Banjarmasin Post Rabu, 14 Agustus 2013

download Banjarmasin Post Rabu, 14 Agustus 2013

of 28

  • date post

    23-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    368
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 15085 TH XLII/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Rabu, 14 Agustus 2013

  • SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    Banjarmasin Post28

    RABU14 AGUSTUS 2013/7 SYAWAL 1434 H

    NO. 15085 TH XLII/ ISSN 0215-2987RP 3.000HALAMAN

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Tahun

    - Duit guru Depag tasandat, Nang ai

    + Dibari palicin biar lancar, Lak ai

    12:29 18:3015:5105:10 19:41

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 4-7

    Lapas Fitri, Lapas Tanpa PungliRAMADAN berakhir, Syawal

    terlahir. Perjalanan waktu me-mang adalah keniscayaan, takakan berhenti, sampai masanya di-

    hentikan olehSang PenguasaWaktu. Sebagai-mana hak hidup,tak akan majuataupun mundurketika Sang Pe-

    nguasa Raga memanggil untukpulang ke haribaan-Nya. Ramadanlalu, di hari ke 23, Ayahanda AcepHidayat berpulang ke hadiratAllah SWT. Segala ikhtiar telahkami lakukan, tetapi Allah lebihsayang dan memilih memanggilBeliau untuk berpulang.

    Kepulangan ayahanda adalahgodaan ke sekian di Ramadantahun ini, yang entah kenapa

    beruntun kami alami. Nasihatmenghibur dari yang optimistis,permasalahan tidak akan diberi-kan di atas kemampuan untukmenghadapinya. Ada lagi yangmengatakan, persoalan adalahujian untuk kenaikan kelas. Sayahanya berdoa agar tetap sehat dankuat menghadapi cobaan-cobaan

    Bapandir TarusPALUI ahirnya kawa

    jua mangawini gadispilihannya, biar ma-lalui jalan panjang,penuh parjuangandan tantangan

    Lebih Cepat dari SuaraMODA transportasi makin berkembang dan trav-

    eler semakin mudah melakukan perjalanan. Di masadepan, akan ada kereta Hyperloop yang bakal lebihcepat dari suara dan dua kali lebih cepat dari pesawat.

    Adalah miliarder Elon Musk yang merancang se-buah konsep transportasi yang akan bisa mengantarkanpenumpang sejauh 644 kilometer antara Los Angelesdan San Francisco hanya dalam tempo 30 menit.

    Pembuatan Hyper-loop sendiri diperkirakanbakal menghabiskan da-na sebanyak 6,5 miliardolar AS atau sekitar Rp66 triliun. Rancangannyasekilas terlihat seperti ke-reta, tapi ini adalah kap-sul besar yang mampu

    menampung lebih dari 28 orang dan juga kendaraan.Kapsul ini bergerak melalui pipa raksasa dengan

    sistem pendorong magnetik. Jadi, kapsul tersebut akanmengambang di atas rel dan melesat kencang.

    Musk menambahkan, Hyperloop ini juga memilikitingkat keamanan yang tinggi dan tahan dengan segalajenis cuaca. (dtc/mtv)

    LeLy AlKaromahDukung ygbaiky aj

    Komentar lain di hal 14

    Kita Gabung di Pages BPostOnlineMESKI menuai kritikan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

    tetap menunjuk dan mengambil sumpah Patrialis Akbar sebagaihakim konstitusi.

    Utami Ayu LestariPresiden anech eakya gthu. .kda bmutulalu.

    KANDANGAN, BPOST -Dua warga Kabupaten HuluSungai Selatan, mewakili Kal-sel bakal mendapat kesempa-tan menjadi tamu kehormatanmenerima penyematan peng-hargaan langsung dari tanganPresiden Susilo Bambang Yu-dhoyono pada puncak pera-yaan HUT Proklamasi 17Agustus mendatang.

    Edy Sonarko (53) wargaDesa Gumbil RT 4 KecamatanTelagalangsat dan Taberi,pensiunan Polri warga DesaKarang Jawa RT4 KecamatanPadangbatung, dinilai sebagai

    BANJARMASIN POST GROUP/SYAIFUL AHYAR

    TABERI (peci putih) dan Edy Sonarko (sasirangan ungu) saat bertemuBupati HSS, H Acmad Fikry, Selasa (13/8).

