Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 22 Agustus 2012

download Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 22 Agustus 2012

of 23

  • date post

    22-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    301
  • download

    6

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 14736 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 22 Agustus 2012

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post22 AGUSTUS 2012/4 SYAWAL 1433 H

    RABU

    24 HALAMANRP 3.000 NO. 14736 TH XLI/ ISSN 0215-2987

    2208/B01

    SI PALUiiiii

    Hal 10 kol 1-3

    Anang Gayam

    - Pina rami kabakaran, Lak ai+ Halus jadi kawan, amun ganal jadi lawan,

    Nang ai

    HARI RAYA tadiPalui saparanakansungsung bangu-nan. Tuntungbasasiap Paluisaparanakantulakan ka masigit.

    Takbir Ruku

    Komentar lain di hal 3

    Kita Gabung di Pages BPostOnlineAPRESIASI dan ucapan selamat Idulfitri 1433 H dari para facebooker.

    Tarry QaraSejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini ke-menangan akan kita gapai,dalam kerendahan hatiada ketinggian budi,dalam kemiskinan harta adakekayaan jiwa dalam kesempatan hidup ada ke-luasan ilmu. Hidup ini indah jika segala karena Al-lah SWT. Kami sekeluarga menghanturkan selamat

    hari raya Idul Fitri 1433 H.

    RAJIN menggosokgigi mencegah orang me-ngalami demensia di ke-mudian hari. Demensiaadalah kehilangan ke-mampuan fungsi kognitifyang berkaitan dengandaya ingat, kemampuan

    memberi perhatian, kemampuan berbahasa atauberbicara, dan kemampuan memecahkan suatumasalah.

    Hasil studi di University of California terhadap5.500 orang berusia lanjut, yang diawasi selama se-kitar 18 tahun, menyebutkan 65 persen orang yangtidak rajin menggosok gigi atau kurang dari satu kalisehari cenderung akan terkena demensia.

    Menurut Annlia Paganini-Hill, pemimpin peneli-tian, peradangan gusi yang disebabkan oleh bakterimemang bisa berimplikasi menimbulkan penyakit-penyakit, seperti jantung, stroke, dan diabetes.

    Ada kemungkinan, kata dia, bakteri yang bersa-rang di gusi itu masuk ke dalam otak, sehinggamenyebabkan terjadinya peradangan dan kerusakanpada otak. (tic)

    Cegah Kepikunan

    Icha FebryMinal aidin wal faidzin,mohon maaf lahir nbathin. Met lebaranidul fitri 1433 H n dir-gahayu Indonesia ter-

    cinta. Moga sllu damai jiwa n hati qtasesuci hari yg fitri.

    NET

    BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPHANDIBOLA API - Warga Jalan Sukamara, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru bermain bola api menyambut datangnya Hari Raya Idulfitri1433 Hijriah, Sabtu (18/8) malam. Foto-foto terkait di halaman 16 dan 21.

    12:27 18:2915:48 19:3805:08

    BANJARBARU, BPOST - Su-asana duka masih menye-limuti rumah Handung BoroGondo di RT 24 RW 6 Kelu-rahan Sungai Ulin.

    Minggu (19/8) pagi usaiSalat Id, Handung bersamasaudara-saudaranya pun ber-kunjung ke makam ibunda-nya, Endang Sunarsih, di TPUSungai Ulin.

    Handung adalah anggotapasukan pengibar bendera(Paskibra) Kota Banjarbaru.Kebahagiaan sebagai orangpilihan saat upacara 17 Agusu-tus 2012 lalu di lapangan Murd-jani, Kota Banjarbaru, diselimutiduka setelah ibunya mening-gal dunia saat dia melaksana-kan tugas negara tersebut.

    Walaupun telah menguasaiperasaanya, siswa Kelas 3SMAN 2 Banjarbaru ini punmasih belum bisa menyem-bunyikan dukanya.

    Wajar Handung begitu ke-

    BANJARMASINPOSTGROUP/HARI WIDODO

    HANDUNG Boro Gondo menangis histeris menyaksikan ibundanyaterbujur kaku di ruang IGD RSUD Banjarbaru, Jumat (17/8).

    Handung Sempat Histerishilangan. Dia merupakan a-nak bungsu dari lima bersau-dara sehingga Handung punselama ini begitu dekat de-ngan ibunda yang juga guruTKA/TPA Alquran Unit 009Sungai Besar tersebut.

