Banjarmasin Post Edisi Jumat, 1 Juli 2011

download Banjarmasin Post Edisi Jumat, 1 Juli 2011

of 28

  • date post

    30-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    426
  • download

    15

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post Edisi Jumat, 1 Juli 2011

Transcript of Banjarmasin Post Edisi Jumat, 1 Juli 2011

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post1 JULI 2011/

    29 RAJAB 1432 H

    JUMAT

    HALAMAN NO. 14326 TH XXXIX/ ISSN 0215-2987RP 3.00028

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 1-3

    Anang Gayam

    - Saikung pulang TKW handak dipancung,Lak ai

    + Jangan talambat kaya Ruyati, Nang ai

    SI PALUiiiii

    Bakipuh Kagatalan

    18:26MAGRIB

    19:40ISYA

    15:51ASAR

    12:27ZUHUR

    05:05SUBUH

    PERISTIWA Isra dan Mikraj terjadi pada621 M, tahun ke 11 sesudah kenabian dan adayang menyatakan tahun ke 10 sesudah kena-bian. Ibnu Sina dalam Ath-Thabaqat Al-Kubramenyebutkan, terjadi 18 bulan sebelumhijrah.

    Menurut bahasaIsra berarti perjalanan diwaktu malam, sedangMiraj berarti tangga. Di-maksudkan Isra, adalahdijalankannya RasulullahSAW dari Masjid Al-Ha-ram di Makkah ke MasjidAl-Aqsa di Palestina, un-tuk diperlihatkan kepada

    beliau tanda-tanda kebesaran Allah SWT.Adapun Mikraj, adalah peristiwa se-

    sudahnya yaitu dinaikkan ke langit sampaikepada Sidratil Muntaha, suatu tingkatan

    Hal 14 kol 4-7

    KH Husin Naparin Lc MA

    Isra dan MikrajNabi Muhammad SAW

    BEBERAPA hari setelahNy Tien Soeharto (Bu Tien)meninggal dunia, Minggu, 28April 1996, sekitar pukul 05.10WIB, beredar rumor menge-jutkan.

    Disebutkan, wafatnya thefirst lady tersebut karena duaanak lelakinya bertengkar be-rebut proyek mobil nasional

    DI Cina ada pepatah, jika inginmakmur, bangunlah jalan terle-bih dahulu. Benar, China tidakputus-putusnya membangun in-frastruktur seperti jalan bebashambatan dan rel kereta api. Hal 14 kol 4-7

    Badai JelangWafat Bu Tien

    (mobnas). Bambang Trihat-mojo dan Hutomo MandalaPutra (Tommy) dkabarkanterlibat baku tembak.

    Diisukan ada peluru me-ngenai Bu Tien. Itu adalah ru-mor dan cerita yang sangatkejam dan tidak benar, ujarAjudan Presiden Soeharto,1995-1998, Jenderal Pol (pur)Sutanto.

    Kepala Badan Intelijen Ne-gara (BIN) tersebut merupa-kan saksi hidup detik-detikmeninggalnya Bu Tien.

    Saya saksi hidup yang me-lihat Ibu Tien terkena seranganjantung. Membawanya ke mo-bil, dan terus menunggu diluar ruang saat tim dokter RS-PAD (Rumah Sakit Pusat Ang-katan Darat) melakukan u-paya medis, katanya.

    Kereta TercepatKereta api tercepat di dunia

    pun ada di negara tersebut. Kece-patannya, 350 kilometer per jam.Kereta itu melayani jalurBeijing-Shanghai sepan-jang 1.318 kilometer.Hampir sama jarak Jakarta-Yogy-akarta pergi-pulang.

    Dengan kereta tercepat itu,Beijing-Shanghai akan ditempuhdalam lima jam, lebih cepat dari11 jam dengan layanan kereta

    biasa. Jalur itu melewati tujuhprovinsi dan sejumlah kota besar,yaitu Tianjin, Hebei, Shandong,

    Anhui, dan Jiangsu. Rute inijuga menghubungkan duazona ekonomi utama, yaitu

    Bohai dan Delta Sungai Yangtze.Harga tiket yang ditawarkan

    bervariasi, antara 410 yuan dan1.740 yuan, atau antara Rp543.000 dan Rp 2,3 juta, tergan-tung kelasnya. (rtr/afp)

    NET

    MARTAPURA, BPOST - Polemik pengo-perasian dan pengelolaan terminal regionaldi Jalan A Yani kilometer (Pal) 17, bergulir.Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar me-nyatakan Pemprov Kalsel, tidak bisa lepastangan.