    Dua Petani HSS Terima Penghargaan Presiden

    Belasan Tahun Hanya Punya Sepeda Motorsosok perintis dan peloporpembangunan yang puluhantahun mengabdikan diri tan-pa pamrih dalam membangunkemajuan pertanian.

    Keduanya secara khususdatang bersilaturahmi ke Bu-pati HSS, H Achmad Fikry, Se-lasa (13/8) pagi. Sebelum be-rangkat pada 15 Agustusmendatang, Edy dan Taberiterlebih dahulu memohonizin Fikry dan masyarakatHSS, serta Kalsel.

    Kami memohon izin

    Murid Laskar Pelangi Mengungsi Tiga Ruang Kelas Masih Tahap Pembangunan

    ngun tiga ruang kelas bantuan Baznas Kalsel,Banjarmasin Post Group dan MUI Kalsel.

    Ketua Komite Sekolah yang juga KetuaPanitia Pembangunan Gedung Sekolah, Bir-hasani, Selasa (13/8) menginformasikan,pembongkaran tiga ruang kelas sebelumnya

    Hal 6 kol 4-7

    BARABAI, BPOST - Murid Madrasah Tsana-wiyah Batutangga atau sekolah Laskar Pe-langi, di Kecamatan Batangalai Timur, HuluSungai Tengah terpaksa mengungsi ke Mad-rasah Diniyah Awaliyah (MDA) setempat.

    Pasalnya, tiga ruang kelas mereka di-bongkar, untuk dibangun kembali dengankonstruksi beton. Sebelumnya, juga diba-

    BANJARMASIN, BPOST--Tunjangan profesi bagi gurupendidikan agama Islam (PAI)yang telah bersertifi-kasi di beberapa dae-rah di Kalsel, bermasa-lah. Bahkan, di Kabu-parten Tabalong danBanjar tunjangan ser-tifikasi belum dicairkan untukpriode Januari 2013 hinggaJuni 2013.

    Umumnya ketersendatanpenerimaan tunjangan diala-mi oleh para guru PAI --di ba-wah naungan KementerianAgama-- yang mengajar disekolah-sekolah umum. Se-dangkan, bagi guru agamayang mengajar di lingkungansekolah di bawah kemenag,tidak mengalami hambatanmenerima tunjangan serti-fikasi.

    Nasib miris dialami harus

    Hingga Kini Belum Juga Cair Ratusan Guru Agama Keluhkan Dana Sertifikasi

    dialami para guru PAI di Ta-balong. Betapa tidak, danatunjangan sertifikasi yang

    seharusnya diterimasejak Januari hinggaJuni, namun hinggakini belum juga dite-rima para Umar Bakritersebut.

    Terkait hal itu, H Rusmadi,Kepala Kantor Kemenag Ta-balong, berkilah belum cair-

    nya dana sertifikasi bagi guruPAI lebih dikarenakan masa-lah administrasi. Kami samasekali tidak mempersulit apa-lagi menghambat pembaya-ran tunjangan sertifikasi,katanya kepada BPost, Selasa(13/8).

    Kata dia, apa yang telahdilaksanakannya telah sesuai

    LANGKAH maju dilaku-kan kantor KementerianAgama Tanahbumbu. Pen-cairan dana tunjangan serti-fikasi bagi guru pendidikanagama (PAI) dilakukan ber-beda dengan daerah-daerahlainnya di Kalsel.

    Kemenag Tanahbumbu

    Ideal Sebulan Sekalimengeluarkan kebijakan pen-cairan dana sertifikasi per tigabulan sekali bagi para guru.Sementara di daerah-daerahlainnya di Kalsel, pencairantunjangan sertifikasi dila-kukan 6 bulan sekali. Itu pun

    Tak Takut DigugatJAKARTA, BPOST - Meskidikritik berbagai pihak, pe-ngambilan sumpah PatrialisAkbar sebagai hakim kon-stitusi tetap dilakukan. Pat-rialis resmi menggantikan

    Achmad Sodiki yang berakhirmasa jabatannya.

    Pengambilan sumpah dila-kukan di Istana Negara,

    TRIBUNNEWS/HERUDIN

    PatrialisAkbar

    JAKARTA, BPOST - Meskidua pelaku pembunuhan ter-hadap Franceisca Yofie, Wa-wan dan Ade, mengaku kalaumereka hanya berniat men-jambret korban, perkem-bangan terbaru ada indikasikalau Branch Manager PT Ve-nera Multi Finance itu me-mang dibunuh.

