Banjarmasin Post - 18 April 2009

download Banjarmasin Post - 18 April 2009

of 28

  • date post

    30-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    868
  • download

    102

Embed Size (px)

description

Edisi Cetak Banjarmasin Post - 18 April 2009

Transcript of Banjarmasin Post - 18 April 2009

  • ANTARA/ UJANG ZAELANIDUDUKI PPP - Sejumlah pemuda, yang tergabung dalam Aliansi KaderPPP, melakukan aksi protes di Kantor PPP, Jakarta, Jumat (17/4).Mereka menduduki kantor DPP dengan tuntutan, bersihkan kader PPPyang tidak reformis dan tidak mau bekerja profesional untuk kemajuanpartai.

    DAERAH IPA IPS SMK

    Banjarmasin 1.843 2.603Banjarbaru 335 853Banjar 657 976Batola 349 1.108Balangan 96 472HSU 315 971HST 507 960HSS 324 688Tanah Laut 349 803Tanah Bumbu 406 913Kotabaru 466 917Tabalong 528 687Tapin 266 397

    Jumlah 6.441 12.358 6.190

    SIPALUiiiii

    Hal 14 kol 1-3

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASINO. 12527 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

    18 APRIL 2009/

    22 RABIULAKHIR 1430

    SABTUBanjarmasin Post28 HALAMAN RP 3.000

    Manang Manukar

    Anang Gayam

    12:23 15:41 18:25 19:3405:04

    - Banyu PDAM pina rancak macet, Lak-ai+ Ada Si Komo liwat, Nang-ai

    PASAR tungging wayah ini kada kayadahulu lagi karna bubuhan pasar balauranbanyak nang bapindah bajualan ka situ. Tapiamun itih masih ada saikung badua nangmasih bajual baju wan salawar bakas matanluar nagri itu.

    Ujar habarpasar tung-ging kada la-was lagi ca-gar dipindahka kawasanlain nang ka-da maulahs a m r a w u twan macit ja-lan. Karna cagar

    BEL berbunyi. Bak mengingatkan ja-rum jam telah menunjuk pukul 14.00 Wita.Tanda berakhirnya proses belajar menga-jar yang sedang berlangsung di SMA 8Banjarmasin. Parasiswa pun berham-buran keluar de-ngan wajah ceria.

    Lain halnya de-ngan 34 siswa lain disekolah tersebut. Bu-nyi bel itu justru tanda bagi mereka untukmasuk sekolah. Menempati ruang yang ta-dinya ditempati siswa-siswi kelas XI IPA2. Tak beberapa lama, sang guru, Koma-riah, menyusul. Dia mengajar sosiologi.

    Jika dicermati ada yang aneh pada diripara siswa itu. Meski berpakaian seragam,ada yang mengenakan sandal. Modelrambut siswanya juga beragam. Di an-taranya meniru gaya rambut vokalisKangen Band, Andika. Rata-rata merekaberjalan kaki jika ke sekolah.

    Para siswa itu adalah peserta programkelompok yang diadakan Dinas Pendi-dikan (Disdik) Kalsel pada 2007. SelainSMA 8 Banjarmasin, sekolah lain yang

    TerpaksaBersepatu

    Robek RAIHANOOR (18) sibuk menyusun

    potongan kayu ulin di depan rumah. Meskipeluh telah membasahi tubuh, siswa Kelas

    XII IPA SMA Bur AnwarBanjarmasin itu tetap

    semangat membantusang ayah, Husni

    (52). Sepulangsekolah, sayamembantubapak be-kerja seba-gai tukang.Malamnyab e l a j a r

    mengha-d a p iujian, u-

    jarnya.

    Siswa Khusus Hadapi UN

    Berdoa, Itu Cara Kamimenjalankan program itu adalah SMA 3Banjarmasin, SMA Upau dan SMA Jarodi Tabalong, SMA Angkinang dan SMALoksado di Hulu Sungai Selatan (HSS),SMK 2 Desember di Tanah Laut (Tala),dan SMA Belawang di Barito Kuala (Ba-tola). Pada 2007 setiap siswa mendapatkansubsidi Rp 7.500 per bulan. Subsidi naikmenjadi Rp 65 ribu pada 2008 dan Rp 75ribu pada 2009.

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 1-3

    BANJARMASINPOST/HERRY MURDI HERMAWAN

    KELAS KHUSUS - Para siswa program kelompok di SMA 8 Banjarmasin. Mereka dikelompokkandalam kelas berbeda dengan siswa kelas reguler. Kelas itu ditujukan untuk siswa yang berasal darikeluarga kelas menengah ke bawah.

