Banjarmasin Post Edisi Rabu 22 Juni 2011

download Banjarmasin Post Edisi Rabu 22 Juni 2011

of 28

  • date post

    19-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    460
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post Edisi Rabu 22 Juni 2011

Transcript of Banjarmasin Post Edisi Rabu 22 Juni 2011

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post22 JUNI 2011/

    20 RAJAB 1432 H

    RABU

    HALAMAN NO. 14317 TH XXXIX/ ISSN 0215-2987RP 3.00028

    SI PALUiiiii

    Hal 14 kol 1-3

    18:23MAGRIB

    19:37ISYA

    15:48ASAR

    12:24ZUHUR

    05:02SUBUH

    Anang Gayam

    Hal 14 kol 1-3

    Panci Isi Ulang GadgetMUSIBAH memunculkan ide hebat. Itu

    terjadi di Jepang pascatsunami. Terinspirasikesulitan pengungsi mengakses listrik, salah

    satu perusahaanmenciptakan panciyang bisa mengisiulang gadget. Perangkatbernama HatsudenNabe thermo electricini mampu meng-ubah panas di pancimenjadi listrik. Port

    USB pun disediakan untuk menghubungkannyadengan perangkat seperti smaprtphone danhandphone. Kami melihat mereka kesulitanberkomunikasi dan menghangatkan badan dekatapi. Dari situ muncul ide panci yang bisamengisi ulang gadget, kata direktur perusahaantersebut, Kazuhito Fujia, kemarin.

    Panci itu memiliki material keramik termoelektrik yang bisa mengumpulkan listrik daritemperatur panas. (afp/kps)

    MODUS baru dilakukankelompok teroris di Pakistan.Mereka menculik sejumlahbocah untuk dijadikan bom-ber bunuh diri. Caranya, bo-cah itu diberi rompi bom laludiarahkan ke kerumunan o-rang. Melalui remote control,bom di tubuh bocah itu,diledakkan.

    Salah satu calonbomber cilik itu ada-lah Sohana Jawed(9). Namun, sebe-lum dipaksa berak-si, dia mampu me-larikan diri darikelompok terse-but.

    Kepada po-lisi, Sohana me-ngaku diculikdua perempu-an, dua pekanlalu di dekatr u m a h n y a ,

    BANJARMASIN, BPOST -Seorang tenaga kerja wanita(TKW) asal Indonesia di ArabSaudi, Ruyati dihukum pan-cung. Puluhan TKW lain me-nunggu giliran untuk menja-lani serupa.

    Berdasar data Badan Na-sional Perlindungan dan Pe-nempatan Tenaga Kerja Indo-nesia (BNP2TKI), di antaramereka terdapat enam wargaKalsel. Mereka adalah Dar-mawati binti Tarjani, Aminah

    binti Budi, Samaan M Niyan,Abdul Aziz Supiyani, M Mur-syidi dan Azizi Hatati.

    Meski tidak ada nama ke-ponakannya dalam daftartersebut, Erwinsyah tetaptidak tenang. Warga Tinggir-an Darat, Mekarsari, Batolaitu gelisah memikirkan Mis-mawati yang bekerja di nega-ra kaya minyak tersebut.

    Pasalnya, sudah hampirtiga tahun, mereka putus ko-munikasi.

    Apalagi perusahaanyang memberangkatkan diamengaku tidak mengetahuikondisinya, ujar Erwinsyah,Selasa (21/6).

    AP PHOTO/MINISTRY OF EMERGENCY SITUATIONS PRESS SERVICE

    JATUH - Pesawat RussAir Tupolev-134 hancur lebur karena menghunjam jalan tol dekat Bandara Petrozavodsk, Rusia, Senin (20/6) malam. Sebanyak 44 orang tewas dalam kecelakaanitu. Delapan orang lainnya dalam kondisi kritis. Berita di halaman 13.

    Peshawar. Tiba-tiba, salahseorang dari mereka menem-pelkan sapu tangan ke wajahsaya. Saya langsung tidakingat apa-apa. Begitu sadar,saya berada di dalam ru-mah, katanya, Selasa (21/6). Setelah itu, seorang laki-

    laki dan perempuan me-maksanya mengena-

    kan rompi. Sohanamengaku menolak,tetapi tetap dipak-sa. Mereka me-maksa saya menge-

    nakan rompiyang berat itu.Saya hanyabisa mena-ngis. Kemu-dian dipak-sa masukke mobil,ucapnya.