    Meski Wawan dan Ade didepan penyidik membantah,diduga Sisca menjadi korbanpembunuhan berencana yangdiotaki seorang oknum polisiberpangkat komisaris polisi(kompol) berinisial A yangbertugas di Polda Jawa Barat.

    Oknum polisi itu ber-pangkat Komisaris Polisi dan

    Janggal Rambut Tersangkut Giria berinisial A, kata Kapol-restabes Bandung KomisarisBesar Polisi Sutarno, dalamkonferensi pers di Mapol-restabes Bandung, Jawa Ba-rat, Selasa (13/8).

    Namun, menurutnya, per-wira A itu tak ada kaitannyadengan kematian tragis Siscadi Bandung pekan lalu. Darifakta dan barang bukti di lapa-ngan, tidak ditemukan keter-libatan oknum anggota polisitersebut. Yang menyimpanbenci itu almarhum Sisca. Iabenci kepada oknum, bukansi oknum yang benci kepadaalmarhum, ujar Sutarno.

    Hubungan antara Sisca danperwira A terkuak setelah

    polisi menemukan catatanharian Branch Manager PTVenera Multi Finance itu. Dite-mukan pula surat-menyuratantara Sisca dan sang polisibeserta foto mereka berdua.

    Surat Sisca berisi tentangkeluhan almarhum tidak di-perlakukan dengan baik oleh

    KLAIM PEMBUNUHKLAIM PEMBUNUHKLAIM PEMBUNUHKLAIM PEMBUNUHKLAIM PEMBUNUHSenin (5/8)Senin (5/8)Senin (5/8)Senin (5/8)Senin (5/8)

    Pukul 19.15Pukul 19.15Pukul 19.15Pukul 19.15Pukul 19.15z SPK Polsek Sukajadimendapat laporan masyarakatmelalui telepon tentangpenemuan korbanpenganiayaan tanpa identitasmengalami luka berat dilapangan Abra, Jl CipedesTengah, Bandung.

    Pukul 19.25Pukul 19.25Pukul 19.25Pukul 19.25Pukul 19.25z Petugas Polsek yang tiba ditempat kejadian langsungmembawa korban dalamkondisi kritis ke RS HasanSadikin (RSHS). Tapi nyawakorban tak tertolong.

    Pukul 20.00Pukul 20.00Pukul 20.00Pukul 20.00Pukul 20.00z Polisi baru mengetahuikorban adalah Branch ManagerPT Venera Multi Finance,Francisca Yofie alias Sisca (34)dari saksi RD (pemilik tempatkos korban) yang menemukanmobil korban terparkir di depangerbang dalam kondisi mesindan lampu menyala.

    Sabtu (10/8)Sabtu (10/8)Sabtu (10/8)Sabtu (10/8)Sabtu (10/8)zAde mengaku melakukanpencurian hingga menyebabkankematian korban di LapanganAbra, menyerahkan diri kePolsek Sukajadi. Berdasarpengakuan Ade, polisikemudian menangkap Wawan.(tribunnews/alb/det)(tribunnews/alb/det)(tribunnews/alb/det)(tribunnews/alb/det)(tribunnews/alb/det)

    DAILYAMAIL

    FACE

    BOOK

    1408/B01

  • 2 Banjarmasin PostRABU 14 AGUSTUS 2013 ribun Kota

    BANJARMASIN, BPOST-We are,we are Paskibraka Provinsi....Sopojenenge? Paskibraka Provinsi...Pas-kibraka tingkat provinsi selalu rianggembira, obat ampuh awet muda. Disini senang di sana senang, di mana-mana hatiku senang. Di pundak kirisenjata, di pundak kanan senjata,langkah tegap maju jalan.

    Demikianlah yel-yel yang ter-dengar dari 39 pelajar SMA se-Kalselanggota Pasukan Pengibar BenderaPusaka (Paskibraka) Provinsi Kali-mantan Selatan. Mereka sedang ber-latih baris berbaris dan mengibarkan

    BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPHANDIPASKIBRAKA - Pasuka pengibar bendera upacara 17 agustus2013 berlatih di halaman eks Kantor Gubernur, Banjarmasin, Selasa(13/8).

    Merangkak Sambil Tirukan Suara Kambing Latihan Intensif Paskibraka Provinsi Kalsel

    bendera merah puti