Banjarmasin Post - 10 Juni 2009

download Banjarmasin Post - 10 Juni 2009

of 28

  • date post

    18-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    523
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Edisi Cetak Banjarmasin Post - 10 Juni 2009

Transcript of Banjarmasin Post - 10 Juni 2009

  • Banjarmasin PostNO. 13579 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

    10 JUNI 2009/15 JUMADILAKHIR 1430

    RABU

    28 RP 3.000HALAMANDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Anang Gayam

    12:21 15:45 18:21 19:3404:59

    Robot Pun BerpikirBERBICARA, memotong rumput,

    bahkan membuatkan minuman, bukanpekerjaan yang sulit bagi robot. Namunmereka hanya melakukan itu ketika diberiperintah yang jelas.

    Ilmuwan Eropa me-lalui proyek yang dina-makan JAST tengah ber-

    usaha menciptakan robot yang bisamembaca pikiran manusia. Dengandemikian robot tersebut tahu apa yangharus dilakukan sebelum diperintah.

    Robot JAST akan mengamati tingkahlaku manusia, mencoba memetakantugas, dan dengan cepat mempelajari apayang akan diperintahkan, kata WolframErlhagen dari University of Minho sepertidikutip dari Engadget, Selasa (9/6).

    Erlhagen bahkan menjamin robotJAST dapat memperbaiki kesalahanberdasarkan pengamatan sebelumnya.Kita membutuhkan robot yang bisamenjawab pertanyaan, berdiskusi, danmengeksplorasi banyak kemungkinan,urai dia. (srn)

    SIPALUiiiii

    Hal 14 kol 1-3

    Semalam Cuma Terisi 10 KamarBATULICIN sebelumnya ibarat surga

    dolar . Meski lokasinya terbilang ter-pencil di pojok tenggara Pulau Kali-mantan, denyut kehidupan ibukota Ka-bupaten Tanah Bumbu, Kalsel, ini ber-gerak kencang.

    Ditopang pertambangan batu bara,perekonomian daerah itu tumbuh pesat.Arus pendatang termasuk dari Jawa danSulawesi mengalir deras seiring terbu-kanya banyak lapangan kerja.

    Sudah pasti arus bisnis batu barademikian hangat. Para pebisnis emas

    hitam dari Jakarta, Surabaya maupundaerah lain berdatangan. Puluhan hoteltermasuk kelas bintang, berdiri di se-panjang Jalan Raya Batulicin.

    Sejumlah pengusaha hotelkepada BPost April 2008 me-ngaku, tingkat hunian hotelmereka selalu tinggi. Umum-nya, tamu mereka adalah parapengusaha batu bara.

    Tamu saya biasa tinggal di hotel inihingga delapan bulan. Sampai-sampaiuntuk keperluan bisnisnya, mereka me-

    makai alamat hotel, kata seorang pe-ngelola hotel di Jalan Pelabuhan Ba-tulicin, saat itu.

    Namun, ketika krisis fi-nansial global melanda mulaipertengahan tahun lalu, Ba-tulicin pun terkena imbas.Bisnis batu bara yang lebihberoriestasi ekspor, perlahantapi pasti melorot hingga titik

    terendah. Krisis global menenggelamkanpermintaan batu bara dunia.

    Dampaknya jelas. Jumlah perusahaan

    batu bara di Tanah Bumbu yang men-dekati 100 buah, terpukul. Bahkan taksedikit yang akhirnya rontok. PHK kar-yawan tak bisa dielakan.

    Direktur CV Bina Usaha, MardhaniH Maming, mengaku dampak krisisglobal menyebabkan harga batu baratidak stabil. Dalam sebulan harga ter-kadang hingga dua kali turun. Ini taksebanding dengan modal yang dike-luarkan, kata pemilik kuasa Pertam-bangan (KP) di Kecamatan ManteweTanah Bumbu itu.

    Sebagai pemilik KP, Mardani sebe-narnya menerima fee dari dari pemegangsurat perintah kerja (SPK) KP-nya. Na-mun, karena batu bara yang telah di-tambang tak kunjung laku,dia pun harusrela fee-nya belum dibayar.

