Tutor 1 Blok 2.1 10 Maret 2015

17
Laporan Tutorial Blok 2.1 Skenario 1 Sistem Digestif Tutor : dr. Melida KELOMPOK 5 OECY MARDIANTI G1A114078 SRI TRIANA RUSLI G1A114079 RACHILLA ARANDITA S G1A114080 MUTIA RAMADHANI S.L G1A114081 NADIYAH PUTERI ARDHI G1A114082 SILVIA MARNITA G1A114083 AGUNG NOVRIYAN G1A114084 WULAN REKSA FORTUNA G1A114085 M.AINUN NAJIB G1A114086 M.HERPIAN NUGRAHADIL G1A114087

description

tutorial pbl

Transcript of Tutor 1 Blok 2.1 10 Maret 2015

Laporan Tutorial Blok 2.1Skenario 1Sistem Digestif

Tutor : dr. MelidaKELOMPOK 5

OECY MARDIANTIG1A114078SRI TRIANA RUSLIG1A114079 RACHILLA ARANDITA SG1A114080MUTIA RAMADHANI S.LG1A114081 NADIYAH PUTERI ARDHIG1A114082 SILVIA MARNITAG1A114083AGUNG NOVRIYANG1A114084WULAN REKSA FORTUNAG1A114085M.AINUN NAJIBG1A114086 M.HERPIAN NUGRAHADILG1A114087

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTERUNIVERSITAS JAMBITAHUN AJARAN 2014/2015

SKENARIO Ade yang seorang mahasiswa kedokteran sedang berjalan-jalan dengan kakaknya Adi. Tiba-tiba Ade merasa sangat lapar hingga ulu hatinya terasa nyeri. Kemudian mereka berdua pergi ke rumah makan. Sesampainya disana Ade melihat dan mencium bau makanan yang sangat lezat sampai ia merasa air liurnya bertambah banyak. Karena terlalu lapar , Ade ingin memesan semua makanan tetapi Adi yang seorang dokter menyarankan Ade untuk memesan makanan lengkap yang mengandung karbohidrat,protein,dan lemak. Ade makan dengan lahap dan sangat cepat tanpa dikunyah. Sehabis makan tiba-tiba Ade merasa perutnya mulas ,flatus dan ingin defekasi. Adi merasa sebaiknya menjelaskan langkah langkah menelan, mengunyah, dan pencernaan serta penyerapan makanan agar adiknya lebih paham dan memperbaiki kebiasaan makan.

1. KLARIFIKASI MASALAH Nyeri ulu hati: Nyeri pada region perut bagian atas yang terjadi pada saat lapar berhubungan dengan kekosongan lambung dan usus halus Lapar: Rasa ingin makan atau keadaan tubuh yang membutuhkan makanan Air liur: Hasil sekresi dari kelenjer aksesorius pencernaan dalam mulut Karbohidrat: Senyawa organik yang terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen yang sebagai sumber utama energi Protein : Energi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, zat yang dibutuhkan tubuh manusia untuk beregenerasi Lemak: Ikatan organik yang terdiri dari unsur karbon, zat yang memiliki sumber energi paling besar Makanan lengkap: Makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna Lahap: Semangat makan yang tinggi Mulas: Rasa sakit perut Flatus: Pengeluaran gas dari anus (kentut) Defekasi: Pembuangan zat zat sisa pencernaan melalui anus (BAB)

2. IDENTIFIKASI MASALAH1. Bagaimana anatomi sistem digestivus ?2. Bagaimana mekanisme terjadinya lapar ?3. Kenapa pada saat lapar ,ulu hati terasa nyeri ?4. Bagaimana mekanisme terjadinya nyeri ulu hati ?5. Kenapa ketika mecium bau lezat, air liur bisa bertambah banyak ? 6. apa saja jenis makanan yang mengandung karbohidrat , protein dan lemak ?7. apa saja proses pencernaan dan peryerapan dalam tubuh secara umum ?8. Bagaimana proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat, protein ,dan lemak di dalam tubuh ?9. Bagaimana metabolisme pembentukan karbohidrat, protein ,dan lemak ?10. Kenapa setelah makan perut menjadi mulas, flatus dan ingin defekasi ?11. Apa penyebab flatus ?12. Bagaimana mekanisme defekasi ?13. Bagaimana mekanisme menelan ?14. Bagaimana mekanisme mengunyah ?15. Apa saja organ yang digunakan saat mengunyah dan menelan ?16. Apa pengaruh mengunyah dengan baik terhadap pencernaan ?17. Bagaimana kebiasaan makan yang baik dan benar sesuai ilmu gizi kedokteran ?

