Banjarmasin Post edisi Jumat, 13 Januari 2012

download Banjarmasin Post edisi Jumat, 13 Januari 2012

of 28

  • date post

    24-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    537
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi Jumat, 13 Januari 2012

Transcript of Banjarmasin Post edisi Jumat, 13 Januari 2012

  • Seluruh Petugas Lapas Diperiksa

    Gabung di Pages BPost Online

    Kita

    Komentar lain di halaman 4

    Banjarmasin PostDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    13 JANUARI 2012/19 SAFAR 1433 H

    JUMAT

    NO. 14517 TH XXXX/ ISSN 0215-2987HALAMANRP 3.00028

    SI PALUiiiii

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 1-3

    KH Husin Naparin Lc MA

    Anang Gayam

    12:32 18:4115:57 19:54

    - Narapidananya dapat fasilitas, Lak-ai+ Ada duit urusan lancar, Nang-ai

    05:00

    Cina Siapkan Bodyguard Cantik

    KadaNyaman

    Kapolres Belum Paham Tugasnya

    SEBELAS tahun lalu tepatnya 14 De-sember 2000, bisa dikatakan hari pal-ing penting dalam sejarah Barcelonakhususnya Lionel Messi. Pada hariitu, bocah kurus berpostur pendekberusia 13 tahun turun dari pe-sawat di Bandara El Prat, Bar-celona, Spanyol.

    Sang bocah masih imut danlugu. Ia berjalan menyusuri ke-megahan bandara salah satu kotayang didesain nyentrik tersebut.Artistik setiap pojok kawasanCatalonia tak perlu disangsikanlagi. Inilah salah satu kota diSpanyol yang selalu menjaditujuan para pelancong.

    66 tahun sudah Ke-menterian Agama (Ke-menag) Republik Indone-sia (RI) berkiprah mem-bina umat dan bangsa ini,bersama kementerian laindalam kabinet yang di-bentuk silih berganti di ne-geri ini. Terwujudnya ma-syarakat Indonesia yangtaat beragama, itulah vi-sinya.

    Kemenag RI ingin me-ningkatkan kualitas pe-mahaman dan pengama-lan agama; meningkat-kan kualitas kerukunanumat beragama; mening-katkan pendidikan agamadan keagamaan; disam-ping ingin meningkatkanmutu pelayanan penye-lenggaraan haji, itulah an-tara lain misinya; itu di-perlukan agar bangsaIndonesia beragama inidapat hidup yang nyaman.

    Kalau umat tidak pa-ham akan agama yangdipeluknya, apatah lagi

    Hal 6 kol 4-7

    BANJARMASIN, BPOST - Persetu-juan yang diberikan Kapolres Ta-nahbumbu (Tanbu) AKBP Winartoterhadap kesepakatan melanggarPerda Nomor 3 Tahun 2008, diper-tanyakan banyak kalangan.

    Sebagai polisi, seharusnya diamencegah kesepakatan itu bukanjustru ikut menyetujui.

    Untuk mengetahui alasan Winartomenyepakati pelanggaran itu, BPostmenghubunginya di Batulicin, Kamis

    (12/1). Namun dia berkomentarkarena sudah memberi penjelasanke Propam Polda Kalsel.

    Mengenai kehadiran yang diikutipersetujuannya terhadap kesepa-katan yang dibikin di kantor CamatSatui, 4 Januari 2012 itu, Winartoberalasan hanya diundang. Tentangklarifikasi saya bisa ditanyakan kePolda, katanya.

    Anda siap dikenai sanksi? Sayaselalu siap. Kalau dinyatakan me-

    langgar aturan disiplin dan mendapatsanksi, saya akan menerimanya,ujar Winarto.

    Pejabat Sementara Kabid HumasPolda Kalsel, AKBP Aby Nursetyantosaat dikonfirmasi membenarkanWinarto telah memberikan klarifikasikepada Propam. Namun, dia belumbisa mengungkapkan sanksi yangbakal diberikan.

    Mardani Bilang Dispensasi untuk Melindungi Warga

    DUA puluh perempuan cantik danbertubuh seksi berkumpul di satu pantaidi Hainan, Cina, kemarin. Di antara merekamengenakan bikini.

    Eits, jangan macam-macam terhadapmereka. Apalagi mencoba menggodanya.Bisa-bisa, si penggoda babak belur.