    Ruang Karaoke ItuKini Melompong

    Hal4

    Itu Hanya Strategi Dipecat dari Tim Kampanye SBY

    LAIN Ruhut namanya jika tidakpunya jawaban. Pengacara bernamalengkap Ruhut Sitompol tersebut, Selasa(9/6), dipecat sebagai juru kampanyenasional pasangan Susilo BambangYudhoyono-Boediono. Pemecatan-nya menimbulkan kesan negatif me-ngingat pengacara tersebut adalahsalah satu ketua Dewan PimpinanPusat Partai Demokrat (DPP PD),

    yang merupakan pengusungYudhoyono.

    Ruhut tidak sendiri. Dia di-temani Wakil Ketua U-

    mum DPP PD AchmadMubarok.

    Pencoretan nama saya sebagai jurkamnashanya sebuah strategi. Pak SBY bilang Hut,

    jangan kendor menghadapi serangan la-wan, ujarnya melalui pesan singkat,

    kemarin. Pria berkuncir itu bahkan mengaku

    mendapat tugas khusus sebagaibayonet untuk memenangkan

    SBY-Boediono dalam satuputaran. Tidak dije-

    laskan apa yangdimaksud ba-yonet.Namunbanyak pihakmeyakini pe-mecatan Ru-hut terkait

    pernyataannyayang berbau SARA.

    Hal 14 kol 4-7

    Ruhut Sitompol

    KAPA

    NLAG

    I.COM

    UangMengalahkan Cinta

    Hal8

    Angin Mulai DilirikMerek Sap-SapanNANG ngarannya hidup di kampung halus, habar

    napa haja pasti lakas banar tadangar, kajadian napahaja bisa lakas jua kalihatan. Cuntuhnya bila ada nangmanukar sapida mutur hanyar, sakampungan pastiumpat bahurung handak malihati.

    Nang rancak panas justru bubuhan bibiniannya.Wayah tatang-

    ga sabalahbaisian ba-

    rang miwah,lalu isuknya

    batagih jua kalaki. Kalu ka-wa nang labihganal, baguswan labih la-rang pada u-rang.

    Hal 14 kol 1-3

    Hal 14 kol 1-3

    AP P

    HOTO

    /ANT

    ONI

    O C

    ALAN

    NI

    Kaka

    Polda Kalsel Salat Gaib

    Irwasda HadiriPemakaman Menantu

    RUMAH berpagar besicokelat itu sepi. Tak ada ken-daraan di halamannya yangseluas kira-kira 7x4 meterpersegi. Ketika BPost me-nekan bel, tidak ada seorangpun keluar.

    Seorang warga, yang ke-betulan lewat, menjelaskanpenghuni rumah dinas kepo-lisian di Jalan Mawar Ban-jarmasin tersebut pergi se-kitar pukul 07.00 Wita.

    Sebenarnya, Irwasda Pol-

    da Kalsel Komisaris BesarIsdiyono dan keluarga inginberangkat Senin (8/6) ma-lam. Tapi karena tidak adapenerbangan sehingga Selasapagi berangkat, terang Wa-kapolda Kombes DamianusJackie, kemarin.

    Isdiyono dan istrinya ter-bang ke Jakarta untuk meng-hadiri pemakaman menantumereka.

    Uji coba, terang Verina,menindaklanjuti teknologisumber daya angin yang di-kembangkan Lembaga Pe-nerbangan dan AntariksaNasional (Lapan). Selama iniLapan hanya mengolah ang-in menjadi listrik secara keci-kecilan dan hanya untuk in-dustri penerbangan.

    Oleh karena itu, Depar-temen ESDM akan melaku-kan riset pengembangan le-bih besar dengan target ka-pasitas awal sebesar 100 KW.

    J A K A R T A ,BPOST - Tenagaair tidak dapat di-harapkan. Sedangminyak dan batubara dipastikan se-gera habis. Olehkarena itu Depar-temen Energi danSumber Daya Mi-neral (ESDM) me-lirik pemanfaatanangin sebagaipembangkit lis-trik.

    Riset pertamadilakukan di dae-rah Sukabumi, Ja-wa Barat, yang berdekatandengan Laut Selatan. Anginlaut berkecepatan tujuh me-ter per detik diharapkan da-pat membuat listrik berka-pasitas 100 kilowatt.

    Ttu sudah termasuk ke-cepatan yang bisa dikomer-sialkan, kata KoordinatorTeknologi Kelistrikan danEnergi Baru Terbarukan De-partemen ESDM, Verina JWargadalam, saat mengikutiInternational Workshop on Ad-vanced Material for New andRenewable Energy di Jakarta,Selasa (9/6).