    Gusti Syakhrin Buka-bukaan Serang Pemprov Soal Terminal

    Mereka telah ke-liru. Terkait pembe-basan lahan, siapayang berwenang, ten-tang pendapatan aslidaerah (PAD) dan a-setnya dimiliki siapa,itu belum dirumus-kan. Terminal itu te-tap tanggung jawabpemprov. Letaknya saja diKabupaten Banjar, ujar Ke-pala Dinas Perhubungan (Ka-

    dishub) Banjar, GtSyakhrin di Martapu-ra, Kamis (30/6.

    Pernyataan itu me-nanggapi lontaran Ka-bid Lalu Lintas Ang-kutan Jalan Raya DinasPerhubungan, Komu-nikasi dan Informatika(LLAJR Dishubkomin-

    fo) Kalsel, Ramonsyah.

    Hal 14 kol 4-7

    DOK BPOST GROUPGt Syakhrin

    BERDASAR pantauanBPost, kondisi Terminal Pal17 sangat mengenaskan.Meski belum difungsikan,bangunan utama me-ngalami banyak keru-

    Akui Teledorsakan. Kawasan itu punkonon sering digunakanuntuk kepentingan tidakjelas.

    Hal 14 kol 1-3

    Komentar lain di halaman 12

    SEORANG TKI, Sumartiniterancam dipancung pada3 Juli 2011. Pemerintahbelum bersikap tegas.

    Mya OderschvankMASA cumagara2 dituduhpake ilmu sihirmau dihukumpancung??

    Mank ada buktinya? Khanbaru tuduhan?? Usuttuntas kasusnya! hayo,,,tegakkan keadilan!

    Amrina Rosyada Al-KahfiBUAT peme-rintah,perjuangkandong nyawapara pahlawandevisa negeri ini

    JAKARTA, BPOST - Jika ka-bar ini benar dan terjadi, akansangat menegaskan. Kabar-nya, seorang tenaga kerja In-donesia (TKI) akan menjalanihukuman pancung di ArabSaudi. Tenaga kerja bernamaSumartini binti ManaungiGalisung (33) itu akan dipan-

    3 Juli 2011Tini Dipancung

    Hal 14 kol 1-3

    PERMASALAHAN TKItidak kunjung habis. Selainberedar kabar 7 TKI asal Kal-sel terancam hukuman matidi Arab Saudi, juga ada TKIasal Danau Panggang, HSUyang hilang di Malaysiasejak 2008.

    cung, Minggu (3/6) lusa.Informasi yang saya pe-

    roleh, Sumartini akan diek-sekusi pada hari itu, ungkapanggota DPR Eva Sundari diJakarta, Kamis (30/6).

    Sumartini berasal dari De-sa Kukin, Moyo Utara, NusaTenggara Barat (NTB). Ia be-rangkat ke Arab Saudi me-lalui PT Duta Sapta Perkasayang berkantor di kawasanJakarta Timur.

    Hilangdi Malaysia

    SetopTerima TKI

    13Hal

    Hal 14 kol 1-3

    SERIUS tetapi tidak me-negangkan. Canda tawa te-tapi tidak melawak. Kondisiitu tercipta dalam bedah Bu-ku Jerussalem 33 karya TriasKuncahyono digelar di AulaPalimasan, Gedung DjokMentaya BPost Group, Ban-jarmasin, Kamis (30/6).

    Ratusan orang dari kala-ngan akademisi, lembagaswadaya masyarakat, kepo-lisian, keagamaan dan jurna-lis berbaur dalam gelaran o-lah pikir yang dikemas secarasantai tersebut.

    Dengan gaya bahasa lugasdan tegas, Trias yang jugawakil pemimpin redaksiKompas, memaparkan secaradetail konflik di Jerusalemyang tidak berkesudahan.

    Melalui pendekatan sejar-ah, politik dan spiritual, dia

    Perdamaian Harus Diciptakanmengungkapkan adanyapengkhianatan ajaran agamaoleh orang yang terbelengguoleh kekuasaan. Bahkan ter-

    jadi perselingkuhan antarapolitisi dan agamawan.

    BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

    PAPARAN - Penulis buku Jerusalem 33, Trias Kuncahyono (berdiri)memaparkan isi buku tersebut dalam bedah buku di Gedung Djok Men-taya, BPost Group, Banjarmasin, Kamis (30/6).

