Banjarmasin Post edisi Cetak Jumat 8 April 2011

download Banjarmasin Post edisi Cetak Jumat 8 April 2011

of 28

  • date post

    03-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    666
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi Cetak Jumat 8 April 2011

Transcript of Banjarmasin Post edisi Cetak Jumat 8 April 2011

  • Banjarmasin Post8 APRIL 2011/

    4 JUMADIL AWAL 1432 H

    JUMAT

    HALAMANDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    NO. 14242 TH XXXIX/ ISSN 0215-2987RP 3.00028

    SI PALUiiiii

    Hal 14 kol 1-3

    Anang Gayam

    18:28MAGRIB

    19:36ISYA

    15:40ASAR

    12:25ZUHUR

    05:06SUBUH

    - Dirazia, urangnya bukahan, Lak ai+ Bapadah harat sampai ba-aancam, Nang ai

    NET

    SEBUTIR telur dinosaurus dipamerkan diBuryatia Natural Science Museum di Ulan UIde,Rusia. Ilmuwan menduga, telur tersebut meru-pakan milik Dinosaurus Ornithopod yang hidup100 juta tahun yang lalu. Dinosaurus Or-

    nithopod diduga hidup di wilayahyang kini disebut Mongolia.

    Namun, jangan kira Rusiamendapatkan telur itu dari ekspedisi ilmiah.Rusia mendapatkannya dari seorang priaberkebangsaan Polandia yang tertangkap raziasaat perbatasan Rusia.

    Pria itu mengaku mendapatkan telur itu daritemannya. Ia cuma diminta oleh kenalannyayang juga dari Polandia untuk membawa kotakberisi barang pribadi. Ia tak pernah mendugabahwa isi kotak itu adalah peninggalan yangberharga. (dlm)

    Telur Dinosaurus

    Lima Puluh Jua

    Oleh:KH Husin Naparin Lc MA

    AHAD (kata orang tua-tuadulu) sekarang populer di-sebut Minggu, bagi wargaBanjarmasin adalah hari pe-ngantenan resepsi perkawi-nan atau walimatul-ursy. Pa-da jam-jam tertentu kema-cetan terjadi di seantero kota,jalan-jalan besar bahkangang-gang sering tertutup,kenapa? Jawabannya, adapengantenan.

    Aku sering bingung ba-gaimana membagi waktu un-tuk memenuhi undangan pe-ngantenan, padahal NabiSAW menyarankan agar un-dangan perkawinan hendak-nya selalu dipenuhi.

    Kebingungan bertambahbila ada pula undangan tas-miyah, khitanan, bahkan adakematian. Ada yang berkata;kematian jangan hari Ming-gulah, hari lain aja, ini kalaubisa diatur.

    Ada berbagai bentuk kartuundangan yang biasa kitaterima, sejak dari yang palingsederhana sampai mewahdan tentu mahal.

    Di antara kartu undanganitu ada yang menarik perha-tian saya, di situ tertulis in-dah: untuk mengikuti sun-nah Rasulullah, tetapi ter-pampang foto kedua mem-pelai berpose bak selebritas,jauh dari sunnah Rasulullahkarena menayangkan auratyang menurut sunnah Ra-sulullah harus ditutup.

    Foto itu tentu dibuat se-belum keduanya menikah,kan resepsinya Minggu um-pamanya, sedang menikah-nya baru beberapa hari yanglalu.

    Hal 14 kol 4-7

    Walimatul-Ursy

    BANJARMASIN, BPOST -Wacana revisi Perda Nomor3 Tahun 2008 tentang JalanKhusus Angkutan Tambangdan Perkebunan mendapatangin segar. Gubernur Kal-sel H Rudy Ariffin memper-silakan DPRD Kalsel mere-visi, asal bertujuan untukmemperbaiki perda itu.

    Kalau ada masukan un-tuk melakukan revisi, ya ka-mi akan mempelajari. Kamiharapkan revisi akan mem-perkuat perda, ujarnya diBanjarmasin, Kamis (7/4).

