Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 29 Mei 2013

download Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 29 Mei 2013

of 28

  • date post

    09-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    389
  • download

    27

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 15012 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Rabu, 29 Mei 2013

  • RP 3.000

    Banjarmasin Post28 HALAMAN

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    RABU29 MEI 2013/

    19 RAJAB 1434 HNO. 15012 TH XLI/ ISSN 0215-2987

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    12:20 18:1915:4404:59 19:33

    Hal 6 kol 1-3

    - Urang banua dituduh manarimasugukan, Lak ai

    + Cagar kabagian supan pulang, Nang ai

    Hal 6 kol 4-7

    Jamu Luar BiasaNASIB Pa-

    lui matan lagianum, wa-yah bujang-an sampaibabinian ba-nyak banar hala-ngan hidupnya.Abah umanya,

    2 Jam Bayi di Pipa AirTRAGIS. Seorang bayi yang baru lahir, masuk ke pipapembuangan air di salah satu apartemen di Jinhua,Zhejiang, Cina. Bayi semula terjatuh ke dalam toilet.

    Ajaib, bayi itu selamat.Upaya untuk menarik si bayi daridalam toilet gagal sehingga tim

    penolong harus meng-gergaji sebagian daripipa berdiameter 10sentimeter tersebut,kemarin.Pasukan pemadamkebakaran dibantu se-jumlah dokter meng-habiskan waktu hampirsatu jam untuk me-

    motong pipa itu menggunakan gergaji dan pahat.Akhirnya mereka menemukan si bayi yang tali

    pusarnya masih menempel di perut. Bayi malangtersebut kemudian dilarikan ke rumah sakit untukmendapatkan perawatan. Bayi laki-laki seberat 2,3kilogram itu menderita sejumlah lecet di wajah dankaki akibat terjebak di dalam pipa selama hampir duajam.

    Detak jantungnya amat lemah saat ditemukan.Kini, bayi itu dirawat di dalam inkubator dan kondisinyasudah berangsur stabil. Polisi kini sedang mencariorangtua bayi malang itu. Diduga mereka kabur saatsang bayi jatuh atau dijatuhkan ke toilet. (afp/kps)

    2905/B01

    KitaGabung di Pages BPostOnline

    Komentar lain di hal 14

    PEMANFAATAN katerisasijantung terkendala SDMsehingga tak maksimal

    Nur Azaya cpat2 ae dkirimin jua SDMna. dr pd tu alat

    jd pajangan az behujungbekarat kd kw d pakai lg kena

    NET

    ISTIMEWA

    DARIN MUMTAZAH (kiri) bersama teman-temannya di SMK, beberapa waktu lalu. Dia dicari KPK karenadiduga menjadi orang dekat tersangka kasus dugaan suap, Luthfi Hasan Ishaaq.

    DARIN Mumtazah saat inimenjadi buah bibir masyara-kat karena namanya dikait-kan mantan Presiden PartaiKeadilan Sejahtera (PKS)yang menjadi tersangka kasusdugaan suap dan pencucianuang impor daging sapi, Luth-

    fi Hasan Ishaaq.Dia diduga ikut menerima

    dana haram dari Luthfi. Ba-nyak keterangan yang men-yebut, remaja 19 tahun itu te-lah menikah siri dengan Luth-fi, kecuali beberapa rekannyasesama lulusan satu SMK di

    Kebon Nanas, Jakarta.Berdasarkan penelusuran

    BPost, ada lima orang sahabat

    Darin Mendadakseperti Barbie

    TAK OPTIMAL - Dokter Adisaputro bersiap mengoperasikan alat Cath Lab RSUD Ulin padaseorang pasien, kemarin. Alat dibeli hampir Rp 15 miliar itu tidak optimal dipergunakan.

    BANJARMASIN POSTGROUP/M HASBI SUHAILY

    Pasien Ragu PakaiAlat Rp 15 Miliar

    Cath Lab di RSUD Ulin Terkesan MubazirBANJARMASIN, BPOST -Sepi, bahkan sering kosong.Itulah yang menjadi kondisisehari-hari ruang Cath Lab dilantai empat gedung instalasigawat darurat (IGD) RSUDUlin, Banjarmasin. Alat pen-deteksi pembuluh darah didalam ruang itu lebih banyak

    KEBERADAANCath Lab di RSUDUlin harus disambutpositif. Pasien sakitjantung di Kalselbahkan Kalimantantidak perlu berobatatau dirujuk ke rumah sakitdi Surabaya atau Jakarta.

