Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 1 Agustus 2012

download Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 1 Agustus 2012

of 27

  • date post

    20-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    454
  • download

    34

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 14719 TH XL/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 1 Agustus 2012

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post1 AGUSTUS 2012/

    12 RAMADAN 1433 H

    RABU

    NO. 14719 TH XL/ ISSN 0215-298728 HALAMANRP 3.000

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    Hal 6 kol 1-3

    + Alat simulatornya kada tapakai jar, Lak-ai- Bawa ka Pasar Wadai gasan ganti odong-

    odong, Nang-ai

    SEBUAH foto hitam putih yang akan dipamerkandi exhibition The Birth of Photography di Mannheim,Jerman, pada 9 September 2012 nanti, diklaimsebagai potret pertama dalam sejarah dunia.

    Foto berjudul View From TheWindow At Le Gras (Peman-

    dangan dariJendela di LeGras) itu diya-kini dibuat pada1826 oleh pio-nir fotografi, Ni-cephore Niep-ce, di pedesa-an Saint Loupde Varennes,Perancis, dan

    terakhir dipamerkan pada 1898 di London.Hasil penelitian Getty Conservation Institute

    pada 2002-2003 menemukan ada aspal Yudea,lapisan peka cahaya, yang digunakan untuk fototersebut. Niepce memotretnya menggunakankamera obscura dengan fokus 8 hingga 10 incipiring timah yang dilapisi aspal Yudea.

    Niepce diperkirakan menempatkan sebuahlembaran di dalam kamera obscura untukmenangkap gambar lalu menghapusnya 8 jamkemudian. Kemudian ia mencucinya denganminyak lavender untuk menghapus aspal tidakterpapar. (DMC/WOW)

    Panyakit TL

    12:30 18:3015:53 19:4205:1005:00

    SALAWAS bulan puasaini Palui sapakawalanrajin banar basubuh dimasigit. Biasanya

    imbah tuntungbasahur bubuhannyatakumpul di gardurunda lalu baimbaitulakan sambahyang.Kamana Tulamaksudah talu hari ini

    Foto Pertama di Dunia

    DAILYMAIL

    Komentar lain di hal 4

    KitaKPK mengge-

    ledah Kantor KorpsLalu Lintas (Kor-lantas) Mabes Polriterkait kasus dugaankorupsi pengadaansimulator motor danmobil untukpembuatan SIM.

    Gabung di Pages BPostOnline

    Ratih Deshinta MoelCUKUP mengagetkanmendengar KPKberhasil menyelidikisalah satu instansipenegak hukum. InimerupAkan salah satubukti bahwa KPKtidak tebang pilih.

    MEMPERBANYAKmembaca Alquran sa-ngat dianjurkan bagimereka yang menjalan-kan ibadah puasa Ra-madan. Dengan mem-perbanyak membacaAlquran maka shoimakan memperoleh keuta-maan dan pahalanya. Sebab,Alquran adalah sebaik-baik-nya kitab, yang diturunkankepada rasul yang mulia un- Hal 6 kol 4-7

    Pedoman Membaca Alquran

    tuk umat terbaik.Bagi setiap muslim, Alqu-

    ran diturunkan untuk dibaca,

    YADIMIN tak langsungpercaya ketika dihubungi Ban-jarmasin Post melalui telepongenggamnya sebagai peme-nang utama hadiah GebyarVoucher Banjarmasin Post,satu unit sepeda motor SuzukiAxelo, Selasa (31/7).

    Bell Boy Hotel RodithaBanjarmasin itu langsungmengecek kembali ke Ban-jarmasin Post apakah peme-nangnya sudah diumumkan.

    Saya dapat informasi pe-ngumuman tanggal 2 Agustusnanti, jadi setengah percaya dantidak. Saya khawatir ini peni-puan yang berkedok peme-nang undian, katanya saat d-itemui di Hotel Rodhita, Selasa(31/7).

    Setelah mengetahui dirinyasebagai pemenang, Yadi,panggilan seharinya-harinya

    Pengumumanpemenang

    GebyarVoucher HUT

    ke-41BanjarmasinPost dapat

    dilihat di edisi2 Agustus

    2012.

    Yadimin Mimpi Dikejar Perempuan Cantiklangsung mengucapkan pujidan syukur. Syukur Alham-dulillah saya mendapatkanhadiah utama Geyar Voucheryang dilaksanakan Banjar-masin Post. Berarti keinginanputra saya mendapatkan se-peda motor baru akhirnyatercapai, katanya.

