Makalah Gizi Kalsium.docx

download Makalah Gizi Kalsium.docx

of 22

  • date post

    29-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    27
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of Makalah Gizi Kalsium.docx

Makalah Gizi Kalsium

BAB II PEMBAHASAN

1. PengertianKalsium adalah elemen mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh. Terdapat kurang lebih 1200 gram kalsium, 99% berada di dalam tulang rangka, sedangkan 1% berada di dalam jaringan lain dan cairan tubuh yang secara luas didistribusikan ke seluruh tubuh. Jika kekurangan kalsium tubuh akan mengambil cadangan dalam tulang. Semakin lama semakin banyak kalsium yang diambil, maka tulang semakin tipis, kemudian keropos. (handrawan nadesul, 2006).Usaha mempertahankan kadar kalsium darah dalam keadaan normal tergantung pada keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran kalsium dari aliran darah. Sumber kalsium dari aliran darah adalah diperoleh dengan diet yang mengandung garam kalsium. Kalsium diabsorbsi dari saluran cerna, ginjal dan tulang, absorbs kalsium terutama terjadi di dalam usus halus yang ditingkatkan oleh kerja hormone paratiroid yang sinergis serta metabolit aktif dari vitamin D. (Evi rahmawati, 2006)Kebutuhan harian kalsium adalah 800 mg untuk dewasa di atas 25 tahun dan 1.000 mg setelah usia 50 tahun. Ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per hari. Kebutuhan kalsium anak-anak dan remaja meningkat sesuai usia: Bayi berumur s.d. 5 bulan : 400 mg Bayi 6 bulan s.d. 1 tahun : 600 mg Anak usia 1 s.d. 10 tahun : 800 mg Remaja usia 11 s.d. 24 tahun: 1.200 mgHasil penelitian membuktikan bahwa kalsium lebih banyak dibutuhkan oleh kaum wanita daripada pria, alasannya: Menghindari Ancaman Osteoporosis, saat menopouse wanita akan kehilangan sejumlah besar hormon estrogen yang bisa mengakibatkan penyakit osteoporosis. Membantu pembentukan tulang dan gigi, 99 persen kalsium dalam tubuh tersimpan dalam tulang dan gigi. Membantu pembekuan darah, tanpa kalsium darah tidak bisa membeku bila terjadi luka. Menghindari sindrom pramenstruasi, pada siklus haid ketiga gejala PMS bisa dikurangi hingga 48 persen pada wanita yang menelan kalsium Mengurangi resiko gejala batu ginjal, kalsium memiliki efek protektif yang mencegah penyerapan oksalat yang bisa membentuk batu di ginjal. Melindungi bayi dalam kandungan, wanita yang diberi suplemen kalsium selama masa kehamilan akan memiliki anak-anak yang cukup terlindungi dari resiko hipertensi.

2. Fungsi KalsiumFungsi kalsium untuk tubuh dan tulang manusia antara lain :a. Membentuk tulang dan gigi yang kuatAnak-anak memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang anak tidak sempurna dan menderita penyakit rickets. Orang dewasa membutuhkan kalsium untuk terus-menerus meremajakan sistem tulang dan giginya. Mineral di tulang dan gigi kita tergantikan 100% setiap tujuh tahun sekali.b. Berpengaruh pada sistem syarafseperti absorbsi vitamin B12 tindakan emzim pemecah lemak,lipase pankreas,eksresi insulin oleh pankreas,pembentukan dan pemecahan asetilkolin,yaitu bahan yang diperlukan dalam memindahkan (transmisi) suatu rangsangan dari suatu serabut saraf ke serabut saraf lainnya. Kalsium yang diperlukan untuk mengkatalisis reaksi-reaksi ini diambil dari persediaan kalsium dalam tubuh.c. Berpengaruh penting dalam kontraksi ototPada waktu otot berkontraksi, kalsium berperan dalam interaksi protein di dalam otot,yaitu aktin dan miosin. Bila darah kalsium kurang dari normal, otot tidak bisa mengendor sesudah kontraksi. Tubuh akan kaku dan dapat menimbulkan kejang. Fungsi kalsium lainnya adalah meningkatkan fungsi transport membran sel, kemungkinan dengan bertindak sebagai stabilisator membran,dan transmisi ion melalui membran organel sel

