Banjarmasin Post edisi cetak Rabu 19 Oktober 2011

download Banjarmasin Post edisi cetak Rabu 19 Oktober 2011

of 28

  • date post

    09-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    412
  • download

    26

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi cetak Rabu 19 Oktober 2011

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Rabu 19 Oktober 2011

  • Sultan HarusLaporkan Angpao

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post19 OKTOBER 2011/

    21 DZULKAIDAH 1432 H

    RABU

    HALAMAN NO. 14433 TH XXXX/ ISSN 0215-2987RP 3.00028

    Anang Gayam

    Hal 6 kol 1-3

    - Ampih jadi Menteri LH, Gusti Hattajadi Menristek, Lak ai

    + Cagaran ada pabrik pasawat di Banua,Nang ai

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 6-7

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 4-7

    REKAMAN yang dita-yangkan di YouTube ini sung-guh tragis. Seorang bocah pe-rempuan di Foshan, Guang-dong, Cina, ditabrak dan di-lindas dua mobil, tetapi bebe-rapa pengendara dan pejalan

    14 Ribu Bintang Baru

    KOTABARU, BPOST - Le-pasnya Pulau Larilarian dariwilayah administrasi Kota-baru, Kalsel, memunculkangejolak. Meski tidak secara ter-buka dan masif, warga Kota-baru menyayangkan masuk-nya pulau itu ke wilayah ad-ministrasi Majene, Sulbar.

    Mereka mendesak Pem-prov Kalsel dan Pemkab Ko-tabaru serta warga Kalsel ber-satu untuk mengembalikanpulau yang berada pada 60

    Warga CuekiBocah Terlindas

    kaki yang lewat, cuek saja.Berdasar rekaman, perem-

    puan tersebut ditabrak se-buah mobil di sebuah jalansempit, Kamis (13/10).

    JAKARTA, BPOST - Selasa(18/10), Gubernur sekaligusRaja Keraton yogyakarta, SriSultan Hamengkubuwono Xmenikahkan putri bungsu-nya. Ribuan tamu dari ber-bagai kalangan dan daerahmenghadiri gelaran besarbesar tersebut.

    Sebagai pejabat negara,Sultan diminta Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK)melaporkan semua peneri-maan dari royal wedding ter-sebut, baik kado maupunangpao (hadiah berupa uang).

    Pelaporan itu guna men-cegah adanya gratifikasi ataupemberian hadiah yang patutdiduga berkaitan jabatan danwewenang.

    Karena Sultan adalah gu-bernur Yogyakarta, maka diaadalah penyelenggara negara(PN) yang harus melaporkanapapun yang dia terima ke-pada KPK, kata Wakil KetuaKPK M Jasin, Selasa (18/10).

    Ditegaskan dia, pelaporanharus dilakukan maksimal 30hari setelah acara pernikah-an. Meski tidak ada sanksihukum, tetapi secara moral,Sultan harus memberi contohbagi masyarakat.

    Sultan itu figur panutanatau contoh. Jadi hendaknyamemberikan contoh kepadamasyarakat untuk menaatiperintah undang undang,ujarnya.

    Pernikahan putri Sultan,GKR Bendara dengan KPHYudanegara, sangat meriah.

    Hal 6 kol 1-3

    ILMUWAN NASA mende-teksi citra detail wilayah pem-bentukan bintang baru yang ber-jarak sangat jauh dari Bumi. Citramenakjubkan itudiambil menggu-nakan Chandra XRay Observatory.

    Citra tersebut menunjukkanNebula Carina --area lenganSagitarius-Carina Bimasakti--menjadi tempat kelahiran bin-tang-bintang baru. Sejauh ini, 14

    ribu bintang telah terdeteksi diarea yang berjarak 7.500 jutatahun cahaya dari Bumi itu.

    Setelah dianalisis, ilmuwanpercaya bahwa beberapa bin-

    tang raksasa telah hancur dalamledakan supernova. Mereka me-ngetahuinya dari pengurangansinar X yang terjadi di gugusanutara yang disebut Trumpler 15.

    Deteksi kemungkinan adanya6 bintang neutron, yang bagianinti padatnya tersisa setelahledakan supernova, menambahbukti bahwa aktivitas supernovameningkat di Carina. Sebelum-nya, hanya ditemukan 1 bintangbaru di Carina. (dlm)

    mil sebelah timur Pulau Se-buku, Kotabaru tersebut.Langkah itu adalah memintapenjelasan ke Kemendagri.

