akan dilangsu-ngkan di Atrium Duta MallBanjarmasin.

Menurutnya produk-pro-duk jual seperti buku-bukudengan harga terjangkau. Wil-da, ibu rumah tangga menga-ku senang dengan adanyapromo ini.

“Buku-bukunya dijual de-ngan harga terjangkau, pasuntuk anak kita menjelang ta-hun ajaran baru,” papar ibusatu anak ini.

Apalagi tidak hanya bu-ku tulis yang dijual tas se-kolah, sampul, pensil, peng-hapus, autan dan perleng-kapan lainnya. (dwi)

pengurus lainnya, Ivan kepa-da Banjarmasin Post.

Arief mengatakan, pinja-man Kopkar Bank Bukopinitu sendiri diberikan maksimalsampai dengan Rp 150 juta.Selain itu, Arief juga ada ke-giatan usaha kopkar karya-wan ini antara lain pelayananpenerimaan pembayaran ta-gihan listrik, air serta telepon(PPOB Mobile).

Kopkar Bukopin ini jugamemberikan kesempatanyang luas kepada para ang-gota, karyawan dan masya-rakat umum untuk membukapelayanan tersebut.

Adapun titik layanan yangtelah berjalan saat ini di anta-ranya di Bank Bukopin Caba-ng Utama dan Kantor KasPLN Perintis Kemerdekaan.

Selama ini loket pembayaran

menetap dilokasi tertentu, saatiniKopkar memberikan layananloket pembayaran bergerak(PPOB Mobile), bisa melakukanpembayaran.

Dalam acara yang gatheringyang berlangsung di TambakYudha ini, jumlah karyawankoperasi dan keluarga yanghadir sebanyak 90 orang.

Acara pun berlangsung se-cara kekeluargaan dengan diisigames dan pertunjukan sulapdari Ivan Borneo.

Arif menegaskan, bagimasyarakat yang ingin mem-buka loket pembayaran tagi-han listrik, air & telepon da-patmenghubungi Kopkar Ba-nk Bukopin (dwi)

ISTIMEWA

Karyawan Kopkar Bank Bukopin pada acara gathering.

2906/B19

Page 20: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

Banjarmasin Post20 Goool

JUMAT 29 JUNI 2012

90 Atlet Kempo Adu JagoATRAKSI bela diri kempo mulai dari

gerakan dasar hingga perkelahian tingkattinggi akan tersaji di Aula Politeknik NegeriBanjarmasin (Poliban) Jalan BrigjenHasan Basri Kayutangi, akhir pekanini.

Selama dua hari, Sabtu (30/6)-Minggu (1/7), digelar Poliban CupOpen Shorinji Kempo se-Kalsel 2012.Itu kejuaraan kedua setelah yangpertama pada 2010 lalu.

“Dua tahun lalu pesertanya sekitar 70kenshi (atlet kempo). Kali ini mencapai 90orang,” sebut Wanfi, Ketua Umum ShorinjiKempo Poliban, Kamis (28/6).

Dituturkan dia, peserta datang dariseluruh kabupaten dan kota di Banua.

Mereka bertanding di semua tingkatan,sabuk putih hingga sabuk hitam.

“Aturan main dan lainnya dibahas dalamtechnical meeting di Poliban, hari ini

(Jumat, 29/6),” ucap Wanfimengingatkan.Ditambahkan dia, acara

pembukaan kejuaraan yangdidukung sepenuhnya oleh BPost

Group tersebut, akan dimeriahkandemonstrasi jurus dan gerakan kempo

oleh anggota UKM Shorinji Kempo Poliban.“Semoga bisa menghibur penonton dan

peserta,” kata Wanfi yang berharapkejuaraan ini memunculkan kenshi berba-kat yang kelak menjadi andalan Kalsel dilevel nasional bahkan internasional.(ran/*)

Terbukti dalam partaikedua Grup B BabakDelapan Besar Divisi UtamaLiga Indonesia 2011-2012 diStadion Mandala KridaYogyakarta, Kamis (28/6)malam, Barito tampil taksetrengginas biasanya.Bahkan Agustiar Batubaradan kawan-kawantertinggal lebih dulu 0-1 olehPS Sumbawa Barat. Gol timasal Nusa Tenggara Barat(NTB) tersebut dicetakstriker asal Brasil, AntonioTeles, pada menit ke-29.

Proses gol itu berawaldari serangan balik yangcepat. Sekali gerakan,

bomber gundul itumenembakkan bola tanpadapat dihalau kiper Barito,Dedy Sutanto. 1-0 SumbawaBarat unggul.

Skuad Laskar Antasarilangsung bangkit mengejargol penyama kedudukan.Dua menit berselang,Syaifullah Nazar dilanggarbek Sumbawa Barat dikotak 16. Namun wasitSukardi tak memberikanhadiah tendangan penalti.

Babak kedua baruberjalan dua menit ketikatiba-tiba lampu stadionpadam. Sekitar 30 menitStadion Mandala Krida

gelap gulita.Sekitar 300 suporter

Barito yang terdiri atasBartman, Lasman, YellowBoys dan mahasiswa Banuayang kuliah di Yogyakartaterpaksa membakar kertasuntuk penerangan. MenurutKetua Bartman, Normansyah,pendukung Tim Seribu Sungaicukup banyak karena selainpara mahasiswa itu tidak adajadwal kuliah malam, jugatiket pertandingan dibelikanoleh manajemen Barito.

Di saat sepertinya lagabakal dilanjutkan padakeesokan pagi, tiba-tibalampu stadion menyala.Pertandingan pun di-lanjutkan. Sekitar tiga menitlaga berjalan, pelatih Salahudinmengganti Syaifullah Nazardengan Nehemia ‘Neme’Solossa.

Hasilnya kakak kandungpenyerang top Boaz Solossaitu menjebol gawangSumbawa Barat yangdikawal Hairul Iqbal. Skorpun imbang 1-1 dan bertahanhingga akhir. (dns/ran)

BERLAGA pada malam hari di bawahsinar lampu, sedikit banyak memengaruhiperforma Barito Putera yang terbiasabermain siang lantaran Stadion 17 MeiBanjarmasin tak punya penerangan.

Nn

TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI

NEME Solossa (kanan) berlari merayakangol yangdicetaknya ke gawang PS Sum-bawa Barat, Kamis (28/6) malam

Neme Save Barito

2906/B20

Klasemen Sementara Grup BKlasemen Sementara Grup BKlasemen Sementara Grup BKlasemen Sementara Grup BKlasemen Sementara Grup B 1. PSIM Yogyakarta 2 2 - - 4-2 6 2. Barito Putera 2 1 1 - 6-2 4 3. PS Sumbawa Barat2 - 1 1 2-3 1 4. Persebaya Sby 2 - - 2 2-7 -Hasil Laga Kamis (28/6)Hasil Laga Kamis (28/6)Hasil Laga Kamis (28/6)Hasil Laga Kamis (28/6)Hasil Laga Kamis (28/6)-Persebaya 1-2 PSIM-Sumbawa Barat 1 Vs 1 Barito

Page 21: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

29 JUNI 2012/9 SYABAN 1433 H

JUMAT21 Banjarmasin Postwww.banjarmasinpost.co.id

Warga Jalan Angkasa Ke-lurahan Sjamsudin Noor inirupanya salah satu siswi yangtelah salah menentukan pi-lihan sekolah saat mendaftarPPDB online. Dihari ketiga ini,namanya pun menghilangdari daftar jurusan yang di-pilihnya saat mendaftar. Finapun, terancam harus memilihmasuk ke sekolah swasta.

“Maaf pak. Bisa nggak yamencabut berkas merubahanpilihan yang ada. Soalnya,nama putri saya ini hilang daridaftar sekolah yang dipilih-nya,” ujar Samijah denganmata berkaca-kaca, Kamis(28/6).

Samijah kaget bukan ke-palang menyaksikan buahhatiya pulang dari warnetmenghampirinya sambil me-nangis. Ternyata penyebab-nya nama Fina menghilangdari daftar sekolah yang di-pilihnya.

Fina mendaftar dengan te-man-temannya di hari pert-ama melalui fasilitas internetMobil Layanan Terpadu Inter-net Kecamatan (MPLIK).

Dia hanya mengisi dua daritiga pilihan yang tersedia yak-ni pilihan I adalah jurusanAdministrasi Perkantoran diSMKN 1. Sedangkan pilihanII jurusan Desain KomunikasiVisual. “Ternyata di hari keti-ga ini namanya hilang dari

Pulang dari Warnet Fina Nangis Tak Masuk Boks di Sekolah Pilihan

Jangan Tunggu Menjamur

Artesya Nanda AkhlakulkarimahBanjarmasin, 18 Mei 1994.Semester II Ilmu Komputer FMIPA Unlam BanjarbaruSemifinalis Naga Banjarbaru 2012Ratu Helm Polresta Banjarmasin 2010

Jumat (29/6) Ceramah

umumperkuliahan diklatprajabatangolongan IIangkatan IIlingkunganPemkoBanjarbaru2012, di SPPHBanjarbaru, pukul08.00 Wita

Audiensi DPCAkli KotaBanjarbaru, diruang kerja WaliKota Banjarbaru,pukul 08.30Wita.

BANJARBARU, BPOST - Samijah bergegas menemui Kepala BidangDikmen Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarbaru, Edy Juwana. Disampingnya berdiri dengan mimik begitu cemas putrinya, Fina WestiPratika. Wajar Fina berlaku demikian.

daftar. Nilai Fina 30,5. Bisanggak ya, anak saya gantipilihan,” pinta Samijah.

Edy yang ditemui Samijahpun tidak bisa berbuat ban-yak. Menurutnya, untuk cabutberkas tidak bisa karena atu-rannya demikian. Kecuali,mengisi pilihan ketiga. Na-mun, kalau pilihan ketiga ha-rus swasta.

“Kalau cabut berkas tidakbisa. Kalau menambah pilihanbisa. Silakan, ibu ke petugasyang menanganinya,” ung-kap Edy mengarahkan Sa-mijah dan Fina.

Akhirnya Samijah men-coba memelas kepada petugasonline agar anaknya bisa cabutberkas. Namun, harapannya

kembali kandas.Samijah dan Fina pun ter-

tunduk lemas. Keduanya, ber-jalan keluar kantor Dinas Pen-didikan Banjarbaru. MenurutSamijah masuk sekolahswasta cukup berat, karenasuaminya hanya petani sayur.

“Tapi mau gimana lagi.Sudah telanjur seperti ini,”ucapnya lirih.

Fina yang memiliki nilai30,5 otomatis terlempar darikolom PPDB online di jurusanAdministrasi PerkantoranSMKN 1 Banjarbaru. Hinggasiang kemarin, nilai terendahdari 31 kuota yang ditawarkandi jurusan tersebut adalah32,80 atas nama Rizki TriYandri.

Siswa alumnus SMPN 2Banjarbaru ini terancam ter-lempar dari pilihannya bilamasih ada siswa yang men-daftar dengan nilai di atasnya.

Sedangkan di pilihan ke-dua, nama Fina pun otomatisterhapus karena di jurusanDesain Komunikasi Visualnilai terendah hingga kemarinsiang adalah 31,20. (wid)

PETUGAS pelayanan PPDB Online, Fuad,mengakui tidak bisa melayani permintaancabut berkas karena Standar OperasionalProsedurnya (SOP) PPDB Online demikian.Tidak hanya Fina, tetapi banyak yang lainnyayang mengalami kasus demikian.

Kalau yang ini masih lumayan mengakuiada kesalahan pilihan. Kemarin, ada jugayang beralasan namanya disabotase olehtemannya. Ada juga, polisi berpakaianlengkap meminta perubahan pilihan.

“Tetapi, SOP nya demikian. Kita tidak bisapenuhi permintaan mereka karena ratusanpendaftar lainnya protes,”ungkap Fuad.

Kabid Dikmen Disdik Banjabaru, EdyJuwana, kembali mengingatkan siswa atauorang tua untuk benar-benar mempelajariperkembangan seleksi PPDB online yangbisa dipantau melalui internet. Daripergerakan nilai, siswa bisa menentukanpilihan yang aman agar tidak terlempar kesekolah yang tidak diinginkan.(wid)

Berseragam Polisi

BANYAKNYA bangunan liar di pinggir jalan danmerupakan area Hijau milik pemerintah kerapmenjadi permasalahan serius. Ketika aparat SatuanPolisi Pamong Praja ingin menertibkan, tidak di-pungkiri bisa memicu protes dari pemilik bangunanliar tersebut.

Menurut Artesya Nanda Akhlakulkarimah,penertiban seharusnya tidak sampai terjadi ketikapedagang kaki lima (PKL) sudah menjamur.

“Saya lihat penertiban sering diwarnai protespedagang, karena mungkin mereka sudah merasanyaman berjualan di tempat tersebut,” kata gadis

yang biasa disapa Tesya ini.Harusnya, kata Tesya, diberitahu tempat

mana yang boleh dan tidak. Jika ada satu sajaPKL melanggar maka harus segeraditertibkan. “Jangan tunggu menjamur,”tegasnya.

Menurut Mahasiswi Program studiIlmu Komputer FMIPA Unlam Banjarbaruitu, dari sisi Pedagang juga cukup prihatin. “Kasihan juga setelah banyak baru diter-tibkan, karena pembeli sudah ramai. Semogajangan terulang dan pedagang juga perlumengikuti aturan,” katanya. (gep)

Baca juga:

Tak DaftarMalah Lolos

halaman 22

“Ternyata di hariketiga ini namanyahilang dari daftar.

Bisa nggak ya, anaksaya ganti pilihan?”

“Kalau cabut berkastidak bisa.

Tapi menambahpilihan bisa”

SAMIJAHOrangtua Fina

EDY JUWANAKabid Dikmen Disdik Banjarbaru

Nomor Telepon PentingRSUD Banjarbaru : 4772380RSUD Ratu Zalecha :4789449Polres Banjarbaru : 4772266Polres Banjar :4723284

PAMERANPENDIDIKAN- Sejumlahsiswasekolahkejuruan,memamerkankeungulansekolahmerekadalambidang senitradisonal,Rabu (27/6),di lokasiPameranPendidikandi halamanDinasPendidikanKotaBanjarbaru.

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

BANJARBARU, BPOST - Se-lama dua hari Ihan (30) dankeluarganya yang tinggal diKelurahan Landasanulin Ti-mur, terpaksa memanfaatkanair galon yang biasanya untukminum, dipakai mandi.

Pasalnya, keran leding dirumahnya yang biasanyamenyalurkan air PDAM,macet total. “Terpaksa duahari ini tidak menggunakan airleding karena macet terus.Saya tidak mengetahui pen-yebabnya,” ungkap ayahsatu anak itu.

Dijelaskannya, sejak Selasa

Air Minum Dipakai Mandi(26/6) terpaksa dia meman-faatkan penggunaan air galon.“Untuk Mandi, minum danwudu terpaksa pakai air galon.Parah sekali kondisinya, pa-dahal kami selalu rutin bayarrekening air, tapi masih macetterus,” ujarnya.

Sementara itu, diungkap-kan Humas PDAM Intan Ban-jar, Dedy R Setiawan, pen-yaluran air bersih di kawasanLandasanulin, Peramuan danGambut selama ini menggu-nakan produksi Instalasi Pe-ngolahan Air (IPA) di Pera-muan.

“Saat ini penyalurannyasistem bergiliran, untuk wila-yah Gambut dan Landasa-nulin. Pada pagi hari disalur-kan ke Gambut, kemudianpada pukul 18.00 Wita me-layani kecamatan Landasanu-lin, kalau disalurkan bersa-maan memang tidak terlalukuat, untuk penyaluran lebihdari 6.000 KK” jelasnya.

Selain itu diungkapkannya,saat ini pihaknya juga mela-kukan penggantian pipa tua.

“Pipa lama berusia sekitar32 tahun, yaitu jenis asbescolventcemen pipe (ACP).

Sekarang kami mulai prosespenggantian dengan HighDensity Polyethylene Pipe(HDPE),” jelasnya.

Diungkapkan Dedy, pipayang lama memang sudahmengalami kebocoran se-hingga distribusi air bersihpun terganggu.

“Tingkat kebocorannyacukup tinggi sehingga tidakbisa optimal disalurkan. Inisudah dilakukan programpemasangan pipa baru, em-pat bulan ke depan sudah se-lesai dan distirbusi air akankembali lancar,” katanya. (gep)

2906/B21

ISTIMEWA

Page 22: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

22Banjarmasin Post

JUMAT 29 JUNI 2012

Intan Idaman Square

Arguci Sisihkan Tahu■ Kota Banjarbaru Tetapkan Produk Unggulan■ Segera Didaftarkan ke Pemprov KalselBANJARBARU, BPOST - Kota Banjarbarusejak terbentuk 13 tahun lalu, ternyata tidakmemiliki satupun produk yang diunggulkan.Akibatnya, dalam daftar produk unggulanProvinsi Kalimantan Selatan, untuk kota ber-juluk ‘Idaman’ ini masih kosong.

Menyikapi itu, sejumlahinstansi di Kota Banjarbarukemarin berembug untukmenentukan produk unggu-lan di kota ini. Akhirnya, ke-rajinan arguci dipilih. Produkkerajinan yang banyak dite-mukan di Kecamatan Cempa-ka itu menyisihkan produkmakanan tahu.

Kepala Dinas Koperasi danUMKM Kota Banjarbaru, MFakhruddin, membenarkanhasil musyarawah dengansejumlah instansi seperti Dis-perindag, Bappeda, Disntan-kanhut, Disbudpar memutus-kan memilih kerajinan argucisebagai produk unggulan diKota Banjarbaru.

Hasil ketetapan merekaini, jelas Fakhruddin, selanjut-nya disampaikan kepadawali kota untuk menda-patkan persetujuan. Setelahitu, barulah didaftarkan keProvinsi Kalsel.

“Secepatnya kami daftar-kan arguci ini ke provinsi se-telah mendapatkan persetu-juan dari wali kota. Kerajinanini menjadi bahan masukanuntuk program one village oneproduct,” kata dia.

Menurutnya, selama iniBanjarbaru ternyata memangtidak memiliki produk unggu-lan yang didaftarkan di Pro-vinsi Kalsel. Sedangkan, ka-bupaten/kota lainnya sudahada seperti Banjarmasin pro-duk unggulannya sasirangan,Kabupaten Banjar denganproduk unggulan batu mulia,dan Tanahbumbu denganproduk kain tenunnya .

Nama Banjarbaru pun ko-

song tidak ada daftar produkunggulan daerah. Karena itu-lah, ini tadi pihaknya melaku-kan pertemuan untuk mene-tapkan produk unggulan Ko-ta Banjarbaru. Ada beberapaproduk yang dinominasikandi antaranya tahu. Selain itu,sasirangan juga ada tadi diu-sulkan.

“Tahu memang pernahmenjadi produk yang dikenal

di provinsi Kalsel seperti tahuGuntung Payung. Namun,kami lebih memilih kepadakerajinan arguci karena untukpengembangan menjadi se-buah industri lebih besar pe-luangnya. Sedangkan sasira-ngan tidak bisa kami jadikanproduk unggulan karena su-dah ada terdaftar di daerahlain,” papar Fakhruddin.

Menurutnya, saat ini ke-rajinan arguci ini berkembangdi Kecamatan Cempaka. Se-lama ini, pengrajin Arguci ha-nya bekerja sendiri mengem-bangkan usahanya. Denganditetapkannya Arguci sebagaiproduk unggulan Banjarbarukedepannya akan ada pem-binaan dari Pemko Banjarbaruterhadap pengrajin arguci.

Secepatnya kamidaftarkan arguci inike provinsi setelah

mendapatkan perse-tujuan dari wali kota.Kerajinan ini menjadi

bahan masukanuntuk program onevillage one product

M FakhruddinKadiskop UMKM Kota Banjarbaru

Manik-manik MewahARGUCI merupakan kerajinan

merangkai manik-manik yang umum-nya berwarna perak dan keemasan.Ukurannya lebih kecil dari kancing bajuini disusun dan disulam pada sehelai kainbeludru. Susunan arguci tersebutdibentuk menjadi sebuah objek, antaralain ornamen Banjar atau kaligrafi Arab.

Sulaman arguci selain memancarkankilauan warna perak juga memberikankesan mewah. Produk kerajinan inikerap digunakan sebagai hiasan dindingyang sebelumnya dibingkai. Bisa pula

dijadikan taplak meja, sarung bantal hiasatau dekorasi pelaminan pengantin Banjar.

Ada beberapa tips dan cara merawatkerajinan ini sehingga kekuatan jahitanairguci dan warna kain tetap bertahandengan baik. Untuk membersihkan,sebaiknya kain dilaundry. Kain tidakboleh dilipat membelah gambar yangmengakibatkan rusaknya lukisanairguci. Lipat kain ke arah dalam sehing-ga airguci berada di dalam lipatan.Jangan tindih airguci dengan kain ataubenda lain yang berat. (net)

Mereka ingin, nantinya adakampung arguci. Dengan pe-netapan arguci sebagai pro-duk unggulan daerah makaakan ada penguatan kelem-bagaan dari Pemko termasukpermodalan. Semua instansi,akan mengarahkan pembina-an untuk pengembangan pro-duk ini.

Kerajinan arguci ini, memi-liki kelebihan untuk dikem-bangkan. Karena, produk initidak sekadar untuk hiasandinding di rumah-rumah pen-duduk atau pesta perkawinantetapi bisa dikembangkanmotifnya.

“Bisa dikembangkan untuksuvenir seperti dompet, tutuplampu dan banyak lagi,” ung-kap Fakhruddin. (wid)

Tak Daftar Malah Lulus■ Peraih UN Tertinggi Tercantum di Tiga SMA

Berarti Ada yang IsengKHONSA ditemui di rumahnya mengaku

kaget ketika memasuki hari kedua PPDBreguler diberitahu teman namanya terdaf-tar dalam PPDB online. Sebab, ia sama sekalitidak ada registrasi di PPDB Online.

Khonsa pun langsung mengecek melaluiponselnya. Ternyata informasi itu benar.Datanya begitu lengkap. Bahkan disebutkanpilihan satu dia memilih SMAN 2 Banjar-baru, kedua SMAN 3 dan ketiga SMA Qar-dan Hasanah.

“Iya, saya kaget kok bisa ada di situ.Sedangkan saya, nggak pernah daftar,” ujarsiswi tertinggi UN se-Kota Banjarbaru ini.

Ibunda Khonsa, Diana, yang mendampingi

putrinya juga heran kenapa nama bisa muncul.Makanya, dia pun konfirmasi ke Dinas Pendi-dikan (Disdik) Banjarbaru soal itu. Tetapi, karenasibuk masih belum sempat.

Menurut Diana, sebenarnya ia sudahmengingatkan Khonsa untuk mengonfir-masi ini. Khawatirnya, nanti muncul dikoran. Sebab, disitu nama Khonsa beradadi urutan teratas daftar siswa yang men-daftar di SMAN 2 Banjarbaru.

