Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 8 Agustus 2012

download Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 8 Agustus 2012

of 27

  • date post

    29-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    473
  • download

    16

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 14726 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 8 Agustus 2012

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post8 AGUSTUS 2012/

    19 RAMADAN 1433 H

    RABU

    NO. 14726 TH XLI/ ISSN 0215-298728 HALAMANRP 3.000

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    Hal 6 kol 1-3

    - Tony kada anggota densus 88, Lak ai- Mudahan kada jua anggota densus 86,

    Nang ai

    KisahPemaafSEBUAH hadis mencerita-

    kan secara menarik karenakandungan isinya tentangRasulullah SAW yang menga-jarkan kepada kita untuk se-lalu bersikap sebagai seorangpemaaf. Hadis tersebut diri-wayatkan oleh Imam Ahmad. Lengkapnya, kisah itu seba-gai berikut: Abu Hurairah ber-kata. Seseorang telah men-cela Abu Bakar. Abu Bakarpun diam, sedangkan NabiSAW ketika itu bersama me-reka. Nabi merasa kagum, la-lu tersenyum. Ketika orangitu memperbanyak cercaan-nya, maka Abu Bakar menim-pali sebagian yang diucapkan-nya. Nabi pun marah danberanjak pergi. Abu Bakar kemudian men-yusul beliau dan bertanya.Wahai Rasulullah, orang itutelah mencerca diriku, danengkau tetap duduk. Namun,disaat aku menimpali seba-gian yang diucapkannya, me-ngapa engkau marah dan ber-diri? Rasulullah pun menjawab,

    Hal 6 kol 1-3

    Kita Gabung di Pages BPostOnline

    Komentar lain di halaman 4

    REBUTAN penanganan kasus dugaan korupsi diKorlantas antara KPK dan Polri terus bergulir.

    Presiden tidak kunjung turun tangan.

    Mobil Lipat ListrikMOBIL berbahan tenaga listrik sedang

    menjadi pembicaraan dunia, termasuk Indone-sia. Banyak mobil listrik yang sedang dirakit diberbagai negara. Salah satunya, mobil Hirikoyang dirakit di Bilboa, Spanyol.

    Ada sesuatu yang menarik dari mobil ini,bukan hanya karena dimensi yang sangat mungil,sepanjang 2,5 meter. Mobil itu bisa dilipat hinggamenjadi 1,5 meter. Tentu, penciutan panjang itubisa mempermudah saat mencari tempat parkir.

    Ciri khas lain dari Hiriko, pengemudi danpenumpang keluar-masuk dari bagian depanmobil (kaca depan) yang sekaligus berfungsisebagai pintu. Hebatnya lagi, keempat roda bisaberbelok 60 derajat, yang memungkinkankendaraan dapat berputar sumbunya atau berbalikarah dengan mudah. (kps/afp)

    NET

    Kupiah BagarakWAYAH bulan puasakakanakan liburansakulah, makanyabubuhan kakana-kan itu banyak nangbamamainan di la-pangan bal, di ha-laman kanturpambakal, dilanggar ata-wa di masi-git. Wayahitu jua inya

    0808/B01

    Cha Syafa FitRianaAduduuu... mau apa sie pemerintahnie? Soal yg ky gtu malah drebutin,presidenx santai2 z pula.

    PELAIHARI, BPOST - Kasusdugaan pencucian uang (moneylaundering) yang kabarnya me-libatkan mantan Kabid PerizinanDistamben Tanahlaut (Tala), HBadaruddin, bak bola api yangmenggelinding dan membakar.

    Setelah penyidik BareskrimMabes Polri menggeledah danmenyita 59 dokumen di kantorDistamben, sejumlah pegawai

    Bambang Minta YusrilMembaca Secara Utuh

    Diam-diam, Pimpinan KPK Temui Kapolri

    PERNAH melihat film ko-mediHome Alone dan sekue-lnya, Home Alone: Lost InNew York pada 1990 dan1992 silam?

    Jika pernah, pasti akanterkesima oleh kepolosansekaligus kelucuan yangdiperlihatkan seorang bo-cah yang menjadi pemeranutama film itu: MacaulayCulkin.

    Ya, pada dua film itu,Culkin mampu membetotperhatian penggemar film.

