Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 18 Juli 2012

download Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 18 Juli 2012

of 28

  • date post

    22-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    408
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 14705 TH XL/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 18 Juli 2012

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post18 JULI 2012/

    28 SYAKBAN 1433 H

    RABU

    NO. 14705 TH XL/ ISSN 0215-298728 HALAMANRP 3.000

    12:29 18:2815:53 19:4105:07

    SI PALUiiiiiBerenang SambilBaca Koran

    TIDAK usah jauh-jauh ke Timur Tengahbila ingin mengapung di air. Di The SeaPantai Cahaya, Kendal, Jateng, ada kolamapung, seperti di Timur Tengah atau Ancol,

    Jakarta. Di sana,meski tidakbisa bere-nang,seseorangbisa menga-pung sambilberaktivitasseperti

    membawa koran atau makan. Semua bisadilakukan di kolam berkedalam 1,2 meteritu.

    General Manager The Sea Pantai Cahaya,Ade Kusmana, kolam apung itu air lautditambah garam yang kadarnya mencapai300 berat daya (BD). Karena kadargaramnya lebih banyak, sehingga bisamengapungkan apa saja, termasuk tubuhmanusia, kata Ade.

    Akan tetapi, kolam maksimal diisi 10orang dengan maksimal lama 10 menit.Setelah sepuluh menit, yang berenang haruslangsung menbilas di tempat yang sudahkami sediakan, tegasnya. (kps)

    Anang Gayam

    - Razia panambangnya bocor lagi, Lak ai+ Amun kada disumpali tanah hanya badiam,

    Nang ai

    Batampah Cincin

    NET

    Hal 6 kol 1-3

    PAMBAKAL Haji Adul rencananyahendak basalamatan manarima pataliananak sidin nang bini-bini.Sakaligus acarabatukar cincin. Pastihaja Palui selakukatua RT di-undang.

    Ui...abahnya,napa nang kitasumbangkangasan acara

    1807/B01

    Kita

    Komentar lain di hal 4

    Gabung di Pages BPostOnline

    BURON kasus korupsiJoko Tjandra ternayat telahpindah kewarganegaraan

    MaryatiValenaldoNaah,kayak itupang munhudahsakit ataucagar

    barmasalah lakasbukahnya haja lagi.

    JAKARTA, BPOST - Ternyata, bu-ron kasus cessie (pengalihan haktagih) Bank Bali, Joko SoegiartoTjandra sudah berganti kewarga-negaraan. Pengusaha yang memi-liki banyak properti mewah di Ja-karta itu kini berstatus warga ne-gara Papua Nugini.

    Tentu hal tersebut membuatupaya eksekusi terhadap Joko yangkabur sejak 2009 makin sulit.

    Akan tetapi, tegas pengamat hu-kum internasional Universitas In-

    AKTOR laga, Syl-vester Stallone akhi-rnya angkat bicaraterkait kematiananaknya, SageStallone. Denganwajah basah airmata, pemerantokoh Rambo itumeminta semuakalangan meng-hentikan pole-mik penyebabkematian anak

    pertamanya

    Kalau Perlu, Culik Joko Buron Kejagung Pindah Kewarganegaraan

    donesia (UI) Jakarta, HikmahantoJuwana, Kejaksaan Agung (keja-gung) tetap harus bisa menangkapJoko, melalui cara apapun. Bila per-lu, menculiknya.

    Cara lain jika strategi diploma-si gagal memulangkan dia adalahmenculiknya. Ini memang ekstrem,dan konsekuensinya hubungan an-tara Indonesia dan Papua Nuginiakan buruk, tegas dia di Jakarta,Selasa (17/7).

    Dia mengatakan, strategi pen-

    culikan pernah sukses dilakukanDinas Rahasia Israel saat mencaripelaku kejahatan Perang Dunia II.Saat itu, buron Israel kabur ke se-jumlah negara dan berganti kewar-ganegaraan.

    Ada yang lari ke Argentina dannegara Amerika Latin lainnya dandilindungi di sana. Pemerintah ne-gara-negara itu beralasan, para tar-get tersebut sudah menjadi warga

    KASUS yang melibatkanJoko Tjandra bermula pada 11Januari 1999 ketika disusunsebuah perjanjian pengalihantagihan piutang antara BankBali yang diwakili Rudy Ramlidan Rusli Suryadi denganJoko Tjandra selaku DirekturUtama PT Persada HarumLestari. Besaran tagihan utangBank Bali terhadap Bank Tiarasebesar Rp 38 miliar.