“Kok bisa ya. Berarti, ada yang iseng.Wah, kalau seperti ini bahaya. Soalnya, tidakhanya Khansa saja tetapi kabarnya teman-nya yang pindah ke Surabaya juga munculnamanya di situ,” ungkap Diana. (wid)

BANJARBARU, BPOST -Hingga kemarin nama Khon-sa Indana Zolfa tercantumsebagai peserta PPDB onlinedengan nilai tertinggi di SM-AN 2 Banjarbaru. Siswi alum-nus SMPN 1 Banjarbaru yangmemiliki 38,20 ini tercatat pi-lihan pertama di SMAN 2 Ban-jarbaru, kedua di SMAN 3Banjarbaru, dan ketiga di SMAQardan Hasanah.

Munculnya Khonsa dalamPPDB online justru membuatguru-guru di SMAN 2 Banjar-baru heran. Mereka memper-tanyakan keseriusan Khonsamendaftar dalam gelaran PP-DB reguler di sekolah mereka.

Munculnya nama Khonsa

menjadi catatan buruk terha-dap keamanan sistem PPDBonline yang sekarang digelaroleh Dinas Pendidikan (Disdik)Banjarbaru. Sebab, Khonsaternyata sama sekali tidakmendaftar.

Wakasek Humas SMAN 2Banjarbaru, Iswahyudi me-ngatakan, sebenarnya pihak-nya justru senang menerimasiswa yang pandai. Tetapi,yagn jadi pertanyaan sekolahkeseriusan Khonsa mendaf-tar di sekolah mereka.

Sebab, dari informasi yangdidapatnya Khonsa sebelum-nya sudah mendaftar di SM-AN 1 Banjarbaru. Bahkan,Khonsa khabarnya juga men-

daftar di SMAN 1 Martapura.Kedua sekolah berstandarinternasional tersebut, Khon-sa sama-sama lulus.

“Informasinya Khonsamemilih SMAN 1 Banjarbaru.Itu sebabnya, kami sekarangbertanya-tanya, benar nggakKhonsa daftar ke sekolah ka-mi. Kalau benar, kami tentu sa-ngat senang menerimanya,”ujar Iswahyudi ditemui di sela-sela pameran pendidikan dihalaman Dinas Pendidikan(Disdik) Banjarbaru, Kamis(28/6).

Iswahyudi mengaku sa-ngat menyayangkan kalauKhonsa tidak bersungguh-sungguh mendaftar melalui

PPDB reguler ini. Sebab, kalauDia ternyata hanya coba-cobasaja satu kuota yang tersediadari 263 kuota menjadi tidakterpakai. “Makanya, benarnggak sih Khonsa ini mendaf-tar,” ujarnya.

Kepala SMAN 1 Martapura,HM Busyra, membenarkanKhonsa tadinya sempat men-daftar di SMAN 1 Martapura.Khonsa juga sempat tes disekolah yang dipimpinnyaitu. Saat itu, tes tertulis di SM-AN 1 Martapura pagi dan SM-AN 1 Banjarbaru siang. “Na-mun, Khonsa milihnya daftarulang ke SMAN 1 Banjarba-ru,” terang Busyra.

Kabid Dikmen Dinas Pen-didikan (Disdik) Banjarbaru,Edy Juwana, yang dikonfir-masi mengatakan boleh-bo-leh saja Khonsa mendaftarmelalui PPDB reguler walau-pun sebelumnya telah men-daftar di SMAN 1 Banjarbaru.

Namun, sebelum mendaf-tar harus ada penegasanKhonsa mengundurkan diridari SMAN 2 Banjarbaru. Ka-lau tidak, tentunya tidak bisa.Kuota yang tersedia, akanlowong kalau ternyata Khon-sa tidak benar-benar mendaf-tar ke sekolah tersebut.

“Khonsa harus mundurdulu dari SMAN 1 Banjar-baru. Kalau tidak, ya kamiakan cabut ,” tegas Edysiang kemarin. (wid)

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

MENUTUP JALAN - Antrean panjang truk pengisi bahan bakar solar di SPBU Simpang Empat Banjarbaru,Selasa (26/6), nyaris menutup jalan A Yani. Antrean seperti ini sudah berlangsung lama.

Penyuluh Pun Diajar Jurnalistik

BANJARMASIN POST GROUP/GEORGE EDWARD PAH

KEPALA Biro Banjarbaru Banjarmasin Post Group, Didik Trio Marsidi, memberikan penjelasan tentangdunia jurnalistik di depan tenaga penyuluh kehutanan, Kamis (28/6).

BANJARBARU, BPOST - puluhan pesertaPelatihan Kapasitas SDM Penyuluh Kehutananmendapatkan pelatihan seputar jurnalistik diruang belajar 1, Bapelkes Provinsi KalimantanSelatan, Banjarbaru, Kamis (28/6) sekitar pukul10.00 Wita.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Biro Ban-jarbaru Banjarmasin Post Group, Didik TrioMarsidi, memberikan materi tentang duniajurnalistik.

“Penyuluh dan Jurnalis memiliki kesamaandalam menyampaikan Informasi. Mungkin yangmembedakan ruang lingkupnya, kalau Jurnalistiklingkupnya yang lebih global,” jelasnya.

Selain itu, dalam sesi tersebut diajarkanmengenai tema-tema yang sedang ramaidibicarakan dalam ruang lingkup kehutanan.

“Tuliskan yang sudah disiapkan di pikiran,misalnya tema yang akan diangkat mengenai

penyuluhan seperti tema mengenai Gaharu,”jelasnya.

Ketua panitia pelatihan , Ir H WaluyoHaryanto, menjelaskan kegiatan yang diikutioleh 40 orang peserta ini bertujuan untukpeningkatan sumber daya manusia penyuluhkehutanan.

“Ini merupakan angkatan kedua yangmengikuti pelatihan penyuluhan selama tigahari, selain itu mereka juga bisa tetap mengikutiperkembangan dan kemajuan yang terjadi saatini,” jelasnya.

Selain itu dijelaskannya, diberi pelatihan sesijurnalistik kepada para peserta bertujuan agarpenyuluh juga bisa menyampaikan informasipenyuluhan dengan bahasa jurnalistik. “Jikamateri penyuluhan mereka akan dimasukkandi media massa hasilnya juga bisa bagus danmereka lebih terampil,” katanya. (gep)

NET

2906/B22

Page 23: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

23Banjarmasin PostBumi AntasariJUMAT 29 JUNI 2012

Sempat Tunggak Cicilan Kendaraan

PT BKW Serahkan Ambulansuntuk Polres Kotabaru

KEPEDULIAN terhadappelayanan kesehatan menjadikomitmen PT Buana KaryaWiratama (BKW). Perusahaandi bawah pimpinan H TajerianNoor ini kembali menyerah-kan bantuan satu unit mobilambulans ke Polres Kotabaru,Rabu (27/6).

Itu merupakan bantuan PTBKW yang ketiga dalam ta-hun ini. Sebelumnya dua unitambulans telah diserahkanyakni untuk warga EmpatSerangkai Kelurahan Kota-baru Tengah dan untuk Kodim1004 Kotabaru Kecamatan

Pulaulaut Utara.Bantuan mobil ambulans

untuk Polres Kotabaru ter-sebut diserahkan oleh H Ku-suma mewakili H TajerianNoor. H Kusuma adalah or-ang dekat (keluarga) H Taje-rian Noor.

Kapolres Kotabaru AKBPRosyanto Yudha Hermawansemringah menerima bantuantersebut. Pun dengan Waka-polres Kompol MuhammadRifai SIK, Kabag Sumda Kom-pol Katwandi dan jajaran per-wira serta anggota Polres Ko-tabaru lainnya yang turut

menyaksikan penyerahankunci mobil ambulans terse-but.

Penyerahan bantuan yangdigelar di halaman MapolresKotabaru itu berlangsung cu-kup hikmat. Suasana yangpenuh keakraban dan per-saudaraan juga terlihat begitunyata.

Seusai penyerahan kuncimobil ambulans, KapolresKotabaru bersama H Kusu-ma, Wakapolres, dan KabagSumda mengecek kelengka-pan dan fasilitas layanan ke-sehatan yang tersedia di da-lam mobil tersebut.

H Kusuma mengatakanbntuan satu unit mobil amb-ulans diberikan ke Polres Ko-tabaru bertujuan agar pelaya-nan kesehatan di klinik kese-hatan bhayangkara polressetempat lebih lancar.

Bantuan operasional ter-sebut juga bisa dimanfaatkanpada saat-saat tertentu. Teru-tama jika suatu waktu adakeperluan mendesak ataubersifat emergensi.

“Tanpa didukung prasara-na operasional, meski layanankesehatan tetap berjalan, ma-ka hasilnya tidak bisa mak-simal. Harapan kami denganadanya mobil ambulans itupelayanan bisa lebih mak-simal. Ini adalah bantuan kaliketiga,” ujar H Kusuma, Ka-mis (28/6).

Kapolres Kotabaru AKBPRosyanto Yudha Hermawanmengatakan bantuan satu unitmobil ambulans dari PT BKWitu sangat bermanfaat. Secaralangsung akan membantuoperasional klinik bhayang-kara polres Kotabaru sehi-ngga diyakini akan mampumeningkatkan pelayanan ke-sehatan.

Yudha mengatakan mobilambulans itu tak cuma untukkelancaran operasional danlayanan kesehatan di klinikbhayangkara. Lebih dari itujuga dapat digunakan masya-rakat Kotabaru yang membu-tuhkan.

“Bantuan operasional iniakan kami rawat sebaik-baik-nya sebagai penunjang pela-yanan kesehatan pada mas-yarakat. Jadi kalau masya-rakat memerlukannya silakan

■ Advertorial

SERAHKAN KUNCI - H Kusuma mewakili pimpinan PT BKW menyerahkan kunci mobil ambulans kepada Kapolres Kotabaru AKBPRosyanto Yudha Hermawan, Rabu (27/6)

BEBERAPA orang anggota Polres Kotabaru yang bertugas di KlinikBhayangkara melihat dari dekat ambulans baru bantuan PT BKWuntuk kelancaran operasional mereka.

dipakai,” ungkap Yudha seraya menga-takan mobil ambulans itu akan di-masukkan dalam sistem akuntansi miliknegara (SABMN).

Humas PT BKW Riduan Hakim me-ngatakan bantuan fasilitas penunjangpelayanan kesehatan tersebut dapatmemperlancar dan memudahkan pe-tugas di klinik Bhayangkara membe-rikan pelayanan kepada masyarakatKotabaru.

“Tanpa didukung fasilitas yang me-madai, termasuk sarana mobilisasiseperti ambulans, maka pelayanankesehatan tidak akan berjalan mak-simal. Jadi dengan adanya ambulansini tentu pelayanan akan lebih me-ningkat dan membaik lagi,” pungkas=Riduan.

Bantuan PT BKW tersebut takcuma menggembirakan keluargabesar Polres Kotabaru, tapi jugaturut melegakan masyarakat di BumiSaijaan. “Alhamdulillah PT BKWmemberikan bantuan ambulans lagi.Makin banyak makin baik. Denganbegitu ada ambulans yang standbydan tiap saat bisa digunakan untukmembantu masyarakat,” ucap Syam-sul, warga Kotabaru.

Sebagia bagian dari warga KotabaruSyamsul mengaku sangat senang de-

ngan tingginya kepedulian sosial PTBKW. Perusahaan yang dipimpin HTajerian Noor ini telah banyak mem-perlihatkan bukti nyata komitmenkepedulian terhadap masyarakat.

Syamsul juga menyambut positif

PERWAKILAN pimpinan PT BKW H Kusuma bersalaman dengan Kapolres Kotabaru AKBPRosyanto Yudha Hermawan didampingi Wakapolres Kompol Muhammad Rifai (kanan) danKabag Sumda Kompol Katwandi seusai penyerahan kunci ambulans.

KAPOLRES Kotabaru AKBP Rosyanto Yudha Hermawan didampingiWakapolres Kompol Muhammad Rifai (kanan) dan Kabag SumdaKompol Katwandi melihat kelengkapan fasilitas mobil mobil ambulansbantuan PT BKW.

niat baik Kapolres yang mempersilakanmasyarakat turut memanfaatkan am-bilan bantuan dari PT BKW tersebut.“Sungguh itu sangat berarti bagi masya-rakat, apalagi klinik bhayangkara PolresKotabaru mudah dijangkau.”( *)

BATULICIN, BPOST-Sidanglanjutan yang membelit duaanggota Brimob Kelapadua,Jakarta, Johni Parubak danDedy Rian Saputra kembalidigelar di Pengadilan NegeriBatulicin, Kamis (28/6). Na-mun sidang lagi-lagi ditunda.

Penundaan kali ini disebab-kan oleh ketidaksiapan JaksaPenuntut Umum (JPU) belumsiap membacakan tuntutan.Sekedar diketahui agendasidang, kemarin, adalah pem-bacaan tuntutan hukumanbagi kedua terdakwa anggotabrimob Kelapa Dua tersebut.

Di hadapan majelis hakimyang diketuai Heru Kuntjoro,anggota tim JPU Kejari Batu-licin Mugiono meminta waktulagi. Pasalnya berkas tuntutanbelum selesai.

Dikonfirmasi, Ketua timJPU Suparman membenarkan

Hal itu disebabkan melo-rotnya harga karet. Biasanyatembus Rp 14 ribu per kilo-gram cuma menjadi Rp 7 ribuper kilogram. Namun saat iniharga karet di tingkat petanisudah mulai membaik.

Perlahan harga jual karetmencapai Rp 9 ribu hingga Rp12 ribu per kilogram. Parapetani berharap agar tersebutbisa terus naik hingga tembusharga ideal sebesar Rp 15 ribuper kilogram.

“Minimal harganya berta-han, jangan sampai turun lagi.Saya sempat nunggak sebulanangsuran kredit kendaraan,”ujar Amin, salah satu petanikaret di Kintap.

■ Harga Karet di Tala Mulai Naik, Petani SemringahPELAIHARI, BPOST - Anjloknya harga karetdi pasaran beberapa hari lalu sempat mem-buat resah para petani karet di Tanahlaut(Tala). Sebagian warga sempat kesulitanmembayar angsuran kreditan kendaraan ber-motor.

Saat ini harga karet basahdi wilayah kecamatan Kintapmencapai Rp 9 ribu per kilo-gram. Meski masih jauh dariharga ideal, namun harga ter-sebut lumayan baik dibandi-ngkan beberapa hari lalu.

Dalam kondisi seperti ini

hasil penyadapan (noreh) po-hon karet tiap hektarenya bisamencapai satu kuintal perminggu. Kurun waktu satubulan petani yang memilikikebun seluas satu hektare bisamendapatkan uang sebesarRp 3,6 juta.

Biasanya para petani men-jual karet tersebut tiap mi-nggu sekali. Pembeli langsungmengambil di rumah atau dikebun petani. “Lumayan ka-lau harganya Rp 9 ribu gini,apalagi kalau sampai tembusRp 15 ribu bisa beramai-ramainaik haji,” cetusnya denganpenuh harap.

Berbeda dialami petanikaret di wilayah kecamatanTambangulang. Meski sempatmengalami penurunan harga,namun tidak sampai anjlokdrastis. Pasalnya saat hargakaret di sejumlah daerah an-jlok mencapai Rp 5 ribu hinggaRp 7 ribu per kilogram, diwilayah itu harga karet masihbertahan Rp 10 ribu.

Bahkan saat ini harganyasudah mulai naik lagi dan berta-han pada harga Rp 12 ribu perkilogram. Meski sempat turunt, tapiidak terlalu berdampakbagi petani setempat.

“Memang sempat turuntapi tidak terlalu drastis. Jadipetani masih mengganggapbiasa saja,” terang Umar.

Disinggung harga tersebutakan terus naik atau justrukembali turun, Umar menga-ku tidak tahu. Dirinya me-ngetahui perubahan hargatersebut hanya dari mulut kemulut para petani dan parapembeli yang datang ke ke-bun.

Kepala Dinas Pertanian Ta-naman Pangan dan Perkebu-nan Tala H Agus Sektyaji se-lama ini kerap menyampai-kan penyuluhan kepada pe-tani karet. “Sebaiknya hasil sa-dapan getah karet ditahanatau disimpan ketika hargaturun,” ucapnya beberapawaktu lalu. (coi)

Minimal hargnyabertahan, jangan

sampai turun lagi.Saya sempat nunggak

sebulan angsurankredit kendaraan

AMINPetani karet

Jaksa Belum Rampung Bikin Tuntutan■ Sidang Lanjutan Kasus Penembakan Nelayan Kotabaru

berkas tuntutan yang akandibacaan pada persidanganbelum kelar. Penyebabnyakarena perkara yang dita-ngani oleh tim cukup banyak.

“Kami banyak tugas dansaya baru saja balik di Kejak-saan Tinggi Kalsel. Belum lagimenghadapi sidang prapela-dilan,” kata pria yang menja-bat Kepala Seksi Pidana U-mum Kejaksaan Negeri Batu-licin sejak 2008 ini.

Suparman berharap pekandepan berkas tuntutan terha-dap kedua terdakwa bisa di-bacakan di hadapan majelishakim. Pihaknya akan beker-ja keras merampungkannya.

Sepupu korban Andi Baha-ruddin, Saparuddin yang takpernah absen memantau ja-lannya persidangan mengakutidak kecewa. “Meski sidangtertunda lagi untuk kali ke-

dua. Saya optimis tuntutanuntuk penembak sepupu sayayang terluka dan paman sayayang tewas, sepadan dan adil,”kata Sapar.

Sapar mengatakan bagi-nyayang paling penting ada-lah kepedulian perusahaanyang memakai jasa dua ang-gota brimob itu.

Seperti telah diwartakandua anggota Brimob itu ter-jerat hukum pidana karenamemberondong mesin kapalmotor Marlboro di perairanTanjung Mangkok, Kabupa-ten Kotabaru, pada awal Ja-nuari 2012.

Anak buah kapal (ABK)kapal motor Marlboro yangdihujani tembakan itu, mene-waskan Lampe dan melukaikaki kiri Andi Baharudin. Kini,serpihan peluru di kaki Andibelum dikeluarkan. (tar)

2906/B23

Page 24: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

24Banjarmasin Post Banua Anam

JUMAT 29 JUNI 2012

SERUANSERUANSERUANSERUANSERUAN melawan narkotika dan obat terlarangterus digemakan sejumlah elemen di KabupatenKotabaru. Terkini seruan itu digaungkan PT IndocementTunggal Prakarsa Tbk.

Kali ini perusahaan produsen semen yang berlokasidi Tarjun itu mengemas seruan anti narkoba dalambentuk sosialisasi bahaya narkoba dan HIV-AIDS.Kegiatan ini bertujuan mengantisipasi masuknyanarkoba di wilayah desa-desa binaan.

Sebanyak 600 orang pelajar dari sejumlah sekolahmengikuti kegiatan itu. Mereka berasal dari SMAN 1,SMPN 1 Kelumpanghilir, Madrasah Tsanawiyah SabilulMuttaqin Kelumpanghilir, SMAN 1 dan SMPN 1 Kelum-panghulu, dan Madrasah Tsanawiyah Nurul MusthafaKelumpanghulu.

Kegiatan bertajuk Bahaya Narkoba & HIV-AIDStersebut digelar di club house Indocement pabrik Tarjun.Pematerinya tenaga dokter PT ITP Ahyadi. Jajaranmanajemen perusahan juga turut menghadiri acara itu.

Ahyadi memaparkan materi cukup komprehensif.Mulai mengupas bahaya narkoba seperti ganja, heroin,putau, ekstasi, sabu-sabu dan obat-obatan terlaranglainnya hingga dampak fatal penggunanya.

“Penggunaan narkoba akan merusak jaringan otaksecara permanen,” beber Ahyadi.

Paparan Ahyadi mendapat perhatian serius dari parasiswa. Mereka juga berebut mengajukan pertanyaan.Antara lain menanyakan cara menghindari ajakan temanuntuk menggunakan narkoba.

ANTUSIAS - Ratusan pelajar dari berbagai sekolah di desabinaan PT ITP Tarjun antusias menyimak paparan bahayapenggunaan narkoba di gedung serbaguna PT ITP, Rabu (27/6).

Advertorial

Indocement Terus Serukan AntinarkobaAda juga yang menanyakan cara

penyembuhan bagi penderita narkoba.Sanksi hukuman bagi pemakai danpengedar barang terlarang itu pun takluput dipertanyakan.

“Saya benar-benar tidak tahubagaimana bentuk narkoba dan dampa-knya. Setelah mengikuti dan menyimaksosialisasi ini saya mengerti ternyatanarkoba sangat berbahaya, bisa merusakdan menghancurkan masa depan,” ucapIda Nur Zaizah, siswi kelas 2 SMAN 1Kelumpanghulu.

Ia mengatakan perlunya mening-katkan kewaspadaan diri. Tak cumaberhati-hati terhadap orang yang takdikenal, tapi juga harus waspada dalambergaul agar tidak salah langkah.

Akhmad Berkati, salah seorangguru mengatakan, program coorporatesocial responsibility (CSR) PT ITP

tersebut disambut baik kalanfan sekolah. Program itujuga menjadi sarana sosialisasi yang efektif untukmenghindarkan siswa dari bahaya narkoba.

CSR yang difokuskan terhadap dampak negatifakibat penggunaan narkoba tersebut dinilai Ahmadmerupakan langkah tepat dan bermanfaat bagi sekolah.Dengan begitu siswa bisa konsentrasi penuh mengikutiproses belajar.

“Apalagi sekolah di sini dekat perusahaan. Pelajarperlu konsentrasi guna mempersiapkan diri agar kelakdapat bersaing di dunia industri,” ucap Ahmad.

HRSCSD Manager Indocement Achmadi menya-takan sosialisasi bahaya narkoba HIV/AIDS itumerupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun.

Achmadi berharap penyuluhan itu menjadi ko-mitmen bersama dalam upaya memerangi penggunaannarkoba dan penyalahgunaan obat-obatan terlaranglainnya. Sebelumnya Ketua Badan Narkotika Kabupaten(BNK) Kotabaru Rudy Suryana menyatakan pentingnyapenggencaran sosialisasi bahaya narkoba dan HIV/AIDSuntuk mencegah anak-anak dan remaja dari penggunaanbarang-barang berbahaya tersebut.

Dia mengharapkan partisipasi perusahaan-perusahaan di Kotabaru bersama-sama memerangipenggunaan narkoba dan penyalahgunaan obat-obatandi wilayah Kabupaten kotabaru. “Memeranginya bukanhanya tugas BNK dan aparat kepolisian, tapi jugatanggung jawab kita bersama dan para orangtua,”katanya.(**)

KOTABARU, BPOST-Prestasi gemilangdua siswa SDN 1 Dirgahayu, Rizky Frak-hesty Islami dan M Febrian Noor--peraihnilai tertinggi UN (ujian nasional) se-Kalsel--membawa berkah tersendiri bagiguru sekolah itu.