    Suryadharma Ali Pun Marah Golkar Siapkan 7 TokohJAKARTA, BPOST - Kereta-kan dalam tubuh Partai Per-satuan Pembangunan (PPP)makin kentara. Perti-kaian elite partai terse-but kian terbuka. Taksekadar statemen, teta-pi pengerahan massapun dilakukan.

    Seperti yang terjadiJumat (17/4). Ketua U-mum DPP PPP Surya-dharma Ali marah be-sar. Tak hanya kepadamassa Aliansi Kader PPPMenggugat yang sedangmendemonya, tetapi juga ke-pada sejumlah fungsionarisDPP.

    Ini memalukan, saya me-lihat mereka terhasut. Sayamenyesalkan Saudara Bach-tiar Chamsyah (ketua majelispertimbangan partai), Irgan(Sekjen PPP, Irgan ChairulMahfiz), dan Arif Mudatsir(ketua DPP) yang mengge-rakkan aksi ini, tegas Surya-dharma di kantor DPP PPP,Jakarta.

    Massa yang tergabung da-lam aliansi itu berasal dariAngkatan Muda Kabah, Ge-

    nerasi PembanguanIndonesia, GerakanMahasiswa Islam In-donesia, dan WanitaPersatuan Pembangu-nan.

    Demo itu menyua-rakan beberapa tuntu-tan seperti pertang-gungjawaban DPP ter-kait perolehan suara

    Pemilu 2009 yang melorotdari pemilu sebelumnya dantransparansi keuangan par-tai.

    Selain itu, menggugatpembekuan DPW dan DPCyang mengakibatkan lemah-nya solidaritas kader dan me-nuntut DPP tidak melakukankontrak politik dengan salahsatu capres tanpa melaluimekanisme AD/ART partai.Juga, segera digelar musya-warah luar biasa (MLB)

    Hal 14 kol 4-7

    Konflik LamaFRIKSI di PPP menjelang

    pemilu presiden kembalimemunculkan rumor duafaksi besar di partai tersebutkembali bertikai. Faksi ituadalah Nahdlatul Ulama(NU) dan Persaudaraan Mus-

    lim Indonesia (Parmusi).Kubu NU dikoordinasi

    Suryadharma, sedangkantokoh kubu Parmusi adalahBachtiar Chamsyah.

    Hal 14 kol 4-6

    Operasi Mirip AnakMELIHAT putrinya demikian cantik,

    seorang perempuan Inggris melakukan operasiplastik. Dia ingin sepertisang putri, meski usiamereka terpaut 22 tahun.

    Untuk mewujudkankeinginannya, Janet Cun-liffe (50) rela menghabiskan 10.000 poundsatau sekitar Rp 160 juta. Kini Janet bagaikansaudara kembar putrinya, Jane.

    Janet yang tadinya berambut merah kiniberambut pirang. Tubuhnya yang semulagemuk, berkat operasi dan diet berubah jadisintal. (dt/dlm)

    DAILY MAIL

    Janet dan Jane

    Timika

    Ilaga

    Mulia

    GunungGergaji

    Pesawat Pelatus Pemkab Mimika

    logistik Pemilu.

    dari Ilaga tujuan DistrikMulia, membawa 10 penumpang,dua awak dan

    Tim SAR gabunganmelakukan evakuasipara korban

    Hilang kontak di kordinatS03/52 E137.44.

    Pkl 10.15 WITPkl 10.00 WIT

    Pkl 14.00 WIT

    Pesawat ditemukan pesawatmilik AMA (Asosiation MissionAviation)

    1

    3

    4

    2

    Sebanyak 11 penumpang,termasuk Sekretaris KPU Pa-pua Marghen Jitmau dan Ke-tua Panwaslu Mimika Her-man Snafi , tewas. Keduanyasedang bertugas membawakotak dan surat suara dariDistrik Ilaga menuju Ibu KotaPuncak Jaya, Mulia.

    Rencananya, kotak berisisurat suara, serta hasil peng-hitungan akan direkap diMulia, kata Ketua KPU Mi-

    GRAFIS : BANJARMASIN POST/ IVANOV

    Pesawat KPUTabrak Gunung

    11 Jenazah Korban Sulit DievakuasiJAYAPURA, BPOST - Duka kembali mengi-ringi perjalanan Pemilu Legislatif 2009.Pesawat Mimika Air yang mengangkut lo-gistik pemilu, jatuh di Kabupaten PuncakJaya, Papua, Jumat (17/4).

    mika, Michael Mote.Menurut dia, pesawat na-

    has itu terbang pukul 10.00WIT. Penerbangan Ilaga keMulia sekitar 15-30 menit,ujarnya di Mulia.

