Banjarmasin Post edisi cetak Rabu 28 Maret 2012

download Banjarmasin Post edisi cetak Rabu 28 Maret 2012

of 28

  • date post

    02-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    468
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi cetak NO. 14592 TH XL/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Rabu 28 Maret 2012

  • HALAMANRP 3.00028

    Anang Gayam

    Hal 6 kol 1-3

    12:29 18:3315:38 19:4105:10

    SI PALUiiiii

    Banjarmasin PostDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    28 MARET 2012/5 JUMADIL AWAL 1433 H

    RABU

    NO. 14592 TH XL/ ISSN 0215-2987

    - Sudah ada korban Tomcatnya, Lak ai

    + Amun kada dihaur, aman haja, Nang ai

    Gunting di Kepala BalitaJANGAN biarkan anak Anda bermain benda

    tajam seperti gunting. Kejadin di Cina ini bisamenjadi bukti bahayanya hal tersebut. Di RSShanghai baru saja dilakukan operasi selama4 jam untuk mengeluarkan gunting dari dalamkepala bocah berusia

    Menurut pejabat rumah sakit, YangXiaodong, bocah tersebut bermain sendiridengan menggunakan gun-ting saat anggota ke-luarganya sibuk diruang berbeda.Tiba-tiab bo-cah itu me-nangis ken-cang. Ter-nyata, diamenusuk si-si kanan wajahnyamenggunakan gunting tajam itu.Berdasar hasil CT Scan, gunting masuk keotak.

    Kami terkejut ketika melihat anak ini,sekitar 20 sentimeter dari bagian guntingmasuk tepat di samping mata bagian kanan.Untungnya ia masih sadar dan hanya menge-luhkan sakit kepala, ujar Yang.

    Untung saja, gunting tersebut tidakmelukai pembuluh darah besar atau melukaijaringan otak. Tetapi tetap bahaya kan...(sdy/dtn)

    Kabanyakan AcanWAYAH lagi

    anum Palui wankakawalannyatamasuk nangrajin maumpatibubuhan nangtuhatuha, ba-gutung-ruyung,baulahraga,sampai umpat juarunda malam.

    Rahma Harus Naik Getek

    NEW DELHI,BPOST - Aksi ba-

    kar diri dilakukanseorang demonstran

    di New Delhi, India.Pelaku yang merupa-

    kan pengungsidari Tibet, YamphelYeshi, melakukan

    aksi nekat tersebutuntuk menyambut

    kedatangan Presiden Ci-na Hu Jintao ke India, kema-

    rin. Jintao datang ke New Delhiuntuk mengikuti pertemuan de-

    ngan pemimpin Brasil, Rusia, In-dia, Cina dan Afrika Selatan.Selain aksi bakar diri, puluhan orang

    Tibet di negara itu juga meng-gelar aksi. Mereka memprotestindak kekerasan dan pengua-saan Cina terhadap Tibet, khu-susnya sang pemimpin me-reka, Dalai Lama.

    Di saat para demonstranmenggelar mimbar bebas, Yeshi

    tiba-tiba menyiram tubuhnyamenggunakan cairan yang mudah

    terbakar. Setelah itu, dia menyalakanapi, membakar diri lalu berlari menujupodium tempat para orator melontar-kan kritik terhadap Jintao.

    Melihat tindakan Yeshi, sejumlahpengunjuk rasa langsung menyiram-kan air lalu membalut tubuh dia meng-gunakan bendera Tibet. Meski berhasildipadamkan, api sempat selama duamenit membakar tubuh Yeshi hing-

    Yeshi NekatBakar Diri

    Hal 6 kol 4-7

    AP PHOTO/MANISH SWARUP

    Murid SD Tanipah Kesulitan ke SekolahMARTAPURA, BPOST -Perlahan-lahan dan hati-hati,Rahma (9) berjalan di atastitian kayu yang seharusnyatidak layak digunakan.

    Namun, Rahma harusmelewati titian di perba-tasan Desa Tanipah RT 2,Aluh Aluh, Banjar itu, jikamenuju atau pulang sekolah. Perjalanan berat bocahkelas III SDN Tanipah itu

    belum selesai. Setelah mele-wati bagian titian, dia me-numpang jukung (wargasekitar menyebut getek)yang akan menyeberang-kannya ke lokasi sekolah.