Sebanyak 16 orang guru (termasukkepala sekolah) memperoleh rewarddari perusahaan atas keberhasilanmereka mendidik siswa di sekolah itusehingga meraih nilai tertinggi se-Kalsel. Sementara Rizky dan Febrianmendapat bingkisan uang tunai Rp 2,5juta.

Kepala SDN 1 Dirgahayu Akhmad

Pemuda yang tinggal diDesa Bentot RT02 itu dibekukpersonel Satuan Narkoba Pol-res Tabalong ketika berada diDesa Kambitinraya, Tanjung,Tabalong, Selasa (26/6), sekitarpukul 19.15 Wita.

Dari tangan Ubin, petugasberhasil mendapatkan barangbukti berupa dua paket sabu.Total beratnya sekitar 0,48gram. Petugas juga menyitasatu unit handphone dan satuunit Yamaha Mio Soul.

Ubin yang mengaku be-kerja sebagai wakar ini sebe-narnya sempat berusaha me-ngelabui petugas. Menge-tahui ada beberapa petugasmendekat, ia bergegas mem-buang sabu yang di pegang-

Guru Pun Kecipratan RezekiYanie mengatakan pihaknya sangatberterima kasih atas kepedulian kalanganperusahaan. Terlebih pemerintah daerahmelalui Dinas Pendidikan memberikanmotivasi, selain keterlibatan sehinggasiswa di sekolah mereka mendapakanyang terbaik.

“Saya sangat mengucapkan terimakasih. Kami komitmen prestasi ini selaludapat diraih dengan dukungan semuapihak,” kata Yanie.

Sekda Pemkab Kotabaru H Surian-syah mengimbau para guru dan orangtuaselalu mengontrol prestasi anak-anak.Dengan begitu prestasi gemilang bisa

terus didapat.Keluarga besar SDN 1 Dirgahayu ber-

kumpul dan berbagi suka cita, pekan tadi.Mereka melaksanakan acara perpisahanyang dihadiri petinggi Pemkab Kota-baru, pimpinan perusahaan, dan para walimurid.

Perasaan haru yang tak bisa ditutupisaat 44 siswa menyanyikan beberapalagu diantaranya yang berjudul TerimaKasih Guru dengan diiringi musik or-gan tunggal menggema. Bahkan adabeberapa orangtua dan para guru bolamatanya berkaca-kaca sambil sesekalimengusap dengan tangan kanan. (sah)

nya ke tempat gelap.Tapi sayang usahanya me-

nghilangkan barang buktidilihat petugas. Ia tak ber-kutik dan pasrah saat dige-landang ke Mapolres Ta-balong.

Penuturan Ubin yang dite-mui di mapolres, Kamis (28/6) siang, ia baru kali pertamaini mengantarkan sabu kewilayah Tanjung. Itu pun ka-rena ada pesanan dari seorangteman yang baru dikenalnya.

“Aku sudah sebulan ini danbaru dua kali mengantarkansabu, Tapi sebelumnya tidakpernah keluar wilayah Ben-tot,” ungkap Ubin dengansantainya.

Diceritakan Ubin, waktu itu

dirinya baru saja masuk DesaKambitin yang berbatasanlangsung dengan Desa Ben-tot. Tak lama berselang secaramendadak ada petugas yangmendatanginya.

Mengenai asal barang ‘ha-ram’ itu, Ubin mengatakantitipan seseorang. Ia hanyasebatas diminta mengantar-kan sabu tersebut.

Kapolres Tabalong AKBPTrijan Faisal melalui KBO Sat-narkoba Ipda H Siswanto ke-tika dikonfirmasi menerang-

kan tertangkapnya pelaku(Ubin) berawal dari informasimasyarakat.

“Ada warga yang mengin-formasikan bahwa di perba-tasan Bentot dan Kambitinsering ada yang transaksi sabu.Kami pun langsung meluncurke lokasi dan berhasil me-nangkap pelaku,” ungkapSiswanto.

Sementara itu di Balangan,kepolisian setempat menga-mankan pemilik obat/pil ter-larang Abdul Mutalib (23).Dari tangan warga Desa Mu-rungjabu RT 1 KecamatanParingin ini petugas menyitaratusan butir pil yang masukdalam daftar G.

Abdul ditangkap saat du-duk-duduk di teras rumahnya,Rabu (27/6) sekitar pukul15.30 Wita. Dari tangannyapolisi menemukan bungkusanplastik berisi 510 butir pil dex-tro dan 57 butir pil TTG.

Abdul mengaku pil-pil ituia dapatkan dari Amuntai,Hulu Sungai Utara. (dny/wnd).

Ubin Buang SabuSebelum Ditangkap

“TANJUNG, BPOST - Mengaku baru kalipertama mengantarkan pesanan sabu masukke Tanjung, Tabalong, Rubina Saputra aliasUbin (22), justru ketiban sial. Warga Kabu-paten Barito Timur, Kalteng, kini harusmendekam di sel.

Aku barudua kali

mengantarkansabu. Sebelum-nya tidak pernah

keluar wilayahBentot

UBINpemilik sabu“

BARABAI, BPOST-WargaJalan Brigjen H Hasan Basry,Barabai, Hulu Sungai Tengah(HST) mengeluhkan kondisijalan Brigjen H Hasan Basryyang selalu gelap. Meski be-berapa tiang listrik ada yangdipasangi lampu, namun takpernah dinyalakan.

Kondisi itu sangat ironismengingat jalan tersebut me-rupakan jalan provisni yangsering dilintasi warga yanghendak ke arah Banjarmasin.“Di jembatan Rahmad yangmenghubungkan ke Mua-limin juga gelap gulita,” keluhImul, warga.

Padahal tiap malam atau su-buh jembatan tersebut dile-wati pedagang sayur yangmembeli sayuran dari pasarsubuh untuk dijual ke mas-yarakat. “Pernah ada peda-gang terjatuh di jembatan ituakibat keadaannya gelap,”tandas Imul.

Gelap-gelapan LewatJembatan Rahmat

Barabai Harus Lakukan Peremajaan Bola LampuPantauan BPost, Kota Ba-

rabai memang belum terangbenderang seperti daerah lain.Di sejumlah titik dalam ka-wasan kota selama ini hanyaditerangi lampu neon box ber-tuliskan asmaul husna, se-hingga masih remang-remang.Contohnya di kawasan jalanGanesya, Jalan Murakata,Brigjen H Hasan Basry dansepanjang Jalan PM Noor.

Meskipun ada jaringanlistrik untuk penerangan jalanumum (PJU) hanya beberapayang bola lampunya dinyalak-an. Di beberapa titik yangtidak ada neon box nya malahdibiarkan gelap. Seperti dijalan SMP, sekitar lapanganpelajar. Di jalan itu hanya adadua lampu menyala dari se-jumlah tiang listrik tersedia.

“Karena gelap kawasan initiap malam jadi tempat muda-mudi yang berpacaran. Bah-kan ada yang berbuat me-

sum,” kata warga Jalan SMP.Warga pun mengkhawatir-kan kondisi gelap itu diguna-kan untuk transaksi sabu,narkoba atau mabuk-mabu-kan. “Saya pernah melihatgerak gerik mereka men-curigakan,” katanya.

PJU sepenuhnya dikelolaoleh Pemkab HST denganjaringan yang difasilitas olehPLN. Kepala Bagian Aset Dae-rah Syadillah mengakui ma-sih gelapnya kawasan kotaBarabai saat malam hari.

“Kami masih melakukanpendataan titik-titik jalan yangharus diberi penerangan. Ter-masuk lampu jalan yang di-pasang secara ilegal oleh pi-hak tertentu tanpa sepen-gatahuan PLN dan Pemkab,”jelasnya.

Menurut Syadillah di bebe-rapa titik malah ada yang se-ngaja dimatikan orang takbertanggungjawab. (han)

SUNATANMASSAL -Beberapa anaksuku DayakMeratus, HuluSungai Tengah(HST)semringahseusai disunat.Merekamendapathadiah bibitpohon daripanitia.Sebanyak 120anak yangmenjalanisunatan massalyang digelarKontak TaniNelayanAndalan BatangAlai Timurbekerjasamadenan Kodim1002 Barabai,Dinkes, danPMI HST,Kamis (28/6).

BANJARMASIN POST GROUP/HANANI

2906/B24

Page 25: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

AGUS : 0852 5119 4196 / 0511 - 7860800IWAN : 0852 5122 9757 / 0511 - 7548139

All New Picanto 1200cc angsuran2jtan disk khss, dptkn bns spesialHarga Nego V.000-29/6

All New Rio 1400cc angsuran2jtan disk khss, dptkn bns spesialHarga Nego V.000-29/6

Dealer Resmi sedia X Over, Splash All Ready StockROMAN : 0812 3014 4269 / 7388893 HARY : 0813 5189 5379 / 7467537

Carry PU Cash krdt UM murahangsuran murah (dealer resmi)

V.000-30/6

Suzuki ERTIGA DP 15% HargaMulai 151jt.

V.000-30/6

FEBRIANTO 08113409321/ 0511-7541918INDRA 081352780010/ 0511-7622267

Avanza Baru Th2012 ReadyStock + BonusHarga Nego V.41467-12/7

Grand New Fortuner Tersediajuga Rush,Innova, Yaris, Hilux, DynaHarga Nego V.41467-12/7

Innova G 08 hitam full var TV Audiopribadi istw bs TT/krdt 081333171111Hrg Nego V.40919-3/7

Bersambung kehalaman 26...

TOYOTA

Hub. SHOWROOM PUSPITA AUTO Jl Pangeran Hidayatullah082153108888/0511-3201346/081952909444/081349783762

Menerima pesanan semua merk mobil mewah, Hummer, Land Rover dll

Wrangler Sport 4 DR 750jt.Robicon 4 DR 870jtHarga Nego V.000-4/7

Terios TX Baru 100% 2012 Putih

Harga 200jt V.000-4/7

Mega Pick Up Carry 100% baru

Harga 100jt V.000-4/7

LEXUS 350 Th2012

Hrg 1.250jt V.000-4/7

Rush S Baru 100% 2012 wrn Putih

Hrg 218jt Nego V.000-4/7

All New AvanzaReady stockHarga Nego V.000-4/7

SUZUKI

BISA TUKAR TAMBAH SEMUA MERKProses Cepat Persyaratan Mudah, Bunga Ringan & Asli DADEWI 082151747444 / 0511-7501944

All New Avanza DP 15% tenorwaktu sd 5th / Bunga 3,88%Bns menarik V.000-1/7

Grand New Fortuner DP 15% tenorwaktu sd 5th / Bunga 3,88%Harga Promo V.000-1/7

New Innova/Rush DP 15% tenorwaktu sd 5th / Bunga 3,88%Hrg Promo V.000-1/7

New Yaris DP 15% tenor waktu sd5th / Bunga 3,88%Harga Promo V.000-1/7

SHOWROOM SUNU MOTOR Jl A Yani Km 9 Banjarmasin0511-4281848 / 7405859 / 0811514948

2 unit Terios TX/MT ‘2011/’12 Htm/abu2 Met kond sprt br srg jok/krpt dsrHrg 182,5jt Nego V.000-11/7

Rush S MT 2012 Putih dan hitam100% baru ready stockHarga Nego V.000-11/7

All New Avanza G 2012 (PUTIH) 100%baru R stock Hrg murah+Disc+bnsHarga Nego V.000-11/7

Avanza Veloz Putih MT 2012ready stock baru 100% C/KHarga Nego V.000-11/7

20 Unit Avanza Baru/Promo

Harga Nego V.000-30/6

HUBUNGI : SHOWROOM HARIS MOTOR0816214929 / 081349640899/0811519827/0511-7462188

Bisa Tukar Tambah Cash Kredit semua Merk. Terima pesanan mbl BR/Mbl mewah. Harga dijamin murah

20 Unit Terios Baru/Promo

Harga Nego V.000-30/6

20 Unit Rush Baru / Promo

Harga Nego V.000-30/6

20 Unit Picanto Baru / Promo

Harga Nego V.000-30/6

20 Unit Suzuki Mega Carry

Harga Nego V.000-30/6

10 Unit Inova Baru/Promo

Harga Nego V.000-30/6

Swift ST / GT Th2009,’10,11Merah, Putih, Biru, SilverHarga Nego V.000-30/6

HUBUNGI : TAMAN MOTORJl Tembus Gatot Subroto Sultan Adam Banjarmasin 081351181599

HARI MINGGU/LIBUR TETAP BUKA BISA TUKAR TAMBAH

Rush S Th08 Hitam Hard Top Th08Hitam Hardtop ‘08 Kjg SGX ‘02Harga Nego V.000-30/6

Innova G Th2009 Avanza G Th08/11, Xenia Xi Th2011 Hitam.Harga Nego V.000-30/6

Jazz RS Abu2 / Hitam Yaris Th2011Silver, SX4 Th2010Harga Nego V.000-30/6

L200/ Mazda / Ranger DC / PU 4x4Th04, ‘08, ‘09 Truck Canter / Dutro.Harga Nego V.000-30/6

Freed PSD Th2009 Abu2 PicantoTh2009 Hitam.Harga Nego V.000-30/6

AYA MOTOR Jl A Yani Km10.4000811 5004555 / 05117144555 PIN BB 28BF8898

Jual Beli Tkr Tmbh Hari Minggu Tetap Buka

Yaris E AT ‘11 Htm Avanza ‘10 HtmAll New Avanza & Innova Grand readyHarga Nego V.000-6/7

2 unit Jazz IDSi MT ‘06 Silverstone2 unit Jazz VTec AT ‘06SilverstoneHarga Nego V.000-6/7

Hnd Jazz S Th2010 MT Abu2 Met.X Over Th2010 MT SilverHarga Nego V.000-6/7

Avanza G Hitam 2 unit. Escudo 1.6Th2004 BiruHarga Nego V.000-6/7

HUBUNGI : CV LUHUR PERKASAJl A Yani Km.5 Banjarmasin Telp : (0511) 3252128 / 3252134.

Terima Pesanan Semua Jenis Mobil

3 unit Carry PU APV 1.5 HitamPutihHarga Nego V.000-6/7

Honda Jazz RS Th2012 MaticPutih baruHarga Nego V.000-6/7

12 Unit All New Avanza VVTi ‘12. Htm,Slvr, Merah, Abu2 100% br bns srng jokHarga Nego V.000-6/7

New RushTh2012 Putih 100% baru

Harga Nego V.000-6/7

PROSES CEPAT & MUDAHHubungi

SALIM ASTRA 08125054532 / 0511-7621000

Ready stock All New Xenia DP 20jtan

V.41042-7/7

Luxio DP 15 jutaan

V.41042-7/7

Sirion DP 20 jutaan

V.41042-7/7

Grand Max Pick Up Angsuran2jtan/ DP 15%

V.41042-7/7

HUB SHOW ROOM ISTANA MOTOR BANJARMASIN0511-7401974 - 08125123674 - 085248428234 - 081349751985TERIMA PESANAN MOBIL BARU CASH/KRDT DIJAMIN LEBIH MURAH

Honda CRV, Jazz, Freed, Fortuner2012 baru 100% Pilih warnaHarga Promo V.41448-12/7

Suzuki Ertiga & Daihatsu TeriosTX / baru ready stock.Harga Promo V.41448-12/7

All New Avanza,Grand Innova,Rush 2012 100% baru pilih warnaHarga Promo V.41448-12/7

PU Mega Carry APV, Carry Futura1.5, Mits PU L300, PU Hilux.Plh wrnHarga Promo V.41448-12/7

2 unit All New Civic AT 2007/2008Silver / Hitam asli DAHarga Nego V.40289-28/6

HUBUNGI : SMS MOTORJl Sultan Adam Raya No 3-4 Banjarmasin 0511 - 7401515 / 0511 - 7509553

( Terima pesanan mobil baru )

2 unit Innova V / g Th2010 Silver /Hitam mulus terawat.Harga Nego V.40289-28/6

X Gear Th2008 MT SilverstoneAsli DAHarga Nego V.40289-28/6

8 unit All New Avanza 100%

Harga Nego V.40289-28/6

Grand Livina Th2008 MT Jazz2004 ATHarga Nego V.40289-28/6

5 unit Toyota Rush terbaru 100%baruHarga Nego V.40289-28/6

HERY 085345144441 / 0511-6333360Tukar Tambah Semua Merk ( Pian Puas Ulun Senang Melayani )

New Toyota 86 Pesan sekarang

Harga Promo V.000-3/7

New Fortuner, Tenor sd 5thn, Bunga3,8% Bonus Special. R Stock, TerbtsHarga Nego V.000-3/7

New Yaris ‘12, Tenor sd 5thn, Bunga3,8% Bonus Special. R Pth, TerbtsHarga Nego V.000-3/7

Rush & Innova, Tenor sd 5thn,Bunga 3,8% Bonus Special. R Pth, TerbtsHarga Nego V.000-3/7

Kjg 2004 Putih Mutiara,mls,klg TV,Audio A.n.sendiri. 085346192008Hrg 105jt Nego V.41933-30/6

Tyt LSX ‘03 Merah AC PS PW prbdorsnl mls siap pakai Hub7492001.Hrg 112jt Nego V.000-1/7

Innova V Th05 Silver pajak 1thHub 081351641444 / 7641444.Hrg 160jt Nego V.000-30/6

Ovr krdt Innova G Th06 Hitam,Angs5.153rb x 11 Bln Hub.081349492607Hrg DP 90jt Nego V.42013-2/7

Dijl Innova G ‘11 putih mls pakaianpribd sp pakai Hub081349338617Hrg 245jt Nego V.2065-2/7

Avanza Velos Th2012 Bln 2 WrnSilver Hub.0511-7578989/7431836Harga Nego V.42159-3/7

Swift ST ‘08 Matic Ungu Met kondmls pajak baru C/K Hub7424721.Harga Nego V.000-30/6

Futura Pick Up 1.3 ‘94 Biru bak BRban tebal msn OK bs krdt 7466884Hrg Nego V.000-4/7

Tyt Rush S Th.2011 silverstone,asli Bjr,brg sgt trwt. Hub.7402382Harga Nego V.42258-4/7

Swift GL CBU ’06 htm VR “17 orgnl cat,kond.ist. 081348244888/7244448.Harga Nego V.42275-29/6

PROMOSI DAIHATSU ASTRARAHMAN ASTRA : 081351874874 / 0511-7582343

ACHMAD : 081250103799 / 0511-7538505

Xenia DP 20% atau angs 2jtan ACdbl, Kamera parkir GPS DVDBunga 3,99% V.41876-19/7

Terios DP 20% angs 3jtsn bnsKarpet dsr, srng jok, kc film full MP3Bunga 3,99% V.41876-19/7

Luxio DP 20% atau 2jtan

Bunga 3,99% V.41876-19/7

Grand Max Pick Up Angsuran 2jtancash back s/d 6jt.Bunga 3,99% V.41876-19/7

Avanza G VVTI ‘07/08/10 Akh Silver/Htm AC Dbl,mls bs krdt 08125000607Harga Nego V.42246-29/6

Suzuki Swift Th2007 Merah muluslengkap. Hub.081250008585Hrg 133jt Nego V.41480-2/7

Swift ST 08 Akh Mnual Silver Pjk1Th,Orsnl,Mls Spt Br0511-6167585Harga Nego V.42280-29/6

JUMAT 29 JUNI 2012

25Banjarmasin Post

Land Cruiser 4x4 VRX Matic 98 HijauBan Br Velg Crom Bs TT 085386300620Hrg 375jt Nego V.42114-23/7

Yaris E 06 Matic Silver fas lkp kondmls Hub 085821390900Harga Nego V.000-30/6

Grand Vitara JLX 08/09 At silverAudio brg ist 082149048889 Bs TTHrg 197jt Nego V.42337-30/6

Avanza G Th09 Hitam pribadi brg okkrdt dbantu 6331955/081351895533Hrg 131jt Nego V.000-1/7

Toyota Limo Thn 05 Wrn HitamHub 0511-7593239Harga Nego V.000-1/7

Kjg Krista Th01 Akh Silver orsnlpribadi lengkap Hub0811519323.Harga Nego V.000-1/7

Swift ST ‘08 Matic Htm Met TV DVDUSB full audio 0811514666/7383599.Hrg 138jt Nego V.000-1/7

Djl Karimun Estillo 07/08 sdh RPMsp pakai mrh lombok 7601008/3255442Hrg 97,5jt Nego V.42419-2/7

Over krdt Rush 09 Bln 8 silver Full Var jrngpakai angs 4,5jtx29 Hub081348345824Hrg 80jt Nego V.41003-29/6

BU Baleno Next G 04 abu2 met VRFull Audio manual 05117423972Hrg 112jt Nego V.42113-21/7

Dijl X Over ‘07 Matic variasi merahmetalik Pjk lama 085348518889Hrg 150jt Nego V.42255-30/6

Escudo 20i Manual 01 Silver Lkp TVorsnl mls 7232144/081351547289Hrg 114jt Nego V.42483-7/7

Szk Carry Pick Up Th.’96,86 wrnbiru,VR siap pakai. 08565376521Harga Nego V.42295-29/6

Ovr krdt Futura ST PU pth sdh byr3 x ss32 x 2,7jt Hub 0511-7524763Harga 30jt Nego V.42331-2/7

PU Carry Bak Cargo Th05 Putih mlssiap pkai 7548927/085250518339.Harga 72jt Nego V.000-29/6

Escudo 2.0i Th02 ABS Hitamvariasi lkp audio TV Hub 6122274.Harga Nego V.000-29/6

Jual Karimun Th2005 Cream Hub0811517360.Harga Nego V.000-2/7

Escudo 2.0i Th02 Merah orsnl trwtlkp Hub 08125018455.Harga Nego V.000-1/7

Avanza G Th2006 Merah Maron.Hub.0811507809 TPHrg 120jt Nego V.42458-2/7

Swift ST 2010 Manual Abu2 met.Fas lkp, mls,asli Bjr. 082153535656Hrg 155jt Nego V.42452-1/7

Fortuner Th08 Manual,Diesel,brgmls,pakai rumahan. 0811500456Harga Nego V.41476-7/7

Escudo XL7 Th03/04Matic & ManualSlvr AC Dbl tape mls 082156066212Harga Nego V.000-5/7

SUZUKI

Gread Corolla’97 Hijau met,bd klng,DVD,AC,PW,Electric Mirror 08125009172Harga 72jt Nego V.42214-3/7

Kijang Pick Up Th.92 Warna Birumet.body klg. Hub085347121780Harga 48jt Nego V.42570-4/7

Swift GT Th07 CBU Manual,htm,modif, pribadi Hub081348660444.Harga Nego V.42556-3/7