    Hal 6 kol 4-7

    12:29 18:3015:51 19:4005:1005:00

    JAKARTA, BPOST - Konflikantara Polri dan Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK)terkait penanganan kasus du-gaan korupsi pengadaan si-mulator ujian Surat Izin Me-ngemudi (SIM), kian merun-cing. Kedua institusi merasapaling berhak menangani ka-sus tersebut.

    Banyak kalangan mende-sak Presiden Susilo BambangYudhoyono segera turun ta-ngan menyelesaikan persoa-lan tersebut. Bahkan, pakarhukum tata negara Yusril Ih-za Mahendra mengatakan,sengketa kewenangan antaraPolri-KPK, itu antara lain di-

    karenakan Presiden kurangmemiliki kewibawaan untukdapat menengahi. Dengankedudukannya, Presiden da-pat menasihati pimpinan ke-dua lembaga. Itu (nasihat)

    bukan intervensi kasus, ka-tanya.

    Pengamat hukum Saldi Is-ra, berpendapat sama. Menu-

    /DAILYMAILNET

    KONDISI terkini Macaulay Culkin yang sangat kurus dan tubuh tidak terawat. Culkin mengalamikondisi tersebut sebagai imbas konflik keluarga dan ketergantungan narkoba. Perubahan itu sangatberbeda dengan kelucuan dan kepolosan dia saat bermain dalam film sekuel Home Alone.

    Kegagalan dalamcinta membuat

    Culkin melarikandiri ke narkoba

    dan obat-obatan.Ia menjadi

    pecandunarkoba dan

    obat penghilangrasa sakit.

    Diramal Hanya Bertahan 6 bulanGerak tubuhnya yamgmenggemaskan seakan su-lit dihilangkan dari ingatan.Wajah culunnya juga tetapterbayang hingga kini.

    Berkat ketenarannya,pada usia 12 tahun Culkintelah menjadi sosok yangbergelimang kemewahan.Ia tinggal di apartemen me-wah seharga 2 juta pounds-terling atau sekitar Rp 29,4miliar.

    Hal 6 kol 4-7

    Kadistamben Pun Ikut DiperiksaMabes Polri Sita Mobil Badaruddin

    Hal 6 kol 4-7BANJARMASINPOST GROUP/M CHOIRUMAN

    INILAH mobil Toyota Rushyang disita penyidik Mabes

    Polri, Selasa (7/8). Untuksementara mobil diletakkan di

    halaman Mapolres Tala.

    dan pejabat dinas tersebut jugadimintai keterangan oleh polisi.

    Kepala Distamben M Ilyas punikut terkena api pemeriksaaan.Rabu (7/8) ini, dia akan menja-lani pemeriksaan di BareskrimMabes Polri. Dalam pemeriksaanitu, Ilyas berstatus saksi.

    Surat panggilan pemeriksaansampai di Distamben pada Senin(6/8) kemarin. Surat tersebut

    diantar AKP Saufi Salamun danAKP Setyo Birno. Keduanyaadalah penyidik di Subdit moneylaundering Direktorat TipideksosBareskrim Mabes Polri.

    Selain Ilyas, ada tiga staf danpejabat Distamben Tala yangjuga akan diperiksa pada hariyang sama. Mereka adalah stafdi bagian pertambangan umum(dulu bidang perizinan) Syahsa-

    dah Rahman, Kabid pertamba-ngan Antoeng Mas Rhoedy danseorang staf bernama Peiulia.

    Informasi yang diperolehBPost , kemarin pagi merekasudah berangkat ke Jakarta un-tuk memenuhi panggilan itu.Bapak (Kadistamben) sudahberangkat ke Jakarta, soalnya ke-

    Tidak benar dan pasti Tonyitu bukan anggota Densus.Kalau anggota polri mungkinsaja, tapi tugas di mana, pang-katnya apa, perlu ditelusuridulu. Nanti Tony juga kamiperiksa, kata Kabid HumasPolda Kalsel, AKBP Winarto

    Tony BukanAnggota Densus 88 Gubernur Langsung Siapkan Tim PenertibanBANJARMASIN, BPOST - Berkat pemberi-taan BPost, akhirnya identitas Tony Juniantoyang diduga terlibat kasus perambahan hu-tan secara liar, mulai terkuak. Polda memas-tikan dia bukan anggota Detasemen Khusus(Densus) 88 Antiteror Mabes Polri, sebagai-mana pengakuan Tonny kepada Dinas Ke-hutanan (Dishut) Kalsel.