    News Analysis H ROSIHAN ADHANIMantan Kadinkes Kalsel

    Ini Masalah Kompleks

    tidak ber-fungsi. Kesanmubazir punmenyeruak.

    Informasiyang dihim-

    pun BPost menyebutkan, alat

    Hal 6 kol 4-7

    Penyakit jantungperlu penanganansegera. Dokter ahlijantung yang dimilikiRSUD Ulin sudahmampu. Tekno-loginya puntersedia.

    Hal 6 kol 5-7

    Hayatun PilihJalur Mandiri

    Lolos SNMPTN Masih Bisa GugurBANJARMASIN, BPOST -Penerimaan mahasiswa barudi perguruan tinggi negeri(PTN) ada tiga jalur. Untukjalur seleksi nasional masukperguruan tinggi negeri (SN-MPTN) atau undangan sudahdiumumkan. Lulusan SMAyang gagal SNMPTN, lang-sung menyerbu dua jalurlain. Yakni seleksi bersamamasuk perguruan tinggi ne-geri (SBMPTN) atau seleksitertulis dan jalur mandiri.

    Selama ini, jalur mandirihanya diikuti orang tertentu,terutama yang berasal darikeluarga berkantong tebal.

    Pasalnya, biaya pendidikanmelalui jalur ini, terbilangmahal. Namun, saat ini, kon-disinya berubah. Biaya pendi-dikan reguler (SNMPTN danSBMPTN) hanya selisih sedikitdibanding jalur mandiri.

    Apalagi saat ini banyakPTN termasuk UniversitasLambung Mangkurat (Un-lam) memberlakukan sistembaru pembayaran yang dise-

    but uang kuliah tunggal (UK-T). Dengan sistem itu, maha-siswa baru tidak langsungdibebani biaya besar karenasudah ada pengaturannya. DiUnlam, jalur tersebut disebutSenyum (Seleksinya UnlamMandiri) 2013.

    Salah seorang yang bermi-nat mendaftar melalui jalur

    Jalur Kuliah di PTNzzzzz SNMPTN: Jalur undangan.

    Penilaian berdasar hasil rapotsemester satu hingga lima plushasil ujian nasional. Formasisebanyak 50 persen darikursi yang disediakan.

    zzzzz SBMPTN: Jalur seleksitertulis. Gagal atau tidak ikutSNMPTN bisa ikut SBMPTN.Formasi sebanyak 30 persendari kursi yang disediakan.

    zzzzz Mandiri: Jalur khusus denganbiaya pendidikan lebih mahaldibanding SNMPTN danSBMPTN. Formasi sebanyak20 persen dari kursi yangdisediakan.

    Hal 6 kol 1-3

    H ABIMANYUDirektur Utama RSUD Ulin

    Kedatangan dokterdari Surabaya itu juga

    untuk meningkatkankepercayaan pasien agar

    tidak takut menjalanidiagnosis menggunakanCath Lab di RSUD Ulin

    DesmondGeli DitudingTerima Suap

    AKBP Teddy Ngaku Serahkan Uangtersebut diterima orangyang diduga sopir danajudan anggota DPR, yangditemuinya bersama Joko.

    Desmond J Mahesa

    Hal 6 kol 1-3

    PELATIH Inggris,Roy Hodgson, sadarbetul rivalitas anta-ra Inggris dan Re-publik Irlandia. Ka-rena itu Hodgson, me-ngimbau pendukungThe Three Lions untuktidak melontarkan le-dekan sensitif kepadapendukung Irlandiapada partai persaha-batan di Wembley,Kamis (30/5) dinihari.

    Terakhir kali Ing-gris dan Irlandiaberduel di ataslapangan hijaupada 1995 di Dub-lin. Laga itu tidaktuntas karena di-

    Live on

    Kamis (30/5)Pukul 03.00 Wita

    Terganggu Isu IRA

    Hal 6 kol 1-3

    DOK.BPOST

    NET

    JAKARTA, BPOST - Aksibuka-bukaan kembaliterjadi di sidang kasus du-gaan korupsi pengaan dri-ving simulator surat izinmengemudi (SIM) di Kor-lantas Polri, 2011.

    Pada sidang dengan ter-dakwa mantan KepalaKorlantas Polri Irjen DjokoSusilo di PN Tipikor Jakar-ta, Selasa (28/5), mantanketua panitia lelang pro-yek tersebut, AKBP TeddyRusmawan mengaku per-nah diperintah Djoko me-nyerahkan uang untukanggota DPR.