    Khawatir KeponakanDipancung

    3 Tahun TKW asal Batola Hilang

    Bomber Cilik

    Hal 14 kol 1-3

    Warga Siap-siap Tidak Mandi

    Komentar lain di halaman 12

    KitaGabung di Pages BPost Online

    NET

    MUSIM kemarau telah tiba.Dinas PU Kalsel akan

    menguras waduk Riam Kanan.

    Zahra FirjatullahTdk hanya di kab.Banjar tp jg kab.Tapin, khususnyadi desaku kec.Salam Babaris ygmemang tdk menggunakanlayanan PDAM, saat kemarauspt ini air dijadikan bisnis,bayangkan saja utk mendapat-kan air kami (yg tdk memilikisumur bor) harus mengeluar-kan uang 10rb per drum nya..

    Hal 14 kol 1-3

    Kondisi tidak mengenak-kan itu terjadi karena DinasPekerjaan Umum Kalsel kem-

    GAWIAN hanyarTulamak wayah iniumpat jadi pasukankuning alias bubuhantukang barasihi sam-pah di jalanan. Jamampat subuh inya su-dah tulak bagawi, bu-

    liknya jam tujuh.

    JAKARTA, BPOST - Polisiterus mengusut kasus duga-an pemalsuan surat putusanMahkamah Konstitusi (MK)terkait hasil Pemilu Legislatif2009. Dalam kasus itu, man-tan anggota Ko-misi PemilihanUmum (KPU)yang kini men-jadi Juru BicaraDPP Partai De-mokrat (PD)Andi Nurpati,diduga terlibat.

    Pada suratyang didugapalsu itu, MKm e l o l o s k a ncaleg PartaiHanura DewiYasin Limpoke DPR daridaerah pemi-lihan Sulsel. Namun, KetuaMK Mahfud MD menegas-kan, isi surat yang asli melo-loskan caleg Partai Gerindra,Mestariyani Habie.

    Dalam rapat kerja denganPanaj Mafia Pemilu DPR, Se-lasa (21/6), Sekjen MK Janed-ri M Gafar mengungkapkansurat palsu itu dikonsep dirumah mantan Hakim Kons-titusi, Arsyad Sanusi pada 16Agustus 2009. Pembuatnyaadalah staf administrasi MK,Mashuri Hasan.

    Dia ditelepon Neshawati

    (putri Arsyad). Di sana, Ha-san meng-copy file, dibikintanggal 14 Agustus 2009, kefile lain. Dia juga memberinomor surat 112, ungkap-nya.

    S e l a n j u t -nya, Hasan kegedung MKuntuk meng-administrasi-kan surat yangsudah dikon-sep tersebutBukti bukupenomoran su-rat ditulis sen-diri oleh Ha-san, karena Se-kretaris Pani-tera MK Alifahtidak masuk. A-khirnya Hasanmengadminis-

    trasikan, tapi tidak ada tandatangan Panitera MK, ZaenalArifin Hoesein, kata Janedri.

    Tindakan Hasan tidak ber-henti di situ. Dia juga memal-su tanda tangan Zaenal me-lalui cara me-scan dokumen-tasi surat di komputer lalu di-simpan di flash disc milik Ali-fah.

    Selanjutnya, Hasan kem-bali ke rumah Arsyad. Di sanasudah ada Dewi Yasin Lim-po, ucapnya.

    Pasokan PDAM Intan Banjar Bakal TerhentiMARTAPURA, BPOST - Sebanyak 17.998pelanggan PDAM (Perusahaan Daerah AirMinum) Intan Banjar di Martapura danBanjarbaru, harus mulai menampung airbersih. Pada 25-30 Juni 2011, suplai air ledingke rumah mereka, dihentikan.

    bali membersihkan saluranprimer di Irigasi Riamkanan.

    Pelanggan di zona utama(pembagian zona lihat tabel),siap-siap tidak mandi sajakarena kegiatan pembersihantersebut, ucap Kabag UmumPDAM Intan Banjar, DeddyRahmat Setiawan di Marta-pura, Selasa (21/6).

    Terduga PemalsuJadi Hakim

    KEPANIKAN dialamiwarga Banjarbaru danMartapura, terutamapelanggan PDAM IntanBanjar. Mereka sibukmenyiapkan cadangan airkarena PDAM bakalmenghentikan pasokan air.

    Hal itu terkait aktivitaspembersihan saluranprimer irigasi Riamkananoleh Dinas PekerjaanUmum Kalsel.