    Hal 14 kol 1-3

    GENDERANG perang Copa America2011 mulai ditabuh. Tuan rumah Argen-tina membuka turnamen terbesar AmerikaLatin itu dengan menghadapi Bolivia padalaga perdana babak penyisihan Grup A diEstadio Ciudad de La Plata, La Plata, Sabtu(2/7) pagi.

    Mega bintang ArgentinaLionel Messi hampir dipas-tikan menjadi perhatian utama.Inilah saatnya bagi Messi mem-berikan kontribusi kepada ne-garanya. Namun Argentinasecara keseluruhan bukan Messi semata.

    Pelatih Argentina Sergio Batista me-miliki banyak pemain bintang di linidepan. Carlos Tevez, Gonzalo Higuain,Sergio Aguero, Ezequiel Lavezzi, DiegoMilito, hingga Angel di Maria adalah

    Tridente Tangosetumpuk pemain depan yang semuanyalayak menjadi penyerang Tim Tango.

    Namun bila dilihat dari performa ter-akhir dan rangkaian latihan selama se-pekan skuad Albicelesta itu, Batista se-tidaknya telah menemukan format terbaik

    ujung tombak timnya.Dengan format menye-

    rang, 4-3-3, Tevez dan Lavezzimenjadi pilihan utama Batistauntuk berdampingan denganMessi menjadi tridente Tango.Trio striker inilah yang akan

    menjadi tukang gedor gawang Bolivia. Sebaliknya Bolivia bermain dengan

    perasaan nothing to lose. Menempati urutan97 dalam ranking FIFA membuat Boliviatidak diyakini bisa memenangi laga ter-sebut. (tribunnews/cen)

    Live on

    Sabtu (2/7)Pukul 08.45 Wita

    IMBAH panasmanyalingit,kamariannyabakakajutanhujan salingdarasan wanangin ribut.Maka kadangalang-ngalangsampai parak

    TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

    AKSI - Massa berunjuk rasa di depan kantor BNP2TKI menuntut pe-merintah bertanggung jawab atas kematian Ruyati yang dipancung diArab Saudi, beberapa waktu lalu.

    0107/B01

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostJUMAT 1 JULI 2011

    KABUPATEN BaritoKuala (Batola) memangunggul di bidang pertaniandan pantas disebut sebagailumbung padi. Saat daerahlain mengatasi anomali ik-lim, petani di Bumi Ije Jelaini malah panen raya.

    Panen raya kali ini di De-sa Andaman I KecamatanAnjir Pasar, Kamis (30/6),dilakukan oleh Sekda Pro-pinsi Kalsel Muchlis Gafurimewakili gubernur Kalsel,Bupati Batola H Hasanud-din Murad, Pimpinan Wila-yah BI Banjarmasin KhairilAnwar, Ketua DPRD BatolaAhmad Husain, Muspidadan para pejabat PropinsiKalsel.

    Panen raya programklaster padi lokal di AnjirPasar ini dinilai GubernurKalsel H Rudy Ariffin da-lam sambutan tertulis yangdibacakan Muchlis adalahbagian keberhasilan Peme-ritah Kabupaten Barito Ku-ala yang dipimpin H Hasa-nuddin Murad dalam bi-dang pertanian

    Karenanya, kata guber-nur, sangat tepat KabupatenBatola H mendapat Satya-lencana Pembangunan Bi-dang Pertanian dari Presi-den Susilo Bambang Yu-dhoyono yang diterimalangsung oleh Hasanuddin.

    Gubernur meminta agarpenghargaan Satyalencanayang diterima bupati bukantitik tertinggi, tapi pendo-rong agar bekerja lebih baiklagi dalam meningkatkanproduktivitas pertanian.

    Muchlis yang mengeta-hui keberhasilan Kabupa-ten Batola dalam bidangpertanian sebelum memba-cakan sambutan gubernursempat berseloroh memujibupati Batola dalam bahasaBanjar; Kada salah pian me-milih Hasanuddin Murad.Satuju aja kalo, sidin dipilihlagi.Setuju, sahut petaniyang secara serempak sam-bil bertepuk tangan.

    Gubernur juga mengi-ngatkan ada dua tantanganberat yang dihadapi dalam

    Tubuhnya MengandungMetanol dan Etanol

    BANJARMASIN, BPOST - Hasil dari peme-riksaan Pusat Laboratorium Forensik atau Pus-labfor Polri Surabaya, keempat tubuh anak bu-ah kapal (ABK) Captain Kurb