    Pembayaran utang kepadaBank Bali diputuskan dila-kukan selambat-lambatnyapada 11 Juni 1999.

    Selain soal tagihan utangBank Bali terhadap Bank Tiara,disusun pula perjanjian peng-alihan tagihan utang antaraBank Bali dengan Joko menge-nai tagihan piutang Bank Baliterhadap Bank Dagang Nega-ra Indonesia (BDNI) dan BankUmum Nasional (BUN) sebe-

    Pesawat Carteran

    Hal 6 kol 6-7

    Hal 6 kol 4-7

    Ketika Rambo Bersedih

    Hormatilah Jenazah Anak SayaKetika orangtuakehilangan anak,

    tidak ada rasasakit yang

    lebih besarSYLVESTER STALLONE

    Aktor Laga

    itu.Ketika orangtua kehi-

    langan anak, tidak ada rasasakit yang lebih besar. Olehkarena itu saya memohonorang-orang untuk meng-hormati anak saya dan me-

    rasa kasihan kepada ibu-nya, Sasha, kata Stal-lone seperti dilansirShowbizSpy, Selasa(17/7).

    Sage adalah putra Stallonedari pernikahan pertamanyadengan Sasha Czack. Samasepert Stallone, Sasha jugahancur ketika mendengarkematian anaknya yang ber-usia 36 tahun itu. Sasha telahdihibur. Dia benar-benarhancur. Anak-anak adalahhidupnya, tegas Stallone.

    Kesedihan dia berlanjut.Kehilangan mendalam iniakan terus terasa dalam hi-dup kami. Sage adalah anakpertama yang menjadi pusatdari dunia kami. Dengan ren-dah hati, saya memohonagar semua membiarkan se-gala kenangan dan jiwa pu-tra kami berada dalam da-mai, ucapnya.

    Stallone kemudia mem-

    Hal 6 kol 4-7Sylvester Stallone

    29/9/1999:Joko Tjandra mulai

    ditahan Kejagung

    sar Rp 798 miliar.Pembayaran utang kepada

    Bank Bali harus dilakukan

    8/9/1999:Terbit audit

    PT Bank Balioleh PwC

    27/9/1999:Kejagung usutkasus

    9/2/2000:Kasus dilimpahkanke PN Jaksel

    6/3/2000:Putusan selam tolak

    dakwaan jaksa

    31/3/2010:PT DKI Jakarta meminta PNJaksel kembali sidang

    3/4/2000:Sidang digelar. Tim JPUdipimpin Antasari Azhar

    28/8/2000:Vonis bebas untuk JokoTjandra. JPU ajukan kasasi

    26/6/2001:MA tolak kasasi

    7/10/2008:Kejagung ajukan PK

    11/6/2009:PK dikabulkan. Joko dihukum2 tahun dan denda Rp 15 juta

    16/6/2009:Joko mangkir dari eksekusidan kabur ke luar negeri

    Imbasnya, sering kali mun-cul keluhan dari orangtuamurid yang tidak mampu.Memang, ada kebijakan khu-sus bagi mereka seperti bolehdiangsur bahkan digratiskan,tetapi proses dan persyaratan-nya berbelit.

    Selain itu, orangtua jarangmengungkapkan keluhannyakarena takut berpengaruhterhadap anaknya yang bela-jar di sekolah tersebut.

    Permasalahan lain yangmuncul adalah istilah pungu-tan yang terkadang terkesandiada-adakan. Seperti yangterjadi di SMKN 1 SimpangEmpat, Tanahbumbu. Infor-masi yang diperoleh koran ini,siswa baru dikenai uang un-tuk membayar premi asu-

    Jika ada,sekolah

    akan dimintamengembalikan

    dana itukepada siswa

    ABDUL LATIFKadisdikpora Tanahbumbu

    Pungutan Siswi Lebih Mahal Untuk SMA/SMK, Disdik Kalsel Angkat TanganBATULICIN, BPOST - Sumbangan ataupungutan yang ditujukan terhadap siswa ba-ru memang hal biasa. Problemnya, besaranpungutan itu sering kali disepakati oleh ko-mite sekolah atau orang tua siswa yang ber-asal dari kalangan menengah ke atas.

    ransi.Informasi yang diperoleh

    BPost dari sejumlah siswa danseorang guru di sekolah itu,besarannya uang premi ada-lah Rp 20 ribu per siswa. Selainitu, mereka dikenai uang pem-bangunan Rp 270 ribu. Kalaudaftar ulang, tidak ada biaya-nya, ucap guru yang enggan

    disebutkan namanya itu, Se-lasa (17/7).

