Banjarmasin Post edisi cetak Rabu 3 Agustus 2011

download Banjarmasin Post edisi cetak Rabu 3 Agustus 2011

of 27

  • date post

    01-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    458
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi cetak Rabu 3 Agustus 2011

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Rabu 3 Agustus 2011

  • Yang pentingditekankan mau

    bekerjasama denganrektor, karena

    seleksinya benar-benar alami

    PROF HADIN MUHJADPR I Unlam

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post3 AGUSTUS 2011/

    3 RAMADAN 1432 H

    RABU

    HALAMAN NO. 14359 TH XXXX/ ISSN 0215-2987RP 3.00028

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    Hal 14 kol 1-3

    KitaGabung di Pages BPost Online

    19:4115:5312:3005:10

    Hal 14 kol 1-3

    Hal 14 kol 4-7

    Komentar lain di halaman 14 Kol 6-7

    Hal 14 kol 1-3

    - Sore ini ada bazar wan konser GIGI,Lak ai

    + Kawa baulanja wan bahibur, Nang ai

    05:00 18:30

    Kalau Terus Dikritik Geli Juga

    40 Tahun BPost Mencerdaskan Banua

    BungaLilly KiniBersemi DihatimuSLAMAT UlngTahun :) Smakinjaya n terdepan ajayaH. Sukses slalu buat B-PostBnjarmasin :D

    Tata Potter JelekzRccSELAMAT ulangtahun banjarmasinpost, semoga tetapjaya menjadi koran bacaan dikalimantn selatan :)

    oleh : Komaruddin Hidayat

    Kaya TakSelalu Berkah

    MENJADI orang kaya itu enak dan selalumenarik untuk ditiru. Tetapi hati-hati, tidakselalu, orang kaya raya itu hidupnya berkah.Ketika kekayaan melimpah, godaannya jugaikut naik. Ketenteramannya bisa terusikjusteru karena kekayaannya.

    Terlebih lagi kalau kekayaan itu me-nyangkut harta warisan. Di dalam ling-kungan masyarakat Jawa tertanam pandang-an bahwa harta warisan itu halal namunpanas. Kalau para ahli warisnya tidak kuatiman dan tidak hati-hati menerima warisan,yang muncul justeru malapetaka. Muncul

    Hal 14 kol 4-7

    BANJARMASIN, BPOST -Telepon seluler milik Pem-bantu Rektor (PR) IV Univer-sitas Lambung Mangkurat(Unlam), Prof Sutarto Hadi,Selasa (2/8), terus berdering.

    Short message service (SMS)atau telepon tersebut dariorang-orang yang mengo-mentari dan menanyakanpemberitaan Banjarmasin Postedisi kemarin tentang prosespemilihan PR II antarwaktu.

    Setiap ada SMS dan tele-pon, Sutarto membalasnyadengan memberitahukan ke-sempatan menduduki jabat-an PR II Unlam masih terbukalebar. Dia juga memberitahu-kan bahwa orang nomor satudi Universitas Tertua di Ka-

    limantan ini belum mengan-tongi nama yang dianggaprefresentatif menggantikanProf Akhmad Gazali.

    Seperti diberitakan, Su-tarto adalah Sekretaris Pani-tia Seleksi PR II Antarwaktu,dia pun terlihat sibuk mon-

    Calon Lama Enggan Mendaftardar-mandir ke ruang kerjarektor sambil membawa se-lembar kertas bertuliskan SKPembentukan Panitia SeleksiPemilihan PR II yang me-ngalami kekosongan kuranglebih dua bulan.

    Di sela kesibukannya, Su-tarto juga dirinya menyiap-kan surat kelutusan pengang-katan panitia pemilihan un-tuk ditandatangani rektor,agar mereka bisa langsungbekerja memilih PR II.

    Menyiapkan SK, begituselesai ditandatangani rektor,agar kami bisa langsung be-kerja. Kesempatan terbukauntuk semua calon, katanya.

    Curhat Rudy Ariffin Saat HUTke-40 Banjarmasin Post

    BANJARMASIN, BPOST--Gubernur KalselRudy Ariffin memilih momen perayaan HUTke-40 Banjarmasin Post untuk menumpahkanuneg-unegnya. Blak-blakan dia mengakumerasa risih lantaran sering dikritik mediaterbesar di Kalimantan itu dalam berbagaipemberitaannya.