    Mantan bupati Banjar itumengakui pelaksanaan perdabelum optimal sehingga bisasaja ada petugas yang men-curi kesempatan atau tidakkompak melakukan penga-

    Kita Banjarmasin Post Group

    Komentar lain di halaman 4

    ADA wacanamerevisi

    Perda JalanKhusus

    karena didugamenajadi

    ajang pungli

    Erny RKLO qnchterserah

    pemerintah na azzpunk.. hehehe ;)

    NoRmaKhaelbheKDA setuju,,maolah

    jlnan rusak za dpat x. !!ujng2 x bnxk trjdikecelakaan bnra ae. . ((

    BANJARMASINPOST GROUP/HARI WIDODORAZIA - Tim gabungan yang dipimpin Kapolres Banjar AKBPEbet Gunandar (atas kiri, memegang tromol) kembali melakukanrazia terhadap aktivitas penambangan di kawasan Tahura Sul-tan Adam, Banjar, Kamis (7/4).

    Hal 14 kol 4-7

    1 Stiker Bayar Rp 500 Ribuwasan pemberian dispensasiuntuk angkutan perkebunan.Kami akui masih belum bisaterlaksana seratus persen,ucapnya.

    Mengenai masih terus a-danya dispensasi bagi ang-kutan perkebunan kelapasawit, Rudy menegaskan ti-dak semua pengusaha men-dapatkan. Pasalnya, bagi pe-

    rusahaan yang mengelola ke-bun seluas minimal 6 ribuhektare dan sudah berpro-duksi, wajib mendirikan pab-rik pengolahan CPO (crudepalm oil). Mereka tidak lagiperlu dispensasi untuk mem-bawa hasil kebunnya ke pab-rik pengolahan.

    Rudy Persilakan DPRD Revisi Perda Jalan Khusus

    Bekerja sama dengan ins-tansi dan lembaga terkait ter-utama Badan Pengelola (BP)Tahura dan TNI, mereka gen-car melakukan razia ke ka-wasan yang sulit dijangkaukendaraan umum itu. Bah-kan, Kapolres Banjar, AKPBEbet Gunandar turun tang-an memimpin razia.

    Seperti yang terjadi Kamis(7/4) siang, Ebet dan sekitar40 personel Polres, PolsekAranio dan Koramil bergerakmenuju Desa Bunglai, Aran-

    Kabur Sebelum Kapolres Tiba Polisi Hancurkan Alat Penambang Tahura

    Tahura Sultan Adam Penetapan Keppres Nomor 52/1989, 18Oktober 1989 Jarak tempuh dari Banjarbaru/Martapura: 20 km Jarak tempuh dari Banjarmasin: 50 km Topografi: datar sampai sangat curam Ketinggian: 63-1.373 mdpl Tanah: Podsolik merah kuning, latosol danlitosol Geologi: Batuan induknya merupakan formasisedimen pra-tersier, batuan pluton dan batuanbasa Iklim: Tipe iklim A dan B (Schmidt danFerguson) Curah hujan (rata-rata): 1.150-2.000 mm/tahun Temperatur (rata- rata): 20-35C Kelembaban (rata-rata) : 73-82 %.

    io, Banjar, pukul 11.00 Wita.Selama sekitar tiga jam

    perjalanan menggunakandua perahu kelotok, tim tibadi kawasan desa yang memi-liki kawasan berjuluk Gu-nung Sugih karena kononkandungan emas di tanah-nya, sangat banyak.

    Akan tetapi, tim tertahanoleh hujan deras. Selama se-puluh menit mereka berlin-dung di dalam kelotok. Be-gitu hujan agak reda, merekalangsung menuju kawasan

    penambangan liar.Sayang, kemungkinan ra-

    zia itu diketahui penam-bang. Mereka sempat kaburdan meninggalkan tromol(alat penggiling sekaliguspemisah batu dan emas).

    Melihat itu, Ebet langsungmemerintahkan anak buah-nya mengamankan mesintersebut. Saya yakin tromolini baru beroperasi. Penam-bang juga saya perkirakansatu bulan beroperasi, te-gasnya.

    Untuk mencegah alat itukembali digunakan, petugasmemotong karet pemutartromol dan selang air. Merekajuga melepas kabel listrik danmerusak peralatan lain.

    MARTAPURA, BPOST - Maraknya kem-bali aksi penambangan ilegal di kawasan Ta-man Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam, se-bagaimana pemberitaan BPost beberapa harilalu, disikapi keras oleh Polres Banjar.