    Anggota DPRD Kotabaru,M Suhartono, menilai Per-mendagri Nomor 43 Tahun2011 tentang Wilayah Admi-nistrasi Pulau Lereklerekan(nama lain Larilarian versimasyarakat Majene, Sulbar),patut dipertanyakan.

    Larilarian ItuMasalah Sensitif

    12:09 18:1504:46 15:20 19:24

    Ibunda DoakanDenny Tetap Kuat

    Gabung di Pages BPost Online

    Komentar lain di halaman 4

    Kita

    NINDAADHYANTISMOGA ygdipilih bisamenjagakepercayaanyg d berikan..

    KALSEL makindiperhitungkan di tingkatnasional. Satu lagi urang

    banua masuk dalamKabinet Indonesia Bersatu.

    TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI

    ANGKAT - GKR Bendoro dan KPH Yudanegara (kanan) mengikuti pro-sesi pondongan (mengangkat) dalam rangkaian acara pernikahan me-reka di Keraton Yogyakarta, Selasa (18/10).

    Nasib lain dialami HGusti MuhammadHatta yang tidak lagimenjabat menterilingkungan hidup.Rektor Universitas

    Cenderawas ihPapua BerthKambuaya di-tunjuk Presiden

    Susilo BambangY u d h o y o n omenjadi men-teri lingkunganhidup yang ba-ru. SedangkanGusti Hattabergeser men-jadi menteri ri-set dan tekno-logi (Menris-tek) menggan-tikan Suharna

    Surapranata.Kabarnya, Berth masuk ke

    KABINET INDONESIA BERSAKABINET INDONESIA BERSAKABINET INDONESIA BERSAKABINET INDONESIA BERSAKABINET INDONESIA BERSATU IITU IITU IITU IITU IIz Menko Polhukam: Djoko Suyanto (tetap)z Menko Perekonomian: Hatta Rajasa (tetap)z Menko Kesra: Agung Laksono (tetap)z Menteri Sekretaris Negara: Sudi Silalahi (tetap)z Menteri Dalam Negeri: Gamawan Fauzi (tetap)z Menteri Luar Negeri: Marty Natalegawa (tetap)z Menteri Pertahanan: Purnomo Yusgiantoro (tetap)z Menteri Hukum dan HAM: Amir Syamsuddin (baru)z Menteri Keuangan: Agus Martowardojo (tetap)z Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral: Jero Wacik (baru)

    Gusti Hatta Menjadi Menristek

    kabinet sebagai representasiwarga Papua. Pasalnya, satu-satunya perwakilan merekadi kabinet, Freddy Numberidicopot sebagai menteri per-hubungan.

    JAKARTA, BPOST - Penunjukan urang Ba-nua, Denny Indrayana sebagai wakil MenteriHukum dan Hak Asasi Manusia (HAM)memunculkan polemik. Tidak sedikit ka-langan yang menilai penunjukan Dennyuntuk mengamankan istana dan PartaiDemokrat (PD).

    Kurangi Jatah PKS Halaman 6

    SUDAH saminggu garing di rumahsakit, Palui balum dibulihakanbulik karna panyakit-nya pina masih barathaja. Karnanya inya ma-kin muyak apalagi makanan dibatasibanar, banyak pantangan.

    Duk, pabila aku bulih bulik? ujarPalui manakuni dukter wayah adapamariksaan baisukan.

    Iwak Hanyar

    SI PALUiiiii

    DAILYMAIL

    1910/B01

  • 2Banjarmasin Post Banjarmasin BungasRABU 19 OKTOBER 2011

    BANJARMASIN, BPOST - Kasus du-gaan korupsi di Dinas Pendidikan Ban-jarmasin terkait proyek pengadaan KartuNomor Induk Standar Nasional (NISN)alias kartu siswa, akan segera dilimpahkanke Pengadilan Tipikor Banjarmasin.

    Dalam waktu dekat perkara ini akandilimpahkan ke pengadilan untuk di-sidangkan, kata Kejari Banjarmasin,Firdaus Dewilmar, Selasa (18/10).

