Banjarmasin Post edisi Rabu, 5 September 2012

download Banjarmasin Post edisi Rabu, 5 September 2012

of 28

  • date post

    26-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    429
  • download

    25

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 14750 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi Rabu, 5 September 2012

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post5 SEPTEMBER 2012/18 SYAWAL 1433 H

    RABU

    28 HALAMANRP 3.000 NO. 14750 TH XLI/ ISSN 0215-2987

    Anang Gayam

    12:22 18:2515:38 19:3305:03

    SI PALUiiiii

    Hal 6 kol 1-3

    KUCING ini meng-gegerkan warga Provi-dence, Rhode Island.AS. Hewan bernamaOscar itu mampu mem-prediksi 50 kematianpenghuni panti jomposecara akurat. Ia mela-kukannya melalui caramenghabiskan waktubersama orang yang akan mengembuskan napasterakhir.

    David Dosa, seorang geriatrik (dokter spe-sialis manula) yang juga asisten profesor diBrown University mengatakan, bahwa selamalima tahun, Oscar hampir tidak pernah mela-kukan kekeliruan. Malah seringkali Oscar mem-buktikan salahnya prediksi staf medis di pantijompo itu mengenai penghuni yang akan berpulang.

    Kucing itu, yang sekarang berumur 5 tahun,dikenal sebagai kucing yang tidak suka ber-sosialisasi. Sewaktu masih kecil, ia diadopsioleh Panti Jompo Steere House and Rehabili-tation Centre yang khusus merawat orang-or-ang tua yang mengalami dementia dan Al-zheimer. (tlg/tbn)

    AKHIRNYA Paluitahun ini tadi kawa juamalihat Makahwalaupun cuma hajituris alias baumrahlain bahaji. Itu ginamun kada dapatwarisan matanpakayiannya. Amun

    Tasbih Pagat

    - Guru sakulah swasta cagar bakurang,Lak ai

    + Bisa barangkap utak sidin, Nang ai

    0509/B01

    JAKARTA, BPOST - Sudahmenjadi rahasia umum, ba-nyak anggota DPR yang ja-rang ngantor. Bahkan, seringkali rapat-rapat harus ditunda

    PENGUSAHA properti Ci-putra menganggap, sekolahdi Indonesia kebanyakan ha-nya mengajarkan teori. Un-tuk bisa bangkit dari keterpu-rukan, Indonesia harus mem-perbanyak jumlah pewirausa-ha sekaligus merombak kuri-kulum pendidikan.

    Sekolah di Indonesia itukebanyakan teori, keban-yakan menghafal. Padahal In-

    Kucing Peramal Kematian

    Hal 6 kol 4-7

    BanyakanTeori

    AnakSaya Mati

    Syahid IPW Tuding

    Skenario GolkanRUU Kamnas

    Hal 6 kol 4-7

    Boeing Sediakan Kamar Tidur di PesawatINGIN tetap bisa tidur

    nyenyak di penerbanganjarak jauh? Saat ini, keingi-nan itu sulit terwujud. Ti-dak lama lagi, siapa punbisa merasakannya. Syarat-nya tentu memiliki uangdalam jumlah banyak.

    Adalah pabrikan pesa-wat di Chicago, Illinois,Amerika Serikat, Boeingyang akan mewujudkan

    keinginan itu. Melalui pe-sawat Boeing 747 Aeroloft--seri terbaru armada pesa-wat jumbo-- mereka men-yediakan kabin terpisahberisi ruang tidur untukdelapan orang.

    Inovasi itu menambahukuran pesawat hampir37,16 meter persegi padaBoeing Business Jet 747-8.Ruang kabin pun bertam-

    bah menjadi 481,14 meterpersegi, lebih besar dariAirbus A380, pesawat pe-numpang terbesar di duniasaat ini. Ya, pesawat itu me-mang dirancang khusussebagai pesawat mewah.

    Aeroloft memiliki dela-pan tempat tidur pribadi,serta ruang ganti. Kemu-

    Hal 6 kol 1-3

    karena peserta tidak meme-nuhi kuorum.

    Untuk meningkatkan ki-nerja mereka, saat ini sedangdisusun formula yang bakal

    dimasukkan ke revisi Un-dang Undang MPR, DPR, DPD,dan DPRD (UU MD3). Salahsatu usulan yang muncul a-dalah pemotongan gaji bagianggota DPR yang terbuktimembolos. Usulan itu dilon-tarkan Wakil Ketua Fraksi Par-tai Demokrat (FPD) SutanBhatoegana.