    Dituturkan Yadi, sepedamotor itu akan menjadi ha-diah ulang tahun ke-4 anak-nya, Nurul Qomar, yang jatuhpada malam 17 Ramadhannanti.

    warga Jalan Soetoyo S GangBina Bahari RT 5 Banjarmasinitu mengaku mengirimkan 200lembar kupon hasil menggun-ting koran bekas yang diting-gal penghuni hotel yang sudahcheck out.

    Korannya saya kumpul-kan dan saya potong bersama

    anak saya (Nurul). Alham-dulillah keinginan anak men-dapat sepeda motor baru ter-capai, tuturnya.

    Ditambahkan dia, malamsebelumnya dia seperti men-dapat firasat. Dia bermimpidikejar-kejar perempuan can-tik, ternyata artinya sayamendapat sepeda motor,ujarnya sambil tersenyum.

    Pencabutan undian hadiahutama ini dilakukan Danrem101/Antasari, Kolonel Inf MHerindra didampingi Pemim-pin Umum Banjarmasin PostGroup, HG Rusdi Effendi AR,disaksikan Pemimpin RedaksiBanjarmasin Post Group, Yus-ran Pare, Pemimpin Peru-sahaan, A Wahyu Indriyanta,perwakilan dari 18 sponsor,

    Hal 6 kol 4-7

    BANJARMASIN, BPOST - Dugaanterjadinya permainan dalam pene-rimaan mahasiswa baru jalur Man-diri di Universitas Lambung Mang-kurat (Unlam) kini makin jadi so-rotan. Khususnya dugaan penitipanmahasiswa dan besaran sumba-ngan.

    Pernyataan Rektor Unlam, HMRuslan, adanya kelulusan ganda padaprogram bertajuk Senyum (Seleksi-nya Unlam Mandiri) itu akibat kesa-

    BANJARMASIN, BPOST - Pelak-sanaan hari kedua pelaksanaan ujikompetensi guru (UKG) masih dike-luhkan para guru. Bukan karenakoneksi server, tapi soal mata pela-jaran IPA.

    seperti yang diungkapkan guruSMPN 1 Banjarmasin, Faridal Edi.Dari 100 soal, ada dua soal gambaryang cacat.

    Satu di antaranya membahas ten-tang magnet. Namun, gambar yang Hal 6 kol 1-3

    Lobi Cukup Titip Namalahan saat pengetikan, pun diper-tanyakan kebenarannya.

    Dewan Perwakilan MahasiswaKomisi I Bidang Hukum dan SosialPolitik KM Unlam, Fahrul Razi, punmakin geram dan jengkel.

    Saya nilai penjelasan rektor ituaneh. Masa beliau mengatakan salahketik terkait soal kelulusan seseo-rang, tegasnya, Selasa (31/7).

    Hal 6 kol 4-7

    Gambar Soal Tak Munculseharusnya bagian dari soal ternyatatak muncul. Alhasil, ia menjawabdengan cara menerka.

    Pun dengan soal mengenai trafo.Menurutnya, salah satu komponentidak ada dalam gambar trafo ter-sebut. Tak bisa dimasukkan dalamrumus. Soal ini pun ia jawab dengancara menerka.

    Ini IPA terpadu, sementara back-

    NAYPYIDAW, BPOST - Men-jadi sorotan dunia karena aksipemusnahan estnis Rohong-ya di negerinya, PemerintahMyanmar pun gerah. Melalui

    Myanmar: Kami Coba MeredakanMenteri Luar Negerinya,Wunna Maung Lwin, Myan-mar membantah telah me-lakukan hal tersebut.

    Kami sebenarnya telah

    mencoba meredakan keke-rasan dan konflik di wilayahRakhine tersebut. pemerintahmenerapkan tindakan mak-simal untuk menghentikankekerasan antaretnis di Ra-khine, ujar Lwin saat kon-ferensi pers yang dihadiriPelapor Khusus PBB TomasOjea Quintana, seperti dirilisBBC, Selasa (31/7).

    Lwin malah balik menuduhberita mengenai aparayMyanmar menggunakan ke-

    kerasan dan penganiayaandalam mengatasi keadaanuntuk mempolitisir dan me-ngarahkan isu di Rakhinesebagai konflik agama.