3. ANALISIS MASALAH 1. Bagaimana anatomi sistem digestivus ?Sistem Digestive terdiri dari Traktus Digestive dan Organ Assesorius.

A. Traktus digestivus1. Vestibulum OrisVestibulum oris ialah ruangan yang dibatasi disebelah luar oleh bibir dan pipi,sementara sebelah dalam oleh procesus alveoIaris dan arcus dentalis. Labium oris dibentuk m. orbicularis oris, m. triangularis, m. incicivus labii inferioris, m. quadratus labii inferioris, m. incisivus labii superioris, m. quadratus labii superioris, m,caninus, m. zygomaticus dan m. risorius. Rima oris (celah mulut), dibatasi oleh labium superius dan labium inferius yang bertemu pada angulus oris dan membentuk comissura labiorum. Pada labium superior dan inferior di linea mediana terdapat alur dari basal ke oral yang disebut phitirum.Vascularisasi : Rete labialis superior dan Rete labialis inferiorInnervasi : motoris labium dan bucca oleh nervus facialis dan otot-otot lain oleh plexus pharyngeus

2. Cavum orisCavum oris (rongga mulut) merupakan gerbang masuk ke sistem gastrointestinal. Cavum dibagi dalam cavum oris propium dan vestibulum oris. Atap cavum oris propium dibentuk oleh palatum yang terdiri dari palatum durum dan palatum molle. Batas anterior dan lateral adalah permukaan lingual arcus dentalis rahang atas dan bawah. Batas posterior cavum oris adalah palatum molle , arcus palatoglossus dan dorsum linguae. Cavum oris dipisahkan dari pharynx oleh isthmus faucium. Dasar cavum oris propium dibentuk oleh m. digastrius venter anterior, m. mylohyoideus dan m. geniohyoldeus.

Palatum durum dibentuk oleh processus palatinus ossis maxilaris dan pars horisontalis lamina horizontalis ossis palatini sedangkan palatum molle dibentuk oleh aponeurosis palatinus, m. palatoglcssus dan m. Uvulae.

3. OesophagusOeshopagus merupakan struktur berbentuk tubular yang menghubungkan pharyx dengan gaster. Panjangnya sekitar 25 cm dab berdiameter 2 cm, terbentang dari hipofaring dan kardia lambung. Oesophagus terletak di belakang lobus hepatis sinister.Terdapat tiga saluran:a. Atas selalu menutup, karena ada spinchter oeshophagus superior.b. Tengah pada percabangan bronkus.c. Bawah selalu menutup karena spinchter oeshofagus inferiorMengalami 3 kali penyempitan/konstriksi :a. Peralihan antara faring menjadi oesophagusb. Menyilang arcus aortac. Bermuara pada gaster, tempat muaranya dinamakan muara cardia