    Dipotong gajinya sesuaijumlah hari (membolos). Ka-takanlah per hari dipotong Rp2 juta. Ini perlu diterapkan

    dalam rapat komisi dan rapatparipurna. (Jika) itu diadakanbaru ngeper, tegas Sutan diJakarta, kemarin.

    Dia menyadari wacanatersebut bisa menuai protesdari legislator lain. Namun,Sutan menilai kinerja DPR ha-rus didongkrak dengan cara-cara yang berefek jera.

    Saya pikir wacana itu tidakpopuler dan malah orang ben-ci sama saya. Bayangkan barungomong agar yang tiga kali

    bolos dipecat saja orang su-dah serang saya di twitter,mukul saya, ucap dia.

    Benar kata dia. Sejumlahpetinggi fraksi, termasuk FPD,ramai menolak bahkan me-ngecam usulan itu. Bahkan,Wakil Ketua MPR HajriyantoY Tohari menilai wacana itumenghina DPR. Nanti ang-gota dewan jadinya kayak bu-ruh harian. Buruh harian itu

    Ramai-ramai KRamai-ramai KRamai-ramai KRamai-ramai KRamai-ramai Kecam Sutanecam Sutanecam Sutanecam Sutanecam Sutan

    Hal 6 kol 4-7

    NET

    MARTAPURA, BPOST - Mu-sim kemarau yang panjangmembuat kekeringan terjadidi mana-mana. Pun di seluruhkabupaten/kota di Kalsel. Sa-lah satunya di Banjar.

    Di kabupaten ini, warga di12 desa benar-benar men-derita karena kondisi tersebut.Mereka sangat sulit menda-patkan air bersih.

    Untung saja, sudah bebe-rapa hari ini ada bantuan pa-sokan air dari Badan Penang-gulangan Bencana Daerah (B-PBD) Banjar. Akan tetapi, ban-tuan itu tidak bisa memenuhikebutuhan. Warga harus be-nar-benar menghemat karenaair bersih sangatlah berhargapada kondisi saat ini.

    BANJARMASIN POST GROUP/RENDY NICKO

    ANTRE - Warga Astambul, Banjar, terpaksa antre mendapatkan airbersih yang dipasok BPBD, Selasa (4/9). Kekeringan terjadi di berbagaidaerah.

    Yang Penting Bisa Gosok GigiWarga Tapin Terpaksa Pikul Kayu

    Kami terpaksa mandi se-kali sehari sehari, itu pun yangpenting bisa menggosok gigiserta membasahi wajah, ta-ngan dan kaki, kata salahseorang warga Desa GunungUlin, Astambul, Marwan ke-pada BPost, Selasa (4/9).

    Menurut dia, kekeringan didesanya sangat parah. Apa-lagi, di kawasan tersebut ba-nyak kebun karet yang me-ngisap banyak air tanah. Se-benarnya daerah ini sumberair, tapi sekarang sudah ba-nyak diisap pohon karet-po-hon karet itu, tegasnya.

    Kegetiran hidup akibat ke-keringan juga dirasakan war-

    Hal 6 kol 4-7

    KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN

    Pasalnya, berpedoman pa-da surat edaran Kemendik-bud --sebagai tindak lanjutteknis pemberlakuan SKByang mensyaratkan pemera-taan guru-- Dinas Pendidikan(Disdik) Banjarmasin beren-cana menarik guru-guru ber-status PNS di sekolah swasta.Mereka akan ditempatkan disekolah negeri yang kekura-ngan guru. Langkah ini jugadidasarkan tujuan agar seko-lah swasta bisa lebih mandiri.

    Ya, itu sesuai (surat) eda-ran Kemendikbud. Kalau di-perlukan akan kami tarik, u-jar Kepala Bidang Pendidikandan Tenaga Kependidikan(PTK) Disdik Banjarmasin,Anwari Delmi saat dikonfir-masi BPost, Selasa (4/9).

