Banjarmasin Post Edisi 13 September 2010

download Banjarmasin Post Edisi 13 September 2010

of 23

  • date post

    14-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    371
  • download

    16

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post Edisi 13 September 2010

Transcript of Banjarmasin Post Edisi 13 September 2010

  • Banjarmasin Post13 SEPTEMBER 2010/

    4 SYAWAL 1431 H

    SENIN

    RP 3.000

    HALAMAN24 NO. 14037 TH XXXIX/ ISSN 0215-2987DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    SI PALUiiiii

    Kita Gabung di FB Banjarmasin Post

    Komentar lain di halaman 3 Hal 14 kol 1-3

    Mujiburrahman

    Anang Gayam

    12:21 18:23 19:3205:01 15:35

    Adist Luph Razi OnyenkSOALNYA yg memberi sanksiikut2 an juga telat masukkantornya....apa kata dunia

    Swiest BoystPNS mau libur atau hari

    kerja emank byk yg jarangdkantor. Tp kasian sama org jauhn rajin dkantor gliran lebran dypulkam trus mw blik ke kota gadpt tiket, harus gmana tu.

    ANDAI di hari Lebarantak ada takbiran, bagaimana-kah kiranya perasaan Anda?Mungkin terasa hambar, lak-sana teh tanpa gula atau gulaitanpa garam. Lebaran dantakbiran ibarat dua sisi darimata uang yang sama. Ke-duanya seolah tak dapat di-pisahkan.

    Dinosaurus BerpunukILMUWAN Spanyol mengklaim menemukan dinosaurus bungkuk

    pertama di dunia. Kerangka Concavenator Corcovatus karnivoraberukuran panjang enam meter ini ditemukan dekat Cuenca, Spanyoltengah, Rabu (8/9).

    Kerangka tersebut merupakan spesies baru keluarga Carchar-odontosaurid yang sebelumnya diperkirakan terbatas di benua selatan.Concavenator hidup sekitar 130 juta tahun yang lalu itu memilikistruktur punggung yang seolah berpunuk.

    Ketua tim riset, Francisco Ortega, menuturkan mereka belummengetahui fungsi punuk setinggi 40 sentimeter tersebut, namunmereka mengklaim ini dinosaurus berpunuk pertama yang berhasil

    ditemukan.Concavenator memiliki bulu

    seperti bulu burungmoderen. Temuanini menghubungkanspesies dinosaurus

    karnivora primitif dengan bu-rung, sekaligus memperkuathipotesis struktur tubuh burung

    sudah ada sejak zamandinosaurus, katanya.(inc/dpa)

    SEBENARNYA pergi ke luar negeri sudahsering saya lakukan sejak 1997-an, seperti keSidney dan Canberra di Australia. Kemudian keThailand pada 1998, dan ke Singapura pada 1999.

    Hampir setiap tahun saya pergi ke luarnegeri, dan terakhir pada 2005 ke Beijing, danShanghai, China. Perjalanan ke sana luar biasa.Fasilitas yang dimiliki negara tirai bambu itusebenarnya tidak jauh beda dengan negerisendiri.

    Takbir

    Hal 14 kol 4-7

    ISTIMEWA

    Anthony Subiakto saat berada di Tiananmen,China

    Sebaiknya BawaSendok ke China

    Hal 14 kol 4-7

    Penyobek Alquran PrimitifJAKARTA, BPOST - Terry Jonesakhirnya membatalkan rencana-nya memimpin pembakaran Al-quran. Namun, sekelompok kecilaktivis menyobek beberapa lembarAlquran di luar Gedung Putih,Sabtu (11/9) waktu setempat.

    Kontan aksi kelompok itu me-nuai kecaman di sejumlah negaratermasuk di Indonesia. Kecaman

    LEBARAN sudahberlalu. Kini saatnyakembali ke rutinitas.Bagi pegawai negerijauh-jauh hari telah

    diimbau agar masukkerja tepat waktu. Bagiyang melanggar siap-

    siap mendapatkansanksi. Tapi seringkali

    sanksi tidak tegasdiberlakukan.

    ImamDzulkarnaenPEGAWAI harustetapmelak-sana-kantugasnyadalammelayanimasyarakat.

    tidak hanya datang dari wargamuslim, namun juga umat agamalain. Bahkan, Ketua Umum Perse-kutuan Gereja-gereja di Indonesia(PGI) Pdt Dr Andreas A Yewangoesecara tegas menyebutkan, aksipenyobekan itu primitif atau anti-peradaban.