4. Gaster Gaster terletak di daerah kuadran kiri atas ,epigastrium,dan regio umbilicalis dan sebagian besar ditutupi costae.Sumbu panjang gaster berjalan kebawah dan depan kanan dan kemudian berjalan ke belakang dan sedikit ke atas. Lambung adalah kelanjutan dari esophagus, berbentuk seperti kantung. Lambung dapat menampung makanan 1 liter hingga mencapai 2 liter. 5. Intestinum tenue(usus kecil)Intestinum tenue dibagi menjadi tiga bagian:a. Duodenum(usus dua belas jari)Duodenum merupakan bagian pertama intestinum tenue,dan sebagian besar terletak dalam pada dinding posterior abdomen. Panjang duodenum adalah 2,5 cm dan berbentuk seperti sepatu kuda. Duodenum terletak pada regio epigastrica dan umbilicalis.Duodenum berbentuk seperti huruf C yang terbentang dari gaster disekitar caput pancreas sampai ke jejunum,Kira kira di pertengahan panjang duodenum bermuara ductus choledochus dan duktus pancreaticus. Duodenum merupakan bagian usus kecil yang paling pendek tetapi paling luasb. JejunumMenempati dua per lima proksimal usus kecil,sedangkan ileum menempati tiga per lima distal. Adalah lebih kosong,diameter lebih besar dan berdinding lebih tebal daripada ileum Mempunyai area-area tembus cahaya yang disebutjendela antara pembuluh darah dan mesenteriumnya.c. IleumLebih panjang dari pada jejunum dan terletak di dalam rongga pelvis. Dicirikan oleh adanya plaque peyer (bagian bawah),plikae sirkularis dan vasa rekta yang lebih pendek dan lemak mesentrika.6. Intestinum crassum(usus besar)Panjang usus besar adalah 1,5 m dan merupakan sambungan dari usus halus.Intestinum crassum dibagi menjadi 5 yaitu:a. Caecum Caecum merupakan kantong dengan ujung buntu yang menonjol kebawah pada region iliaca kanan dibawah juncturaileocaecalis. Appendix veriformis berbentuk seperti cacing dan berasal dari sisi medial caecum. Colon ascendensColon ascendens berjalan ke atas dari caecum ke permukaan inferior lobus hepatis dexter,menempati regio kanan bawah dan kuadran atas . Pada waktu mencapai hepar,colon ascendens membelok ke kiri membentuk flexura coli dextra. Colon transversum Colon transversum menyilang abdomen di region umbilicalis dai flexura coli dextra sampai flexura coli sinistra.Colon transversum membentuk lengkungan berbentuk huruf U besar.

Rectum / AnusRectum merupakan pintu keluar dari colon, anus selalu tertutup karena dijaga oleh dua sfinkter yaitu: Sfinkter ani internum (sebelah dalam); involunter dan membuka secara reflek, jika ada feses masuk rectum,terjadi reflek defekasi. Sfinkter ani eksternum (sebelah luar sfinkter ani internum); volunteer

b. Organ Assesorius1. LinguaAdalah massa otot lurik yang ditutupi oleh membrane mucosa.,2/3 bagian anteriornya terletak didalam mulut,dan 1/3 bagian posteriornya terletak di pharynx

2. Dentis(gigi)Gigi terbuat dari bahan yang keras yaitu dentin. Bagian gigi yang menjulang di atas gigi yang menjulang di atas gusi ditutupi oleh email. Terdapat 2 kelompok yaitu: gigi sementara(gigi sulung) dan gigi tetap.Jumlah gigi sulung adalah 10 buah pada tiap rahang terdiri dari 2 gigi seri(insisvus),1 gigi taring(kanina),dan 2 gigi geraham(molar). Jumlah gigi tetap adalah 32 buah(16 buah tiap rahang) terdiri dari 2 gigi seri (insisvus),1 gigi taring(kanina),2 geraham depan(premolar),dan 3 geraham belakang(molar).Gigi seri berfungsi untuk memotong makananGigi taring berfungsi untuk mengoyak makanan .Gigi geraham berfungsi untuk mengunyah makanan.

3. Glandula salivaTiga buah glandula saliva yang besar dapat dipalpasi,yakni: Glandula parotis terletak dibawah telinga dalam celah di antara mandibula dan pinggir anterior m.sternocleidomastoideus. Glandula submandibularis dapat di bagi menjadi pars superfisialis dan pars profunda. Pars superfisialis terletak dibawah margo inferior corpus mandibulae.Pars profunda glandula submandibularis,duktus submandibularis,dan glandula sublingualis. Glandula sublingualis dapat dipalpasi melalui membrana mucosa yang menutupi dasar mulut didalam celah antara lidah dan mandibula.Duktus submandibularis bermuara ke dalam mulut di samping frenulum linguae.