    Mereka itu bukan sedang berlibur ataumodel yang akan menjalani pemotretan.

    Pengawal PerempuanPengawal PerempuanPengawal PerempuanPengawal PerempuanPengawal Perempuanz Cantik dan seksiz Minimal lulusan perguruan tinggiz Ketahanan fisik terlatihz Ahli pengintaian, antiterorisme, etika

    bisnisz Bisa merangkap sekretaris dan pengasuh

    anakz Gaji mencapai 100 dolar AS/hariz 10 Bulan pendidikan di Cina, selanjutnya

    di Israel

    Lionel Messi, Hattrick Terbaik Dunia (2-Habis)Nyaris Dipulangkan

    ke Argentina

    KANWIL Kemenkumdan HAM Kalsel langsung

    menurunkan tim untukmengusut uang jaminan

    napi di Kotabaru.

    Usy IlmaAPAPUN dandimanapunsekarang uangdapat me-

    ngubah sgalanya...bahkanmoral dan hati nuranipunbisa dibeli.

    Reaksi itulah yang diper-lihatkan Kepala Kanwil Ke-menkum HAM Kalsel, Lukar-dono usai membaca beritautama BPost, edisi kemarinyang secara eksklusif meng-ungkap dugaan penyimpang-an di Lapas Kotabaru.

    Berdasar pengakuan se-jumlah napi, salah satunyabernama Amat Nadi, di lapastersebut terdapat sel khusus--tentu lebih nyaman diban-

    Mantan Napi Minta Tim NetralBANJARMASIN, BPOST - Kirim tim ke Lem-baga Pemasyarakatan (Lapas) Kotabaru danTanjung, Tabalong. Telisik dugaan penyimpang-an yang dilakukan petugas lapas.

    ding sel biasa-- serta kebijakanboleh menggunakan hand-phone asal memberi uang ja-minan sebesar Rp 5 juta seba-gaimana tertera dalam suratbukti serah terima.

    Bagus pemberitaan diBPost. Besok (hari ini) timakan ke Kotabaru dan Tan-jung. Kepala lapasnya akandimintai keterangan oleh tim.

    8 NapiTemaniAmat

    PENGUNGKAP dugaanpenyimpangan di LapasKotabaru, Amat Nadidipindah penahanannya diLapas Narkotika Tanjung,Tabalong, sejak 2Desember 2011.

    Katak Paling MungilCHRISTOPHER Austin dari Museum ofNatural Science di Lousiana State Universitydan mahasiswanya, Eric Rittmeyer, me-nemukan katak yang dinobatkan sebagaivertebrata (hewan bertulang belakang)termungil. Katak itu disebut Paedophrynedekot-dekot yang berarti amat kecil.

    Katak itu sebe-narnya sudah dite-mukan sejak tahun2009 di hutan Pa-pua Niugini, tetapipeneliti baru me-mublikasikannyatahun ini. Ukurankatak itu hanya 7,7milimeter, mengalahkan ikan Paedocyprisprogenetica dari Indonesia.

    Austin mendeteksi adanya satwa ini saatmendengarkan nyanyian unik di malam hariberbunyi ting-ting. Saat dicari, ternyatanyanyian unik itu berasal dari seekor.Pengambilan katak cukup sulit.

    Kami belum mengetahui makanannya.Kami juga hanya tahu sedikit ekologinya.Mereka mungkin memakan invertebratasangat kecil di daun kering, kata Austin.(lvs)

    BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

    KLARIFIKASI - Bupati Tanahbumbu, Mardani H Maming (kemeja merah) diterimasejumlah anggota DPRD Kalsel sebelum menyampaikan penjelasan tentang dispen-sasi angkutan batu bara melintas di jalan negara, Kamis (12/1).

    REUTERS/DAILYMAIL

    NET

    NET

    REUTERS/DAILYMAIL

    BODYGUARD - Perempuan-perempuan yang akan menjalani pelatihansebagai bodyguard berbaris di pinggir pantai, Hainan, Cina. Selamaempat minggu, mereka mengikuti beragam pelatihan fisik.