Estilo Th08/09 Mrh Ac Dgn LkpHub081349626007/7514711 No SMSHarga Nego V.42522-3/7

Fortuner G Luxury Matic Okt 2010grey KM 15rb-an. 081351739294Hrg 375jt Nego V.42577-2/7

Avanza G/M 1.3 Th10 Dark Grey tgn1 dr br s pkai tokcer 087788669809.Hrg 135jt Nego V.000-2/7

Rush S ‘08 Akh, asli Bjm silver, antikrt trwt lkp dr tyt 7235162/081251247000.Harga Nego V.42602-2/7

Kjg Jantan ’89 pth mutiara pjk BR,AC,VR,jok klt,full Audio. 085349156440Harga 43jt Nego V.42553-2/7

HUB HD MOTORJL Belitung Darat Samping Gg Amal Utama No108 Rt22

Telp 0811514487/0811512535/082153640999 Bjm

3 unit Yaris ‘10 Manual Merah & Silver.Swift 2010 ST Manual Mrh AnggurHarga Nego V.000-10/7

2 unit X Over ‘10 Akh / 09 / 08 Pth,merah, Silver Matic & Manual sprt brHarga Nego V.000-10/7

3 unit Jazz RS 100% Manua & MaticCRV All New MMC 100% baruHarga Nego V.000-10/7

Tyt Rush S Th09,10,11,12 Silver/Hitam/ Putih mobil sprt baruHarga Nego V.000-10/7

Szk APV L 2006 hitam gres Hub0511-7505892Hrg 98jt Nego V.1480-4/7

Swift ST ‘11 merah anggur,variasi,3 TV,Pjk 1 th siap pkai 081250139988Harga Nego V.42478-2/7

Aerio Th03/04 Manual Silver TrwtOrsnl Full Var Hub.05116298700Hrg 98,5jt Nego V.42676-4/7

Djl Land Cruiser Th00 Full Var,Velg20,trwt,Putih Hub 081348888934Hrg 425jt Nego V.42235-29/6

Avanza 2010 matic Abu2 muda MetVVTi Ada TV Hub 08125020555Hrg 145jt Nego V.000-30/6

Djl Avanza G Th2007 VVti Silvermulus Hub.0811504880Harga Nego V.42708-4/7

Djl murah Kjg Super ’87/88 hijau banbaru lok.Kandangan. 085349156440Harga 28jt Nego V.42210-28/6

Avanza G New ‘11 Akh Htm 081250107323/0511-7414717 tdk mlyni SMSHrg 160jt Nego V.42683-4/7

Kjg Grand ‘93 modif cpr lkp asli BjrPS PW CL Abu2 08524890775 No SMSHarga Nego V.000-2/7

Jual cepat Innova G Th2008 hitam,pajak 1th. Hub.081250107775Hrg 165jt Nego V.42706-4/7

Asli Plat Banjar, Bisa Tukar TambahMUSTAFA SP : 0852 488 02930 / 0511-7360738

ANGGI : 0852 6866 8877 / 0511-7631003

New Innova Unit ready stockDiskon + bonus. Bunga 3,88%

V.41332-11/7

Yaris Unit ready stock, DP murahDiskon + bonus. Bunga ringan 3,88%

V.41332-11/7

Fortuner Unit Ready Diskon + bonuskc film Vkool keliling Bunga 3,88%

V.41332-11/7

Rush Unit ready stock Diskon +bns srng jok krpt dsr Bunga 3,88%

V.41332-11/7

HUB HY MOTOR Jl Sultan Adam Ruko No 3 BanjarmasinHP 08125016535 / 7517732 / 7394472

All New CRV MMC Th2012 MaticPutih 100% baruHarga Nego V.41010-6/7

3 unit All New Jazz RS 2012Manual / Matic Putih 100% baruHarga Nego V.41010-6/7

Freed PSD 2010 abu-abu rajabarang mulusHarga Nego V.41010-6/7

All New CRV 2010 ManualSilverstone brg greesHarga Nego V.41010-6/7

Tyt Rush Baru bs krdt Hub RahmahMtr S Adam 085952474024/7655624Harga Nego V.42484-29/7

Innova G 09 hitam asli Bjm low KMorisinil cat istmw Hub 081256411210Hrg Nego V.000-7/7

Swift GT2 08 Abu2 Metalik VariasiHub 08125012979/05117591466Hrg Nego V.000-5/7

X-Over matic VR 08 putih Hub081250108858Hrg Nego V.42797-5/7

K Estilo 07 merah RPM & Fl S Jok SpoilerLis bd AC TP 081349538699/6322599Hrg 93jt Nego V.42793-5/7

Jual Avanza 04 Biru Pakaian RmhTangga siap pakai Hub 085251085659Hrg Nego V.2742-5/7

Kjg Krista 2.0 04 Biru silver tape MP3DVD Tv AC CD Changer 085350521661Hrg Nego V.2836-5/7

Over krdt Swift GT 2 08 silver Angs5.550rb ss17 bln 081349631633/7767752DP 65jt Nego V.2799-4/7

Kjg Super 92 biru met STNK pribadi siappakai 081351289664/085249487061Hrg 43jt Nego V.000-10/7

Splash silver 2011 pakaian 7 blnkond msh baru Hub 7306602Hrg 132jt Nego V.000-5/7

Grand Vitara MT 2.0 Th.07 SilverAsli Bjr Trwt (1Tng) Hub.7174573Hrg 185jt Nego V.41692-28/6

Hub. ANUGERAH VARIASI 081351567889Jl A Yani Km 1 No 29C-29D-29E Bjm CASH / KREDIT

Fortuner putih 2011 akhir Km12rbmsh mls. Baru Grand InnovaHarga Nego V.000-6/7

Jazz Th2005 Matic IDSI

Harga Nego V.000-6/7

100% Baru All New Avanza 2012Baru Toyota Rush 2012Harga Nego V.000-6/7

Avanza Veloz baru putih matic

Harga Nego V.000-6/7

Karimun Estilo 07/08 Sdh Rpm, MerahMet Sp Pkai 7451553/085332543344.Hrg 96,5jt Nego V.42160-28/6

Page 26: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

New Picanto Cosmo 2011 silver DAsensor park bdkit An sendiri 08125010148Hrg 119jt Nego V.2089-30/6

Cakra Th1996 Hijau Met.orisinl.Hub082150166247/0511-7352748Hrg 37,5jt Nego V.42595-3/7

Visto Sporty 04 matic asli Bjrorigiinal Hub 0511-7731801Hrg 75jt Nego V.000-3/7

Mazda Double Cabin ‘2010 4x4pribadi bagus. Hub0511-7433408Hrg 155jt Nego V.42448-2/7

MAZDA

KIA

BU KIA Shuma ’00 Mtc biru Plt Bsrt lkp Sunroof,VR,bdy kit. 7306822Harga 56jt Nego V.42694-4/7

Picanto Th2010 Bln 6 Silver siappkai pjk br Hub 7204243 / 0816211863.Harga Nego V.000-7/7

HUBUNGINONI : 0813 4963 7107 / 0511 - 7187 438

All New Avanza Bonus FullAksesoris Ready StockHarga Nego V.42231-22/7

Rush Discount menarik bonustambahan, Ready StockHarga Nego V.42231-22/7

New Innova Ready Stock BonusVkoolHarga Nego V.42231-22/7

New Yaris Fungresive. Disc danBonus SpesialHarga Nego V.42231-22/7

Hubungi0511 - 7251811 / 08164561222

CASH / KREDIT / TUKAR TAMBAH

Pajero Sport 4x4 Th2009 AkhManual Putih Mutiara istimewaHarga Damai V.000-2/7

Jual cepat ! Jazz S Th2009 ATTangan 1 istimewaHarga Damai V.000-2/7

Fortuner G Lux Th2010 Hitam &Silver variasi istimewaHarga Damai V.000-2/7

Jual cepat ! Grand Vitara JLXTh2008 AT Tangan 1 istimewaHarga Damai V.000-2/7

BIMA MOTORJL MISTAR COKROKUSUMO NO 62 BANJARBARU

085347336575 / 0511-6133940 / 0511-7379188

Rush Type S MT Hitam 100%baru.

V.41615-14/7

CRV 2.4 Th07 Hitam. Baleno ‘03MT Hitam LGX MT 03 Slvr

V.41615-14/7

All New Avanza 2012 Baru pilihwarna.

V.41615-14/7

Terios TX MT Putih 100% baru.

V.41615-14/7

Sambungan dari Halaman 25...

ROZI : 0813 51 989 189 / 0511 - 745 2500PUJI : 0853 5051 5555 / 0511 - 7770555

New Granmax PU, DP mulai 10jtanatau angsuran 2jtan bns cash backlHarga Nego V.000-29/6

All New Xenia DP & AngsuranMurah, Diskon Plus bns tanpa TrikHarga Nego V.000-29/6

HONDA

New Ertiga, Splash, Mega Carry bns varHub 0511-7594117 / 085251074333

DP Mulai 15%

Harga Nego V.000-6/7

DP Mulai 10%

Harga Nego V.000-6/7

IYAN 0511-7094273 / 0821 5505 7055RIZAL 0852 4843 8899

New Terios DP 20% a t a uAngsuran 3jtan Tenor s/d 5th

V.000-6/7

All New Xenia DP 20% a tauAngsuran 2jtan Tenor s/d 5th

V.000-6/7

Hubungi: MULYA FORD 0813 4856 1114

New Varian Fiesta 2012 fitur lbhcanggih, dptkn bns var & cash back

V.40970-6/7

The All New Ranger 2012tangguh & bertenaga

V.40970-6/7

HUB SHOW ROOM ISTANA MOTOR BANJARMASIN0511-7401974 - 085248428234 - 081373044487

TERIMA PESANAN MOBIL BEKAS CASH/KRDT DIJAMIN LEBIH MURAH

CRV , Freed, Nissan Xtrail 04 s/d11 pilih warnaHarga Nego V.41450-12/7

Avanza, Xenia, Inova G 04 sd 11pilih wrn Ready StockHarga Nego V.41450-12/7

Velfier Z 11 pth, Alphard V05, 08, Fortuner G Lux 10-12, Civic 10 htm, RX8 ‘05Harga Nego V.41450-12/7

Swift, X Over, Jazz & Yaris mulai‘07 s/d ‘11 pilih warnaHarga Nego V.41450-12/7

Ready Stock Alphard 3500V Matic PutihProses Cepat Persyaratan Mudah, Bunga Ringan & Asli DA

GUSTI 08539167667 ELLY 081348044304

All New Avanza DP 25% tenorwaktu sd 5th / Bunga 3,88%Hrg Promo V.41654-13/7

Grand New Fortuner DP 25% tenorwaktu sd 5th / Bunga 3,88%Hrg Promo V.41654-13/7

New Innova/Rush DP 25% tenorwaktu sd 5th / Bunga 3,88%Hrg Promo V.41654-13/7

New Yaris DP 25% tenor waktu sd5th / Bunga 3,88%Hrg Promo V.41654-13/7

NOVY 0852 4984 2580 / 0511 - 7559219SANAH 0813 493 83963 / 0511 - 637 3362

Xenia DP 20% atau angs 2jtan ACdbl, kamera parkir GPS DVDHarga Nego V.000-6/7

Sirion DP 20% atau angs 2jtanMP3/USB/Bluetooth+bonusHarga Nego V.000-6/7

Terios DP 20% atau angs 3jtan bnskrpt dsr, srng jok, kaca film full MP3Harga Nego V.000-6/7

Luxio DP 20%

Harga Nego V.000-6/7

LIA 0812 50 1111 88PUTRI 0813 4860 1347

Xenia DP 20% atau angs 2jtan ACdbl, kamera parkir GPS DVDHarga Nego V.000-14/7

Sirion DP 20% atau angs 2jtanMP3/USB/Bluetooth+bonusHarga Nego V.000-14/7

Terios DP 20% atau angs 3jtan bnskrpt dsr, srng jok, kaca film full MP3Harga Nego V.000-14/7

Luxio DP 20%

Harga Nego V.000-14/7

Espass 1.3 03 putih tgn 1 asli BjmAc VR bd klng istmw TT/krdt 7466884Harga Nego V.000-19/7

HUBUNGI: AMIRUDDIN MOTORJl Veteran 0511 - 7453538 / 081348767224

Avanza Baru Th2012 pilih warna100% baruHarga Nego V.41087-7/7

Szk Eriga 100% baru Tahun2012 pilih warnaHarga Nego V.41087-7/7

JAMAL NISSAN0853 4660 9119 / 0511 - 7320248

EVALIA Ready Stock, bonus Rp171jt

V.000-2/7

Grand Livina Rp. 171jt, R stock, Bns,Diskon bsr, Bunga murah djmin puas

V.000-2/7

RUDY : 0511-7110599/085332513400LATIF : 0511-7579969 / 085220705600

PU Angs mulai 1,9jtan ReadyStockHarga Promo V.000-17/7

Sirion Angsuran mulai 2 jtan

Harga Promo V.000-17/7

Xenia Angs mulai 2,6jtan ReadyStockHarga Promo V.000-17/7

Terios Angsuran mulai 3jtan

Harga Promo V.000-17/7

HUBUNGIPUTERA MOTOR Jl A YANI KM 11

0511 - 7119696 / 081251122555

Mitsubishi Triton, Pajero, TruckHD 100% BaruHarga Nego V.42283-22/7

Nissan X Trail XT Matic Th2005Hitam MetHarga Nego V.42283-22/7

Avanza G, Innova, Rush 100%BaruHarga Nego V.42283-22/7

CRV Matic Th03 Hitam . Terios ‘08SIlverHarga Nego V.42283-22/7

HIDAYAH 9 MOTOR Jl A Yani Km 9,2Hub 0511 - 7411934 / 081348845888

Mazda 2 Th11 Hijau Met fas lkp +TV kamera monitorHarga Nego V.41958-18/7

Honda Freed PSD Th09 PutihMutiara pajak panjangHarga Nego V.41958-18/7

Hnd CRV 2.4 Th2007 Mocca asliBanjarHarga Nego V.41958-18/7

Hnd CRV Th2008 SilverstoneVR20 Crhome 2000ccHarga Nego V.41958-18/7

PROMO KHUSUS BULAN INI, BULAN DEPAN NAIKSOLIHIN 0813 4953 0334 / 0511 - 6229788

Xenia DP 20jtan atau angsuran2jtan, AC doubleHarga Nego V.000-12/7

Grand Max PU DP 15jtan atauangsuran 1jtanHarga Nego V.000-12/7

Terios DP 30jtan atau angsuran3jtan, bns krpt dsr, srg jok kc film fullHarga Nego V.000-12/7

Luxio DP 25jtan atau angsuran2jtan.Harga Nego V.000-12/7

Taruna Limited Edition 00 Var lkp audioPjk Br 08125025169/085651164766Harga 90jt Nego V.41626-29/6

HUBUNGI : SINAR ABADI MOTOR Jl A Yani Km9,700 No97(Seb Pom Bensin) 081953818111/082153539111/082158900889/

0511-6181990 Terima Tukar Tambah Cash / Kredit

Suzuki Ertiga GL Manual 100%Baru Warna HitamHarga Nego V.40643-2/7

Jazz RS Th2012 Matic Merah100% baruHarga Nego V.40643-2/7

Avanza G 100% baru th 2012 AnPembeliHarga Nego V.40643-2/7

Freed PSD New Model putih th2012 100% baruHarga Nego V.40643-2/7

BARU L300,Truck PS,Triton, Pajero,Out Lander. Dlr resmi. 085386614141.DP 20% V.41495-12/7

T120 SS Th.2011 Pick Up hitammulus. Hub.085249971977.Harga 79jt Nego V.41896-30/6

Mits Out Lander 2012 Ready Stock100% Br Hub081253100555Harga Nego V.41938-18/7

Dijl Cpt Strada L200 GLX D Cabin 4x4‘07 Putih bs bantu leasing 7404649Harga Nego V.40785-6/7

Kuda Exceed 00 merah premium tgn1 bjmAC Dbl 95% istw TT/krdt 081333171111Harga Nego V.40548-18/7

MITSUBISHI

SINAR JAYA MOTOR Jl S Adam No48Rt17 0511-7474554 / 0811505997

X Over Th2010 Hitam asli Banjarmulus orisinil. Szk Estilo ‘10 htmHarga Nego V.40712-4/7

Hnd Jazz RS putih 2011 * Avanzavvti tipe G 2011 merahHarga Nego V.40712-4/7

Szk Swift Th 10 merah dan 2008hitam asli Banjar mulusHarga Nego V.40712-4/7

2 unit CRV Matic Th06 Silverstonedan hitam TV brg sgt mlsHarga Nego V.40712-4/7

Djl Mits L200 Strada Th06 Putih STNK2013 085391468484/085248016666.Harga Nego V.000-30/6

Dump Truck PS 120 HD Th.04 Bak pnjgHub085248144599/085246413377Harga Nego V.000-4/7

SYAMSUL MOTOR0812 500 24233 / 0511 - 7753636

Gran Max D Th2011 Coklat Mudaada TVHrg 110jt Nego V.000-2/7

Xenia Xi Sporty & Li SportyTh2010 / 11Harga Nego V.000-2/7

Jazz RS Th2010 Manual Silverada audio asli Bjr DA 99 Km 19rbHarga Nego V.000-2/7

Innova G Th2007 Hitam dijaminnon rentalHrg 175jt Nego V.000-2/7

26Banjarmasin Post

JUMAT 29 JUNI 2012

ANINDYA MOTOR Jl Banua Anyar Bjm081250090004 / 081349342008 / 08125027766

5 Unit Jazz RS putih & merah ‘12manual dan matic 100% baru.Hrg Nego V.39229-16/7

Fortuner G Lux 2.7 BensinTh2011 Akh Hitam,Raja BarangHrg 405jt Nego V.39229-16/7

New Fortuner 2012 GLux 2.7 putih,Rush G, Avanza Veloz 100% baruHarga Nego V.39229-16/7

New Szk Ertiga Putih 100% BaruAPV PU & Carry PU 1.5 htm & pthHarga Nego V.39229-16/7

Xenia Li Th2006 VVTi Aqua Bluebagus Hub 0511-7505892.Harga 98jt Nego V.000-29/6

Jazz RS Manual ’09, merah mls,trwt 081254010745/081349780388Hrg 190jt Nego V.42474-2/7

HAIRIN 0821 5653 7773/0511-7555299EDI 0852 4986 2408 / 0511-7359329

Terios DP 25jtan atau angsuran3jtan, bonus menarikHarga Promo V.000-25/7

Luxio Type D/M/X DP 10jtan/angsuran 2jtan.Harga Promo V.000-25/7

Xenia DP 10jtan atau DP20jtan / angsrn2jtan,DVD,Kamera parkir AC DblHarga Promo V.000-25/7

Gran Max Pick Up DP 10jtan atauangsuran 2jtanHarga Promo V.000-25/7

Genio ’92 Matic Hitam bgs AC, DVD,Velg Racing ,mlus. 081349559993Harga Nego V.422481-2/7

Taruna CX Th99 Biru Met, AC, orsnl,cash / kredit. Hub.081521504567Harga Nego V.42424-2/7

Jual Granmax 2010 Biru 1.3 siappakai Hub 0511-7204243Harga Nego V.9359-30/6

Hubungi SYILFANI 0821 5412 5757 / 0511-7770757Krdt DP Ringan, Angsran Trjangkau & ttap, Tenor waktu sampai 5 thn

Innova Bonus asesoris & dptkandiskon menarik Ready StockHrg Nego V.000-2/7

Fortuner Bonus asesoris & dptkandiskon menarik Ready StockHrg Nego V.000-2/7

All New Avanza Bonus AsesorisReady StockHrg Nego V.000-2/7

Rush Bonus asesoris & dptkandiskon menarik Ready StockHrg Nego V.000-2/7

Pesan Sekarang, Pakai LebaranJUNIAR 0853 9051 1020 / 0511 - 7489060

EKO 0821 4905 7333 / 0511 - 7623223

Rush 2012 full accesories readystockHarga Promo V.000-26/7

New Yaris 2012 Ready Stock, bo-nus + diskon khususHarga Nego V.000-26/7

All New Avanza 2012, bonus LCDTouch Screen barang cepatHarga Promo V.000-26/7

New Innova 2012 DP RinganBunga 3,85% bonus 7jutaanHarga Nego V.000-26/7

HUBUNGI : SULTAN081351449988 / 08980224488 / 087815334488

Suzuki Swift Th08 A/T Cash/krdtMerah Muda Met VR mulus.Murah 137jt Nego V.40486-30/6

Ovr krdt ss 21x Grand Vitara JLXTh10 M/T Merah Anggur Key lessMurah Nego V.40486-30/6

Bersambung kehalaman 16...