    Dia mengatakan tidaktahu jumlah uang yangditaruh dalam empat kar-dus tersebut. Mantan Ke-pala Primer Koperasi Polisi(Primkoppol) itu jugamengatakan uang

    berhentikan setelah berja-lan 27 menit karena terja-di kericuhan antarsuporter.Rivalitas antara Inggris danIrlandia tidak hanya terjadi

    di atas lapangan. Negara tetanggaini sejak lama bermusuhan dan ma-kin panas ketika Irish RepublicanArmy (IRA) berperang melawan Ing-gris untuk memisahkan diri. PerangIrlandia pun berlangsung brutalsehingga menimbulkan banyakkorban jiwa dari kedua belah pihak.

    Isu soal IRA pula yang menjadiperhatian Hodgson sebelum laga diWembley. Hodgson pun inisiatif me-ngirim surel kepada 70.000 supor-ter The Three Lions yang sudah me-megang tiket pertandingan. Melaluisurel itu Hodgson meminta para

    GRAFIS: BAYU

  • 2 Banjarmasin PostRABU 29 MEI 2013 ribun Kota

    BANJARMASIN, BPOST-Kasus yang membelit mantananggota DPRD Tanahbumbuperiode 2004-2009, H Rusditerus bergulir. Setelah dijeb-loskan ke sel tahanan markasPolda Kalsel, Kamis (23/5)lalu, H Rusdi kini tinggal tung-gu pelimpahan ke kejaksaan.Karena penyidik telah mengi-rimkan Surat PemberitahuanDimulainya Penyidikan (SP-DP) ke Kejaksaan Tinggi (Ke-jati) Kalsel.

    SPDP mengenai dugaankasus penipuan dengan ter-sangka H Rusdi, telah dikirim-kan pihak penyidik, dan sudahkita terima beberapa waktulalu,ujar Kasi Penkum Er-wan Suwarna.

    Menurut Erwan karenaSPDP sudah pihaknya terima,untuk selanjutnya tinggalmenunggu laporan perkem-bangan dari pihak penyidik,kapan berkas perkaranya a-

    BANJARMASIN, BPOST -Informasi mengenai adanyasurat dari Bupati Banjar, SultanH Khairul Saleh kepadaGubernur Kalsel, Rudy Ariffinyang mendesak pengoperasianTerminal Regional Tipe A kilo-meter 17, membuat sopir resah.

    Bahkan, Ketua OrgandaTerminal Pal 6, Hamidan be-rencana menggelar demosaat kedatangan Wapres Boe-diono, Kamis (30/5) lusa. Ren-cananya, semua angkutan ko-ta di terminal induk kilome-ter 6, akan diarahkan ke Ban-dara Syamsuddin Noor untukmenghadang kedatangan RI2 beserta rombongan.

    Aksi ini menurutnya se-bagai tindak lanjut dari unj-ukrasa April lalu berupa pe-nandatanganan kesepakatanbahwa pemindahan terminaltidak akan terjadi. Sudahditandatangani anggota DP-RD Kalsel, Dirlantas PoldaKalsel, dan Dishubprov Kalsel,bahwa tidak ada pemindahanterminal kilometer 6 ke kilo-meter 17, tegasnya.

    Wakil Ketua Organda, Su-

    KEDATANGAN Wakil Pre-siden RI, Boediono ke Banjar-baru, Kamis (30/5) menda-tang membuat semua linimempersiapkan diri. Kema-rin seluruh unsur keamanandi daerah terdiri dari TNI AD,AL, AU dan Polri serta Balakarmelaksanakan apel gelar pa-sukan pengamanan RI 2 dila-pangan Angkasa Lanud Sjam-sudin Noor.

    Gelar pasukan pengama-nan ini dipimpin Kepala StafKodam (Kasdam) VI/Mu-lawarman Brigjen TNI Wi-yarto sebagai inspektur upa-cara. Wiyarto menegaskan,gelar pasukan ini untuk me-ngetahui dan menunjukkankesiapan pasukan pengama-nan RI 2 beserta unsur terkaitlainnya.

    Harapan kita kegiatanpencanangan Bulan Bakti Go-tong Royong dan KesatuanGerak PKK ini berjalan lancardan aman, ujar Kasdammembacakan amanat Pang-dam.

    Dia pun berpesan kepadaseluruh aparat keamanan un-tuk tidak bertindak arogankepada warga selama melak