d. Di perlukan pada pembekuan darahDi dalam tubuh, kalsium bersinergi dengan nutrisi lain. Vitamin D mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam darah, vitamin K mengikat kalsium dalam tulang. Penyerapan kalsium dalam tubuh perlu bantuan vitamin D, tubuh tidak mampu menyerap kalsium dari makanan, sehingga tubuh terpaksa mengambil kalsium dari tulang.

3. Manfaat KalsiumManfaat kalsium bagi tubuh dan tulang, antara lain:a. Pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi Anak-anak memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang anak tidak sempurna dan menderita penyakit rickets. Orang dewasa membutuhkan kalsium untuk terus-menerus meremajakan sistem tulang dan giginya. Mineral di tulang dan gigi kita tergantikan 100% setiap tujuh tahun sekali.b. Mencegah osteoporosisBila tidak mendapat cukup kalsium dari makanan, tubuh akan mengambilnya dari bank kalsium pada tangan, kaki dan tulang panjang lainnya. Kekurangan konsumsi kalsium dalam waktu lama akan mengakibatkan tubuh mengambilnya langsung dari tulang-tulang padat. Hal ini mengakibatkan tulang keropos dan mudah patah (osteoporosis). Bila seorang wanita dari umur 20 tahun setiap harinya mengkonsumsi kalsium 400 mg lebih rendah daripada yang dibutuhkan, pada umur 55 tahun tulangnya keropos 1/3 bagiannya.c. Penyimpanan glikogenKalsium berperan dalam proses penyimpanan glikogen. Bila tidak ada kalsium, tubuh akan merasa lapar terus-menerus karena tidak dapat menyimpan glikogen.d. Melancarkan fungsi otot, otak dan sistem syarafOtot, otak dan sistem syaraf membutuhkan kalsium agar dapat berfungsi optimal. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan spasme (kejang) otot dan gangguan fungsi otak dan sistem syaraf.

4. Asupan Makanan BerkalsiumKondisi tulang dapat menua dan menjadi rapuh seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Tulang keropos dan penuaan dini dapat dipercepat prosesnya dikarenakan pola makan yang tidak sehat, kekurangan kalsium, merokok, gemar minum alkohol, jarang berolahraga dan stres. Proses penuaan dini dimulai pada sekitar usia 25 tahun dan pada usia mendekati 40 tahun, kalsium serta mineral lainnya didalam tulang berkurang lebih cepat daripada seharusnya. Pada wanita menurunnya hormon Berikut makanan yang memiliki nutrisi terbaik untuk tulang: Produk Yang Mengandung SusuSusu adalah sumber kalsium utama yang wajib hadir setiap hari di dalam menu sehari-hari kita. Setiap 35 gram susu, mengandung kurang lebih 510 mg kalsium (baik skim maupun low-fat). Konsumsi susu sejak usia dini dapat membantu pembentukan tulang yang kuat dan sehat dan membantu mencegah penyakit seperti osteoporosis di kemudian hari.Dalam 245 gram yogurt hampir 50 persen nya adalah kalsium. Yogurt juga mengandung vitamin D yang dapat membantu pembentukan tulang yang kuat. 40 gram keju juga dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian. Produk Non-susuApabila anda termasuk orang yang alergi terhadap makanan yang mengandung susu, jangan kuatir. Masih banyak sumber makanan lain yang mengandung kalsium tinggi. Brokoli, seledri, wortel dan bayam adalah jenis sayur-sayuran yang kaya akan kalsium. Untuk buah-buahan anda dapat mengkonsumsi jeruk, papaya dan tomat. Untuk ikan ada ikan sarden, salmon dan tuna. Jangan lupa kacang-kacangan seperti almond dan kedelai juga mengandung banyak vitamin. estrogen menjadikan pengeroposan tulang menjadi lebih cepat.