    Dia begitu terpukul ketikaibu pergi. Kami semua juga

    begitu, kaget, terpukul tetapiiklas dengan kepergian ibu.Beliau meningal dalam keada-an khusnul khotimah karena da-lam keadaan berpuasa, ujarWahyu Jolo Seno, saudaraHandung.

    Hal 10 kol 4-7

    JAKARTA, BPOST - TubuhAndre Mamuaya, Direktur PTAdaro Energy Tbk, terpentalhingga lima meter usai mena-brak mobil Toyota Inova ber-nomor Polisi B 1348 PKP didepan Plaza Central, di JalanJendral Sudirman, JakartaSelatan, Selasa (21/08) pagi.

    Satpam Plaza Central yangmenyaksikan kejadian itu,Udari Sutisna, mengatakanAndre yang mengendarai se-pedamotor Ducati Sport 1000S bernomor Polisi B 5555 XSitu bersama rombongan mo-tor besar lainnya melaju de-ngan kecepatan tinggi dariarah Bundaran HI menujuperempatan semanggi.

    Andre Terpental Lima Meter Direktur PT Adaro Tewas Kecelakaan

    Dalam rombongan itu,Andre berada di posisi palingbelakang. Menurut Udar, kon-disi lalu lintas di Jalan JendralSudirman sedang lengang.

    Mendekati Plaza Central, iadihadapkan oleh Mobil Inovaberwarna hitam yang dike-mudikan Muhamad Tarigan,Andre pun mengambil jalurdi kiri mobil itu, entah kenapatiba-tiba saja Andre menghan-tam sisi kiri mobil tersebutdan terpelanting lima meterke trotoar.

    Saat dia menghampiri, An-dre masih dalam keadaan ber-nyawa, tapi sudah tidak sadar-

    Hal 10 kol 1-3TRIBUNNEWS/NURMULIA REKSO PURNOMO

    POLISI mengamankan sepeda motor korban. Insert; Andre Mamuaya.

    SEMARANG, BPOST - Duateror terjadi selama dua hariberturut-turut di Kota Solo,pada Jumat (17/8) dini haridan Sabtu (18/8) malam. Polisipun masih belum bisa men-duga siapa pelaku kedua terortersebut.

    Jajaran Polda Jawa Tengahdan Kodam IV/Diponegoro

    Pelaku Teror Masih GelapJokowi: Mengapa Dilakukan di Solo

    masih menyelidiki kasus pe-nembakan Pos PengamanGemblengan dan pelemparangranat di Pospam Gladak diKota Solo tersebut.

    Saat ini kasus tersebutmasih dalam penyelidikandan seluruh aparat penegakhukum di Solo telah mening-katkan kewaspadaan guna

    mengantisipasi kejadian seru-pa, kata Kapolda Jateng, Ins-pektur Jenderal Didiek Suto-mo Triwidodo, Selasa (21/8).

    Selain mengingkatkan ke-waspadaan di Solo, dia jugatelah meminta jajaran PoldaJateng melakukan penamba-

    Hal 10 kol 4-7

    Hingga kini, jabatan WakilBupati Hulu Sungai Tengahmasih menggantung. Suratpemberhentian Fakih Jarjanisebagai wakil bupati HSTpriode 2010-2015, masih be-lum turun dari KementerianDalam Negeri.

    Fakih mengaku belumpernah menerima salinan res-mi SK pemberhentiannya se-bagai wakil bupati dari Ke-mendagri. Meski diakui kabarpemberhentiannya sudahbergulir sejak April 2012 lalu.Sampai hari ini, kita belummenerima surat itu, tegas

    Fakih Tunggu SK Pemberhentian Kemendagri Tunggu Surat dari Ditjen OtdaBARABAI, BPOST - Terpidana kasus korupsi,Fakih Jarjani menghirup udara bebas, seharimenjelang hari raya Idulfitri, Sabtu (18/8).Kementerian Hukum dan HAM mengabul-kan cuti bersyarat selama 2,5 bulan yang di-ajukan politisi Partai Keadilan Sejahtera(PKS) Hulu Sungai Tengah tersebut.

    ditemui usai dijemput parapengurus dan simpatisan PKS

    SELEPAS keluar dariRutan Barabai, Wakil BupatiFakih Jarjani menyatakanakan fokus pada kegiatan dipartainya, PKS. Selain itudia akan tetap memenuhipermintaan berdakwah kemasjid-masjid.