    Hal 14 kol 4-7

    HARI raya tadi Palui wankakawalannya masing-masing-

    nya tulakan mudik ka banua,mailangi, salajur bakumpul ba-hari raya wan sanak kaluarga.Isuknya hanyar bubuhannyatakumpul pulang di kampung.

    Maambil HujunganSambahyang

    Hal 14 kol 1-3

    NET

    Randall TerryNET

    BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

    PADAT KENDARAAN - Ruas jalan provinsi di Kecamatan Bati-bati, Kabupaten Tanahlaut, padat dengan kendaraan bermotor, Minggu (12/9).Warga menggunakan kendaraan bepergian ke luar kota untuk berwisata dan sebagian lagi dipenuhi kendaraan arus balik pasca-Lebaran.

    Hal 14 kol 1-3

    Hal 14 kol 1-3 PEMBALAP Ferrari Fer-nando Alonso meraih keme-nangan di GP Italia. Tampilsebagai pole seater, Alon-so berhasil memenangipertarungan denganJenson Button sebe-lum dan memper-sembahkan finis pertama ba-gi Kuda Jingkrak di SirkuitMonza, Minggu (12/9).

    Hasil itu membuat Alonsomencatat 24 kemenangan se-panjang kariernya di Formula

    1 (F1), dan yang ketiga dimusim 2010.

    Tambahan 25 poin dari ke-suksesan di Monzaini juga membuat-

    nya naik ke peringkattiga klasemen semen-

    tara dengan poin 166,terpaut 21 dari Mark Webberyang kini memimpin, mes-kipun hanya finis di urutanenam.

    Terima Kasih Pit Crew111110 Besar GP Italia, Minggu (10 Besar GP Italia, Minggu (10 Besar GP Italia, Minggu (10 Besar GP Italia, Minggu (10 Besar GP Italia, Minggu (12/9)2/9)2/9)2/9)2/9)

    1. Fernando Alonso Ferrari 1h16:24.5722. Jenson Button McLaren-Mercedes + 2.9383. Felipe Massa Ferrari + 4.2234. Sebastian Vettel Red Bull-Renault + 28.1935. Nico Rosberg Mercedes + 29.9426. Mark Webber Red Bull-Renault + 31.2767. Nico Hulkenberg Williams-Cosworth + 32.8128. Robert Kubica Renault + 34.0289. Michael Schumacher Mercedes + 44.94810. Rubens Barrichello Williams-Cosworth + 1:04.200

    Selain korban meninggal,sejumlah orang masih dinya-takan hilang. Namun berapajumlahnya, hingga tadi ma-lam ada angka resmi. Datadari Satlak PenanggulanganBencana Kabupaten Taba-long hanya menyebut bebe-rapa nama masih dinyatakanhilang.

    Mereka adalah, Rianti (16)warga Desa Palapi, MuaraUya, Faridah (16) warga DesaPuain Kiwa, Tanjung, sertaRian (20) warga Tanjung,Syahrini warga Desa Mandu-

    in dan Imah warga Desa Li-mau Manis, Tanta.

    Karena menurut laporansampai pukul 16.00 Wita tadi

    (kemarin), masih ada korbanyang belum ditemukan. Apa-kah korban tersebut tewasatau tidak, kita juga belum je-las. Yang pasti upaya penca-rian terus dilakukan, kataKoordinator Satlak PB Taba-long, Saberan. Tadi malamKapolres Tabalong, AKBP RPMulya kembali memantaupencarian korban, Minggu(12/9).

    Sementara, setelah peris-tiwa itu, hingga kemarin adaempat unit sepeda motor yangbelum diambil pemiliknya.Sebelumnya atau saat kejadi-an, 14 unit sepeda motor ter-tinggal di tempat parkir objekwisata itu. Kendaraan-ken-daraan itu, kini diamankan diMapolres Tabalong.

    DAS TabalongSangat Kritis Air Bah Mirip di Kinarum Rentan Terjadi Lima Orang Tewas, Lainnya Masih HilangTANJUNG, BPOST - Air bah yang terjadidi objek wisata Sungai Kinarum, KecamatanUpau, Kabupaten Tabalong, Sabtu (11/9)siang, hingga tadi malam dipastikan telahmemakan lima korban jiwa.