    ManyanangiHati Kayi

    MATAN umur limatahun Palui sudah umpatwan kayinya. Mulaisakulah SD sampai tamatkayinyalah nangmambiayai, kayinya juanang mambari makanwan mambari duit gasan

    1301/B01

  • 2Banjarmasin Post Banjarmasin BungasJUMAT 13 JANUARI 2012

    BANJARMASIN, BPOST - Di akhir masatugasnya di Banjarmasin, Kombes Pol Hil-man Thayib menyampaikan permintaanagar Wali Kota Banjarmasin Muhidin men-carikan solusi membludaknya tahanannarkotika di rutan Polresta Banjarmasin.Salah satunya dengan membangun rutanbaru di Banjarmasin.

    Mantan Kapolresta Banjarmasin yangsekarang menjadi Kabid Humas Polda Jatimini, di Ball Room Himalaya HBI, Selasa (11/1)malam, mengungkapkan saat ini ruang ta-hanan sudah penuh diisi tersangka yangsebagian besar kasus narkoba.

    Mumpung ada wali kota, ini menjadi PRuntuk sama-sama mencarikan solusi. Permin-taan ini masih belum final, ujar Hilman didepan kapolres yang baru Kombes Haryono.

    Hadir didampingi Wakil Wali Kota IrwanAnshari dan Sekdako, Zulfadli Gazali, padakesempatan tersebut Muhidin menjanjikanadanya rutan baru untuk mengatasi kelebihankapasitas rutan di Polresta Banjarmasin.

    Sudah menyediakan lahan yang berlokasi

    Janjikan Rutan di Lingkar Selatan

    Para pengunjuk rasa me-lontarkan keprihatinannyaterhadap kerusakan lingku-ngan hidup baik akibat per-tambangan maupun perke-bunan sawit yang mulai me-wabah di Bumi LambungMangkurat ini.

    Menurut para aktivis, selainlemahnya pengawasan, mu-dahnya mendapatkan izin per-tambangan membuat keru-sakan lingkungan makin parah.Dimana-mana banjir. Peris-tiwa ini tidak lain akibat rusak-nya kondisi alam di daerah iniyang bentang alamnya sudahtidak seimbang lagi, teriakRahmad Mulyadi alias Abu.

    Selain itu para demonstranjuga meminta agar pemerin-tah menghentikan perizinantambang di Kalsel. karenahampir smeua pertambanganyang ada sudah tidak terkon-trol lagi, sehingga kerusakanalam tidak bisa dielakan lagi.

    Hal itu terlihat dari ba-nyaknya bencana alam yang

    Dua Tahun Sulit Telan Makanan Sri Hidati Bingung Biayai Pengobatan

    BETAPA terkejut Abbas, begitu men-dengar penjelasan dari dokter yangmemeriksan istrinya, Sri Hidati, bahwa diaharus menyediakan uang Rp 10 juta untukoperasi sang istri.

    Penyakit yang diderita Sri Hidati, yaitutumor di lidah, ternyata memerlukanbiaya besar untuk mengangkatnya. SriHidati menderita penyakit tersebut sejakdua tahun silam. Selain itu juga semacamtumbuh kelenjar getah bening padatenggorokannya sehingga susah menelanmakanan.

    Awalnya hanya kecil saja dagingnyatumbuh, ternyata kian hari terusmembesar. Saya pun memeriksakan diRSUD Ulin, ternyata dianjurkan dokteroperasi biayanya Rp 10 jutaan, kata Sri

    Hidati ketika ditemui dirumahnya JalanAMD Tunjung Maya Kelurahan PekapuranRaya RT 33 Banjarmasin Timur.

    Abbas menambahkan, karena tidakmampu membiyai pengobatan akhirnyamembawa istrinya untuk pulang darirumah sakit. Maklum saja sehari-hariAbbas hanyalah buruh bangunan dan SriHidati sendiri selain sebagai ibu rumahtangga berdagang kecil-kecilan di depanrumahnya yang modalnya juga atasbantuan tetangga sekitar.

    Pernah suatu ketika keduanya inginmendaftarkan diri untuk memegang kartuJamkesmas, tetapi mendapatkanpenjelasan dari Ketua RT setempat bahwasudah penuh. Akhirnya pasangan suami-istri itupun tidak bisa mendapatkan

    pelayanan kesehatan secara gratis.Makanya bingung untuk membiayai

    pengobatan istri saya ini yang kesulitanjika memakan makanan, dan sementarapengobatan s