Taruna CSX ‘00 Merah Silvr. lkp,mls s pkai. 081348472867/7573820Harga Nego V.42455-7/7

Djl.cpt City AT 03 htm, Km.65,5rbasli Bjr 085753449111/082148132277Hrg 116jt Nego V.42472-2/7

2 Hnd Jazz RS 2011 & 2010 Mtc &Manual Mrh & Silver Spt Baru 0811512535Harga Nego V.42590-3/7

Djl Feroza Th95 Merah Silver, Mls,Ac,Tape,Audio,Sp Pkai Hub 7375000Harga Nego V.42441-30/6

Djl Xenia Li VVTi ’07 DA cntk+Bjr.Hub08125033865 / 0511-7163865Hrg 100jt Nego V.42545-1/7

FORD

Beli Fiesta Free Kaca Film 3M+ CashBack Hub.Tina 6188883/082152871222Angs 3jtan V.41640-14/7

BU Ford Focus 07 htm matic mlsbd klng Hub 089691540465Hrg 143jt Nego V.42109-21/7

Ovr Krdt PU Grand Max 1500cc ‘11Bln 10 Orsnl CL-Alrm 081351137744Harga 23jt Nego V.42502-3/7

BISA TT, PROSES & PERSYARATAN CEPAT & MUDAHWANDA : 081351337733 / 0511-7504679

ADI : 085349961036 / 085730380885

New Fortuner, bonus v-kool,ready stock, bunga spesialHarga Nego V.42673-27/7

Tyt Rush, bonus komplit, readystock diskon khususHarga Nego V.42673-27/7

New Innova bonus v-kool, readystockHarga Nego V.42673-27/7

All New Avanza, bns DVD touchscreen, ready stock. bunga 3,88%Harga Promo V.42673-27/7

Mits Lancer EVO 7 ‘03 silver FullVar V18 Bd Kit&orsnl 7677460 Bs TTHrg 125jt Nego V.42336-30/6

Mits Kuda Grandia Th 02 Biru MetTP Hub.085391690299Harga Nego V.42649-9/7

Ford Fiesta Bns Full Var Hub.Yulida Counter 0811518191/7763334.Angs 3jtan V.41645-14/7

Ford Fiesta Tahun 2011 WarnaUngu Metalik Hub.08124832061.Hrg 170jt Nego V.42669-4/7

Luxio X Matic Th2010 Akhr Mls AliBjr Bs TT Hub 082156066212.Hrg 133jt Nego V.42688-7/7

Ford Ranger 4x4 Th 04 DoubleCabin Putih Hub081349559993.Harga Nego V.42685-4/7

Djl.Truck PS 120 Th.04 kond.siappakai. Hub.085350460111.Hrg 190jt Nego V.42286-29/6

Jazz IDSI 06 matic silverstone banBR Pjk Aprl 13 Audio 082153584477Hrg Nego V.000-30/6

Jazz IDSI 06 Akh, Hitam,CD+MP3,Orsnl,Bs Krdit Hub.081250195555Harga Nego V.42243-29/6

Hyundai Atoz Th2001 WarnaHitam Hub.08125122257Harga Nego V.42710-4/7

Jual Hyundai i20 GL Th09 ManualBiru Met bisa kredit Hub6190519.Harga Nego V.42159-12/7

HYUNDAI

Getz GS Matic ‘08 Hitam Air Bag ABSsunroof jok klt pjk 1th asli Bjm 085393435995Harga Nego V.000-4/7

Dijl Xenia 2006 Biru bentoel mlsistimewa Hub 08125185345Hrg 105jt Nego V.42354-30/6

Feroza Th94 hijau met.Audio,TV,DVD. 0811505566-(0511) 7505566Hrg 57,5jt Nego V.42595-3/7

DAIHATSU

Terios TX hitam 08 ist imewaHubungi 0511-7505892Hrg 151jt Nego V.41093-5/7

Hnd Accord Ciello Th.94 Km.37rb.Fas.lkp kond.mls. Hub 7570234Harga Nego V.42297-29/6

Hnd Stream Th2003 Silver Metalik,DA VIP. Hub.081348726727.Hrg 130jt Nego V.42606-3/7

Triton GLS 08 akhr hitam met orsnlasli Bjr mls 081251107454Hrg 199jt Nego V.000-5/7

R Stock FNS 27 Ms Chasis Hrg khususbarlin 08133228191/Rudi 0811506797Hrg Nego V.42750-8/7

Dijl Mits Colt Diesel Canter LightTruck Bok 081347705168/3271326Hrg 285jt Nego V.42846-5/7

L300 Pick Up 96 Hijau Bensin sotbaru 085249952887 No SMSHrg Nego V.42840-5/7

Hyundai Atoz 01 Silver AC DinginManual 1000cc PS 08125095648 TPHrg 65jt Nego V.42842-5/7

CRV 05 akhir STNK Baru jrng pakaiHub 081349415577/05114412854Hrg Nego V.42746-8/7

Jazz IDSI 06 manual Biru Full Au-dio jrg pakai Hub 081349780466Hrg Nego V.42811-5/7

New CRV 2.0 Matic 08 grey (Km+21rb) 1 tgn Hub 081348477889Hrg Nego V.42809-5/7

Freed PSD 09 Pemakaian 2010Biru muda met Hub 081250108858Hrg 214jt Nego V.42790-5/7

Page 27: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

Bersambung ke Hal 28 ....

JUMAT 29 JUNI 2012

27Banjarmasin Post

BANJARMASIN

ALAT-ALAT

PESTADijual Tenda 14Set+Meja+Kursi+Tirai+Taplak Meja Untuk Acara KawinanHub.0511-7725777

200000042567

ELEKTRONIK

CCTVCCTV Termurah 4CH=5Jt 8CH=8,8Jt FreeK a b e l & P s g . 5 2 0 t v L , I R , H D 5 0 0 G B087816464639/7232669 Promo Juni

200000040725

CCTV “Secure” High Resolution,pkt 4chnl4,3jt,pkt 8chnl 7,9jt (kbl+HDD+psg) fngrPrnt 1,5jt Alarm,pkt IP-CAM 2,2jt.08195458572

200000041469

GPSGPS Tracker Alat Pantau Armada Truk/Mobil/Motor/Dll Mulai 1,4Jt Grns 1Th7 5 0 0 6 4 4 / 0 8 1 2 5 1 7 9 7 4 0 4www.borneogps.com

200000041307

LAIN-LAINUltima Rent game sewa PS2,PSP,PS3 &Bd game PS3, delivery wily Bjm. Andapesan brg kami antar 082150060051

200000040577

Jual/Beli Baru/Bekas,PSP-PS2,Hdd PS3-Laptop-LCD TV-Home Theater HrgBersaing 0511-7408122

200000041558

TK CS Games,Pusat Penjualan Games,Grosir,Playstation 2 & 3,Xbox 360,PSP,dll.Jl Kinibalu Ruko No 3, sebr LP3i(dpn DepoGemilang)0511-7331798/081351990400

200000041908

MZ Elektronik jual beli TV,DVD,LCD,kulkas PS1-2,laptop dll.Km siap dtgkrmh anda Hub(6119023/085348728210

200000042503

FOTOGRAFI

VIDEO SHOOTINGAUDICAM,Photo & VIdeo Perkawinan,Videoclip,Ultah,Iklan TV,profile,trnsfrVideo & Edit Jl.Sutoyo S T.7739529/4416561

200000042116

HPSCUDETTO Telp.(0511) 3366534 tersediasgl accesories,mcm2 sparepart & alatserv.HP dan lkp.

2000000001106

HEWAN

PELIHARAANDjl mrh anakan & indukan kucing Persia,buruan pilih bagus2. Hub.082153543462

200000041188

JASA

BANGUNANDECOR PLUS mlyni interior rmh,ktr,htl,dll.Mlyni pengecatan & pembuatantaman.Free design utk pkt pelaksanaan.Hub.081347794007/7571080.

200000041081

Anda mau bangun rmh,gdg,ruko,dll.Kamiahlinya,Gbr free utk pkt pembangunan.DECOR PLUS (0511) 7616699-081351864555

200000041083

Melayani Pembuatan Rmh PanggungMinimalis,Pagar,Clotingan Hub085251354994/0511-7515128

200000042434

TEKNIKGARUDA TEKNIK Spesialis Prbaikan MsnCuci,Tv,LCD,Lmri Es Tlp(0511-7340740Melayani Prbaikn Ditmpt Anda Pasti LebihHemat

200000040338

ARSITEKDHIYA UL-HAQ Desain/pelaksanaanmnrm Desain rmh,ruko,ktr,dll produk3D,RAB. 6141961/081348318461

200000040911

RUMAH DESAIN Melayani JasaGambar,RAB & 3 Dimensi.Hrg Mulai Dari15Ribu/m² Hub.3306211/081250038786

200000041047

BIRO JASABiro Jasa Urus CV,PT,SKTU, TDP,Sim,Sertifikat Tanah,Pasport,Dll Hub.082148785088/082189342499

200000042430

DESIGNStudio77 Jasa Gambar DesainArsitek,RAB(Bangunan) & DesainGrafis(Brosur Dll)Hub.7746035

200000042368

HIBURANAda PERSEWAAN BADUT; MC TompelAngry Bird,Mickey Donal,BernardBear.Hub.0511-7411625/081348716156

200000041161

LAUNDRYLaundry Kembar Garansi,Brsih 6rb/KgAnda Tlp Kami Datang,1hr Selesai7313661/7112171/082153893551

200000040820

RUMAH CUCI CINTA,jasa cuci&setrika,7rb/kg,antr jmpt Gratis!! Trima cuci karpet0511-7429768.Karena Cinta kami ada!!

200000041159

Btg Laundry mnrm Karpet 7hr slsi,sofa,horden & sgl jns pakaian 1 hr slsaiharum&bersih. 7070111/4228111

200000042461

LAUNDRY1jt bs buka Laundry,hny utk Bjm,sgr amblksmptn ini. 7715771/0817341757,km sdhpglmn thnnan jgn jd penonton

200000042465

MONEY CHANGERDOLLAR...RIYAL...RINGGIT Hub.ARTAMoney Changer Jl.Haryono MT No.4 Bjm.3 3 5 6 0 5 5 / 0 8 1 9 5 1 2 2 2 5 0www.artamoney.com

200000040982

RENTALLCD Projector U/Nonton Bola.Presentsi&Acr Lain Sewa Harian&Mingguan.Murah082153758989(Artha Media)

200000042561

SEDOT WCAhlinya WC mampet,wastafel,cucipiring,Sluran,bathup,septic tank dll garansitnpa bngkr Hub(7255533

200000042459

SERVICETARYO TEKNIK servis ditempatTV,kulkas,AC,msn cuci,dispenser,dll.Hub.(0511) 7602132/082149054582

200000040469

Telah Hadir Braga Auto Care Center,PusatAneka Oli&Aksesoris Mobil&Motor,GantiOli,Pompa Nitrogen,Kami SolusiPerawatan Kebanggaan Anda,Gratis JasaService&Pemasangan Aksesoris,KunjungiJl.Veteran No.257D Bjm Buka Hari Selasas/d Minggu Jam 8.30-17.30

200000041321

DANY TEKNIK:Mnrma Pnggilan ServiceKulkas,AC,Msn Cuci,Dispenser,TVHub.05117513468/082151726676

200000041355

PERMATA AC,Spcialis Js Pnggl SrvceAC,Bgkr Psg AC,Prbaikn AC,Jual/Bl ACRsk/Baik Hub.7152740/082159322386

200000041672

AC,AC,AC Menerima Service,Bngkr/Psg,Perbaikan Sgl Jenis Ac Hub 0511-6850097

200000041708

CV.BINTANG TEKNIK Spesialis pngglnServ.bongkr/psg AC,rmh/ktr,kulkas,m.cuci&jual beli AC br/bks.Sewa AC7761825/081251727781

200000042047

AUDIO SERVICE ELEKTRONIKSpesialis Service TV,Msn cuci,PasangAC,Panggilan Hub 7416077/08125035225

200000042244

Jupiter bergaransi kulkas, msn cuci, TTservice AC . 3259723/7592772/7500994

200000042262

TEKNIK ELEKTRONIK mnrima panggilanperbaikan TV,Tape,VCD,DVD dll(0511)7406535/08152115733

200000042374

LAIN-LAINJasa Pembuatan Kanopi Minimalis/Klasik,Menara Tandon,Pagar, Tangga,B e s i / S t a i n l e s s , ± 3 5 0 r b / m ²Hub.082155055201/0511-7660044

200000040747

Bkn Canopy,pgr,rolling tgg,tralis,balkon,dllminimalis/stainless,kualitas bgs hrg mrh.(0511) 7760779

200000042484

KESHATAN/KECANTIKAN

HERBALTrpi Lintah,Obati Kanker Payudara/Rahim,Tumor, Diabetes,Jantung ,Stroke,Asam Urat,Sedot Sil ikon dl l 081251383393 ABIDIN Buktikan

200000040692

Turun / Naik 5-100Kg Hasil PermanenTelp:0511-7231877/082154171888

200000040774

Solusi Badan Langsing&sehat dg Chloro-phyll Mint Powder/CMP,Detoks CMP turun1-4Kg/mgg tanpa efek samping 0511-7430898/081952578880

200000041527

PIJAT & LULURPijat Tradisional Terima Panggilan TidakMenyediakan Tempat Hub.Haris082156532008

200000041057

GINA MASSAGE Ditangani Wnt MudaBerpenmpln Menarik,Ramah & TakMngecewakn Hub(085251714846

200000041281

Indah Massage khss panggilan pijat 24jam dijamin anda akan merasa nyaman.Hub.081345123058 No.SMS

200000041326

MAWAR MERAH Massage Melayani PijatTradisional Jawa Khusus Panggilan24Jam Hub 082159200256

200000041471

Ajeng Terima Pnggiln Pijit Tradisional,Lulur,Terapi Guasa,Trp Tlnga 24jam NoSms Hub.081256022567

200000041600

Refleksi Fullbody massage, akupuntur,lulur,kebugaran. Hub. 081351616249(Radit).

200000041689

Joko Pijat Refleksi full body khusus pria“bergaransi” terima panggilan 24 jam.081226678868

200000041789

SANTI Menerima Panggilan Massage AndLulur Body Scrap Aroma TerapiHub.081333224977

200000041988

Anda Llh,Cape Kmi Siap Bntu Anda PijatAla Jawa Hub.Rosi Rahayu 05117168217/081349320750 Sdia Prwtn Bdn No Sms

200000042174

PIJAT & LULURSALLY MASSAGE Dtngni Wnt MudaBrpnmpln Menarik,Ramah&Tak Mengecewakan Hub.085251699944

200000042329

Pijat Tradisional Jawa Khusus Panggil,TdkMenyediakan Tmpt Hub.Tia081348647795/081348997223

200000042396

Selvi Massage Menerima Panggilan Pijat24Jam Anda Psti Puas Dgn Plynan KamiHub.087815780080

200000042426

Memey Massage Khusus Panggilan24Jam Dijamin Tidak MengecewakanHub.082153038887

200000042428

Luna Massage Ditangani Tng Krj MudaWnt Ramah Pnmplan Mnrik KhususPanggilan Hub.081276302689

200000042636

Sinta(19)Pnggln Pijat&Lulur 24JamMuda,Ramah,Pnmpiln Mnrik Hub(085390443882

200000042638

Trima paggln Massage (khss dipanggil).Hub.Maya 082156756888 & Riska081348140529 area Bjm.

200000042690

Fresh dengan pijat relaksasi areaBanjarmasin, tdk sedia tempat, call LingLing 081325011878 No SMS

200000001506

Terima panggilan Pijat Tradisional Jawa.Hub.Mila 082154096888 No.SMS

200000000806

Panggilan pijat tradisional dan lulurHubungi SARI 085332521818.

200002106A

SALONIRA Salon Kecantikan & Perias pengantin.Dptkn disc.20%.Hub.sgr IRA 0813 70154945,081933257050,08125842542Jl.Belitung Darat RT 12 Komp.AkasiaNo.16

200000042807

SABUN-KOSMETIKDjl.Shampoo Ajaib Noni (mengkudu) BSYasli Hongkong 260rb/box (20 scht) Propo-lis MN 350rb/Box (7btl). 08125101146/7054046

200000042044

Jual Shampoo Noni BSY Grosir &Eceran,Harga 15Rb/Sachet (Siap Antar)Hub.085332283469 - Bjm

200000042236

KOMPUTER

PRINTER&SCANNERPRIMA TONER Spsialis Refill Toner Black& Color Service Printer Laserjet&Fax,Service Laptop,CPU,LCD,dll.085751049177/6116468

200000041914

HAKA COMP Trm Refill Toner Printer La-ser: psg infus,servs Printer,CPU,NB,antrjmpt servsn. 082158587744/7418189

200000042488

SERVICEPELMA Jasa Service,jual beli Laptop New% second CPU P4 700rb Ready DcoreAMD LCD MB HD SDR DDR LAN CDRWVGA SC. 081348626260/7429944

200000040266

Service Komputer Menerima PanggilanHemat Praktis Hanya 50rb brgrnsi Hub6207123/081351144123 Hemat PraktisHanya 50rb

200000040899

SAIDY COMPUTER Menerima PanggilanService Komp&Printer Instalasi Warnet DllHub.05116274855

200000041024

BENGKEL KOMPUTER Jasa Servicehardware/software 15 mnt slesai,prog& driver lkp.0511-7462982 siap ktmptAnda

200000041580

LAIN-LAINKami beli comp ex.Game & Net, Jual partsb k s . H D 3 0 . 8 0 . 1 6 0 . 2 5 0 ,D D R 2 5 6 . 5 1 2 . V G A . L A N , M n t r , d l l .Hub.7720959.

200000040984

CPU AMD + LCD LG17"=1,7jt,P4+LCD16"=1,1jt,P4+mntr=725rb,bs TT &upgrade komp. mngrjkn warnet & game.Hub.BINTANG COMP 7720959

200000040986

Anda Mau Kredit HP/Laptop Dgn HrgMurah Hub.Annaphone.com Jl.S.AdamBjm Hub.081349567897/7488110

200000041135

All News P4/2/500/LCD 16/Key Mouse2.300 Ready Nb Axioo,Acer,Toshiba Dll BsTukar Tambah Tlp.3306837/7463730

200000042199

Jual/Beli/TT Laptop/NB/PC Hrg BersaingDijamin Murah Ready Notebook Baru FreeModem M:2250 Tlp.3307343/6897272

200000042203

LOWONGAN KERJA

ADM-KEUANGANDcr.Staf ADM Vina Cosm,Wnt,min.SMU,max.35th mahir Komputer. Lmrn kePO.BOX 227 BJM

200000042825

MARKETNG-SALESDcr Marketing Eksekutif Min SMA Laki2Siap Di Tmptkn Di BJM & BJB PnyKndraan Sendiri Gaji+Bonus Kirim KeJl.Gerilya Komp.Graha Mahatama No.1Bjm

200000042532

SOPIRDcr sgr Sopir D.truck brpenglmn. Lmrnlgsg bw ke PT. MBS Jl.Raya BeruntungJaya No.62 RT 20 Bjm

200000042401

Dcr.Sopir SIM B1,jujur,rajin. Krm lmrn kePT.Global Jl.Kuripan No.11. (0511)3268289

200000042627

Dcr.Sopir SIM A/B1 max.40thberpengalaman. Kirim ke PO.BOX 227BJM

200000042821

Dcr.Sopir Kanvas, Laki2,SIM B1,jujur.Lmrn lsg ke: Jl.Kol.Sugiono No.14 Bjm

200000042829

LAIN-LAINDbthkn 10 Org Petugas Lap P/W Max30thFasilitas Spd Mtr,Dsediakan Lmrn BwLgsg Ke KSU HARAPAN KITA Jl.S.AdamKomp Bumi Graha Lestari Rt48 No26Tlp:3305710 atau Jl.Dahlia Kebun SayurJlr Melati II Rt27 No58 Tlp:4425220 Bjm

200000041898

Dcr Adm Wnt Min.SMU & Sopir Min.SMUPny SIM A/C Kend.Sndr Lmrn Lgsg KeJl.Raya Pramuka No.5 Rt.24 SbrgBengkel Alex

200000042523

Dbthkn Sgr:1.Drafter Pend Min D3 Arsitek/Bgnan Bs Komp 2.Marketing SupervisorMin SMA/SMK 3.Bueruh Angkut Min SMPLmrn Ke Jl.Veteran No.5A Rt.21T.3252378 BJM

200000042525

Dcr Teknisi AC Ruangan&TeknisiListrik,Min SMA/SMK Hub 0511-6850097/085247175662

200000042596

Dcr Pembantu Rmh Tangga Wnt Bs SpedaMotor Hub.0811515046

200000042598

Dibthkan 1.Kepala Bagian (S1),2.Waiter(SMU) syrt: 1.Pria,2.Pglmn. Bid. Restoran,3.Team Work & brtggjwb,4.cekatan,jjr,rjn&disipln. Krm lmrn ke Rest.PadangSederhana Jl.A.Yani Km.5,5 No.32 Bjm

200000042599

Dcr.sgr Marketing&Pengawas Lapangan,min.SMU/sdrjt,pny.kend.send.&SIM C.Lmrn PO.BOX 010 BJM

200000042603

Dcr.1 org D3/S1 Sipil Arsitek ygmeng.Autocad 2D & 3D. Krm/antr lmrn keJl.Cemara Raya 2 No.30 Rt.25 Bjm.081348318461

200000042629

Dcr.Pembantu,umur min.30th yg bsmasak sm brsh2 yg bs nginap.Hub.082151866898

200000042631

Dcr 1.Tkg Msk 2.Bag. Dapur/Helper 3.PbtRT Hub.Depot Ice Cream Jl.Kuripan No8Rt8 Bjm

200000042657

Dcr Score Girl & Cleaning ServiceLmrn Anta r Ke J l .P ramuka No.9Banjarmasin

200000042670

Dcr Karyawan/ti Utk Restaurant Lmrn KrmKe RM.Lima Rasa A.Yani Km 3,5 Bjm(Sbrng RRI)

200000042681

Dcr ADM,CS,Kasir(Wnt)Umr 18-30thMekanik,Ac Mbl,Sls Spart Pny MtrSdr,Lmr CV GALANT JAYA GRAHAJl.P.Antasari No93 Telp:3250290 Bjm

200000042686

Dbthkn krywn utk ngantar brg expedisi,pend.SD,SLTP,SLTA sdrjt. Lmrn dkrm kealamat Lintas awa Group Jl.Yos SudarsoNo.05 RT 35 dpn ktr PU

200000042702

Dbthkn 3 SPG tetap max.28 th, wnt, SMA,mnrk, ramah, fas: gaji ,bns harian,insentif,THR. The Silver Duta Mall Lt.2HP.08128884147

200000042724

Dcr Krywn Laki2 Max 23Th Jujur,Ulet,Dedikasi Krm Lmrn Ke Bandung Com-puter Jl.Cemara Raya No.40 Rt.28 K.TangiBJM

200000042740

Dcr Pria max30th,SMA,Krj Serabutan,GajiDiatas UMP,Diutamakan py Sim ALamaran Ke IP Jl.A,Yani Km2,6 No217(LtDsr CCTV Spesialis)Plg Lmbt 04/07/12

200000042763

Dcr Staf Ktr Umur Min.20-30ThBag.Penjualan,Bag.Consultant Spyr CSHp.087814707204/085280201576/082151980700

200000042771

Dcr Staf Pemasaran Min.D1 Smua JurPnghsilan 2Jt Bonus Liburan L.negeriHp.085654799818

200000042772

Dbthkan Sgr Karyawan Lk/Cewe UtkPss:Tele Mkt,Ass Mgr,Min.D1 UmurMin.23 Hp.081349614140

200000042773

Dcr HELPER Gudang. Segera. Rajin,sehat, jujur, bs lembur, min.SMP. LgsgIntrvw. Hub: 3267047/7326566

200000042794

Dcr.SPG/BA/TL/Sales Viva Cosm.min.SMU,max.35th. Krm ke PO.BOX 227BJM.

