Banjarmasin Post - 1 April 2009

download Banjarmasin Post - 1 April 2009

of 28

  • date post

    22-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    334
  • download

    14

Embed Size (px)

description

Edisi Cetak Banjarmasin Post - 1 April 2009

Transcript of Banjarmasin Post - 1 April 2009

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASINO. 12510 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

    1 APRIL 2009/

    5 RABIULAKHIR 1430

    RABU

    SIPALUiiiii

    Banjarmasin Post28 HALAMAN RP 3.000

    Game Sehatkan MataKABAR baik bagi mereka yang

    gemar bermain game terutama tem-bak-tembakan. Studi tim penelitiUniversity of Rochester menyim-pulkan bermain game bisa mening-katkan kemampuan penglihatan.

    Sebagaimana dimuat di JurnalNature Neuroscience, bermain gameyang sarat aksi meningkatkan fungsisensitivitas kontras (CSF/contrast sen-sitivity function) responden.

    CSF adalah salah satu fungsi yangpaling umum dan mudah rusak padamata manusia. Biasanya sulit melihatpada malam, sukar melihat ekspresiwajah, dan kesulitan melihat nodaserta kotoran di kain. (kps)

    Anang Gayam

    12:27 15:39 18:30 19:3805:08

    Diselamatkan Kursi Pelontar

    Hal 14 kol 1-3

    GENAP sepekan setelah jatuhnya pesawattempur tercanggih F-22 Raptor

    di Gurun California,jet F-16 milik Korea

    Selatan menghunjam keLaut Kuning, China. Pesawattempur itu jatuh saat melakukan

    penerbangan rutin dari pangkalansebelah barat Laut Kuning, Selasa (31/3).Untung saja, dua pilot pesawat buatan Amerika

    Serikat (AS) itu selamat. Mereka, yang tidak di-sebutkan identitasnya, diselamatkan oleh kursipelontar, beberapa detik sebelum moncong pesawatmenyobek permukaan air. Setelah beberapa jammengapung di laut, mereka dievakuasi tim pencariyang menggunakan helikopter.

    Hingga Selasa malam, tim penyelidik kecelakaanudara Korsel melakukan pengusutan. Merekameneliti serpihan pesawat di daerah yang masukwilayah Taean County (sekitar 150 kilometer dari

    Ibu Kota Korsel, Seoul).Pada akhir 2002, Angkatan Udara Korsel

    sempat mengandangkan F-16. Pasalnya, padaSeptember 2002, sebuah F-16 negara itu jatuh diperbukitan Kota Sangju. Namun, pada Januari2009, pemerintah AS mengumumkan akan mengi-rimkan selusin F-16 ke Korsel untuk menggantihelikopter-helikopter tempur jenis Apache.

    Jelang KTT G-20 di London

    Teroris Itu Bersenjata PisauKamis (2/4) besok, Konferensi Tingkat

    Tinggi (KTT) G-20 digelar London, Inggris.Puluhan pemimpin negara mengikutinya.

    Termasuk Presiden AS Barack Obama.

    agi Obama, KTTG-20 merupakanforum duniayang kali perta-ma diikuti. Dia

    bakal tiba pada Rabu (1/4)ini. Pengamanan superketatpun dilakukan. Bahkan, ka-barnya aparat keamanan Ing-gris telah membongkar ren-cana aksi terorisme.

    Rencana tersebut terkuaksetelah polisi menemukangudang senjata api tiruan,pisau dan sejumlah peralat-an mencurigakan.

    Lima orang, yang semua-nya tinggal di Plymouth, De-von, ditangkap. Salah se-orang di antara mereka ada-lah mahasiswa non-Inggris.

    Menurut Telegraph, Selasa(31/3), peralatan mencuriga-kan itu adalah bahan pele-dak yang terbuat dari kem-bang api. Temuan tersebutmerupakan hasil sejumlahpenggerebekan yang dilaku-kan polisi.

    KTT G-20 digelar di Ex-CeL di Docklands, London.Lebih dari tiga ribu polisidikerahkan untuk menga-mankan jalannya KTT . Se-dikitnya 20 pemimpin darinegara kaya dan berkem-bang di dunia bakal meng-ikutinya. Dari laporan in-telijen disebutkan sekitar 100ribu demonstran akan meng-gelar aksi.

