Trauma Tumpul Pada Abdomen

of 6 /6
REFERAT Trauma Tumpul pada Abdomen Disusun Oleh : Kevin Ardiansyah 11-2013-265 Pembimbing : dr. Febriansyah Ibrahim Sp.B 0

description

bhjfgj

Transcript of Trauma Tumpul Pada Abdomen

REFERAT

Trauma Tumpul pada Abdomen

Disusun Oleh : Kevin Ardiansyah11-2013-265

Pembimbing :dr. Febriansyah Ibrahim Sp.B

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida WacanaRumah Sakit Umum Daerah KojaPeriode 30 Maret 6 Juni 2015Departemen Ilmu Penyakit BedahBab IPendahuluan

Trauma adalah keadaan yang disebabkan oleh luka atau cidera. Trauma abdomen adalah keadaan ada abdomen baik bagian dalam ataupun luar yang disebabkan oleh luka atau cidera. Trauma tumpul abdomen yaitu trauma abdomen tanpapenetrasi ke dalam rongga peritoneum, dapat diakibatkan oleh pukulan, benturan, ledakan, deselarasi, kompresi atau sabuk pengaman. Traumpa tumpul abdomen sering kali ditemui pada unit gawat darurat. Sebanyak 75% kasus trauma tumpul abdomen adalah sebagai akibat dari kecelakaan lalu lintas, baik itu kendaraan maupun kendaraan dengan pejalan kaki. Sedangkan trauma abdomen akibat pukulan sebanyak 15% dan jatuh sebanyak 9%. Selebihnya adalah sebagai akibat dari child abuse dan domestic violencePasien dengan trauma tumpul abdomen memerlukan penatalaksanaan yang cepat dan efisien. Pada trauma ganda, abdomen merupakan bagian yang terseing mengalami cidera. Seorang pasien yang terlibat kecelakaan seruis harus dianggap cedera abdomen sampai terbukti lain.Sampai saat ini cedera abdomen yang luput dari diagnosis masih merupakan penyebab kematian yang dapat dicegah pada penderita dengan trauma batang tubuh ( trunk ). Kurangnya data mengenai riwayat kesehatan pasien, kronologis kejadian, luka atau trauma lain yang dapat mengalihkan perhatian dan perubahan status mental sebagai akibat dari cedera kepala atau intoksikasi, membuat trauma tumpul abdomen sulit untuk didiagnosis dan ditatalaksana. Pasien dengan trauma tumpul abdomen biasanya datang dengan dedera abdominal dan extraabdominal yang memerlukan perawatan lanjut yang rumit.

Bab IITinjauan PustakaDefinisiTrauma tumpul abdomen adalah pukulan / benturan langsung pada rongga abdomen yang mengakibatkan cidera tekanan/tindasan pada isi rongga abdomen, terutama organ padat (hati, pancreas, ginjal, limpa) atau berongga (lambung, usus halus, usus besar, pembuluh pembuluh darah abdominal) dan mengakibatkan ruptur abdomen.Trauma tumpul abdomen merupakan trauma pada perut tanpa penetrasi kedalam rongga peritoneum. Benturan benda tumpul pada abdomen dapat menimbulkan cedera pada organ berongga berupa perforasi, atau pada organ padat berupa perdarahan.

Anatomi abdomenCavum abdominalisCavum abdominalis adalah rongga batang tubuh yang terdapat diantara diafragma dan aperture pelvis superior.Cavum abdominalis merupakan rongga yang terbesar dar ketiga rongga tubuh yang terdiri atas cavum crania, cavum thoracalis dan cavum pelvicum. Cavum abdominalis dibatasi oleh :

Bab IIIKesimpulan

Tinea Pedis merupakan suatu dermatofitosis dimana terbagi menjadi 4 jenis yaitu tipe interdigitalis, moccasin , vesikobulosas/subakut dan akut ulserasi. Pada umumnya tinea pedis tipe interdigitalis sering terjadi dimana disebabkan oleh Tricophyton Rubrum. Kelainan didapat sering kali pada orang yang terlalu lama memakai sandal, bertukar sandal dengan orang lain sehingga kontak yang ada menyebabkan tinea pedis. Pengobatan yang adekuat dan teratur serta edukasi kepada pasien penting dilakukan untuk menangani tinea pedis.

Daftar Pusaka

2