200000042813

MAKANAN/MINUMAN

RUMAH MAKANCONER CHICKEN Hadir Di BanjarmasinSultan Adam No32A Sbrang Pelita GameDg Paket Murah 8000 Nasiayam Teh BotolDll Hub.6393827

200000042300

LAIN-LAINAgen buah impor.Sedia: fuji,anggur,kiwi,straw berry,pear,kurma,ponkam,dll.LENGKAP.Promo akhir bulan:LENGKENG.Harga dijamin TERMURAH.Hub:085248431078 -05113267047 -05117326566

200000042695

MESIN

GENSETJual/Sewa/Service Genset 10 s/d 800Kva,New,Used&S.Part,Garansi+AssHub.PD.Gala Jaya (0511)3255166/7181888

200000042403

MOBIL DIJUAL

DAIHATSUOver Kredit Sirion”Pemakaian 2011Hitam&Mulus Sdh Byr 14x4,9Jt/Bln(4Thn)Hrg 23Jt Hub.08125066776

200000042029

Daihatsu Luxio ’09 abu2,rem ABS,VR,BR,EM,TR,PW,PS,msn body sgt is.kmrendah hrg.123jt (nego). 6215064/081250054161

200000042041

Over krdt Grand Max Th.2010 hrg.35jt,sisa20 bln,per bulan 2,6jt. (0511) 7372840

200000042443

Xenia Li Sporty 2010 bln 11 silver full vartnp cacat msh spt baru C/K hrg 124jt nego.0511-7725865

200000042551

Ovr krdt Feroza Ind.’97 slvr met,sdh byr20 ss 16x2,1jt hrg.45jt nego. 0811505566-(0511) 7505566

200000042621

Sdn Daihatsu Classy 1.300 Th91 BdKlg,Mls,Ac,Dvd,PS,PW,VR,Msn Ok,Hrg36jt/nego 081351611135/6165135

200000042650

Over Kredit Xenia”2010.Mrh Hati,Sdh Byr26x3,7Jt/Bln(4Th).Hrg 49JtHub.082153086271

200000041386

HONDAHonda CRV 2.0 Th.’08 silver Manual asliBjm tangan pertama. Hub.(0511) 7571995

200000042549

HYUNDAIOver Kredit Sedan Hyundai Avega2011,Sdh byr 12X4,5j t /b ln(4thn)Mulus,Ass All risk,Manual&Matic.27jt.082153086271

200000040565

KIAKia Picanto Cosmo 2010 merah fas.lkpkond.mls & trwt, pjk 1 thn, hrg 115jt (nego).7395047/08125081884

200000042338

MITSUBISHIOvr Krdt Triton GLx 08 Putih DP 85Jt Angs9,9Jt Sisa 13 Bulan Hub.0511-7535079

200000042580

Mits.Triton Th.2008 bln 03 GLS putihkond.bgs,siap pakai. 087815504848/082149012828 tanpa perantara

200000042717

PEUGEOTPeugeot Th.’01 biru over krdt sdh byr 11kali ganti 28jt, 2,4jt/bln. Hub.7520037

200000042697

SUZUKISuzuki Forza th.90 abu2 met audio lkp,pjkbaru,siap pakai,hrg 29jt. Hub.085248394756

200000041122

Szk Sidekick ’00 silvr,full Var,Audio,Msn,body orisinil brg sgt ist.hrg.97,5jt.6215064/081250054161

200000042039

SUZUKIAPV-X ’05 AC dobel,lkp,pribadi bkn exrental km 96rb cat asli ors msn istw platDA, 99jt nego. 7577096/082154030730

200000042714

Escudo 20i Manual 2001 silver orsnl mls.7232144/081351547289

200000042482

Escudo Nomade ’97 Bln 11 hijau met.PlatB,AC,DVD,TV,hrg.80jt nego lokBjb.08119109280/081218921760

200000042607

Escudo 94 Akhir htm AC,Sound,P.Window,Var,siap pakai,brg istmw,hrg.85jt nego. 082130053003

200000042728

APV Arena GL Hitam 2008 Hrg 105Jt NegoHub.081348035595/081348486658

200000042838

TIMORTimor ’99 wrn hitam met.Fas.AC,PS,PW,VR,VCD+audio bkn exTaxi hrg.47jt nego. 085248628768

200000042469

TOYOTADjl Avanza G Th04 Kuning Metalik,ACDingin Hrg 106jt/nego Hub 081348970350

200000042247

Kijang Super KF50 Th91 Merah Hati,PjkBaru,Hrg 39jt/nego Hub 085347081565

200000042541

Yaris E 06 biru met manual asli Bjr kalengkeadaan brg tdk mngecewakn trwt C/K hrg138jt nego. 081952900999

200000042548

Jual Cpt Tyt Rino HT 125 Dumtruck 2003Kondisi Trwt Hub 08115010919

200000042589

Tyt Corolla 1,6 SE 1988 Biru Bd Klg Mls,Ac

Dgn,PS,PW,SL,VR,Msn Ok Hrg38Jt Nego6893719/081250118305

200000042653

Djl Tyt Fortuner G Lux 2006 Wrn SilverBensin Hrg Nego Bs Krdt/TT Hub.085250074677

200000041987

Avanza E 2004 Silver AC,DVD,TV,VR,B R , P S , P W , M l s , K a l e n g , T r w a tHub.082154413195/0511-6305579

200000042655

Djl Inova 2007 G Km90rb,Silver,STNK PjgHub 087816567950

200000042666

MOTOR DIJUAL

HONDAHonda Vario Techno Th2009,VioletSilver,Hub 7235971/081351151656

200000042377

CBR 2006 Akhr Kuning Hrg 21Jt NegoHub.081348020033/0511-7100741

200000042422

MBL/MTR SEWATANJUNG RENTAL MBL. Mits Triton 4x4hrn/bln/carter, lyni Kalsel/teng/t im.081254248333

200000040805

MANDIRI RENTAL CAR Ready MobilPajero Sport,Fortuner,Triton,F.Ranger(4X4)Avanza,Inova,Terios,Telp.0511-7513019/087815262854

200000040868

VERA RENT menyewakan Innova2012,Avanza 2012,Xenia,Fortuner.Hub.(0511) 7434273/0811508748.

200000041157

AA TONYMAS RENT,Innova,Avanza,Xenia,dl l ,bln,mggan,hran,antr jmptbndra,nego. (0511)7751808/0811508077

200000041164

RAHMAD RENTAL menyewakan MobilAvanza+Driver Bisa Antar JemputBandara 7357341/081349131585

200000041175

Rental Annisa : Avanza,Terios ,Innova,Jazz,fortnr,dbl cbn,hran,blnn ,carteran,promo disc.5% 081348175557/081345122427

200000041207

Jazz,Sirion,Ford Fiesta”2012,Avanza/Xenia.Promo Sedan Avega Hya 250Rb/Hr.BsCarter Kmn Aj(0511)7316776/08125066776

200000041381

Page 28: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

28Banjarmasin Post

JUMAT 29 JUNI 2012

MBL/MTR SEWAINDO Rental Menyewakan Mobil+Sopir(Harian/Mingguan/Bulanan) Hub.0511-7417126/085349716988

200000041409

FAUZAN RENTAL Menyewakan MblAvanza+Driver Bs Antar Jemput BandaraHub.08125043077/085386442382

200000041710

TARIF MURAH PASHA RENTAL mnywknkhss avanza,hr-an,mgg-an,blnn,sw nego70.700.40 & 0856.511.23.769

200000041823

RIZKY RENT CAR Sda:Avanza/Terios/Innova/Fortuner/Jazz Bln/HarianHub.7766303/081351312790

200000041910

RAFEE RENTAL Car Avanza Xenia LuxioPick Up Grand Max Hub.085248178001

200000042066

KRISTA Rental/Carter mbl AvanzaXenia,Terios,bs hr-an,bln-an sw mulai200rb-an 0511-7218586/082155054255

200000042080

KARUNIA Rent Inova12,Luxio12,Avnza,Triton Jm2an Hrian Blnan CrtrDlm&Luar Kota 7758597/081351001437

200000042467

MUTIARA RENTAL (7493322/0511-3257326/7523377/0811519649,sediaInnova,Avanza,Terios,X.Over,hrg sewanego.

200000042819

SHIDDIQ RENT.Avanza,Xenia,Terios,Jazz,Yaris,Fortuner,Ranger antr/jmptBandara. (0511) 7403871/08115009615.

200000042823

RIZQ RENT Murah 0511-7403965 murah!Avanza Th’10 Hanya 4,8Jt/Bln,Innova6,8Jt/Bln,Bs Harian

200000042827

PAKAIAN

PAKAIANTrm psnn kaos olahraga,srgm sklh, bjsasirangan&batik,topi,dasi,jilbab,toga,trmajahitan srgm sklh,sprei rmh skt&htl,jualkain perca. 082156616932

200000041501

PELUANG USAHA

MLMBC.NORSEHAN MLM Sophie MartinParis 7707235/08195466957 u/jd memberbr dpt disc.keanggotaan/hadiah lsg

200000041367

PENDIDIKAN

KURSUSLayanan Privat RUMAH BELAJARMUMTAZA PAUD-TK-SD-SMP-SMA-(area Bjm) Semua Pelajaran-Ngaji-B.Arab-Komp Hub:0511-3250066/085390860211

200000040544

Paket Liburan Disk 20-50% KursusKomputer Tkj Bks Inggris Bhs MandarinHub.LPK BTC Jl.Akasia Raya No.47 Rt.36K.Tangi 3306250/6133310

200000040766

Paket Libur Diskon 50%Kursus MekanikMotor LPK SENTRAL DiJamin DapatKerja Bersertifikat 082154001777

200000040990

Dibuka kls br kursus teknisi HPkomp.laptop hard&software s/d bs950rb:Technoflash Jl.A.Yani Km 39prtkoan Sekumpul Blok H 11 Mtp0 8 1 3 4 8 5 3 3 1 1 8 / 7 5 1 2 0 8 9www.lkptechnoflash.com

200000041181

Mekanik Motor ATC 400Rb/Bln TerlengkapTermurah Instr Bersertifikat SZK IndomobilJkt 0511-7766540

200000041312

BON’S Cake Decoration Kursus MenghiasKue Tingkat Dasar Cuma 1Jt Disc 10%Hub.05117509455

200000041546

Cm 150Rb Kursus Komputer (Sertifikat+Modul)LK.TALENTA Jl.Gn.Sari 73(SmpgTK Bhayangkara)Bjm Tlp.7445603/081251742526

200000042241

Kursus Komputer 150rb sampai bs&mahirmengulang grts(modul+sertifikat) bermutu&bergaransi LK AS SYIFA Jl.Jahri Salehkomp Alam Sari 0511-7323367/089692123314

200000038201

LPK Mentari-Krss Mngmdi Mbl Pkt Mrh260rb+Disc&Dpt Svnr Jl.S.Parman No221Hub(05117441888/6155443

200000040377

PENGUMUMAN

KEHILANGANTlh hlg1 Bh BPKBSpm Merk Honda Th07No.Pol:DA6973AT Htm Pink No.Ka:MH1JF11197K067205 No.Sin JF11E-1065416 NO.BPKB E5588358M An.NAIMAH

200000042782

PERLENGK.RT

FILTER AIRRIMA WATER FILTER Sist:UV-Konv-ROBio Energi Magnetik Hexagonal & ROIndustri Tekh USA & Jpn,GaransiHub.0511-7403088/081351403088/085820193088

200000027821

Mitra Abadi water filter,sist.UV-konv-RObio energi ,magnetik hexagonal & ROindustri tek.USA & JPN, garansi + rollingdoor, pnt harmonika. Hub.0511-7760669,6410812,082155881077,082148383144

200000039782

DEPO AIR MINUM OMEGA,sjk Th.’88 tekJepang & USA,RO & Konvensional, Ser-vice & Spareparts terjmn. Cash & kredit.Hub.085248335555/08152125858/08195125855/0511-7708555

200000041365

PROPERTI

RUMAH DIJUALDigadaikan/Djl Rmh Jl.Terminal HandilBakti No01 Rt09 Sampg Jembatan Termi-nal H.Bakti Hub 0511-7333597/081349689558

200000040343

Djl Rmh Baru&Mewah Di Citra Land A6No15 T.55 2KT 1KM Full Interior PosisiHoek Hub.082158708080

200000042084

Djl Cpt Rmh Semipermanen Jl.S.Andai3KT 3KM Lt.10x19m² Lb.120m² Hrg NegoHub.6897569/087816578939

200000042436

Cash& Krdt T.45/170; 56/170 Jl B Anyar,dktKampus STIKIP,UM bs diatur. Hub.0511-7433485/08164569217

200000042505

Djl Rmh Jl.AKT Gg.Nur Janah Rt12 Rw001L.7,5m P.12,5m Fas.PDAM+PLN Hrg150Jt Hub.082152744689

200000042516

T.54/200 m 2KT 1KM Melati Indah VIJl.Pramuka Km 6 hrg 240jt nego.Hub.0811507809 cash/kredit.

200000042543

3bh rmh ktr br L=5,Pjg=10,SHM A.YaniKm.4,5 Komp.Buncit Indah Ady Patra 3.(0511) 7228118

200000042730

RUMAH DIKONTRAKKAN /

KOSTTrima kost Karywn/ti,AC/non,AC,fsl lkpJl.Raya Bima No.14 Beruntung Jaya.081351793006

200000041433

Terima Kost Karywn fas.lkp,AC,TVJl.Manggis Sarikaya No.9A.081351129560

200000041572

Kost Karyawan/Mhasiswa Jl.Dewi ShintaSbrg Arba Laundry Hub 0511-7703933

200000041904

Rmh Kost 21Kmr,Jl.Pangeran No5 Rt12Dkt Unlam UM80Jt,4Jt/bln/5 Thn Hub081349485296/081352702143

200000042069

Dikontrakan Rmh Minimalis Di CempakaRaya Dpn Jln Besar Hub.05116184021/085390665759

200000042086

Dkntrkn rmh bsrta isinya Jl.Mahligai Km 7(prmhn Bunyamin) 4KT, 2KM,grsi, pgr hrg36jt/thn. 085754428128/6223113

200000042115

Dikont.rmh T.42 lt.kramik,1KT,1KM/WCJl.Sei.Lulut Km.7,5 Komp.Sari IndahNo.Kav.39. 6114481/081351747979

200000042164

Dikont Rmh Jl.Manggis Gg Apel No1 5Km/WC,Ac Pemanas,Garasi Fasilts Lkp TPHub 0511-3258070

200000042238

Kost Putri fas: AC/Fan,springbed,lmr,TVkbl,kulks,dpr,Rtamu,km dlm Jl.A.YaniKm.3 Kbn Bunga. 081351903999/081351718602

200000042270

Disewakan Bedakan Jl.S.AndaiKomp.Bumi Indah Lestari Hrg 600Rb SdhTrmsk PLN+PDAM Hub.085391289828

200000042432

RUMAH DIKONTRAKKAN /

KOSTDikont Rmh Beserta Isinya Komp PondokMetro Indah Blok G No5 K.Tangi Hrg NegoHub 0811513739

200000042438

Trm kos kary.AC,Non AC,Parkir dlm pgr jls.adam komp H Andir Beringin II No27Tlp(087814614447/6175880

200000042736

Dikont.Rmh 2KT,1KM,Tkt.2 Jl.Perdagangan Komp.Griya Perkasa No.8 T.60.082133086839/085725804769

200000042768

Dikont Rmh Jl.Sutoyo.S Komp PondokIndah Blok 3 No27 Rt40 Hub085249611949 TP,No sms

200000042777

Kost putri/pasutri A.Yani Km.8 RinaKarya,Aster 13,AC/Non AC,lmri,sprgbed,dispc. 081349519284/7520886

200000042834

Kost2an Cendana 2D Terima Kost Putri/keluarga 1 Kmr bs 2/3 orang fas Kmr KasurBusa, lemari pakaian Hub 7111168,08567111168

200000041780A

TANAH DIJUALDjl Tnh Jl.Belitung Drt Bjm Uk20X54m,Akses Msk ±25m Mbl Bs Msk SHM HrgNego 081953341163/085251700777

200000040492

Djl Cepat Tanah Pinggir Jalan Raya TolLingkar Utara Uk.51x27 Hub.081251102541

200000040904

Djl Tnh Sdh Ada Pgr Belakang BetonUk.13X23 Komp Bunyamin Ray 9 A,YaniKm 5,7 Hub 085347123716

200000041186

Tlh dbuka tnh kavling di Semangat DalamHandil Bakti uk.10 x 23. Hrg 9jt kontan.Hub.081351799365

200000041357

Djl Tnh SHM L=6199m²,PematangPanjang Km 7,7 Gambut TP Hrg 350jt Hub085551500222/081251703222

200000041405

Jual tnh 79 x 200 SHM Jl.Tanggul mukapabrik air Amsil, Bati2 Kec.Nusa Indah.Hub.0511-7228118 hrg 40rb/mtr

200000041944

Tnh uk.13x20,5m2 Jl.Darma Praja 7Sebrang Perm.BPKP hrg.nego.085246386666,SHM Tanpa Perantara)

200000042104

Tnh 20x31m SHM +/-200m dr Trikoralok.pggr Jl.Pandawa Raya (Hook)samp.Komp.Pandawa. 085248143000

200000042126

Dj l Tnh Ksg L.300m² SHM 2113Lok.J l .Harmoni Komp.Bumi RayaPermai I Rt3 Pkprn Ry Bjm Pnmt082153523428

200000042394

Djl Tnh SHM 2,6Ha Lok Ccok U/Industri&Pergudangan 3,8Km PelabuhanTrisakti TP Hub 081349359305

200000042664

Djl Tnh Uk 10X22,5m Jl.Kayu Tangi II JlrII Blok V Hub 0811511547/0511-7345168/081348345748

200000042754

Djl Tnh Jl.Griyatama Blok IVUk20X19=380M hUB 0811511547/0511-7345168/081348345748

200000042756

RUANG USAHA

JUAL R.USAHADjual Ruko 3 Lantai Di Ky.Tangi Hub.0511-7123504/08164531312

200000041478

SEWA R.USAHAMateri:Dikont Ruko 3Lt Jl.P.Antasari DpnSentra Antasari(Psr.Hanyar)TP Hub.082150056157/081385019909

200000042832

RUPA-RUPA

LAIN - LAINIndstri Meubel Sekolah Mulya MandiriMnrm Psn:TK,SD,SMP,SMA/Kantor&RTHub.081349502253/05117336454

200000041588

Bergabunglah Dgn Networking Centre/Mobile Stock Produk Gh Colostrum MadeIn New Zeland (asli) 081351667242

200000041679

BANJARBARU

KOMPUTER

PRINTER&SCANNERJual Beli Catridge&Toner Siap PakaiBergaransi Hrg Promo Merk Rudi PrintB.Licin081250117122 Bjm7167412

200000041863

LOWONGAN KERJA

LAIN-LAIN

LOWONGAN KERJA

LAIN-LAINSgr prshn air minum dlm kemasan mcrkepala pabrik (min.S1,brpglmn), Supervi-sor (min.S1 Biologi), Sopir (py SIM B2min.SMA), Plks Prod, Sales, Plks muat brg(min.SMA), ADM (min.SMA bs Komp).Krm ke Jl.A.Yani Km 28 Gg Kuranji GtManggis Gt.Payung Bjb.

200000040500

Dbthkn sgr Marketing Eksekutif dana tunai,obil mmliki motor & SIM C.Hub.085341842067

200000041727

Dbthkn sgr llsn S1,D3 utk Kepala CabangStaf ADM,Staf Keuangan Publik Relation.Hub.Ibu Eti 081314140199/4784322

200000042134

Dcr.minimal lulusan SMA,D3,S1 utkmenjadi Guru TK dan ada Pelatihan.(0511)7652903/4784322

200000042206

Dcr Salesman (min.D3), Adm(min.D3),Driver (min.SMA) perushpestisida. Krm lmrn ke CV.Intiga harapanJl.Mr.Cokrokusumo Sei Besar Bjb05114787302

200000042831

MOBIL DIJUAL

HONDAOvr krdt Honda Jazz kuning gading,VitecMatic ’05 hrg.43jt nego. 3,788x30 bln.0821530189

200000042632

MBL/MTR SEWARent car “Riyadh” Alphard/Vellf ire2011,Avanza baru,Innova jazz hr-an/mgg-an/blnn 087816018205-05116893556

200000040200

WILDAN RENTAL CAR: Triton L-200,Innova,Jazz,Avanza,dll. 7556221/081351700756-081348716449 Mtp-Bjb

200000040617

IDAMAN RENTAL BJB,mlyni sewa mbljam2an,hr-an,blnn,dropping,antr jmptBandara. 7336428/0811507287/085347321790

200000042201

PENDIDIKAN

KURSUSAirl ines Business Carier membukapendaftaran bagi lulusan SMU/SMK,D3,S1 utk di Training sbg CrewMaskapai Penerbangan Bagian Staf Air-lines & Ticketing lsg magang kerja diBandara. Hub.Jl.Kebun Karet No.20Loktabat (dpn POM Bensin Loktabat)(0511) 7652903/4784322

200000042132

Terima kursus privat TOEFL utk instansi& perguruan t inggi,krywn dosen,mahasiswa,umum 085248359187

200000042817

PROPERTI

RUMAH DIJUALAkn sgr dibgn 7 unit rmh siap huni T.36fas:smr,PLN Jl.Sapta Marga Gt.Payung100jt.7378499/082270478999

200000042317

4 unit rmh siap huni T.36 fas:smr,PLN BlkgKomp.Mawar Asri 110jt.7378499/082270478999

200000042319

2 bh rmh SHM Jl.Pintu Air (pggr jln) bsbuat ruko/usaha hrg.750jt (nego).7155095/085348826300

200000042463

RMH BR&BRKWLTAS T.100 PerumNirwana Permai Lok.PNGGIR Jl.Bhayangkara(Samp Ktr BKN Reg.VIII/SblmSPN)Dkt Kmps UNLAM BJB Fas KmplitSiap Tnggl BS KPR Hub.08125064537/7409527

200000042510

Djl 2Unt Rmh Diatas 2Bdg Tnh Uk.Tnh22,5x15m Blkg Asrma Haji Km29 L.UlinBjb Brmnt Hub.081348231593

200000042563

Rmh T.52 Lt.294m2 pss Hook Komp.CitraPersada Asri Sei.Besar hrg.310jt nego.087814868515

200000042623

RUMAH DIKONTRAKKAN /

KOSTDswkn Rmh 2KT,Grs 2 mbl,pgr Canopy12jt/th Jl.Sapta Marga A.Yani Km.30.085298047214

200000042615

TANAH DIJUALCpt tnh Jl.Simp.Trikora 20x20m (SHM)200rb/m (nego) samp.GOR RudyResnawan Blkg Ktr Inspektorat Bjb082156047850

200000042208

TANAH DIJUALDjl tnh Lt.17x100 Lok.Jl.Gotong Royong IISHM hrg 175rb/m nego. 08125183359/05114780103/081348136112

200000041655

Akn sgr dibk tnh kav.Jl.Saledri hny.30kav.hrg.kontn 10jt bs diccl.7378499/082270478999

200000042321

Djl.tnh Lt.1300m2 lokasi tanah diBanjarbaru hrg.nego. 087816054029

200000042619

Djl Tnh Kav(Tnpa Uang Muka,GrtsSporadik&Ptk Bton)Guntung ManggisL.Anggang SIMP.TIGA BENTOK BATI2Uk.12x17m Hrg Mulai 5,5Jt/Kav AngsranMulai 240Rb Hub.CV.Mecca-TamaJl.Jurusan Pelaihari Km23,5 L.AnggangBjb Tlp.085393820001/085386500083/05117149784

200000042640

B ANUA A N AM

PENDIDIKAN

KURSUSDibuka privat class Muaythai/Thai KickBoxing, Brazilia Jiujitsu (Bjj) & Escrimasingle/double stick di Kab.Tabalong.Hub.08125022571/fb Mixed Martial ArtTabalong

200000042341

TOUR & TRAVEL

HOTEL /PENGINAPGuest House Mecca fas.hotel,air panas,shower,AC,TV LCD, 16 kmr tidur,ruangrapat, cafetaria Jl.Brigjend.H.Hasan BasriRantau 0517-5574707/087814588707

200000040189

MAR TAPURA

PROPERTI

TANAH DIJUALTanah Jl.Martapura Lama SungaiTabuk,Pnggr Jln Ry Uk L61m,P225m,Hub085250110718 Hasbianto Hrg Neg

200000042646

D AER AH LA IN

KESHATAN/KECANTIKANOBAT

OBAT TELAT BULAN produk import 7 jamdjmn lancar, LUAR KOTA DIPAKAIBERHASIL BARU DILUNASI,Hub.Apt.Sari Farma Jl.Ampera 77Pontianak HP.081234167771

200000042345

Page 29: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

29Banjarmasin PostTambun BungaiJUMAT 29 JUNI 2012

Peristiwa Kamis (28/6)dinihari itu, merupakan kalikedua dalam sepekan terak-hir. Sebelumnya, Rabu (20/6),43 buah bangunan di kawasanPasar Beringin, Buntok, ter-bakar dengan total kerugianmencapai miliaran rupiah.

