Banjarmasin Post Rabu, 20 November 2013

download Banjarmasin Post Rabu, 20 November 2013

of 32

  • date post

    28-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    403
  • download

    0

Embed Size (px)

description

NO. 151281 TH XLII/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Rabu, 20 November 2013

  • SI PALUiiiii

    12:08 18:1715:3204:39 19:30

    Anang Gayam

    - Isuk kaluar kuta ditangati liwat flyover,Lak ai

    + Cagar game over, Nang ai

    Hal 6 kol 1-3

    Banjarmasin Post32 NO. 151281 TH XLII/ ISSN 0215-2987RP 3.000

    RABU20 NOVEMBER 2013/16 MUHARAM 1435 H

    HALAMAN

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 4-7

    Saling Tusuk Usai Kawin

    Parogram 3M

    Komentar lain di hal 4

    Gabung di Pages BPostOnline

    Azalia PutriSalsabillaNadindasaluuut danprihatiiiin.......

    krna makin parah x parapejabat yg korupsi....bsok danlusa pejabat mna lg ya....??trus mna nich tindakanpemerintah x

    Sejumlah ppejabat Kalseljadi tersangka dugaankorupsi dana Bansos

    Kita

    PPPPPANAS DINGIN AUSTRALIAANAS DINGIN AUSTRALIAANAS DINGIN AUSTRALIAANAS DINGIN AUSTRALIAANAS DINGIN AUSTRALIA

    z pendukung utama kemerdekaanz dukung irian barat dikuasai

    belandaz desak referendum di timor timur

    (sekarang timor leste)z lindungi 42 warga papua yang

    mengaku dikejar militerindonesia

    z termasuk pemberi bantuanterbanyak, tahun ini indonesiadibantu 5,5 triliun rupiah

    z menjadi negara tujuan belajarnomor dua bagi indonesia,setelah AS

    z satu-satunya negara yangmengajarkan bahasa indonesiadi sekolah

    z terbanyak mengirim turis keindonesia

    z menyadap presiden danpejabat tinggi

    indonesia

    YudhoyonoCuma Marah

    di Twitter

    Hal 6 kol 4-7

    PM Australia Tolak Minta Maaf

    WAYAH mu-sim hujan ininang paling di-takutanakanadalah kaka-nakan banyaknang gari-ngan. Banyak

    BANJARMASIN, BPOST -Tujuh tahun bukan waktuyang pendek. Selama itu pula,selembar kain kasa (perban)mendekam di perut wargaMasingai RT 8 RW 2 Kupau,Tabalong, Husnaen(70). Diduga, kain itutertinggal saat dia men-jalani operasi prostat diRumah Sakit UmumDaerah (RSUD) Pem-balah Batung, Amuntai, HuluSungai Utara (HSU).

    Operasi itu dilakukan pada2006. Tetapi pascaoperasi,kondisi kesehatan Husnaenbukannya membaik malahterus memburuk. Setelahoperasi itu, bapak saya tidakpernah sehat, malah bertam-bah sakit. Kami bingung,

    7 Tahun Perut Husnaen Berisi Kain Ombudsman Menduga Terjadi Malapraktik

    kata seorang anak Husnaen,Agus Triono (36) kepada BPostdi Banjarmasin, Selasa (19/11)

    Diungkapkan Agus, empatbulan setelah menjalani ope-rasi itu, terjadi pembengkakan

    di perut ayahnya. Takhanya itu, kemudianmuncul bisul bernanahyang tak kunjung hi-lang. Tragisnya, kon-disi tersebut hanya

    diobatkan ke puskemas ter-dekat disertai pengobatan tra-disional.

    Husnaen tidak dibawa kerumah sakit atau dokter untukmengetahui secara detail pe-nyebab penyakit tersebut. Ituterpaksa dilakukan karenaketerbatasan kondisi ekono-mi keluarga.

    Yang namanya orangkampung, ya pengobatan se-mampunya saja, ujar Agus.

    Dari hari ke hari, bahkantahun ke tahun, kondisi ter-sebut terjadi. Husnaen harushidup dalam kondisi terusmenahan rasa sakit. Barulahsetelah penyakitnya kian pa-rah, keluarga memutuskanmembawa dia ke salah saturumah sakit di Tabalong. Na-

    BANJARMASIN, BPOST -Tetap sabar, tabah dan terusberdoa. Itulah pesan dari Bu-pati Banjar Sultan H KhairulSaleh untuk wakilnya, HAFauzan Saleh. Pesan melaluiBPost itu disampaikan terkaitstatus tersangka yang kinidisandang orang nomor duadi Kabupaten Banjar itu.