2. Bagaimana mekanisme terjadinya lapar ?

3. Kenapa pada saat lapar ,ulu hati terasa nyeri ?Penyebab terjadinya nyeri ulu di hati karena adanya kontraksi pada lambung pada saat lambung itu kosong, menyebabkan kadar glukosa pada tubuh rendah sehingga memicu kontraksi peristaltik kuat dinding lambung dan meningkatnya sekresi HCl dalam lambung (asam lambung meningkat).

4. Bagaimana mekanisme terjadinya nyeri ulu hati ?

5. Kenapa ketika mecium bau lezat, air liur bisa bertambah banyak ? Karena terjadi reflex liur terkondisi, dimana meskipun tanpa adanya stimulasi oral, ketika mencium, berpikir, dan melihat makanan lezat sinyal dari luar mulut dan secara medial dikaitkan dengan kenikmatan makan,bekerja melalui korteks serebri untuk merangsang pusat liur di medulla.

6. apa saja jenis makanan yang mengandung karbohidrat , protein dan lemak ?

7. apa saja proses pencernaan dan peryerapan dalam tubuh secara umum ? Ingesti: pemasukan makanan ke dalam mulut Digesti: proses pengunyahan Mastikasi: proses pengunyahan makanan oleh gigi Deglutisi: mengubah makanan menjadi molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim yg terdapat di lambung Propulsi: pergerakan usus untuk mencampur zat makanan Absopsi: proses penyerapan yang terjadi di intestinum tenue Defekasi: proses pengeluaran makanan yang tidak berguna dari anus

8. Bagaimana proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat, protein ,dan lemak di dalam tubuh ?9. Bagaimana metabolisme pembentukan karbohidrat, protein ,dan lemak ?10. Kenapa setelah makan perut menjadi mulas, flatus dan ingin defekasi ?11. Apa penyebab flatus ?12. Bagaimana mekanisme defekasi ?13. Bagaimana mekanisme menelan ?Menelan adalah mekanisme yang kompleks, terutama karena faring membantu fungsi pernapasan dan menelan. Faring diubah hanya dalam beberapa detik menjadi traktus untuk mendorong masuk makanan. Yang terutama penting adalah bahwa respirasi tidak terganggu karena proses menelan. Pada umunya, menelan dapat dibagi menjadi: tahap volunteer, yang mencetuskan proses menelan, tahap faringeal, yang bersifat involunter dan membantu jalannya makanan melalui faring ke dalam esophagus tahap esophageal, fase involunter lain yang mengangkut makanan dari faring ke lambung

14. Bagaimana mekanisme mengunyah ?Adanya bolus makanan di dalam mulut pada awalnya menimbulkan penghambat refleks otot untuk mengunyah, yang menyebabkan rahang bawah turuh ke bawah. Penurunan ini kemudian menimbulkan refleks regang pada otot-otot rahang bawah yang menimbulkan kontraksi rebound. Keadaaan ini secara ototmatis mengangkat rahang bawah yang menimbulkan pengatupan gigi, tetapi juga menekan bolus melawan dinding mulut, yang menghambat otot rahang bawah sekali lagi, menyebabkan rahang bawah turun dan kembali rebound pada saat yang lain dan ini terjadi berulang-ulang.

15. Apa saja organ yang digunakan saat mengunyah dan menelan ?16. Apa pengaruh mengunyah dengan baik terhadap pencernaan ?17. Bagaimana kebiasaan makan yang baik dan benar sesuai ilmu gizi kedokteran ?