“Kali ini api lebih besardibanding kebakaran di seki-tar Pasar Beringin. Bangunanyang hangus juga lebih ban-yak,” tutur Adi, warga Bun-tok, kemarin.

Api berkobar sekitar pukul01.30 WIB. Diduga, berasaldari sebuah barak di tepi Su-ngai Tabuk RT 13, KelurahanBuntok Kota, Kecamatan Du-sun Selatan.

Kondisi bangunan yangsebagian besar terbuat darikayu, membuat api leluasamembakar. Selain rumah ting-gal, sejumlah toko dan tempatusaha juga hangus.

Selain di Jalan Veteran, se-jumlah rumah di Jalan Mer-deka Raya tak luput sambaransi jago merah. Kawasan inilokasinya hanya sekitar 200meter dari kebakaran yangterjadi sepekan lalu.

115 BangunanHangus

Dalam Sepekan Dua Kebakaran Besar Landa Buntok

PALANGKARYA, BPOST - Jago merah kembali mengamuk diBuntok, ibu kota Kabupaten Barito Selatan. Dalam waktu 1,5 jam,api membuat ratusan jiwa yang berada di Jalan Veteran dan MerdekaRaya, kehilangan tempat tinggal.

“Sebanyak 72 buah bangu-nan dilaporkan terbakar dan140 jiwa kehilangan tempattinggal. Perinciannya, 27 ru-mah, satu toko, 46 pintu ba-rak,” tutur Ketua RT 13 RW 2Buntok Kota, Oramahi.

Kapolres Barito Selatan,AKBP Djati Wiyoto Abdhy,tidak berhasil dikonfirmasi.Beberapa kali dihubungi,ponselnya tidak aktif. Namunlokasi barak yang diduga asal

mula api muncul dikabarkansudah dipasang garis polisioleh petugas

Kabid Humas Polda Kal-teng, AKBP Pambudi Rahayu,menyatakan pihaknya masihmelakukan penyelidikan ataskejadian tersebut. Penam-pakan

Kebakaran di Buntok mem-buat warga khawatir. Apalagisetelah api menghanguskan43 bangunan di Pasar Beringin,Rabu (20/6) lalu, sempat be-redar foto unik yang dijepretsaat kejadian.

Saat api membesar sekitarpukul 03.30 WIB, sejumlahwarga yang mengabadikanperistiwa itu melalui kameraponsel, justru mendapati foto‘penampakan’, bentuknyamenyerupai tengkorak ma-nusia.

“Ada beberapa penampa-kan yang terlihat dalam foto-foto yang diambil warga. Pe-nampakan itu ada yang ben-tuknya seperti tengkorak ma-nusia, manusia berkaki satu,serta penampakan-penam-pakan aneh lainnya,” tuturSuradi, warga Buntok. (ami)

ADIWarga Buntok

“Kali ini apilebih besardibanding

kebakaran diPasar

Beringin.Bangunan

yang hangusjuga lebihbanyak” PALANGKARAYA, BPOST -

Sejumlah warga Palangka-raya, Kalimantan Tengah, te-rutama para pedagang pasarsubuh terpaksa mengguna-kan masker. Pasalnya, pagihari kabut asap menebal se-hingga bisa mengganggu ke-sehatan.

Kabut asap di Palangka-raya terlihat mulai menipisketika matahari mulai munculdi ufuk timur yang disertaidengan adanya tiupan anginsekitar pukul 07.00 WIB.

Bahkan pantauan, Kamis(28/6) pagi, kabut asap yangmenyelimuti Palangkarayamulai menyebarkan baumenyengat menyesakkandada.

“Saya tidak kuat menghi-rup asap, sehingga pagi haritidak berani keluar rumah,

BANJARMASIN POST GROUP/FATURAHMAN

DISAPUT KABUT - Jalan-jalan di Kota Palangkaraya disaput kabut asap, Kamis (28/6). Beberapa hari terakhir, kabut asap semakin tebal diPalangkaraya, khususnya pagi hari. Warga pun terpaksa menggunakan masker menghindari serangan inpeksi saluran penapasan akut (ISPA).

Warga Mulai Gunakan Masker Pagi, Kabut Tebal Saput Palangkaraya

takut asma,” kata Wawan,warga Jalan Sapan, Palang-karaya.

Wawan khawatir bencanakabut asap tebal yang terjadi2006 terulang. Saat itu bahkandirinya terpaksa mengungsike luar Kalteng lantaran takkuat terhirup asap.

Pemko Palangkaraya 2012ini menganggarkan danamencapai Rp 900 juta untukpenanggulangan kebakaranlahan selama kemarau. Pem-ko juga membentuk tim pe-nanggulangan kebakaran la-han tersebut.

Kepala Upt Pemadam Ke-bakaran Pemko Palangka-raya, Wawan Berlison, me-ngatakan pihaknya tetap sia-ga dalam upaya penanggula-ngan kebakaran lahan ter-sebut. “Sesuai keputusan tim

penanggulangan kebakaranlahan, pos pemadaman keba-karan lahan dipusatkan dikantor Pemadam kebakaran,”katanya.

Wali Kota Palangkaraya,HM Riban Satia, meminta se-mua camat dan lurah, hinggaketua RW serta RT peka me-mantau wilayahnya, dan me-laporkan kebakaran lahankepada tim penanggulangan.

Lahan GambutBadan Meteorologi Klima-

tologi dan Geofisika (BMKG)Stasiun Tjilik Riwut Palang-karaya, Kalimantan Tengah,memperkirakan musim ke-marau yang terjadi di kaltengpada 2012 tidak merata.

Namun, tetap berpotensiterjadinya kebakaran lahanterutama pada lahan gambutakibat suhu udara panas yang

terjadi dalam beberapa hariini ditambah mulai jarangnyaturun hujan di Bumi TambunBungai ini.

“Daerah selatan dan baratKalteng akan mengalami ke-marau paling awal sepertiKapuas, Pulangpisau, Kotim,Kobar, Seruyan dan Katingan.Selanjutnya terjadi di wilayahtimur, utara dan tengah di-perkirakan bulan depan. Ke-marau di Kalteng memangtidak merata. Untuk Palang-karaya saat ini memasukimasa transisi ke musim ke-marau,, diperkirakan awalJuli masuk kemarau,” paparKepala BMKG Kalteng, Hi-dayat.

Menurut dia, musim kema-rau tahun ini tetap akan di-iringi hujan meski dengan in-tensitas rendah. (tur)

KUALAKAPUAS, BPOST - Sampaikemarin harga gula pasir di tingkatpengecer atau pasar di Kualakapuas,Kabupaten Kapuas, Rp 16 ribu sampai Rp17 ribu per kilogram.

Agen gula di Kualakapuas tak beranimembeli dengan jumlah banyak, karenakhawatir harganya menjelang Ramadanmengalami penurunan. Akibatnya, stokgula pun menipis di Kapuas.

Kepala Dinas Perindagkop UMKMKabupaten Kapuas, Ir Agung LintarAlfian, melalui Kasi Bina Pasar dan

Yanti Terpaksa Kurangi Takaran

Distribusi, Ferdinan Junarko, Kamis (28/6), tak menampik menipisnya stok guladi beberapa agen.

Dikatakannya, dari pengecekan dipasar, harga gula saat ini mencapai Rp 16ribu per kilogram.

Disebutkannya, harga gula pasir diPalangkaraya sudah mencapai Rp 17.500per kilogram. “Dalam hukum ekonomikalau barang yang dicari tidak ada, makaharganya akan naik,” kata Ferdinan.Rencananya, sebut dia, DisperindagkopKapuas pada Agustus mengadakan pasar

murah dengan menjual gula dan minyakgoreng. Setelah itu dilakukan operasi pasar.

Yanti, seorang pedagang minuman,seperti teh dan kopi di kawasan JalanTrans Kalimantan, Sei Beras, KecamatanSelat, mengaku sedikit binggung.

Itu dikarenakan harga gula yangselalu naik. Padahal dirinya menjualminuman dengan harga tetap. Kalauharganya ikut naik, maka pelanggannyaakan berpindah ke warung lain. “Carasatu-satunya menguranggi takarangulanya dalam satu gelas,” ucapnya. (jd)

Persediaan Gula di Agen Menipis

2906/B29

BASUKI ASTRA: 085251325558/PIN BB 26094167SAIPUL ASTRA : 082152744554

NEW XENIA Angs 2jtn / DP 20%bns GPS, srng jok, karpet dsr,kc filmHarga Nego V.41870-18/7

GRANMAX PU DP15jtan +cashback angsrn 2jtanHarga Nego V.41870-18/7

HONDA All New CR-V Th2012

V.42060-20/7

HONDA All New ODYSSEY

READY STOCK V.42060-20/7

ANDRE HONDA : 0511-7596578/081349058968

Paket Mitsubishi L300 Pick Up*DP 20jt-an Hub085251306362.Harga Nego V.40950-6/7

Unit terbatas Mitsubishi Truk *DP50jtan/Bunga 0% Hub.085251306362Harga Nego V.40829-5/7

MITSUBISHI

BANJARMASIN

Ready Stock Mega Carry PU &Splash Hub 081256363969DP RINGAN V.40397-30/6

MITHA : 081348002489 / YEYEN : 082154176789IMA : 081348574617

NEW XENIA DP 20jtan / angsrn 2jtAC Dbl Voc 500rb bw guntingan iklan ini

V.41226-10/7

GRANMAX PU DP 10JT + cashbackangsuran Voc 500rb bw guntingan iklan ini

V.41226-10/7

KEPUASAN ANDA SAYA UTAMAKANSUKMA FORD : 0821 5463 5009

Indent segera ... The All NewRANGER

V.40976-6/7

Miliki segera ... The All New FIESTA

V.40976-6/7

FARID : 082159641997 / 085387635000KUSAIRI : 081331865065 / 085951162611

MARCH 152,1jt Diskon Besar.Angs mulai 2 jtan

V.41067-7/7

Evalia harga mulai 154jt s/d 194jtBisa pesan Sekarang

V.41067-7/7

NISSAN

SUZUKI

NISSAN BILLY : 081348590008/085754833888DUDY : 081230300999/PIN BB 324E4D13

NISSAN JUKE ready stock, diskon+ VKool

V.41130-8/7

NISSAN EVALIA, mobil keluargaterbaru, pesan segeraHrg mulai 154jtan V.41130-8/7

Rmh br T.90 dstnya Jl.Pramuka Pembina3 pgr+Cnpy bs KPR. 7556346/7074298.Harga Nego V.42288-22/7 (Hamdan)

Br T.60 dstnya Jl.Cemara Ujung K. Tangipgr+Cnpy bs KPR. 7556346/085284898867Harga Nego V.42294-22/7 (Hamdan)

Rmh br T.79 dstnya Jl.Pramuka Pembina3 pgr+Cnpy bs KPR. 7556346/7074298Harga Nego V.42290-22/7 (Hamdan)

Rmh br T.73 dstnya Jl.Pramuka Pembina3 pgr+Cnpy bs KPR. 7556346 / 7074298Harga Nego V.42285-22/7 (Hamdan)

Rmh br T60 Jl Ky Tangi Meranti 3Komp Madinah Hub081348656055Hrg 300jt Nego V.000-3/7 (Ari)

HUB BUNGA082158999089 / 05117381888

Diskon Besar2an bonus sarungjok, karpet dasar & kaca film

V.42776-28/7

DP Minim, Diskon besar, Proses1x24 jam, Bonus 1x angsuran

V.42776-28/7

NISSAN BANJARMASINRUDI : 082153777570 / 0511 - 6286639

Grand Livina OTR171jt, DP Angs rgnBns, Disk bsr, Bunga murah djmn puas

V.42752-28/7

MARCH, DP Angs rgn Bns Diskbsr, Bunga murah djmn puas

V.42752-28/7

Page 30: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

Tema minggu depan: Kalsel Tidak Ada Jatah CPNS 2012SAMPAIKAN komentar Anda maksimal 500 karakter secara santun ke [email protected], disertai salinan kartu identitas diri danfoto (mohon jangan pasfoto). Komentar terbaik untuk tiap minggunya, mendapat kenang-kenangan manis dari BPost. Jadi, saatnya Anda bicarademi kebaikan bersama.

30Banjarmasin Post Mimbar Opini

JUMAT 29 JUNI 2012

TAJUK

M

Sekolah Baru, Mahal Belum Tentu Berkualitas

Tulisan Opini bisa dikirim ke email: [email protected] (Maksimal 5.000 karakter tanpa spasi). Sertakan nama, alamat lengkap, nomor telepon,nomor rekening dan fotokopi (KTP). Opini yang terbit akan kami berikan imbalan ke nomor rekening penulis. Terima kasih.

Artikel yang masuk batas waktu pemuatannya maksimal dua minggu.

Pemimpin Perusahaan:A Wahyu Indriyanta

General Manager Percetakan: A Wahyu IndriyantaPj Asisten General Manager Percetakan : SuharyantoWakil PP (Bidang Humas dan Promosi): M Fachmy Noor

Pj Asisten Manajer Iklan : Helda Annatasia (08115803012)Manajer Sirkulasi : Fahmi Setiadi - Riadi (08115003012)

Alamat: Gedung HJ Djok Mentaya, Jl AS Musyaffa No 16Banjarmasin 70111, Telepon (0511) 3354370

Fax 4366123, 3353266, 3366303Bagian Redaksi: Ext 402-405 ; Bagian Iklan: Ext. 113, 114

Bagian Sirkulasi: Ext. 116, 117Pengaduan Langganan: 08115000117 (0511) 3352050

Biro Jakarta-Persda: Redaksi, Jl Pal Merah Selatan No 12Lantai II Jakarta 10270, Telp (021) 5483008, 5480888 dan

5490666 Fax (021) 5495358Perwakilan Surabaya: Jl Raya Jemursari 64 Surabaya, Telp

(031) 8471096/ 843428, Fax (031) 8471163Biro Banjarbaru: Jl Wijaya Kusuma No 11 Telp (0511)

4780356, Biro Palangka Raya: Jl Tjilik Riwut Km.2,5 PalangkaRaya, Telp (0536) 3242361

Tarif Iklan:Display Umum: Hitam Putih (BW): Rp 22.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 45.000/mmkDisplay Halaman 1: Hitam Putih (BW): Rp 45.000/mmk

Berwarna (FC): Rp 90.000/mmkIklan kolom/Duka Cita: Hitam Putih (BW):

Rp 15.000/mmk Berwarna (FC): Rp 30.000/mmkIklan Kuping: (FC) Rp 100.000/mmk

Iklan Baris: (FC) Rp 20.000/baris:(BW): Rp 15.000/baris

Iklan Satu Kolom : (FC)Rp 30.000/mmk, (BW):Rp15.000/mmk

Catatan: Harga belum termasuk PPN 10%.Harga Langganan: Rp 75.000/bln

Percetakan: PT Grafika Wangi KalimantanAlamat: Lianganggang Km 21 Landasan Ulin Selatan

Banjarbaru Telepon (0511) 4705900-01

Isi di luar tanggung jawab percetakanSetiap artikel/tulisan/foto atau materi apa pun yang telah dimuat di

harian “Banjarmasin Post” dapat diumumkan/dialihwujudkankembali dalam format digital maupun nondigital yang tetap

merupakan bagian dari harian “Banjarmasin Post”.

Penerbit : PT Grafika Wangi KalimantanSIUPP : SK Menpen No. 004/SK MENPEN/

SIUPP/A.7/1985 tgl 24 Oktober 1985Sejak Tanggal : 2 Agustus 1971Direktur Utama : Herman Darmo

Pemimpin Umum : HG Rusdi Effendi AR Pendiri : Drs H J Djok Mentaya (1939-1994)

Drs H Yustan Aziddin (1933-1995)HG Rusdi Effendi AR

Pemimpin Redaksi: Yusran PareWakil: Harry Prihanto

Redaktur Pelaksana: Dwie SudarlanPjs Manajer Peliputan: Elpianur Achmad

Pjs Asisten Manajer Peliputan :R Hari Tri Widodo

Manajer Produksi: M TaufikRedaktur Eksekutif: Muhammad Yamani

(Banjarmasin Post), Mulyadi Danu Saputra (MetroBanjar), Irhamsyah Safari (Serambi UmmaH),

Ribut Rahardjo (Online/Radio).Manajer Redaksi: Irhamsyah Safari

Wakil: Agus Rumpoko

Redaktur: Sigit Rahmawan A, Umi Sriwahyuni,Syamsuddin, Alpri Widianjono, Kamardi, Mahmud M

Siregar, Aya Sugianto, Sofyar Redhani, M RoyanNaimi, Siti Hamsiah. Asisten:Eka Dinayanti,

Murhan, Anjar Wulandari, Aries Mardiono,Ernawati,Idda Royani.

Staf Redaksi: Sudarti (Repoter Senior), Hanani,Burhani Yunus, AM Ramadhani, Halmien Thaha,

Syaiful Anwar, Mohammad Choiruman, AnitaKusuma Wardhani, Syaiful Akhyar, Khairil Rahim,

Ibrahim Ashabirin, Eko Sutriyanto, Sutransyah,Faturahman, Irfani Rahman, Jumadi, Edi Nugroho,

Budi Arif RH, Doni Usman, Mustain Khaitami(Kabiro), Hari Widodo, Ratino, M Risman Noor,Salmah, George Edward Pah, Rahmawandi, MHasby Suhaily, Helriansyah, Didik Triomarsidi

(Kabiro), Nia Kurniawan, Mukhtar Wahid, RendyNicko Ramandha, Restudia, Yayu Fathilal, Aprianto,

Frans, Nurholis Huda.Fotografer: Donny Sophandi, Kaspul Anwar.

Tim Pracetak: Syuhada Rakhmani (Kepala), MSyahyuni, Aminuddin Yunus, Syaiful Bahri, Edi

Susanto, Sri Martini, Kiki Amelia, Rahmadi, IbnuZulkarnain, Achmad Sabirin, Rahmadhani, Ahmad

Radian, M Trino Rizkiannoor.

Design grafis/illustrator: Ivanda Ramadhani.

Biro Jakarta: Febby Mahendra Putra (Kepala),Domuara Ambarita, Murdjani, Antonius Bramantoro, Budi

Prasetyo, Fikar W Eda, FX Ismanto, JohsonSimandjuntak, Rahmat Hidayat, Yulis Sulistyawan,

Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Sugiyarto

WARTAWAN “BANJARMASIN POST GROUP” SELALU DIBEKALITANDA PENGENAL DAN TIDAK

DIPERKENANKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARINARASUMBER.

Homepage: http//www.banjarmasinpost.co.id e-mail : [email protected]

Banjarmasin Post Group

Oleh H Zulfakar Ali LcPengurus Forsilam Kalsel

Libur telah tiba, tapi tidakbagi mereka yang baru lulusdari kelas akhir baik SD, SMP,atua SMA. mereka disibukkandan dibingungkan untuk me-milih sekolah lanjutan.

Banyak sekolah yang me-nawarkan dengan keunggu-lan masing-masing yang da-pat menjadikan alumni yangberkualitas namun denganbiaya yang tidak sedikit. Ten-tunya sekolah tersebut dam-baan bagi mereka untuk men-jadi lebih baik, namun “biaya”adalah kendala klasik bagisebagian orang untuk bisamelanjutkan sekolah apalagi

DI era globalisasi sepertisekarang pendidikan sangatpenting. Dibangun sekolahnegeri, swasta, dan yayasanhingga bertarafinternasional untukmenunjang proses pen-didikan.

Tidak jarang orangtua

Anak Harus Jadi Tokoh Utama

Ada Kemauan Ada Jalan

RONIANSYAHAlumni PMTK IAIN Antasari

ke sekolah favorit.Berkaca dari sebuah film

atau novel Laskar Pelangi, yangmenceritakan kegigihan a-nak-anak yang tergolong ku-rang bahkan tidak mampuuntuk belajar. Dengan ke-gigihan dan guru yang ikhlasmendidik mereka dapat ber-prestasi dan dapat menga-lahkan sekolah favorit yangada di daerah tersebut.

Mereka dapat menjadi jua-ra dalam lomba kreativitas 17Agustus antarsekolah dengantari tradisonal dan aksesorisdari dedaunan buatan sendiri,selain itu juga dengan modal

bacaan buku sekolah dan ko-ran bekas si “Lintang” dapatmengalahkan sekolah favorittersebut dalam lomba cerdascermat.

Bagi kita yang tidak bisaduduk di sekolah favorit atausekolah ternama, jangan ber-kecil hati. Kita bisa lebih baikdengan segala sesuatu yangkita miliki dan yang ada disekitar kita yang kita man-faatkan untuk menjadikankita lebih baik.

Tidak ada yang tidak mu-ngkin dan tidak bisa, bila kitamau pasti ada jalan. There is awant there is a way.

ANNISAA NOORHAYATIMahasiswi Jurusan Matematika

IAIN Antasari Banjarmasin

mendaftarkan anak kesekolah yang terjaminmutunya, sekolahberkualitas, bergengsibahkan terfavorit sekalipunbiaya mahal.

Padahal sekolah yangberkualitas tidak harusmahal. Sekolah dapatdikatakan berkualitasapabila didukung olehkurikulum, program,sarana dan fasilitas, serta

guru yang diprogramkanpemerintah.