    Sejak terjadi banjir robbeberapa waktu lalu, Rahmadan puluhan murid SDNTanipah yang tinggal di RT

    Hal 6 kol 1-3

    SALAH satu kuncikesuksesan Apple me-masarkan berbagaiproduk gadgetnyaadalah menjaga kera-

    hasiaan, baik yangakan diluncurkan maupun yangmasih dalam bentuk prototipe.

    Saking rahasianya, ada kesanApple paranoid. Tak hanya men-yembunyikan produk, penjagaankantor Apple juga dinilai lebih ke-

    tat dari penjaga-an di Pentagon.Prosedur penja-gaan rahasia peru-sahaannya pun me-lebihi yang diterap-kan di CIA.

    Seperti dilansir Tech Ra-dar, kemarin, penulis bukubiografi pendiri Apple, Steve

    Hal 6 kol 4-7

    Pengamanan Kantor Apple Lebihi Pentagon

    Karyawan Wajib Berjubah Hitam

    KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESBENTROK - Mahasiswa yang menolak kenaikan harga BBM bentrokdengan polisi saat menuju Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/3).

    Kita Gabung di Pages BPost Online

    Komentar lain di halaman 4

    Ani QueentsubakieMGKN cr damai sdh dtmpuh tp tak adhasil,akhirx demo dc jlnalternatifx,mg brjln lncrn g anarkis,,see-mangattttttt

    AKSI peno-lakan kenaikan

    harga BBM tersuterjadi di berbagaidaerah, termasuk

    di Kalsel

    Istana Marah 3 Kepala Daerah Ikut Demo

    Iya sudah masuk rumahjuga, tetapi kami berusahatenang. Tidak saya bunuhatau semprot pakai pembasmiserangga. Malah sempat sayamain-mainkan di tangan lalusaya lepas. Saya berencanamemasang perangkap, tiapmalam. Kami sudah menda-pat pengarahan agar menye-bar perangkap, ujar KetuaKelompok Tani Gawi Sabumi Su-ngai Lulut itu, Selasa (27/3).

    Karena keberadaan tomcatpula rumah Mahdi yang be-rada di dekat sawah didatangitim gabungan Dinas Pertaniandan Perikanan serta DinasKesehatan Kota Banjarmasin.

    Memang tidak perlu di-basmi karena dia itu sahabatpetani. Karena habitatnyaterganggu serta cuaca eks-trem, mereka mendatangirumah di sekitarnya, kataKadinas Pertanian dan Peri-kanan Banjarmasin, Doyo Pu-djadi yang ikut mendatangi

    JAKARTA, BPOST - Ikutnyasejumlah kepala daerah da-lam unjuk rasa menolak ke-bijakan pemerintah menaikanharga bahan bakar minyak(BBM) membuat Istana ter-pantik emosinya.

    Melalui Staf Ahli Presiden

    Bidang Komunikasi Politik,Daniel Sparinga, Istana menilaiketerlibatan kepala daerah

    Foto-foto dan beritaterkait.... Hal 2 & 13

    Hal 6 kol 4-7

    Warga Sebar Perangkap Tomcat 7 Orang di Banjarmasin Jadi KorbanBANJARMASIN, BPOST - Kedatangan se-rangga tomcat ke rumahnya, tidak membuatMahdi takut. Warga Desa Simpang Limau,Sungai Lulut itu tetap tenang menghadapiserangga beracun tersebut.

    rumah tersebut.Mengenai perangkat tom-

    cat, Doyo mengungkapkanjebakan itu terdiri atas wadah

    berisi air bercampur minyaktanah dan lentera kapal ataulampu teplok.

    Malam disebar di sawah,untuk mengetahui populasi.Paginya dicek populasinya.Bila satu wadah terdapat ra-tusan tomcat, berarti sudahmengancam. Jika itu terjadiakan dilakukan pembasmiandengan melacak sarangnya,tegas dia.

    Rencananya, imbuh Doyo,secara bertahap perangkapdisebar ke Banjarmasin Timur,Banjarmasin Selatan dan ka-wasan Mantuil.

    Kami menyerukan jangangunakan pembasmi serang-ga, kata Doyo.