    Kritik boleh-boleh saja,tapi kalau terus-terusan, yaterasa geli juga. Seharusnyaada selanya kritik itu, ucapRudy Ariffin saat mengha-diri perayaan HUT ke-40BPost, di aula Masjid SabilalMuhtadin, Banjarmasin, Se-lasa (2/8).

    Rangkaian perayaan HUTke-40 BPost dihelat di MasjidSabilal dengan acara bukapuasa bersama serta SalatHajat berjemaah, dihadiripara pejabat, pengusaha, ula-ma dan masyarakat.

    Cahayabagi BanuaBuku 40 Tahun

    BPost DiluncurkanSIBAKAN kain biru

    yang dilakukan PemimpinUmum Banjarmasin PostGroup HG Rusdi EffendiAR didampingi PemimpinPerusahaan BPost Group A

    Hal 14 kol 1-3

    BANJARMASIN, BPOST -Tingkat kebisingan suatudaerah ternyata mempenga-ruhi kesehatan manusia.Kondisi itu terjadi karena,tingkat kebisingan mempe-ngaruhi penilaian kualitasudara suatu daerah. Hal itulah yang menjadidasar Badan Lingkungan Hi-dup Daerah (BLHD) Kalselmelalui Balai Higiene Peru-sahaan Ergonomi dan Kese-hatan (Hiperkes) dan Kesela-matan Kerja, mela-kukan uji kualitasudara di enam ka-bupaten dan kotadi Provinsi Kalsel.

    Keenam daerah

    BanjarmasinTerbising

    itu, Tapin, Tanahlaut, BaritoKuala, Banjar, Kota Banjar-masin dan Banjarbaru.

    Dari penelitian yang dila-kukan pada pertengahan Juli2011 tersebut, tingkat kebi-singan di enam kabupatendan kota di Kalsel itu mele-bihi batas baku mutu kebi-singan, 5,5 desibel (dB).

    Saat itu kami melakukanuji kualitas udara dengan

    TTTTTingkat Kebisingan Kota Banjaringkat Kebisingan Kota Banjaringkat Kebisingan Kota Banjaringkat Kebisingan Kota Banjaringkat Kebisingan Kota Banjarmasinmasinmasinmasinmasin

    zBundaran Kayu Tangi 75,5 dBzPelabuhan Trisakti 73,7 dBzSimpang Empat Kantor Pos 76 dB

    Catatan: Ambang Batas Normal 5,5 dB

    Hal 14 kol 4-7

    KPK Cokok Satpam NazaruddinJAKARTA, BPOST - Penyi-dik Komisi PemberantasanKorupsi (KPK) menggeledahkediaman rumah tersangkakasus suap pembangunanWisma Atlet SEA Games, Na-zarudin, di kawasan Pejaten,Pasar Minggu, Jakarta Se-latan, Selasa (2/8) siang.

    Sekitar 10 penyidik KPKdengan dibantu petugas ke-polisian mengamankan ba-rang milik Nazarudin darirumah bercat putih tersebut.Hasil penggeledahan itu di-lakukan sejak pukul 11.00WIB dan berakhir pukul 14.00WIB, itu KPK mengangktusatu unit komputer, berikutsatu petugas satpam.

    Penyidik juga memanggilsaksi warga dalam pengge-ledahan tersebut yakni KetuaRT 1 Nurdiansyah, Ketua RW8 Jayadi serta kepala keama-nan setempat, M Ali. Ali men-ceritakan dia dipanggil untukmenyaksikan penyidik KPKmenggeledah rumah mewahtersebut.

    Komputer satu saja, tidakada lagi. Komputer diambildari ruangan lantai bawah,kata Ali yang mengenakanpakaian dinas.

    Sejak Nazarudin menem-pati rumah itu satu tahunlalu, Ali mengaku tidak per-nah bertatap muka denganpemilik rumah tersebut. Da-

    ri pertama saya juga belumpernah lihat, itu rumah barusatu tahun ditempati. Sayatidak tahu kalau itu rumahNazarudin, imbuhnya.

    Ali juga menambahkanrumah mewah tersebut su-dah ditinggalkan pekerjarumah tangga dan keaman-an rumah sejak dua bulanlalu. Rumah itu sudah ng-gak ada orang sama sekali,ujarnya.

    Juru Bicara KPK, JohanBudi, mengatakan sempatberpapasan dengan rom-bongan penyidik yang akanberangkat dari kantor KPK .