Namun, anak harusmenjadi tokoh utama.Sebab sang anak yangmelakoni perannya sebagaipelajar. Faktor-faktor yangmempengaruhi belajarsang anak harus di-perhatikan. Seperti intele-gensi, sikap (kemampuankognitif), minat, motivasi,bakat, dan latar belakang

apersatif yang tepat. Selainitu juga pendekatan belajardiaplikasikan terhadap anakuntuk mempengaruhi tarafkeberhasilan prosespembelajaran.

Jadi, orangtua haruslebih cermat memilihsekolah yang sesuai dengankeinginan sang anak danmengefisiensi pengeluaranbiaya untuk pendidikansang anak yang bermutu.

Pengawasnya Harus Tahan Banting

Ke Mana Anda Salat

enurut riwayat ituhanya orangyang berimanyang dapat me-lakukannya. Jikam e n d a p a t k a n

nikmat (kesenangan) ia ber-syukur. Maka sikap itu men-jadi kebaikan untuknya. Danapabila ditimpa kesusahan, iabersabar. Maka sikap itumembawa kebaikan untuk-nya.

Membaca riwayat haditsini, penulis teringat dengansebuah pengalaman pribadi.Di saat lemah dan terpurukdalam masalah hidup yangmenggunung, saya pernahcurhat dengan seorang temanwarga Negara Al Jazair yangbernama Muhammad MahdiJaaballah. Dengan detail sayamenceritakan masalah yangsedang dihadapi, mulai darisoal keuangan, keluarga sam-pai kepada masalah kuliahdengan segala problemnya.

Percakapan antara penulisdan seorang teman itu terjadisekitar tahun 2003 di atassebuah bus umum, dalam per-jalanan pulang ke rumah ma-sing-masing setelah konsultasidengan dosen pembimbing.Penuh semangat saya ber-cerita, dengan harapan ba-rangkali ia dapat memberikansolusi yang saya harapkan.Kisah demi kisah diceritakanbersamaan dengan lajunyabus menelusuri jalan KotaMesir yang padat.

Ketika hampir sampai kesalah satu halte dimana kamiharus berpisah, melanjutkantujuan pulang ke rumah ma-sing-masing, temanku itumenitipkan sebuah pesanyang pada mulanya, akukecewa dengan solusi yangbegitu gampang diucapkannamun hanya orang-orangtangguh yang dapat mela-kukannya.

Seakan tanpa beban diaberkata kepadaku, “Ushbur yaakhi” (bersabarlah wahai sau-daraku).

Aku memang kesal dankecewa pertama kali men-dengar pesan singkat itu. Saatitu hatiku berkata, “Kamu sihenak aja mengucapkan “sabarwahai saudaraku”, sebabkamu tidak mengalami apa

BANJARMASIN TIMURAt TaqwaA Yani Km 3,5HM Zainul ErfanAr RaudhahRatu ZalehaHM Zuhri MahfuzDarul ArqamKH DewantaraSulaimanBaiturrahimA Yani Km 3,5H Hasan BasriAl MubarakahPekapuran RayaH Ahmad Sun’aniAl AminBanua AnyarHA Nida LukmanTaufiqurrahmanSungai BiluAhmad Sun’aniMisbahul Mu’mininKeramat RayaH Syaiful AnshariSyafa’ahKuripanH Materan SalmanDa’watul KhairBanua AnyarHM SyahranNurul IbadahMahat KasanH Abu Bakar KabiAt TaubahA Yani IIHM Ali Al HamidiDarul Lu-luTanjung MayaBushairi AhmadAl AmanahBina BrataH Nuzulul KhairAl KaramahPengambanganH SyakraniNurul FataPekapuran RayaH Abul HasanAsh ShabirinKomp Satelit PermaiNoor AsyikinAl MukhlisinMangga IIIAhmad NorAl MunawwarahKeramat RayaH Raza RahmanArafahDharma PrajaJalaluddin

BANJARMASIN BARATHidayatut ThalibinDahliaHabib Ali Al KaffJamiTeluk TiramH Haderawi

Fathul JannahSepakat Teluk TiramH Ahmad JuhdiAdz DzakirinTeluk Tiram LautH Umransyah AliAhmad DahlanS ParmanIlham Msykuri HamdiAl MujahidinBelitung DaratReza FahleviYKS SentosaBelitung DaratSarmiji AsriAl AshriJafri ZamzamIsman SyarifNuruz ZakirinBandarmasihSuriansyahIhya IlumuddinPembangunan IJohansyahSyamsu wal QamarBelitung DaratH KhairaniBaiturrahmanBelitung DaratH RomiansyahAr RidhaYos SudarsoH HuzairinBabut TaqwaLP Teluk DalamH SarbaniMiftahurrahmanKomp Ar RahmanH SyarkawiAl HijrahPurna SaktiH Artoni Jurna

BANJARMASIN TENGAHSabilal MuhtadinSudirmanH Abdullah CholilAsy SyifaA Yani Km 2Zainal Abidin TAl MisbahSungai BaruH IderisSyazaliSeberang MasjidH Maswan MTRaudhatul JannahKampung MelayuHA Kadir SyukurAl MuhtadinS ParmanHM HusainiAl JihadCempaka BesarHusaini SahlanAl MusamahahHaryono MTHA Azizi NazarAl Anshar

Cempaka BesarH Sa’adillahDarul Mu’mininRawasari UjungHM hsuni TamberinNahdatus SalamCempaka RayaH Hilman JuhriAl-HijrahKomp TirtasariH Ahmad KhusyairiAl KhairatBatu BenawaH Mas’udiMiftahul IhsanP AntasariH Ibrahim HasaniJamiSoetoyoH Fahmi HamdiJami PelajarMandianginHM Arif Nur FauziAl IhsanSeberang MasjidH Mukhlis ASMiftahul JannahSudirmanAbdul Hady

BANJARMASIN UTARAIstiqamahCemara RayaHM RifaniMuhammadiyahSungai Miai DalamH Tabrani BasriDarussalamPondok KelapaHA Hamid ErmanAt TanwirSultan AdamH Tamjid NoorDarul HikmahCemara RayaH Gazali AbbasQaryah ThayyibahKomp HKSN PermaiH Sofyan HanafiAs SajadahJahri SalehHM Kafandi FadholiAr RahimKayu TangiH Makmur GhaniIqraHassan BasryHM Kafandi FadholiNurul IshlahMandiri IVH Rustam NawawiAl IkhlasSimpang GustiDody ShihabAl YaqinSungai JingahArbain YusranAr RaudhahKomp Andai Persada

FahruzzainiImaduddinAlalak SelatanH Mushaffa ZakirAr RahmahSungai AndaiHM FauziAl MuttaqinSultan AdamH KhairullahAl MuhajirinHKSN Kuin UtaraH Karyono Ibnu ASultan SuriansyahKuin UtaraHM Mubarok

BANJARMASIN SELATANMuhammadiyahKelayan BH Ridhani FidziHusnul KhatimahTatah BangkalSam’aniAl MukarramMuningH Hamzah MansurByna TaqwaByna HarapanHidayatQamaruddinProna IH rajuddinIstiqamahKelayan BMahyuni ArsyadAs Sa’adahDarmawangsaH Mubin HasanNurul ImanProna IH Mahyuddin IsmailAn NoorBumi MasH Murjani SaniJamiPemurus DalamH Riduan SyahraniAl FaizunBeruntung JayaH Ilham HumaidiHayatul IbadahGerilyaTaufikurrahmanMiftahul Ma’arifKelayan AH MuslihAl AminKelayan DalamMuchdiansyahBaiturrahmanNakula XVISyamsuddin RamliNurul AmilinKelayan KecilH Abdun NorAl MubarakBina KaryaDaud Maulana

RENCANApenandatangan nota kesepakatandan kesepahaman (MoU) antara BPH Migasdengan empat gubernur Kalimantan terkaitpengawasan distribusi bahan bakar minyak (BBM)jenis premium kembali tertunda, (Banjarmasin PostKamis, 28/6).Penundaan itu merupakan keduakalinya setelah sebelumnya rencana serupa 20Juni lalu. Pertemuan serupa dijadwalkan bakalberlangsung pada 5 Juli 2012.

Batalnya penandatanganan MoU tersebut tentuberefek. Salah satunya keinginan gubernur-gunernur di Kalimantan yang ingin mendapatpenambahan kuota bahan bakar minyak, terpaksaharus bersabar.

Pasalnya, sebelum ada MoU itu, BPH Migastak akan mau menambah kuota bahan bakarminyak di Kalimantan. Soalnya, siapa yang akanmengawasi distribusi premium dan solar kalautidak ada yang mengawasi.

Jadi, hingga pekan depan, penambahan so-lar dan premiun tak akan dilakukan BPH Migas.Konsekwensinya, antrean truk, mobil dan sepedamotor dipastikan masih bakal berlangsung.

Konsekwesi lainnya bagi warga banua, pem-batasan pembelian bagi kendaraan roda dua danempat bakal, berdasar surat edaran gubernurKalsel, masih tetap diberlakukan di tiap stasiunpengisian bahan bakar umum (SPBU).

Pengawasan terhadap distribusi bahan bakarminyak memang harus dilakukan. Siapa yangmenjamin kalau tidak ada penyelewengan saatkuota ditambah. Saat ini, tanpa ditambah kuotasaja penyelewengan masih sering dilaporkanterjadi.

Kalau MoU sudah ditandatangani, petugaskeamanan dari kepolisian dan TNI bakal dilibat-kan untuk mengawasi distribusi bahan bakar min-yak. Tentu dilakukan sejak hulu, depo Pertamina,hingga hilis, pengguna kendaraan bermotor.

Apakah BPH Migas bakal yakin pengawasanakan berfungsi? Tentu mereka harus yakin kalau

aparat keamanan bisa bertindak tegas saatmengawasi distribusi bahan bakar minya diKalimantan.

Tentu keterlibatan aparat keamanan me-ngawasi distribusi bahan bakar minyak harusdibarengi komitmen para pimpinan mereka.Pasalnya, saat ini ada kesan aparat keamananyang dipercaya mengawasi SPBU-SPBU, khu-susnya dekat kawasan pertambangan, terkesantutup mata.

Rubrik layanan publik Banjarmasin Post sudahsering menerbitkan laporan warga yang memp-ertanyakan tindakan aparat keamanan terhadappara pelangsir, yang menyelewengkan bahanbakar subsidi ke perusahaan tambang.

Bahkan, ada dari mereka meminta agar kuotadi Kalsel tidak ditambah karena takut hal itu malahakan membuat kenyang para pengemplang bahanbakar minyak bersubsidi yang seharusnya untukrakyat.Saran agar warna bahan bakar bersubsididan nonsubsidi dibedakan warganya juga patutdipikirkan. Tujuannya untuk memudahkan penga-was memantau distribusi bahan bakar bersubsiditersebut agar tidak mudah diselewengkan.

Syarat lain tentu aparat yang ditunjuk sebagaipengawas adalah sosok tahan banting. Jangansampai godaan rupiah membuat mereka malahikut terlibat menyelewengkan bahan bakarbersubsidi.

Tentu komitmen para pimpinan aparat tersebutuntuk lebih tegas terhadap anak buahnya.Banyaknya laporan dugaan keterlibatan aparatturut menyelewengkan bahan bakar bersubsidi,jangan buru-buru dibantah.

Orang yang melapor tentu memiliki buktiyang membuat mereka curiga mata aparatkeamanan tertutup lembaran rupiah, karenamelihat aksi penyelewengan bahkan tidak jauhdari kantor aparat keamanan. Kearifanlah yangseharusnya dikedepankan untuk menyikapilaporan mereka. (*)

Sabar Tanpa BatasRaih Rida Ilahi

yang sekarang aku rasakan.”Lalu kekesalan itu aku tun-

jukan dengan ucapan iseng.“alaisa assabru mahduud?!”(bukankan sabar itu ada ba-tasnya)? Ungkapan yang se-ring aku dengar dari orang-orang di kampung halaman-ku ketika mereka memper-soalkan tentang sabar.

Aku tidak mengira jikacelotehanku itu membuattemanku sedikit marah. Tapidengan arif dia menyembun-yikan kemarahannya dan me-ngajak aku berfikir dengananalogi yang dia ucapkan ke-padaku.

“Apa kamu tidak membacafirman Allah SWT ayat 10 su-rah Az Zumar?” tegasnya ke-padaku. Yang dia maksud ada-lah firman Allah SWT:“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman,bertakwalah kepada Tu-hanmu”. Orang-orang yangberbuat baik di dunia inimemperoleh kebaikan danbumi Allah itu adalah luas.Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yangdicukupkan pahala merekatanpa batas.”

“Tidakkah kamu perha-tikan bahwa Allah SWT men-yediakan pahala yang tiadabatas untuk orang-orangyang bersabar?” tambahnya.

Lalu ia melanjutkan analogiyang ingin dia sampaikan ke-padaku, “Jika Allah SWTmenyediakan pahala untuk

orang-orang sabar itu tanpabatas, berarti sabar itu tidakada batasnya. Sebab jika sa-bar itu terbatas, maka ten-tunya Allah juga akan mem-batasi pahala dan balasan buatorang-orang yang bersabar.”

Mendengar uraiannyayang amat jelas, bagaikanbara api yang tersiram air,kekecewaan dan perasaanjengkel yang sempat mera-suki hatiku padam dan be-rubah menjadi sebuah pen-yesalan. Penyesalan yang ti-dak pernah aku lupakan. Bah-kan setiap kali aku melewatiayat tersebut, seakan per-cakapanku dengannya barusaja terjadi.

Sangat kuat kenangan ituterpatri dalam ingatanku.

Ternyata keliru orang yangmenganggap atau menga-takan bahwa kesabaran yangdiperintahkan Allah itu me-miliki batas. Tidak benar apayang selama ini aku yakini.Keyakinan yang aku dapatkandari kebiasaan orang-orangkampungku mengatakannya.

Yang pasti, Allah SWT tidakpernah membatasi kesabaran.Namun karena manusia ada-lah makhluk yang sangat le-mah dan tidak akan pernahsama, antara satu denganyang lain, sampai di mana bisabertahan untuk sabar.

Maka mungkin ada benar-nya jika dikatakan, Allah akanmemberikan pahala kepadaorang-orang yang sabar se-suai dengan sampai di manadia dapat bersabar. Dan se-makin dia tangguh dan ber-sabar, maka nilai pahala dariAllah pun semakin besar pula.Artinya, di sisi Allah kesa-baran itu tidak memiliki batas.Namun di sisi manusia, kesa-baran itu akan terbatas sesuaidengan kemampuan masing-masing. Semakin ia bersabarmaka semakin besar pahalayang disediakan Allah SWT.

Bahkan dengan besarnyacobaan yang dapat dilewatidengan sabar dan tabah, makasemakin tinggi kedudukanseseorang di sisi Allah. FirmanAllah SWT:

“Dan Sesungguhnya Kamibenar-benar akan mengujikamu agar Kami mengetahuiorang-orang yang berjihaddan bersabar di antara kamu,dan agar Kami menyatakan

(baik buruknya) hal ihwal-mu.” (QS. Muhammad: 31)

Firman lainnya dari AllahSWT:

“Dan sungguh akan Kamiberikan cobaan kepadamu,dengan sedikit ketakutan,kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. danberikanlah berita gembirakepada orang-orang yangsabar. (yaitu) orang-orangyang apabila ditimpa musi-bah, mereka mengucapkan:“Inna lillaahi wa innaa ilaihiraaji’uun” ( Artinya: Sesung-guhnya Kami adalah milikAllah dan kepada-Nya-lahKami kembali).

Kalimat ini dinamakan kali-mat istirjaa (pernyataan kem-bali kepada Allah). Disunatkanmenyebutnya waktu ditimpamarabahaya baik besar mau-pun kecil) mereka Itulahyang mendapat keberkatanyang sempurna dan rahmatdari Tuhan mereka dan me-reka itulah orang-orang yangmendapat petunjuk.” (QS. AlBaqarah: 155-157)

Semoga kita termasuk or-ang-orang yang senantiasamendapatkan pertolongandari Allah untuk dapat ber-sabar dalam melewati ujiandan tantangan hidup. Amienyaa rabbal ‘alamiin. (*)

Imam Muslim meriwayatkan sebuahhadits dari Abu Yahya Shuhaib ibn Sinan ra,Rasulullah bersabda, “Sangat mengagumkanorang yang beriman itu. Sesungguhnyasemua perkara yang dia hadapi menjadikebaikan untuknya”.

“Jika Allah SWTmenyediakanpahala untukorang-orang sabaritu tanpa batas,berarti sabar itutidak adabatasnya. Sebabjika sabar ituterbatas, makatentunya Allahjuga akanmembatasi pahaladan balasan buatorang-orang yangbersabar.”

Page 31: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

BERUBAH FUNGSI - Pos pengawasan LLAJ yang ada di sekitar Taman Idaman Banjarbaru, berubah fungsi sebagai tempat buang air kecilsehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap, Kamis (28/6).

PEMBACA setia BPost, silakan sampaikan keluhan, saran dan kritik Anda terhadap public service atau masalah pembangunan di Banua kita, secarasingkat, cerdas dan santun melalui SMS ke nomor (0511) 7445000 atau

0816215000. Caranya: Ketik HOT <spasi> (isi SMS Anda).

Mulai edisi Senin (23/5), nomor telepon pengirim dicantumkan secara utuhdemi akuntabilitas dan transparansi.

Layanan Publik 31Banjarmasin PostJUMAT 29 JUNI 2012

AsyikMain Game

BALANGAN - Yth bupati dan sekwan Kab Balangan. Tolongtegur kalau perlu beri sanksi PNS dan pegawai honor di sekwan,khususnya di bagian umum yang kerjaannya main game PSpada jam kantor, sementara pekerjaan yang menjadi tugasnyaterabaikan. Kalau itu terus terjadi, negara yang membayargaji mereka dengan uang rakyat sangat dirugikan.

(082156093436)

Tanggapan:Terima kasih atas perhatian dan atensinya. Kami akan menindak-

lanjuti dengan menegur dan memberikan arahan kepada PNS danpegawai honorer bersangkutan, serta terus melakukan pembinaanterhadap pegawai khususnya di lingkup sekretariat DPRD KabBalangan.

Drs M Hifni Effendi MAPSekretaris DPRD Kab Balangan

Biaya NikahRp 175 Ribu

HULU SUNGAI SELATAN - Kepada kepala Kemenag Kab.HSS.Berapa biaya nikah di KUA? Saudara saya melaksanakan akadnikah di KUA Kecamatan Kandangan diminta bayar Rp 175.000(tanpa kwitansi), padahal di dalam kantor bertuliskan biayanikah Rp 30.000. Untuk biaya apa yang selebihnya itu.

0873487720

Jatah CPNSKEPADA kepalaBKD Kalsel. Tolongdiusahakan supayatahun ini Kalsel da-pat jatah peneri-maan CPNS. Masa-

lah CPNS Kalsel supaya lebih diperhatikan,kasihan makin banyak sarjana yang jadipengangguran. Menghonor tidak begitu bisalagi, galau bertambah jadinya.

(085751135454)

PendukungKecewa

SIA-sia PS Barito Putera juara grup. Sudahtidak jadi tuan rumah, selain itu juga tidakdisiarkan secara langsung oleh ANTV, padahalbabak delapan besar. Paling tidak penontonyang tidak bisa berangkat ke Jogjakarta bisadukung Barito lewat nonton tv.

(081351536594)

Bersatu Atasi KrisisSAYA sebagai masyarakat biasa ingin ber-

tanya kepada para pejabat di Kalsel. Bagaimanadengan listrik di daerah kita ini yang seringpadam? Apakah tidak ada upaya untuk lebihmengatasi listrik di daerah kita ini, khususnyadi kabupaten. Jangan sampai hasil kekayaanalam kita dikeruk sementara hasilnya untukmasyarakat nol besar. Contohnya kayu diKalsel sudah habis ditebang, apa yang didapatKalsel? Untuk listrik, cobalah aparatur peme-rintah Kalsel bersatu, datang ke pemerintahanpusat agar membantu mengatasi listrik didaerah ini.

(087716621664)

Sekolah GratisMENGAPA Pemprov Kalsel tak bisa mem-

beri pendidikan gratis sampai SMU/SMK, pa-dahal Kalsel kaya tambang dan potensi alamlainnya. Masarakat banyak yang tak mampubayar sekolah sampai SMU. Pak gubernurcoba lihat orang-orang di desa yang hidupnyakembang kempis membiayai anak sekolah.

(085248524537)

Nasabah BRIKeluhkan

ParkirKEPADA pimpinan Bank BRI Banjarmasin,

tolong ditiadakan pungutan uang parkir di BRIUnit S Parman dan Pasar lama. Saya sebagainasabah merasa keberatan karena selalu bayaruang parkir Rp 1.000 setiap kali menabung,bayar PBB maupun melakukan transaksi diATM. Setahu saya semua kantor Bank BRI diBanjarmasin tidak pernah melakukan penari-kan uang parkir kepada nasabah. Mohonperhatiannya.

(087814688945)

Obat KedaluwarsaBANJARBARU - Yth Kejaksaan Banjarbaru. Kami DPRDmendapat laporan obat-obatan di puskesmas banyak yangkosong enam bulan ini. Sementara di gudang banyak obat me-numpuk yang kedaluwarsa. Bagaimana proses lelang dan

tendernya. Jangan sampai masyarakat yang dikorbankan.(087714248182)

Tambah TellerTANAHBUMBU - Yth kepala kantor Bank BNI Cabang Batu-licin. Kenapa petugas teller bank cuma satu orang yang melayani,sedangkan loket yang lain pada kosong. Mohon dioptimalkansupaya nasabah jangan terlalu lama menunggunya. Kami (na-sabah) juga perlu cepat.

(085251950489)

Tanggapan:Terima kasih atas masukan yang disampaikan dan kami mohon

maaf atas ketidaknyamanan yang dialami.Petugas kami di teller BNI Batulicin berjumlah tiga orang. Pada

waktu jam istirahat, satu petugas istirahat, satunya lagi menghandeltroubel ATM untuk kelancaran layanan ATM.

BNI akan terus melakukan perbaikan agar dapat memberikanpelayanan yang optimal kepada seluruh nasabah.

Nur SyaliqPjs Pemimpin Capem Bank BNI Batulicin

ManaHonor

PengayaanBALANGAN - Kepada pengurusYayasan Pendidikan Balangan,pabila jua honor pengayaan untukguru UN SLTP/SLTA dicairkan?Ujian nasional sudah lawas tuntung.Harapan kami mudah-mudahankada kaya tahun tadi, dipotong 75persen dari Rp 100 ribu menjadi Rp25 ribu. Terimak asih atas perha-tiannya.

(08565154950)

2906/B31

Page 32: Banjarmasin Post edisi cetak Jumat, 29 Juni 2012

2906/B32

32Banjarmasin Post

JUMAT 29 JUNI 2012