    Namun, hingga pukul11.00 WIT, pesawat yang dipi-loti warga Korea Nai Linndan kopilot Malmur belum ti-ba di Mulia. Kami pun men-duga pesawat milik PemkabPuncak Jaya itu hilang atau

    Hal 14 kol 1-3

    jatuh, ujarnya.Benar. Saat dilakukan pen-

    carian, pesawat sewaan jenisPelatus itu ditemukan hancurberkeping-keping di kaki Gu-nung Gergaji. Kotak suarakoyak dan surat suara ber-hamburan. Diduga pesawatitu jatuh setelah menabraktebing yang berada di pegu-nungan Puncak Jaya.

    Hingga Jumat petang, kata

    Kapolres Puncak Jaya AKBPChris Rihulay, tim SAR ga-bungan berusaha mengeva-kuasi para korban. Kuat du-gaan seluruh korban tewas,ujarnya.

    Korban tewas lainnya ada-lah Pdt Melkias Kiwak, Wi-lem Mayau, Lasarus Wonda,Ruben Murib, Temina Murib,bayi Emina Murib, Tolli, Pi-lot Naylinn dan Kopilot Mak-mur.

    PESAWAT Mimika Air di-operasikan oleh Pemda Mi-mika bekerja sama denganeks Germania Trisilla Air (GTAir). Pesawat jenis PilatusPC-6 bernomor register PK-LTJ ini sudah setahun ber-operasi.

    Berdasar data Dephub,Mimika Air adalah maskapaipenyedia pesawat sewaanyang dievaluasi oleh regula-tor kinerja keselamatan pe-nerbangan setiap tiga bulan Namun, sejak Juni 2007,pemerintah sudah mencabut

    Izin DicabutAir Operator Certifikat (A-OC) GTAir. Pesawat Pilatus yang di-gunakan Pemkab Mimikaterdaftar di Dephub sejak 10Agustus 2008. Masa validasipesawat buatan 1988 itu ber-akhir 9 Agustus 2009.

    Sesuai spesifikasi pabri-kan, pesawat itu hanya diper-untukkan mengangkut orangdengan jumlah tidak lebih da-ri enam. Dalam tragedi di Gu-nung Gergaji, pesawat ditum-pangi 11 orang.

    Hal 14 kol 1-3

    1804/01

  • Awu dan ibunya Mariapergi ke sawah meng-gunakan kelotok kecilbermesin dompeng

    Sore harinya mereka bermaksud pulang.Saat mesin kelotok dihidupkan, Awuberusaha menutup sumbat aliran pem-buangan air

    Saat menunduk menutupsumbat air itulah rambutnyatertarik has mesin dompeng.Rambut dan kulit kepalaAwu tertarik hingga lepas

    Petaka Mesin Dompeng

    2 Banjarmasin Post BANJARMASIN BUNGAS18 APRIL 2009 / 22 RABIULAKHIR 1430 HSABTU

    Awu Hanya Bisa MengaduhPerlu BiayaRp 105 juta

    Q Kulit Kepala Terkelupas

    ILIOS akan melakukan apapun demi kesembuhanAwu, putri bungsunya, termasuk membawa anaknyake rumah sakit yang punya fasilitas perawatan lebih baik.

    Namun, biaya yang harus dikeluarkan sangat besar,yakni Rp 105 juta. Rinciannya, biaya tiga kali operasiRp 80 juta ditambah rencana mendatangkan guru drDharma seorang dokter spesialis mata dari Jakarta,biayanya sekitar Rp 25 juta.

    Mengumpulkan uang sebanyak itu tentu bukanperkara mudah bagi Ilios dan maria yang hanya bekerjasebagai petani. Dia hanya dibantu anak-anak dan sau-daranya.

    Operasi pertama telah dilaksanakan, Kamis (16/4).Operasi kembali dilakukan Senin (20/4). Itu pun kamitidak tahu pasti, apakah bisa sembuh seperti semula,matanya masih bisa melihat atau tidak, beber Ilios.

    Sementara itu, dr Dharma mengatakan, peluang ke-sembuhan pasien besar. Operasi yang akan dilaksanakanSenin, sama dengan operasi face off yang dijalani Lisa,korban luka bakar di wajah