    500 GuruBakal Dimutasi

    Disdik Akan Tarik GuruPNS di Sekolah Swasta

    Pada 3 Oktober 2011 lalu,SKB yang mengatur pena-taan dan pemerataan guruditandatangani Mendikbud,Men-PAN dan Reformasi Biro-krasi, Mendagri, Menkeu danMenag. Kesepakatan itu be-

    News Analysis

    BanyakSekolahTerpuruk

    LANGKAH PemkoBanjarmasin yang akanmenarik guru berstatusPNS di sekolah swasta-sekolah swasta itu samasaja menjalankan kekua-saan. Sebenarnya berda-sarkan Undang UndangPendidikan, kedudukansekolah swasta tidak bedadengan sekolah negerisehingga perlu dibantu.Salah satunya, memper-bantukan guru PNS disekolah swasta.

    Jadi kalau menarikguru PNS di sekolahswasta, itu sama artinyatidak menjalankankebijakan. Padahal,keberadaan sekolah

    H DAHRI, Ketua PGRI Kalsel

    Hal 6 kol 1-3 Hal 6 kol 1-3

    Pertimbangkansecara matang

    (penarikan guru PNS)karena status gurudi sekolah swastadan negeri sama-

    sama PNSHM THAMRIN

    Kepala BKD Kalsel

    JAKARTA, BPOST - Tak adayang menyangka, Muchsin(sebelumnya ditulis Mukhsin)Sanny Permadi (19), menjadisalah satu dari dua terdugateroris (satunya, Farhan) yangditembak mati personel De-tasemen Khusus (Densus) 88di Solo, Jateng.

    Terlebih, ketika menge-nyam pendidikan di SMP 126,Batuampar, Kramat Jati, Ja-karta, Muchsin tidak begitumenonjol baik dari sisi pergaulanmaupun akademis.

    FOTO-FOTO: DAILYMAIL/BOEING

    INSPIRASI

    Ciputra

    Komentar lain di halaman 4

    KitaGabung di Pages BPost Online

    MaeyFiorenzaCaradozhBagus aemun kya itu,mudahan ae

    kena kedepannya kdda lgyg membolos. supaya kdaterbiasa lg makan GAJIHBUTA... !!?

    WACANA pemotongangaji bagi anggota DPRyang suka membolos

    mulai bergulir.

    BANJARMASIN, BPOST - Su-rat Keputusan Bersama (SKB)5 Menteri, kembali membikin

    cemas para guru, terutama diBanjarmasin. Sekolah swasta di kota initerancam kehilangan guru berstatus pegawainegeri sipil (PNS).

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin Post RABU 5 SEPTEMBER 2012

    BANJARMASIN, BPOST -Mengindari risiko kecelakaanlalu lintas saat bertugas, seki-tar 600 anggota Barisan Pe-madam Kebakaran (BPK) diKota Banjarmasin dikumpul-kan Direktorat Lalu Lintas(Ditlantas) Polda Kalsel diAula Bhayangkari Polda Kal-sel, Senin (3/9) malam.

    Mereka diberikan arahantertib lalu lintas di jalan raya

    Mereka sempat saling ber-desakan untuk berebut keluarpintu yang lebarnya sekitardua meter itu.

    Kepanikan melanda siswadan siswi SMAN 7 saat si jagomerah mengamuk di permu-kiman tepat di depan pintumasuk sekolah mereka yangterletak di Jalan Darmapraja,Banjarmasin Timur.

    Padahal saat peristiwa ter-jadi, sekolah yang memilikitotal siswa 680 orang ini se-dang terjadi proses belajarmengajar baru memasuki jampelajaran kelima.

    Karena ada siswa yangberteriak kebakaran kamispontan keluar kelas. Namunsaat mau meninggalkan ling-kungan sekolah tidak bisa ka-rena api persis berkobar didepan pintu masuk, ujarGina salah satu siswa.

    Perempuan berjilbab inimenjelaskan begitu melihatapi membesar guru memberiinstruksi untuk mengevakua-si diri keluar sekolah melaluipintu darurat.

    Melihat besarnya nyalaapi, pihak sekolah juga lang-sung menginstruksikan seba-gian siswanya untuk menge-

    BANJARMASIN POST GROUP/APUNKULANG TAHUN - Tamu undangan saat menghadiri ulang tahun pertama Rumah MakanDapur Galuh, Selasa (4/9). Rumah makan di Jalan A Yani km 18 ini bakal dilengkapidengan fasilitas resort.

    SATU tahun sudah Rumah Makan DapurGaluh yang beralamat di Jl A Yani km 18Landasan Ulin Banjarbaru, hadir bagi pen-cinta kuliner di Banua.

    Di hari ulang tahunnya, kemarin Selasa(4/9) siang, digelar s