5. Faktor yang Meningkatkan dan Menurunkan Absorpsi Kalsium Beberapa faktor yang dapat meingkatkan absorpsi kalsium, yaitu :1. Vitamin DVitamin D diubah menjadi bentuk aktif 1,25 dihidroksi vitamin D secara langsung mempengaruhi kemampuan sel usus untuk mengabsorpsi kalsium. Vitamin D mengatur pembentukan kalsium terikat protein yang merupakan pembawa kalsium masuk dalam usus dan melepaskannya ke dalam darah. Adanya vitamin D bentuk aktif dapat meningkatkan absorpsi kalsium sebanyak 10-30%2.LaktosaLaktosa dapat meningkatkan absorpsi pasif kalsium dengan meningkatkan kelarutan kalsium pada ileum. Pada bayi, misalnya laktosa dapat meningkatkan proporsi absorpsi kalsium sebanyak 33%3.Kebutuhan kalsiumKebutuhan kalsium yang tinggi seperti pada masa kehamilan, laktasi, remaja akan meningkatkan absorpsi kalsium sampai 50%. Bila asupan kalsium rendah, tubuh akan beradaptasi dengan mengabsoprsi kalsium dalam jumlah besar dan mengeksresi lebih sedikit.4. PottasiumPottasium bekerja berlawanan dengan sodium. Potassium membantu absorpsi klasium dalam tubuh yaitu dengan mengurangi kalsium lewat urin. Beberapa faktor yang menurunkan absorpsi kalsium,antara lain :1. Protein dan sodiumProtein terutama protein hewani dan sodium dapat menurunkan absorpsi kalsium melalui urin. Setiap penambahan 43mmol sodium akan menyebabak penambahan kehilangan 0,66 mmol (26,3 mg) kalsium dan setiap penambahan 1 g protein menyebabkan kehilangan 0,44 mmol (1,75 mg) kalsium.2. Fosfor Asupan tinggi fosfor mengurangi kehilangan kalsiu lewat urin, akan tetepai meningkatkan kelahilangan kalsium lewat feses pada waktu yang bersamaan sehingga tidak ada keuntungan yang didapat.3.Asam oksalatAsam oksalat terdapat dalam sayuran hijau daun, seperti bayam. Asam oksalat dengan kalsium akan membentuk kalsium oksalat yang tidak larut dan sulit diabsorpsi. Terbentuknya kalsium okslata tergantung pada jumlah asam oksalat yang ada. Jika terdapat kalsium dalm jumlah cuup untuk membentuk ikatan dengan asam oksalat maka tidak ada asam oksalat bebas utnuk bergabung dengan kaslium dari bahan makanan lain. Sayuran daun pada umunya banyak mengandung asam oksalat bebas dan mudah larut.4.Asam fitatAsam fitat juga membentuk ikatan garam denga kalsium yang tidak dapat dipisahkan dalam usus dan terlalu besar untuk diabsorpsi secara utuh oleh rute paraseluluer. Asam fitat terutama pada sekam padi/gandum. Asam fitat tidak terlalu merusak jika roti diragi dan ikatan fitat dihidrolisasi oleh enzim ragi selama proses fermentasi.5. Ketidakstabilan emosiEfisiensi absorpsi kalsium dapat dipengaruhi oleh stabilitas emosional individu. Stress, tegang, cemas, sedih, bosan dapat mengganggu absorpsi kalsium.6. Kurang Olah RagaOrang yang tidak melakukan olahraga ketahanan tubuh seperti berjalan, berlari, bed rest sehingga cenderung tidak aktif, dapat kehilangan 0,5% kalsium tulang perbulan dan sulit untuk mengganti kehilangan kalsium tersebut. Beberapa bukti menemukan bahawa kehilangan kaslium lebih disebabkan ole