    Dijelaskan Lwin, kekera-san antaretnis di Rakhinesudah berlangsung sejak Juni2012 lalu. Menurut data pe-merintah, Muslim Rohingyayang tewas mencapai 77 or-ang. Namun, para ahli yang

    Hal 14 kol 1-3

    AFP

    WARGA Myanmar dari etnis Rohingya menggelar protes di depanKedubes Inggris di Kuala Lumpur, Malaysia, beberapa hari lalu.

    BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

    HADIAH UTAMA - Danrem 101/Antasari, Kolonel Inf M Herindra, disaksikan PU BPost Group, HG RusdiEffendi AR (kiri) dan pihak sponsor hadiah utama, memilih hadiah utama Gebyar Voucher HUT ke-41 BPost,Selasa (31/7).

    BANJARMASINPOSTGROUP/NURHOLIS HUDAKONDISI ruang simulasi kendaraan bermotor di Polresta Banjarmasin,Selasa (31/7)

    BANJARMASIN, BPOST - Empat unit simu-lator Surat Izin Mengemudi (SIM) sepedamotor dan mobil teronggok di ruang SatlantasMapolresta Banjarmasin. Pihak Satlantasbelum berani mengoperasikan perangkatcanggih bernilai ratusan juta rupiah tersebut.

    Kami Belum Berani Operasikan Pati Polri Tersangka Simulator SIM KPK-Polri Sepakat Kerja Bareng

    Hal 6 kol 1-3

    Seorang perwira di Sat-lantas Polresta Banjarmasinmengaku masih menungguarahan untuk mengopera-sikan peralatan mewah yangbelakangan bermasalah itu.

    News Analysis

    MASUKNYA KPK mengu-sut dugaan praktik korupsi ditubuh Polri, yakni Korlantasmerupakan fenomena barudalam 10 tahun berdirinya

    NETA S PANEKetua Presidium IPW

    FenomenaBaru

    Hal 6 kol 4-7

    MANTAN KepalaKorlantas Mabes Polri IrjenDjoko Susilo telah ditetap-kan oleh KPK sebagaitersangka korupsi penga-daan simulasi SIM tahunanggaran 2011.

    Berdasar data LHKPN diKPK, kekayaan Djokomencapai Rp 5,6 milliar.Tepatnya, total kekayaanDjoko Rp 5.623.411.000,sesuai laporan terakhirnya

    Jenderal Miliarderpada 20 Juli 2010.

    Perwira tinggi yang kinimenjabat Gubernur Akpolitu memiliki harta takbergerak berupa tanah danbangunan di JakartaSelatan. Dia juga memilikisatu petak tanah kosong diwilayah sama.

    Harta yang dilaporkan keKPK terbilang sederhana,

    Hal 6 kol 6-7

    0108/B01

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin Post RABU 1 AGUSTUS 2012

    BANJARMASIN, BPOST - Dipergoki korbannya saatmencuri sepeda motor di Jalan Perdagangan, Kom-pleks Haji Jumran RT 24 No 9, Kelurahan Kuin Utara,Senin (30/7) pukul 19.30, Gunawan alias Iwan aliasBongkeng, babak belur dihakimi warga.

    Bongkeng yang merupakan warga Laksana IntanGang Permata 1 RT 14 No 27 Pekauman ini beraksidengan temannya. Mereka sempat membawa kabursepeda motor Yamaha Jupiter MX Hitam DA 3297 VImilik Ahmad Jaini.

    Mengetahui sepeda motornya dibawa kabur or-ang tak dikenal, Ahmad Jaini pun melakukanpengejaran. Dibantu warga, aksi mereka berhasildigagalkan setelah sepeda motornya mogok di Jalan

    BANJARMASIN, BPOST -Penerapan pajak online untukhotel dan restoran berbintangkembali terkendala. Dalamproses tender di LPSE (Laya-nan Pengadaan Secara Elek-tronik), Dinas PendapatanPemko Banjarmasin menda-pat penolakan terkait pro-gram aplikasi untuk pajakonline.

    Aplikasi untuk penerapanpajak online tersebut tak me-miliki jaminan terkait pengi-riman data yang dilakukandari hotel atau restoran ber-bintang ke server Dinas Pen-dapatan. Untuk bisa dilaku-kan per jam atau per hari.Mengetahui masuknya tran-saksi pelanggan.

    Sebab masuknya data, t