Hematuria Aditya

Click here to load reader

  • date post

    14-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    13
  • download

    0

Embed Size (px)

description

ppt2

Transcript of Hematuria Aditya

Hematuria

Aditya Rachmat Febrianto 1102011007

Pembimbing:Dr. M. Johan, Sp.UHematuriaDefinisiHematuria adalah terdapatnya sel darah merah di dalam urineSecara umum, hematuria didefinisikan dengan adanya 5 atau lebih sel darah merah per lapang pandang dalam 3 dari 3 spesimen yang sudah disentrifugasi secara berturut-turut dan didapatkan setidaknya dalam jarak 1 minggu

EpidemiologiInsiden hematuria makroskopik tidak diketahui dengan pasti, tetapi lebih sedikit dibanding dengan hematuria mikroskopik. Hematuria makroskopik dilaporkan berjumlah 1,3/1.000 pada kunjungan ruang gawat darurat pediatri.Hematuria mikroskopik terjadi pada 32/1000 anak perempuan usia sekolah dan 14/1000 anak laki-laki.

EtiologiGlomerularPenyakit membrane basalis yang tipis (TBMD)Alport syndromeImmunoglobulin A (IgA) nefropathyHemolytic-uremic syndromePostinfectious glomerulonephritisLupus nephritisAnafilaktoid purpura (Henoch-Schonlein purpura)

Non-Glomerular Strenuous exerciseMechanical trauma (masturbation)Menstruation Foreign bodiesUrinary tract infectionHypercalciuriaSickle cell diseaseTumorsDrugs/toxinsAnatomic abnormalitiesHiperurikosuria

Klasifikasi

Manifestasi klinisRiwayat adanya gumpalan dalam urin menunjukan penyebab non-glomerularRiwayat demam, nyeri perut, dysuria, frekuensi, dan enuresis pada anak yang sudah besar menunjukan adanya infeksi saluran kemih Riwayat trauma abdomen menandakan adanya hidronefrosis

Manifestasi klinisRiwayat adanya pembengkakan periorbital di pagi hari, peningkatan berat badan, oliguria, urin berwarna hitam kecoklatan, dan adanya edema atau hipertensi menunjukan adanya kelainan pada glomerularHematuria akibat kelainan glomerular tidak menimbulkan rasa nyeriRiwayat mengalami infeksi kulit atau tenggorakan menunjukan adanya postinfectious glomerulonephritisManifestasi klinisRiwayat nyeri sendi, ruam kulit, dan demam berkepanjangan pada anak-anak menunjukan adanya kelainan collagen vascular disorderRuam kulit dan arthritis dapat terjadi pada Henoch-Schonlein Syndrome dan SLEInformasi mengenai olahraga, menstruasi, pemasangan kateter dalam waktu dekat, mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat juga membantu dalam menyingkirkan diagnosis bandingKarena beberapa penyakit dengan hematuria diturunkan melalui keluarga, maka anamnesis mengenai riwayat keluarga penting dalam Alport syndrome, collagen vascular disease, urolithiasis, atau polycystic kidney diseaseDiagnosisAnamnesisBagaimana warna urin yang keluar?Apakah diikuti dengan keluarnya bekuan darah?Dibagian manakah saat miksi urin berwarna merah?Apakah ada rasa nyeri?

B. Pemeriksaan fisikC. Pemeriksaan penunjangPemeriksaan darahUrinalisapH darahIVPUSGEndoskopi uretra dan kandung kemih

TatalaksanaTatalaksana untuk hematuria bergantung kepada etiologinya. Pengobatan lain: simtomatis seperti spasmolitik, antibiotik, koagulasia, transfusi darah. Jika terjadi gross hematuria maka harus di rawat di Rumah Sakit.

MedikamentosaAsimptomatik hematuria umumnya tidak memerlukan pengobatan.Intervensi bedahIntervensi bedah mungkin diperlukan jika ada kelainan anatomi tertentu, seperti obstruksi ureteropelvic junction, tumor atau urolitiasis yang signifikan

Diet Modifikasi diet biasanya tidak diindikasikan kecuali untuk anak-anak yang mungkin memiliki kecenderungan untuk hipertensi atau edema sebagai akibat dari proses penyakit utama mereka misalnya nefritis. Aktivitas Pembatasan dalam kegiatan fisik dapat diindikasikan pada anak dengan hipertensi berat atau penyakit kardiovaskular.

PrognosisPrognosis utama untuk berbagai kondisi yang berhubungan dengan hematuria tergantung pada kondisi penyakit utama yang menyebabkan hematuria.