    Kami sangat terkejut me-nerima informasi ini. Kamiberharap keluarga Wabup(wakil bupati) bersabar danberdoa agar bisa keluar daripersoalan ini. Walaupun telahditetapkan tersangka tetapikan belum bisa memastikansidin sudah bersalah. Masihada tahapan-tahapan hinggadi persidangan yang mem-buktikan itu, kata Khairul,Selasa (19/11).

    Kemarin, kasus dugaan pe-nyimpangan bantuan danasosial kemasyarakatan (Ban-sos) pada Biro Kesra PemprovKalsel, 2010 memasuki babakbaru. Kejaksaan Tinggi (Ke-

    MENGADU - Husnaen seusaimengadu ke Ombudsman Kalselkarena selama 7 tahun terdapat

    kain kasa di dalam perutnya,Selasa (19/11). Diduga kain itu

    masuk saat dia menjalani operasi prostat.

    komentar ikatan dokter indonesia M RUDIANSYAHKetua IDI Kalsel

    KAMI akan menelaah duludari teknis penanganan ope-rasi prostat itu. Kemungkinanoperasi dilakukan di ruangbawah perut

    di celvis. Operasi prostat adayang dilakukan lewat salurankencing ada

    juga yang lewat perut. Yang jelas dalam kasus

    ini perlu dilakukan in-vestigasi untuk

    Tetap Saja Berbahaya

    BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

    Wabup BanjarTersangka Bansos Juga Mantan Sekdaprov Kalsel

    jati) Kalsel mene-tapkan empattersangka. Se-lain Fauzan,juga mantanSekdaprovHM Much-lis Gafuri,mantan A-sisten II HFitri Rifanidan mantanKepala Biro KesraH Anang Bakhranie.

    Khairul me-ngatakan, sa-ngat menge-nal sosok Fa-uzan. Dia a-dalah lulus-an pondokpesantrendan seo-rang guruyang menge-tahui ilmu aga-ma.

    Tetapi, begitulahketentuan di perun-dang-undangan.S e s e o r a n gyang dinya-takan didu-ga korupsit i d a k l a hmesti harusmemperka-ya diri sen-diri dan me-nikmati uang

    SANGATLAH sulit me-nemukan sosok polisi sepertimantan Kapolri, (Alm) Hoe-geng Imam Santoso.

    Dia dikenal jujur.Tidak pernah ber-kompromi dengansegala bentuk pe-nyimpangan, apa-lagi penggunaan ke-kuasaan untuk me-ngeruk keuntung-an.

    Tragisnya, priayang menjadi Ka-polri pada 1966-19-71 itu ternyata pernah mene-rima uang pensiun hanya Rp10.000 per bulan. Uang ituditerimanya selama puluhan

    Belajar dari Mantan Kapolri HoegengUang Pensiunnya Cuma Rp 10 Ribu

    tahun, tepatnya hingga 2001.Setelah 2001 baru ada penye-suaian menjadi sekitar Rp 1

    juta, kata putraHoegeng, AdityaSoetanto Hoegengalias Adit di Jakarta,kemarin. Setelah pensiun,kehidupan Hoegengdan keluarga sa-ngatlah sulit. Dia ti-dak punya rekeningtabungan dengansaldo berlimpah se-perti para perwira

    Polri saat ini yang disebutrekening gendut. Setelahtidak lagi menjadi polisi, Hoe-geng beralih profesi menjadi

    pelukis. Lukisan itulah yangdijadikan tumpuan keuangankeluarga.

    Selama aktif di kepolisian,Hoegeng anti menerima pem-berian orang. Ia juga mengem-balikan seluruh barang yangdigunakan saat menjabat Ka-

    polri. Kisah ini tertuang dalambuku Hoegeng: Polisi dan Men-teri Teladan yang ditulis war-tawan Kompas, Suhartono.