    Seperti hari raya lebarankemarin, mantan anggotaDPRD HST ini menjadikhatib di masjidlingkungan Rutan Barabai.Fakih menyatakan rasa

    Jadi Khatib Rutansyukurnya, kembali bisamenghirup udara bebas.Enam bulansetengah didalam rutan, membuatsaya belajar tentangbanyak hal. Tentangkehidupan dan tentangsaudara-saudara kitawarga binaan penghunirutan di sana,kata Fakih.

    Selama di rutan, Fakihmengaku mengisi kegiatan

    DOK.BPOSTFakih Jarjani

    Hal 10 kol 4-7

    Hal 10 kol 6-7

  • 2Banjarmasin PostRABU 22 AGUSTUS 2012

    Banjarmasin Bungas

    Saat ditemui BPost, ia me-megang secarik kertas daripetugas PMI Kota Banjar-masin. Sesekali ia sibuk me-mencet nomor handphone digenggamannya.

    Mario mengaku bingungkarena darah yang didonor-kannya tak bisa didonorkankepada pasien. Padahal, satukantong darah yang ia do-norkan sangat diperlukansang paman yang terbaringsakit di RSUD Ulin. Bingung,kenapa darah saya gak bisa,ucapnya.

    Ini merupakan pengala-man pertamanya mendonor-kan darah. Demi sang pamanyang akan dikemoterapi ka-rena tumor usus. Donor darahia lakukan karena persediaandarah di PMI, untuk golo-ngan AB, hanya tersisa satukantong.

    BANJARMASIN, BPOST - Seban-yak sembilan Kepala Kelurga(KK) di Jalan Kuin Utara, Gang HAsnawi RT 9, Banjarmasin hanyabisa meratap sedih. Rumah merekaluluh lantak akibat dilalap si jagomerah, Minggu (19/8) lalu.

    Mereka terpaksa tidak bisamerayakan Idulfitri seperti layak-nya warga lain. Bahkan di saatwarga lain hanyut dalam keme-nangan Idulfitri, para korban ini relabergelut dengan arang demi meng-umpulkan barang yang masih bisadiselamatkan dari bekas rumahmereka. Dari tujuh rumah, enam diantaranya rata dengan tanah.

    Mario Bingung Cari DarahBANJARMASIN, BPOST - Kebingungandialami Mario. Warga Kuala Kapuas inisedang membutuhkan darah untuk keluar-ganya. Tapi ia tidak juga mendapat darahyang ia cari.

    Didampingi sang adik, iamendatangi PMI Kota Ban-jarmasin di Jalan Simpang Ulinuntuk melakukan donor da-rah. Satu kantong darah yangia donorkan, diharapkan bisamembantu kekurangan da-rah untuk persiapan kemo-terapi sang paman.

    Namun, usai donor, jawa-ban yang diterima dari petu-gas membuatnya kecewa. Iapun menanyakan mengapadarahnya tak bisa didonor-kan. Sayang, karena tak adadokter yang berhak mem-berikan keterangan, ia punmemutuskan untuk pergi me-ncari keluarga lain dengangolongan darah AB.

    Dokternya gak ada ka-tanya, cari yang lain dulu aja,ucapnya sembari meninggal-kan kantor PMI.

    Staf mobil unit PMI, Her-

    liansyah yang ditemui BPostmengaku bukan kewena-ngannya atau staf lain untukmenjelaskan soal ketidak-cocokan darah yang didonor-kan Mario. Yang berkewena-ngan adalah dokter, yang padasaat itu memang libur kerja.

    Itu kewenangan dokteruntuk menjelaskan. Ya, me-mang darahnya tidak bisa dido-norkan ke pasien, ucapnya.

    Mengenai stok darah,Herliansyah mengaku usaiRamadan stoknya berkurang.Tapi, tak berkurang drastisseperti tahun-tahun sebelum-nya. Sebab sekarang tersediaarmada, berupa mobil untukdonor darah.

    Selama satu bulan Rama-dan kemarin, mobil ini ber-keliling di tempat-tempatyang dikunjungi banyak or-

    ang. Seperti siring, masjid, dangereja. Untuk mengajak war-ga