MAKALAH MANAJEMENT SDM STRATEJIK

download MAKALAH MANAJEMENT SDM STRATEJIK

of 38

Embed Size (px)

Transcript of MAKALAH MANAJEMENT SDM STRATEJIK

TUGAS MAKALAH MANAGEMENT SDM STRATEJIKDosen pengampu : Ade fauji.SE.,MM KELAS 6. A. MA

Disusun oleh:Nama: kiki taqiudinNim: 11131688Kelas: 6 A MSDM

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BINA BANGSA SERANGJl. Raya Serang Jakarta Km. 03 No. 1 B ( Pakupatan ) telp. 0254 220158. Fax. 0254 220157. Kota Serang - Banten.

ii

Kata pengantarPuji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berisikan tentang SUMBER DAYA MANUSIA STRAREJIK.Makalah ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi para pembaca dan dapat digunakan sebagai salah satu pedoman dalam proses pembelajaran Sumber daya manusia.Saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangannya karena pengetahuan yang saya miliki cukup terbatas. Oleh karena itu, saya berharap kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, saya sampaikan terima kasih.

Serang,Juni 2016

penulis

Daftar isiKata pengantariDaftar isiiiBAB I3PENDAHULUAN31.1 LATAR BELAKANG31.2 RUMUSAN MASALAH4BAB II6PEMBAHASAN62.1 LINGKUNGAN EXTERNAL DAN GLOBAL SERTA SDM62.2 ANALISIS DAN RANCANGAN PEKERJAAN72.3 PERENCANAAN PEKERJAAN SDM122.4 ANALISIS KEBUTUHAN SDM152.5 REKRUTMEN DAN SELEKSI192.6 TEKNIK WAWANCARA212.7 PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN222.8 ORIENTASI,PENEMPATAN DAN PHK262.9 PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KARIR292.10 MANAJEMEN KOMPENSASI302.11 PENILAIAN KINERJA312.12 SDM DAN SISTEM AGRIBISNIS35BAB III38PENUTUP381.3KESIMPULAN38DAFTAR PUSTAKA39

BAB IPENDAHULUAN1.1 LATAR BELAKANGManajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapai sasarannya.Manajemen strategis adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.Manajemen strategis merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang biasanya disusun oleh dewan direksi dan dilaksanakan oleh CEO serta timeksekutif organisasi tersebut. Manajemen strategis memberikan arahan menyeluruh untuk perusahaan dan terkait erat dengan bidang perilaku organisasi.Manajemen strategis berbicara tentang gambaran besar. Inti darimanajemen strategis adalah mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber dayanya,dan bagaimana sumber daya yang ada tersebut dapat digunakan secara palingefektif untuk memenuhi tujuan strategis. Manajemen strategis di saat ini harus memberikan fondasi dasar atau pedoman untuk pengambilan keputusan dalamorganisasi. Ini adalah proses yang berkesinambungan dan terus-menerus. Rencanastrategis organisasi merupakan dokumen hidup yang selalu dikunjungi dan kembali dikunjungi. Bahkan mungkin sampai perlu dianggap sebagaimana suatucairan karena sifatnya yang terus harus dimodifikasi. Seiring dengan adanyainformasi baru telah tersedia, dia harus digunakan untuk membuat penyesuaiandan revisi.Menurut Thomas L.Wheelen J. David Hunger manajemen strategi adalahserangkaian dari pada keputusan majerial dan kegiatan-kegiatan yang menentukankeberhasilan perusahaan dalam jangka panjang. Kegiatan tersebut terdiri dariperumusan / perencanaan strategi, pelaksanaan / implementasi, dan evaluasiLingkungan dunia yang mengalami perubahan seperti adanya globalisasi,control masyarakat, perkembangan teknologi, memberikan dampak bagi perkembangan suatu negara maupun bisnis. Control masyarakat terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintahan maupun perusahaan, sehingga pemerintah maupun pemimpin perusahaan tidak dapat membuat kebijakan yang mengabaikan kepentingan masyarakat. Oleh sebab itu dalam menjalankan kegiatannya perlu adanya keselarasan antara kompetensi yang dimiliki perusahaan maupun pemerintah dengan lingkungan yang ada di luar organisasi (perusahaan danpemerintah).Pertimbangan global praktis berdampak pada keputusan strategis, batas-batas negara diabaikan.Untuk mengetahui dan menghargai dunia dari perspektiforang lain telah menjadi masalah hidup atau mati untuk bisnis. Dengan demikianperlu adanya kegiatan dalam pengambilan keputusan yang disesuaikan antarak emampuan yang dimiliki dengan lingkungan yang ada di sekitar sehingga perlunya adanya manajemen strategi.

1.2 RUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka permasalahan yang akan di bahas dalam makalah ini adalah: 1.Bagaimana Lingkungan External Dan Global Serta Sdm?2.Bagaimana Analisis Dan Rancangan Pekerjaan?3. Bagaiman Perencanaan Pekerjaan Sdm?4. Bagaimana Analisis Kebutuhan Sdm?5. Bagaiman Rekrutmen Dan Seleksi?6. Bagaimana Teknik Wawancara?7. Bagaimanapelatihan Dan Pengembangan?8. Bagaiamana Orientasi,Penempatan Dan Phk?9. Bagaimana Perencanaan Dan Pengembangan Karir?10. Bagaiman Manajemen Kompensasi?