    TERNYATA sejak Senin (4/4), raziaterhadap aktivitas penambangan liardi Tahura dilakukan. Sasarannyaberbeda. Salah satunya penertibanyang dipimpin Kasatintelkam PolresBanjar AKP Chairuddin, Selas (5/4)dan Rabu (6/4). Sebelumnya ada timyang dipimpin Kapolsek Aranio IptuAgus Jatmiko dan Kapolsek Ka-rangintan Ipda Nyoman Widhi.

    MerekaTidak Ditangkap

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 5-7

    INI era digital. Tidak ada lagibatas untuk memperoleh infor-masi. Kapan dan di mana saja.Adalah media online yang mam-pu menjawab gerak dinamismasyarakat era kini tersebut.

    Banjarmasin Post (BPost) seba-gai media terbesar dan tersebardi Kalimantan telah memadukanberagam media (cetak, online danradio) dalam sajian beritanya.

    Situsnya Mahasiswa-Pelajar BanuaSitus www.banjarmasinpost.co.idadalah pelopor penyaji beritarealtime di Kalsel dan Kalteng,bahkan Kalimantan.

    Tidak seperti media lain yangsekadar memindahkan edisicetak ke edisi online, situs BPostbenar-benar berisi berita terkini.Selalu di-up date setiap saat de-ngan berita yang beragam.

    Tak hanya itu, BPost online

    terkoneksi dengan situs na-sional www.tribunneews.com danwww.kompas.com serta situs me-dia lain di berbagai provinsi diIndonesia.

    Dengan semangat cross media,mulai Jumat (8/4), BPost kembaliberinovasi meluncurkan situsuntuk mahasiswa dan pelajar.

    Hal 14 kol 1-3

    PALUI wanading-adingnyasudah babulan-bulan ini pusang.Masalahnya sutilhaja, tapi karnaada kaitan wankuitan, maka Paluisapadangsanakantapaksa umpat

    klik www.banjarmasinpo

    st.co.id/kampusiana

    0804/B01

    Bersambung ke Hal 14

    Usianya baru 31tahun saat wawancara ini berlangsung,25 Januari 2011. Tapi,menurut lelaki bernama MuhammadSubhan ini, dua tahunyang lalu ia terserangpenyakit tekanan

    darah tinggi alias hipertensi. Akibatnya,Kepala saya sering sakit dan jemaridi tangan saya sering mengalamikesemutan sehingga saya mengalamikesulitan dalam memegang sesuatu,ucap penduduk Gang Swadaya, JalanBelitung Darat, Kelurahan KuinSelatan, Kecamatan BanjarmasinBarat, Kota Banjarmasin, ProvinsiKalimantan Selatan, ini. Untukmengatasinya, awalnya lelaki yangmencari nafkah dengan cara berwirausaha ini berobat ke mantri kesehatan.Namun, sejak satu setengah tahunsebelum wawancara ini diadakan, iarutin mengonsumsi New Mandala 525satu kali sehari setelah salah seorangpamannya,yang tinggal di PalangkaRaya, Kalimantan Tengah, mengenalkan produk tersebut kepadanya.Ternyata dengan bantuan kedelaibubuk instan itu penyakit yang dideritaayah satu orang anak ini secaraberangsur-angsur menghilang.

    Kini TKini TKini TKini TKini Tangannangannangannangannangannyyyyya Sudah Bisaa Sudah Bisaa Sudah Bisaa Sudah Bisaa Sudah BisaMemegang dengan KMemegang dengan KMemegang dengan KMemegang dengan KMemegang dengan Kuatuatuatuatuat

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostJUMAT 8 APRIL 2011

    Kedua Ponpes yang men-jadi sasaran orang yang takbertanggung jawab itu ada-lah Ponpes Inayatul Marzukidi Desa Tatah Layap RT 7 Ke-camatan Tatah Makmur danPonpes Putri Al MursyidulAmin di Jalan BeringinM

    Handil Makmur KecamatanGambut Banjar.

    Modusnya sama, bendaberupa paketan itu dibawaseorang kurir. Di PonpesAnayatul Marzuki, barang ki-riman itu diterima ustazHamrani. Kemudian dibuka

    oleh ustaz Baihaki.H Ahmad, pengajar

    di ponpes itu menga-takan, orang yangmembawa benda itumenyodorkan kertastanda terima. Setelahditandatangani or-ang itu pergi.

    Ahmad heran de-ngan kiriman itu, se-bab mereka tak per-nah memesan ba-rang. Saat bungkusandibuka di dalamnyaditemukan kumpalankabel.

    Usai Salat Isya, Ah-mad m