    Selain masalah penga-

    B

    manan, Obama bakal men-jadi sorotan karena AS men-jadi sumber dari krisis glo-bal saat ini. Apalagi parapemimpin G-20 cenderungsepakat menolak protek-sionisme. Sedangkan Oba-

    ma memilih melakukanproteksionisme untuk me-lindungi produk AS. Ini di-harapkan dapat memulihkanperekonomian negaranya.

    Hal 14 kol 4-7

    AFP

    YudhoyonoJagokan Darmin

    Miranda S Goelton Bakal PensiunJAKARTA, BPOST- Juni 2009, DeputiGubernur SeniorBank Indonesia (BI)Miranda SwarayGoeltom memasukimasa pensiun. Sesu-ai UU BI, dua bulansebelum pensiun,pemerintah harussudah mengajukan dua calonpengganti ke DPR.

    Kedua calon itu nantinya

    di-fit and profer test(uji kelayakan dankepantasan). Kabar-nya, sebelum be-rangkat ke London,Inggris, untuk me-ngikuti konferensitingkat tinggi (KTT)G-20, Yudhoyonosudah mengajukan

    dua jagonya.

    Darmin

    Hal 14 kol 4-7

    KOMPAS/AGUS SUSANTO

    LEGENDA - Mantan pemain sepakbola yang menjadi legenda kesebelasan Manchester United, Bryan Robson, dalam jumpa pers di Hotel RitzCarlton, Jakarta, Selasa (31/3). Jumpa pers terkait rencana kedatangan Manchester United ke Indonesia, Juli 2009. Berita halaman 14.

    AP PHOTO/MATT DUNHAM

    Penjagaan yang dilakukan aparat kepolisian Inggris di gedung yangbakal dijadikan tempat pertemuan G-20.

    15 Calon Anggota DPD Dicoret KPU Anulir 32 Parpol di DaerahJAKARTA, BPOST - Sepekan menjelang Pemilu Legislatif, KomisiPemilihan Umum (KPU) membuat kejutan. Sebanyak 15 calonanggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dicoret dari daftarpeserta pemilu.

    Ke-15 calon senator itudicoret karena tidak menye-rahkan rekening dana kam-panye. Sesuai ketentuan, pe-nyerahan dilakukan pa-ling lambat tujuh harisebelum kampanye ter-buka, 16 Maret 2009.

    Sesuai undang un-dang, mereka batal se-bagai peserta pemilu,kata Ketua KPU HafizAnshary, Selasa (31/3).

    Berdasar data KPU, jum-lah calon anggota DPD men-capai 1.127 orang. Jumlahterbanyak berasal dari Ban-ten, sebanyak 69 calon.

    Dari provinsi itu, enamcalon dicoret. Disusul Ma-luku Utara sebanyak tigaorang. Bali,Sumsel, Sulteng,Jambi, lampung dan Malukumasing-masing satu calon.

    Meski dicoret, nama foto

    mereka tetap ada di surat su-ara. Nanti kita umumkan a-gar tidak dipilih, kata Ha-

    fiz.KPU juga menyebut

    32 parpol peserta pe-milu di berbagai dae-rah terancam dicoretdengan alasan serupa.Satu parpol yakni Par-tai Merdeka dicoret diKalsel (lihat tabel). Untuk mengaturpencoretan, KPU me-

    ngeluarkan Surat Edaran No626/KPU/III/2009 tertang-gal 31 Maret 2009 guna mem-berikan kewenangan kepadaKPU provinsi, kabupaten/kota membatalkan keikut-sertaan parpol yang melang-gar batas akhir menyerahkanlaporan.

    Hal 14 kol 4-7

    Ojo KesusuN A N G

    n g a r a n n y amaujek wa-yah ini amuncuma maha-dang bisa ka-da bakulihp a n u m -pang. Ujarurang ha-rus cang-kal mna-w a r a k a nwan harus pintar mambaca paluang. MakanyaPalui batangah malaman tulak ka palabuhanTrisakti mahadang panumpang nang turun

    Hal 14 kol 1-3

    Kawasan TerlarangMENJAGA netralitas da-

    lam Pemilu 2009, Mabes TNIAngkatan Laut melarangpendirian tempat pemungut-an suara (TPS) di kompleksmarkas dan asramanya.

    Instruksi dikeluarkan olehKepala Staf Angkatan Laut(KSAL) Laksamana TedjoEdhy Purdijatno.