    Firdaus juga menanggapi pernyataandari Lembaga Pemantau PenyelenggaraNegara Republik Indonesia (LPPNRI)

    Vani Kabur dari RumahGELISAH diarsakan oleh Sani Susanti (31), warga Sungai Tabuk

    RT 6. Saat ditemui, Selasa (18/10), dia mengaku kebingunganmencari anaknya, Ahmad Rivani (13) yang kabur dari rumahnyasejak dua pekan lalu.

    Vani saya titipkan ke Panti Asuhan Nurul Ikhsan Gambut, sejakdua bulan lalu, lantaran ayahnya sudah meniggal dan saya sedangmencari kerja ke Tanjung. Dia kabur setelah meminta uang kerumah neneknya di Sungai Tabuk, tutur Sani.

    Saat meninggalkan rumah, Vani mengenakan celana pendekmerah dan baju loreng. Saya juga telah melaporkan kepergianVani ke Polsek Gambut dan berusaha mencari ke rumah keluarga,namun hasilnya nihil, lanjut Sani.

    Bagi warga yang menemukan Vani, Sani meminta agar bisamenghubungi nomor telepon 0821524638 atau 0511-7425270. (lis)

    BANJARMASIN, BPOST - Sejum-lah organisasi kepemudaan danmahasiswa di Kabupaten Banjarbegitu kehilangan sosok almarhumKH M Djazouly Seman. Bagi mereka,ulama kharismatik yang akrab disa-pa Abah Anang itu sosok yangterbuka bagi siapa saja.

    Abah Anang itu bukan ulamayang oposisi atau pro-pemerintah.Beliau terbuka bagi siapa saja, ujarKetua KNPI Kabupaten Banjar, Alian-syah, saat berkunjung ke redaksi BPost, Selasa (18/10).

    Aliansyah datang didampingi Sekretaris FormasiKalsel, Abdurahman Baseri; Ketua Formasi CabangMartapura, Mawardi; Ketua PMII Cabang Martapura,Baha Udin; dan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan(HMJ) Syariah STAI Darussalam, Aminudin.

    Mereka datang untuk memberikan tanggapan atastulisan Dr Mujiburrahman. Menurut mereka, tulisan sangdosen di IAIN Antasari itu tentang Abah Anang posisin-ya dalam politik di daerah membuat resah warga SerambiMekkah.

    Terus terang warga Martapura dibuat tidak nyamanwarga oleh tulisan itu. Sebenarnya tidak ada yang salahdalam tulisan itu, tapi penulis harusnya memper-timbangkan kondisi psikologis warga di daerah, ujarAliansyah.

    Semestinya, seorang cendikiawan atau kaum inte-lektual jebolan luar negeri tidak serta merta me-ngesampingkan kondisi ketimuran. Di saat orangmeninggal tentunya tidak menyakiti hati keluarga atauorang yang ditinggalkan.

    Bayangkan, belum kering kubur sudah ada tulisanyang membuat keluarga dan kami para murid beliausedih. Apalagi, penulis mengakui tidak pernah ketemudengan guru kami. Hendaknya jangan menyimpulkankalau belum ketemu beliau (Abah Anang), tegasnya.

    Aliansyah menambahkan, pihaknya berharap adapenjelasan lebih bagus lagi ada sebuah itikad baik daripenulis untuk meluruskan tulisannya untuk meredamemosi warga.

    Bagikan warga Martapura, Abah Anang itu ulamayang menjadi panutan. Abah Anang itu ulama yangberilmu dan dekat dengan Allah, ujarnya. (ais)

    Dengan membawa perala-tan sederhana, seperti sekop,lampu, masker, tali serta be-berapa kantong mayat, me-reka berusaha mencari korbanyang diperkirakan berada didalam kapal saat musibahkebakaran terjadi.

    Walaupun kapal sudah takmengeluarkan asap lagi, na-mun di dalam perut kapal,terutama di bagian car deck,kondisinya masih terasa panasdan tercium bau bangkai.Pantauan di lapangan, untukmasuk ke dalam kapal punharus berhati-hati.

    Di dalam kapal tampak ber-hamburan bangkai mobiltruk, maupun mobil pribadimaupun sepeda motor. Je-jeran truk di dalam kapal,antara satu dengan yang lain-nya sangat rapat. Sehinggasangat menyulitkan tim me-lakukan pencarian.

    Anehnya, puluhan tikustampak berlarian di dek kapal.Keberadaan binatang terse-but diduga mem