    Hoegeng pensiun dini pa-da usianya yang belum 50 ta-

    Hoegeng

    SEPASANG kekasih saling berpelukan. Tak lamakemudian, mereka berhubungan badan. Beberapa detikberselang, mereka pun salingmenusuk kepala pasangannya.

    Jangan bingung. Merekacuma siput laut. Hewan ituhanya satu dari banyak satwayang menginjeksikan zat kimiake tubuh pasangannya saatkawin. Tetapi, hanya merekayang secara konsisten mem-bidik bagian kepala.

    Belum jelas betul alasan siput laut saling tusukbagian kepala, bisa jadi ini semacam cara mengen-dalikan pikiran. Dengan menginjeksikan zat kimia keotak pasangannya, masing-masing siput laut jadimampu mengubah perilaku lawannya demi keun-tungan pribadi.

    Ada ratusan spesies siput laut, tetapi para penusukkepala berasal dari genus Siphopteron. Spesies darigenus ini belum dideskripsikan secara formal dan hinggakini masih disebut Siphopteron spesies 1. Panjangmereka hanya 2-4 milimeter, dan hidup di lantai pasirperairan dangkal. Seperti kebanyakan siput laut, semuaSiphopteron bersifat hermafrodit, artinya masing-masing individu memiliki organ seksual jantan danbetina. (ngi/kps)

    NET

    JAKARTA, BPOST - Inilah gayapersahabatan Australia terha-dap Indonesia. Meski ketahuanmenyadap para pejabat Indone-sia, mereka tidak mau memintamaaf.

    Namun, untuk mengambilhati, sang Perdana Menteri Aus-tralia Tony Abbot memuji Pre-siden Susilo Bambang Yudho-yono. Tragisnya, Yudhoyonomengecam aksi penyadapan itu-hanya lewat kicauan di Twitter.

    Mengutip The Guardian, Se-lasa (19/11), Abbott menyatakantetap ingin menjalin kerja samadengan Indonesia. Dia pun me-nyebut Yudhoyono sebagai saha-bat terbaik. Saya tegaskan, pe-merintah Australia tetap meng-hormati Indonesia, pemerintah-nya, dan rakyatnya, kata dia.

    Perdana Menteri yang be-lum lama menjabat itu mene-kankan pentingnya Indonesiabagi Australia. Indonesia me-rupakan negara berkembangyang memiliki potensi besar dandiprediksi menjadi penguasaAsia. Itu merupakan hubunganpaling penting yang Australiamiliki saat ini, ucapnya.

    Mengenai alasan engganmeminta maaf, Abbot menga-takan setiap pemerintah m_e-miliki tugas utama melindunginegaranya dan mengedepan-kan kepentingan nasional. Se-tiap pemerintah mengumpul-kan informasi, dan mereka (In-donesia) pun tahu bahwa peme-rintah negara lain melakukan halserupa. Itu sebabnya kami me-

    ngumpulkan informasi inteli-jen, ujar Abbott yang menja-min informasi dari Badan Inte-lijen Australia tidak akan digu-nakan untuk hal-hal buruk.

    Meskipun menjadi salah satukorban penyadapan, Yudhoyo-no belum juga secara langsungmenanggapi secara terbuka. Dialebih memilih meluapkan emo-sinya di akun Twitter. Tindak-kan (penyadapan oleh) Ameri-ka Serikat dan Australia jelastelah merusak kemitraan stra-tegis dengan Indonesia sebagaisesama negara penganut sistemdemokrasi. Indonesia menun-tut Australia memberikan jawa-ban resmi yang dapat dipahamipublik terkait isu penyadapanterhadap Indonesia, tulis dia.

    Komentar cukup keras jus-tru muncul dari Juru Bicara Ke-presidenan, Julian Aldrin Pasha,Bagaimanapun tindakan peny-adapan itu tidak bisa kita teri-ma. Kita tidak bisa terima tin-dakan ini atas dasar alasan ataujustifikasi apapun, itu yang patutkami sampaikani, ujarnya.

    Diakui Julian, Yudhoyono be-lum secara langsung menyam-paikan sikapnya. Namun per-nyataan Menlu Marty Natalega-wa dianggap sudah mewakili.

    Begini, pernyataan resmiMenlu merupakan pernyataanresmi pemerintah. Dan itu se-mua atas perintah dan arahanBapak Preisden. Jadi sama saja,ketika Menlu bicara itu sudah

    DOK B