    Dalam radiogramnya, Te-djo juga menyatakan tidakboleh ada fasilitas kampanyedan kantor tim sukses di a-srama. Bahkan, pemasanganatau penempelan atribut par-pol, caleg dan capres, jugatidak diperbolehkan.

    Keluarnya Kebijakan itu

    menyebabkan 41 TPS yangsudah disiapkan di dalamasrama TNI AL di JakartaUtara, terpaksa dibatalkan.

    Terpaksa kita mencarititik-titik TPS di luar kom-pleks atau asrama. Kita kha-watir datang-tidaknya 16ribu pemilih ke TPS-TPS baruitu, kata anggota KPU Ja-karta Utara, Priyanda.

    Tak hanya masalah ne-tralitas TNI/Polri yang men-cuat menjelang berakhirnyamasa kampanye terbuka. Ke-terwakilan perempuan punkembali dibicarakan.

    Hal 14 kol 4-7

    - Banyak kakanakan SD ta-inpeksi TBC, Lak-ai

    + Balum lagi tuha sudah bamasalah, Nang-ai

    ParpolDicoret

    SUMUTKabupaten Samosir PIB, PDIP, PAN,

    Partai Buruh,PKB, PNBK, PSIMandailing Natal

    PKPITapanuli Utara Republikan, PNBK,

    Barnas,

    RIAUPekanbaru Partai Patriot,

    PPDI

    JAMBIKabupaten Batanghari: PPDITanjung Jabung Timur: PPDI, PKDIKerinci: PDS, PSI, PPNUI,

    Partai Buruh, PKDIJambi Partai Pelopor

    BANGKA BELITUNGKabupaten Bangka: PDS, Partai Patriot,

    PKDI, PPNUIBangka Tengah: PIS, PNBKPangkal Pinang: PIS, PDP

    JAWA TENGAHKabupaten Semarang: PPNUITegal: PNBK, PPDIKota Tegal: PPIB, PPPI, PKDIPati: Partai KedaulatanDemak: PPDI, PPPIBlora PKPB, PPPI,

    Hal 14 kol 7

    Apa yang KamuLakukan?

    Kalla dan Mahasiswa BersitegangJAKARTA, BPOST - Wakil Presiden Jusuf Kalla emosi.Dia bersitegang dengan seorang mahasiswa yang me-ngkritik kedatangannya ke posko korban jebolnya tang-gul Situ Gintung, Tangerang, Banten, Selasa (31/3).

    Saat melihat kedatangan rombongan Kalla danMenteri Sosial Bachtiar Chamsyah, Presiden Maha-siswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ),Harunul Ikhsan, langsung berorasi. Dia menuding Kal-la, yang juga ketua umum DPP Partai Golkar, menja-dikan tragedi Situ Gintung sebagai ajang kampanye.

    Hal 14 kol 1-3

    0104/01

  • 2 Banjarmasin Post BANJARMASIN BUNGAS1 APRIL 2009 / 5 RABIUL AKHIR 1430 HRABU

    Pasar Tungging Menunggu Nasib (1)

    Hujan Pun Tetap RamaiPERLAHAN langit mulai gelap.

    Sejumlah pemuda bergegas mema-sang tenda. Hanya butuh waktu se-tengah jam, Jalan Belitung berubahjadi pasar dadakan, namanya PasarTungging.

    Pasar Tungging adalah denyutekonomi masyarakat marginal. Di-sebut Pasar Tungging karena awal-nya pasar ini berdiri, pembeli harusjongkok atau menungging ketikamemilih pakaian. Pada sekitar 2000,Pasar Tungging tak seramai seka-rang. Saat itu barang yang dijualadalah pakaian bekas impor.

    Sekarang, ratusan bangunan ber-atap terpal warna-warni berderetsepanjang jalan provinsi itu. Beragambarang dagangan ada di sana. Mulai pakaianjadi, sepatu, sandal dan barang pecah belah.Kalau haus saat berbelanja, ada penjual gore-ngan dan minuman ringan siap melayani.

    Namun, Pasar Tungging menimbulkanpersoalan baru. Bangunan dengan rangkakayu dan tenda terpal mengesankan kesem-rawutan karena mengapit Jalan Belitung.Masalah lain adalah kemacetan. PemkoBanjarmasin berencana merelokasi PasarTungging pada 2009.

    Sejak sore hingga malam hari, aktivitas diJalan Belitung sangat ramai. Puncak kepada-tan pengunjung sekitar pukul 20.00 Witasampai 22.00 Wita. Pengendara