Pemurnian Sol

download Pemurnian Sol

of 5

  • date post

    07-Dec-2014
  • Category

    Documents

  • view

    144
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Pemurnian Sol

PEMURNIAN SOL

Di dalam pembuatan suatu sistem koloid, sering terdapat partikel-partikel zat terlarut yang tidak diinginkan. Partikel-partikel ini dapat mengganggu kestabilan koloid sehingga harus dihilangkan / dimurnikan. Ada beberapa metode pemurnian yang dapat digunakan yaitu : 1. Dialisis 2. Elektrodialisis 3. penyaring ultra.

1. DIALISIS Dialisis merupakan proses pemurnian koloid dengan membersihkan atau menghilangkan ion-ion pengganggu menggunakan suatu kantong yang terbuat dari selaput semipermiabel. Peristiwa dialisis ini diaplikasikan dalam proses pencucian darah di dunia kedokteran.

Gambar. Proses dialysis

Gambar. Proses cuci darah

2. ELEKTRODIALISIS Proses pemurnian koloid sol dengan metode dialisis yang di pengaruhi oleh medan listrik. Diamana ion ion yang terkandung dalam koloid akan menuju elektroda yang bermuatan berlawanan. Oleh karena melibatkan arus listrik, elektrodialisis hanya dapat digunakan untuk memisahkan partikel -partikel zat terlarut elektrolit.

Gambar . elektrodialisis

3. Penyaring UltraTelah disebutkan bahwa partikel-partikel koloid tidak dapat disaring dengan penyaringan biasa seperti keras saring. Hal ini disebabkan pori-pori kertas saring terlalu besar dibandingkan ukuran partikel -partikel koloid. Namun, apabila kertas saring tersebut diresapi dengan selulosa seperti selofan (cellphane), maka ukuran pori-pori kertas saring akan berkurang. Dan ini disebut penyaring ultra.

Gambar. Penyaring Ultra