    Pertanyaansedikit,

    santai saja,bukan interogasi.Jika diperlukan

    kembali memberiketerangan,saya siap

    AGUS SALIMKetua Tim Patroli Gabungan

    Kok BelumDengar Ya

    di Banjarmasin, Selasa (7/8).Dia juga menegaskan Pol-

    da Kalsel siap memproses hu-kum permasalahan tersebut,termasuk dugaan perambah-an hutan yang melibatkanTony. Sesuai prosedur saja.Polda siap proses, tegas dia.

    Kemarin, Dishut Kalsel se-cara resmi melaporkan seka-ligus menyampaikan berkasacara pemeriksaan (BAP) ter-hadap empat pekerja PT YesaBaratama yang ditangkap timgabungan Dishut dan BadanKonservasi Sumber Daya A-lam (BKSDA) Kalsel.

    Mereka diduga melakukanperambahan hutan untuk ak-tivitas penambangan liar dikawasan Desa Mangkalapi,Kusan Hulu, Tanahbumbu.

    MESKI diganggu olehseseorang yang mengakuanggota Densus 88 MabesPolri, penertiban aktivitasperambahan hutan akantetap dilanjutkan. Timgabungan lintas sektoralsegera dibentuk GubernurKalsel H Rudy Ariffin.

    Kalau kita benar,kenapa mesti takut. Itu barusatu titik saja, pekerjaaanlain masih banyak, ujarKepala Dinas Kehutanan(Dishut) Kalsel, RahmadiKurdi, Selasa (7/8).

    Dia mengungkapkan,masih ada puluhan sampai

    ratusan titik perambahanhutan di tiga daerah yakniTanahbumbu (Tanbu),Tanahlaut (Tala) danKotabaru.

    Itu mencakup penam-bangan liar dan pene-bangan tanpa izin. Semuaada di kawasan hutanlindung, hutan produksidan lain. Kesemuanya tidakberizin. Jumlahnya sekitar100 titik. Kami sudahmembicarakan masalah inidengan gubernur, ucapRahmadi.

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

  • 2Banjarmasin Post

    RABU 8 AGUSTUS 2012Banjarmasin Bungas

    BANJARMASIN, BPOST -Sahrijah (46) bersama ang-gota keluarganya yang lainduduk di anak tangga terasInstalasi Gawat Darurat(IGD) RSUD Ulin Banjarma-sin, Selasa (7/8).

    Perempuan yang akrab di-sapa Alus itu menunggui salahsatu ponakannya, Rinjaniyang sedang menjalani pera-watan di rumah sakit terbesardi Kalsel ini.

    Rinjani yang kelahiran 1990itu mengalami patah perge-langan tangan sebelah kiri dibagian belakang terkena tim-pasan senjata tajam. Sedang-kan, tangan kanannya menga-lami luka-luka. Dia merupa-kan korban tindakan keke-rasan dari pria yang akrabdisapa Gentos, masih satukampung dengan korban.

    Alus menceritakan, awalmula kejadian itu Selasa (7/8)pukul 05.00 Wita. Ponakannyadatang ke rumahnya dan me-ngadu handphonenya hilang.Rinjani menduga pelakunyaadalah salah satu rekannya,namun tidak mau mengaku.

    Tak berselang lama, istriRinjani, Rini datang men-jemput dan mengajak sua-minya pulang dari rumah A-lus di Jalan Belitung DaratGang Swadaya.

    Beberapa jam setelah Rin-

    Kini, giliran Balai Penga-wasan Obat dan Makanan (B-POM) yang menemukan ba-han berbahaya dari makananyang ada di Pasar Wadai Ra-madan.

    Berdasarkan sampel dari 24makanan, ada empat maka-nan yang positif mengguna-kan pewarna tekstil yakni,cenil, gulali, kolang-kaling dansari penganten. Pewarna yangdigunakan, yakni RodhaminB dan Metanil Yellow.

    Ada pula jenis makananyang menggunakan pemanisbuatan, siklamat yang ber-lebih. Makanan yang banyakmengandung siklamat ituadalah bingka barandam danes buah.

    Semua hasil sampel itu dila-porkan Kepala BPOM Kalsel,Dewi Prawita Sari kepadaWali