    Busyet, bagaimanajadinya kalau air ledingmati. Saya tidak berpenga-laman karena baru sebulantinggal di sini jadi tidak tahuapa yang harus dilakukan.Ada sumur tapi rusak, ujarseorang warga kawasanCempaka, Banjarbaru, Aniyang berasal dari Kaltim,Selasa (21/6).

    Gunakan Air Galon Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 6-7

    Sekjen MK Blak-blakan ke DPR

    Hal 14 kol 4-7

    Anehnya, saatdiberhentikan

    dia malahmemintadoa restu.

    Ternyata diaditerima menjadi

    hakim diJayapura

    JANEDRI M GAFFARSekjen MK

    Saling Manguntungkan

    Putri RuyatiHisteris

    Halaman 14

    BANJARMASINPOST/JUMADI

    HILANG - Erwinsyah memperlihatkan foto keponakannya, Mismawatiyang selama tiga tahun hilang di Arab Saudi, Selasa (21/6)

    AP PHOTO/ROHULLAH SHAKIR

    Sohana Jawed

    - Banyu ledeng di Martapura matisaminggu, Lak ai

    + Mandian di kolam ranang haja, Nang ai

    2206/B01

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostRABU 22 JUNI 2011

    Saya sudah empat tahunmenjadi kader Posyandu.Baru untuk uang lelah 2010saja dilakukan pemotongan,sebelumnya tidak pernah,ujar satu kader Posyadu diKelurahan Kuin Utara, Anisa,kemarin.

    Sebelumnya, pencairanuang lelah dan pemberianmakanan tambahan (PMT)selalu lancar setiap enam bu-lan sekali. Kini, selain pemo-tongan uang lelah dan PMT,belum ada pembaruan pera-latan di Posyandu.

    Dari dua timbangan yangdipergunakan, salah satunyaharus digoyang dulu agarjarumnya bergerak. Juga kar-tu menuju sehat (KMS) untukmengukur perkembanganberat badan balita, kini hanyadicatat di buku tulis biasa.

    Tak tahu kenapa tak dika-sih buku lagi. Biasanya diberipuskesmas. Kini, terpaksapakai buku catatan biasa,

    Pantaslah jika H Hasanud-din Murad menyatakan,penghargaan Satyalencanayang diterimanya dari Presi-den merupakan prestasi ma-syarakat Batola, khususnyapara petani. Satyalecanapembangunan menjadi pemi-cu bagi masyarakat dan jaja-ran Pemkab Batola semakinmeningkatkan kinerjanya se-gala bidang pembangunan.

    Presiden RI Susilo Bam-bang Yudhoyono memberi-kan penghargaan kepada Bu-pati Batola H HasanuddinMurad berupa Satyalencanapembangunan bidang perta-nian. Penghargaan yang di-terima orang nomor satu diBumi Ije Jela ini, adalah peng-hargaan kedua dari PresidenSusilo Bambang Yudhoyonoselama empat tahun memim-pinnya di Kabupaten Batola.

    Penghargaan pertama di-terima H Hasanuddin Muradpada 2008 karena KabupatenBatola yang dijuluki lumbungpadi ini mampu meningkat-kan produksi padi di atas limapersen.Produksi pertanian daritahun ke tahun terus meningkatseperti produksi Gabah KeringGiling (GKG) terus meningkatmulai 2008 sampai 2010.

    Demikian pula produksijeruk mengalami peningka-tan yang luar biasa dari 2008hanya 37 ribu ton menjadi 75ribu ton. Pertanyaan besar,kenapa dalam tiga tahun te-

    AdvertorialAdvertorialAdvertorialAdvertorialAdvertorial

    katanya.Untuk layanan Posyandu,

    menurut perempuan berkaca-mata itu, rutin mereka gelarsetiap bulan. Untuk PMTsemua ditanggung ketua ka-der. Setiap bulan kita bare-ngan bikin bubur ayam ataububur kacang. Dananya pakaiuang ketua dulu, katanya.

    Sedang PMT khusus dariPuskesmas, lanjutnya, untuk

    tahun ini tak ada lagi. Terak-hir tahun lalu ada susu danbiskuit kemasan untuk anakgizi buruk. Tahun sekarangtak ada lagi, tak tahu kena-pa, katanya.

    Data Posyandu di KotaBanjarmasin, menurut BadanKeluarga Berencana, Pem-berdayaan Masyarakat danPerempuan (BKBPMP), a