    Dia Melompat-lompat

    Bila satu wadahterdapat ratusan

    tomcat, berarti sudahmengancam. Jika itu

    terjadi akan dilakukanpembasmian

    DOYO PUDJADIPejabat Pemko Banjarmasin

    Hal 6 kol 4-7

    TAK hanya Banjarmasindan Banjar, tomcat dika-barkan menyerang HST.Adalah Pingky, warga JalanAkhmad Sapawai, Mura-kata Barabai, yang menga-ku nyaris menjadi korbanserangga tersebut. Hewanyang diduga tomcat

    hinggap di lengannya,seminggu lalu.

    Saya yakin yang datangsaat saya tiduran itu tomcat.Panjangnya sekitar satusentimeter dan belanggaris-garis dengan warna

    Hal 6 kol 4-7

    Yamphel Yeshi

    BANJARMASINPOST GROUP/RENDY NICKOGETEK - Sejumlah murid SD naik getek menuju sekolahnya diDesa Tanipah, Banjar, kemarin.

    NET

    KAMIS (29/3)Pukul 01.45 WIB

    Live on

    AC Milan dan Barcelona di-takdirkan kembali berjumpa dibabak perempat final LigaChampions setelah berjumpadi babak penyisihan grup mu-sim ini. Intensitas persaingankedua tim dipastikan makinmeningkat dengan sistemgugur yang dianut di ba-bak delapan besar.Barca secara kasat mata

    lebih superior setelah pada dua pertemuansebelumnya bermain imbang 2-2 di kan-dang dan menang 3-2 di San Siro. Totaldari enam pertemuan, Barca menang ti-ga kali, Milan sekali, dan dua kali imbang.

    Kali ini, pada laga leg pertama babakperempat final, Kamis (29/3) dini hari, Barcakembali menjadi favorit. Meski tampil di kan-

    Messi Bakal Merajalela

    Hal 6 kol 1-3

    BarcelonaAC Milan VS

  • 2Banjarmasin Post Banjarmasin Bungas

    RABU 28 MARET 2012

    Gagal Terobos Gedung Dewan

    Banjarmasin Utara Banjarmasin Tengah4 Rekanan Berstatus Tersangka

    BANJARMASIN, BPOST - Setelah resmi menetapkanPejabat Pembuat Komitmen (PPK) Herry Supriantosebagai tersangka, tim Penyidik Kejaksaan Negeri(Kejari) Banjarmasin kini mengincar empat rekanandugaan korupsi di Unlam dalam proyek pengadaanbarang laboratorium.

    Sayangnya meski telah resmi sebagai tersangka, KejariBanjarmasin belum mau membuka identitas parakontraktor di tiga fakultas yakni Fakultas MIPA, Ke-dokteran dan Fakultas Teknik itu.

    Kepala Kejari Banjarmasin Firdaus Dewilmar berkilahuntuk identitas pelaku lain masih disimpan karena akanmenjalani pemeriksaan lanjutan. Tidak hanya merekapihak lain yang terlibat juga akan kembali dipanggiluntuk melengkapi penyidikan, katanya.

    Firdaus memberi gambaran rekanan yang dijadikantersangka dua di antaranya kontraktor Fakultas Teknikdan MIPA sementara dua lagi rekanan di FakultasKedokteran.

    Untuk menjerat para tersangka penyidik tidak hanyamenerapkan pasal 2 dan 3 tapi juga mencantumkan pasal9 Undang Undang Tindak pidana korupsi (Tipikor).Pasal 9 itu terkait dugaan adanya pemalsuan keadaanpada isi dokumen yakni barang belum siap namun seolahbarang sudah datang, jelas dia.

    Diketahui, empat kontraktor yang terlibat dalamproyek senilai Rp 70,3 miliar untuk pengadaan alatlaboratorium tersebut yaitu CV Bahtera Gemilang, PTTriarmila Perkasa, CV Marga Jaya dan PT AnantoJempieter.(arl)

    Mahasiswa dan Polisi Saling DorongBANJARMASIN, BPOST - Seolah tak maukalah dengan gerakan massa di kota lain, pu-luhan mahasiswa di Banjarmasin menggelaraksi unjuk rasa menolak penaikan harga Ba-han Bakar Minyak (BBM), Selasa (27/3) pagi.

    Mahasiswa mengawali aksidi simpang empat Jalan Lam-bung Mangkurat, depan HotelGrand Mentari. Di sini selainberorasi, mereka juga sempatmencegat sebuah mobil ber-pelat merah yang melintas.

    Tidak itu saja, mereka ke-mudian konvoi menuju ge-dung DPRD Kalsel yang be-rada di Jala