Banjarmasin Post - 23 Maret 2009

download Banjarmasin Post - 23 Maret 2009

of 28

  • date post

    06-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    378
  • download

    18

Embed Size (px)

description

Edisi Cetak Banjarmasin Post - 23 Maret 2009

Transcript of Banjarmasin Post - 23 Maret 2009

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASINO. 12501 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

    23 MARET 2009/

    26 RABIULAWAL 1430

    SENIN

    SIPALUiiiii

    28 HALAMAN RP 3.000

    Banjarmasin Post

    Hal 14 kol 1-3

    Hal 14 kol 1-3

    Anang Gayam

    12:30 15:37 18:34 19:4305:10

    - Jurkam mulai bajual nang manis-manis,Lak-ai

    + Maulah urang sakit gigi, Nang-ai

    Hal 14 kol 4-7

    da anggapan, ji-ka jadi presidenAnda akan me-n g u t a m a k a npembangunan

    di Sulawesi?Sulawesi itu bagian dari

    Indonesia. Jadi kalau mem-bangun Indonesia, tentu jugaharus membangun di Makas-sar. Sama juga kita memba-ngun di Jakarta, sama jugakita membangun di Suma-tera.

    Bandara HassanuddinMakassar sangat modern.Komentar Anda?

    Ada pertanyaan, kenapabandara Makassar harus se-

    Tarif Sewa Dihitung Per Jam

    Laser Pemusnah NyamukADA alat canggih untuk memusnahkan

    nyamuk. Senjata laser. Sekali tembak bisamembunuh ratusan bahkan ribuan nyamuk.

    Alat itu dikembangkan oleh ahli astro-fisika di Amerika Serikat (AS) untuk men-cegah penyebaran penyakit malaria. Senjatalaser itu bisa mendeteksi nyamuk melaluifrekuensi suara yang dihasilkan gerakansayapnya.

    Senjata laser ini bisa menyisir areatempat jutaan nyamuk tinggal dan memus-nahkannya dalam beberapa menit saja, kataDr Jordin Kare yang memimpin penelitian.

    Malaria merupakan penyakit mematikandan menular melalui gigitan nyamuk malariabetina. Penyakit tersebut banyak terjadi dinegara-negara tropis seperti Indonesia danAfrika. Bahkan di Afrika, menurut OrganisasiKesehatan Dunia (WHO) setiap 30 detik,seorang anak meninggal dunia karena malaria.

    Laser ini bisa membedakan mananyamuk yang berbahaya bagi manusia danmana yang tidak, kata Kare. (vv/ap)

    A

    Wawancara Khusus dengan Wapres Jusuf Kalla (4-Habis)

    Saya Kasihan Pak Yudhoyonogera selesai? Saya jawab ka-rena Makassar yang palingterbelakang bandaranya.

    Jakarta ada, Surabaya ada,Banjarmasin ada, Palembangada, Padang ada, Medan ada,Manado ada, kok Makassartidak ada. Jadi saya bangun diMakassar yang memangpenghubung untuk kawasanTimur.

    Dan kebetulan saya mem-punyai konsep modern, tapitetap efisien. Maka hebatlahdia. Anda (pemerintah dae-rah yang telah duluan me-miliki bandara) salah semua,karena membikin konsep tra-disional.

    Sedangkan yang saya ba-ngun, modern tapi murahkarena harganya setengahdaripada yang ada. Selain itu,enak, dan nyaman.

    Soal akses tol?Soal jalan tol, ya karena ada

    swasta yang mau. Di Medanjuga ada swasta yang mau. DiJakarta susah membebaskantanah, sedangkan di Makassarmudah bebaskan tanah. Untukpembangunan itu masyarakatbisa diajak kerja sama.

    Bagaimana dengan pem-bangunan jalan tol daerahlain?

    Di Jawa kalau mau mem-bikin jalan tol sebanyak 2 ribujuga sanggup dibikin, cumasusah bebaskan lahan.

    Di Makassar lebih koope-ratif, jalan ke Parepare lebihkooperatif pembebasan la-hannya. Jadi bukan menda-hulukan Makassar.

    Biaya Perjalanan Para JurkamnasPRABOWO Subianto dengan pelan mem-

    baringkan tubuhnya di tempat tidur khususdalam pesawat Fokker 100 yang memba-wanya ke Padang. Hampir satu jamlamanya calon presiden (capres)dari Partai Gerindra itu terlelapdalam ruang VVIP pesawat cartermilik Prime Air yang berangkatdari Bandara Halim Perdanaku-sumah, Jakarta, kemarin.