    TRIBUN MEDAN/IRWANSYAH NASUTION

    Nazarudin

    Salah AmbulanPALUI tamasuk urang nang kada tapi

    pamuasa alias balang kambingan, sahari inyabapuasa, dua talu hari inya parai. Tapi pua-sanya nang balang kambingan itupun kadasampai saharian jua karna rancak pacahtangah haridi warungs a k a d u p ,m a k l u mPalui itu ta-masuk jagaumakan. Kar-na sabalum

    BANJARMASIN POST GROUP/APUNK/AYA SUGIANTO

    40 TAHUN BPOST - Syukuran 40 Tahun Banjarmasin Post di Aula Masjid RayaSabilal Muhtadin (kiri), ditandai peluncuran buku 40 Tahun BPost oleh PemimpinUmum Banjarmasin Post Group, HG Rusdi Effendi AR didampingi PimpinanPerusahaan, Wahyu Indriyanta dan Pemimpin Redaksi, Yusran Pare (kiri), yangdiserahkan kepada Danrem 101/Ant Kolonel (Inf) Komaruddin Simanjuntak (atas),Selasa (2/8).

    0308/B01

  • 2Banjarmasin Post

    RABU 3 AGUSTUS 2011Banjarmasin Bungas

    Kado Tart Hingga Peluru

    Tututan 18 Bulan bagiSyafruddin

    Warga Tunggu Realisasi Angkot BaruBANJARMASIN, BPOST - Merealisasikanrencana penggantian armada angkutan kota,Dinas Perhubungan Komunikasi infomasi(dihubkominfo), dealer, Federasi SerikatPengusaha Transportasi Indonesia (FSPTI),Organda, sekaligus pengusaha angkutankota kembali bertemu pekan ini.

    Setelah minggu kemarinharga ditetapkan pihak dea-ler, FSPTI, dan Organda, ma-ka dalam pertemuan pekanini mereka bisa melihat lang-sung Suzuki APV tipe GEPSyang diperuntukkan untukangkutan kota terbaru ini.

    Pihak dealer bakal me-nunjukkan keunggulan APVdan kenyamanan yang bakaldirasakan oleh penumpangangkutan umum. Para pe-ngusaha yang ada, juga bisamencoba langsung menge-mudikan Suzuki APV.

    Nanti dealer akan me-nunjukkan langsung keung-gulan APV nya. Pengusahajuga bisa melihat dan menco-ba mengemudikan APV, ka-ta Kadishubkominfo, Rusdi-ansyah, Selasa (2/8).

    Tapi mengenai kepastiantransaksinya, Rusdiansyah

    mengatakan hal tersebut ter-gantung kesepakatan. Na-mun, bila terjadi kata sepakat,bisa saja pertemuan tersebutbakal jadi pertemuan terak-hir, yang akhirnya terjaditransaksi antara dealer danpengusaha angkutan kota.

    Dishubkominfo hanyamemfasilitasi. Tergantungkesepakatan antara dealerdan pengusaha, terangnya.

    Ketika disinggung menge-nai target terlaksananya pro-gram penggantian angkutankota tersebut, Rusdi menga-ku semakin cepat semakinbaik. Bahkan, bila proses per-temuan lancar, ia mengata-kan kemungkinan pada A-gustus ini juga bisa terea-lisasi.

    Terpisah, Ketua FSPTI, Ab-dul Wahid mengaku pengu-saha sudah tidak sabar lagiuntuk mengganti mobil ang-kutan mereka, menjadi Su-zuki APV. Mereka antusias,ingin segera mewujudkan-nya. Pengusaha sudah antu-sias ingin mewujudkannyalangsung, katanya.

    Pun dengan pertemuanselanjutnya, pria yang akrabdisapa Ebeh ini juga menga-takan sudah ditunggu olehpara pengusaha angkutan

    Beberapa warga masya-rakat yang ditemui BPost,mengaku penasaran akanprogram penggantian mobiljenis angkutan kota tersebut.Satu di antaranya Putra, yang

    mengaku ingin melihat taksikuning yang dulu dinaiki-nya ketika zaman sekolahmenengah, berubah jadi APV.

    Dengan kenyamanan dankualitas mobil yang baik,warga Kayutangi ini berha-rap bisa mempercantik kotaBanjarmasin. Penasaran ba-gaimana nantinya. Keren kanseperti pelayanan taksi argo,tapi kita naik angkutan kota.Bayarnya malah murah, ujarPutra.

    Begitu pula dengan Indah.Warga Kuripan ini mengakuterkejut dengan keberanianPemko Banjarmasin untukmemperbaiki usaha