11. Bagaimana Penilaian Kinerja?12. Bagaimana Sdm Dan Sistem Agribisnis

BAB IIPEMBAHASAN2.1 LINGKUNGAN EXTERNAL DAN GLOBAL SERTA SDMLingkungan di dalam perusahaan yang sedang beroprasi memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan perusahaan,akibat perubahan lingkungan yang semakin mengglobal perusahaan makin banyak tantangan,kemampuan perusahaan untuk menerapkan atau mengubah strategi untuk mengkompensasi atau mengambil manfaat dari perubahan perubahan akan menciptakan keberhasilan.Sebuah perusahaan membuat keputusan strategis sehubungan dengan lingkungannya keputusan tersebut untuk menyiapkan terjadinya keterkaitan dengan lingkungannya,dan mengembangkan arah dasar perusahaannya. Keterkaitan keputusan strategis perusahaan dengan lingkungan Lingkungan external keputusan maksud,misi,arah Kesempatan dan ancaman strategic dasar dan tujuan perusahaan Perusahaan dapat menerapkan sytrategi bertahan para status quo berfokus pada garis yang terbatas secara produk dan cara mempertahankan posisinya di pasar untuk melawan pesaingnya,pemerintah dsb.Perusahaan dapat menjadi penyelidik para penyidik selalu mencari kesematan pasar yang baru dan secara agresig mencari upaya untu mengembangkan produk dan pasar baru.Perusahaan dapat menjadi praksi,melihat perubahan perubahan mereka yang di lingkungannya sulit menghadapi perubahan yang cepat.Komponen lingkungan eksternalLingkugan eksternal bersifat multifaset dan komplek,lingkungan tersebut memiliki banyak unsur yang dapat mempengaruhi keerhasilan perusahaan.lingkungan kemasyarakatan terdiri dari:a.Tekanan sosio budaya dan demografib.Tekanan hukum dan politikc.Tekanan teknologid.Tekanan ekonomi1.Lingkungan kemasyarakatan meliputi kecenderungan beragam dan tekanan tekanan umum yang tidak ada hubunganya dengan perusahaan,mislnya pasar kerja,pasar pelanggan atau klien.tekanan tersebut secara tidak langsung mempengaruhi keberhasilan sebuah perusahaan.2.lingkugangan kemasyarakatan a.Tekanan ekonomiTekanan ekonomi dapat di perkirakan sebagai sebuah mekanisme yang memerlukan sikap pelaku bisnisb.Tekanan teknologiTekanan teknologi memiliki penaruh utama pada formulasi keseluruahan setrategi SDM,teknologi dapat di pandang sebagai senidan ilmu dari poduksi dan distribusi.teknologi juga dapat mempengaruhi substansial pada rancangan pekerjaan.contoh kemajuan teknologi antara lain computer yang pengaruhnya terhadap kinerja karyawan.c.Tekanan politik dan hokumMisalnya peraturan upah minimum jalan perusahaan labil.jika upah minimum regional tidak terpenuhi terjadi demonstrasi dan mogk kerja karyawan.d. Tekanan sosio budaya dan demografiContohnya,semakin terbuka kesempatan kerja bagi angkatan kerja perempuan maka terjadi peningkatan permintaan untk pekerja rumah tangga pengasuh bayi.

2.2 ANALISIS DAN RANCANGAN PEKERJAANAnalisis Pekerjaan adalah proses pengumpulan informasi mengenai suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seorang pekerja, yang dilaksanakan dengan mengamati cara atau mengadakan interview terhadap pekerja, dengan bukti-bukti yang benar supervisor. Analisis pekerjaan ini akan menghasilkan suatu daftar uraian pekerjaan pernyataan tertulis mengenai kewajiban-kewajiban pekerja dan bisa juga mencakup standart kualifikasi, yang merinci pendidikan dan pengalaman minimal yang diperlukan bagi seorang pekerja untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban dari kedudukannya secara memuaskan.B. Tujuan Analisis PekerjaanAnalisis pekerjaan dipakai untuk berbagai tujuan, baik sektor publik maupun sektor swasta. Berikut ini tujuan dari analisis pekerjaan :1.Job description, yang berisi informasi pengeidentifikasian pekerjaan, riwayat pekerjaan, kewajiban-kewajiban pekerjaan, dan pertanggungjawaban, spesifikasi pekerjaan atau informasi mengenai standar- standar pekerjaan.2.Job classification,penyusunan pekerjaan-pekerjaan ke dalam klas-klas, kelompok-kelompok, atau jenis-jenis berdasarkan rencana sistematika tertentu. Rencana sistematika tradisional biasanya didasarkan pada garis kewenangan organisasi, isi tugas/pekerjaan yang didasrkan pada teknologi, dan tugas/pekerjaan ini pada gilirannya didasarkan pada perilaku manusia.3.Job evaluation,suatu prosedur pengklasifikasian pekerjaan berdasarkan kegunaan masing-masing di dalam organisasi dan dalam pasar tenaga kerja luar yang terkait.4.Job desing instructuring,meliputi usaha-usaha untuk mengalokasi dan merestrukturalisasikan kegiatan-kegiatan pekerjaan ke dalam berbagai kelompok.5.Personal requirement/spesifications,berupa penyusunan persyaratan-persyaratan atau spesifikasi-spesifikasi tertentu bagi suatu pekerjaan, seperti pengetahuan(knowledge), ketrampilan(skills), ketangkasan(aptitudes), sifat-sifat dan ciri-ciri(attributes and traits) yang diperlukan bagi keberhasilan pelaksanaan suatu pekerjaan.6.Performance appraisal,tujuan pentin