    Namun, saat dikonfirmasi,Kepala SMKN 1 Simpang-empat, Amran Ali, memban-tah. Dia menegaskan sesuaiinstruksi bupati Tanahbumbu,

    SEBAGAIMANAdiungkapkan BPost edisikemarin, siswa baru danlama SMKN 5 Banjarmasindikenai pungutan mencapaijutaan rupiah. Tak urung,pungutan itu memberatkansebagian orangtua siswa.

    Ada alasan yang dikemu-kakan Kepala SMKN 5Banjarmasin, Syahrir. Selainsudah berdasar kesepa-katan dengan orangtuasiswa, dia mengaku karenabantuan dari pemerintahtidak cukup untuk menu-tupi kebutuhan sekolah.

    Menurut dia, tiap tahunmenerima dana rutin Rp 165juta, melalui empat kalipencairan. Biaya listrik sekolah sajaper bulan mencapai 12-17

    BantuannyaTidak Cukup

    Hal 6 kol 5-7

    Hal 6 kol 4-7

    MARTAPURA, BPOST -Untuk kali kesekian, timgabungan menggelar raziapenambangan emas liar diTaman Hutan Raya(Tahura) Sultan A-dam. Dan, untukkali kesekian pula,

    BANJARMASINPOST GROUP/APUNKCUKONG - Dua tong besar ditemukan tim gabungan saat melakukan razia penambangan emas ilegal di kawasan Tahura Sultan Adam,Banjar, Selasa (17/7). Lagi-lagi, razia itu gagal menangkap penambang apalagi cukong yang mendanai.

    Lagi, Tim RaziaKalah Cepat

    Petugas Rusak Alat Penambang Tahura

    Hal 6 kol 1-3

    Cukong BesarHalaman6

    mereka harus kembali pu-lang dengan tangan ko-

  • 2Banjarmasin Post

    RABU 18 JULI 2012Banjarmasin Bungas

    Imbauan itu disampaikanoleh Kapolda Kalsel, BrigjenSyafruddin, dan Majelis UlamaIndonesia (MUI) Kalsel, ke-marin.

    Menurut Syafruddin, ber-main petasan bukan budayaIslam, bahkan jutsru berten-tangan karena merupakanpemborosan. Bermain kem-bang api juga bukan budayamasyarakat Banjar.

    Hendaknya tidak perluRamadan ini pakai acara ber-main kembang api, apa lagipetasan, ujarnya.

    Syafruddin mengaku cu-kup terganggu dengan bunyikembang api yang sahut-sa-hutan. Sampai rumah dinassaya itu bunyinya masih ken-cang, bebernya.

    Ditegaskan Kapolda, pere-daran petasan dilarang. Pi-haknya akan rutin menggelarrazia untuk mengamankan

    BANJARMASINPOSTGROUP/KHAIRIL RAHIMHAJI Mukhyar Sani dan Hj Raihanah usaidinobatkan sebagai Keluarga SakinahTeladan Provinsi Kalsel 2012, Selasa (17/7).

    Kapolda Terganggu Bunyi Petasan

    Selama 26 Tahun Tak Pernah Cekcok

    petasan. Hanya kembang apiyang kecil-kecil yang tidakdilarang.

    Syafruddin mengakui, Kal-sel merupakan daerah yangsangat kondusif terutama se-lama Ramadan. Menurutnya,warga Kalsel begitu menghor-mati Bulan Suci sehingga si-tuasi ketertiban dan keama-nan terjaga dengan baik.

    Saya sudah tiga kali Ra-madan di Kalsel. Kalsel meru-pakan daerah yang palingkondusif terlebih selama Bul-an Suci Ramadan, ujarnya diacara PWI Kalsel, beberapawaktu lalu.

    Makanya, perwira tinggiberbintang satu itu sedikit men-yayangkan kalau Ramadan diKalsel seakan identik denganpetasan dan kembang api.

    Sementara itu Majelis U-lama Indonesia (MUI) Kalsellewat surat