    KPK GoyangTim Mega-Prabowo

    Terjerat Kasus Suap Rp 24 MiliarJAKARTA, BPOST - Komisi PemberantasanKorupsi (KPK) kembali membuat kejutan. Empatanggota DPR periode 1999-2004 ditetapkan sebagaitersangka kasus suap pemilihan Deputi GubernurSenior Bank Indonesia Miranda Swaray Goeltom.

    Tiga tersangka yaitu Dud-hie Makmun Murod, HamkaYandhu dan Endin AJ Soe-fihara, masih aktif sebagaianggota DPR. SedangUdjuDjuhaeri kini menjadi ang-gota Badan Pemeriksa Ke-uangan (BPK).

    Dudhie bahkan tercatatsebagai anggota Tim Kam-panye Megawati-Prabowo.Sekjen PDIP Pramono Anungenggan berkomentar tentang

    ANTARA/REZZA ESTILYDOKUMENTASI - Anggota Kopassus, Selasa (9/6), mendokumentasi-kan bangkai heli TNI AD yang jatuh di Pagelaran, Cianjur, Jawa Barat.

    Hal 14 kol 4-7

    KORUPSIstatus hukum Dudhie. Maafmas, saya tidak mengerti,ujarnya di kediaman Mega-wati Jalan Teuku Umar, Jakar-ta, Selasa (9/6).

    Wakil Ketua KPK M Jasinmengatakan, keempat ter-sangka pada 8 Juni 2009. Me-reka menerima cek masing-masing Rp 500 juta, kata diadi Hotel Bidakara Jakarta.

    Belum FinalANGGOTA Tim Kampanye Nasional

    Megawati-Prabowo, Dudhie MakmunMurod, resmi ditetapkan sebagai ter-sangka kasus suap senilai Rp 24 miliar. Takpelak, tim Megawati-Prabowo mempe-lajari apakah kasus itu merupakan hasilintervensi politik menjelang pemilhanpresiden.

    Hal 14 kol 4-7 Hal 14 kol 4-7

    Udju Dudhie Hamka

    - Kada pantas dewan dibari utas emas, Lak-ai

    + Pantasnya, digalangi borgol, Nang-ai

    1006/01

    Endin

    NETNET NET NET

    NET

    NET

  • Tampilan FuturistikSkuter matic ini ditujukan bagi mereka yang berjiwa muda dengan mengedepankan tampilan futuristik dan

    performa luar biasa.Tampilan futuristiknya terlihat dari karakter tegasnya pada desain bagian depan dan belakang, lekuk-lekuk

    yang berdimensi memberikan kesan mantap dan lincah ditambah rangkaian warna yang mempertegas kesanfuturistik.

    Fitur Skydrive dirancang untuk memberikan kenyamanan serta kepraktisan pengendaranya. Hal ini terlihatdari dek pijakan yang lapang, posisi pijakan belakang yang lebih nyaman dan peredam kejut depan denganporos tengah yang membuat pengereman pakem namun tetap lembut. Sisi praktisnya terlihat dari desain speed-ometer yang jelas dan mudah terbaca, kunci kontak dengan penutup magnetic, bagasi penyimpanan bawahjok yang sangat membantu dengan kapasitas bagasi 20 kg, kotak penyimpanan depan yang fungsional ditambahpengait depan yang mampu membawa beban hingga 1,5 kg.

    Mesin tangguh dengan performa luar biasa membuat Skydrive tampil tanpa tandingan di kelasnya.

    Suzuki Skydrive didesain bukanhanya untuk gaya dan kenyamanan,tapi juga dengan usaha yang besaruntuk menghasilkan performa tinggidan teknologi ramah lingkungan.

    Skutik dengan performa terbaikdi kelasnya ini didukung dengan me-sin 125 cc yang awet dengan per-forma tinggi. Semuanya ini dapattercapai melalui silinder aluminiumberkrom, pipa knalpot dan tabungknalpot yang dilengkapi sistemPulsed Secondary Air InjectionSystem (PAIR) milik Suzuki yangmemungkinkan udara segar dariboks saringan udara dialirkan kepipa pembuangan gas sehinggamengurangi emisi gas hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO). Sistem inilah yang mem-buat Skydrive ramah