    Pramugari berwajah cantik de-ngan cekatan menyelimutkan bedcover ketubuh yang telah berbaring itu. Seorangasisten Prabowo, kemudian memasangkan

    seat belt khusus. Lampu kabin dima-tikan. Penutup jendela pun ditarik ke ba-wah. Suasana menjadi remang-remang.Untuk mengurangi kebisingan, sangasisten membawakan penutup telinga.

    Padatnya jadwal kampanye di berbagaidaerah membuat sejumlah petinggi parpolmemilih menyewa pesawat untuk beper-gian.

    Biaya tinggi adalah konsekuensi yang ha-rus dihadapi, Tapi itu tak masalah bagimereka yang rata-rata berkantong tebal.

    ISUK rancananyaPalui salaku ka-tua RT maun-dang bubuhanwarga sabara-taan, karna isukitu ada bubuh-an pagawai u-rusan tanahhandak mau-kur wan man-cucukakan u-kuran tanah wan pami-liknya, supaya jangan tumpang tindih.

    Surat Tanah

    Sebut saja Ahmad Dhani. De-dengkot Dewa 19 ini didatangkanPartai Kebangkitan Bangsa (PKB).Tak hanya Dhani, partai pimpinanMuhaimin Iskandar itu juga mem-boyong penyanyiMulan Jameeladan J-Rock.

    Konser politik Dhani bersama

    Dhani Kampanye di Banua PKS dan PAN Utamakan Juru Kampanye

    Laskar 13 PKB digelar pada 4 April2009. Kampanye akbar kita pu-satkan di Kota Rantau, Tapin, kataCaleg DPR dari PKB Kalsel Kalsel,Bambang Heri Purnama, Minggu(22/3).

    Partai Persatuan Pembangunan(PPP) tak mau kalah. Kampanye

    partai itu akan dimeriahkanoleh raja dangdut, Rhoma Ira-ma. Dia mulai meramaikankampanye sejak 16 Maret 2009.

    Menurut Sekretaris DPWPPP Kalsel, Syaiful-lah Tamliha, Rhomadan Soneta Gruptampil di sejumlahtempat di wilayahBanua Lima.

    BANJARMASIN, BPOST - Tidak hanya politisi danpejabat negara yang bakal meramaikan KalimantanSelatan selama kampanye terbuka. Artis-artis nasionalpun akan berkampanye di Banua.

    Hal 14 kol 4-7

    FAKTA PERTANDINGAN

    Menit 6Menit 6Menit 6Menit 6Menit 6 Cambiasso (Inter Milan) cetak golMenit 10Menit 10Menit 10Menit 10Menit 10 Z Ibrahimovic (Inter Milan) cetak gol lewat penalitiMenit 10Menit 10Menit 10Menit 10Menit 10 CAS Valdez (Reggina) dapat kartu kuningMenit 26Menit 26Menit 26Menit 26Menit 26 A Barill (Reggina) dapat kartu kuningMenit 51Menit 51Menit 51Menit 51Menit 51 Santon (Inter Milan) dapat kartu kuningMenit 58Menit 58Menit 58Menit 58Menit 58 Ibrahimovis kembali cetak golMenit 68Menit 68Menit 68Menit 68Menit 68 CE Carmona dapat kartu kuning

    LAGA LAIN

    Bologna 0 - 1 CagliariChievo 1 - 0 PalermoFiorentina 1 - 0 SienaGenoa 2 - 0 UdineseLecce 2 - 2 AtalantaTorino 1 - 3 Sampdoria

    AFPPHOTO/GIUSEPPE CACACE

    Terlalu TangguhTUAN rumah Inter Milan terlalu

    tangguh bagi Reggina. Anak asuhan thespecial one, Jose Mourinho meraih nilai tigasetelah menekuk lawannya 3-0.

    Dengan kemenangan itu, Inter makinkokoh di puncak klasemen. Mereka kinimengantongi nilai 69, menjaga jarak tujuhpoin dari Juventus.

    Tampil di hadapan publik sendiri, Interlangsung menggebrak. Inter hanya perluwaktu enam menit untuk bisa mencetakgol. Adalah Esteban Cambiasso yang kalipertama mampu menjebol gawangReggina yang dijaga Puggiono. Diamampu memanfaatkan tendangan sudutyang dilakukan sang kapten, JavieZanetti.

