Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 4 Juli 2012

download Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 4 Juli 2012

of 28

  • date post

    06-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    365
  • download

    18

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 14691 TH XL/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 4 Juli 2012

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Anang Gayam

    12:27 18:2615:51 19:4005:05

    Banjarmasin Post4 JULI 2012/

    14 SYABAN 1433 H

    RABU

    NO. 14691 TH XL/ ISSN 0215-2987

    - Dua hari banyu ledeng macet, Lak ai+ Tapaksa kita mandi koboi, Nang ai

    Hal 6 kol 1-3

    28 HALAMANRP 3.000

    DI Indonesia, remisiatau pengurangan masahukuman biasanya diberi-

    kan pada Hari Kemer-dekaan, Idulfitri, atau

    Natal. Namun, di diBrasil, remisi dibe-rikan karena mem-

    baca buku.Lapas-lapas di sana sudah over kapasitas.

    Untuk menguranginya diberlakukan solusi setiapnapi mendapat pengurangan masa hukumanempat hari untuk setiap buku yang selesaidibacanya.

    Masa baca satu buku selama empat minggudilanjutakan kewajiban menulis resume bukuitu. Apabila tulisannya memenuhi kaidah, makapengurangan masa hukuman langsung diberi-lakukan.

    Ada tim yang bertugas menentukan napiyang berhak mendapat program PengampunanLewat Membaca. Diharapkan, seseorang bisameninggalkan penjara dengan pencerahan danmemiliki wawasan dunia yang lebih luas, kataKoordinator Program, Andre Kehdi. (ap/kps)

    Saparu SaurangWARUNG bini Palui

    bujur haja halus, tapicukup haja gasanmanapal kabutuhanhari-hari amun Pa-lui kada dapat pa-

    ruyek batukang. Sa-king raminya makabaistilah bubuhankakawalan Palui ka-

    SI PALUiiiii

    0407/B01

    Nurul Bilang Zul Itu Brengsek Audit BPK Dipertanyakan Maruarar

    Ibu Saya Terus MenangisDJ Wendy Mengadu ke P2TP2A Kalsel

    Hal 6 kol 4-7

    DEWI Vistian (DJ Wendy)terus berusaha membongkarborok July Jan Sambiran yangberencana menikahi NunungOVJ (Overa van Java). Setelah

    beberapa kali menggelarjumpa pers mengungkap pe-rilaku pria yang disapa Iyanitu, Dewi mengadu ke PusatPelayanan Terpadu Pember-

    dayaan Perempuan dan Anak(P2TP2A) Intan Biduri di Kan-tor Pemprov Kalsel, Banjar-

    masin, Selasa (3/7).Dewi yang saat itu menge-

    nakan kaus abu-abu dipadukerudung merah, diterima se-jumlah pengurus P2TP2Ayang dipimpin Djauhar Mani-kam dan perwakilan Lemba-ga Konsultasi Bantuan Hu-kum Universitas LambungMangkurat (LKBH Unlam).

    Bagi saya itu masalalunya. Saya juga

    memiliki masa lalu.Tapi kenapa baru

    sekarangNUNUNG OVJ

    Komedian

    Baca BukuKurangi Hukuman

    Petugas Jaga Langsung Ditambah Tembok Lapas Narkoba Karangintan AmbrolMARTAPURA, BPOST - Pengamanan di Lemba-ga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Narkoba Ka-rangintan, Banjar, diperketat. Pasalnya, tembokkeliling di bagian belakang lapas tersebut ambrol.

    jadi sejak Jumat (22/6) tengah ma-lam, hingga kemarin belum adaperbaikan. Bagian yang ambrolhanya ditutup lembaran seng.

    Menurut sejumlah warga se-kitar, ambrolnya tembok itu di-sertai suara gemuruh yang sangatkeras. Warga yang sebagian su-dah terlelap dalam tidur sontak

    menuju lokasi. Demikian pula,sejumlah pekerja bangunan yangmenginap tidur di komplkes la-pas tersebut. Suaranya keras sekali. Brua-aak... kami sangat kaget. Sekitarbeberapa detik, baru suara ituberhenti. Setelah itu ada beberapapetugas yang melakukan penja-gaan di lokasi ambrolnya temboktersebut, kata seorang wargayang rumahnya dekat lapas, Sa-mian.