    ANDRIANTO aliasAndre (18), terduduklemas di ruang rawat inapAsoka RSU PertaminaMurung Pudak. Dia masihsulit menceritakankejadian tragis yang barusaja dialaminya.

    Namun perlahan-lahan dia akhirnya mau

    menceritakan peristiwa yangmembuatnya harus kehilanganpacar. Seperti pengunjung

    lainnya, Andre datang ke objekwisata Sungai Kinarum,Kecamatan Upau, bersamapacar Risna Iliyani (16).Pasangan itu datang ber-sama Lutfi Diyah Pus-pitarini (17) dan pacarnyaAkhmad Muzakir (20).Mereka bermain air di

    tengah sungai, di sela-selabatu besar.Tak lama berada di tengah

    sungai, tanpa diduga tiba-tibadatang air bah dengan tinggi

    sekitar dua hingga tiga metermenerjang mereka hingga hanyut,

    termasuk pengunjung lainnya. Kejadian-nya sekitar pukul 11.15 Wita.

    SempatPelukPacar

    Sebagian besarkawasan tutupanlahan sudah tidak

    ada lagi

    RAMLIADIKepala Seksi Evaluasi

    BP-DAS Kalsel

    Cuplikan rekaman warga terjebak air bahSungai Kinarum yang beredar di Facebook.

    - Lima urang mati ditampuh banyu baah, Lak-ai+ Sadang dijanaki hutan di hulunya, Nang-ai

    1309/B01

    SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA

    FACEBOOK

    KrKrKrKrKronologionologionologionologionologiz Sabtu (11/9) Objek Wisata Air

    Terjun Kinarum ramai dikunjungiwarga.

    z Sebagian besar pengunjungadalah anak muda, termasuklima korban tewas, Risna Iliyani(16), Lutfi Diyah Puspitarini(17), Akhmad Muzakir (20),Muryani (19), dan Sriprihatin(14).

    z Pukul 11.15 Wita, tiba-tiba datangair bah setinggi 2-3 metermenerjang mereka.

    z Andre (selamat) dan Risnasempat pelukan, demikian pulaLutfi dan Muzakir. Namunakhirnya mereka terbawaarus. Hanya Andre yangselamat.

    z Dikabarkan limawarga masih hilang.

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostSENIN 13 SEPTEMBER 2010

    SILATURAHMI denganrelasi dan tokoh masyarakatKalimantan Selatan (Kalsel)digelar jajaran pimpinan Ban-jarmasin Post Group, dalamIdulfitri kali ini. Pada Sabtu(11/9), jajaran BPost dipimpinlangsung pemimpin umumHG Rusdi Effendi AR mela-kukan silaturahmi kepadapara pejabat di banua dan ko-lega.

    Mereka silaturahmi ke ke-diaman Gubernur Rudy Arif-fin, Kapolda Kalsel BrigjenUntung S Rajab, Danrem 101Antasari Banjarmasin Kol InfHeros Paduppai serta kekediaman Ketua DPD PartaiGolkar Kalsel, H Sulaiman HB.

    Kemudian pada lebaranketiga, Minggu (12/9) safaridilanjutkan ke kediamanmantan Wagub HM RosehanNB dan mantan Bupati Ta-nahbumbu HM Zairullah Az-har di Jalan Sultan Adam,Banjarmasin Utara.

    Dari serangkaian road showini selain terjalin hubunganyang makin akrab antaraBPost dengan relasi, juga di-jumpai dinamika dan kekha-san sajian dari masing-ma-sing tokoh yang dikunjungi.

    Seperti yang terlihat diMahligai Pancasila, kedia-man gubernur Kalsel di JalanR Soeprapto yang menjaditempat digelarnya open house.Sejak Jumat (10/9) pagi, ri-buan orang sudah menyemutdi gedung tersebut.

    Warga ingin berjabatan ta-ngan dengan orang nomorsatu di banua itu. Apalagi, ditempat tersebut juga ada wa-kil gubernur Rudy Resnawandan istri serta Sekdaprov Kal-sel, HM Muchlis Gafuri.

    Di tempat ini beragam me-nu makanan tersaji, mulaimasak habang, kare, oporhingga beragam wadai khasbanjar.

    BANJARMASIN, BPOST - Gerimis yangmengguyur Kota Banjarmasin tak menyu-rutkan niat warga untuk menunaikan SalatIdulfitri di Masjid Raya Sabilal Muhtadin.