    Keunggulan ini membuat Inter makinbersemangat. Mereka terus berusahamenekan. Pada menit ke-10, sebuahumpan terobosan Rivas langsung diburuAmantino Mancini. Dia kemudianmelakukan penetrasi ke kotak penaltiReggina. Namun, Carlos Adrian Valdezmenjegalnya sampai jatuh.

    Wasit langsung memberi kartu kuningkepada Adrian Valdez dan menghukumReggina dengan tendangan penalti. Zlatan

    Ibrahimovic yang menjadi algojo, tanpakesulitan membuat gol kedua buat Inter.

    Setelah tertinggal 0-2, Reggina bangkitdan memberi perlawanan. Serangan demiserangan Reggina membahayakanpertahanan Inter. Beruntung, kiper JulioCesar bermain cemerlang. Dia beberapakali mampu menggagalkan penyelesaianakhir lawan.

    Memasuki babak kedua, Intermencoba menguasai permainan lagi.Selain berusaha bertahan dengan baik,mereka melakukan serangan yang cukuptertata rapi.

    Di menit ke-58, Ibrahimovic kembalimencetak gol. Kali ini dia lakukan denganbaik. Setelah melewati dua pemain lawan,dia melihat posisi kiper Reggina terlalu kedepan. Meski tanpa melihat gawang, diasukses mencukil bola dan gol.

    Reggina kembali bereaksi. Merekamencoba menjebol gawang Inter denganserangan balik yang cepat. Ini sempatbeberapa kali menyulitkan Inter.

    Lagi-lagi, Julio Cesar harus mendapatpujian tersendiri. Dia beberapa kalimenggagalkan penyelesaian akhir lawandengan aksi gemilang. (kps/ap)Pemain Inter Milan merayakan gol mereka ke gawang Reggina.

    2303/01

  • BANJARMASIN BUNGAS2 Banjarmasin Post23 MARET 2009 / 26 RABIULAWAL 1430 HSENIN

    Kepala Badan Perencana-an Pembangunan Kota (Bap-peko) Banjarmasin, Supriadi,selama ini, kawasan sepan-jang Jalan PM Noor dari Ke-lurahan Pelambuan hinggaKelurahan Belitung diguna-kan untuk stockpile.

    Sebelumnya, Pemko Ban-jarmasin berencana tidak lagimemperpanjangizin pengelolaantempat penum-pukan batu baraitu. Apalagi Pem-prov Kalsel mulai23 Juli 2009 mem-berlakukan PerdaNomor 3 Tahun2008 Tentang JalanKhusus Batu bara.

    Menurut Sup-riadi, jika stockpiletidak lagi berfung-si, Pemko Banjar-masin berencanamenjadikan kawa-san tersebut men-jadi pelabuhan pe-ti kemas.

    Banjarmasinakan menjadi pu-sat kegiatan nasio-nal. Bila stockpile tidak lagiberfungsi, maka kita kem-bangkan kawasan itu menjadipelabuhan peti kemas. Kitasudah pada tahap pembicara-an, kata Supriadi.

    Ditanya tentang kondisilingkungan di dekat tempatpenumpukan batu bara yanggersang dan panas, Supriadiberjanji Bappeko akan me-mulihkan kembali kawasanitu jika stockpile sudah di-tutup.

    Kita bekerjasama dengandinas lainnya seperti Bape-dalko, dinas tata kota dan di-nas pertanian untuk menghi-

    jaukan kembali. Saat ini su-dah mulai dilakukan. Jadi,sedikit banyak membantumenyegarkan kawasan ter-sebut, katanya.

    Pantauan BPost di kawas-an Pelambuan masih terlihatgunungan-gunungan kecilbatu bara di beberapa lokasistockpile. Namun menurut

    warga, aktivitaspengangkutanbatu bara selamasebulan terakhirmenurut wargasangat menurun.

    Sudah se-bulan ini akti-vitas pengang-kutan batu barasangat berku-rang. Biasanya,antre memenuhiJalan P M Noor,kata Fahruzi,pedagang pera-latan bangunan.

    S e m e n t a r aitu, terkait pene-rapan Perda No-mor 3 Tahun2008, Fahrurozi(50) warga Pe-

    lambuan mengaku sangat se-nang.

    Memang kurang tepatada stockpile dekat permu-kiman. Masyarakat yang di-korbankan karena mengisapdebu batu bara, katanya.

    Selain suhu udar