    Hal 6 kol 4-7Kita

    Gabung di Pages BPost Online

    TEMBOK Lapas Khusus NarkobaKarangintan, Banjar yang baru sajaselesai dibangun tiba-tiba ambruk.

    Sebelumnya, tembok PN Mar-tapura retak-retak.

    Weda Syifa Al-arsyLho,bru dbangun knphncur,arsitek xgk nyesuain

    sama tmpat x,ato parapkerja x blm profesional,atoduit x melayang???

    Komentar lain di hal 4

    BANJARMASIN POST GROUP/HASBY SUHAILY

    MENGADU - Dewi Vistian (kiri) mengadu ke P2TP2A Kalsel, terkaitkasus yang dialaminya saat menikah dengan Iyan (calon suami NunungOVJ), Selasa (3/7).

    JAKARTA, BPOST - Ter-ungkapnya kasus korupsipengadaan Alquran yangdiduga melibatkan legis-lator Partai Golkar, Zul-karnaen Djabar, membuatpara kader partai tersebutgeram. Apalagi kasus itumencuat bersamaan de-ngan deklarasi pencapre-san sang Ketua Umum A-burizal Bakrie (Ical).

    Kegeraman langsungdiperlihatkan WasekjenDPP Partai Golkar Nurul Hal 6 kol 1-3

    KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

    JUMPA PERS - Tersangka dugaan korupsi proyek peng-adaan Alquran di Kemenag, Zulkarnaen Djabar (kanan de-pan) memberikan keterangan kepada wartawan terkait ka-sus yang membelitnya, Senin (2/7).

    Arifin saat ditanya per-soalan tersebut oleh persdi Jakarta, Selasa (3/7).

    Soal Zulkarnaen cumasatu kata, brengsek. Kamiprihatin, marah dan ge-ram, apalagi momentum-nya bersamaan deklarasidan menyangkut kitabsuci Alquran, tegas man-tan artis tersebut.

    Meski Zul (panggilanZulkarnaen) menyatakankasus itu tidak terkait de-ngan Golkar dan DPR, na-

    mun Nurul mengatakansebaiknya anggota KomisiVIII itu segera mengun-durkan diri dari partai danDPR. Seharusnya denganbesar hati mundurlah. Ja-lan yang terbaik menurutsaya yang bersangkutanmengundurkan diri secarasukarela, katanya.

    Mengenai kemungki-nan muatan politis dalampengungkapan kasus itu?

    Berdasar pantauan BPost, Se-lasa (3/7), tembok yang ambrolitu setinggi empat meter denganketebalan 23-30 sentimeter. Meskihancurnya tembok beton itu ter-

    KerahkanTim Khusus

    SAAT menjabat KepalaKanwil Kemenkum HAMKalsel, Lukardono mengung-kapkan, pembangunan LapasKhusus Narkotika Karang-intan, Banjar menggunakandana APBN (anggaran penda-patan belanja negara). Lapasyang diperkirakan mampumenampung 600-700 wargabinaan itu telah menyerap danasebesar Rp 4 miliar. Pada 2010 lalu sudahdicairkan sekitar Rp 3 miliardari pusat. Pada 2011 tambahlagi sekitar Rp 1 miliar lebih.Bangunan itu saat ini sudahsesuai dengan standar pusat.Nantinya, ada enam blok dilapas itu, ucap dia.

    Masalah muncul ketikapembangunan blok baru selesaiempat unit. Tembok kelilinglapas di bagian belakang,ambrol. Saat ini, bagian yang

    Hal 6 kol 5-7

    5 Hari Lagi Kiamat InternetPERINGATAN bagi siapa saja

    yang bekerja menggunakan ja-ringan internet. Mereka harussegera mengecek lagi sistem ke-amanan di komputer masing-ma-sing. Sudah bersih atau justru adamalware atau virusyang masuk kesistem komputasi.

    Itu penting di-lakukan karenaBiro Investigasi A-merika Serikat (F-BI) sedang meng-ampanyekan ke-

    sadaran keamanan di dalam kom-puter. Kampanye ini ditujukanbagi mereka yang di dalam kom-puternya ditemukan software ja-hat bernama DNS-Changer.