Diskusi 10 maret 20151. Bagaimana mekanisme lapar ?Rendahnya gula darah2. Kenapa ulu hatinya terasa nyeri ?Karena terjadinya pengosongan di lambung sehingga asam lambung meningkat, sehingga terjadinya kontraksi pada lambung. Karena adanya gerakan peristaltik sehingga menyebabkan pergesekan dinding lambung dan ada asam lambung sehingga ada iritasi pada dinding lambung yang menyebabkan nyeri. 3. Apa penyebab air liur bisa bertambah banyak ?Karena jika kita melihat dan mencium makanan pada keadaan lapar sinyal sinyal makanan akan masuk ke korteks cerebri lalu melanjutkan ke medula dan lalu lanjut ke saraf saraf yang mempersarafi gladula saliva sehingga gladula akan menyekresikan saliva

4. Mengapa Adi menyuruh Ade memesan makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak ?Agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi sehingga dapat menghasilkan energi yang cukup untuk beraktivitas dan gizinya seimbang. 5. Jenis makanan apa saja yang mengandung karbohidrat , protein dan lemak ?KarbohidratproteinLemak

Nasi Jagung Sagu Gandum kentang daging telur ikan susu kacang kacangan sayur sayuran Coklat Mentega Minyak Makanan yang di goreng

6. Apa penyebab dari flatus ?Karna makan kacang kacanga dan makanan yang tidak dicerna seperti serat

7. Mengapa perutnya bisa mulas ? (LI)

8. Bagaimana mekanisme defekasi ?

Setelah makan akan mengalami kontraksi pada ilium caecum colon ascendens colon tranversum colon desendens colon sigmoid rectum canalis analis anus.Ketika makanan masuk lambung akan ada refleks gastrokolin, sehingga refleks tersebut menyebabkan terdorongnya isi colon ke dalam rektum sehingga memicu refleks defekasimenyebabkan sphingter ani internus melemas dan rectum dan colon sigmoid berkontraksi lebih kuat jika sphingter ani eksternus melemas terjadi defekasi

9. Apa pengaruh mengunyah dengan baik terhadap pencernaan ? Mengurangi keadaan makanan yang tidak sehat Mengurangi stress Menghindari makan secara emosional Untuk memudahkan proses pencernaan makanan Menghindari tersedak Menurunkan berat badan 10. Bagaimana mekanisme menelan ?Makanan masuk ke cavum oris ,dan dipecah menjadi partikel besar dan kecil bercampur dengan saliva oro faring laringofaring esofagus gaster 11. Bagaimana mekanisme mengunyah ?Makanan masuk dipotong, dirobek, digilas oleh dentes dibantu oleh m.buccinator, m. Mylohioid, m. Temporalis, m. Digestrius venter anterior

12. Bagaimana proses pencernaan dan pernyataan dalam tubuh ? Ingesti: pemasukan makanan ke dalam mulut Digesti: proses pengunyahan Mastikasi: proses pengunyahan makanan oleh gigi Deglutisi: mengubah makanan menjadi molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim yg terdapat di lambung Propulsi: pergerakan usus untuk mencampur zat makanan Absopsi: proses penyerapan yang terjadi di intestinum tenue Defekasi: proses pengeluaran makanan yang tidak berguna dari anus13. Bagaimana anatomi sistem digestivus ? Alimentarius: cavum oris, faring(orofaring dan laringofaring), esofagus, gaster, intestinum tenue (duodenum,jejenum,ileum) , intestinum crassum (caecum, colon ascendens, colon tranversum , colon descendens , colon sigmoid), rectum, canalis analis, anus Accesorius : dentes, lingua, hepar, vesica fellea, pancreas, gladula saliva ( psrotis, submandibularis, sublingualis )

14. Bagaimana kebiasaan makan yang baik dan benar ? Banyak makan sayur mayur konsumsi banyak jenis nutrisi makanan menghindari minum berlebihan saat makan makan dengan porsi yang sesuai baca doa sebelum dan sesudah makan menguyah 32 kali makan sambil duduk dan makan dengan teratur setelah menelan makanan tunggu mulut sampai kosong dan baru masukan makanan lagi

15. Apa saja organ yang digunakan saat mengunyah dan menelan ? Dentes (incisivus, caninus, premolar, molar) Lingua Gladula saliva Faring (orofaring dan laringo faring) Oesofagus

Note :LI no 7Bagaimana pencernaan dan penyerapanBagaimana