    Mengutip situs teknologi PC

    World, Selasa (3/7), FBImenyatakan komputerpribadi yang terinfeksimalware ini akan menga-lami kiamat internet pa-da 9 Juli 2012 atau 10 Juli

    2012. Kiamattersebut ber-arti komputer tak da-pat mengakses duniamaya karena di da-lamnya ada penyakitserius.

    Untuk meng-hindari kondisi terse-

    but, para pengguna komputer di-imbau melakukan pembasmianmalware pada personal computer(PC) masing-masing. FBI meng-ingatkan setiap PC yang terinfek-

    Sebelum luncurkan produk,perusahaan besar seperti

    Google atau Yahoo tentu sudahmembuat perlindungan

    SYAMSUL BACHTIARPengamat Teknologi Informasi

    Hal 6 kol 4-7

    ANTARA/AGUS BEBENG

    PENGHARGAAN - Suyadi alias Pak Raden menerima penghargaan GanesaWidya Jasa Utama dari ITB, pada acara Peringatan 92 Tahun Pendidikan TinggiTeknik di Indonesia di Aula Barat ITB Bandung, Jabar, Selasa (3/7)

    BANDUNG, BPOST - Biasanya,dalam acara-acara resmi terutamadi kampus, pesertanya menge-nakan pakaian formal seperti jasatau kemeja batik. Pada acara ter-tentu, juga adayang menge-nakan pa-kaian kebe-saran aka-demik, leng-kap dengantoga. Pemandanganlain terjadi aulaInstitut TeknologiBandung (ITB), Se-lasa (3/7). Aula itumenjadi tempat pen-yerahan penghargaandari rektorat ITB kepadapara tokoh yang dinilaiberjasa terhadap kemajuanilmu teknik di Indonesia. Acaraitu juga untuk memperingati92 Tahun Pendidikan TinggiTeknik di Indonesia

    Adalah Suyadi(79) yangberpenampilan aneh. Diamengenakan pakaian khasJawa lengkap dengan be-langkon. Unik lagi dia jugamemakai kumis tiruan. Kokbisa? Maklum saja, Suyadiadalah pemeran tokoh Pak Ra-den dalam serial cerita SiUnyil.

    Pada acara terse-but, Suyadi menerimapenghargaan Ganesa

    Pak Raden TetapPakai Belangkon

    Widya Jasa Utama. Penghargaandiberikan atas jasa dan prestasiyang menonjol sebagai peloporbidang industri kreatif klasteranimasi dan tokoh animasi. Alum-nus ITB itu menerima peng-

    DEVIANTART.COM

    Hal 6 kol 1-3

    BANJARMASIN POST GROUP/RENDY NICKO

    AMBROL - Bangunan tembok keliling Lapas Karangintan yang ambrol ditutuplembaran seng, Selasa (3/7).

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostRABU 4 JULI 2012

    SEBAGAI bentuk kepe-dulian terhadap warga dankaryawannya, PT BuanaKarya Wiratama (BKW), satuperusahaan di Batulicin,memberikan hibah kepadapemerintah Kabupaten Ta-nahbumbu, Selasa (3/7).

    Hibah dari corporate socialresponsibility (CSR) PT BKWitu berupa satu unit bangun-an empat pintu sebagai sa-rana mandi, cuci, dan kakus(MCK) berukuran 2,5x7 me-ter yang dibangun di dekatmusala di Terminal Indukkersikputih, Batulicin, Tanah-bumbu.

    Dua pintu untuk kakusdan dua pintu lainnya untukkamar mandi, dilengkapiempat kran yang menem-pel dinding bangunan sertasatu tandon penampunganair.

    Direktur PT BKW H Su-diannoor melalui Humasnya,Ridwan Hakim, mengatakansatu unit bangunan tersebutmerupakan kepedulian peru-sahaan terhadap fasilitas diarea publik.

    Sangat jarang ada peru-sahaan yang peduli memba-ngun fasilitas tersebut. Ar-tinya fasilitas ini setidaknyamampu memudahkan war-ga dan karyawan PT BKW,katanya.

    BANJARMASINPOSTGROUP/MUHTAR WAHIDSERAH TERIMA - Plt Kadishubinfokom Tanahbumbu, Darsono, berjabat tangan dengan perwakilan PT BKW, Fahriannoor, usai penandatangananberita acara penyerahan bangunan MCK, disaksikan Wakil Bupati, Defriadi Darjad, di Terminal Induk Kersikputih, Batulicin, Selasa (3/7).

    USAI menerima bantuan satu unitbangunan kam